Liburan Seru ke Taman Kota BSD Tangerang

Taman Kota BSD – Bagi masyarakat perkotaan, kebutuhan untuk mendapat udara segar nan sejuk pasti sangat menjadi prioritas. Pasalnya perkotaan identik dengan limbah industri dan juga polusi. Tingkat kebersihan oksigen pun sedikit kurang baik dibandingkan daerah pedesaan yang masih terbebas dari pencemaran udara.

Nah… untuk mengakali kebutuhan tersebut, dibuatlah Taman-Taman Kota. Bagi yang tinggal di daerah sekitar Ibukota, pasti pernah mendengar taman Kota BSD.

Taman ini merupakan salah satu komitmen Pemerintah Kota dalam membangun kembali daerah penyangga sebagai bagian dari Ruang Terbuka Hijau yang kaya akan manfaat.

Kunjungi juga yuk: Pantai Anyer Banten Nan Eksotis

Taman Kota BSD atau kependekan dari Taman Bumi Serpong Damai merupakan salah satu Taman di Serpong, daerah Tangerang Selatan. Kawasan ini dikenal memiliki area segar jika dibanding kawasan lain di Kota yang sama.

Tidak heran jika rindangnya pepohonan disana dan asrinya kawasan Taman BSD menjadikan tempat tersebut menjadi satu dari sekian destinasi wisata murah dan dekat di Kota. Penasaran dengan apa saja ulasan mengenai Taman yang berdiri tahun 2004 ini? Simak ulasan berikut ya!

Daya Tarik Taman Kota BSD

Daya Tarik Taman Kota BSD

Sejarah Taman Kota BSD

Taman ini merupakan salah satu wujud Corporate Social Responsibility sebuah kawasan hunian di daerah Serpong dalam mewujudkan kota yang bersih dan nyaman.

Oleh sebab itu, dibangunlah kawasan Taman BSD ini menjadi wujud bentuk fungsi dari hutan kota. Dengan luas lebih dari 2,5 ha, Taman ini dibuka dan dikelola di bawah pengawasan langsung dari pihak Bumi Serpong Damai itu sendiri.

Kunjungi juga ya: Keindahan Pantai Tanjung Lesung Pandeglang Banten Nan Eksotis

Lokasi Taman Kota BSD

Taman ini berada di Kota Tangerang. Kota Seribu Industri ini mempunyai 2 area Taman Kota yang pas digunakan sebagai tempat melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Kedua Taman tersebut merupakan Taman Kota 1 yang lokasinya berada di dekat Giriloka 3, dan satunya yakni Taman Kota 2 yang lokasinya berada di Taman Tekno.

Biaya masuk Taman ini gratis dan hanya dikenai biaya parkir saja. Namun bagi yang berkunjung untuk kegiatan komersil seperti shooting dan photoshoot, maka pengunjung tersebut harus memberikan izin tertulis.

Lokasinya yang berada di daerah perkotaan menjadikan Taman ini mudah diakses, baik dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Dibuka dari jam 6 pagi hingga 6 sore, taman Kota BSD dapat dijangkau melalui pintu gerbangnya yang ada di Jl Letnan Sutopo. Taman ini juga bisa dilalui dari pusat tanaman hias di Jl Raya Victor.

Untuk rutenya, jika kamu dari arah Cikokol, kamu dapat menggunakan angkutan B07 yang melalui kawasan Serpong, Muncul, dan Kalideres. Kemudian kamu bisa turun di Taman Tekno atau dari gerbang utama, semuanya sama saja. Jika kamu dari Jakarta menggunakan komuter, kamu bisa turun terlebih dahulu di Stasiun Serpong dan naik angkutan B07. Selanjutnya arahannya pun sama seperti yang telah disebutkan.

Artikel terkait: Pantai Sambolo Banten Objek Wisata Alam Yang Mempesona

Daya Tarik Taman Kota BSD

Taman Kota BSD sudah sepantasnya dipuji lantaran telah memberikan kenyamanan di antara keramaian dan kepadatan aktivitas perkotaan. Tidak heran jika Taman ini banyak dikunjungi pada akhir pekan dan musim liburan.

Begitu masuk ke area Taman, kamu akan disambut sebuah jembatan yang mirip dengan jembatan di Kebun Raya Bogor. Jembatan Merah tersebut menghubungkan dua kawasan yang ternyata terpisah lantaran aliran sungai diantaranya. Jangan buru-buru melewati jembatan ini.

Jembatan Merah di Hutan BSD via Kabartangsel

Jembatan Merah di Hutan BSD via Kabartangsel

Cobalah untuk mencermati daerah aliran sungai disana yang sangat menarik dijadikan spot foto. Deretan DAS panjang yang dihiasi pepohonan dan juga rumput di bagian kanan dan kirinya ini sangat tidak membosankan untuk dipandangi.

Selain itu, Taman yang di dalamnya memiliki sekitar 60 jenis tanaman dan 3.000 pohon ini sangat terawat. Baik Pohon Meranti, Pohon Bintaro, Pohon Beringin, hingga Pohon Nyamplung ada disana. Di bagian belakangnya terdapat banyak sekali penjual yang menjajakan aneka tanaman hias yang sangat menarik minat.

Tanaman-tanaman seperti mawar, anggrek, hingga bonsai juga diperjual-belikan. Pasti hal ini akan menggunggah minat para penyuka tanaman hias, terlebih ibu-ibu rumah tangga.

Taman BSD ini tidak hanya untuk orang dewasa lantaran di dalamnya juga dilengkapi area bermain untuk anak-anak. Bahkan disana disediakan kelas untuk bercocok tanam bagi buah hati Anda. Jadi kamu bisa berpiknik disana sembari bersantai menikmati kicauan burung-burung dan tidak luput mengawasi anak-anak bermain. Lengkap, ya?

Bagi yang menyukai olahraga, Taman Kota BSD juga sering dijadikan sebagai area jogging lantaran memiliki jogging track yang cukup panjang, yakni 1 km jauhnya.

Fasilitas ini dapat kamu gunakan entah itu di pagi, siang, atau sore hari. Hebatnya, disana juga terdapat penunjuk jarak yang sangat membantu pelari untuk mengukur seberapa jauh rute yang telah ditempuh dan juga seberapa cepat kemampuan berlarinya. Disana juga dipasangi tiang yang berguna untuk latihan beban tubuh bagi para penyuka street workout.

Untuk lansia yang mungkin ingin melakukan pijat refleksi, di dalam Taman juga dipasangi area refleksi lho. Anda cukup bertelanjang kaki dan mulai berjalan melalui kerikil-kerikil yang sudah disusun sedemikian rupa tersebut untuk melancarkan aliran darah. Selain itu, tidak jarang di saat musim libur, disana juga diadakan latihan Tai Chi yang tanpa dipungut biaya.

Bagi para anak muda yang menyukai camping, di dalam kawasan Taman Kota BSD ini nyatanya juga bisa digunakan. Kamu juga bisa sekedar berjalan-jalan dan jika sudah lelah, tinggal beristirahat di beberapa tempat duduk disana.

Selain fasilitas-fasilitas di atas, di dalam Taman BSD juga terdapat Gazebo, Tree House, dan juga Trek Sepeda. Disana juga ada Danau Buatan yang luasnya hampir 2 hektar.

Taman Kota BSD via Panduanwisata

Gazebo di Taman Kota BSD via Panduanwisata

Selain terdapat danau buatan, di taman ini juga ada air terjun buatan. Praktis keduanya bisa membuat nuansa yg alami  serta penampilan dan panorama nan eksotis.

Wisatawan yang datang bisa menghabiskan waktu sambil bersantai ria atas kursi-kursi taman yang disediakan untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Tidak heran kenapa banyak wisatawan mengunjungi taman ini untuk menikmati pemandangan dan panorama di hutan yang asri ini.

Sementara Gazebo-gazebo yang tersedia juga bisa anda jadikan tempat untuk piknik, makan atau sekedar berkumpul bersama rombongan. Apalagi ada juga rumah pohon nan unik yang tidak kalah menarik.

Oh ya sob, semua fasilitas yang tersedia disini bisa anda gunakan secara gratis lo alias tidak dipungut biaya sedikit pun. Rumah pohon bisa menjadi area bermain seru bersama anak-anak.

Anda mulai lapar? Kalau anda tidak sempat menyiapkan bekal dari rumah, tidak usah khawatir ya, karena ada kios atau warung makanan yang tersebar di area taman ini. Dan buka sejak pagi hingga sore hari. So, kamu tidak usah cemas bisa emosi karena mulai lapar ya.

Fungsi utama taman ini sebagai paru-paru Kota seakan teralihakan oleh kebutuhan tempat refershing oleh warganya yang sudah semingguan sibuk dengan kerjanya.

Tempat ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai sarana untuk refreshing. Tidak hanya itu, taman ini juga bisa dijadikan sebagai sarana pendidikan serta kehidupan dimana berfungsi sebagai laboratorium untuk tanaman serta pepohonan di sekitar hutan ini.

Oh ya sob, di dekat area taman Kota BSD ini juga banyak terdapat objek wisata lainnya lho, mulai dari Scientia Park, AEON Mall hingga Ocean Park yg bisa memanjakan wisatawan lokal dan mancanegara.

Fungsi Taman Kota BSD

Selain berfungsi sebagai area bermain dan wisata, Taman ini juga dapat digunakan sebagai Laboratorium Botani. Fungsi lainnya adalah untuk melindungi tanah agar tetap subur dan juga menjaga Daerah Resapan Air agar tidak terkontaminasi.

Saran dan Tips Saat Berlibur di Taman Kota BSD

Ada beberapa saran dan tips bagi kamu yang hendak berkunjung ke Taman BSD ini, yaitu :

  1. Jangan datang ke Taman setelah hujan karena akan sangat licin dan cukup becek. Hal ini lantaran daerah disana kebanyakan berupa tanah yang memang sejalan dengan fungsi pendirian Tamannya, yakni sebagai Daerah Resapan Air.
  2. Buanglah sampah di tempat yang telah disiapkan oleh pengelola atau kamu bisa membawa kantong kresek kecil sebagai tempat untuk menampung sampah
  3. Kamu bisa membawa bekal dari rumah jika ingin piknik atau jika tidak mau repot, cukup beli saja makanan di kios-kios depan Taman yang telah diatur sedemikian rupa. Jangan berharap menemukan pedagang asongan di dalam Taman lantaran mereka tidak diperkenankan masuk demi menjaga kebersihan.

****

Demikianlah ulasan mengenai Taman Kota Bumi Serpong Damai di Tangerang ini. Kamu bisa berwisata kesana dengan mengajak pasangan, teman, atau keluarga. Datanglah sesuai jam operasional dan biarkan penatmu hilang disana.

Nikmatilah deretan pohon rindang dan sejuk disana di tengah panas dan pengapnya hawa perkotaan. Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang.

Jangan lewatkan juga: Daya Tarik Objek Wisata Taman Hutan Raya Banten

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!