Liburan Seru Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur

Taman Nasional Meru Betiri  Jalan – jalan di Jawa Timur tentu terasa kurang lengkap kalau kita masih belum datang berkunjung menuju taman Nasional Meru Betiri. Taman Nasional Meru Betiri merupakan sebuah objek wisata petualangan yang sangat indah dimana didalamnya terdapat kawasan hutan dan pantai yang sangat menawan.

Pantai yang masih perawan banyak bertebaran disini bahkan hutan – hutan yang lebat dan indah juga bisa Anda temukan. Dijamin hanya disini, pesona keindahan yang tak ada duanya akan Anda saksikan. Taman Nasional Meru Betiri juga menjadi sebuah tempat yang sangat cocok menghiasi kegiatan liburan Anda apalagi ketika liburan panjang Anda rasakan.

Taman Nasional Meru Betiri Via Inet

Taman Nasional Meru Betiri Via Inet

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur, berikut informasi lokasi dan daya tarik wisata yang bisa Anda tuju kesana yang berhasil Tempatwisataseru rangkum untuk anda:

Sejarah Singkat Taman Nasional Meru Betiri

Bung Karno pernah bilang, “jas merah jas merah” Jangan lupakan sejarah!

Nah, sebelum kita melihat lebih jauh mengenai taman nasional ini, ada baiknya kalau kita sedikit mengenai sejarah ringkas taman nasional meru betiri ini

Kalau dari sisi namanya sendiri, meru betiri sendiri di ambil dari nama gunung yang terdapat di dalamnya, yaitu gunung meru dan gunung betiri. Sehingga taman nasional ini diberi nama Taman Nasional Meru Betiri. Letak Taman Nasional Meru Betiri yang berada di dua kabupaten, membuat sebagian pengunjung menyebutnya dengan nama Taman Nasional Meru Betiri banyuwangi maupun Taman Nasional Meru Betiri Jember. Keduanya sama.

Taman nasional ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan sudah ada sejak 1929, pada masa kolonial Belanda dahulu. Meskipun sudah lama, namun taman nasional ini masih terawat dengan baik, dimana kealamiannya masih terjaga, bahkan kelestarian dari ekosistem yang ada di dalamnya masih terjaga dengan baik.

Pada tahun 1979, wilayah ini secara sah dijadikan kawasan hutan lindung. Dan bisa anda kunjungi bersama keluarga tecinta.

Lokasi Taman Nasional Meru Betiri

Lokasi Taman Nasional Meru Betiri berada di dusun Andongrejo, desa Andongrejo, kecamatan Tempurejo, kabupaten Jember, provinsi Jawa Timur. Untuk rute secara jelasnya dan jika tidak ingin beresiko tersesat ketika ke Taman Nasional Meru Betiri, Anda bisa langsung saja gunakan google maps.

Dengan menggunakan Google maps tentu Anda akan bisa diarahkan oleh Google menemukan dimana tempat wisata yang sangat indah di Jawa Timur ini.

Transportasi Menuju Taman Nasional Meru Betiri

Bagi wisatawan yang berasal dari kota Jember tentu mencari transportasi ke Taman Nasional Meru Betiri sangat mudah. Ada petunjuk jalannya juga. Jika Anda menuju Taman Nasional Meru Betiri dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa meminta panduan arah menuju wisata Taman Nasional Meru Betiri dengan google maps seperti yang kami ungkapkan sebelumnya. Akan tetapi kalau Anda lebih memilih menuju Taman Nasional Meru Betiri dengan menggunakan bus atau mungkin travel, Anda bisa ikuti saran kami ini.

Kalau Anda menggunakan bis atau travel, Anda bisa berhenti di terminal bus kota atau tepatnya berhenti di Desa Andongrejo. Ungkapkan saja bahwa Anda berhenti di Desa Andongrejo pada pengemudi atau kenek bis. Lalu Anda bisa lanjutkan dengan bertanya kepada orang sekitar atau kepada kenek bis nanti harus naik apa untuk bisa langsung dan aman menuju Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur.

Daya Tarik Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri memang sebuah wisata yang tak ada duanya. Suasana alam yang semeruak dengan tenangnya dan pesona keindahan yang tak ada duanya akan Anda saksikan disini. Anda juga harus tahu bahwa penduduk lokal di Taman Nasional Meru Betiri sangat ramah sehingga kalau Anda butuh bantuan bisa menanyakan pada mereka.

Selanjutnya jika ingin camping lebih baik Anda bawa peralatan dari rumah karena kalau menyewa peralatan di sekitar wisata harganya pasti akan jauh lebih mahal. Di Taman Nasional Meru Betiri ini nantinya Anda akan temukan banyak wisata mulai dari wisata pantai, wisata hutan wisata, wisata hutan mangrove dan sebagainya.

Disana Anda juga dapat melihat keindahan berbagai flora dan fauna dari hutan hujan tropis dataran rendah. Dan di dekat kawasan ini Anda juga temukan Pantai Bandealit dan Pantai Meru yang memberikan pesona alam terindah dan wajib dikunjungi.

Pantai di Taman Nasional Meru Betiri

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, taman nasional ini memiliki pantai indah yang tidak kalah dengan pantai-pantai lain di Jawa Timur.

1. Pantai Bandelit

Pantai pertama yang bisa anda sambangi di taman nasional ini ada Pantai Bandealit. Pantai ini sendiri letaknya dikeliling oleh kawasan hutan yang membuat pemandangan pantai menjadi semakin cantik.

Selain pantai yang cantik dan bersih, daya tarik lain dari pantai ini adalah keberadaan sebuah demplot penangkaran rusa timor. Ada juga green house anggrek yang memiliki koleksi bermacam-macam jenis bunga anggrek.

Meski berada di area taman nasional, fasilitas yang dimiliki oleh pantai ini sudah cukup lengkap. Fasilitas yang ada di sekitar pantai ini antara lain pondok wisata, bodyboard, camping ground, kano, speed boad dll

Wah, ternyata pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap ya.

2. Pantai Rajegwesi

Selain pantai Bandelit, anda juga bisa mengunjungi pantai Rajegwesi. Pantai ini merupakan pelabuhan para nelayan lokal sekaligus tempat pelelangan ikan. Kondisi pantai yang cantik dan bersih menjadikan Pantai Rajegwesi sebagai tempat yang cocok untuk dijelajahi.

Tidak kalah dengan pantai bandelit, disini anda bisa menikmati berbagai fasilitas bahkan ada homestay untuk wisatawan yang berada dari luar daerah yang ingin bermalam. Ombak di Pantai Rajegwesi relatif tenang dan cukup aman untuk berenang. Dikelilingi oleh hutan tropis, pantai ini menjadi tempat yang sangat pas untuk mencari inspirasi

3. Pantai Sukamade

Selanjutnya anda bisa mengunjungi pantai Sukamade yang merupakan habitas berbagai jenis penyu. Di sekitar pantai ini terdapat penangkaran penyu dan kita juga bisa melihat aktivitas para penyu saat sedang bertelur.

 

Selain melihat penyu, di pantai ini anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas mulai dari pondok wisata, camping ground, jalan trail wisata, information centre, hingga laboratorium.

4. Pantai Teluk Hijau

Pantai ini merupakan salah satu pantai tercantik di Jawa Timur, bahkan disandingkan dengan pantai di Lombok yang terkenal dengan keindahannya yang luar biasa. Pantai yang memiliki warna air biru toska ini pasti akan memukau siapa saja yang datang kesini.

Pantai Teluk Hijau Taman Nasional Meru Betiri

Pantai Teluk Hijau Taman Nasional Meru Betiri

Anda pasti tidak akan menyagka ada pantai secantik ini di taman nasional meru beriti ini. Pantai Teluk Hijau menjadi tempat yang sangat pas untuk memanjakan diri dengan bermain air dan pasir. Dijamin. kamu tak ingin pulang.

Bagaimana? Apa pasti sudah tidak sabar lagi untuk kesini bukan? Tunggu apalagi?

Flora dan Fauna di Taman Nasional Meru Betiri

Liburan ke taman nasional ini tentu akan berbeda dengan liburan ke tempat-tempat lainnya di Jawa Timur. Selain menikmati keindahan alam yang menawan, disini anda bisa melihat beragam koleksi flora dan fauna yang terawat dengan baik.

Penyu di Taman Nasional Meru Betiri via instagram @aniksw

Penyu di Taman Nasional Meru Betiri via instagram @aniksw

Taman nasional ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai objek wisata edukasi bersama anak-anak atau teman sekolah serta kelompok mahasiswa. Berikut ini beberapa flora dan fauna yang ada di taman ini:

  • Penyu

Disini anda bisa melihat penyu yang kalau dalam bahasa latinnya yaitu dermochelys coriacea, hewan ini merupakan satwa endemik Taman Nasional Meru Betiri. Anda bisa melihat jenis penyu belimbing, penyu hijau atau chelonia mydas, penyu sisik atau eretmochelys imbricata, dan ada beberapa yang lain.

Liburan anda pasti akan lebih menyenangkan jika melihat koleksi satwa berupa penyu disini.

  • Hewan Bertaring

Selain penyu, anda juga bisa melihat koleski hewan bertaring yaitu mulai dari harimau jawa atau panthera tigris sondaicus, kucing hutan atau prionailurus bengalensis javanensis, macan tutul atau panthera pardus melas, dan masih banyak lagi.

  • Hewan Bertanduk

Selain hewan bertaring, disini juga punya koleksi aneka hewan bertanduk, seperti banteng atau bos javanicus, rusa atau cervus timorensis russa, dll

Selain beberapa fauna di atas, juga terdapat flora yang cantik yang bisa anda lihat di taman nasional ini. Dimana setidaknya terdapat hampir 520 jenis tanam-tanaman yang tumbuh dengan sekitar 240, atau hampir separuh dari keseluruhannya adalah tanaman obat-obatan. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Bunga

Di taman nasional ini anda bisa melihat taman bunga nan cantik dan menawan. Disini anda bisa melihat koleksi bunga mulai dari rafflesia zollingeriana. Jenis ini hampir sama, bentuk dan warnanya dengan bunga rafflesia arnoldi yang berada di pulau sumatra. Selain rafflesia, tanaman anggrek juga tumbuh subur di wilayah ini. Ada 27 jenis bunga anggrek yang hidup bertahan di cuaca hutan hujan tropis meru betiri.
  • Tanaman Pantai

Selain jenis bunga, anda bisa melihat koleksi tanaman pantai seperti bakau atau rhizophora sp., api-api atau avicennia sp., pohon waru atau hibiscus tiliaceus, pohon rengas atau gluta renghas, dan lain sebagainya.

Kalau Anda ingin mendapatkan suasana tenang di Jember, Anda bisa datang ke Taman Nasional Meru Betiri. Rasakan sensasi perjalanan wisata yang menyenangkan disini. Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Gunung Kelud Kediri Jawa Timur Nan Eksotis

Leave a Reply

error: Content is protected !!