Jembatan Soka: Tempat Instagramable Hits di Bantul

Jembatan soka terletak di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Destinasi keren ini menjadi tempat berfoto yang sangat popular. Bagi pecinta fotografi tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Belum lagi jembatan gantung soka masuk ke dalam daftar tempat foto yang instagramable menurut beberapa akun di media sosial.

Memang ketika kita mengupas tentang kota Yogyakarta tidak akan ada habisnya deretan tempat wisata keren ada di sana. Tidak heran jika para wisatawan datang berbondong – bondong ke tempat ini.

Jembatan soka menjadi salah satu destinasi wisata keren di kota Jogja yang menawarkan tempat foto yang cantik. Meski menurut sebagian orang tempat ini biasa saja namun banyak pula yang berpendapat bahwa tempat ini memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki tempat wisata lain.

Jembatan soka merupakan destinasi teranyar kabupaten Bantul. Namun keberadaannya langsung diburu pecinta traveling dan pecinta fotografi. Selain itu keberadaan jembatan gantung ini juga turut mendongkrak perekonomian warga di sekitarnya. Saat ini banyak warga sekitar yang menggantungkan hidup dari tempat wisata ini.

Jembatan gantung soka juga menjadi tempat yang tepat buat kamu yang ingin berburu sunset. Keindahan sunset akan semakin terekspos ketika kamu menikmatinya dari atas jembatan yang menghubungkan Pundong dan Bantul. Selain menjadi tempat wisata yang instagramable banget, jembatan ini juga merupakan salah satu akses penghubung antara Pundong dan Bantul.

Jadi bagi kamu pecinta selfie tunggu apa lagi? Segera datang dan nikmati sendiri pesona jembatan soka yang memiliki arsitektur seperti jembatan suramadu. Jadi kamu tidak perlu pergi jauh – jauh ke Jawa Timur untuk bisa menikmati jembatan suramadu, karena replikanya kini sudah ada di kota Jogja.

Lokasi Jembatan Soka

Pastinya banyak yang penasaran sebenarnya dimanakah letak jembatan soka yang cukup terkenal di media sosial itu? Jika anda ingin berkunjung dan menikmati keindahan jembatan gantung ini silahkan datang ke Dusun Soko, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasinya sangat mudah ditemukan, karena berada tidak jauh dari pusat Kota Jogja. Anda bisa langsung datang dan mengunjungi tempat ini untuk melihat dan merasakan sendiri pesona jembatan gantung yang semakin cantik ketika cuaca cerah. Anda akan merasakan sendiri pemandangan sekitarnya yang masih alami dan hijau, serta udaranya yang masih segar.

Spot Instagramable Jembatan Soka via IG @nurintanks

Spot Instagramable Jembatan Soka via IG @nurintanks

Rute Menuju Lokasi Jembatan Gantung Pundong

Loading...

Setelah melihat dengan jelas dimana lokasi jembatan soka, pastinya semakin banyak yang penasaran mengenai rute menuju lokasi wisata ini. Bagi anda yang penasaran dan ingin berkunjung silahkan mengikuti rute yang akan kami jelaskan berikut ini:

Perjalanan akan dimulai dari pusat kota Jogja ambil arah ke selatan menuju Parangtritis, lalu ambil arah menuju kabupaten Bantul, kemudian ambil arah selatan menuju Kecamatan Pundong, kemudian ikuti saja jalan utama di kecamatan ini, maka setelah berjalan beberapa meter saja kamu akan menemukan tempat yang dituju yaitu jembatan soka.

Letak jembatan gantung ini sangat strategis, karena letaknya berada di dekat banyak wisata unggulan kota Jogja seperti jika dari arah kiri anda akan menemukan goa cerme, makam raja – raja Imogiri, dll, sedangkan jika dari arah kanan kamu akan menemukan jejeran pantai yang eksotis seperti pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Depok, panti Parangkusumo, pantai Baru dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harga Tiket di Jembatan Soka

Jembatan Gantung Soka Bantul via Detik

Jembatan Gantung Bantul via Detik

Jembatan soka selain digunakan sebagai destinasi wisata juga merupakan akses penghubung antar desa sehingga dibuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya masuk. Anda bisa bebas menyeberangi jembatan sambil berwisata karena tempat ini merupakan fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah.

Jadi anda bisa bebas menikmati keindahan jembatan gantung ini tanpa harus membayar apapun. Hanya saja agar tidak mengganggu lajur lalu lintas sebaiknya saat anda mengunjungi tempat ini silahkan memarkirkan kendaraan pribadi di sekitar lokasi atau di dekat rumah – rumah warga dan memberikan uang parkir seiklasnya.

Jembatan soka ini merupakan salah satu fasilitas umum yang dijadikan lokasi berwisata yang tidak memiliki tarif tiket masuk, juga tidak memiliki fasilitas penunjang yang biasa dimiliki tempat wisata lain. Namun bagi anda yang ingin berkunjung jangn khawatir sebab anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas disekitar rumah warga.

Disekitar perkampungan anda bisa menumpang sholat di mushola penduduk, jika ingin buang air kecil bisa menggunakan toilet milik warga, selain itu jika merasa lapar dan haus juga bisa langsung datang ke warung – warung makan milik warga sekitar. Banyak juga warung yang menyediakan makanan lezat khas lokalan serta beberapa menu dari daerah lain.

Terlihat pula banyak warung wedang di tempat ini. Jadi anda bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil menghangatkan tubuh dengan segelas wedang jahe.

Selain itu anda juga bisa menikmati secangkir kopi sambil menyaksikan sunset yang indah dimana langit dan matahari akan berubah menjadi jingga keemasan membuat matahari terlihat sangat menggemaskan.

Jembatan Soka Menyimpan Sejuta Pesona

Foto dengan Background Jembatan Soka via Kartanesia

Foto dengan Background Jembatan Soka via Kartanesia

Jembatan gantung soka ini terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jembatan ini memiliki arsitektur mirip seperti jembatan Suramadu namun terbuat dari kayu yang membuat jembatan ini terlihat unik namun tidak banyak yang tahu dahulunya jembatan ini pernah berbentuk jembatan beton, namun bentuknya sangat ramping atau yang hanya bisa dilalui satu kendaraan roda dua saja dengan lebar kira – kira 1 meter, kemudian dipertengahan ada ruang untuk simpangan

Jembatan soka lama ditopang oleh dua tiang beton, dan dibagian lantai terbuat dari papan kayu, sehingga ketika dilalui akan bergoyang – goyang, namun tidak perlu takut sebab di bagian pinggir tertanam pagar besi. Kemudian jembatan gantung soka lama ini terputus akibat banjir lahar dingin dari gunung merapi yang terjadi pada tahun 2010.

Akhir pada tahun 2014 pemerintah Kabupaten Bantul melakukan pembangunan jembatan soka baru. Pemerintah menyadari bahwa jembatan gantung soka ini merupakan sarana transportasi vital bagi warga Pundong.

Saat ini kondisi jembatannya sudah jauh lebih bak, meski terbuat dari kayu namun sudah lebih lebar, dan merupakan jembatan gantung. Jembatan ini merupakan akses penghubung antara Dusun Gunung Puyuh yang berada di desa Sriharjo dengan Dusun Soka yang berada di Desa Seloharjo yang membentang di atas kali opak.

Pembangunan jembatan gantung baru ini tidak menghilangkan soka yang lama, karena didirikan disebelah barat jembatan lama dengan jarak sekitar 600 meter saja.

Keunikan Jembatan Gantung Soka Bantul

Jembatan soka mungkin namanya sudah tidak asing lagi karena jembatan ini dahulunya pernah ada, namun saat ini sudah dipensiunkan. Sudah dibangun jembatan gantung baru yang baru beberapa tahun ini mulai difungsikan sebagai jembatan penghubung antar desa.

Melihat keindahan disekitar jembatan gantung ini banyak yang penasaran dan mulai berwisata alam ke sana. Sehingga saat ini jembatan gantung pundong ini menjadi salah satu destinasi alam di Kabupaten Bantul. Berdiri di jejeran tempat wisata di Kabupaten Bantul yang terkenal akan keindahan disetiap lokasinya, membuat lokasi ini wajib dikunjungi para pecinta traveling.

Banyak yang penasaran sebenarnya apa sih kelebihan jembatan gantung ini dibanding dengan jembatan – jembatan gantung lainnya? Sebelum kami menjelaskan sebenarnya jawabannya sudah bisa anda temukan di media sosial yang menggunggah pesona dan keunikan jembatan soka ini.

Terlihat disana beberapa jepretan profesional yang mengekspos keindahan alam disekitar jembatan soka. Tidak cukup sampai disitu, kami juga akan menjawab rasa penasaran anda dengan ulasan kami kali ini.

Jembatan soka memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki tempat lain. Keindahan alam di sekitarnya sangat cantik dan masih sangat hijau. Mata anda akan dimanjakan dengan keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Tidak heran jika jembatan gantung soka masuk ke dalam daftar tempat terbaik untuk diabadikan.

Kamu bisa puas berfoto selfie dan untuk mengabadikan momen kebersamaan yang pastinya sangat jarang terjadi. Saat musim hujan aliran sungai di jembatan ini semakin deras, sangat indah ketika anda mengambil fotonya, tentu saja harus dari sudut yang tepat.

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan sunset atau matahari terbenam bisa langsung datang ke jembatan soka. Kamu bisa menikmati indahnya langit senja yang berwarna jingga keemasan terlihat semakin indah di ujung sungai opak.

Kamu juga bisa mengabadikan momen sunset ini dari atas jembatan yang bernuansa romantis. Memang tempat ini merupakan tempat terbaik untuk mengabadikan sunset atau matahari terbenam.  Belum lagi jembatannya yang memiliki bentuk seperti jembatan Suramadu namun terbuat dari kayu membuatnya semakin unik dan menarik.

Jembatan ini memang cocok dijadikan background atau latar belakang berfoto selfie. Banyak fotografer yang juga datang untuk berburu foto cantik. Selain itu lokasi ini banyak dimanfaatkan sebagai lokasi foto prewedding oleh calon pengantin dengan konsep alam terbuka.

Banyak juga para pecinta fotografi yang mengambil gambar di saat mendung atau hujan dengan kabut asap tipisnya sangat indah dan semakin membuat pemandangan di jembatan soka terlihat sempurna.

Tips Mengunjungi Jembatan  Gantung Soka

Berikut ini beberapa tips saat anda hendak mengunjungi jembatan ini:

  • Jembatan gantung soka merupakan jembatan yang berada di atas sungai opak sehingga ketika anda berkunjung harus selalu berhati – hati, jangan melihat terlalu ke pinggir ditakutkan kamu bisa jatuh ke sungai.
  • Ketika musim penghujan tiba maka debit air di sungai tersebut semakin banyak dan deras, maka dari itu tetaplah waspada. Jangan sampai lengah dengan pemandangan di sekitarnya dan sibuk berfoto sendiri
  • Pastikan sebelum berkunjung kamu makan secukupnya, jangan bepergian dalam kondisi perut lapar karena akan mengganggu liburanmu kali ini.
  • Untuk masalah kendaraan pribadi pastikan anda membawa motor atau mobil yang kondisinya layak pakai sehingga mampu menaklukkan lintasan menuju jembatan soka ini.
  • Yang sangat penting anda perhatikan adalah masalah sampah. Jangan sampai anda mengotori sungai dan jembatan dengan sampah yang akan mengotori lingkungan dan mengurangi keindahan lokasi. Maka dari itu buanglah sampah pada tempatnya.
  • Ingat jangan lupa membawa kamera yang baik kamera jitu maupun kamera seadanya. Selain itu kamera HP yang sudah sangat mau saat ini juga bisa kamu bawa untuk menghasilkan foto yang keren.
  • Pastikan juga kamu membawa peralatan kesehatan seadanya seperti obat – obatan, tissue, minyak angin dan sebagainya sebagai langkah pencegahan bahaya.

Wisata Kuliner

Setelah puas berfoto selfie dengan berbagai gaya dan background yang cantik, kini waktunya berburu kuliner. Pastinya kamu merasa lapar dan haus setelah melakukan banyak aktivitas di tempat ini. Banyak warga sekitar yang membuka warung makan untuk para pengunjung.

Beberapa menu lokal dan menu khas Jogja yaitu gudeg tersedia disini. Kamu bisa menikmati makan siang kamu kali ini sambil menikmati pemandangan jembatan gantung soka dan mendengar aliran sungai yang cukup berirama.

Bagi kamu yang enggan makan kamu bisa sekedar menikmati secangkir kopi atau teh hangat, serta beberapa jenis wedang untuk menghangatkan tubuh. Bagi anda yang membawa bekal sendiri juga bisa langsung menyantap menu yang anda bawa.

Wisata di Sekitar jembatan Gantung Soka

Untuk mengoptimalkan perjalanan liburanmu kali ini yuk mampir ke beberapa destinasi keren lainnya di sekitar jembatan gantung soka, berikut beberapa diantaranya:

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai jembatan soka yang cantik dan menarik. Keindahan lama di sekitarnya masih sangat hijau membuat yang memandang enggan untuk beranjak dari tempat ini. Bagi anda yang belum berkunjung silahkan segera mengunjungi tempat ini dan nikmati sendiri pesonanya dari dekat. Selamat berkunjung dan terima kasih.

Jangan lewatkan juga: Wisata Alam Gua Selarong Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!