Daftar Tempat Wisata di Temanggung Jawa Tengah

Temanggung merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang juga menjadi penghasil tembakau terbesar di Indonesia. Saat berada di Temanggung, hamparan perkebunan tembakau terlihat hijau dan memanjakan mata sehingga membuat siapa saja merasa takjub.

Namun dibalik kekayaan hasil perkebunan tembakau tersebut, ternyata Temanggung juga memiliki sejuta keindahan tempat-tempat wisatanya. Tentunya tempat wisata di Temanggung tersebut sangatlah lengkap mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah yang begitu kaya.

Hal tersebut bisa menjadi kesempatan untuk mengisi liburan yang menyenangkan dengan menikmati keindahan alam sambil menelisik lebih jauh berbagai sejarah yang ada di Temanggung.

Artikel terkait: Objek Wisata di Batang Jawa Tengah

Tempat Wisata di Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Keindahan tempat wisata di Temanggung ternyata sudah diakui dunia sebab wisawatan yang datang tidak hanya dari wisatawan lokal saja namun juga mancanegara.

Sudah banyak wisatawan yang membuktikan keindahan potensi wisata yang dimiliki oleh Temanggung. Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke Temanggung mungkin masih belum mengetahui tempat wisata apa saja yang bisa dikunjungi.

Jangan sampai liburan anda di Temanggung akhirnya kurang menyenangkan karena persiapan yang kurang serta pemilihan objek wisata yang kurang tepat. Namun tak perlu khawatir karena berikut ini akan dijelaskan daftar  tempat wisata di Temanggung yang populer dan bisa dikunjungi:

1. Hutan Pinus Sigrowong

Alamat: Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Hutan Pinus Kandangan via pinterestcom

Hutan Pinus Kandangan via pinterest.com

Tempat wisata di Temanggung yang pertama adalah hutan pinus kandangan. Hutan pinus ini sangat instrammable lo. Jadi sayang sekali buat kamu yang doyan selfie-selfie kalau sampai melewatkan tempat seru yang sedang hits ini.

Selain tempat yang keren, hutan pinus ini juga cocok buat kita jadikan tempat menenangkan pikiran lho, apalagi kalau beban kerja kita berat selama sepekan ini, pastilah kita butuh santai sejenak.

Selain hutan pinus, kamu juga bisa menjumpai hamparan pohon kopi di sela-sela pohon pinus akan memberikan kesan tersendiri untuk anda. Di samping itu, kejelian pemerintah dalam meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi hutan ini nampak dari disediakannya spot-spot foto yang sangat ciamik.

Apalagi jarak hutan pinus ini hanya sekitar 5 Km saja dari pusat kota, sangat sayang kalau sampai kita tidak singgah disini sob.

Oh ya, di hutan pinus ini juga memiliki daya tarik yang lain lho, yaitu Gua Sigrowong. Sehingga hutan pinus ini juga dinamai taman Gua Sigrowong.

Gua Sigrowong sendiri memiliki kedalaman sekitar 7 meter dan diameter hanya 80 cm. Konon menurut kisahnya, gua ini dahulunya dijadikan sebagai tempat persembunyian saat terjadi agresi Belanda.

Taman ini juga punya trek offroad Nasional, sudah beberapa kali diadakan event offroad sekala Nasional disini. Selain itu, hutan pinus ini juga seru lho untuk dijadikan sebagai tempat camping, mengenai air, disini berlimpah, jadi tidak perlu kawatir kalau kamu sedang nge-camp.

Di taman ini juga terdapat gazebo-gazebo yang dipasang oleh pengelola di atas pohon-pohon pinus untuk pengunjung bersantai sambil berselfie ria.

Kabar baik lagi, sampai tulisan ini dibuat, pihak pengelola – Perhutani – ke depan akan menambah fasilitas berupa wahana permainan dan ketangkasan serta Kolam Renang.

Nah, begitu kalian selesai bersenang-senang di hutan pinus ini, jangan lupa ya saat hendak pulang untuk membawa oleh-oleh khas Temanggung, yaitu pisang Aroma khas Temanggung di desa Gesing

2. Monumen Meteorit Wonotirto

Alamat: Desa Wonotirto, Temanggung, Jawa Tengah

Monumen Meteorit Wonotirto via Merdeka

Monumen Meteorit Wonotirto via Merdeka.com

Monumen yang satu ini menjadi salah satu yang sangat populer di Temanggung. Berlokasi di Desa Wonotirto, Temanggung, Jawa Tengah, tempat wisata yang satu ini menawarkan wisata edukasi yang menyimpan banyak pengetahuan.

Pembangunan monumen meteorit ini bertujuan untuk mengenang peristiwa jatuhnya meteor tepat di area ladang sawah di Desa Wonotirto yang membuat masyarakat gempar. Peristiwa tersebut ternyta membuat para petani setempat seolah sulit untukk melupakan.

Peristiwa jatuhnya meteroit  terjadi pada 11 Mei 2011 dimana pada hari itu muncul suara dentingan gemuruh disertai suara menggelegar seperti petir. Kemudian jatuhnya sebuah meteroit di ladang warga dan membuat tanaman di ladang tersebut mati.

Jatuhnya bongkahan batu dari luar angkasa tersebut kini menjadi bagian dari Monumen Meteroit yang memiliki daya tarik tersendiri.

3. Curug Lawe

Alamat: Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Temanggung

Curug Lawe via Youtube

Curug Lawe via Youtube

Tempat wisata di kawasan Temanggung yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang indah berupa air terjun yang masih sangat alami.

Nama air terjun yang satu ini memang cukup unik karena menggunakan kata Lawe yang dalam bahasa Jawa berarti benang-benang halus. Hal tersebut tidak terlepas dari keindahan percikan air terjun yang jatuh seolah bagaikan untaian benang putih da sangat halus.

Selain menawarkan keindahan air terjun dan alam sekitarnya, di dekat kawasan wisata ini terdapat mata air panas yang biasanya dijadikan sebagai lokasi berendam air hangat. Lokasi mata air hangat ini berada di pegunungan sehingga sangat cocok untuk udara yang dingin.

Uniknya lagi, di sekitaran curug Lawe pada musim tertentu biasanya tumbuh tanaman buah cendrul yang bisa dipetik oleh pengunjung secara gratis.

4. Sunrise Posong Kledung

Alamat: Lereng Gunung Sindoro, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Temanggung

Keindahan objek wisata Posong Temanggung

Tempat wisata yang satu ini ternyata masih tergolong baru di Temanggung. Dengan membayar tiket masuk yang terjangkau, wisatawan bisa memasuki area Posong.

Selanjutnya memasuki area Posong ini wisatawan akan melewati jembatan kembar lalu bertemu jembatan lagi dan berbelok kanan tepat di tanjakan terdapat gapura yang bertuliskan Posong.

Kawasan ini memang semakin populer dari waktu ke waktu karena keindahan golden sunrise yang memanjakan mata. Lokasi Sunrise Posong Kledung ini berada di kaki Gunung Sindoro sehingga memiliki medan jalan yang cukup sulit.

Namun perjuangan tersebut akan terbayarkan dengan keindahan alam yang sangat cantik. Saat pagi hari tiba, wisatawan bisa menikmati golden sunrise yang hangat dan bila beruntung akan tampak pula samudera awan yang terhampar luas.

Bahkan dari tempat ini anda bisa menyaksikan 7 puncak sekaligus yaitu puncak Merapi, Merbabu, Ungaran, Muria, Telomoyo, Sindoro dan Sumbing. Pemandangan di malam hari juga tak kalah indah karena anda bisa menyaksikan milyaran bintang seolah berada persis di atas kepala dan sering disebut dengan Milky Way.

5. Kledung Pass

Alamat: Jalan Raya Kledung Km. 18, Kecamatan Keldung, Kabupaten Temanggung

Kledung Pass via Wisatane

Kledung Pass via Wisatane.com

Wisata Kledung Pass merupakan obyek wisata yang berada di Kledung  Temanggung yang dahulu hanya menjadi perkebunan teh dan tembakau saja.

Namun seiring berjalannya waktu banyak investor yang tertarik dengan keindahan alam di kawasan ini sehingga menjadikan kawasan ini semakin berkembang dan ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasi Kledung Pass berada di jalur Temanggung-Wonosobo sehingga membuat tempat ini mudah diakses. Terdapat warung-warung makan sederhana hingga rumah makan besar di sekitaran Kledung Pass.

Tentu hal ini membuat kawasan Kledung Pass sebagai surganya wisata kuliner. Tak heran bila jumlah wisatawan yang datang ke kawasan ini semakin banyak karena ingin menikmati keindahan alam sambil menyantap aneka kuliner.

Alamat: JL. Parakan Km. 12, Temanggung, Indonesia

6. Hutan Walitis

Alamat: Desa Jetis, kecamatan Selopampang, Temanggung

Hutan Walitis via tani-temanggung.blogspot.com

Hutan Walitis via tani-temanggung.blogspot.com

Obyek wisata Hutan Walitis berada di Tanggulanom Temanggung atau tepatnya berada di kawasan hutan Rasamala. Di Hutan Walitis ini anda bisa melihat pohon-pohon berukuran sangat besar dan disebut-sebut sebagai pohon terbesar yang berada di lereng Gunung Sumbing dan Sindoro.

Pohon-pohon besar tersebut memiliki tinggi mencapai 30 meter serta lingkar batangnya mencapai 7,5 meter. Untuk bisa memeluk satu batang pohon ini setidaknya dibutuhkan 6 orang dewasa dan saling bertautan serta merentangkan kedua tangan.

Uniknya pohon-pohom besar tersebut memiliki cerita yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Konon pohon tersebut berasal dari tongkat Ki Ageng Makukuhan yang tak lain adalah pengikut wali. Lalu tongkat tersebut ditancapkan ke tanah hingga akhirnya tumbuhlah pohon yang sangat besar ini.

Tidak hanya menawarkan pemandangan pohon besar yang menakjubkan,di kawasan Hutan Walitis ini anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah dipadu dengan udara pegunungan yang sejuk. Tumbuh pula rumpun tumbuhan Rasamala yang juga tidak mempan terhadap api.

7. Pikatan Waterpark

Alamat: Jalan Raya Pikatan, Kecamatan Mudal, Temanggung

Pikatan Waterpark

Pikatan Waterpark

Tidak hanya memiliki obyek wisata alam saja, Temanggung juga menawarkan obyek wisata modern yaitu Pikatan Waterpark. Obyek wisata ini berada sekitar 2,5 kilometer dari pusat Kota Temanggung.

Perlu anda ketahui bahwa waterpark ini berasal dari sumber air alami yang melimpah di Temanggung sehingga membuat air di waterpark ini sangat bersih dan jernih. Tak perlu khawatir karena kolam di waterpark ini selalu dikuras secara rutin sehingga dijamin bersih.

Wahana yang satu ini cocok untuk dijadikan liburan anak-anak sampai orang dewasa. Untuk bisa masuk dan menikmati fasilitas di dalamnya, kita harus membayar tiket masuk Rp 10.000. Wah, murah sekali ya.

Silahkan datang saja kesini untuk basah-basahan, lokasinya dekat dengan pusat kota Temanggung yaitu berada di Jalan Raya Pikatan, Kecamatan Mudal, Temanggung.

8. Taman Kartini

Alamat: Jalan Suwandi Suwardi, Kowangan, Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia.

Taman Kartini

Taman Kartini

Taman Kartini merupakan obyek wisata yang menawarkan berbagai wahanan permainan seru dan fasilitas yang lengkap. Dimana fasilitas yang tersedia di Taman Kartini antara lain kolam renang, lapangan tenis, panggung kesenian, lapangan basket dan lain sebagainya.

Terdapat pula pujasera yang menyediakan berbagai makanan yang enak dan menggoyang lidah. Taman Kartini memang sangat cocok sebagai destinasi rekreasi bersama keluarga karena tempat wisata ini memiliki banyak permainan seru untuk anak-anak. Terdapat pula wahana tontonan di Bioskop Multidimensi Andromedia yang psti akan memberikan kesan yang berbeda.

9. Candi Pringapus

Alamat: Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung

Candi Pringapus

Candi Pringapus

Candi Pringapus merupakan sebuah candi yang berada di Pringsurat Temanggung. Candi ini biasanya sering dijadikan sebagai destinasi wisata budaya, sejarah dan edukasi karena memiliki sejarah arkeolologi.

Candi Pringapus dibangun pada tahun 850 Masehi sehingga bisa dipastikan bahwa usia candi ini memang sudah sangat tua. Di sekitaran candi terdapat arca-arca bercorak Hindu Siwaistis yang bisa terlihat dari bentuk arca yang berhubungan dengan Dewa Siwa dalam kepercayaan agama Hindu.

Untuk bentuk bangunan candi ini adalah tiruan dari Mahameru yang tak lain merupakan tempat tinggal para dewa. Terdapat pula relief hapsara dan hiasan antefic yang menggambarkan makhluk setengah dewa. Sedangkan untuk pola tata letak candi menggunakan pola Jawa Tengah.

Karena terdapat candi induk yang disebut sebagai candi pewara. Di dalam candi pewara terdapat arca nandi. Selain itu di sekitaran candi induk juga terdapat batu-batu sebagai sisa bagian bangunan yang lain. Keunikan dari candi Pringapus ini adalah bentuk reliefnya yang masih utuh dan terlihat sangat jelas hingga saat ini.

10. Curug Trocoh

Alamat: Desa Tawangsari, Kecamatan Tretep/Wonoboyo, Kabupaten Temanggung

Curug Trocoh

Curug Trocoh

Tempat wisata di Temanggung yang satu ini menawarkan air terjun dengan tinggi hampir 120 meter dari puncak ke dasarnya. Tak hanya dikenal karena ketinggiannya, air terjun ini juga memiliki 5 terjunan bertingkat yang mengalirkan air yang jernih dan bersih.

Sedangkan untuk jarak terjunan satu ke yang lain rata-rata sekitar 20 meter. Nama Trocoh diambil dari bahasa Jawa yang berarti mengeluarkan air karena air di curug ini memang seolah tak pernah surut.

Lokasi Curug Trocoh juga berada di balik dua bukit yang hijau sehingga menjadikan pemandangan di tempat wisata ini sangatlah indah. Selain itu udara di curug ini juga sangat sejuk dan bersih sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin melepas penat.

11. Alam Sewu

Alamat: Area Sawah, Desa Giripurno, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung

Alam Sewu via Kaskuscoid

Alam Sewu via Kaskus.co.id

Alam Sewu merupakan sebuah obyek wisata di Ngadirejo Temanggung yang letaknya sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Temanggung.

Obyek wisata yang satu ini berada di kawasan pegunungan dan menyajikan pemandangan alam berupa perkebunan temabakau dan alam pegunungan yang sangat indah. Pemberian nama Alam Sewu ini tak lain karena tempat wisata ini berada di atas desa Pring Sewu.

Untuk menuju ke Alam Sewu sebaiknya anda perlu waspada karena jalannya yang terjal dan berbahaya serta hanya bisa dijangkau menggunakan motor. Namun rasa lelah di perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan panorama alam yang memanajakan mata.

12. Alun-Alun Temanggung

Alamat: Pusat Kota Temanggung

Alun-Alun Temanggung via Radarpekalongan

Alun-Alun Temanggung via Radarpekalongan.co.id

Alun-alun Temanggung merupakan salah satu ikon Kota Temanggung dan lokasinya berada di tengah kota. Biasanya masyarakat Temanggung sering menghabiskan waktu luangnya untuk bersantai di sekitaran alun-alun.

Terlebih di alun-alun ini terdapat pohon-pohon yang tumbuh subur sehingga menjadikan suasana di sekitar alun-alun terasa sejuk dan nyaman.

Biasanya menjelang malam hari banyak penjual makanan yang menawarkan berbagai sajian jajanan dan kuliner. Dengan penataan yang rapi disertai arena bermain untuk anak-anak maka alun-alun ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga.

13. Gunung Prau

Alamat: Jalan Candiroto – Kejajar, KM. 11, Gejungan, Wates, Wonoboyo, Kabupaten Temanggung

Gunung Prau via @sublug

Gunung Prau via @sublug

Gunung Prau merupakan salah satu tempat wisata yang banyak disukai oleh para pendaki. Sejak tahun 2014 lalu, kawasan Gunung Prau menjadi destinasi andalan para pendaki gunung. Hal tersebut tak lain karena Puncak Gunung Prau disebut-sebut mempunyai tempat terbaik se-sia Tenggara untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit.

Selain itu Gunung Prau juga dikenal dengan jalur pendakiannya yang pendek dan relatif mudah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata. Cukup mendaki selama 3-4 jam saja maka anda akan tiba di puncak Prau yang sangat indah.

14. Gunung Kendil

Alamat: Dusunu Gojati, Desa Sepakung, Kabupaten Temanggung

Gunung Kendil via Kaskuscoid

Gunung Kendil via Kaskus.co.id

Gunung Kendil merupakan salah satu bukit indah yang berada di Dusun Kedondong dan menyajikan pemandangan yang sangat indah. Sejak zaman kolonial Belanda, Gunung Kendil hanya dijadikan sebagai lokasi militer saja.

Tetapi sejak tempat latihan perang dipindahkan ke Magetan maka kini Gunung Kendil menjadi rest area yang dilengkapi dengan berbagi fasilitas. Dimana fasilitas penunjang diantaranya kolam pemancingan ikan, arena balap motor, gazebo, mobil offroad dan lain sebagainya.

15. Curug Guwung

Alamat: Gunungpayung, Candiroto, Temanggung

Curug Guwung

Curug Guwung

Temanggung memang memiliki beberapa air terjun yang sangat indah termasuk salah satunya air terjun Guwung atau dikenal dengan Curug Guwung.

Air terjun yang satu ini memang tergolong kecil dan tidak terlalu tinggi. Bahkan airi terjun Guwung ini juga masih belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga kondisi di sekitar air terjun masih sangat alami.

Meskipun begitu, curug ini sangat cocok untuk melepas penat karena menawarkan pemandangan alam yang indah. Biasanya masyarakat sekitar sering memancing di sekitaran air terjun ini.

Dengan tiket masuk yang gratis, wisatawan juga diperbolehkan untuk memancing sambil menikmati keindahan alam sekitar.

16. Bukit Wagir

Alamat: Desa Simpar, Kecamatan Tretep Kabupaten Temanggung

Bukit Wagir via Kaskus.co.id

Bukit Wagir via Kaskus.co.id

Kabupaten Temanggung sepertinya tiada henti menyajikan berbagai wisata alam yang memanjakan wistatawan. Salah satu obyek wisata tersebut adalah Bukit Wagir yang berada di Simpar Temanggung. Bukit Wagir merupakan tempat wisata yang baru namun semakin populer dikunjungi wisatawan.

Pesona keindahan yang ditawarkan oleh bukit ini yaitu keindahan sunrise dan sunset dengan latar belakang pemandangan pegunungan. Perpaduan pemandangan tersebut tentu akan sangat memanjakan mata. Sambil bersantai dan menikmati pemandangan alam, tentu akan menjadi pilihan terbaik saat akhir pekan atau hari libur tiba.

17. Batu Rananggana

Alamat: Canggal, Kecamatan Candiroto, Temanggung

Batu Ranggana via Kaskus.co.id

Batu Ranggana via Kaskus.co.id

Wisata Batu Ranggana sangat cocok untuk anda yang suka dengan tantangan karena letak tempat wisata ini berada di puncak Gunung Candil. Untuk itulah bila anda ingin mencapai Batu Ranggana maka harus mendaki Gunung Candil terlebih dahulu.

Saat tiba di atas Batu Ranggana ini rasa capek saat mendaki gunung akan terasa hilang. Sebab dari Batu Ranggana ini anda bisa melihat hamparan pemandangan kota Temanggung dari ketinggian. Selain itu perkebunan hijau miliki petani tampak menghiasi dan menambah indah pemandangan di puncak Batu Ranggana.

Namun untuk bisa mencapai Batu Ranggan ini dibutuhkan fisik yang kuat untuk bisa melewati perjalanan yang cukup melelahkan.

18. Curug Muncar

Alamat: Desa Muncar, Gemawang, Temanggung

Curug Muncar

Curug Muncar

Curug Muncar merupakan salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi saat berada di Temanggung. Ebab curug yang satu ini menawarkan suasana yang alami dan pemandangan yang menyejukkan mata.

Untuk menuju ke Curug Muncar maka anda harus melalui perjalanan yang cukup menantang yang berada di Desa Muncar, Gemawang, Temanggung.

Namun perjalanan yang menantang tersebut akan terbayar dengan keindahan pemandangan yang disajikan Curug Muncar. Udara sejuk khas pegunungan seolah semakin lengkap menambah kenyamanan saat di curug ini.

19. Curug Merak

Alamat: Dusun Dawe, Sidoharjo, Kecamatan Candiroto, Temanggung

Curug Merak via @dimaserlangga_

Curug Merak via @dimaserlangga_

Curug Merak merupakan salah satu tempat wisata di Temanggung yang letaknya di Sidoharjo. Curug yang satu ini menyajikan pemandangan alam yang masih sangat alami dengan air terjun yang jernih dan cocok untuk berenang maupun bermain air.

Untuk menuju Curug Merak ini sebaiknya mintalah petunjuk dari masyarakat Desa Kemiri Ombo supaya anda tidak tersesat di jalan. Meskipun harus menempuh perjalanan yang jauh dan melelahkan namun semua itu akan terbayarkan setelah melihat air terjun yang jernih dan suara gemercik airnya yang menenangkan pikiran.

20. Candi Gedong Songo

Alamat: perbatasan Kabupaten Semarang dengan Kabupaten Temanggung

Candi Gedong Songo via Kompasiana

Candi Gedong Songo via Kompasiana.com

Berkunjung ke Temanggung kurang lengkap rasanya bila anda tak mampir ke Candi Gedong Songo. Sebab candi yang satu ini tidak hanya menawarkan wisata sejarah berupa candi saja namun memadukan dengan keindahan alam pegunungan.

Letak candi yang berada di kawasan pegunungan menjadikan candi ini semakin indah dan membuat takjub. Terkadang pemandangan candi terselimut oleh kabut pegunungan sehingga akan menimbulkan suasana yang semakin nyaman. Udara sejuk di sekitaran candi akan membuat momen wisata candi ini semakin berkesan dan tak terlupakan.

21. Sedengkeng Pass

Alamat: Desa Petarangan, Kledung, Kabupaten Temanggung

Sedengkeng Pass

Sedengkeng Pass

Wisata Sedengkeng Pass merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sedang hits di Temanggung. Pada awalnya keindahan obyek wisata ini diketahui oleh pemuda setempat secara tidak sengaja.

Lokasi Sedengkeng Pass ini berada di lereng Gunung Sindoro sehingga menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Selain itu, kondisi geografis obyek wisata ini berada di kawasan perbukitan sehingga akan semakin menyempurnakan panorama alam di Sedengkeng Pass.

Untuk itulah Komunitas Pencinta alam membangun gardu pandang dari bahan kayu yang disebut dengan Sedengkeng Pass. Lokasi Sedenkeng Pass berada pada ketinggian 1.800 mdpl dan menyajikan pemandangan alam dengan latar belakang gunung.

Terdapat pula vegetasi pohon konifer yang membuat pemandangan di kawasan ini semakin memukau. Bahkan sunrise dan sunset juga bisa disaksikan dari gardu pandang ini. Untuk itulah tak heran bila jumlah pengunjung yang datang ke Sedengkeng Pass selalu bertambah dari waktu ke waktu.

22. Mijil Loka Temanggung

Alamat: Dusun Pongangan, Candisari, Bansari, Temanggung, Jawa Tengah

Mijil Loka Temanggung via @alulwach

Mijil Loka Temanggung via @alulwach

Obyek wisata yang satu ini masih tergolong baru di Temanggung yang letaknya di Desa Pongangan, Temanggung. Mijil Loka menawarkan pemandangan sunrise di sekitaran lereng Gunung Sindoro serta area camping Ground.

Saat berada di Mijil Loka jangan sampai lewatkan untuk berfoto dengan latar belakang sunrise serta pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Meskipun masih tergolong baru namun tempat wisata yang satu ini wajib dikunjungi saat berada di Temanggung.

Tersedia pula gardu pandang yang di pasang di atas ketinggian sehingga bisa dipakai untuk menyaksikan pemandangan sekaligus menjadi spot foto yang instagramble.

23. Watu Layah

Alamat: Desa Tlogopucang sebelah utara, Kecamatan Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah

Watu Layah via Tribunwisata

Watu Layah via Tribunwisata.com

Masih berkaitan dengan wisata gardu pandang di Temanggung, kali ini wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan dari Watu Layah Temanggung.

Tempat wisata yang ini disbeut-sebut tak kalah indahnya dengan obyek wisata di Jogja maupun Magelang. Terlebih tempat wisata ini didominasi oleh kawasan perbukitan serta hutan pinus maupun pepohonan rimbun sehingga menjadi perpaduan pemandangan alam yang sempurna.

Gardu pandang di Watu Layah ini biasanya dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Ada pula rumah pohon yang biasanya dijadikan sebagai tempat bersantai.

24. Watu Angkrik

Alamat: Desa Tlogopucang, Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Watu Angkrik via Youtube

Watu Angkrik via Youtube.com

Watu Angkrik merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan yang tak kalah dengan Watu Layah. Uniknya, di sekitaran Watu Angkrik ini sering muncul kabut tebal yang menyelimuti area ini sehingga membuat wisatawan semakin betah.

Saat kabut mulai hilang, wisatawan bisa menaiki gardu pandang untuk bisa menikmati hamparan pemandangan alam yang sangat memukau mata. Tak hanya bisa menikmati pemandangan, di Watu Angkrik ini anda bisa mencoba bermain flying fox atau bersantai digazebo sambil menikmati berbagai jajanan tradisional yang tersedia.

25. Embung Kledung

Alamat: Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Embung Kledung via @septea_chan

Embung Kledung via @septea_chan

Tempat wisata yang satu ini berupa danau buatan yang berpadu dengan latar belakang Gunung Sindoro sehingga terlihat sangat indah.

Di embung ini warna airnya cenderung jernih dan tampak memantulkan pemandangan alam sekitar sehingga terlihat begitu alami. Embung ini memang difungsikan sebagai penadah hujan yang digunakan untuk irigasi.

Namun keindahan pemandangan alam di Embung ini ternyata mampu menjadi magnet bagi para wisatawan. Pastinya jangan sampai ketinggalan untuk berfoto di Embung Kledung ini karena dijamin hasilnya sangat indah.

26. Embung Tlogopucang

Alamat: Tlogopucang, Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Embung Tlogopucang via @freedom.outdoor

Embung Tlogopucang via @freedom.outdoor

Embung yang satu ini adalah telaga buatan yang digunakan sebagai tempat penampungan air hujan untuk warga sekitar yang biasanya mengalami kekeringan saat musim kemarau. Meskipun begitu, Embung ini juga sangat hits di Temanggung sebagai tempat untuk wisata yang instagramable.

Udara yang sejuk dipadu dengan pemandangan alam yang indah membuat wisatawan betah berlama-lama di embung ini. Selain dijadikan sebagai lokasi bersantai dan berfoto, kawasan ini biasanya digunakan untuk area camping ground.

27. Situs Liyangan dan Kolam Cinta

Alamat: Area Sawah, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung

Situs Liyangan dan Kolam Cinta via @ariftriad08

Situs Liyangan dan Kolam Cinta via @ariftriad08

Stus Liyangan termasuk situs yang masih belum lama ditemukan karena baru ditemukan pada tahun 2008 lalu. Untuk penemuan pertama situs ini yaitu berupa batu-batu candi, arca, yoni dan talud.

Di lokasi situs ini masih terus dilakukan ekskavasi untuk menemukan berbagai peninggalan lainnya. Bahkan di situs ini juga ditemuka rumah panggung yang terbakar namun masih tegak berdiri.

Diperkirakan rumah terbakar tersebut adalah peninggalan zaman Mataram Kuno beserta penemuan benda-benda lainnya. Menurut informasi yang diperoleh dari Balai Arkeologi Yogyakarta, diketahui bahwa situs ini adalah komplek perumahan kerajaan Mataram yang tertimbun oleh lahar Gunung Sindoro.

Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Terlebih selain ditemukan Situs Liyangan juga terdapat kolam cinta yang bentuknya seperti lambang cinta. Di kolam tersebut anda bisa menikmati pemandangan atau bisa sambil berenang.

28. Prasasti Gondosuli

Alamat: Ds.Gondosuli, Kec.Bulu, Kab.Temanggung

Prasasti Gondosuli via Greenvelley77.blogspot

Prasasti Gondosuli via Greenvelley77.blogspot.com

Tempat wisata yang satu ini menyajikan sebuah prasasti yang tak laian adalah peninggalan Kerajaan Mataram di masa Dinasti Sanjaya.

Prasasti ini juga menjadi bukti masa kejayaan Dinasti Sanjaya terutama saat masa pemerintahan Rakai Pikatan. Dengan mengunjungi Prasasti Gondosuli maka anda bisa membayangkan kehidupan sosial budaya masyarakat Temanggung di masa lampau.

29. Umbul Jumprit

Alamat: Jl. Ngadirejo, Jumprit, Purbosari, Temanggung, Jawa Tengah.

Umbul Jumprit via Traveltodayindonesia

Umbul Jumprit via Traveltodayindonesia.com

Tempat wisata di Temanggung yang satu ini berada di Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah. Tempat wisata yang satu ini ternyata masih belum banyak diketahui oleh wisatawan dari luar wilayah Temanggung.

Sebab obyek wisata ini sering dihubungkan dengan hal-hal mistis oleh masyarakat setempat padahal sebetulnya tidaklah seperti itu.

Perlu anda ketahui bahwa obyek wisata yang satu ini merupakan tempat suci bagi umat Buddha di Indonesia. Ketika berlangsung Trisuci Waisak di Candi Borobudur maka air keberkahan yang digunakan diambil dari Umbul Jumprit.

Biasanya wisatawan yang datang ke Umbul Jumprit karena ingin menikmati pemandian sambil berziarah ke makam ki Jumprit. Dari waktu ke waktu tempat wisata ini juga semakin ramai pengunjung sehingga bisa mulai menepis kesan mistis dari tempat ini.

30. Curug Onje

Alamat: Desa Duren Kecataman Bejen, Perbatasan Kabupten Temanggung dan Kabupaten Kendal

Curug Onje

Curug Onje

Tempat wisata di Temanggung selanjutnya adalah curug onje yang keindahannya sangat memikat, dimana air terjun ini memiliki 7 air terjun yang saling berjejeran plus aliran airnya juga sangat jernih. Ketika musim kemarau juga anda bisa naik ke tebing curug onje dan tidak di anjurkan ketika musim hujan tiba karena aliran air sangat deras dan membahayakan.

Curug onje ini terletak di desa Duren kecataman bejen, suatu daerah di perbatasan antara Kabupten Temanggung dan Kabupaten Kendal.

Buat anda yang tertarik liburan ke curug onje ini hanya butuh waktu sekitar 1 jam 30 menit saja dari alun-alun Temanggung.

Rute perjalanan dilanjutkan dari alun-alun menuju ke kecamatan parakan. Sesampainya di kecamatan parakan di lanjutkan perjalana menuju kecamatan bejen melewati jalur menuju ke kabupaten kendal. sesampainya di kecamtan bejen di lanjutkan perjalanan menuju desa duren.

31. Curug Titang

Alamat: Dusun Durenan Desa Temabarak Kecamatan Temabarak Kabupaten Temanggung

Curug Titang

Curug Titang

Masih berupa air terjun, anda bisa mengunjungi curug titang sebagai destinasi liburan kamu. Apalagi buat kamu yang doyan berenang, curug titang ini bisa kamu jadikan tempat berendam seharian, apalagi air sungainya sangat jernih juga mempunyai area kolam yang cukup luas.

Lokasi air terjun ini ada di Dusun Durenan Desa Temabarak Kecamatan Temabarak Kabupaten Temanggung. Buat kamu yang berminat liburan ke curug titang ini, anda hanya butuh berjalan sekitar 6 kilometer dari pusat kota temanggung dan dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor dengan kisaran waktu sekitar 15 menit.

32. Embung Abimayu

Alamat: Desa ngropoh kecamatan kranggan, Temanggung

Embung Abimayu via Kaskuscoid

Embung Abimayu via Kaskus.co.id

33. Ngopi di Jembatan Sigandul

Alamat: Desa Sigandul, Berada di Jalur Temanggung Wonosobo

Ngopi di Jembatan Sigandul via Kaskus.co.id

Ngopi di Jembatan Sigandul via Kaskus.co.id

34. Kolam Renang Cahaya Langgeng

Alamat: Desa Wonosroyo Bojonegoro kecamatan Kedu kab. Temanggung

Kolam Renang Cahaya Langgeng via Pemandiancahayalanggeng.blogspot

Kolam Renang Cahaya Langgeng via Pemandiancahayalanggeng.blogspot.com

Fasilitas:

  • Seluncur anak yang tidak terlalu tinggi
  • Seluncur dewasa dengan ketinggian 8 meter cukup menantang
  • Parkiran
  • Kantin
  • Musholla

35. Nasi Goreng Tembakau khas Temanggung

Alamat: Temanggung

Nasi Goreng Tembakau khas Temanggung via Tempoco

Nasi Goreng Tembakau khas Temanggung via Tempo.co

36. Buntil khas Temanggung

Alamat: Kedu, Temanggung

Buntil khas Temanggung via Kokikutv

Buntil khas Temanggung via Kokiku.tv

37. Lento khas Temanggung

Alamat: Temanggung

Lento khas Temanggung via makananminumankue.blogspot

Lento khas Temanggung via makananminumankue.blogspot.com

 

Itulah tadi informasi mengenai  tempat wisata di Temanggung yang populer dan hits sebagai referensi wisata sebelum berkunjung ke Temanggung. Tentunya berlibur ke Temanggung kini terasa semakin menyenangkan dan berkesan karena ada banyak tempat wisata yang bisa anda pilih.

Jangan lewatkan juga: Tempat Wisata di Kendal Jawa Tengah

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!