Wisata Alam Gua Cerme Bantul Yogyakarta

Gua Cerme terletak di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Gua cerme tidak sama dengan gua – gua pada umumnya di Jogja, gua ini memiliki keunikan tersendiri yang akan membawamu pada petualangan baru yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Keunikan gua ini akan terasa ketika kamu menyusuri lorong – demi lorong gua cerme dimana kamu akan berjalan  melawan arus sungai.  

Memang di kabupaten Bantul ada banyak sekali tempat wisata alam yang berupa gua menarik dan masih sangat alami. Kebanyakan gua disana memiliki akses jalan di lorong – lorongnya berupa tanah, yang sebagian jalannya licin karena terkena tetesan air dari atas.

Suasana berbeda akan kamu rasakan ditempat ini. Kamu akan berwisata alam di gua cerme sambil basah – basahan. Aliran air sungai di sepanjang jalan di lorong – lorong gua cerme memaksa kamu harus bermain air.

Namun siapa sangka banyak wisatawan yang tertarik dan datang karena ingin merasakan sendiri sensasi  menyusuri sungai sambil berendam dibawah guyuran air terjun yang berada di perut bumi. Hal ini akan menjadi sesuatu yang istimewa karena tidak bisa kamu rasakan ditempat lain.

Nah tunggu apa lagi? Bagi anda yang merencanakan liburan kali ini bersama keluarga dan teman terdekat kami rekomendasikan mengunjungi kota Jogja dan rasakan sendiri sensasi bermain air di dalam perut bumi di gua cerme ini, sambil menikmati wisata kuliner khas Jogja yang sangat terkenal yaitu gudeg.

Gua Cerme via semestasenyawa.blogspot.co.id

Gua Cerme via semestasenyawa.blogspot.co.id

Sejarah Singkat Gua Cerme

Gua cerme bukan hanya menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan yang membuat kita ingin berlama – lama berada disana, namun gua cerme juga menyimpan sejarah yang cukup menarik. Dahulu pada masa kepemimpinan wali songo di tanah jawa, gua ini kerap kali dikunjungi para wali songo.

Para wali tersebut datang untuk berkumpul dan bermusyawarah dan mencari strategi dakwah. Goa cerme dipilih karena letaknya yang terpencil sehingga kemungkinan diketahui mata – mata penjajah juga sangat kecil. Maka dari itulah para wali menyusun penyebaran dakwah dari tempat ini.

Gua cerme yang menjadi markas para wali untuk menyusun rencana dakwah ternyata bukan sampai disitu saja, ada sejarah lain ditempat ini. Dahulu ketika pangeran Diponegoro melarikan diri dari penjajahan bangsa Belanda, beliau bersembunyi di tempat ini. Selain itu masih banyak lagi ceria dari gua cerme ini yang nantinya akan dijelaskan oleh pemandu wisata.

Loading...

Kunjungi juga: Objek Wisata Goa Gajah Bantul

Lokasi Gua Cerme yang Strategis

Tahukah anda biasanya lokasi wisata itu hanya berada di satu daerah saja, namun berbeda dengan gua cerme ini yang terletak di dua wilayah pemerintahan. Sebab secara administrasi gua ini berada di dua wilayah pemerintahan.

Dengan kondisi mulut gua berada di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk wilayah kedua yaitu pintu keluar gua cerme berada di kawasan Dusun Ploso, Desa Gritirto, Kecamatan Panggang, Kabupaten  gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terbaginya lokasi gua cerme menjadi dua wilayah membuat tempat ini semakin unik dan strategis.

Letaknya juga tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja, hanya berjarak beberapa puluh kilometer saja. Kondisi jalannya juga cukup bagus dan mudah dilalui motor atau mobil. Selain itu sudah ada pula kendaraan umum yang bisa mencapai lokasi wisata ini.

Akses Jalan Menuju Goa Cerme

Gua cerme letaknya sangat strategis, berada di dua wilayah pemerintahan yang berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat kota Jogja. Lokasinya juga sangat mudah dilalui dengan kondisi jalanannya yang sudah diaspal namun sedikit menanjak dan berkelok, dan sebagian jalan disana masih berbatu.

Dengan Kendaraan Pribadi Dari Pusat Kota Jogja

Perjalananmu bisa dimulai dari pusat kota jogja, kemudian ambil jalan menuju terminal Ginawang, kemudian jalan terus dan ambil arah menuju jalan Imogiri Timur, kemudian jalan terus menuju Imogiri Selopamioro dan lanjut menuju Cerme.

Untuk memudahkan perjalananmu akan ada banyak papan petunjuk jalan yang terpasang di sepanjang jalan mulai dari pusat kota hingga ke lokasi gua cerme. Atau gunakan Google maps jika kamu takut nyasar.

Dengan Transportasi Umum

Bagi yang memilih menggunakan kendaraan umum seperti bus untuk mencapai gua cerme anda bisa naik angkutan umum dari terminal Ginawang. Setelah itu ambil bus dengan rute Jogja – Imogiri – Cerme.

Setelah berhenti di terminal di desa Cerme anda harus melanjutkan perjalanan  dengan ojek atau berjalan kaki menuju kompleks gua cerme. Jika kamu mau langsung pulang jangan melewati pukul 2 siang sebab angkutan umum akan berhenti beroperasi pada jam tersebut.

Kunjungi juga yuk: Mencoba Sensasi Menantang di Karst Tubing Sedayu Bantul

Harga Tiket Masuk Gua Cerme

Menyusuri Goa Cerme via IG @dizadityo

Menyusuri Goa Cerme via IG @dizadityo

Untuk harga tiket masuk menuju gua cereme ini sangat bersahabat. Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk bisa menikmati semua keindahan yang ditawarkan tempat ini. Berikut rincian harga yang perlu anda bayar:

  • Harga tiket masuk menuju goa cerme pada hari biasa dibandrol Rp. 3000 saja, sedangkan tahun baru & hari besar lainnya seperti lebaran, natal dan tahun baru, dll, dibandrol Rp. 4000 saja
  • Tiket menyusuri gua dibandrol dengan harga Rp. 3000
  • Harga seorang pemandu wisata untuk membantu anda menyusuri gua dan menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan gua cerme di badrol Rp. 50.000 namun itu khusus untuk jumlah wisatawan di bawah 14 orang. Jika melebihi kapasitas maka akan ada biaya tambahan R. 10.000 per orang.
  • Untuk alat perlengkapan menyusuri gua seperti helm dan senter di bandrol Rp. 10.000

Selain tiket masuk dan semua rincian harga yang perlu anda bayar, ada biaya tambahan untuk membayar parkir kendaraan pribadi.

Tiket parkirnya juga sangat terjangkau, hanya dibandrol Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua atau motor, serta Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat atau mobil. Memang untuk mencapai lokasi gua cerme lebih dianjurkan mengendarai kendaraan pribadi agar anda tidak perlu terburu – buru pulang karena takut ketinggalan bus terakhir.

Jam Operasional Wisata di Gua Cerme

Untuk bisa menikmati keindahan gua cerme anda bisa datang kapan saja mulai dari senin hingga minggu. Tidak ada hari libur ditempat ini baik ketika momen lebaran maupun hari perayaan hari besar lainnya. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai dibuka pada pukul 07.00 WIB pagi dan diakhiri pada pukul 18.00 WIB sore.

Silahkan berkunjung kapan saja ke gua cerme bersama keluarga dan orang terdekat. Anda bisa menikmati keindahan alam sekaligus menenangkan pikiran di tempat ini. Bagi anda yang memiliki rencana bermalam anda bisa menginap di penginapan yang berada disekitar lokasi gua cerme. Harga untuk sebuah home stey juga sangat terjangkau.

Fasilitas di Gua Cerme

Tahukah anda jika gua cereme ini mulai dibuka untuk umum sudah sejak tahun 1980an. Namun untuk segi fasilitas masih sangat minim namun sudah cukup membuat kamu merasa nyaman berada di tempat ini. Berikut beberapa fasilitas pendukung di gua cerme diantaranya:

  • Tempat parkir kendaraan roda dua dan empat dengan tarif yang sangat terjangkau
  • Tempat sampah yang disediakan untuk pengunjung yang ingin membuang sampah
  • Toilet umum juga tersedia ditempat ini. Anda hanya perlu membayar 2 ribu rupiah untuk biaya kebersihan
  • Pusat informasi untuk tempat bertanya bagi pengunjung yang membutuhkan informasi mengenai lokasi gua cerme
  • Mushola sederhana juga dibangun disini untuk warga muslim yang ingin menjalankan sholat
  • Beberapa kursi yang terbuat dari bambu
  • Warung makan sederhana yang dikelola oleh warga sekitar menyediakan makanan lokal dan berbagai jenis wedangan

Spesifikasi Gua Cerme

Untuk pengunjung yang penasaran dengan spesifikasi gua cerme kami akan memberi gambarannya untuk anda. Gua cerme berbetuk horizontal dengan  panjang gua sekitar 1,2 km. di dalam gua dialiri aliran sungai dengan kedalam yang bervariasi.

Sungai di Goa Cerme via panduanwisata.id

Sungai di Goa Cerme via panduanwisata.id

Kedalaman sungai mulai dari semata kaki hingga sepinggang orang dewasa. Namun untuk kedalaman dan volume air ditempat ini masih berubah – ubah, sebab ketika musim penghujan tiba volume air akan bertambah dan begitu juga sebaliknya ketika musim kemarau tiba maka volume dan debit air juga akan berkurang.

Sekarang kita akan melihat ketinggian atap gua. Diperkirakan ketinggian gua sekitar 1 hingga 20 meter. untuk bagian lorong atap gua dengan kerendahan 1 meter dan 2 meter kamu diwajibkan untuk jalan sambil jongkok atau merangkak ya. 

Dengan melihat medan di dalam gua yang sedikit ekstrim kamu harus tetap berhati – hati ya, namun jangan terlalu cemas karena gua ini aman untuk disusuri.

Kunjungi juga: Tirta Tamansari Waterbyur

Keindahan Gua Cerme

Keindahan Goa Cerme Yogyakarta

Keindahan Goa Cerme Yogyakarta

Bisa menyusuri lorong – lorong di gua cerme adalah sesuatu hal yang  sangat istimewa. Sebab anda bisa menyaksikan sendiri aliran air terjun yang berada di perut bumi. Mungkin anda sudah sering menyaksikan air terjun di permukaan tanah namun jika air terjun tersebut berada di dalam perut bumi pastilah itu merupakan petualangan yang baru.

Kamu akan menyusuri aliran sungai sambil berendam di bawah guyuran air terjun yang sangat cantik dan melihat beberapa ornamen – ornamen gua yang indah dan terbentuk secara alami, dan aroma guano yang begitu menyengat. Nanti di ujung penelusuran akan ada air terjun mini nan indah.

Air Terjun Mini di Goa Cerme via IG @deryardie

Air Terjun Mini di Goa Cerme via IG @deryardie

Para warga sekitar menyebut air terjun mini yang ada di dalam gua adalah gerojongan sewu atau air terjun seribu. Dengan aliran airnya yang deras dan mengalir di sepanjang sungai membuatnya semakin cantik. Ditambah lagi cahaya matahari yang masuk disekitar pintu gua membuatnya terlihat seperti cahaya dari surga.

Terlihat pula puluhan stalagtit dan stalagmit yang menggantung di langit – langit gua menambah keindahan gua. Belum lagi terlihat ribuan kelelawar hidup di dalam gua, yang merupakan ciri khas gua alam. Membuat petualangan kali ini semakin seru.

Meski gua sangat gelap hanya diterangi oleh penerangan seadanya yang berupa senter, namun anda tetap bisa menuntaskan hobi fotografi anda. Dengan pengambilan sudut pandang yang baik akan menghasilkan foto yang cantik pula.

Pesona Goa Cerme via IG @ghinataufik

Pesona Goa Cerme via IG @ghinataufik

Berbagai Gua Kecil

Keunikan dan keistimewaan lain dari gua cerme adalah terdapat beberapa gua kecil di dalamnya yang memiliki nama masing – masing pula. Jadi ada bisa menikmati gua di dalam gua. Seperti gedung sekakap serta watu gilang.

Selain itu terdapat pula beberapa keunikan lain seperti grojongan sewu, watu gantung, gedung sekakap kraton, lumbung padi, air suci serta sendang penguripan. Terdapat pula air zam – zam yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Tempat “Bertapa”

Dari semua sejarah yang melekat pada gua cerem menjadikan tempat ini banyak dikunjungi pada malam – malam tertentu untuk bersemedi atau bertapa serta melakukan ritual. Banyak yang meyakini tempat ini memiliki aura yang berbeda.

Hal ini sudah bisa dirasakan ketika pertama kali masuk ke mulut gua.  Bukan hanya warga lokal saja yang sering bertirakat ditempat ini namun banyak juga yang datang dari luar Jogja.

Berkemah di Gua Cerme

Camping di Goa Cerme via Idntimes

Camping di Goa Cerme via Idntimes

Bagi kamu yang memiliki rencana menginap di lokasi ini bisa langsung mendirikan tenda di tempat bermain yang cukup luas.

Selain bisa dijadikan alternatif penghemat biaya juga bisa dijadikan momen mengasyikkan bersama keluarga tercinta sambil menikmati hamparan kabut yang menyelimuti lembah. Terlihat pula pemandangan gunung merapi dari tempat ini.

Foto Hunting

Spot Foto Kece di Goa Cerme via IG @Suryojbd

Spot Foto Kece di Goa Cerme via IG @Suryojbd

bagi anda yang sedang mempelajari mengenai fotografi gua bisa menjadikan gua cerme sebagai objek yang sempurna. Keindahan ornamen – ornamen gua seperti stalagmite, stalagtit, sodastraw, serta grourdam yang masih hidup menambah kesan eksotis tempat ini.

Selain itu untuk menambah keindahan hasil foto kamu, bisa mengambil foto aliran sungai dan air terjun dari sudut yang tepat.

Kesan gelap dan misterius tempat ini akan semakin memperindah hasil jepretan kamu. Apa lagi ketika sudut yang kamu ambil tepat akan menghasilkan foto seperti ciptaan profesional. Nah tunggu apa lagi? Segera kunjungi wisata gua cerme yang menyimpan sejuta pesona.

Jangan lewatkan juga yuk: Wisata Alam Bukit Mojo Gumelem Bantul

Tips Caving di Gua Cerme

Perlengkapan ke Goa Cerme via IG @yusufgd

Perlengkapan ke Goa Cerme via IG @yusufgd

Berikut ini beberapa tips caving di goa cerme yang harus anda perhatikan:

  • Ketika menyusuri gua pastikan anda menggunakan pengamanan standar seperti helm, sepatu boots, serta baju tebal yang akan melindungi anda dari tusukkan benda tajam.
  • Bawa juga peralatan penerangan atau anda bisa menyewa di tempat ini seperti senter, head lamp, serta penerangan lainnya sebab di dalam gua tidak memiliki penerangan sama sekali
  • Hindari penggunaan pakaian yang berbahan jeans karena kurang nyaman dipakai menyusuri gua. Sebaiknya gunakan pakaian yang mudah kering
  • Ketika menyusuri lorong gua anda akan melalui aliran sungai yang cukup dalam sehingga pastilah baju yang anda kenakan akan basah, maka dari itu jangan lupa membawa baju ganti, pakaian dalam, handuk, serta peralatan mandi seadanya.
  • Bagi anda yang memiliki rencana mengabadikan beberapa lokasi di gua ini sebaiknya bawa lap khusus yang bisa digunakan untuk membungkus kamera dan melindungi kamera dari percikan air dan lumpur, serta masukkan kamera ke dalam dry bag.
  • Sebelum berpetualang ke dalam gua pastikan perut anda dalam kondisi telah terisi, untuk mencegah masuk angin karena akan basah – basahan di dalam gua nantinya, selain itu aktivitas menyusuri lorong gua ini juga membutuhkan banyak energi.
  • Pastikan anda memakai sepatu boot untuk menghindari terpeleset ketika akan berpindah tempat sebab jalanannya cukup licin.
  • Hindari merusak ornamen yang ada di dalam gua sehingga akan mengurangi keindahan gua ini.
  • Sebaiknya kamu tidak merokok di dalam gua dan tidak membuang sampah pada tempatnya.

****

Itulah petualangan yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke gua cerme. Gua bersejarah yang penuh misteri dan memiliki pesona yang luar biasa. Tunggu apa lagi? Ayo segera kunjungi gua cerme ini bersama orang – orang terdekat anda. Selamat berkunjung dan terima kasih.

Kunjungi juga yuk: Wisata Alam Gua Selarong Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!