Objek Wisata Gunung Kelud Kediri Jawa Timur Nan Eksotis

Wisata Gunung KeludGunung Kelud merupakan salah satu Gunung berapi paling aktif di Indonesia, gunung ini setidaknya sudah beberapa kali meletus sejak tahun 1000 Masehi. Gunung Kelud, meletus tidak kurang dari 30 kali sejak tahun 1000 M. Wah banyak sekali ya, dan catatan terakhir meletus pada tahun 2014, dan letusannya sangat dahsyat sekali.

Sekali lagi, bagi orang yang beriman ini tentu menjadi satu pelajaran bagi kita, bahwa kita tidak punya kuasa apapun atas dunia ini. Eh kok malah ceramah ya? Hehee. Ok kembali ke topik yaitu wisata Gunung Kelud. Gunung Kelud sendiri berada dalam 3 daerah administrasi kabupaten di Jawa Timur, yaitu berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang , kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri.

Kunjungi juga: 18 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur Paling Populer Wajib Dikunjungi

Gunung Kelud atau kalau orang typo menjadi Gunung Kelut memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, tidak heran kalau wisata Gunung Kelud menjadi salah satu alternatif liburan untuk warga Kediri dan sekitarnya.

Objek Wisata Gunung Kelud

Objek Wisata Gunung Kelud

Rute Menuju Wisata Gunung Kelud

Untuk dapat menuju objek wisata Gunung Kelud, kita dapat menempuh rute dari Kediri – Pesantren – Wates – Ngancar – Desa Sugihwaras – Gunung Kelud.

Harga Tiket Wisata Gunung Kelud

Untuk harga tiket wisata Gunung Kelud yaitu hanya Rp. 5.000 saja. Cukup murah sekali bukan? Nah, untuk anda yang berkunjung diakhir pekan, tiket naik menjadi Rp. 10.000 saja, tidak terlalu mahal juga bukan?

Jangan lewatkan juga Objek Wisata Gunung Bromo Jawa Timur yang Tidak Boleh Dilewatkan

Mysterius Road, Jalan Unik Menuju Gunung Kelud

Sebelum menuju Gunung Kelud, kita akan melewati Mysterius Road. Jalan ini dinamai Mysterius Road karena ada fenomena aneh dan unik yaitu kendaraan akan berjalan mendaki meskipun kendaraan dimatikan. Atau lebih gampang untuk pembuktiannya silahkan anda taruh botol air mineral dengan posisi tertidur dan taruh botol air mineral tersebut di posisi jalan paling rendah di lokasi Mysterious Road tersebut. dan secara perlahan botol air mineral tersebut akan menggelinding naik.

Mysterious Road Gunung Kelud Kediri

Mysterious Road Gunung Kelud Kediri

Wisata Gunung Kelud

Gunung Kelud telah menjadi obyek wisata Kabupaten Kediri dengan atraksi utama adalah kubah lava. Di puncak Gajahmungkur dibangun gardu pandang dengan tangga terbuat dari semen. Pada malam akhir pekan, kubah lava diberi penerangan lampu berwarna-warni. Selain itu, telah disediakan pula jalur panjat tebing di puncak Sumbing, pemandian air panas, serta flying fox.

Flying fox gunug kelud Kediri

Flying fox gunug kelud Kediri

Sumber Air Panas Gunung Kelud

Setelah anda puas menikmati pemandangan kubah lava gunung Kelud sempatkanlah juga untuk merasakan sumber air panas yang terletak dibawah gunung Kelud. Lokasinya sendiri berada di sebelah kanan sebelum anda memasuki terowongan menuju gunung Kelud. Yang perlu anda siapkan disini adalah fisik yang harus prima karena untuk menuju sumber air panas gunung Kelud anda harus menuruni tangga yang lumayan menguras tenaga.

Tapi tenang saja begitu anda sampai di sumber air panas gunung Kelud semua rasa lelah anda akan terbayar lunas karena anda dapat merasakan hangatnya air yang bersumber dari kawah gunung Kelud tersebut.

Sumber Air Panas Gunung Kelud

Sumber Air Panas Gunung Kelud

Tips Wisata Gunung Kelud

Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan saat anda dan teman-teman atau keluarga akan liburan atau jalan ke gunung Kelud, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Perhatikan waktu keberangkatan, usahakan pada pagi hari karena kita bisa lebih santai, nyaman dan puas menikmati alam Gunung Kelud yang asri, indah dan mempesona.
  2. Jalan yang akan kita lewati lumayan menantang, mendaki, menurun yang cukup ekstrim, sebaiknya kita menggunakan mobil wisata yang sudah disediakan di Pos Gerbang Masuk wisata Gunung Kelud, untuk Tiket naik mobil wisata : Rp. 15.000,- pp.
  3. Perlu juga diperhatikan kondisi tubuh anda, pastikan tetap fit karena kita butuh energi untuk dapat menikmati keindahan objek wisata gunung Kelud.
  4. Gunakana sandal gunung atau sepatu yang nyaman.
  5. Untuk mengabadikan momen spesial, bawa kamera atau Smartphone yang tinggi resolusinya.
  6. Sebaiknya anda membawa jas hujan agar liburan anda tidak terganggu kalau sewaktu-waktu terjadi hujan.
  7. Bawa juga jaket atau pakaian tebal saat mendaki Menara Pandang Gunung Kelud.

Demikianlah panduan liburan ke objek wisata Gunung Kelud Kediri dari kami, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian, jangan lupa ya untuk selalu menjaga kebersihan objek wisata, dimanapun itu. Kunjungi juga: 20 Tempat Wisata di Jember Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

loading...

3 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!