45 Tempat Wisata di Majalengka Jawa Barat

Tempat Wisata di Majalengka – Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam ‘Tanah Sunda’ Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk kita kunjungi. Kalau objek wisata yang terkenal di Majalengka berupa air terjun.

Ada banyak air terjun yang menarik untuk kita kunjungi di Kabupaten yang beribukota sama dengan nama Kabupatennya, Majalengka. Tempat wisata di Majalengka menawarkan keindahan alam yang memukau. Kabupaten ini sudah ada sejak zaman Hindu dahulu hingga kekuasaan islam datang dan berkembang pesat dimasa raja Sunan Talaga Manggung.

Pada mulanya, Majalengka bernama Kabupaten Maja. Kabupaten ini lokasinya berada di bagian timur Propinsi Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki daerah berupa dataran rendah untuk wilayah bagian utaranya, dan berbukit-bukit pada bagian tengahnya. Sementara dibagian selatan Majalengka merupakan wilayah pegunungan dengan puncaknya Gunung Ceremai yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan serta Gunung Cakrabuana yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Sumedang. Nah, dari kontur wilayah yang bervariasi inilah salah satu penyebab ada banyak tempat wisata di Majalengka yang menarik untuk kita kunjungi. Baik itu wisata gunung, curug hingga situ-situ yang indah.

45 Tempat Wisata di Majalengka

Berikut ini 45 tempat wisata di Majalengka yang berhasil Tempatwisataseru.com rangkum untuk anda, jangan sampai ada yang terlewatkan ya:

1. Jembar Waterpark

Tempat wisata di Majalengka yang pertama adalah wahana bermain air, Jember Waterpark. Objek wisata di Majalengka ini merupakan favorit dan andalan liburan keluarga.

Jembar Waterpark - tempat wisata di Majalengka

Jembar Waterpark

Waterpark ini dikenal memiliki konsep Dinosaurus. Terdapat banyak patung Dinosaurus di Jembar Waterpark membuat tempat digandrungi oleh orangtua yang ingin piknik bersama anak-anak mereka.

Di lokasi ini terdapat beberapa gazebo yang disediakan oleh pihak pengelola sebagai sarana penunjang. Waterpark ini terletak di Jl. Dukuh Jeruk, Desa Ranjiwetan, Kec. Kasokandel. Berjarak kurang lebih 15 KM dari Alun-alun dan 18 KM dari arah Curug Tonjong.

Untuk dapat menikmati berbagai fasilitas permainan disini, kita harus membayar tiket masuk seharga 20.000 IDR (Dewasa dan anak-anak)

2. Perkebunan Teh Cipasung

Tempat wisata di Majalengka yang tidak boleh anda lewatkan adalah perkebunan teh yang sejuk dan asri. Perkebunan teh Cipasung ini menawarkan liburan yang damai dan tenang.

Perkebunan Teh Cipasung

Perkebunan Teh Cipasung

Bagi anda yang menginginkan suasana yang tenteram, disinilah tempatnya.

Sejauh mata memandang, kita akan disuguhkan oleh hijaunya pemandangan yang menyejukkan mata. Tempat yang sangat cocok bagi anda yang menginginkan udara segar dan ingin menjauh dari kepenatan Kota.

Alamat perkebunan teh ini berada di Desa Cipasung, Kec. Lebahsugih. Letaknya cukup jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 50 KM dari Alun-alun.

3. Goa Lalay

Tempat wisata di Majalengka yang menawarkan petualangan di alam salah satunya adalah Goa Lalay. Goa Lalay menjadi salah satu destinasi wisata di Majalengka yang menawarkan sensasi yang berbeda.

Goa Lalay

Goa Lalay

Goa Lalay juga dikenal sebagai green canyon-nya Majalengka. Lokasi gren canyon ini ada tidak jauh dari Curug Maja. Namun untuk mengakses Goa ini kamu harus berhari-hati. Selain harus melalui jalan setapak, disamping jalannya juga terdapat jurang-jurang yang cukup dalam. Jurang ini tentu saja menambah kecantikan goa ini.

Bagi anda pecinta alam, tempat ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Majalengka yang akan anda kunjungi. Alamanya ada di Desa Sukadana, Kec. Argapura.

4. Curug Muara Jaya

Tempat wisata di Majalengka selanjutnya ada Curug Muara Jaya yang memiliki ketinggian sekitar 73 meter. Curug ini memiliki keindahan yang luar biasa dan bisa membuat siapa saja yang datang terpesona.

Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya

Curug atau air terjun Muara Jaya juga dikenal dengan sebutan Curug Apuy, merupakan tempat wisata air terjun yang terdapat pada aliran sungai Muara Jaya di lereng Gunung Ciremai, Majalengka. Air terjun Muara Jaya ini berjenis air terjun bertingkat (cascade).

Suasana asri dengan pepohonana yang rindang membuat liburan kita semakin menyenangkan, udaranya sangat sejuk dan segar. Di sekitar air terjun ini juga disediakan fasilitas umum berupa taman bermain anak dan pendopo untuk beristirahat.

Alamat air terju ini ada di Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Tempat wisata ini bisa ditempuh dengan kendaraan umum dari Terminal Maja menuju ke desa Argamukti.

5. Curug Sawer

Selain curug muara jaya, curug sawer bisa menjadi tempat wisata di Majalengka selanjutnya. Curug ini lokasi tidak terlalu jauh dengan curug muara jaya, masih dalam satu kecamatan yang sama, lebih tepatnya ada di Desa Argalingga.

Curug Sawer

Curug Sawer

Sama halnya dengan curug Muara Jaya, Curug Sawer ini juga memiliki pemandangan yang asri dengan pepohonan yang menghijau selain itu air yang jernih, udara yang sejuk, serta ekosistem lingkungan yang masih asli terjaga, menjadi daya tarik tempat ini.

Jadi sangat disayangkan kalau sampai tempat seindah ini anda lewatkan.

6. Talaga Herang

Tempat wisata di Majalengka berupa telaga yang layak kita kunjungi adalah Telaga Herang yang ada di perbatasan tiga desa yaitu Jerukleueut, Padaherang, dan Desa Lengkongkulon di distrik Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat.

Talaga Herang

Talaga Herang

Danau kecil ini memiliki keindahan yang memukau, dan tempat ini merupakan mata air yang tertampung dalam cekungan dan membentuk sebuah telaga atau danau.

Untuk nama Herang sendiri memiliki arti “air yang jernih.Frasa tersebut memang menggambarkan kejernihan air yang ada di Talaga Herang. Karena kejernihannya, kita bahkan dapat melihat dengan jelas ikan dan dasar danau secara langsung.

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan di telaga ini, diantaranya mulai dari bermain air, mengarungi danau dengan becak air, atau berenang di air telaga yang jernih dan dingin. Pengunjung juga tidak perlu khawatir merasa lapar, berbagai warung dan rumah makan telah tersedia di sini.

7. Wisata Paralayang Gunung Panten

Gunung Panten menjadi tempat wisata di Majalengka yang menawarkan olahraga ekstrim paralayang. Gunung ini menjadi tempat anak-anak muda untuk terbang dan melayang-layang di udara untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Wisata Paralayang Gunung Panten

Wisata Paralayang Gunung Panten

Keindahan alam sangat luar biasa jika kita nikmati dari atas ‘awan’. Gunug Panten sendiri sebenarnya merupakan sebuah bukit yang berada di Desa Sidamukti yang sejak dulu sudah dikenal sebagai spot untuk menerbangkan paralayang.

Untuk menuju tempat ini, kita harus menempuh perjalanan sekitar 7 km dari pusat kota, tepatnya di Desa Sidamukti, Kel. Munjul, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka. Untuk menuju tempat ini, kita bisa melewati Bundaran Munjul Indah, kemudian mengarah ke selatan menuju Desa Sidamukti, hingga ke lokasi take off paralayang di puncak Gunung Panten.

8. Taman Wisata Bukit Alam Hejo

Taman wisata bukit alam Jeno menjadi tempat wisata di Majalengka yang selanjutnya. Lokasi taman ini ada di kaki Gunung Ciremai. Objek wisata Bukit Alam Hejo menjadi salah satu tempat liburan favorit karena menawarkan berbagai wahana dengan konsep wisata alam, pendidikan, serta kuliner.

Taman Wisata Bukit Alam Hejo

Taman Wisata Bukit Alam Hejo

Wah, sangat lengkap sekali ya. Memang, objek wisata yang satu ini memang menjadi tempat favorit keluarga untuk menghabiskan waktu liburan bersama.

Disini kita bisa menikmati keindahan alam dari puncak bukit, selain itu, kita juga bisa berenang sepuasnya dan bersantai bersama keluarga di saung santai dan kolam renang yang tersedia.

Selain wahana tersebut, wisatawan juga ditawarkan berbagai games outbond, perkemahan, menunggang kuda atau ATV, panggung hiburan, dan yang tidak kalah menarik adalah tersedianya komplek berbagai jajanan kuliner (seperti: kupat tahu, baso tahu, mie ayam, soto ayam dan minuman segar). Sangat lengkap sekali. Pastikan taman ini masuk dalam daftar tempat wisata di Majalengka yang akan anda kunjungi.

Lokasi taman ini secara detail ada di Desa Pasirayu, Kec. Sindang, Kab. Majalengka. Untuk menuju ke lokasi bisa dituju dari berbagai arah, jika dari Bunderan Cigasong Majalengka, lalu menuju perempatan Kec. Sukahaji, Desa Pageraji, Panti Asromo, Desa Pasirayu, atau bisa juga dari arah jalan utama Kec. Rajagaluh, menuju Kec. Sindang, Desa Pasirayu.

9. Curug Tonjong

Tempat wisata di Majalengka selanjutnya adalah curug Tojong yang ada di Taman Nasional Gunung Ciremai. Air terjun ini memiliki pesona yang luar biasa. Tidak heran kalau banyak pecinta alam yang datang kesini.

Curug Tonjong

Curug Tonjong

Terdapat sebuah jembatan bambu yang menjadi ikon air terjun ini. Untuk mencapai curug ini cukup mudah, kita bisa mengendarai kendaraan pribadi atau dengan menggunakan angkutan umum yang siap mengantar kamu ke Curug Tonjong.

Untuk alamat lengkapnya ada di Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh – Kabupaten Majalengka. Kurang lebih 19 KM dari Alun-alun kota Majalengka. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 6 meter.

Untuk tiket masuk ke Curug Tonjong ini, kita dikenakan biaya kisaran 10.000 IDR – Rp 20.000.

10. Curug Cipeuteuy

Selain curug tonjong dan beberapa curug sebelumnya, juga ada curug Cipeuteuy yang tidak kalah menariknya untuk kita kunjungi. Curug ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Majalengka yang tidak boleh anda lewatkan.

Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy

Lokasi curug ini ada di Dusun Pasir, Desa Bantaragung, Kec. Sindangwangi. Berada sekitar 23 KM dari Alun-alum, 25 KM dari argamukti dan 8 KM dari Curug Tonjong.

Disini kita bisa menikmati segarnya mandi di air jernih. Selain Curug Cipeuteuy, kita juga bisa mengunjungi Curug pari yang lokasinya berdekatan dengan curug ini.

11. Air terjun Cibali

Memang ada banyak sekali curug atau air terjun di Majalengka yang layak untuk kita kunjungi. Curug Cibali juga bisa anda jadikan sebagai destinasi wisata saat liburan di Majalengka.

Air terjun Cibali

Air terjun Cibali

Lokasi curug ini ada di Desa Cikondang Kecamatan Cingambul Majalengka Jawa Barat. Seperti halnya tempat wisata lain di Majalengka, tempat wsiata ini juga masih asli, sehingga belum banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata ini.

Air terjun ini juga memiliki udara yang sejuk dan masih alami serta belum banyak dijamah oleh tangan-tangan jahil. Bagi anda yang mau liburan seru ke alam, disini salah satunya.

12. Agro Batu Luhur

Agro Batu Luhur merupakan tempat wisata di Majalengka yang selanjutnya. Objek wisata ini ke depannya akan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan anda seperti kegiatan alam (area berkemah), kegiatan pendidikan dan pelatihan pendidikan bercocok tanam, kegiatan rohani (pesantren), jenis bambu, kegiatan berburu dan penangkaran dan domba unggulan serta pelatihan SAR.

Agro Batu Luhur

Agro Batu Luhur

Lokasi Agro Batu Luhur ini ada di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi atau sekitar lebih dari 22 km dari pusat Kota Majalengka.

13. Taman Buana Marga Majalengka (Taman Dinosaurus)

Selain waterpark dinosaurus, juga ada taman dinosaurus yang menarik untuk kita kunjungi. Tempat wisata di Majalengka ini berada di kaki gunung cakra buana, dengan pemandangan dinosaurus kembar.

Taman Buana Marga Majalengka (Taman Dinosaurus)

Taman Buana Marga Majalengka (Taman Dinosaurus)

Untuk alamat detail taman ini ada di Desa Lemahputih Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka, +37 Km sebelah barat daya dari Kota Kabupaten Majalengka dari Kota Majalengka dapat menempuh perjalanan ke arah Cikijing belok kanan di Kecamatan Talaga dan melanjutkan perjalanan ke Bantarujeg selanjutnya ke Lemahsugih.

14. Situ Sangiang dan Makam Sunan Parung

Situ Sangiang menjadi salah satu tempat wisata di Majalengka yang menawarkan wisata alam dan religi. Disini terdapat sebuah makan sunan Purung, raja yang membuat islam berkembang dengan pesat di Majalengka pada masa lalu.

Situ Sangiang dan Makam Sunan Parung

Situ Sangiang dan Makam Sunan Parung

Lokasi objek wisata ini ada di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran Majalengka Jawa Barat. Jarak untuk mencapai Situ Sangiang adalah sekitar 27 km dari pusat kota Majalengka.

Jangan khawatir, karena jalanan untuk menuju tempat wisata ini sudah bagus sehingga dapat membuat pengunjung nyaman. Selain menikmati panorama situ,  disini juga terdapat agrowisata jagung dan susu murni.

15. Pendakian Gunung Ciremai

Anda hobi mendaki gunung? Nah tidak ada salahnya jika anda coba menaklukkan gunung Ciremai. Untuk mencapai puncak gunung Ciremai membutuhkan perjuangan yang sangat luar biasa.

Pendakian Gunung Ciremai

Pendakian Gunung Ciremai

Gunung ini sendiri sebenarnya ada di 3 wilayah, yaitu wilayah Kabupaten Majalengka, Cirebon dan Kuningan. Gunung ini merupakan gunung tertinggi yang ada di Jawa Barat.

Tinggi gunung ini mencapai 3.078 meter DPL. Wilayah di sekitar Gunung Ciremai saat ini dikelola oleh Taman Nasional Gunung Ciremai. Untuk mendaki Gunung Ciremai, anda hanya dikenakan biaya Rp. 6500/orang.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menaklukkan gunung ini?

16. Curug Sempong

Tempat wisata di Majalengka berupa air terjun selanjutnya adalah Curug Sempong yang ada di  Cisempong, Kec. Majalengka. 9 Km dari alun-alun kota dan tak sampai 2 KM dari Gunung Panten.

Curug Sempong

Curug Sempong

Untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini kita dikenai biaya sebesar Rp. 5.000. Wah murah meriah sekali ya.

Untuk menuju air terjun ini cukup menguras tenaga, dimana dari tempat pembelian karcis harus turun bukit 100 meter baru kita dapat menikmati Curug tersebut.

Setelah sampai di lokasi, semua lelah kita akan terbayar sudah. Air terjun ini menjadi salah satu tujuan liburan saat akhir pekan atau hari libur, jadi kita tidak heran kalau curug ini ramai pada saat hari libur dan akhir pekan.

17. Curug Awul

Wisata air terjun di Majalengka selanjutnya adalah curug awul yang ada di Blok Ciatayam Desa Cibodas, Kecamatan Majalengka.

Curug Awul

Curug Awul

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter saja. Karena lokasinya yang cukup terpelosok, membuat air terjun ini masih ‘perawan’ dan belum banyak dijamah.

18. Situ Cipanten

Telaga atau danau kecil ini juga bisa menjadi tempat wisata di Majalengka untuk anda dan keluarga. Telaga ini memang tidak terlalu dikenal, namun cuku menarik untuk kita kunjungi.

Situ Cipanten

Situ Cipanten

Lokasi telaga atau danau kecil ini ada di Desa Gunung Kuning Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka. Berjarak +- 16 KM dari Majalengka Kota atau Ibukota Kabupaten Majalengka. Untuk menuju Situ Cipanten ini dapat ditempuh dari jalan raya Majalengka – Rajagaluh, kemudian berbelok di Desa Salagedang menuju ke Kecamatan Sindang. Gapura masuk menuju obyek wisata ini berada di jalan antara Desa Gunung Kuning dengan Desa Sindang.

Jangan lewatkan: Liburan ke Telaga Warna Puncak Bogor Jawa Barat

19. Curug Campaga

Masih ada lagi curug di Majalengka yang menarik untuk kita kunjungi, salah satunya curug campaga yang ada di Desa Campaga, Kecamatan Talaga.  Dengan bebatuan hitam kecoklatan, air terjun yang terbelah dua kemudian menuju satu arah ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter.

Curug Campaga

Curug Campaga

Kalau anda tertarik untuk liburan kesini, tenang akses menuju lokasi cukup mudah, karena pemerintah setempat menaruh perhatian yang cukup besar terhadap perkembangan objek wisata yang satu ini.

Bahkan berdasarkan rencana yang disusun, pemerintah desa akan menata kawasan ini sebagai tempat wisata andalan sehingga mampu lebih menyedot pengunjung baik dari Majalengka maupun luar Majalengka.

20. Curug Cipeureus

Tempat wisata di Majalengka selanjutnya adalah Curug Cipeureus yang ada di Desa Sukamenak, Kecamatan Bantarujeg.

Curug Cipeureus

Curug Cipeureus

Air terjun ini ketinggiannya sekitar 12 meter, Lokasi air terjun cipeureu ini agak sulit dijangkau oleh wisatawan, untuk mencapai lokasinya kita harus berjalan kaki dari balai desa setempat sekitar 15 menit.

Wisatawan hanya dapat menikmati keindahan curug ini pada musim kemarau saja, karena air terjun ini berada di  atas hamparan.

Saat musim hujan tidak bisa dinikmati pengunjung. Hanya musim kemarau anda bisa menikmati indahnya pemandangan air dari bawah sungai. Sangat sayang sekali.

21. Curug Puntang

Tempat wisata di Majalengka berupa air terjun yang terakhir adalah Curug Puntang yang berlokasi di Desa Cengal, Kecamatan Maja atau sekitar 6 kilometer dari Kota Majalengka dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.

Curug Puntang

Curug Puntang

Air terjun ini masih terlalu dikenal baik oleh wisatawan Majalengka apalagi wisatawan luar Majalengka. Air terjun Puntang ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Air terjun ini layak untuk dikunjungi oleh pecinta alam. Keindahan pemandangan sekitar, sejuknya udara, serta pesona gemercik air yang berjatuhan pasti membuat anda betah berlama-lama untuk bermain-main atau mandi-mandi disini.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi Curug Puntang ini?

22. Panorama Cikebo

Satu lagi tempat wisata di Majalengka yang bisa anda kunjungi untuk menikmati pemandangan dari ketinggian yaitu Panorama Cikebo. Panorama Cikebo  sendiri berlokasi di Desa Tegal Sari Kecamatan Maja, dengan jarak tempuh +14 km dari pusat Kota Majalengka.

Panorama Cikebo

Panorama Cikebo

Dari sini anda bisa menikmati pemandangan indah yang membentang di depan mata. Objek wisata ini biasanya dijadikan sebagai istirahat dan tempat bakar jagung bagi pengunjung.

Akses jalan menuju lokasi juga cukup memadai. Fasilitas yang terdapat disana yaitu tempat istirahat dan tempat bakar jagung.

Tidak heran kalau banyak anak-anak muda datang kesini untuk menikmati pemandangan dan jagung bakar yang lezat, karena pemandangan di bawahnya ok banget.

23. Panorama Lemah Putih

Selain Panorama Cikebo, anda juga bisa menikmati keindahan alam Majalengka di ketinggian dari Panorama Lemah Putih.

Panorama Lemah Putih

Panorama Lemah Putih

Sudah ada banyak fasilitas disini, ada kolam renang, sarana hiburan sampai kafe.

Alamat Panorama Lemah Putih ada di Desa Lemah putih, Kecamatan Lemahsugih – Jawa Barat.

Tempat ini bisa anda jadikan sebagai tujuan liburan alternatif bersama teman-teman atau keluarga.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menikmati keindahan Majalengka dari ketinggian?

24. Situ Cikuda

Tempat wisata di Majalengka yang terakhir dari kami adalah situ Cikuda yang berlokasi di  Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, jarak tempuh lebih dari 25 Km dari pusat Kota Majalengka.

Situ Cikuda

Situ Cikuda

Rute untuk enuju lokasi bisa anda tempuh melalui jalan raya Rajagaluh-Cirebon masuk menuju Sindangwangi atau arah Curug Cipeuteuy. Ditengah perjalanan anda akan menemukan petunjuk arah menuju Desa Padaherang, bila sudah di Desa Padaherang temukan Balai Desa Paherang, kenapa karena lokasi Situ Cikuda berada tak jauh dari Balai Desa.

Untuk menuju Situ ini hanya bisa diakese oleh kendaraan pribadi baik mobil maupun motor, untuk kendaraan umum hanya ada ojek saja. Memang situ ini tidak terlalu terkenal bila dibangdingkan dengan situ lainnya di Majalengka.

25. Panyaweuyan Argapura

Kalau di lihat sekilas, Panyaweuyan Argapura mirip dengan yang ada di wisata Ubud, ternyata bukan, pemandangan hamparan sawah menghijau tersebut merupakan salah satu destinasi wisata di Majalengka yang sedang hits saat ini.

Panyaweuyan Argapura

Panyaweuyan Argapura

Panyaweuyan Argapura terletak di  di Argapura, lokasinya yang terletak di lereng gunung Ciremai menjadikan pemandangan disini sangat indah ditambah lagi udaranya yang sejuk.

Bukit Panyaweuyan ini menjadi tempat favorit bagi pecinta fotografi landscape, biasanya para fotografer datang saat fajar untuk mendapatkan sunrise dan perbukitan yang sedang diselimuti kabut, lokasi ini bisa menjadi pilihan wisata alternatifmu dikala tidak mempunyai banyak waktu.

Lokasi : Desa Argamukti, Kecamatan Argapura

26. Wisata Situ Cipadung Desa Pajajar

Tempat wisata di Majalengka berikutnya adalah sebuah situ atau danau yang terletak di Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh. Situ Cipadung menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang cukup diminati di oleh masyarakat Majalengka dan luar Majalengka.

Wisata Situ Cipadung Desa Pajajar

Wisata Situ Cipadung Desa Pajajar

Di dalam Objek Wisata Cipadung terdapat beberapa kolam, ada kolam pemandian yang berbentuk situ juga gerombolan kera dan kelelawar yang asik menggantung dipohon yang meranggas. Pepohonan yang sudah tua, kolam-kolam yang ditata dengan rapih sebuah kolam besar yang ditengahnya terdapat pancuran lumba-lumba.
Untuk menuju tempat wisata ini tidak sulit anda hanya pelu datang ke Terminal Rajagaluh/Pasar Rajagaluh yang dilalui trayek Cirebon-Rajagalu dan Majalengka –Rajagaluh, jika anda membawa kendaraan seperti mobil anda bisa menggunakan jasa ojeg untuk mengantar anda menuju tempat wisata Cipadung

27. Wisata Cadas Gantung

Nah, Tebing Cadas Gantung merupakan tempat wisata di Majalengka yang sedang naik daun saat ini. Bisa dibilang yang terbaru lah.

Wisata Cadas Gantung

Wisata Cadas Gantung

Berbagai foto narsis dan wah wisatawan yang datang membuat pengguna media sosial juga ingin mencoba untuk mengabadikan momen di tebing cadas gantung ini.

Lokasi cadas gantung ada di Desa Mirat Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka Jawa Barat.

Lokasi Cadas Gantung ini tidak jauh dari destinasi wisata lain di Majalengka yaitu Curug Gantung. Destinasi di puncak bukit ini memang tidak mudah untuk dijangkau, kalian harus berusaha dengan keras untuk bisa mencapai Cadas Gantung.

28. Air Terjun Embun Pelangi

Tempat wisata di Majalengka selanjutnya adalah air terjun embun pelangi yang ada di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Curug ini juga sering disebut curug Ibun. Curug ini cukup mudah untuk dijangkau karena letaknya hanya 3 Km saja dari pusat kota.

Air Terjun Embun Pelangi

Air Terjun Embun Pelangi

Wisatawan yang ingin liburan ke air terjun ini harus melewati perkebunan sayur-mayur serta menuruni tangga yang cukup curam. Pemberiaan nama air tern ini dikarenakan embun yang tercipta dari jatuhnya air sungai terkena cahaya mahtahari sehingga terlihat pelangi di sekitar air terjun. Selain melihat air terjun, pengunjung dapat menikmati panorama tebing batu yang mengapit sungai Cilongkrang.

29. Air Terjun Cilutung

Tempat wisata di Majalengka selanjutnya adalah air terjun Cilutung yang ada di Desa Campaga, Kecamatan Talaga. Air terjun Cilutung ini lokasinya dari pusat kota sekitar 28 Km. Panorama di sekitar air terjun ini terkenal sangat indah dan memiliki suasana yang nyaman dan juga keindahan pepohonan yang asri.

Air Terjun Cilutung

Air Terjun Cilutung

Meskipun terlihat agak keruh, tetapi banyak pengunjung dan juga wisatawan yang menyukai Curug Cilutung ini. Karena letaknya yang cukup mudah untuk diakses, tentunya curug Cilutung menjadi tempat wisata yang tidak dapat dilewati. Banyak tempat wisata yang berada di pulau Jawa, terutama air terjun.

30. Situ Janawi

Tempat wisata di Majalengka berikutnya adalah situ Janawi yang ada di Desa Payung, Kecamatan Rajaguluh. Situ atau danau ini memiliki luas sekitar 1 hektar, dikelilingi pemukiman dan dibatasi perbukitan di sebelah selatan. Situ Janawi berbentuk agak bulat dan memiliki danau kecil di tengahnya.

Situ Janawi

Situ Janawi

Air danau yang bening tertutup tanaman air seperti rumput dan eceng gondok. Untuk pengunjung dan para wisatawan yang menyukai panorama danau, tentunya sangat cocok untuk datang ke situ Janawi ini. Bagi wisatawan yang ingin liburan ke danau ini perlu mengetahui bahwa rute jalan menuju ke Situ Janawi tergolong cukup baik, tetapi agak sempit untuk kendaraan roda empat. Keindahan Situ Janawi ini terletak pada mata airnya. Mata air yang jernih dan keluar dari sela-sela batuan di perbukitan sangat menggoda untuk bermain dan berenang.

31. Taman Nasional Sadarehe

Tempat wisata di Majalengka selanjutnya adalah taman nasional Sadarehe yang terletak di Desa Payung, Kecamatan Rajaguluh, Kabupaten Majalengka. Lokasinya yang berada di kaki gunung Ciremai, membuat taman nasional ini memiliki keindahan yang memukau.

Taman Nasional Sadarehe

Taman Nasional Sadarehe

Selain itu, taman nasional ini juga memiliki ekosistem yang masih asli dan hijau, berbagai macam pohon, dan merupakan kawasan terhijau di wilayah gunung ciremai. Terdapat banyak tempat wisata dan juga panorama yang dapat dilihat di Sadarehe, salah satunya adalah perkebunan teh yang berudara sejuk, dingin dan juga asri. Sadarehe menjadi salah satu tempat untuk para peminat fotografi, pengunjung yang menikmati alam, dan juga wisatawan yang ingin bersantai dan rileks.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Nasional Sadarehe, salah satunya adalah melewati lembah-lembah, bersantai menikmati perkebunan teh. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan trekking dan berjalan-jalan di alam bebas. Banyak yang bisa dilakukan di tempat wisata alam

32. Museum Talaga Manggung

Tempat wisata di Majalengka berikutnya adalah museum talaga manggung yang terletak di Desa Talaga Wetan, Kecamatan Talaga. Lokasi museum ini dari pusat kota berjarak sekitar 26 kilometer. Wisatawan bisa melihat berbagai benda-benda peninggalan sejarah dari Kerajaan Talaga Manggung seperti kereta kencana, peralatan perang, alat kesenian, dan masih banyak lagi yang lain.

Museum Talaga Manggung

Museum Talaga Manggung

Museum ini bisa menjadi salah satu tempat wisata edukasi di Majalengka untuk pelajar. Biaya masuknya gratis, namun wisatawan bisa menyumbang secara sukarela untuk operasional museum. Disini koleksi yang terawat dan rapi, pengunjung dapat mengajak anak-anak dan juga remaja untuk belajar mengenai sejarah Indonesia dan juga sejarah Kerajaan Talaga Manggung, seperti yang terlihat dari koleksi dan juga aktivitas serta kegiatan di dalam obyek wisata ini. 

33. Rumah Adat Panjalin

Tempat wisata di Majalengka selanjutnya adalah rumah ada panjalin yang ada di Blok Rabu, Desa Panjalin Kidul, Kecamatan Sumberjaya, Rumah Adat Panjalin merupakan rumah adat asli dari peninggalan sejarah di Majalengka.

Rumah Adat Panjalin

Rumah Adat Panjalin

Majalengka memiliki sejarah yang kental dengan perkembangan islam, dimana Majalengka sendiri didirikan oleh Raden Sanata, keturunan kerajaan Talaga pada abad ke-17, sekitar 300 tahun yang lalu. Meskipun kondisinya sudah terlihat agak rapuh karena berbahan asli kayu, bilik dan juga bambu, tetapi rumah adat ini tetap terlihat indah dan menawan.

Wisataan yang datang bisa melihat benda peninggalan sejarah terutama sejarah penyebaran agama Islam di Jawa Barat.

34. Gunung Cakrabuana

Objek wisata di Majalengka berikutnya adalah Gunung Cakrabuana yang memiliki tinggi 1721 meter di atas permukaan laut (dpl) ini terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Majalengka, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Tasikmalaya. Terdapat setidaknya empat jalur pendakian Gunung Cakrabuana, yaitu jalur Bunar Kecamatan Pageurageung Tasikmalaya, jalur pendakian Malangbong Garut, jalur Cakrawati Lemah Putih Kecamatan Lemahsugih, dan jalur Sukanyiru, Kecamatan Wado Sumedang.

Gunung Cakrabuana

Gunung Cakrabuana

Gunung ini merupakan hulu sungai Citanduy dan Cimanuk, dan juga taman hutan raya yang terkenal dengan sejumlah tanaman endemik seperti aren, membuat Gunung Cakrabuana mampu menghasilkan kurang lebih 1.5 ton gula merah per hari karena produksi gula arennya.

35. Telaga di petilasan prabu siliwangi

Telaga di petilasan prabu siliwangi bisa menjadi tempat wisata di Majalengka yang anda kunjungi berikutnya. Telaga pancur memiliki air yang jernih sehingga membuat siapa saja yang datang pasti ingin menceburkan diri ke dalamnya. Tersedia becak air, dan juga berbagai macam fasilitas lainnya.

Telaga di petilasan prabu siliwangi

Telaga di petilasan prabu siliwangi

Banyak warga sekitar yang sering datang ke tempat ini untuk bersantai dan juga mengunjungi kompleks Petilasan Prabu Siliwangi, karena itu, kompleks ini cukup ramai di hari libur dan juga akhir pekan. Objek wisata ini masih satu tempat dengan obyek wisata Prabu Siliwangi.

36. Curug Ciwanda

Tempat wisata di Majalengka berikutnya adalah curug Ciwanda yang ada di Desa/Kecamatan Lemahsugih. Curug atau air terjun ini hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Majalengka. Namun bagi anda yang suka dengan wisata alam, tentu jarak bukanlah rintangan. Anda bisa mengunjungi curug ini dengan dipandu warga setempat. 

Curug Ciwanda

Curug Ciwanda

37. Curug Situhiang

Tempat wisata di Majalengka berikutnya adalah curug Situhiang yang ada di Blok Siriwati Desa Anggrawati, Kecamatan Maja. Memang, curug ini masih belum belum dikenal oleh masyarakat luas, namun belakangan mulai ramai dikunjungi terutama wisatawan yang suka dengan nuansa yang alami.

Curug Situhiang

Curug Situhiang

Untuk bisa menikmati pesonanya, memang terbilang sulit karena harus menggunakan roda doa atau empat jenis offroad. Jika terpaksa menggunakan roda dua biasa juga harus hati-hati, karena untuk sampai di lokasi jalanan menanjak dan menurun bahkan di kanan kiri terdapat jurang. 

Tempat Wisata di Majalengka yang lainnya

Berikut ini daftar tempat wisata di Majalengka yang bisa anda kunjungi juga saat liburan bersama keluarga atau orang tercinta lainnya:

  • Water Boom Tirta Indah ( Rajagaluh )
  • Water Boom Rajawali ( Surya ) di Kadipaten
  • Water Boom Tohaga di Burujul Wetan, Jatiwangi
  • Taman Ikan Bunderan di Munjul Majalengka
  • Situ Batu di Desa Malausma, Kecamatan Malausma
  • Bendungan Rentang di kecamatan Jatitujuh
  • Durian Sinapeul di Jalan Raya Rajagaluh-Sumber Kecamatan Sindangwangi
  • Kolam Renang Balong Sang Raja Majalengka

Nah, itulah 45 tempat wisata di Majalengka yang bisa anda kunjungi. Selamat berlibur, jangan lewatkan juga 24 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

loading...

6 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!