Tempat Wisata di Pati Jawa Tengah Terbaru

Pati merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang mungkin selama ini masih belum populer seperti beberapa daerah lainnya di Indonesia. Meskipun begitu ternyata Pati adalah sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata menarik yang pastinya sangat cocok untuk destinasi traveling.

Selain itu itu lokasi Pati juga berbatasan langsung dengan Laut Jawa sehingga menjadikan Pati mempunyai beberapa obyek wisata pantai yang bisa dikunjungi saat berada di Pati. Selain itu, Pati juga memiliki beragam wisata religi dan sejarah sehingga bisa menambah wawasan wisatawan yang berlibur ke Pati.

Tentunya beragam tempat wisata di Pati yang terbaik tersebut tak kalah dengan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia sehingga membuat anda tak perlu ragu untuk traveling ke Pati.

Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi

Bagi anda pencinta travelling mungkin pernah mengalami kebingungan untuk menentukan destinasi travelling yang seru dan belum pernah dikunjungi sebelumnya. Namun tak perlu khawatir karena Pati menawarkan berbagai tempat wisata terbaik yang pasti tak akan ada habisnya untuk dieksplorasi.

Tentunya berbagai tempat wisata di Pati tersebut membuat anda merasakan sensasi liburan yang belum anda temukan di tempat lainnya. Nah, untuk anda yang tertarik untuk travelling di Pati saat liburan nanti, maka berikut ini akan diberikan daftar tempat wisatanya yang bisa anda kunjungi:

1. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo via @iniirfan

Pantai Banyutowo via @iniirfan

Tempat wisata di Pati yang satu ini berbatasan dengan Kabupaten Jepara dan berada tak jauh dari obyek wisata di Jepara. Pantai yang satu ini menawarkan keindahan berupa air laut yang biru serta hamparan pasir di pesisir pantai yang tampak membentang luas.

Selain itu di pantai ini juga terdapat dermaga kapal nelayan yang mampu memberikan nuansa yang berbeda. Dari kejauhan tampak pantulan bayang-bayang kapal di atas laut saat senja yang menambah lukisan pemandangan kian menawan.

Kondisi Pantai Banyutowo yang sangat memukau ini biasanya dijadikan sebagai lokasi piknik keluarga. Bahkan pantai ini juga dijadikan sebagai lokasi ritual sedekah laut yang rutin diselenggarakan.

Uniknya Pantai Banyutowo ini juga disebut sebagai Pantai Soimah karena di pantai inilah artis Soimah dibesarkan sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai Pantai Soimah.

Lokasi: Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Pati, Jawa Tengah

2. Hutan Mangrove Pantai Sambilawang Pati

Hutan Mangrove Pantai Sambilawang Pati via Koranmuriacom

Hutan Mangrove Pantai Sambilawang Pati via Koranmuria.com

Masih berkaitan dengan wisata pantai, kali ini Pati menawarkan wisata alam Hutan Mangrove Pantai Sambilawang. Pantai ini memiliki hutan mangrove yang bisa disaksikan oleh pengunjung sambil menikmati keindahan sunrise di balik hutan bakau.

Sambil bersantai, wisatawan juga diperbolehkan untuk memancing di sekitaran hutan mangrove. Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan pemandangan laut yang berbatasan dengan daratan namun tidak disertai pasir pantai. Tentu hal ini akan mejadi pengalaman baru yang berkesan dan menyenangkan.

Untuk hutan mangrove yang berada di Pantai Sambilawang ini mempunyai luas sekitar 8 hektare serta sering dijadikan sebagai lokasi wisata edukasi.

Alamat: Desa Sambilawang, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati

3. Alun-Alun Simpang Lima Pati

Alun-Alun Simpang Lima Pati via Beritapati

Alun-Alun Simpang Lima Pati via Beritapati.com

Berkunjung ke Pasti terasa kurang lengkap bila anda tak mampir ke Alun-Alun Simpang Lima Pati. Alun-alun ini memang sangat unik karena hingga kini masih terus mempertahankan wujud yang pernah digagah sejak zaman dahulu.

Di bagian utara alun-alun terdapat kantor pemerintahan Kabupaten Pati, bagian timurnya terdapat pasar. Sedangkan di bagian barat alun-alun terdapat Masjid Agung Baitunnur.

Alun-Alun Simpang Lima Pati biasanya dijadikan sebagai tempat nongkrong anak-anak muda karena lokasinya yang sangat strategis untuk dikunjungi. Bahkan di kawasan akun-alun ini sering diadakan konser musik karena lokasi alun-alun yang memang sangat luas.

Pada malam hari suasana sekitar alun-alun semakin meriah dengan adanya lampu warna-warni yang dipasang untuk menghiasi alun-alun. Biasanya di sekitaran alun-alun juga terdapat penjual berbagai jenis makanan yang bisa dinikmati sambil bersantai.

4. Pulau Seprapat

Pulau Seprapat via Youtube

Pulau Seprapat via Youtube.com

Tempat wisata di Pati ini adalah tempat rekreasi yang berada di sebela utara TPI Juwana. Pulau Seprapat merupakan pulau buatan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda dan memiliki banyak pephonan sehingga teraasa begitu rindang.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Pulau ini memang cukup banyak menyimpan misteri, mitos dan legenda yang sudah muncul sejak zaman Majapahit. Namun kisah-kisah tersebut  seolah tertepis dengan keindahan dan hijaunya Pulau Seprapat ini.

Di tengah pulau juga terdapat sebuah makam yang berbentuk mushola dan dibangun oleh masyarakat setempat. Berbagai kisah mistis di pulau ini seolah tak menyurutkan minat wisatawan  untuk mengeksplor lebih jauh pulau ini.

Alamat: Desa Bajomulyo rt/rw 2/2, Growong Lor, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

5. Waduk Gunung Rowo Pati

Waduk Gunung Rowo Pati via @daniadip

Waduk Gunung Rowo Pati via @daniadip

Obyek wisata yang satu ini menawarkan wisata sejarah karena waduk ini merupakan salah satu peninggalan Belanda yang hingga saat ini masih terawat dengan baik. Waduk Gunung Rowo Pati berada di Desa Situluhur, Gembong, Pati.

Saat berada di waduk ini wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan hijau dari Gunung Muria yang berada di sebelah timur waduk.

Sebetulnya pembangunan waduk ini bertujuan untuk irigasi sawah-sawah di sekitarnya. Namun ternyata keindahan pemandangan di sekitar waduk juga tak kalah indahnya sehingga menjadikan waduk ini semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Alamat: Desa Situluhur, Gembong, Pati

6. Waduk Seloromo

Waduk Seloromo via @Punji_khansa

Waduk Seloromo via @Punji_khansa

Sebetulnya pembangunan waduk ini bertujuan sebagai sarana irigasi namun justru semakin menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Lokasi Waduk Seloromo juga tidak begitu jauh dari Waduk Gunung Rowo Jati dengan keindahan pemandangan di sekitaran waduk yang boleh diadu.

Sudah banyak fotografer yang datang ke waduk ini untuk mengambil gambar spot-spot terbaik yang akan diabadikan.  Namun biasanya masyarakat yang datang ke waduk ini ingin sekedar bersantai untuk melepas penat.

Lokasi: Desa Gembong, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

7. Pati Night Carnival

Pati Night Carnival

Pati Night Carnival

Pati Night Carnival merupakan salah satu destinasi wisata yang biasanya diselenggarakan secara rutin sebagai event tahunan di Kabupaten Pati. Acara ini meruopakan wisata malam dengan tema yang berbeda setiap tahunnya.

Biasanya para peserta Pati Night Carnival ini akan memakai kostum yang unik dan menarik perhatian. Bahkan berbagai jenis konstum juga dipamerkan sambil melakukan atraksi teatrikal atau seni tari. Event ini dijamin akan sangat menghibur masyarakat maupun wisatawan yang hadir sehingga tak heran bila Pati Night Carnival ini selalu dinantikan setiap tahunnya.

8. Juwana Water Fantasy

Juwana Water Fantasy via @ainunaim26

Juwana Water Fantasy via @ainunaim26

Tempat wisata yang satu ini merupakan destinasi wisata keluarga yang memiliki tema waterboom atau wisata air. Untuk bentuk bangunan Juwana Water Fantasy diperoleh dari Tembok Benteng di Eropa sehingga menghasilkan desain bangunan yang unik dan megah.

Juwana Water Fantasy berada di Jalan Juwana Rembang KM 7, Bumimulyo, Pati. Tidak hanya menyediakan kolam renang yang seru untuk anak-anak dan orang dewasa, Juwana Water Fantasy juga menawarkan berbagai wahana permaina yang jumlahnya sekitar 35 wahana.

Bahkan jumlah wahana permainan tersebut diperkirakan juga akan terus bertambah. Dengan banyaknya permainan air maupun darat membuat waterboom ini mampu mewujdukan fantasi anda yang mungkin selama ini masih terpendam. Juwana Water Fantasy ini didirikan di atas lahan seluas 5 hektar dan sangat cocok untuk mengisis liburan akhir pekan.

Alamat: Jl. Juwana Rembang KM 7, Bumimulyo, Batangan, Bumimulyo, Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

9. Klating Pucakwangi

Klating Pucakwangi

Klating Pucakwangi

Obyek wisata ini merupakan Sungai yang berada di Kecamatan Pucakwangi, Pati. Sungai Klating  menawarkan keindahan yang menjadikan sungai ini sering menjadi lokasi berfoto. Tentunya Sungai ini menawarkan keunikan sehingga membuatnya berbeda dengan sungia-sungai pada umumnya.

Keunikan Sungai Klating tersebut diantaranya terdapat undakan sehingga membuat aliran air seolah bagaikan air terjun yang bertingkat. Selain itu, lokasi sungai ini berada di kawasan dataran tinggi dan berbeda dari sungai-sungai yang kebanyakan berada di kawasan dataran rendah.

Alamat: Desa Mojoagung Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, Jawa Tengah

10. Kebun Kopi Jolong

Kebun Kopi Jolong via Netizenia

Kebun Kopi Jolong via Netizenia.com

Bagi anda yang gemar minum kopi maka jangan sampai lewatkan untuk mampir ke Kebun Kopi Jolong. Dimana kebun kopi tersebut kini memang menjadi destinasi wisata yang populer di Pati.

Karenanya lokasinya berada di Desa Jolong maka nama kebun kopi ini adalah Kebun Kopi Jolong. Tidak hanya sebagai kebun dan destinasi wisata, kebun kopi ini juga mejadi sentra penghasil kopi terbesar di Pati. Lokasinya yang berada di jajaran Gunung Muria maka tak heran bila kebun kopi ini masih sangat alami dan jauh dari polusi.

Hamparan kebun kopi yang hijau serta dipadu udara yang sejuk memang sangatlah tepat jika kebun kopi Jolong dijadikan sebagai lokasi wisata.

11. Situs Bersejarah Candi Kayen

Situs Bersejarah Candi Kayen via Tribunnews

Situs Bersejarah Candi Kayen via Tribunnews.com

Tempat wisata Candi Kayen merupakan tempat wisata yang menawarkan banyak nilai sejarah serta edukasi. Tak heran bila Candi ini juga menjadi cagar budaya Pati. Lokasi situs bersejarah Candi Kayen terletak di tengah persawahan namun sekitarnya tidak begitu padat penduduk.

Perlu anda ketahui bahwa situs ini diperkirakan adalah peninggalan leluhur dari zaman Hindu-Budha kuno. Setiap tahunnya Candi Kayen juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru.

Alamat: Buloh, Kayen, Sering, Sumbersari, Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

12. Goa Wareh

Goa Wareh

Goa Wareh

Goa Wareh berada di dekat pegunungan sehingga menjadikan tempat wisata yang satu ini sangat sayang bila terlewatkan. Goa Wareh berada sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Pati sehingga sangat mudah dikunjungi. Goa ini memang cukup kecil dan memiliki panjang sekitar 200 meter saja.

Goa ini juga memiliki air mengalir yang biasanya dimanfaatkan oleh warga setempat. Meskipun goa ini memiliki ukura yang kecil namun siapa sangka jika keindahan dan mitos dari goa ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Alamat: Kedumulyo, Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

13. Sendang Sani Pati

Sendang Sani Pati via Lihat

Sendang Sani Pati via Lihat.co.id

Sendang Sani Pati adalah ikon kebanggaan Kabupaten Pati yang biasanya selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sebetulnya Sendang Sani Pati ini adalah sendang kecil atau kolam yang bisa mengeluarkan air secara terus menerus. Konon di kolam ini terdapat seekor bulus yang usianya sudah ratusan tahun.

Bulus merupakan hewan yang mirip kura-kura namun ukuran kecil. Tidak jauh dari Sendang Sani, terdapat kolam renang yang sudah dikelola dengan baik sehingga dijamin akan membuat wisatawan semakin betah.

Alamat: Sani, Tamansari, Bongsri, Tamansari, Kec. Pati, Kabupaten Pati

14. Air Terjun Grenjengan Jolong

Air Terjun Grenjengan Jolong via Lihat

Air Terjun Grenjengan Jolong via Lihat.co.id

Air Terjun Grenengan Jolong berada tak jauh dari Kebun Kopi Jolong. Dimana lokasi air terjun ini memang sangat menawan sehingga tak heran bila sering dikunjungi wisatawan. Lokasi Air Terjun Grenjengan Jolong berada di sekitar alam yang alami dan hijau serta menawarkan udara yang masih bersih.

Dengan keasrian yang selalu terjaga dari waktu ke waktu maka tak heran bila ir Terjun Grenjengan disebut-sebut sebagai tempat wisata yang paling indah di Pati.

Alamat: Area Hutan, Sitiluhur, Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

15. Air Terjun Tadah Hujan Pati

Air Terjun Tadah Hujan Pati via @potretnusantara

Air Terjun Tadah Hujan Pati via @potretnusantara

Pati merupakan wilayah yang berada di kawasan dataran tinggi dan pegunungan sehingga tak heran bila Pati menawarkan tempat-tempat wisata yang sangat indah termasuk salah satunya Air Terjun Tadah Hujan. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 75 meter serta cenderung sepi pengunjung.

Bagi anda yang sedang mencari suasana yang tenang untuk melepas maka air  terjun ini merupakan pilihan yang tepat. Selain itu pemandangan alam di sekitar air terjun memang masih terasa alami dan asri sehingga begitu memanjakan mata. Tak lupa pula air dari air terjun ini juga sangat jernih dan terasa dingin saat menyentuh kulit.

Alamat: Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Pati

16. Makam Syekh Mutamakkin

Makam Syekh Mutamakkin via Berberita

Makam Syekh Mutamakkin via Berberita.com

Makam yang berada di Desa Kajen, Mergoyoso, Pati merupakan makam seorang ulama yang cukup berpengaruh di Indonesia. Tak heran bila makam ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang cukup populer di Pati.

Bahkan setiap bulannya jumlah pengunjung makam Syekh Mutamakkin ini diperkirakan mencapai 500 ribu orang yang datang untuk berziarah. Tentunya makam ini memiliki daya tarik berupa legenda, sejarah hingga mitos yang berkembang di dalam masyarakat yang berkaitan dengan makam tersebut.

Alamat: Desa Kajen, Mergoyoso, Pati

17. Makam Syekh Jangkung Saridin

Makam Syekh Jangkung Saridin via Sindonews

Makam Syekh Jangkung Saridin via Sindonews.com

Tidak hanya makam Syekh Mutamakkin saja yang ramai dikunjungi wisatawan untuk berziarah namun juga makam Syekh Jangkung Saridin. Makam yang terletak di Dukuh Landoh, Kayen, Pati ini memang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata religi di Pati.

Sebab sosok Syekh Jangkung Saridin merupakan sosok wali yang berasal dari Pati Selatan dan cukup terkenal. Tak heran bila sosok Syekh Jangkung Saridin ini sering menadi topik pembicaraan berbagai kalangan. Melihat pentingnya peran Syekh Jangkung Saridin dalam penyebaran agama di Pati maka tak heran bila makam Syekh Jangkung Saridin selalu ramai para peziarah.

Alamat: Dukuh Landoh, Kayen, Pati

18. Wisata Industri PT. Dua Kelinci

Wisata Industri PT. Dua Kelinci via duakelinci.co.id

Wisata Industri PT. Dua Kelinci via duakelinci.co.id

PT. Dua Kelinci selama ini memang sudah sangat terkenal dengan berbagai produk makanan yang banyak beredar di pasaran. Bagi anda yang ingin tahu lebih jauh tentang proses produksi berbagai jenis produk camilan dari PT. Dua Kelinci maka silakan datang ke wisata industri PT. Dua Kelinci.

Selama ini Pati memang dikenal dengan produk camilan kacangnya. Tak heran bila kini anda menyempatkan waktu untuk berkunjung ke pabrik pembuatan camilan kacang milik PT. Dua Kelinci. Dengan mengikuti wisasaWisata Industri PT. Dua Kelinci via duakelinci.co.id industri maka anda bisa memperoleh informasi seputar proses pembuatan produk camilan kacang yang biasanya sering anda konsumsi.

Alamat: Jl. Raya Pati – Kudus No.Km. 6,3, Lumpur, Bumirejo, Margorejo, Kabupaten Pati

19. Desa Wisata Pemancingan Talun

Desa Wisata Pemancingan Talun via Youtube

Desa Wisata Pemancingan Talun via Youtube.com

Pati memang menawarkan berbagai obyek wisata menarik termasuk salah satunya adalah Desa Wisata Pemancingan Talun. Obyek wistaa ini berada di Desa Talun, Kayen, Pati. Uniknya desa ini memang sengaja diubah menjadi tempat pemancingan dan dilengkapi rumah makan sederhana.

Konsep yang unik dari tempat wisata yang satu ini nyatanya memang mencui perhatian anyak orang baik yang berasal dari wilayah Pati maupun luar Pati. Saat berada di Desa Wisata Pemancingan Talun ini, wisatawan bisa menikmati sajian makanan sambil memancing sehingga menjadi aktivitas wisata yang sangat berkesan,

Alamat: Jalan Desa Wisata, Talun, Kayen, Tambak, Talun, Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

20. Pintu Gerbang Majapahit

Pintu Gerbang Majapahit via kawasanpati.blogspot

Pintu Gerbang Majapahit via kawasanpati.blogspot.com

Tempat wisata di Pati yang satu ini memang sangat unik karena merupakan bagian dari peninggalan kerjaaan Majapahit di masa lampau. Obyek wisata yang terletak di Dukuh Relonde, Muktiharjo, Margorejo, Pati ini menyajikan pintu gerbang yang dipercaya merupakan peninggalan putra Sunan Muria pada zaman Majapahit.

Tentunya Pintu Gerbang Majapahit ini bisa menjadi destinasi wisata sejarah dan edukasi yang bisa menambah pengalaman maupun wawasan anda. Dengan berkunjung ke tempat wisata ini anda juga bisa belajar mengenai legenda atau mitos pintu gerbang Majapahit.

Namun masih ada beberapa pihak yang meragukan apakah pintu gerbang tersebut memang peninggalan Kerajaan Majapahit karena belum dilakukan uji karbon.

Alamat: Rendole Indah, Muktiharjo, Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

21. Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri

Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri via klikmobilez.blogspot

Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri via klikmobilez.blogspot.com

Pati seolah memang tak ada habisnya menyajikan wisata sejarah bagi wisatawan dari berbagai penjuru. Salah satu obyek wisata sejarah tersebut adalah Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri. Banyak masyarakat yang mempercayai bahwa petilasan ini merupakan yang pertama kali dibangun.

Tentunya petilasan ini juga tak bisa terlepas dari unsur mistis serta berbagai mitos yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat Pati. Untuk membuktikan secara langsung nilai sejarah maupun mitos di petilasan ini maka jangan sampai lewatkan berkunjung ke Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri saat berada di Pati.

Alamat: Dukuh Kemiri, Desa Sarirejo, Kecamatan Pati Kota

22. Goa Pancur

Goa Pancur via @yuswoekam

Goa Pancur via @yuswoekam

Goa Pancur merupakan obyek wisata alam yang berada di Desa Jimbaran, Kayen, Pati. Saat berkunjung ke Goa Pancur maka jangan sampai lewatkan untuk mengikuti aktivitas susur goa yang sudah cukup terkenal di Pati.

Bahkan susur goa tersebut akan terasa sangat menantang karena kedalaman goa yang mencapai belasan kilometer. Untuk para pencinta alam sebaiknya jangan sampai melewatkan momen seru berkunjung ke Goa Pancur sambil susur goa.

Alamat: Jimbaran, Kayen, Jimbaran, Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

23. Lorodan Semar

Lorodan Semar via @tulus_bayu

Lorodan Semar via @tulus_bayu

Tempat wisata di kawasan Pati yang satu ini menawarkan wisata alam yang mirip prosotan di Waterboom. Saat berkunjung ke Lorodan Semar, pengunjung bisa bebas bermain air sambil bermain lorodan seperti saat berada di waterboom. Bedanya lorodan ini terbentuk secara alami oleh alam sehingga akan memberikan keseruan yang berbeda.

Alamat: Desa Sumbersari Kecamatan Kayen Kabupaten Pati.

24. Kran Air Raksasa Melayang

Kran Air Raksasa Melayang via Youtube

Kran Air Raksasa Melayang via Youtube.com

Perlu anda ketahui bahwa selama ini Pati disebut sebagi Kota Seribu Paranormal. Namun sebutan tersebut bukanla omong kosong semata. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya sebuah ikon Kota Pati yang berupa Kran Melayang di Pinggir Kota. Adanya Kran Air Raksasa tersebut bukan merupakan hasil sihir namun berasal dari impelemntasi ilmu terapan yang memesona.

Alamat: Jalan Pantura Pati-Kudus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia

25. Vihara Gunung Wungkul

Vihara Gunungwungkal via Youtube

Vihara Gunungwungkal via Youtube.com

Kabupaten Pati juga memiliki wisata religi yang cukup unik dan lengkap termasuk salah satunya adalah Vihara Gunung Wungkul. Vihara yang juga disebut dengan Vihara Saddaghiri ini adalah vihara yang termegah di Pati.

Dimana lokasi Vihara ini berada di pedalaman namun hal tersebut sama sekali tidak menyurutkan minat wisatawan untuk mendatanginya. Desain bangunan vihara ini juga sangat unik sehingga menjadi dayatarik tersendiri terutama bagi pencinta fotografi.

Alamat: Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Pati, Jawa Tengah

26. Bumi Perkemahan Regaloh

Bumi Perkemahan Regaloh via @arif_107

Bumi Perkemahan Regaloh via @arif_107

Tempat wisata di kawasan Pati yang satu ini merupakan bumi perkemahan yang menawarkan suasana yang khas hutan serta terdapat banyak pepohonan. Sesuai dengan namanya, lokasi ini sering digunakan sebagai tempat untuk camping dan kemah.

Sedangkan untuk hari-hari biasa, kawasan ini sering dijadikan sebagai tempat nongkrong anak-anak muda maupun warga Pati. Bumi perkemahan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik mulai dari gazebo, fling fox, ayunan dan lain sebagainya. Selain itu di kawasan ini juga terdapat lokasi budidaya ulat sutera yang banyak menarik minat pengunjung.

Tempat liburan seru di Pati ini dikelola oleh perum perhutani dan diperbolehkan untuk setiap pengunjungnya berkemah dengan hanya membayar Rp. 3000,-

Alamat: Regaloh, Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59161

27. Air Terjun Selonatah

Air Terjun Selonatah

Air Terjun Selonatah

Air terjun yang satu ini juga sering disebut sebagai Air Terjun Grudo yang tak lain adalah air terjun 5 deret yang berada di Kabupaten Pati.

Awalnya air terjun ini belum banyak dikenal wisatawan namun semenjak diunggah di media sosial maka semakin banyak wisatawan yang tahu keberadaan Air Terjun Selonatah ini.

Untuk menuju ke air terjun ini, wisatawan bisa melewati jalan dengan jalur yang sudah ccukup bagus. Namun untuk bisa tiba di lokasi air terjun, biasanya harus melakukan perjalanan melalui kebun jagung masyarakat setempat.

Saat tiba di Air Terjun Selonatah, wisatawan akan disambut oleh suara gemercik air yang jatuh dari ketinggian. Tak perlu khawatir karena air terjun ini cukup aman untuk bermain air maupun berenang.

Air terjun yang masih tersembunyi ini hanya berjarak 35 km saja dari pusat Kota Pati lo. Jadi tidak terlalu jauh.Buat anda yang penasaran ingin mengunjungi air terjun Selonatah ini silahkan ambil rute menuju arah ke Kecamatan Tambakromo, setelah sampai pertigaan Tambakromo (Setelah Pasar Tambakromo) belok kiri menyusuri Desa Keben, Desa Larangan, Desa Maitan. Anda harus sedikit bersabar karena jalan berikutnya kurang mulus alias terjal.

Karena akses jalan yang belum memadai, untuk anda yang mengendarai roda 4, kendaraan anda mesti diparkirkan di pemukiman penduduk, kemudian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Alamat: Dukuh Selonatah Desa Gunungpanti Kecamatan Winong Kabupaten Pati.

28. Air Terjun Tretes Tlogowungu

Air Terjun Tretes Tlogowungu via Wisat4dieng.blogspot.com

Air Terjun Tretes Tlogowungu via Wisat4dieng.blogspot.com

Air terjun ini berada di Kecamatan Tlogowungu, Pati dan menawarkan air terjun yang masih sangat alami. Air terjun yang berada di lereng Gunung Muria ini memang masih jarang dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang cukup jauh dari perkampungan.

Meskipun begitu air terjun ini menawarkan pemandangan yang sangat inah berupa du kelompok air terjun kecil yang diberi nama Tretes yang berada di sebelah bawah sisi sungai. Sedangkan air terjun kedua diberi nama Jenar dan berada di sebelah atas dan ukuran lebih besar dari Tretes.

Suasana di sekitar air terjun masih terasa asri dan tampak aliran sungai yang begitu jernih. Bahkan tak jauh dari kawasan air terjun ini juga terdapat hutan pinus yang tampak rindang.

29. Haul Sunan Prawoto

Obyek wisata yang satu ini merupakan sebuah makam dari Sunan Prawoto yang juga dikenal dengan nama Raden Bagus Mukmin. Lokasi makam ini berada di Desa Prawoto, Sukolio, Pati. Tepatnya lokasi makam ini masih berdekatan dengan Kabupaten Kudu dan Grobogan.

Meskipun tidak berbeda dari makam para tokoh agama lainnya, di makam ini biasanya dilaksanakan haul. Dengan demikian makam ini tidak hanya menjadi destinasi wisata sejarah saja tetapi juga tempat untuk melaksanakan haul sebagai bagian dari kebudayaan setempat.

Haul Sunan Praowot dilaksanakan setiap tahunnya dan biasanya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai wilayah. Bahkan menurut data yang diperoleh, sekitar 15ribu orang datang ke acara haul tersebut.

30. Hutan Kota Kalidoro

Hutan Kota Kalidoro ia @wahyu_irma

Hutan Kota Kalidoro ia @wahyu_irma

Hutan Kota Kalidoro bisa menjadi lokasi yang asyik untuk bersantai di Pati. Sebab di kawasan hutan kota ini terdapat berbagai jenis tanaman yang tumbuh subur dan rindang.

Terdapat pula taman yang tertata rapi serta berbagai fasilitas seperti gazebo sehingga membuat pengunjung merasa betah dan nyaman. Biasanya saat akhir pekan atau hari libur, banyak keluarga yang terlihat berkunjung di hutan kota sebagai wisata murah dan nyaman di Pati.

Alamat: No., Jl. Kembang Joyo No.33, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59117

31. Air Terjun Grenjengan Sewu

Air Terjun Grenjengan Sewu iva @syukajib

Air Terjun Grenjengan Sewu iva @syukajib

Tempat wisata di Pati selanjutnya adalah wisata alam air terjun grenjengan sewu yang menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan air terjun tadah hujan.

Air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Pati karena lokasinya tidak jauh dari pusat kota Pati. Kita hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja untuk bisa sampai kesini.

Sampai tulisan ini dimuat, air terjun ini masih belum terkelola secara maksimal oleh pemerintah sekitar, semoga ke depannya akan semakin banyak lagi fasilitas dan prasarana untuk melengkapi liburan kita kesini ya.

Lokasi: Desa Jrahi, Kecamatan Gunung Wungkal, Kabupaten Pati

32. Bukit Pandang Duren Sawit

Bukit Pandang Duren Sawit via Tribunwisata

Bukit Pandang Duren Sawit via Tribunwisata.com

Alamat: Duren sawit duren sawit, Jl. Sumbersari Kayen, Jrambah, Durensawit, Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

33. Hutan Pinus Pangonan

Hutan Pinus Pangonan

Hutan Pinus Pangonan.com

Alamat: Area Hutan Dan Pegunungan, Gunungsari, Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

34. Sego Gandul

Sego Gandul via Perutgendut

Sego Gandul via Perutgendut.com

Setelah capek keliling Pati, kini saatnya kita isi perut yang sudah mulai keroncongan ya. Nah, jika anda mencari kuliner khas Pati, maka sego gandul adalah rekomendasi yang pertama.

Namanya lucu ya, nasi gantung. Sego gandul sendiri hanya sebutan masyarakat Pati, mengenai artinya sendiri bisa kita tanyakan sama yang menjual ya. Hehehe.

Nasi yang terkenal enak ini menawarkan berbagai macam lauk serta rasa kuah yang menjadi pelengkapnya. Nah, lauk yang biasa disajikan dalam Sego Gandul ini sendiri di antaranya seperti empal atau daging sapi.

Tidak heran, nasi ini begitu digemari oleh masyarakat lokal dan siapapun yang pernah mencobanya. Rasanya khas dan unik membuat setiap orang mencicipinya akan langsung jatuh hati. Anda bisa menjumpai dengan mudah penjual nasi gandul ini kalau jalan-jala ke Pati.

35. Sego Tewel Tambak Romo

Sego Tewel Tambak Romo via @hanalara

Sego Tewel Tambak Romo via @hanalara

Nah, kuliner khas Pati yang kedua yang tidak boleh anda lewatkan juga adalah sego tewet tambak romo yang sangat sederhana namun rasanya nendang.

Sego tewet tambak rejo ini disajikan diatas piring beralaskan daun jati, diguyur sayur tewel (sayur nangka muda), dan tempe goreng hangat sebagai lauk pendampingnya.

Meskipun sederhana dan tidak terlalu meriah, tapi kuliner asli Pati yang satu ini begitu diminati oleh masyarakat lokal lho, jadi kamu mesti cobain juga.

Kalau kamu berminat, silahkan datang saja ke Desa Ngerang, Kecamatan Tambak Romo Pati. Mengenai harga sangat ramah di kantong lo, cukup dengan Rp. 4.000 plus tempe goreng Rp. 500.

*****

Itulah tadi penjelasan mengenai rekomendasi tempat wisata di Pati yang cocok untuk destinasi traveling. Melalui penjelasan di atas kini anda tak perlu bingung lagi bila ingin berlibur di kawasan Jawa Tengah. Sebab Pati menawarkan berbagai obyek wisata terbaik dan terlengkap untuk liburan yang seru dan tak terlupakan.

Jangan lewatkan juga: 42 Objek Wisata di Pekalongan Jawa Tengah

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!