23 Tempat Wisata di Sragen Jawa Tengah

Halo sobat Travelers.. Bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya.. Di kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi terkait tempat wisata di Sragen, yaitu salah satu daerah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.

Sobat Travelers sekalian tentu sudah tidak asing dengan Kota Solo dan Surakarta bukan? Itu lho, Kota yang pernah dipimpin sama Pakde Jokowi itu..

Nah, daerah wisata yang akan kita bahas ini terletak tepat di sebelah kota tersebut.

Menurut informasi yang kami himpun dari situs Wikipedia, Kabupaten ini diresmikan pada Tahun 1950, tepatnya tanggal 18 bulan Maret. Walaupun baru diresmikan tahun 50-an, namun Kabupaten ini sejatinya sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka, yaitu sejak Tahun 1746.

Secara total, kabupaten ini memiliki luas sekitar 940-an km persegi dengan total populasi sekitar 900 ribu jiwa.

Tidak luas memang, namun bukan berarti Sragen tidak menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata lho ya! Kenapa? Karena walaupun tidak luas, kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Jangan lewatkan juga: Tempat Wisata di Pati Jawa Tengah Terbaru

Tempat Wisata di Sragen yang Menarik Dikunjungi

Khusus untuk Anda yang tinggal di Sragen atau Anda yang tengah berencana untuk melakukan perjalanan wisata ke Sragen, berikut merupakan beberapa tempat wisata hits di Sragen yang bisa Anda coba untuk sambangi:

1. Ganesha Technopark

Ganesha Technopark via Indoplacescom

Ganesha Technopark via Indoplaces.com

Loading...

Ganesha Technopark merupakan taman wisata yang unik. Taman wisata yang terletak di Jl. dr. Sutomo No. 5 Sragen, Jawa Tengah ini merupakan taman milik pemerintah yang didirikan secara khusus sebagai wadah penelitian dan pelatihan kerja untuk masyarakat, khususnya para akademisi dan peneliti.

Uniknya, selain menyediakan sarana dan prasarana, pemerintah Kab. Sragen juga turut membantu para peneliti untuk mempromosikan hasil penelitian mereka lho! Keren banget kan?

Khusus untuk Anda yang memiliki banyak “dana nganggur” dan berniat untuk melakukan investasi, Ganesha Technopark juga bisa menjadi wadah untuk menjaring lahan investasi.

Sedangkan untuk Anda yang sekedar niat jalan – jalan, di Technopark ini Anda dapat berkunjung ke areal pusat wisata Eco Techno Sragen – nya yang notabene memang sengaja didirikan sebagai lokasi wisata umum untuk masyarakat.

2. Museum Prasejarah Sangiran

Lokasi: Desa Krikilan Kalijambe, Kab. Sragen, Jawa Tengah

Museum Prasejarah Sangiran via sengpaku.blogspotcom

Museum Prasejarah Sangiran via sengpaku.blogspot.com

Indonesia sangat kaya akan situs – situs purbakala yang sangat eksotis.

Saat ini ada banyak situs purbakala di Indonesia yang berhasil mendapat gelar Situs Warisan Dunia dari UNESCO, termasuk salah satunya adalah Situs Sangiran yang akan kita bahas ini.

Museum Prasejarah Sangiran terletak di Desa Krikilan Kalijambe, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Museum ini menawarkan daya tarik utama berupa koleksi fosil dan benda purbakala yang sangat lengkap.

Beberapa koleksi fosil yang sangat terkenal di Museum ini adalah fosil Pithecantropus Erectus, Meganthropus Palaeo Javanicus, dan fosil binatang.

Secara total, Museum Sangiran memiliki luas sekitar 56 km persegi.

Tidak hanya luas dan eksotis, kawasan wisata ini juga sangat terkenal akan masyarakat sekitarnya yang sangat ramah terhadap wisatawan.

3. Taman Dayu Alam Asri

Lokasi: Desa Dayu, RT 08, Gembong, Kec. Saradan, Kab. Sragen

Taman Dayu Alam Asri

Taman Dayu Alam Asri

Khusus untuk Anda yang ingin berlibur sembari melepas penat di akhir pekan bersama dengan keluarga dan anak – anak, di Sragen ada tempat wisata pemandian buatan bernama Wisata Taman Dayu Alam Asri.

Objek wisata yang berlokasi di Desa Dayu, RT 08, Gembong, Kec. Saradan, Kab. Sragen, Jawa Tengah ini menawarkan daya tarik utama berupa kolam pemandian buatan yang telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan air.

Walaupun berstatus sebagai pemandian buatan, Taman Dayu Alam Asri memiliki air yang segar dan udara yang sejuk. Pasalnya letak taman ini ada di daerah pedesaan yang sarat akan air bersih dan udara sejuk.

Biasanya pemandian ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal di hari libur nasional dan akhir pekan.

Oleh karenanya, jika Anda kurang suka dengan keramaian, Anda kami sarankan untuk berkunjung ke pemandian ini di hari kerja.

4. Waduk Kedung Ombo

Lokasi: Sragen Kab

Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo

“Lho, bukannya Waduk Kedung Ombo berlokasi di Grobogan ya?”

Ia, Waduk Kedung Ombo memang berlokasi di Kab. Grobogan. Namun bukan hanya di kabupaten tersebut saja, namun juga di dua kabupaten lainnya, yaitu di Kab. Boyolali dan Kab. Sragen.

Itulah kenapa waduk itu turut kami masukkan ke dalam daftar tempat wisata di Sragen.

Secara keseluruhan waduk ini memiliki luas sekitar 5,8 ribu hektar dengan volume air kurang lebih sekitar 700 juta meter kubik.

Dengan volume air sebanyak itu, waduk ini dapat mengairi sekitar 60 ribu hektar lahan pertanian yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, beberapa bagian waduk ini juga bisa dimanfaatkan sebagai lokasi wisata untuk keluarga.

Di sini Anda dapat bersantai di pinggiran waduk sembari menikmati pemandangan dan udaranya yang sepoi – sepoi.

Khusus untuk Anda yang hobi mancing, waduk ini juga cocok untuk dijadikan sebagai spot pemancingan gratis di akhir pekan.

Oh ia, selain itu, karena lokasinya terletak di daerah pedesaan yang memiliki bentang pegunungan cukup lebar, tempat wisata di Sragen yang satu ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk berburu foto eksotis.

Beberapa masyarakat setempat bahkan ada yang menjadikannya sebagai spot untuk mengambil foto pra wedding lho..

5. Gunung Kemukus

Lokasi : Soko, Pendem, Sumberlawang, Kabupaten Sragen

Gunung Kemukus viaTribunnews

Gunung Kemukus viaTribunnews.com

Khusus untuk Anda yang hobi hiking dan trekking, di Sragen ada objek wisata keren yang bisa Anda kunjungi untuk sekedar menyalurkan hobi Anda. Objek wisata tersebut adalah Gunung Kemukus.

Walaupun dijuluki “Gunung”, tempat jalan – jalan di Sragen yang satu ini sebenarnya hanyalah bukit saja dan tidak memiliki kawah aktif layaknya gunung pada umumnya.

Oh ia, untuk kondisi lingkungan sekitarnya sendiri, karena tidak banyak terjamah tangan manusia, gunung ini terbilang masih cukup sejuk dan asri.

Di bagian atas gunung ini ada sebuah bangunan vihara tua yang sangat dihormati oleh masyarakat sekitar, terutama para penganut agama Buddha.

Oleh karenanya, selain mendapatkan pengalaman wisata alam, saat berkunjung ke tempat piknik di Sragen yang satu ini, Anda juga akan mendapatkan pengalaman wisata religi yang mungkin juga sarat akan sejarah.

6. Wisata Batik Dewi Arum Kliwonan

Lokasi: Area Sawah, Desa Kliwonan, Kec. Masaran, Kab. Sragen

Wisata Batik Dewi Arum Kliwonan via Indonesia-produckcom

Wisata Batik Dewi Arum Kliwonan via Indonesia-produck.com

Sragen mungkin memang tidak berhasil memenangkan gelar kehormatan “Kota Batik” seperti Pekalongan. Walaupun begitu, kabupaten ini ternyata memiliki cukup banyak pengrajin batik yang terpusat di beberapa daerah, termasuk salah satunya di daerah Kliwonan.

Di daerah ini ada sekitar 85 pelaku UMKM yang bergerak dalam usaha produksi batik dengan menggunakan alat tenun sederhana.

Dari mulai batik jenis katun yang dibanderoli dengan harga terjangkau sampai dengan batik sutera yang dibanderoli dengan harga super mahal, semuanya bisa diproduksi di sentra batik ini.

Nah, jika mau di hari kerja Anda dapat berkunjung ke sentra batik Dewi Arum Kliwonan untuk melihat secara langsung proses produksi batik dari mulai nol sampai jadi.

Selain itu, jika berminat Anda juga bisa mencoba untuk belajar membatik dari ahlinya secara langsung.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk datang ke sini? Jika ya, alamat sentra Batik Kliwonan ada di Area Sawah, Desa Kliwonan, Kec. Masaran, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

7. Gunung Banyak

Lokasi: Area Sawah Desa Srawung, Kec. Gesi, Kab. Sragen

Gunung Banyak via Soloposcom

Gunung Banyak via Solopos.com

Khusus untuk Anda yang hobi berburu foto di alam terbuka hijau, di Sragen ada spot berburu foto yang sangat pas untuk Anda kunjungi, yaitu di Kawasan Gunung Banyak.

Kawasan ini terletak di Area Sawah Desa Srawung, Kec. Gesi, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Di sini Anda dapat mengambil berbagai macam foto dengan latar belakang areal pegunungan yang dipenuhi dengan bebatuan karang dan pohon hijau.

Kabarnya, daerah ini dinamai dengan Gunung Banyak karena bagian puncaknya yang mengundak – undak sehingga seperti barisan gunung.

Nah, karena jumlah undakannya banyak, akhirnya masyarakat sekitar pun menamainya dengan Gunung Banyak.

Walaupun telah berstatus sebagai tempat wisata, kondisi lingkungan di sekitar gunung ini masih tergolong sangat asri dan terjaga dengan baik.

Oleh karenanya tidak ada salahnya jika Anda menjadikan tempat ini sebagai spot tujuan wisata di hari libur dan akhir pekan.

8. Makam Joko Tingkir

Lokasi: Dusun Butuh, Desa Gedongan, kec. Plupuh, Kab. Sragen

Makam Joko Tingkir via Solopos

Makam Joko Tingkir via Solopos.com

Mayoritas dari Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan sosok Joko Tingkir bukan? Ya, beliau merupakan salah seorang pendekar hebat yang sangat terkenal di masa lampau.

Konon, sangking terkenalnya nama beliau, kisah hidupnya banyak difilmkan oleh beberapa stasiun televisi.

Nah, ternyata makam pendekar hebat sekaligus sultan Keraton Pajang ini ada di Kabupaten Sragen lho, yaitu di Dusun Butuh, Desa Gedongan, kec. Plupuh, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Jika mau Anda dapat berkunjung untuk melakukan ziarah sekaligus melakukan napak tilas di kompleks pemakaman yang sarat akan nilai sejarah.

Saat berada di lokasi pemakaman nanti jangan lupa untuk berkunjung ke Pusara Joko Tingkir dan batang kayu yang sudah keropos di bagian halaman kompleks pemakanan ya.. Batang kayu tersebut kabarnya merupakan sempalan dari perahu yang pernah dikendarai Joko Tingkir saat melalui Sungai Bengawan Solo.

9. Kolam Renang Kartika

Lokasi: Kroyo, Karangmalang, Kabupaten Sragen

Kolam Renang Kartika

Kolam Renang Kartika

Bagi Anda yang hobi renang, Kolam Renang Kartika bisa Anda jadikan sebagai alternatif objek wisata di Sragen yangsarat akan fasilitas.

Letak kolam renang ini ada di daerah Kroyo, tepatnya di Jl. Veteran. Lokasinya tepat berdampingan dengan Stadion Sepak Bola milik Kabupaten Sragen.

Bisa dibilang saat ini Kolam Renang Kartika merupakan kolam renang dengan fasilitas terlengkap di Kab. Sragen.

Demi menghadirkan kenyamanan untuk para pengunjung, pengelola kolam ini telah menyediakan beraneka ragam fasilitas wisata, seperti: lapangan parkir yang luas (dapat menampung lebih dari 50 mobil pribadi), cafetaria, toilet, kamar ganti, mushola, dll.

Tidak hanya itu, walaupun status tempat ini adalah kolam renang, namun pengelolanya juga turut melengkapi objek wisata ini dengan berbagai macam wahana permainan khusus untuk anak – anak, seperti papan seluncur bergelombang, ember tumpah, dll.

Oh ia, khusus untuk Anda yang hobi mancing, di samping lapangan pakir kolam renang ini pihak pengelola juga telah menyediakan kolam pemancingan berjoglo lho..

Sangat lengkap bukan?

10. Wisata Alam Betisrejo

Lokasi: Desa Jambeyan, Desa Jetis, dan Desa Sukorejo – Kec. Sambirejo, Sragen

Wisata Alam Betisrejo

Wisata Alam Betisrejo

Jika Pulau Dewasa Bali memiliki kawasan Ubud yang terkenal dengan teraseringnya, Kab. Sragen memiliki kawasan Wisata Alam Betisrejo yang menawarkan daya tarik utama sejenis.

Di sini Anda dapat melihat hamparan sawah organik berterasering yang dikelola oleh sekitar 605 kelompok tani.

Kalau mau, Anda dapat berinteraksi dan turut membantu masyarakat sekitar dalam mengelola sawah mereka.

Selain itu, desa wisata ini juga turut menawarkan berbagai macam objek wisata yang sangat menarik untuk disambangi, seperti: wisata pemandian air panas Banyanan dan Ngunut, Bumi Perkemahan Kyai Srenggi, Waduk Gebyar, Gunung Tunggangan, serta Taman Margasatwa.

Ke depannya, pengelola desa wisata ini akan turut menyediakan berbagai macam kebun buah yang nantinya akan difungsikan sebagai kawasan agrowisata petik buah sekaligus sebagai sentra produsen buah di Kab. Sragen.

Saat ini total sudah ada lebih dari 50 fasilitas homestay yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menginap.

Seluruh homestay tersebut ditawarkan dengan harga yang relatif cukup terjangkau dengan fasilitas yang cukup komplit.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke desa wisata ini? Jika ya, lokasinya ada di Kec. Sambirejo, tepatnya di Desa Jambeyan, Desa Jetis, dan Desa Sukorejo (disingkat dengan nama Betisrejo dan berpredikat Desa Wisata Organik).

11. Galeri Batik Sukowati

Lokasi: Desa Sragen, Kab. Sragen

Galeri Batik Sukowati

Galeri Batik Sukowati

Jika di Desa Kliwonan Anda dapat melihat secara langsung proses pembuatan pakaian batik dari nol sampai jadi, di Galeri Batik Sukowati ini Anda dapat membeli berbagai macam kain dan outfit (baju, tas, dompet, dll) berbahan batik dengan banderol harga yang relatif cukup terjangkau.

Bisa dibilang tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk mencari oleh – oleh batik saat sedang berkunjung ke Kab. Sragen.

Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam kain batik dengan kisaran rentang harga yang cukup lebar. Dari mulai yang berharga terjangkau, sampai dengan yang mahal, semuanya ada dan bisa dibeli di sini.

Selain itu, corak batiknya pun juga sangat beragam..

Jika Anda tertarik untuk datang ke galeri ini, lokasinya ada di Desa Sragen, Kab. Sragen, Provinsi Jawa Tengah.

12. Waduk Blimbing

Lokasi: Desa Blimbing, Kec. Sambirejo, Kab. Sragen

Waduk Blimbing

Waduk Blimbing

Satu lagi spot mancing terkenal di Kab. Sragen yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu Waduk Blimbing yang terletak di Desa Blimbing, Kec. Sambirejo, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Bila dibandingkan dengan Waduk Kedung Ombo, luas Waduk Blimbing ini memang terkesan tidak ada apa – apanya. Walaupun begitu, keindahan alamnya tergolong tidak kalah bagus.

Karena pemandangannya yang bagus, area pinggiran waduk ini sering dijadikan sebagai tempat rekreasi oleh masyarakat sekitar.

Selain itu, karena ikannya banyak, para pecinta olahraga mancing juga sangat betah duduk seharian untuk “mengadu nasib” di waduk ini.

13. Waduk Gebyar

Lokasi : Jambeyan, Sambirejo, Kabupaten Sragen

Waduk Gebyar via Lelungannet

Waduk Gebyar via Lelungan.net

Tempat wisata populer di Sragen yang satu ini berlokasi tidak jauh dari Waduk Blimbing, yaitu sama – sama di Kec. Sambirejo, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Waduk ini merupakan menawarkan daya tarik utama berupa panorama alam Gunung Lawu dari kejauhan.

Selain itu ada juga areal hutan lindung dan hamparan rumput yang sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat bersantai dan berburu foto.

Dulu, saat pertama kali didirikan, waduk ini dapat menampung air dengan volume maksimal sekitar 700 ribu meter kubik.

Sayangnya, karena endapan lumpur, belakangan volume airnya mulai berkurang.

Anehnya, walaupun volume airnya berkurang, namun jumlah ikannya tergolong tetap banyak.

Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah ikan yang berhasil didapatkan oleh para pemancing yang datang ke waduk ini.

14. Wisata Edupark Gemolong Sragen

Lokasi : Jl. Candi-Gemolong, Gemolong, Kabupaten Sragen

Wisata Edupark Gemolong Sragen via Soloposcom

Wisata Edupark Gemolong Sragen via Solopos.com

Tempat wisata di Sragen berikutnya adalah wahana Edupark Gemolong yang berada di Kecamatan Gemolong. Tempat wisata yang tergolong baru ini ini merupakan sebuah taman atau Taman Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) Edupark Gemolong.

Kini taman yang asri ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Sragen saat hari libur atau akhir pekan. Di taman ini wisatawan bisa menikmati keindahan bunga yang dan hijaunya pepohonan.

Untuk anda yang berminat mengunjungi edupark ini bisa mengikuti rute dari arah Solo bisa lewat Jalan Solo-Purwodadi sampai perempatan Gemolong belok kanan. Lalu ada Ahass motor ke Utara. Jika dari arah Boyolali bisa jalan Andong-Gemolong di perempatan gemolong lurus saja, lalu ada Ahass Gemolong ke Utara.

Wisata terkait: Tempat Wisata di Temanggung Jawa Tengah

15. Kolam Renang Doeng Cuo Sragen

Lokasi: Jl. Sragen – Batujamus KM 4, Bolorejo, Puro, Karangmalang, Kabupaten Sragen

Kolam Renang Doeng Cuo Sragen via Srageninfo01.blogspot

Kolam Renang Doeng Cuo Sragen via Srageninfo01.blogspot.com

Buat anda yang mau basah-basahan saat liburan, anda bisa mengunjungi kolam renang doeng cuo yang menjadi salah satu wahana liburan favorit bagi anak-anak di Sragen.

Selain untuk anak-anak, kolam renang ini juga seru untuk mandi-mandi orang dewasa lho. Untuk bisa masuk, anda hanya membayar tiket Rp. 5000 untuk hari senin sampai jumat sedangkan di hari sabtu dan minggu Rp.7000.

Disini ada 3 kolam renang anak – anak dan satu kolam renang orang dewasa, kamar mandi, Tempat makan dll.

16. Air Terjun Dung Jengglong

Lokasi: Desa Brojol, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen

Air Terjun Dung Jengglong

Air Terjun Dung Jengglong

Tempat wisata di Sragen berikutnya adalah air terjun dung Jengglong yang memiliki keindahan sangat luar biasa. Air terjun yang hanya memiliki ketinggian 4 meter ini sangat untuk dijadikan tempat mandi-mandi alami.

Adapun lebar air terjun ini hanya 7 meter saja, namun karena airnya berwarna kehijau-hijauan membuatnya terasa begitu luas dan sayang untuk dilewatkan.

17. Kedung Grujug Sragen

Kedung Grujug Sragen

Kedung Grujug Sragen

Lokasi: Dusun Sendang Boto, Desa Miri, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen

18. Taman Kridoanggo Sragen

Lokasi: Jl. Raya Sukowati No.488, Sragen Wetan, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen

Taman Kridoanggo Sragen

Taman Kridoanggo Sragen

19. Taman Sukowati

Lokasi: kelurahan Sine, Sragen

Taman Sukowati

Taman Sukowati

20. Taman Bunga Ganesha Sukowati

Lokasi: Mojorejo, Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah

Taman Bunga Ganesha Sukowati via wisata-buahsirsak.blogspotcom

Taman Bunga Ganesha Sukowati via wisata-buahsirsak.blogspot.com

21. Waduk Kembangan

Lokasi: Mojorejo, Karangmalang, Kabupaten Sragen

Waduk Kembangan via @wadukkembangan

Waduk Kembangan via @wadukkembangan

22. Wisata Pemandian Air Panas Bayanan

Lokasi: Gamping, Jambeyan, Kec. Sambirejo, Kab. Sragen

Wisata Pemandian Air Panas Bayanan via Hoteldiindonesianet

Wisata Pemandian Air Panas Bayanan via Hoteldiindonesia.net

23. Alun-alun Kota Sragen

Lokasi: Jl. Raya Sukowati No.2, Magero, Sragen Tengah, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen

Alun-alun Sragen via Fb Info Seputar Sragen

Alun-alun Sragen via Fb Info Seputar Sragen

****

Nah, bagaimana? Tempat wisata di Sragen tergolong sangat banyak dan lengkap bukan? Akhir kata, selamat liburan dan semoga perjalanan wisata Anda berjalan dengan lancar dan menyenangkan ya!! Jangan lewatkan juga: Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah Terbaru

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!