Tempat Wisata Romantis Bukit Lintang Sewu di Bantul

Bukit lintang sewu merupakan salah satu spot untuk menikmati keindahan Bantul dari ketinggian. Dengan suasana yang romantis dan tidak akan terlupakan. Dijamin kamu yang masih jomblo dijamin baper deh kalo datang ke tempat ini. Banyak sekali pasangan muda – mudi yang menghabiskan waktu ditempat ini.

Belum lagi kamu akan melihat jejeran pengantin baru yang menghabiskan masa bulan madu di bukit lintang sewu. Para jomlowan dan jomblowati siap – siap iri dengan melihat para pasangan yang menikmati suasana romantisnya bukit lintang sewu.

Kamu yang berkunjung tidak akan menyesal sudah memilih bukit lintang sewu sebagai tempat menghabiskan liburan dan momen indah bersama pasangan, karena suasana yang romantis akan semakin terasa ketika senja tiba dimana indahnya senja dengan pemandangan ke arah kota saat menjelang malam akan terlihat semakin romantis, pasti kamu yang berkunjung enggan beranjak dari tempat ini.

Keindahan lain juga ditunjukkan destinasi ini yang dilengkapi dengan spot foto keren untuk berfoto ria bersama yang tercinta akan semakin menambah keseruan liburan anda. Namun bukan berarti kamu yang jomblo gak boleh datang ya, siapa tahu kamu bisa menemukan belahan jiwa di tempat ini.

Kamu bisa segera datang ke Bantul dan nikmati sendiri pesona bukit lintang sewu. Berlibur ke tempat ini juga tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena tiket masuknya sangat bersahabat buat kamu yang modal dananya terbatas. Mau tahu apa saja keseruan lain yang bisa kamu lakukan ditempat ini bisa langsung lihat ulasan kami berikut ini.

Wisata Bukit Lintang Sewu via Travelloratourcom

Wisata Bukit Lintang Sewu via Travelloratour.com

Lokasi Bukit Lintang Sewu

Bagi kamu yang penasaran dimana lokasi bukit lintang sewu yang terkenal dengan susananya yang romantis bisa langsung datang ke, Dusun karang Asem, Desa Muntuk, Kec Dlingo, Kab Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja, hanya berjarak 24 hingga 25 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Selain itu lokasinya juga sangat mudah ditemukan, sebab jalanan ini sering dilalui karena letaknya yang berdekatan dengan banyak destinasi karena lainnya. Namun kondisi jalan yang akan kamu lalui sedikit berkelok, mengajak karena memang lokasinya di perbukitan, namun kamu jangan khawatir sebab jalannya sudah diaspal sehingga aman untuk dilalui.

Rute Menuju Bukit Lintang Sewu

Setelah mengetahui dengan jelas lokasi wisata ini kamu bisa memulai perjalanan dari kota Jogja lalu ambil arah menuju arah timur ke arah jalan Pangurakan, lalu jalan terus ke arah selatan melewati jalan Brigadir katamso, jalan lurus terus sampai menemukan perempatan lalu ambil jalur ke arah Timur menuju jalan Kolonel Sugiyono

Loading...

Lalu alan lurus terus hingga menemukan pertigaan dan ambil arah menuju selatan menuju jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus terus hingga sampai ke jalan Imogiri Barat, kemudian jalan terus hingga menemukan pertigaan ambil arah timur menuju jalan Bakulan Imogiri, lalu tetap jalan lurus hingga melewati jalan Makam Raja – Raja

Kemudian anda akan menemukan pertigaan ambil arah ke selatan menuju jalan Imogiri – Dlingo, kemudian ikuti jalur utama jalan tersebut hingga anda tiba di lokasi yang dituju yaitu bukit lintang sewu.

Untuk mempermudah perjalanan kamu bisa menggunakan google maps dari HP android kamu lo. Selain itu kamu juga bisa bertanya kepada warga sekitar jika masih takut nyasar.

Jangan takut bertanya ya sebab penduduk disekitar lokasi sangat ramah dan bersahabat. Selamat menaklukkan rute menuju lokasi yang menanjak, berkelok, serta menurun yang cukup menantang adrenalin.

Wisata terkait: Objek Wisata Bukit Panguk Kediwung Bantul

Harga Tiket Masuk Bukit Lintang Sewu

Buat kamu yang memiliki modal dan pas – pasan memang cocok datang ke lokasi bukit lintang sewu, sebab tiket masuk dan parkirnya sangat terjangkau. Bahkan bisa dikatakan sangat murah, kamu cukup membayar Rp. 2000 per orang maka kamu sudah bis menikmati keromantisan wisata ini.

Ketika kamu menikmati beberapa spot foto keren di tempat ini silahkan memberi uang seikhlasnya untuk membantu biaya perawatan lokasi bukit lintang sewu ini.

Nah bagaimana dengan tiket parkirnya? Masih standar kok, masih yang umum digunakan tempat – tempat parkir lainnya  yaitu untuk kendaraan roda dua atau motor, dipasang tarif Rp. 2000, untuk kendaraan roda empat atau mobil, dipasang tarif Rp 5000, untuk minibus dipasang tarif Rp. 10000, sedangkan untuk kendaraan sekelas bus pariwisata dipasang tarif Rp. 20.000.

Fasilitas Bukit Lintang Sewu

Untuk segi fasilitas seperti cukup lengkap, meski pengelolaannya masih dilakukan secara swadaya, namun masyarakat sekitar bergotong royong bersama beberapa petugas bukit lintang sewu untuk membangun beberapa fasilitas pendukung di tempat ini.

Namun sesuai dengan batas kemampuan mereka. Meski terbilang sederhana namun sudah bisa membuat pengunjung nyaman. Tidak hanya sampai disitu saja mereka juga terus berupaya membangun beberapa fasilitas lainnya agar pengunjung bisa merasa lebih nyaman lagi dan diharapkan mampu menarik minat pengunjung lainnya. Berikut fasilitas yang tersedia:

1. Parkir

Bingung meletakkan kendaraan anda dimana? Silahkan letakkan di area yang telah disediakan. Terlihat cukup lebar dan nyaman untuk kendaraanmu.

2. Tempat sampah

Silahkan bagi pengunjung yang datang buanglah sampah pada tempatnya untuk membantu menjaga kebersihan lingkungan wisata, sebab kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab salah satu pihak saja. Jangan sampai kamu pulang meninggalkan sampah tisu, botol mineral, serta bungkus makanan sembarangan.

3. Toilet

Meski sederhana toilet disini cukup bersih dan wangi, sebab ada beberapa orang petugas kebersihan yang berjaga disana

4. Gazebo atua Gardu Pandang

Gardu Tapak Kaki Raksasa via Dekatourcom

Gardu Tapak Kaki Raksasa via Dekatour.com

Ingin menikmati keindahan bukit lintang sewu dari dalam gardu pandang atau gazebo bisa saja kamu lakukan, sebab tempat ini menyediakan beberapa gazebo untuk istirahat sambil menikmati suasana di sekitar lokasi yang sangat romantis. Kamu juga bisa berfoto ria dari tempat ini

5. Camping Ground

Bagi yang berminat menginap dengan membuat acara camping juga disediakan lokasi camping ground yang cukup luas, di bawah pepohonan yang tumbuh subur dan hijau. Kamu juga bisa mengadakan acara api unggun malam ini namun harus tetap berhati – hati ya jangan sampai sisa api membakar hutan.

6. Spot Foto

Rumah Segi Tiga via advntherapycom

Rumah Segi Tiga via advntherapy.com

Spot foto adalah tempat yang paling banyak dicari, terutama bagi pecinta fotografi. Setelah itu kamu bisa mengunggah hasil jepretan kamu yang ok ke berbagai media sosial seperti facebook dan instagram.

7. Warung Makan

Memang keberadaan bukit lintang sewu turut membantu meningkatkan perekonomian warga di sekitar lokasi, banyak dari mereka yang mencari rezeki ditempat ini dengan menjadi penjual beberapa makanan lokal. Selain itu banyak pula ibu – ibu yang menjual souvenir khas. Meski dikelola secara sederhana oleh warga sekitar, namun menu yang tersedia lumayan lengkap dan lezat.

Spot Foto Instagramable

Spot Sangkar Burung via IG @bukitlintangsewu

Spot Sangkar Burung via IG @bukitlintangsewu

Semua keindahan yang tersedia di sini akan semakin sempurna dengan keberadaan beberapa spot foto yang keren abis. Pokoknya dijamin instagramable banget.

Ketika kamu memotret dengan sudut pandang yang tepat serta kamera yang lumayan maka kamu bisa menciptakan hasil jepretan seperti hasil para profesional apalagi ketika kamu berfoto bersama pasangan akan semakin terasa keromantisan tempat ini.

Wajib kamu kunjungi juga: Objek Wisata Seribu Batu Songgo Langit Bantul

Momen surise serta sunset di tempat ini juga sangat indah, kamu bis menikmati langit yang mulai berubah warna menjadi jingga keemasan kemudian perlahan mulai berubah gelap ketika matahari mulai tenggelam sungguh momen yang sangat indah.

Tersedia pula gardu pandang buat kamu yang ingin menikmati keindahan kota di malam hari, terlihat lampu berkelip seperti bintang di tengah pemukiman warga.

Spot Foto Kece via Advntherapycom

Spot Foto Kece via Advntherapy.com

Beberapa spot foto yang menjadi salah satu daya tarik tempat ini seperti spot kaki raksasa, spot ini cukup berbeda dari kebanyakan tempat yang menyajikan spot foto berbentuk hati dan spot imut lainnya, ditempat ini kamu bisa merasakan pengalaman berbeda seperti spot foto dan duduk berbentuk kaki raksasa dengan  perpaduan warna hitam dan merah.

Belum lagi terdapat spot foto menarik lainnya yaitu spot sepasang tugu berbentuk gapura di tepi tebing. Kamu bisa berfoto sepuasnya di spot favorit ini dengan pemandangan alam yang luas di sekitarnya membuat suasana semakin seru.

Untuk menikmati spot foto disini silahkan memberikan uang seiklasnya. Untuk kamu yang berkunjung di musim libur atau sabtu minggu siap – siap antri panjang ketika kamu ingin menikmati spot foto disini. Sebaiknya kamu berkunjung di jam – jam biasa mulai senin hingga jumat dimana jumlah pengunjung terbilang normal.

Spot Sunrise via Pinterest Wulandari sw

Spot Sunrise via Pinterest Wulandari sw

Pesona Bukit Lintang Sewu Jogja

Ketika memasuki area bukit lintang sewu kita sudah bisa merasakan keasrian tempat ini, dimana tumbuh berjejer pohon yang menjulang tinggi, membuat suasananya menjadi sejuk. Nama bukit ini sendiri diambil dari suasana malam di bukit ini terlihat seperti ribuan bintang – bintang yang membentang luas di angkasa. Dalam bahasa jawanya bisa artikan sebagai bukit seribu bintang.

Bukit ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan mempesona, sehingga tidak heran jika banyak pecinta alam yang berkunjung ke tempat ini dan menjadi salah satu tempat favorit para pecinta alam. Ketika kamu akan menuju puncak kamu disuguhkan pemandangan pohon pinus yang berdiri kokoh.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Hutan Pinus Dlingo Bantul

Panggung Pentas via IG @bukitlintangsewu

Panggung Pentas via IG @bukitlintangsewu

Sesampainya di puncak bukit lintang sewu kamu akan disuguhkan sesuatu yang berbeda yaitu hamparan hutan kayu putih yang memberi keunikan tersendiri.

Kamu akan melihat banyak sekali burung  alap – alap yang hidup di dahan – dahan pohon tersebut. terdengar mereka bernyanyi bersahut – sahutan membuat suasana semakin damai. Disekitar lokasi wisata bukit lintang sewu terlihat pemandangan yang tidak kalah menakjubkannya yaitu sederetan pengunjung mulai dari gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Menoreh, serta Gunung Merapi.

Kunjungi juga: Wisata Alam Bukit Mojo Gumelem Bantul

Bukit ini mengarah kearah Barat sehingga menjadi lokasi yang sempurna untuk menikmati keindahan sunset. Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan ditempat ini adalah berkemah di bawah pohon kayu putih yang rindang dan menikmati suasana alam terbuka di malam hari sambil membakar api unggun yang bisa digunakan sebagai penerangan, penghangat tubuh, serta mengusir nyamuk. Terbayang sudah bagaimana keseruan bercamping di alam terbuka bukit lintang sewu.

Kamu juga bisa menikmati keindahan malam dari atas perbukitan dimana terlihat indahnya lampu – lampu di pemukiman penduduk yang terlihat seperti bintang yang bertebaran sangat indah.

Untuk menuntaskan hobi fotografermu silahkan menikmati beberapa spot foto yang instagramble banget.  Beberapa spot foto tersebut seperti gardu pandang yang berbentuk seperti telapak kaki raksasa, selain itu terdapat pula tugu watu asah yang dibangun di atas tebing dengan pemandangan di bawah dan di sekitarnya yang masih sangat alami.

Tugu ini dibangun dengan sebuah jembatan sepanjang 1,5 meter, yang diapit dua buah batu yang berbentuk seperti gapura.

Menikmati Pemandangan Cantik

Menikmati Pemandangan Cantik

Spot foto selanjutnya adalah seperti dicerita doraemon yaitu pintu kemana saja. Pintu kemana saja di bukit lintang sewu ini berwarna putih.

Spot pintu ini sangat cocok diambil di malam hari dimana terlihat sebuah pintu yang memiliki gemerlap lampu dari kejauhan. Spot foto yang terakhir adalah spot foto berbentuk miniatur bintang yang sangat indah. Ternyata bukan sampai disitu saja masih ada beberapa spot foto unik dan menarik lainnya seperti rumah pohon, hutan kayu putih dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berburu Kuliner Lokal

Setelah puas berkeliling di bukit lintang sewu yang memiliki pesona yang sulit terlupakan kini waktunya kamu beristirahat sejenak sembari mengisi perut yang keroncongan dari tadi, sebelum melanjutkan perjalanan liburan kali ini.

Kamu bisa menikmati beberapa menu lokal seperti nasi kucing, sego rawon, gudeg, tempe bacem, serta masih banyak lagi menu lokal lainnya yang dijamin lezat dan nikmat.

Selain itu di terdapat pula beberapa warung kopi dan wedangan yang akan membantu menghangatkan tubuh, karena memang lokasi perbukitan ini memiliki cuaca yang dingin dengan angin yang bertiup cukup kencang.

Jangan lewatkan juga: Wisata Alam Gua Cerme Bantul Yogyakarta

Tips Berlibur di Bukit Lintang Sewu

Berikut ini beberapa tips dan saran buat kamu yang mau mengunjungi tempat wisata romantis di Bantul yang satu ini:

  • Untuk bisa menempuh perjalanan yang cukup menantang dengan mendaki perbukitan kamu harus menyiapkan kondisi tubuh yang prima
  • Cuaca di perbukitan lintang sewu cukup dingin maka kamu harus menggunakan baju tebal untuk menghalangi kamu masuk angina dan terkena flu
  • Perhatikan juga kondisi kendaraan anda, pastikan dalam kondisi yang fit karena perjalanan kali ini cukup menantang.
  • Bagi kamu yang tidak suka makan diluar sebaiknya bawa bekal makanan sendiri.

****

Itulah artikel mengenai bukit lintang sewu yang memiliki suasana romantis di sudut Jogja yang bisa anda kunjungi. Selain itu tempat ini memiliki banyak sekali spot foto yang instagramable. Buat kamu yang berkunjung ke Jogja silahkan berkunjung ke bukit lintang sewu. Selamat berkunjung. Terima kasih.

Kunjungi juga ya: Jembatan Soka: Tempat Instagramable Hits di Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!