Objek Wisata Pantai Wedi Ombo Gunung Kidul

Pantai Wedi Ombo – Di kawasan Yogyakarta terdapat sebuah pantai yang memiliki bukit – bukit karang yang eksotis. Meski belum setenar pantai di sekitar kawasan parangtritis dan belum begitu ramai dikunjungi wisatawan namun keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi.

Seperti surga yang tersembunyi diantara karang – karang berukuran raksasa. Pantai ini bernama pantai wedi ombo. Bagi sebagian orang lebih menyukai berwisata ke wilayah yang belum begitu ramai karena mereka ingin mencari ketenangan.

Selain itu berkunjung ke pantai wedi ombo akan terasa seperti wisata pribadi. Jika anda adalah salah satu dari wisatawan yang menyukai tempat seperti itu maka pantai wedi ombo adalah pantai yang wajib anda kunjungi.

Pantai ini berada di kawasan Gunung Kidul yang memiliki keindahan pasir putihnya yang membentang luas. Inilah mengapa pantai ini diberi nama pantai wedi ombo yang diambil dari bahasa jawa, dimana kata wedi berarti pasir, sedangkan kata ombo berarti luas.

Pantai wedi ombo berada di kawasan paling ujung dari pantai yang lain. Jadi sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata akan menyuguhkan pemandangan pantai yang mempesona, terdapat jejeran pantai yang juga sangat indah.

Anda bisa mengambil foto di beberapa pantai sekaligus, jadi liburan kali ini bisa lebih efektif. Tunggu apa lagi buat anda yang sedang berlibur di Jogja, jangan hanya mengunjungi pantai yang sudah biasa dikunjungi namun cari sesuatu yang berbeda dengan berlibur di pantai wedi ombo.

Wisata Pantai Wediombo via Tribunnews

Wisata Pantai Wediombo via Tribunnews

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai Sadranan Gunung Kidul

Lokasi Pantai Wedi Ombo

Berkunjung ke pantai wedi ombo ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan. Salah satu yang menjadi andalan pantai ini adalah wisata bawah lautnya yang mempesona.

Loading...

Ada banyak wisatawan yang melakukan kegiatan snorkeling dan mengamati indahnya terumbu karang yang menjadi tempat hidup para biota laut yang mungil seperti ikan hias kecil, ganggang laut, serta banyak sekali makhluk hidup kecil yang bersarang disitu.

Jika anda penasaran dengan keindahan bawah lautnya dan keindahan pantainya serta karang – karang yang menjulang tinggi bisa langsung mengunjungi pantai wedi ombo yang berlokasi di Jepitu, Girisubo, Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai ini berada cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta dan letaknya paling ujung di antara pantai – pantai di Gunung Kidul.

Pantai Wediombo Gunung Kidul via Ksmtour

Pantai Wediombo Gunung Kidul via Ksmtour

Rute Menuju Lokasi Pantai Wedi Ombo

Untuk bisa sampai ke pantai wedi ombo ada banyak rute alternatif yang bisa anda lalui. Pantai yang berada di bagian paling barat kabupaten Gunung Kidul ini memiliki jalan yang cukup bagus, dan sudah diaspal sehingga cukup mudah untuk dilewati. Jadi anda tidak perlu khawatir meskipun lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta tapi sangat mudah ditemukan dan dilalui.

Berikut beberapa rute alternatif yang bisa dilalui menuju pantai wedi ombo kabupaten Gunung Kidul. Berikut diantaranya:

1. Jalur Utama

Silahkan melalui jalur utama yang dimulai dari pusat kota Yogyakarta lalu menuju arah jalan Wonosari, kemudian lanjutkan perjalanan menuju desa Mulo lalu ambil arah menuju Jepitan kemudian sesampainya di persimpangan jalan ambil arah ke kanan dan ikuti saja jalan utama hingga sampai di pantai wedi ombo

2. Jalur alternatif 1

Rute selanjutnya bisa dilalui dari pusat kota Jogja lalu menuju jalan Wonosari kemudian lanjutkan perjalanan menuju desa Mulo lalu jalan lurus terus sampai di pantai Baron kemudian jalan lurus terus hingga sampai di pertigaan dan ambil arah menuju pantai Kukup kemudian lanjutkan menu Tepus, kemudian menu Jepitu lalu di persimpangan ambil arah ke kanan dan lurus terus hingga menemukan lokasi yang dituju

3. Jalur Timur

Perjalanan akan dimulai dari Praci Wonogiri  kemudian ambil arah menuju Rongkop setelah itu silahkan menu kearah Nglindur  dan jalan lurus terus hingga sampai di pasar Ngrancah lalu sampai di tikungan silahkan ambil arah ke kanan menuju Jepitu lalu di persimpangan depan silahkan ambil arah ke kiri lalu ikuti jalan lurus kearah pantai wedi ombo.

4. Rute tengah

Rute terakhir bisa dilalui melalui Semaju – Giripanggang – Cuelo – kemudian jalan terus hingga menemukan pertigaan lapangan lalu ambil arah ke kanan menuju pasar Jepitu kemudian dipersimpangan berikutnya ambil arah ke kanan lalu lurus terus sampai di pantai wedi ombo.

Beberapa rute perjalanan di atas pisa menjadi pilihan pengunjung yang ingin berwisata di pantai wedi ombo. Silahkan pilih alternatif jalan yang paling dekat dengan daerah asal anda. Selain itu anda juga bisa mencoba menempuh perjalanan menggunakan google maps yang bisa diakses dari smartphone yang anda miliki.

Harga Tiket Masuk Pantai Wedi Ombo

Untuk bisa menikmati keindahan pantai nan menawan serta melakukan beberapa aktivitas seru di pantai wedi ombo anda tidak perlu khawatir mengeluarkan banyak biaya sebab tiket masuknya sangat murah. Anda hanya perlu membayar 5 ribu rupiah per orang.

Dengan biaya segitu memang cocok buat anda yang minim dana namun ingin berwisata di tempat yang indah dan menyenangkan.

Selain itu ada biaya lain yang perlu anda keluarkan yaitu buat pengunjung yang mengendarai motor atau mobil silahkan membayar tiket parkir yang juga sangat murah dan terjangkau.

Untuk kendaraan roda dua atau motor cukup membayar 2 ribu rupiah saja, sedangkan kendaraan roda empat atau mobil silahkan membayar 5 ribu rupiah. Sesampainya di area parkir anda perlu berjalan kaki selama 15 – 20 menit.

Fasilitas di Pantai Wedi Ombo

Dari segi fasilitas tambahan di pantai wedi moro sudah cukup memadai. Seluruh fasilitas yang dibangun ditujukan untuk pengunjung yang datang serta menjamin kenyamanan para pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia, diantaranya:

  • Area parkir yang bisa menampung puluhan motor dan mobil yng dijaga oleh beberapa petugas demi keamanan kendaraan anda
  • Tempat sampah yang diletakkan di sudut – sudut lokasi agar pengunjung yang datang turut membantu menjaga kebersihan pantai
  • Toilet umum dan kamar bilas bisa digunakan setelah anda puas bermain pasir dan basah – basahan di laut nan indah
  • Mushola juga tersedia buat pengunjung muslim yang ingin menjalankan Ibadah sholat
  • Gardu pandang atau gazebo bisa digunakan untuk istirahat sambil menikmati keindahan pantai yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau
  • Warung makan yang dibangun berjajar dengan menu laut yang lezat mulai dari cumi, udang, sotong, ikan, kerang, yang diolah dengan bumbu pilihan yang dijamin lezat dan nikmat dan pastinya sangat murah.
  • Spot foto kece
  • Camping Area 

Aktifitas Seru di Pantai Wedi Ombo

Pantai wedi ombo terletak di paling barat Gunung kidul dan merupakan pantai paling ujung di antara pantai lain yang ada di barat Gunung Kidul. Pantai ini berjarak sekitar 80 kilometer dari kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit.

Meski cukup jauh dan dijuluki sebagai pantai perawan namun soal keindahan yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi dijamin anda akan betah berlama – lama di pantai ini.

Pantai wedi ombo meliputi sebuah teluk  yang dikelilingi pegunungan batu karang serta pasir putih yang membentang luas dan terlihat sangat halus dan cantik.

Yang membuat tempat ini semakin indah dan terlihat unik adalah di bagian tengah laut terdapat batu karang yang Nampak menonjol. Selain itu ada beberapa aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa anda lakukan, diantaranya:

1. Berenang

Berenang di Pantai Wedi Ombo via IG @wisatajogjamantap

Berenang di Pantai Wedi Ombo via IG @wisatajogjamantap

Aktivitas pertama yang paling populer dan disukai wisatawan lokal maupun mancanegara adalah berenang. Bukan hanya bisa berenang di laut dengan gulungan ombak yang cukup tenang anda juga bisa berenang di kolam renang yang terbentuk secara alami. Inilah yang memberikan nilai tambah pada pantai wedi ombo.

Terdapat sebuah kolam mini yang terbuat dari bebatuan karang yang terlihat sangat indah. Anda bisa merasakan sensasi berenang tidak biasa dan merasakan sendiri jernih dan menyegarkannya air laut disini. Berendam di sini akan merasa seperti berada di surga dunia.

Wisata terkait: Wisata Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul

2. Spot Foto Kece

Spot Foto Kece via IG @annisa.dn_

Spot Foto Kece via IG @annisa.dn_

Buat menambah keseruan liburan kali ini jangan melupakan perbukitan karang yang terlihat sangat mengesankan, dan akan semakin mengesankan jika diabadikan ke dalam foto dan gambar. Selain itu ada beberapa spot foto nan indah yang juga tidak boleh anda lewatkan. Silahkan berselfie ria bersama keluarga setelah itu upload di Instagram atau facebook.

3. Memancing

Mancing Mania via IG @zakkyrobbany

Mancing Mania via IG @zakkyrobbany

Buat penggila kegiatan mincing atau sering disebut mincing mania bisa langsung saat datang ke pantai wedi ombo sebab kawasan ini adalah kawasan favorit para pemancing ikan – ikan besar.

Ada berbagai jenis ikan mulai dari kerapu, tenggiri, cucut, pari, dan masih banyak lagi. Jika hari ini adalah hari keberuntungan anda ada ikan kakap batu ukuran jumbo yang siap memakan umpan yang anda pasang. Jangan lupa untuk membawa peralatannya sendiri dari rumah.

4. Melihat Matahari Tenggelam

Melihat Sunset di Pantai Wedi ombo via IG atjipto

Melihat Sunset di Pantai Wedi ombo via IG atjipto

Menanti saat – saat matahari tenggelam atau sunset adalah kegiatan wajib, terutama bagi muda – mudi yang menghabiskan waktu di pantai ini.

Akan terlihat indahnya senja yang menyuguhkan pemandangan siluet karang – karang yang sangat menarik dan cocok dijadikan background jepretan – jepretan yang anda ambil. Bahkan ada beberapa komunitas yang sengaja menunggu detik – detik sunset untuk membidik semua keindahan di tempat ini.

5. Spot Seru untuk Snorkeling

Snorkeling di Pantai Wedi Ombo via IG @wediombo

Snorkeling di Pantai Wedi Ombo via IG @wediombo

Ingin menyaksikan biota laut mungil nan cantik bersama tumbuhan laut dengan melakukan kegiatan snorkeling? Maka pantai wedi ombo adalah jawabannya. Ada banyak sekali wisatawan yang menikmati wisata bawah laut nan mempesona ini. Memang kawasan Indonesia terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang sudah mendunia.

6. Pantai Perawan

Wisata Pantai Wediombo

Wisata Pantai Wediombo

Pantai wedi ombo adalah salah satu pantai yang masih perawan di kota Jogja. Mengapa disebut demikian karena lokasinya yang cukup jauh membuat tidak begitu banyak pengunjung yang datang. Namun buat beberapa pengunjung justru ketenangan pantai ini yang dicari.

7. Spot Tepat untuk Camping

Camping di Pantai Wediombo

Camping di Pantai Wediombo

Ada sebuah lokasi yang dikhususkan untuk pengunjung yang ingin berkemah di pantai ini.  Area camping ground yang cukup luas bisa dimanfaatkan untuk berbagi kegembiraan dan kebersamaan bersama keluarga yang pastinya sangat jarang terjadi. Ada banyak kegiatan malam yang nantinya bisa anda lakukan seperti api unggun, bernyanyi dan bergitar serta memanggang ikan.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Menikmati Kuliner

Ingin berburu hidangan laut dengan berbagai olahan bumbu yang khas dan membuat anda tidak tahan untuk terus mengunyah dan memesan banyak makanan. Serta anda juga bisa memilih ikan yang akan anda santap. Maka silahkan datang ke warung yang berjajar di pantai wedi moro.

Jika dilihat dari harga yang ditawarkan juga sangat pas di kantong. Dengan semua yang ditawarkan rasanya kurang mantap jika anda membawa makanan sendiri dari rumah. Ada banyak sekali menu yang bisa dipilih mulai dari ikan kakap, ikan pari, ikan mujair, cumi, lobster, dan masih banyak lagi yang diolah menjadi berbagai menu yang lezat.

Untuk menemani siang yang terik ada menu es kelapa muda yang bisa menjadi pilihan dan teman bersantap. Selain itu ada pula minuman hangat dan minuman dingin serta berbagai jus buah segar yang bisa menjadi pilihan.

Kulineran Lezat di Pantai Wediombo via IG @rizkimariskha

Kulineran Lezat di Pantai Wediombo via IG @rizkimariskha

Kunjungi juga: Wisata Pantai Jogan Gunung Kidul

Penginapan

Untuk mempersiapkan liburan yang sempurna kami menyarankan untuk memilih penginapan yang ada di sekitar pantai wedi ombo. Penginapan disini akan menawarkan pemandangan laut lepas yang menawan, dengan tingkat kenyamanan yang berbeda – beda, serta dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kemampuan kantong anda.

Ada beberapa alternatif penginapan yang bisa dipilih mulai dari homestay, hotel, resort, hingga villa. Hotel disini bisa disewa mulai harga 200 ribu per malam per kamar.

Tips Liburan

Berikut beberapa tips liburan ke pantai wediombo yang sebaiknya anda perhatikan:

  • Pastikan anda membawa kamera yang mumpuni untuk berburu spot foto yang menarik dan instagramable setelah itu anda bisa mengunggah di akun sosial media yang anda miliki atau sekedar untuk melengkapi galeri liburan anda.
  • Jangan lupa untuk membawa peralatan kesehatan seperti obat – obatan serta kotak p3k untuk persiapan jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan
  • Ketika bermain air jangan membawa serta anak – anak sebab meski ombaknya tidak terlalu besar namun cukup berbahaya. Maka dari itu pastikan anak – anak hanya sampai di pasir pantai saja dan bisa bermain pasir sepuasnya.

***

Demikianlah artikel mengenai pantai wedi ombo yang terletak di bagian paling barat Gunung Kidul yang masih perawan. Meski begitu ada banyak keindahan yang bisa kita eksplore serta banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan. Selamat berlibur. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai gesing Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!