36 Tempat Wisata di Probolinggo Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi!

Tempat Wisata di Probolinggo – Halo sobat travelers dimanapun anda berada. Lagi nyari-nyari objek wisata di Probolinggo Jawa Timur ya.

Probolinggo ternyata punya banyak sekali tempat kece yang layak dijadikan sebagai destinasi liburan kita lho. Buat anda warga Probolinggo sendiri beberapa dari tempat wisata berikut ini mungkin belum anda kunjungi. Karena saking banyaknya tempat-tempat yang indah di Probolinggo.

Tempat Wisata di Probolinggo Jawa Timur

Nah, kali ini Tempat Wisata Seru akan mengajak anda keliling untuk meng-eksplorasi Probolinggo lebih dalam lagi. Yuk kita ngebolang ke Probolinggo:

1. Padang Rumput Savana

Tempat wisata di Probolinggo yang pertama adalah Padang Rumput Savana yang terletak di bagian selatan Gunung Bromo.

Padang Savana Gunung Bromo ( Bukit Teletubbies )

Padang Savana Gunung Bromo ( Bukit Teletubbies )

Di tempat ini Anda dapat menikmati indahnya hamparan padang rumput yang sangat luas dengan pemandangan berupa area perbukitan yang mirip dengan areal perbukitan yang ada di film Teletabis.

Untuk bisa sampai ke tempat ini ada dua alternatif yang bisa Anda tempuh, yaitu dengan berjalan kaki atau dengan menyewa mobil Jeep.

Karena tempat ini masih satu lokasi dengan kawasan Gunung Bromo, untuk bisa sampai ke tempat ini Anda nantinya tidak akan dikenai biaya tiket masuk sama sekali. Satu – satunya biaya yang harus Anda keluarkan adalah biaya sewa mobil Jeep yang besarannya berada di kisaran 500 – 700 ribu rupiah per mobil (dapat ditumpangi sekitar 5 – 8 orang).

Oh ia, jika Anda berangkat ke tempat ini dengan menggunakan mobil Jeep, jangan lupa meminta pengemudinya untuk mengantarkan Anda ke area Puncak Penanjakan ya. Area ini merupakan area atau pun spot terbaik untuk menikmati indahnya Padang Rumput Savana di Gunung Bromo.

2. Probolinggo Punya Miniatur Pulau Madura, Gili Ketapang

Tempat wisata di Probolinggo yang selanjutnya adalah Pulau Gili Ketapang. Pulau Gili Ketapang berlokasi di Daerah Ketapang, Sumberasih, Probolinggo. Pulau ini berada tepat di pertengahan Selat Madura. Secara keseluruhan, Gili Ketapang menawarkan daya tarik utama berupa pantai pasir putih dan pemandangan alam bawah laut yang sangat menakjubkan.

Probolinggo Punya Miniatur Pulau Madura, Gili Ketapang

Probolinggo Punya Miniatur Pulau Madura, Gili Ketapang

Di pulau ini, Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata, seperti bermain pasir di pinggir pantai, berenang, menyelam / scuba diving, snorkeling, dan berbagai macam aktivitas wisata menarik lainnya.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, dari pusat Kota Probolinggo Anda dapat berkendara menuju ke Pelabuhan Tanjung Tembaga. Sesampainya di sana, Anda tinggal menyewa perahu motor untuk mengantarkan Anda menuju ke pulau ini.

Pulau Ketapang atau Gili Ketapang ini terletak sekitar 8 km dari bibir pantai Probolinggo. Untuk bisa mencapai pulau ini, wisatawan harus menyewa perahu nelayan dan akan memakan waktu sekitar 40 menit perjalanan.

Dalam kondisi normal, pulau ini dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari 30 menit dengan menggunakan perahu motor. Hal ini dikarenakan jarak antara pulau ini dengan Pelabuhan Tanjung Tembaga hanya sekitar 8 km saja.

Untuk bisa menikmati keindahan alam pulau ini Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali. Hanya saja, karena lokasinya yang agak sedikit sulit untuk diakses (harus menyeberangi selat), Anda nantinya harus membayar biaya sewa perahu motor atau pun menggunakan jasa paket wisata dengan biaya sekitar 85 ribu rupiah per orang.

Nantinya biaya tersebut sudah mencakup biaya transportasi dan biaya makan siang Anda selama berada di pulau ini.

Oh ia, moda transportasi perahu motor dari Pelabuhan Tanjung Tembaga ke pulau ini hanya tersedia sejak pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore saja ya! Maka dari itu, jika Anda ingin berkunjung ke pulau ini, berangkatlah di kisaran waktu tersebut.

Pulau ini juga disebut sebagai miniatur Madura. Dikatakan Little madura karena memang ternyata di Problinggo terdapat sebuah pulau yang di dalamnya hidup orang-orang Madura sebagai Mayoritas.

Pulau yang eksotis ini bisa anda masukan dalam daftar tempat wisata di Probolinggo terbaru yang menarik untuk anda kunjungi. Beragam fasilitas sudah diadakan, mulai dari toilet, kamar mandi, ayunan, dan aneka warung makan. Di warung makan disini anda akan disuguhkan aneka olahan laut yang menggoda selera.

Disini juga terdapat goa kucing yang dahulunya adalah petilasan sunan giri saat menyebarkan agama islamke gresik, banyuwangi dan sekitarnya. Di dekat petilasan tersebut terdapat penginapan gratis yang biasa digunakan para peziarah. Kamupun bisa menginap disana, cukup memberikan uang seiklasnya di kotak amal.

3. Objek Wisata Gunung Bromo

Bromo merupakan salah satu objek wisata alam paling favorit yang ada di Provinsi Jawa Timur. Lokasi gunung ini meliputi empat wilayah, yaitu Pasuruan, Malang, Lumajang dan Probolinggo. Di gunung yang memiliki tinggi 2.392 mdpl ini Anda dapat menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa.

Pesona Wisata Gunung Bromo

Pesona Wisata Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung api yang masih aktif. Oleh karenanya, selain dapat menikmati pemandangan alam di sekitarnya, di gunung ini Anda juga dapat menikmati fenomena alam berupa kawah gunung yang masih aktif.

Tidak hanya itu, gunung ini juga memiliki hamparan pasir yang sangat luas. Nantinya di hamparan pasir yang ada di sekitar gunung ini Anda dapat menikmati berbagai macam aktivitas wisata seperti berkeliling dengan kuda, bermain pasir, berkeliling dengan sepeda motor jenis trail, dan lain sebagainya.

Wisata Gunung Bromo dibuka untuk umum selama 24 jam non stop. Karena lokasinya yang meliputi empat wilayah, gunung ini dapat diakses melalui beberapa alternatif jalur. Namun begitu, dari beberapa alternatif jalur yang tersedia, jalur Probolinggo merupakan jalur yang paling favorit.

Dari pusat Kabupaten Probolinggo Anda dapat berkendara ke arah Pertigaan Tongas. Dari tempat tersebut, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju ke Lumbang hingga sampai ke daerah Sukapura. Nah, sesampainya di Sukapura, Anda tinggal mengikuti jalan yang mengarah ke Desa Cemoro Lawang yang merupakan pintu masuk menuju kawasan wisata Gunung Bromo.

Di hari normal, harga tiket masuk ke tempat wisata in dipatoki sebesar 27.500 rupiah untuk wisatawan domestik dan 217.500 rupiah untuk wisatawan asing. Sedangkan di hari libur dan weekend, harga tiket masuknya dipatoki sebesar 32.500 rupiah untuk wisatawan domestik dan 317.500 rupiah untuk wisatawan manca negara.

Oh ia, harga tiket tersebut belum termasuk ongkos mobil Jeep ya! Jika Anda ingin menggunakan fasilitas mobil Jeep, Anda harus membayar ongkos tambahan dengan ongkos sekitar 30 – 100 ribu rupiah per orang.

4. Menikmati Keindahan Puncak B29 Bromo

Puncak B29 merupakan salah satu spot terbaik yang dapat dikunjungi untuk menikmati keindahan alam di Gunung Bromo. Tempat ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yaitu di daerah perbatasan Ngadirejo, Lumajang, Argosari, dan Senduro.

Menikmati Keindahan Puncak B29 Bromo

Menikmati Keindahan Puncak B29 Bromo

Pemberian nama B29 dilakukan karena tempat ini berada tepat di ketinggian 2900 mdpl.

Sama seperti halnya Gunung Bromo, Puncak B29 Bromo juga dibuka selama 24 jam non stop.Hanya saja, mayoritas wisatawan biasanya lebih suka mengunjungi tempat ini di dua waktu utama, yaitu di pagi hari menjelang matahari terbit dan di sore hari menjelang matahari terbenam.

Untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada di tempat ini, setiap pengunjung diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk sebesar 5000 rupiah.Nantinya, karena jarak spot wisata ini yang agak sedikit jauh, untuk bisa sampai ke spot nya, Anda masih harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar ongkos sewa kendaraan.

5. Wisata Alam Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Probolinggo yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan merupakan air terjun tertinggi yang ada di Pulau Jawa.

Wisata Alam Air Terjun Madakaripura

Wisata Alam Air Terjun Madakaripura

Meskipun selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, kondisi air dan alam sekitar air terjun ini masih tergolong cukup alami.Tidak hanya itu, kondisi udaranya pun juga masih sejuk, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga.

Tidak jauh dari areal air terjun, ada sebuah gua yang diyakini sebagai tempat persemedian Patih Gajah Mada. Sampai saat ini, area gua tersebut masih sering dijadikan sebagai tempat persemedian oleh warga sekitar.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, lokasi tempat ini berada di Branggah, negororejo, Lumbang, Probolinggo. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Probolinggo, Anda tinggal berkendara ke arah Tongas. Sesampainya di Tongas, Anda tinggal melanjutkan perjalanan sebentar ke Makadipura.

Oh ia, untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, setiap pengujung diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. Selain itu, waktu kunjungan wisata ke tempat ini juga dibatasi dari mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 7 malam.

6. Wisata Air Terjun Umbulan

Air Terjun Umbulan berlokasi tidak jauh dari Air Terjun Madakaripura.Meskipun lokasinya berdekatan, namun air terjun ini cenderung tidak begitu populer di kalangan wisatawan.

Wisata Air Terjun Umbulan

Wisata Air Terjun Umbulan

Padahal, jika dibandingkan dengan air terjun Madakaripura, air terjun ini tergolong tidak kalah menarik. Terlebih karena jarang dikunjungi wisatawan, kondisi lingkungan sekitarnya pun juga cenderung masih benar – benar alami dan terjaga dengan baik.

Jika Anda berangkat dari Terminal Probolinggo, Anda dapat berkendara menuju kawasan wisata Gunung Bromo. Nantinya sekitar 500 meter dari Pasar Sukapura, Anda akan menemui Kantor Telkom. Nah, di sebelah kantor tersebut, ada jalan setapak yang mengarah ke spot air terjun ini.

Sekedar informasi, medan perjalanan yang harus ditempuh untuk bisa sampai ke spot air terjun ini tergolong sangat berat.Nantinya sebelum sampai ke lokasi air terjun, Anda harus berjalan kaki menyusuri medan perjalanan yang cukup terjal.

Ya meskipun upaya yang dibutuhkan tergolong cukup berat, namun pemandangan yang akan Anda dapatkan di air terjun ini nantinya akan sepadan dengan upaya yang telah Anda korbankan.

Di hari biasa, air terjun ini dibuka untuk umum dari mulai pukul 7 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Nantinya, untuk bisa menikmati pemandangan alam di tempat ini, Anda diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk sebesar dua ribu rupiah di hari biasa dan sebesar lima ribu rupiah di akhir pekan atau pun di hari libur.

7. Liburan Seru ke Gunung Argopuro

Khusus untuk Anda yang suka trekking, ada satu lagi spot wisata trekking di Probolinggo yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu Gunung Argopuro.

Liburan Seru ke Gunung Argopuro via @diopramudya

Liburan Seru ke Gunung Argopuro via @diopramudya

Gunung Argopuro memiliki area yang sangat luas. Lokasi gunung ini membentang di lima daerah yang berbeda, yaitu dari Situbondo, daerah jember, daerah Lumajang, daerah Bondowoso, dan daerah Probolinggo. Gunung ini merupakan bagian dari area Pegunungan Inyang yang membentang di sepanjang Provinsi Jawa Timur.

Gunung Argopuro memiliki beberapa spot puncak. Spot puncak tertingginya adalah spot Puncak Rengganis. Konon, menurut kepercayaan masyarakat setempat, spot ini merupakan kediaman Dewi Rengganis, yaitu anak perempuan dari Raja Brawijaya.

Secara keseluruhan, jalur trekking menuju ke puncak Gunung Argopuro tergolong cukup berat. Hanya saja, karena pemandangan alam sekitarnya yang luar biasa indah, perjalanan menuju ke puncak gunung ini akan terasa sangat menyenangkan. Terlebih di sepanjang perjalanan, para pendaki nantinya juga akan disuguhi dengan beberapa spot wisata sejarah berupa puing – puing candi, pura, dan juga bangunan kolam.

Untuk bisa mendaki gunung ini, para pendaki diwajibkan untuk membayar biaya pendakian sebesar 20 ribu per hari. Normalnya, dari pos Bremi sampai ke puncak dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 14 jam 40 menit.

8. Danau Taman Hidup

Khusus untuk Anda yang ingin mendaki Gunung Argopuro, ada sebuah spot wisata menarik yang nantinya akan Anda temui di perjalanan menuju ke puncak gunung ini. Spot wisata tersebut adalah Danau Taman Hidup.

Danau Taman Hidup via endlee probolinggo

Danau Taman Hidup via endlee probolinggo

Danau Taman Hidup terletak di lereng Gunung Argopuro. Danau ini dikelilingi oleh rerumputan hijau dan gundukan perbukitan yang sangat asri. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, danau ini dulunya adalah tempat pemandian Dewi Rengganis dan para dayangnya.

Secara keseluruhan, tempat ini sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk berkemah. Bagi para pendaki Gunung Argopuro sendiri, Danau Taman Hidup biasanya dijadikan sebagai spot untuk beristirahat sejenak setelah melakukan perjalanan yang cukup panjang.

Untuk bisa menikmati keindahan alam di sekitar danau ini, Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Hanya saja, karena medan perjalanan yang ke tempat ini tergolong cukup ekstrim, maka bisa tidak bisa Anda harus menyiapkan mental dan fisik yang kuat.

9. Air Terjun Watu Lawang

Air Terjun Watu Lawang terletak di Daerah Ngepung, Sukapura, Probolinggo.Air terjun ini diberi nama Watu Lawang karena letaknya yang persis di antara dua buah tebing. Nah, karena letaknya tersebut, air terjun ini jadi mirip seperti sebuah pintu batu yang dalam Bahasa Jawa disebut dengan istilah “Watu Lawang”.

Air Terjun Watu Lawang

Air Terjun Watu Lawang

Secara keseluruhan air terjun ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah.Dengan air yang masih bersih dan udara yang sejuk, tempat wisata di Probolinggo yang satu ini benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat setelah seharian bekerja.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, dari Probolinggo Anda dapat berkendara menuju ke arah kawasan wisata Gunung Bromo. Nantinya, di daerah Sukapura, Anda dapat berhenti di dekat SMK N1 Sukapura. Di sekitar SMK tersebut ada gang kecil yang merupakan pintu masuk menuju ke air terjun ini.

Normalnya, dari gang tersebut, spot air terjun ini dapat ditempuh dalam kurun waktu 20 menit dengan berjalan kaki.

Oh ia, karena air terjun ini belum dikelola sebagai tempat wisata, Anda nantinya tidak akan dikenai biaya tiket masuk sama sekali. Selain itu, Anda juga bebas mengunjungi tempat ini kapan pun Anda mau.

10. Air Terjun Triban

Selain Air Terjun Watu Lawang, ada satu lagi spot wisata air terjun di Daerah Ngepung yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Triban.

Air Terjun Triban

Air Terjun Triban

Sama seperti halnya air terjun Watu Lawang, air terjun Triban juga masih belum banyak terjamah oleh wisatawan.Meskipun tinggi air terjun ini hanya sekitar 5 meter, namun pemandangan alam sekitarnya tergolong benar – benar sangat indah. Kondisi air dan udara di sekitarnya pun terbilang masih bersih dan sejuk.

Di air terjun ini Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas wisata. Dari mulai mandi di area sekitar kolam penampung air terjun sampai dengan melompat dari atas tebing, semuanya bisa Anda lakukan di tempat ini.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi mengarah ke SMK N 1 Sukapura. Di sebelah SMK tersebut, Anda nantinya akan menemui gang kecil yang merupakan pintu masuk menuju ke air terjun ini.

Nantinya dari pintu masuk tersebut, Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih satu jam dengan medan perjalanan yang cukup curam. Ya meskipun perjalanan menuju ke tempat ini tergolong cukup melelahkan, namun begitu sampai ke lokasinya, semua rasa lelah Anda akan langsung terbayar lunas dengan pesona keindahan yang disuguhkan air terjun ini.

Oh ia, karena kolam tampungan air terjun ini tergolong cukup dalam (yaitu sekitar 3 – 5 meter), jika Anda berniat ingin mandi di kolam tampungan air terjun ini, pastikan Anda bisa berenang ya!

11. Air Terjun Kedung Amis

Tempat wisata di Probolinggo yang selanjutnya adalah Air Terjun Kedung Amis. Air terjun ini berlokasi di Desa Ngepung, Kec. Sukapura, yaitu tidak jauh dari Air Terjun Watu Lawang.

Air Terjun Kedung Amis

Air Terjun Kedung Amis

Air terjun Kedung Amis merupakan saluran utama dari air terjun Watu Larang. Air yang mengalir dari air terjun ini nantinya akan terbagi menjadi dua, yaitu mengarah ke air terjun Watu Larang dan ke air terjun Sumber Pakis II.

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun Kedung Pakis, dari kota Probolinggo, Anda dapat mengarah ke SMK N 1 Sukapura menggunakan kendaraan pribadi.Sesampainya di SMK N 1 Sukapura, Anda harus menitipkan kendaraan Anda dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui medan yang cukup menantang.

Untuk masuk ke tempat ini Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Satu – satunya biaya yang harus Anda keluarkan hanya lah biaya tiket parkir saja.

Oh ia, agar tidak kemalaman, jika ingin berwisata ke tempat ini Anda kami sarankan untuk berangkat di pagi hari. Dengan begitu, Anda nantinya akan bisa menikmati keindahan tempat ini hingga benar – benar puas.

12. Air Terjun Sumber Pakis II

Masih di daerah Sukapura, ada satu lagi spot wisata air terjun yang tidak kalah eksotis, yaitu Air Terjun Sumber Pakis II.

Air Terjun Sumber Pakis II

Air Terjun Sumber Pakis II

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, air terjun Sumber Pakis !! merupakan air terjun lanjutan dari Air Terjun Kedung Amis. Secara keseluruhan kondisi alam di sekitar air terjun ini tergolong masih sangat asri, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat dan kejenuhan.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda dapat mengikuti rute perjalanan ke Air Terjun Watu Lawang.Untuk biaya tiket masuknya sendiri, tempat ini bisa Anda akses secara gratis. Selain itu, waktu kunjungan Anda ke tempat ini juga tidak dibatasi, sehingga Anda dapat mengunjunginya kapan pun Anda mau.

13. Berlama-lama di Pantai Bentar

Selain menyuguhkan objek wisata air terjun, Probolinggo juga memiliki objek wisata pantai yang tidak kalah menarik.Salah satu objek wisata pantai di Probolinggo yang sangat populer di kalangan wisatawan adalah Pantai Bentar.

Berlama-lama di Pantai Bentar via Arah

Berlama-lama di Pantai Bentar via Arah

Pantai Bentar berlokasi di Desa Curahsawo, Kec. Gending, Probolinggo. Pantai ini memiliki keunggulan berupa pasir pantai yang lembut dan dermaga kayu yang menjorok sejauh 50 meter ke laut lepas.

Tidak hanya itu, jika Anda beruntung, di tempat ini Anda juga bisa menikmati sajian wisata unik berupa kawanan hiu tutul yang tengah bermigrasi dari Laut Australia dan berbagai macam wahana permainan air yang sangat menarik.

Secara keseluruhan, objek wisata pantai di Probolinggo yang satu ini tergolong cukup mudah untuk diakses. Dalam hal ini, untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda hanya perlu melalui jalur lintasBanyuwangi – Surabaya atau pun Situbondo – Probolinggo.

Nantinya, untuk bisa menikmati keindahan pantai ini Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar 4 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 3 ribu rupiah untuk anak – anak.

14. Bukit Bentar Probolinggo

Tempat wisata di Probolinggo yang selanjutnya adalah Bukit Bentar Probolinggo. Bukit Bentar Probolinggo memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl.Di bukit ini, Anda dapat menikmati sajian wisata berupa panorama Pantai Bentar dan kawasan hutan bakau yang masih sangat asri.

Bukit Bentar Probolinggo

Bukit Bentar Probolinggo

Karena panoramanya yang luar biasa indah, Bukit Bentar sering dijadikan sebagai spot untuk mengambil foto. Tidak hanya itu, bukit ini juga sering dikunjungi oleh para pecinta aktivitas trekking untuk sekedarberkumpul sembari melepas penat.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke bukit ini, lokasinya ada di Desa Curahsawo, Kab. Gending, yaitu tidak jauh dari objek wisata Pantai Bentar. Nantinya, untuk bisa sampai ke bukit ini, dari area Pantai Bentar, Anda harus berjalan kaki melalui medan perjalanan yang cukup terjal.

Biaya tiket masuk ke bukit ini gratis. Hanya saja, jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda nantinya akan dikenai biaya parkir sekitar 5 – 8 ribu rupiah.

Oh ia, tempat ini dapat Anda kunjungi kapan saja. Hanya saja, waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini adalah di waktu pagi dan sore hari, yaitu ketika matahari akan terbit dan terbenam.

15. Menikmati Kesejukan Kebun Teh Andung Biru

Kebun Teh Andung Biru berlokasi di Daerah Tiris. Kebun ini merupakan salah satu tempat wisata populer di Probolinggo yang selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk melepas penat di akhir pekan.

Menikmati Kesejukan Kebun Teh Andung Biru via Indonesia Tourism

Menikmati Kesejukan Kebun Teh Andung Biru via Indonesia Tourism

Secara keseluruhan, objek wisata Kebun Teh Andung Biru tidak jauh berbeda dengan kawasan Puncak yang ada di Kota Bogor.Dalam hal ini, mayoritas wilayahnya dipenuhi dengan pohon teh yang sejuk dan asri.

Untuk bisa berkunjung ke tempat ini, dari Probolinggo Anda dapat berkendara menuju ke arah pertigaan yang ada di Pajarakan. Sesampainya di sana, Anda dapat mengambil arah kanan menuju ke Pondok Pesantren Genggong. Nantinya dari area sekitar Pondok Pesantren tersebut Anda akan bertemu dengan pertigaan ke dua. Nah, di pertigaan tersebut, Anda dapat mengambil jalur kanan yang mengarah ke Tiris.

Jika Anda mau, Anda dapat mengunjungi area perkebunan ini setiap hari kapan pun Anda mau. Hanya saja, waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah di pagi hari, yaitu ketika udara di sekitarnya masih terasa sejuk dan segar.

Oh ia, untuk bisa menikmati pemandangan di tempat ini, Anda nantinya akan dikenai biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang.

16. Relaksasi di Pemandian Air Panas Desa Tiris

Pemandian Air Panas Desa Tiris terletak di Kompleks Ranu Segaran. Tempat ini merupakan salah satu spot pemandian air panas terbaik yang ada di Probolinggo. Pasalnya, selain murah, pemandian air panas di tempat ini juga masih sangat alami.

Relaksasi di Pemandian Air Panas Desa Tiris

Relaksasi di Pemandian Air Panas Desa Tiris

Secara keseluruhan pemandian air panas ini sangat pas untuk dikunjungi oleh Anda yang ingin melepas penat di akhir pekan setelah lelah bekerja.Nantinya untuk bisa menikmati pemandian air panas di tempat ini, Anda diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, dari Probolinggo, Anda dapat berkendara menuju ke arah Segaran. Nah, dari wilayah Ranu Segaran, lokasi pemandian air panas ini hanya berjarak sekitar 200 meter saja.

Disini anda akan merasakan hangat air yang berasal dalam bumi sehingga mengandung belerang dengan bau yang menyengat. Tapi seperti air panas lain yang mengandung sulfur, memiliki khasiat yang menyehatkan sekaligus bisa untuk mengobati penyakit kulit.

17. Coba Tantangan Arung Jeram Sungai Pekalen

Khusus untuk Anda yang hobi melakukan olahraga ekstrim, ada satu tempat wisata di Probolinggo yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu Arung Jeram Sungai Pekalen.

Coba Tantangan Arung Jeram Sungai Pekalen via sportourims

Coba Tantangan Arung Jeram Sungai Pekalen via sportourims

Sungai Pekalen merupakan sungai berarus deras yang membentang di tiga kecamatan yang ada di Probolinggo, yaitu Kecamatan Tiris, Kecamatan Maron, dan Kecamatan Gading.Sungai ini berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Probolinggo, sehingga relatif cukup mudah untuk diakses oleh para wisatawan.

Wisata Arung Jeram Sungai Pekalen terbagi atas beberapa zona dengan tingkat kesulitan dan panjang jalur yang berbeda – beda. Nantinya, para wisatawan dapat memilih zona arung jeram sendiri sesuai dengan keinginan mereka.

Untuk bisa menimati wisata arung jeram di tempat ini, Anda harus membayar biaya tiket sebesar 250 – 300 ribu rupiah per orang, bergantung pada zona yang ingin dilalui.

Di hari normal, objek wisata ini dibuka setiap hari dari mulai pagi sampai dengan sore hari. Hanya saja, di waktu – waktu tertentu ketika arus sungai sedang tidak bersahabat, objek wisata ini biasanya akan ditutup untuk sementara.

18. Air Terjun Darungan

Air Terjun Darungan berlokasi di Desa Bremi, Kecamatan Kurcil, Probolinggo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan debit air yang cukup deras.

Air Terjun Darungan

Air Terjun Darungan

Secara keseluruhan kondisi alam di sekitar air terjun ini tergolong masih cukup asri sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk melepaskan penat. Di tempat ini, nantinya Anda dapat mandi dan bermain air sepuasnya.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Probolinggo. Tidak hanya itu, dari daerah Bremi, Anda nantinya juga masih harus berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Ya meskipun perjalanan menuju ke air terjun ini tergolong cukup melelahkan, namun semua rasa lelah yang Anda rasakan nantinya akan langsung terbayar lunas begitu Anda sampai ke area air terjun ini.

Dalam kondisi normal (di luar cuaca buruk), tempat ini bisa diakses setiap hari. Hanya saja, di waktu – waktu tertentu ( di musim penghujan), air terjun ini biasanya akan ditutup sementara untuk menghindari berbagai macam kemungkinan yang tidak diinginkan.

Oh ia, untuk bisa menikmati tempat ini, Anda nantinya akan dibebani biaya tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah per orang.

19. Air Terjun Kali Pedati

Sama seperti halnya Air Terjun Darungan, Air Terjun Pedati juga terletak di Kec. Krucil. Bedanya air terjun ini tidak berlokasi di Desa Bremi, melainkan di Desa Kalianan.

Air Terjun Kali Pedati

Air Terjun Kali Pedati

Secara keseluruhan air terjun ini memiliki pemandangan yang masih sangat segar dan alami. Hal ini dikarenakan air terjun ini masih belum banyak diketahui wisatawan, sehingga pengunjungnya pun relatif masih sangat terbatas.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda harus melalui medan perjalanan yang cukup terjal. Normalnya, dari Desa Kalianan, air terjun ini dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 1 jam.

Karena masih belum dikelola secara profesional, tempat ini dapat dikunjungi secara cuma – cuma alias gratis. Satu – satunya biaya yang harus Anda keluarkan saat hendak berkunjung ke tempat ini adalah biaya parkir kendaraan.

20. Danau Ronggojalu

Danau Ronggojalu merupakan tempat wisata di Probolinggo yang sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga. Danau ini memiliki panorama yang luar biasa memukau. Kondisi air di danau ini masih sangat jernih danpepohonan di sekitarnya pun juga masih terjaga dengan baik.

Danau Ronggojalu

Danau Ronggojalu

Lokasi Danau Ronggojalu ada di Desa Tegalsiwalan, Kec. Leces. Jika Anda berangkat dari Alun – Alun Kota Probolinggo, tempat wisata ini dapat Anda tempuh dalam kurun waktu 30 menit perjalanan.

Tempat ini dibuka setiap hari dari mulai pagi sampai sore. Cukup sediakan biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah, Anda dan keluarga sudah bisa bersenang – senang hingga puas di tempat ini.

21. Danau Agung

Danau Agung merupakan objek wisata eksotis yang berlokasi di Tiris. Danau ini merupakan salah satu spot wisata eksotis yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Danau Agung

Danau Agung

Di danau ini, Anda dapat duduk – duduk santai sembari menikmati keindahan alam sekitarnya atau berkeliling danau dengan menggunakan perahu gethek yang ada di pinggiran danau.

Untuk bisa sampai ke danau ini, dari Probolinggo Anda dapat berkendara menuju ke arah Krucil. Nantinya, sesampainya di Krucil, Anda dapat melanjutkan perjalanan secara langsung menuju ke Danau Agung / Ranu Agung yang ada di Tiris.

Karena medan perjalanan menuju ke tempat ini masih tergolong cukup sulit, untuk bisa sampai ke Danau Agung, Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi.

Oh ia, nantinya untuk bisa masuk ke tempat ini, Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah per orang. Karena tempat ini dibuka setiap hari (dari pagi hingga sore), Anda dapat mengunjungi tempat ini kapan pun Anda mau.

22. Ranu Segaran

Sama seperti Danau Agung, Ranu Segaran juga berlokasi di Daerah Tiris, tepatnya di Desa Segaran. Lokasi tempat ini tidak begitu jauh dari lokasi Danau Agung dan Spot Pemandian Air Panas yang ada di Desa Tiris.

Ranu Segaran via Pantura7

Ranu Segaran via Pantura7 – Tempat Wisata di Probolinggo

Secara keseluruhan, kondisi alam di sekitar danau ini masih tergolong sangat asri dan terjaga dengan baik. Kondisi airnya masih bersih dan alamnya juga masih sejuk, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat melepaskan penat dan kejenuhan.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, jika Anda berangkat dari Probolinggo, Anda dapat berkendara menuju ke arah Tiris. Nantinya dari Tiris Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju ke tempat ini melalui pintu masuk yang tidak jauh dari Koramil.

Biaya tiket masuk ke tempat ini dipatoki sebesar 3 ribu rupiah. Karena tempat ini dibuka untuk umum setiap hari, Anda dapat mengunjungi tempat ini kapan pun Anda menginginkannya.

23. Menilik Sejarah di Candi Jabung

Candi Jabung merupakan salah satu objek wisata sejarah di Probolinggo yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Candi ini merupakan candi Hindu hasil peninggalan Kerajaan Majapahit.Secara keseluruhan, arsitektur bangunan Candi ini terlihat sangat mirip dengan arsitektur bangunan Candi Bahal yang ada di Sumatera Utara.

Menilik Sejarah di Candi Jabung

Menilik Sejarah di Candi Jabung via @faruqardiansyah

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Candi Jabung merupakan makam dari salah satu kerabat kerajaan Majapahit bernama Bhra Gundul. Jika melihat pada catatan sejarah, bangunan candi ini diperkirakan sudah ada sejak Tahun 1354 Masehi.

Objek wisata Candi Jabung dapat diakses secara cuma – cuma. Namun begitu, ketika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda diwajibkan untuk melapor ke petugas jaga dan mengisi buku tamu yang tersedia di pos jaga tersebut.

Di hari normal, tempat ini dapat dikunjungi setiap hari dari mulai pagi sampai dengan sore hari. Namun begitu, di waktu – waktu tertentu, tempat ini terkadang juga ditutup untuk umum.

Jika Anda berangkat dari Probolinggo, dalam kondisi normal, Candi Jabung bisa Anda tempuh dalam kurun waktu 30 menit perjalanan. Nantinya, dari Kab. Probolinggo Anda dapat berkendara menuju ke daerah Kraksaan. Sesampainya di daerah Kraksaan, Anda tinggal melanjutkan perjalanan Anda secara langsung ke Candi Jabung yang ada di Desa Jabung – Paiton.

24. Candi Kedaton

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya adalah cando Kedaton yang terletak di Dusun Lawang Kedaton Desa Andungbiru Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Candi Kedaton terletak di 60 km ke selatan dari Probolinggo.

Candi Kedaton

Candi Kedaton – Tempat Wisata di Probolinggo

Candi ini memiliki struktur bangunan yang terbuat dari batu andesit seperti candi pada umumnya. Candi ini diperkirakan dibangun sekitar akhir abad XIV ini hanya berupa kaki dan baturnya saja. Tidak diketahui keberadaan badan dan atap candi.

Candi yang memiliki ukuran sekitar 6 m2 ini memiliki relief-relief menghiasi kaki candi. Relief ini memiliki 3 cerita utama, yaitu tentang Arjunawiwaha, Bhomakwya, dan Garudeya.

Anda bisa datang ke candi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan rute dari Probolinggo ke Jalan Raya Kedaton, lalu berjalan kaki melewati jalan setapak sepanjang 1 km. Buka setiap hari, tapi Anda harus minta izin pada juru kunci yang ada. Untuk biaya masuk, belum ada tarif yang resmi.

25. Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL)

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya adalah Taman Wisata Study Lingkungan. Taman ini terletak di Jalan Basuki Rachmad, Mangunharjo, Mayangan.

Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) - tempat wisata di Probolinggo

Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) – Tempat Wisata di Probolinggo

Di taman ini anda akan menjumpai berbagai jenis hewan dan tumbuhan sebagai pusat tempat studi. Taman ini berdiri di atas lahan 1 hektar dengan memiliki koleksi sekitar 20 jenis tanaman tahunan sehingga membuat tempat wisata di Ponorogo ini begitu sejuk.

Selain itu juga ada perpustakaan di taman ini, serta berbagai satwa yang meramaikan taman ini. Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di sini.

Untuk masuk ke taman ini anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp3.000/dewasa dan Rp2.000/anak-anak.  Silahkan datang saja ke taman ini dari jam 07.00-17.00 WIB.

26. Agrowisata Sumberbendo

Objek wisata di Probolinggu berikutnya adalah agrowisata Sumberbendo. Disini anda bisa mencoba anggur segar langsung dari pokoknya.

Agrowisata Sumberbendo

Agrowisata Sumberbendo – tempat wisata di Probolinggo

Probolinggo memang terkenal sebagai Kota Anggur, jadi kurang afdal rasanya kalau ke Probolinggo tanpa membawa anggur sebagai oleh-olehnya, atau mencicipi segarnya buah anggur mungil nan eksklisif ini.

Nah buat anda yang tertarik, silahkan datang aja ke Sumberbendo, Sumberasih. Untuk masalah harga, tentu saja lebih murah daripada di warung-warung, dan yang lebih penting lagi, masih segar tentunya.

Selain dapat memtik anggur secara langsung, wisatawan juga akan dimanjakan dengan taman bermain dan kolam yang bisa membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Silahkan datan saja ke taman ini jam 07.00-17.00 WIB. Untuk masuk ke dalam agriwisata ini anda hanya membayar tiket masuk sebesar Rp3.000 saja. Untuk sampai ke sini, Anda bisa menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi dari Surabaya sekitar 3 jam.

27. Liburan Bersejarah di Museum Probolinggo

Tempat wisata di Probolinggo yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Museum Probolinggo yang ada di Jalan Suroyo No. 7, Kota Probolinggo.

Liburan Bersejarah di Museum Probolinggo

Liburan Bersejarah di Museum Probolinggo

Museum ini memiliki banyak koleksi bersejarah dan peninggalan budaya. Beberapa koleksi di museum ini mulai dari ethnographika (peralatan pencaharian hidup dan rumah tangga, busana, kesenian, pusaka), arkeologi (benda pra-sejarah dan sejarah), historika (benda budaya—bukan hasil penggalian—tapi tetap bernilai historis), numismatika (mata uang dan alat tukar pembayaran), filolika (naskah kuno dengan aksara dan bahasa tradisional), keramologika (benda dari tanah liat, batuan, dan sejenisnya), dan teknologika (peralatan yang menunjang kehidupan manusia—tradisional maupun modern).

Sangat banyak sekali bukan?

Untuk anda yang tertarik ingin mengunjungi museum ini, silahkan datang saja setiap hari kesini mulai dari pukul 08.00–15. 00 WIB. Untuk masuk keseini gratis, tanpa dipungut biaya.

28. Nongkrong di Alun-Alun Probolinggo

Nah, kalau anda mencari tempat nongkrong di Probolinggo yang cozy, maka alun-alun kota Probolinggo bisa menjadi pilihan yang tepat. Disini anda bisa nongkrong bersama teman kapanpun.

Nongkrong di Alun-Alun Probolinggo

Nongkrong di Alun-Alun Probolinggo

Alun-alun Probloinggo sendiri ada dua yaitu alun-alun kota (Mayangan) dan alun-alun kabupaten (Kraksaan).

Di alun-laun ini anda bisa bersepeda atau lari santai. Ada cagar budaya berupa monumen dan tugu untuk memperluas wawasan sejarah Anda. Sementara itu, di alun-alun kabupaten, Anda bisa sekadar bersantai atau bermain sembari menikmati kuliner.

29. Mandi-mandi di Kolam Renang TRA

Kalau anda mencari tempat wisata anak di Probolinggo, maka kolam renang TRA adalah salah satu pilihan yang pas.

Kolam renang TRA atau Taman Rekreasi Anak ini menawarkan liburan yang menyenangkan dengan air. Disini terdapat kolam untuk anak dengan kedalaman antara 50-100 cm, lalu ada kolam sedalam 120 cm dan 180 cm untuk umum.

Kolam renang ini terdapat di pusat kota Probolinggo, lebih tepatnya ada di Jalan Hayam Wuruk, Mangunharjo, Mayangan. Kolam renang yang aslinya bernama Banyuangga ini merupakan kolam renang pertama di Probolinggo.

Silahkan datang saja kesini setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB. Untuk tiket masuknya sangat murah meriah, hanya Rp5.000, Anda bisa berenang dan bermain air di kolam renang ini.

30. Wisata Mangrove BJBR Probolinggo

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya adalah hutan mangrove BJBR yang terletak di pesisir pantai Pelabuhan Mayangan, tepatnya di sebelah utara Alun-Alun Probolinggo.

Wisata Mangrove BJBR Probolinggo

Wisata Mangrove BJBR Probolinggo – Tempat Wisata di Probolinggo

Hutan mangrove ini sangat eksotis dan memiliki pemandangan yang sangat cantik plus udara yang masih fresh.

Kalau anda yang doyan foto-foto, anda bisa menjadikan hutan mangrove ini sebagai tempat untuk foto-foto di Probolinggo.

Salah satu spot berfoto yang paling apik yakni jembatan kayu di tengah hutan mangrove, BJBR (Beejay Bakau Resort) juga menawarkan spot unik sebagai latar berlakang berfoto seperti tulisan besar BJBR penuh warna, gembok cinta, bola dunia, replika kapal pinisi, dan patung kuda.

Untuk anda yang tertarik datang kesini, silahkan datang kesini dari alun-alun ke arah utara sekitar 10 menit saja.  Oh ya, Wisata Mangrove BJBR buka setiap hari dari 08.00-22.00 WIB, dengan harga tiket Rp15.000/weekdays dan Rp.30.000/weekend. Biaya tersebut untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak mendapat potongan 50%.

31. Madakaripura Forest Park

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya adalah Madakaripura forest park yang menjadi salah satu tempat buat selfie-selfie.

Madakaripura Forest Park

Madakaripura Forest Park – Tempat Wisata di Probolinggo

Jadi buat anda yang doyan jeprat jepret, Madakariputa forest park harus masuk dalam daftar tempat yang akan anda kunjungi di Probolinggo.

Letak taman hutan ini ada di  wilayah Negororejo, Lumbang. Disini anda akan menyaksikan pemandangan hijau yang menyejukkan mata, plus udaha yang masih segar yang dapat merilekskan pikiran kita.

Beberapa spot favorit untuk berfoto di taman ini yaitu ayunan, gardu pandang, dan anjungan matahari.

Anda panasaran ingin mengunjungi Madakaripura Forest Park? Caranya yaitu, silahkan menuju pertigaan Lumbang, kemudian ambil rute menuju Air Terjun Madakaripura. Satu kilometer sebelum air terjun, silakan belok kiri dan lanjutkan perjalanan Anda sampai lokasi.

Untuk bisa menikmati fasilitas di dalamnya, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000, kemudian menambah biaya lagi untuk berfoto di spot tertentu. Buka setiap hari, dari pagi sampai malam hari.

32. Mahoni Grand Park

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya adalah Mahoni Grand Park yang ada di Tukul, Sumber, Probolinggo.

Mahoni Grand Park

Mahoni Grand Park – Tempat Wisata di Probolinggo

Taman ini juga menjadi salah satu tempat berfoto di Probolinggo yang sedang hits. Taman ini menawarkan sensasi liburan yang menyenangkan bersama alam, disini anda juga bisa berkemah, memancing, berenang, atau sekadar menjajal berbagai wahana permainan.

Untuk bisa menikmati keindahan taman ini anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 saja.

Nah, bagi anda yang penasaran dengan mahoni Grand Park ini, silahkan anda menuju ke jalur Lumajang atau Jember dari terminal Banyuangga, sampai ke Sumber. Kemudian, Anda masih harus menempuh sekitar 12 km untuk sampai ke Mahoni Grand Park.  Tempat ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 5 pagi.

33. Masjid Tiban Babussalam

Kalau anda juga ingin mengisi liburan anda dengan nuansa religi, anda bisa memasukkan masji Tiban Babbusalam sebagai tempat berhenti.

Masjid Tiban Babussalam

Masjid Tiban Babussalam

Masjid yang terletak di Pilang, Kademangan—dekat Jalan Raya Pantura ini memiliki cerita tersendiri yang menajubkan, dimana konon katanya Masjid ini ada secara misterius dan tiba-tiba sekitar tahun 1600.

Masyarakat sekita pun keheranan dan tidak mengetahui, siapakah pendiri masjid ini. Dengan gaya arsitektur kuno, masjid ini masih kokoh berdiri hingga kini. Menurut cerita turun temurun, masjid ini juga menjadi tempat Syeh Maulana Ishak menyiarkan agama Islam. Untuk bisa sampai ke masjid ini, anda harus beranjak sekitar 3 km saja dari pusat kota Probolinggo.

34. Museum Dr. Mohammad Saleh

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya adalah museum Dr. Mohammad Saleh yang ada di Jalan Dr. Moh. Saleh No. 1, Tisnonegaran, Kanigaran ini menyimpan sejarah dari dokter pertama yang diberi mandat untuk memimpin rumah sakit umum di daerah Probolinggo.

Museum Dr. Mohammad Saleh

Museum Dr. Mohammad Saleh

Anda bisa datang kesini Selasa-Minggu, pukul 08.00-15.00 WIB (kecuali hari Jumat-Minggu, tutup lebih awal sebelum jam 12.00).

Jika anda liburan bersama anak, maka anda bisa menarik minat anak anda untuk menjadi dokter dengan cara mengajaknya kesini. Disini anda akan menemukan perabot dan alat kesehatan yang dipakai sang Dokter kala itu.

Letak museum ini ada pusat Kota Probolinggo. Mengenai biaya masuk, belum ada tarif resmi. Anda bisa memberikan dana seikhlasnya untuk merawat museum bersejarah ini.

35. Pelabuhan Tanjung Tembaga

Pelabuhan Tanjung Tembaga

Pelabuhan Tanjung Tembaga – Tempat Wisata di Probolinggo

Travelers, anda juga bisa mengunjungi pelabuhan tanjung tembaga di Probolinggo. Sama halnya dengan pelabuhan lan, pelabuhan ini juga menjadi tempat berlabuhnya kapal angkut muatan dan perahu nelayan.

Kalau anda mau bakar-bakar ikan, anda bisa membelinya disini. Lokasi pelabuhan ini dekat dengan Kota Probolinggo sehingga sangat mudah ditemukan.

Pelabuhan ini terbagi menjadi dua bagian, pertama dikhususkan untuk pasar ikan dan pelabuhan, yang kedua untuk tempat wisata dan tempat festival serta memancing. Anda hanya perlu membayar parkir saja.

36. Terakhir, Objek Wisata Ranu Merah

Objek Wisata Ranu Merah

Objek Wisata Ranu Merah

Tempat wisata di Probolinggo yang terakhir dari kami adalah ranu merah yang juga masih terletak di desa Tiris. Danau ini sangat unik, berbeda dengan danu lainnya, karena airnya terlihat merah. Namun ketika diangkat, tetap saja bening seperti air pada umumnya.

Hal tersebut karena ganggang merah yang tumbuh di dasar danau tersebut sehingga  terlihat kemerah-merahan. Wisata ini masih sepi karena belum banyak orang yang tahu, padahal tempatnya sangat kece.

Bagaimana, anda sudah tidak sabar lagi ingin segera mengunjungi tempat-tempat di atas? Tunggu apalagi, liburan ini mungkin bisa menjadi waktu yang tepat untuk menyambangi tempat-tempat kece di Probolinggo di atas.

Demikianlah ulasan seputar tempat wisata di Probolinggo Jawa Timur yang bisa kita eksplorasi. Semoga bermanfaat ya. Jangan lewatkan juga: 58 Tempat Wisata di Gresik Jawa Timur Terbaru Paling Hits

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!