Liburan Seru ke Taman Budaya Sentul City

Siapa yang tidak kenal wisata di Kawasan Bogor? Kawasan yang dikenal dengan udara dingin nan asrinya ini memiliki sederet wisata alam yang sayang apabila tidak dicoba. Salah satunya adalah Taman Budaya Sentul City Bogor.

Taman ini tertelak 61 kilometer dari pusat kota Jakarta dan memiliki hamparan pemandangan 4 gunung, yaitu Gunung Pancar, Gunung Salak, Gunung Gede dan Gunung Geulis. Luasnya mencapai 6 hektar dan sering dijadikan rujukan tempat melepas penat. Penasaran? Yuk kenali kawasan ini lebih dalam!

Peta Wisata Taman Budaya via Tamanbudaya

Peta Wisata Taman Budaya via Tamanbudaya

Luasnya Mencapai Ribuan Meter Persegi

Taman Budaya telah berdiri sejak 1994 dibawah manajemen PT. Gunung Geulis Elok Abadi. Hebatnya, Taman ini memiliki area seluas 3000 m2 hanya untuk lapangan dengan daya tamping hingga 2000 orang. Tentunya lapangan tersebut dapat digunakan untuk banyak kegiatan, misalnya gathering, pesta, community outing, launching produk, hingga bazar.

Lokasi, Rute, dan Cara Menempuh ke Taman Budaya

Letaknya ada di timur Kota Bogor dan hanya ditempuh selama 30 menit dari Jakarta. Lebih tepatnya yaitu ada di Jl. Siliwangi No. 1, Sentul City.

Untuk kesana, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Keduanya sama-sama nyaman karena jalannya yang lebar dan beraspal. Apalagi di sepanjang jalan terdapat pohon-pohon tinggi nan rindang dengan trotoar bersih dilengkapi jalur pesepeda. Layaknya luar negeri, bukan?

Jika kamu dari arah Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi, maka baiknya akses jalan melalui Tol Jagorawi karena letak Taman Budaya tak jauh dari pintu keluar Tol Sentul Selatan. Tapi jika kamu memakai kendaraan umum, misalkan kereta, maka turun di stasiun Bogor dan langsung menuju Botani Square. Selanjutnya, ambil Trans Pakuan hingga Bellanova Country Mall untuk berakhir di Bukit Sentul.

Kunjungi juga yuk: 15 Kolam Renang di Bogor yang Seru Buat Main Air

Harga Tiket yang Bervariasi per Wahana

Meski masuknya ke Taman Budaya gratis, namun pengunjung harus membayar untuk mencoba berbagai wahana. Tapi tenang saja… karena biaya yang dikeluarkan relatif murah dan sebanding dengan pengalaman serta keseruan yang akan didapat.

Disediakan pula paket-paket wisata untuk memudahkan pengunjung, yaitu :

  • Outbound Kids Package, dihargai sebesar Rp 270.000 dan diisi dengan 11 games outbound, makan siang, suvenir, serta instruktur dan asuransi
  • Smart Kids Package, dihargai sebesar Rp 350.000 dan diisi dengan Outbound kids, instruktur, pilihan program (bisa clay making, batik, t-shirt atau painting), welcome drink, dan makan siang
  • Kids Army, dihargai sekitar Rp 250.000 dengan isian paket berupa Program Kids Army, T-shirt Kids Army, makan siang, welcome drink, medali dan instruktur
  • Outbound Adults Package, dihargai sebesar Rp 350.000 dengan 7 games outbound, giant swing, makan siang, coffebreak, instruktur dan asuransi
  • Paintball Package, dihargai sebesar Rp 500.000, diisi kegiatan berupa Paintball dengan 50 peluru, outbound, instruktur, asuransi, lunch buffet, serta coffee break 2 kali
  • Trekking Package, dihargai sebesar Rp 350.000 dengan petualangan menuju rimba pinus atau air terjun, instruktur, welcome drink, makan siang, dan asuransi
  • Wisata Budaya, dihargai sekitar Rp 200.000 dan diisi dengan Permainan Tradisional dan Flying Fox, melukis layang-layang/membatik, membuat wayang dari batang singkong, makan siang satu kali dan welcome drink, instruktur, serta membuat belalang dari janur
  • Camping Package, dihargai sebesar Rp 450.000 dengan paket berupa tent & camping equipment, makanan 4 kali, outbound, permainan seru, coffee break 2 kali, api unggun, serta instruktur
  • Team Building Package, dihargai sebesar Rp 370.000 dan diisi kegiatan Team Building Program serta Flying Fox, instruktur, coffee break 2 kali, asuransi, lunch buffet, hingga sertifikat
  • Outing Corporate, dihargai sebesar Rp 370.000, dengan kegiatan berupa Permainan seru serta flying fox, coffee break 2 kali, lunch buffet, dan instruktur

*Harga Bisa Berubah Sewaktu-waktu

Berbagai Wahana di Taman Budaya

Taman Budaya merupakan kawasan wisata alam yang memang ditujukan untuk kegiatan edukasi berbasis wisata. Untuk itu, tidak heran jika disana terdapat 4 zona yaitu Adventure Center, Green Center, Culture Center dan Facility Center.

Atraksi Outbond di Taman Budaya

Atraksi Outbond di Taman Budaya

Di dalam Adventure Center, pengunjung diajak menikmati keseruan outbond high ropes, trekking, paintball, dan permainan seru lain. Konon, peralatan outbond di dalam Taman ini merupakan yang paling besar dan terlengkap di Indonesia.

Biasanya, orang dewasa menggemari vertical playvent, Zig Zag Log Step, Buma Bridge, Giant Swing sebagai wahana yang menantang adrenalin. Sementara untuk anak, biasanya wahana gladiator ring, log swing, dan balance beam sering dijadikan pilihan.

Selain untuk outbond, Taman ini juga dibuat untuk meningkatkan kerjasama tim sehingga disana terdapat satu permainan seru yaitu Paintball. Permainan ini membutuhkan kekompakan serta kerja sama tim yang baik untuk dimenangkan.

Paintball Taman Budaya Sentul

Paintball Taman Budaya Sentul

Pastinya wahana ini sangat cocok jika dilakukan untuk acara kantor atau sekolah. Setelahnya, pengunjung bisa menikmati nuansa malam dengan api unggun dan jagung bakar di tenda.

Bagi anda yang menyukai trekking, hal wajib yang harus dicoba adalah perjalanan melihat desa-desa tradisional, perkebunan dan persawahan hijau, serta pemandangan air terjun Gunung Pancar. Setelahnya, pengunjung juga akan diajak seolah berpiknik dengan santap siang di air terjun tersebut ditemani rindang rimba pinus disana.

Jika ada yang menyukai kegiatan bertema kerajinan, jangan khawatir karena disana juga disediakan. Misalnya kegiatan cly making dan cly creation, membatik, serta melukis. Media kreasinya pun bermacam-macam, mulai dari lampion, t-shirt, tas, hingga layang-layang.

Atraksi Outbond di Taman Budaya

Atraksi Outbond di Taman Budaya

Ada satu keseruan yang tidak setiap orang bisa nikmati disana. Yaitu tatkala lapangan Taman ini tidak digunakan untuk acara, maka banyak orang akan menggunakannya untuk bermain layangan. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan jika waktu berkunjung bertepatan dengan event besar. Di dekatnya, terdapat banyak sekali penjual layangan yang dihargai mulai Rp 25.000. Uniknya, ukuran layangan ini sangat besar dan berbentuk macam-macam. Ada karakter kupu-kupu dan banyak hewan lainnya.

Bagi yang ingin menambah ilmu pengetahuan tentang pertanian, di dalam Taman Sentul ini juga disediakan wahana agro sawah, wahana ternak, dan wahana pendidikan alam. Di dalam wahana-wahana tersebut kita akan diajarkan cara bertani yaitu mulai dari membajak, menanam padi, dan memeliharanya.

Kita juga akan diajari memelihara dan memerah susu hewan ternak. Bahkan kita juga akan diajarkan memetik tanaman dan menumbuk padi. Ada satu wahana yang sangat disukai anak-anak, yaitu permainan angklung, tari tradisional, permainan bakiak, egrang, dan congklak.

Food Court, Fasilitas Lain, dan Souvenir Di Taman Budaya

Jangan takut kelaparan disana karena terdapat aneka tempat seperti Kopi Oey, Restoran Pancarsari, dan Food Court untuk meredakan dahaga serta rasa laparmu. Makanan yang ada juga sangat lengkap layaknya di daerah perkotaan. Dan meski ada di daerah wisata, namun harga yang dipatok untuk makanan dan minuman ini sangatlah wajar. Misalnya harga satu porsi mie ayam bakso hanya sekitar Rp 15.000 saja.

Bagi yang ingin membawa oleh-oleh, disana juga disiapkan bazzar yang banyak menjual produk busana dan perhiasan serta souvenir khas Taman Budaya. Wah, lengkap bukan?

Foodcourt Taman Budaya Sentul

Foodcourt Taman Budaya Sentul

Penginapan Nyaman Juga Ada Disana

Bagi yang ingin menginap, di sekitar kawasan wisata tersebut juga terdapat penginapan. Salah satunya adalah Hotel Neo. Uniknya, hotel ini terhubung langsung dengan Taman Budaya. Jadi meski dari luar terlihat tidak satu tempat, namun ternyata bagian dalamnya menyatu.

Penginapan di Taman Budaya Sentul

Penginapan di Taman Budaya Sentul

Hotel ini sangat pas bagi kamu yang menyukai konsep Green Roof dengan gaya natural dan modern. Kamu juga bisa berenang disana bersama keluarga karena terdapat kolam renang dewasa dan anak. Asyiknya harga yang dibanderol tidak begitu menjebolkan kantong karena harga kamar per malamnya sekitar 600 ribuan saja.

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Objek Wisata Curug Cigamea Bogor

Wisata Lain di Dekat Taman Budaya

Jika kamu ingin mengunjungi wisata lain di sekitar Taman, maka tidak perlu jauh-jauh karena di Sentul banyak sekali objek wisata yang wajib dikunjungi. Misalnya Kuntum Farmfield di Jalan Raya Tajur. Area ini merupakan agrowisata perpaduan peternakan, perikanan, perkebunan, dan pertanian berbasis organik.

Ada pula Jungleland Adventure Theme Park, Air Terjun Bidadari, Pasar Ah Poong, Hutan Pinus Gunung Pancar, Alam Fantasia, Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Science Garden, dan sebagainya.

Cek juga yuk: Update Harga Tiket Masuk Taman Safari Cisarua Bogor

Bagaimana? Tertarik untuk sejenak pergi dari riuhnya perkotaan dan menikmati hari yang damai di Sentul? Jika iya, maka pilihan berlibur di Taman Budaya sangat cocok  untuk menghabiskan hari liburanmu.

Selain mudah dijangkau, liburanmu dengan keluarga juga akan bermanfaat karena adanya wisata edukasi disana. Tunggu apalagi? Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang!

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Keluarga Taman Buah Mekarsari Bogor

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!