Liburan ke Kebun Raya Bogor yang Asri

Kebun Raya Bogor – Masa-masa liburan memang menjadi momen yang tepat bagi anda untuk mengajak keluarga anda atau orang-orang yang anda kasihi menuju ke berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia.

Ada banyak tempat wisata di negara kita yang memiliki daya tarik serta bisa menjadi sarana edukasi bagi keluarga anda. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Kebun Raya Bogor.

Profil Kebun Raya Bogor Jawa Barat

Kota Bogor merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia sebelah barat. Kota Bogor merupakan kota yang terletak di sebelah selatan kota Jakarta. Jarak kota Bogor dengan kota Jakarta adalah sekitar 59 kilometer. Luas wilayah kota Bogor mencapai 118,50 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 1.081.009 jiwa pada tahun 2017.

Kota Bogor memiliki tingkat curah hujan yang tinggi, dan oleh sebab itu kota ini disebut dengan “Kota Hujan”.Menurut penelitian yang dilakukan oleh sejumlah pihak, tingkat curah hujan kota Bogor adalah 3.500-4.000 milimeter dengan curah hujan tertinggi diketahui terjadi pada bulan Desember dan Januari tiap tahunnya.

Suhu terendah kota Bogor mencapai 21,8 derajat Celcius, sedangkan suhu tertingginya adalah sekitar 30,4 derajat Celcius.

Kota Bogor adalah kota yang memiliki segudang tempat wisata. Mulai dari tempat wisata alam, hingga tempat-tempat wisata yang berupa wahana permainan. Contoh tempat wisata yang ada di Bogor adalah Paralayang Bukit Gantole Puncak, Taman Bunga Nusantara, Taman Wisata Gunung Pancar, Highland Park Resort, Curug Cibaliung, dan lain sebagainya.

Area Taman Kebun Raya Bogor via Jakartavenue

Area Taman Kebun Raya Bogor via Jakartavenue

Mendalami Seluk Beluk Kebun Raya

Satu lagi tempat wisata yang berhak anda kunjungi ketika berkunjung ke kota Bogor adalah Kebun Raya Bogor. Kebun raya dikelola oleh sebuah lembaga yang bertugas menangani kegiatan konservasi tumbuhan secara ex situ.

Ada banyak sistem yang digunakan untuk melakukan konservasi terhadap berbagai koleksi tumbuhan ex situ, akan tetapi pada kebun raya sistem tersebut berbeda. Kebun raya menekankan proses pendokumentasian pada seluruh tanaman yang di koleksi. Selain itu, pihak pengelola kebun raya akan rajin melakukan penelitian pada tanaman yang mereka koleksi.

Rusa di Kebun Raya Bogor
Loading...

Rusa di Kebun Raya Bogor

Proses dokumentasi dan observasi yang dilakukan oleh pihak pengelola kebun raya berfungsi untuk menyumbangkan ilmu tentang tumbuhan kepada masyarakat dan sebagai bentuk pengabdian kepada negara di bidang penelitian. Selain itu, mereka melakukan pekerjaan ini untuk melestarikan taman wisata yang ada di kebun raya.

Segala tanaman yang ditanam di kebun raya bukanlah tanaman biasa yang biasa kita dapati di pinggir jalan atau di sekitar rumah kita. Tanaman yang ditanam di kebun raya biasanya yang memiliki kriteria khusus dan telah melalui proses observasi tentang layak tidaknya tanaman tersebut dibudidayakan di kebun raya.

Ketika anda memasuki kebun raya, anda pasti bisa melihat tatanan tanaman yang diatur sesuai dengan kaidah taksonomi atau pertanaman. Ketika akan ditanam di kebun raya, biasanya tanaman sudah lebih dahulu diidentifikai bentuk dan sifatnya oleh para ahli tanaman, kemudian diletakkan di tempat yang sama sesuai dengan tanaman lain yang sejenis.

Kolam Teratai Rusa di Kebun Raya

Kolam Teratai Rusa di Kebun Raya

Kebun Raya Bogor, Salah Satu Destinasi Wajib Ketika Ke Bogor

Salah satu kawasan kebun raya yang ada di Jawa Barat adalah Kebun Raya Bogor. Yang paling istimewa dari tempat ini, Kebun Raya Bogor merupakan kebun raya pertama di Asia Tenggara. Kebun raya ini memiliki luas 87 hektar dengan koleksi 15.000 spesies tanaman. Dan hampir setiap hari kebun ini dipenuhi dengan pengunjung yang hendak melihat koleksi tanaman disana.

Lokasi: Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122
Maps: Klik Disini
HTM: Wisatawan lokal Rp.15.000, Wisatawan Asing Rp.25.000
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0251) 8311362

Harga Tiket Masuk Masuk Kebun Raya Bogor

  1. Tiket Masuk Rp.15.000 per orang
  2. Tiket Wisatawan Asing Rp.25.000 per orang
  3. Kendaraan Keliling Roda 4 Rp.30.000
  4. Parkir Roda 2 Rp.5.000
  5. Tiket Sepeda Keliling Rp.5.000

Kebun Raya Bogor memiliki empat buah pintu masuk di empat tempat yang berbeda. Beberapa pintu tersebut adalah pintu pertama, pintu kedua, pintu ketiga, pintu keempat.

Pintu pertama merupakan pintu masuk utama ke kebun raya. Pintu ini terletak di sebelah utara, tepatnya di ujung Jalan Juanda. Gerbang ini juga bisa dibilang berada tepat di pertigaan jalan titik temu antara Jalan Suryakencana dengan Jalan Otto Iskandardinata.

Pintu kedua Kebun Raya Bogor berada di sebelah barat kebun raya. Pintu kedua ini masih termasuk ke dalam bagian Jalan Juanda, dan terletak tepat di samping Kantor Pos Bogor yang masih temrasuk kawasan cagar budaya.

Pintu ketiga berada di seberang Taman Perlintasan Bogor. Pintu ini terletak tepat di pertemuan antara Jalan Jalak Harupat dengan Jalan Pajajaran. Sedangkan untuk pintu keempat, pintu ini berada di Jalan Pajajaran. Pintu ini terletak berseberangan dengan Kampus IPB Baranangsiang.

Daya Tarik Kebun Raya Bogor

Selain terkenal sebagai kebun raya pertama yang didirikan di kawasan Asia Tenggara, Kebun Raya Bogor memiliki daya tarik lain yang membuat para pengunjung selalu ramai mengunjungi tempat ini.

Salah satu daya tarik lain dari kebun raya ini adalah adanya sebuah bunga bangkai (Rafflessia arnoldi) yang tumbuh hingga mencapai tinggi 2 meter. Seperti yang kita ketahui, bunga bangkai merupakan sebuah bunga yang tergolong dalam bunga majemuk dengan ukuran yang terbesar di dunia.

Di Kebun Raya Bogor ini juga terdapat koleksi pohon sawit yang tertua di kawasan Asia Tenggara yang masih dirawat dengan baik dan hidup hingga sekarang.

Selain itu, masih ada banyak lagi spot-spot wisata yang termasuk dalam kawasan Kebun Raya Bogor. Salah satunya adalah sebuah tempat di dalam kebun raya yang bernama Museum Zoologi. Di tempat ini para pengunjung dapat melihat berbagai macam keanekaragaman hayati yang telah melalui proses pengawetan.

Musem Zoologi merupakan salah satu spot wisata di dalam Kebun Raya Bogor karena pengunjung bisa melihat secara langsung kerangka tulang belulang paus biru yang telah diawetkan. Selain itu, ada juga Monumen Lady Raffless yang mengabadikan cerita tentang cinta pasangan penjelajah dari Inggris.

Lady Raffless via Hariananalisa

Lady Raffless via Hariananalisa

Selain Museum Zoologi dan Monumen Lady Raffless, ada beberapa tempat lain seperti Pemutus Cinta, Danau Gunting, Laboratorium Treub, dan Jembatan Taman Meksiko yang bisa anda kunjungi di dalam kawasan Kebun Raya Bogor.

Wajib mampir: 40 Tempat Wisata Kuliner Bogor yang Wajib Anda Coba

Objek Wisata di Kebun Raya Bogor

Berikut ini adalah beberapa tempat yang bisa dikunjungi di dalam Kebun Raya Bogor :

1. Griya Anggrek

Griya Anggrek KRB via Lovelybogor

Griya Anggrek KRB via Lovelybogor

Griya Anggrek adalah sebuah tempat budidaya tanaman anggrek yang terletak di Kebun Raya Bogor. Griya Anggrek berupa sebuah rumah kaca yang dipergunakan untuk mengoleksi berbagai jenis anggrek. Di gedung sebelah kiri Griya Anggrek, tempat ini digunakan untuk membudayakan jenis anggrek spesies atau anggrek alam.

Sedangkan pada gedung sebelah kanan Griya Anggrek, tempat ini digunakan untuk membudidayakan anggrek hibrida. Bahkan di dalam Griya Anggrek ini anda akan melihat anggrek raksasa berjenis Grammatophyllum speciosum yang memiliki tinggi sekitar 7,5 meter. Anggrek ini merupakan anggrek yang tertinggi di dunia.

2. Jalanan Astrid

Taman Astrid via Travelingyuk

Taman Astrid via Travelingyuk

Anda bisa berjalan di sepanjang Jalan Astrid yang ada di Kebun Raya Bogor. Di tepi jalanan Astrid, anda bisa melihat kumpulan bunga-bunga Astrid yang berwarna kuning dan merah darah.

Kemudian jika anda menyusuri jalan tersebut hingga ke ujung, sekitar 200 meter kemudian akan ada kumpulan bunga tasbih atau Canna hybrida (Kana Hias) yang bermekaran menambah indah pemandangan jalan.

Kunjungi juga: Liburan ke Telaga Warna Puncak Bogor Jawa Barat

3. Laboratorium Treub

Laboratorium Treub via Situsbudaya

Laboratorium Treub via Situsbudaya

Jika anda berkunjung ke Kebun Raya Bogor, anda juga disarankan untuk mengunjungi Laboratorium Treub. Gedung ini merupakan gedung penelitian yang merupakan peninggalan pemerintah Belanda di Indoensia.

Laboratorium ini termasuk tempat yang bersejarah. Salah satu buktinya adalah di tempat ini, praktik penelitian fitokimia pertama kali dilakukan.

4. Ecodome

Ecodome via Istimewa

Ecodome via Istimewa

Selanjutnya kamu juga harus melihat Ecodome yang berbentuk kubah dengan dedaunan raksasa menutupinya. Jangan lupa untuk mengambil gambar di depan bangunan keren ini ya.

Artikel terkait: Update Harga Tiket Masuk Taman Safari Cisarua Bogor

4. Taman Sudjana

Taman Sudjana via Inet

Taman Sudjana via Inet

Kamu juga bisa nyantai di area Taman Sudjana. Di sini terdapat berbagai macam bunga. Terdapat tanaman yang dibentuk menyerupai burung garuda.

Baca juga: Update Harga Tiket Masuk Jungleland Bogor Terbaru

Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor

Berikut akan kami jelaskan satu persatu detail tempat wisata yang ada di Bogor :

1. Paralayang Bukit Gantole Puncak

Paralayang Bukit Gantole Puncak via Tripadvisor

Paralayang Bukit Gantole Puncak via Tripadvisor

Dari segi nama, sudah jelas bahwa bukit Paralayang ini digunakan sebagai tempat olahraga ekstrim semacam paralayang. Paralayang Bukit Gantole Puncak berada di Jalan Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak. Jika kita ingin menikmati penerbangan menggunakan paralayang selama waktu yang telah ditentukan, kita harus membayar sebesar Rp. 350.000,-.

Sedangkan untuk tiket masuk, pengelola bukit Paralayang Gantole Puncak menerapkan tarif sebesar Rp. 13.000,- per orang. Kegiatan yang bisa anda lakukan selain terbang menggunakan paralayang, anda bisa menikmati keindahan kota Bogor dari ketinggian dan berburu selfie.

Tempat wisata di puncak lainnya: 22 Tempat Wisata di Puncak Bogor dan Sekitarnya

2. Taman Bunga Nusantara

Taman Air via tamanbunganusantara

Taman Air via tamanbunganusantara

Taman bunga nusantara ini terletak di Cianjur sebenarnya. Tapi, wisatawan bahkan banyak travel blogger memasukkan taman bunga nusantara ini sebagai tempat wisata di Bogor yang dianjurkan untuk dikunjungi. Lokasi tepat taman ini ada di kawasan Wisata Kota Bunga, Jlaan Mariwati, Kilometer 7 Desa Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur.

Taman Bunga Nusantara dikenal karena keindahannya dan bisa menjadi spot foto yang sangat bagus dan unik serta instagrammable. Taman Bunga Nusantara didirikan di atas lahan seluas 23 hektar.

Taman Bunga Nusantara ini penuh dengan koleksi bunga yang ditata dengan rapi. Daya tarik utama yang berada di tempat ini adalah sebuah taman dengan labirin yang dibentuk sedemikian rupa untuk wahana permainan para pengunjung.

Anda bisa masuk ke dalam labirin dan berlomba-lomba untuk menemukan jalan keluar dari labirin tersebut. Labirin yang ada di Taman Bunga Nusantara Bogor terbuat dari rangkaian daun dan tangkai tumbuhan. Tumbuhan yang akan membentuk labirin tersebut dibentuk sedemikian rupa agar terbentuk sesuai dengan desain.

Selain bermain di labirin yang tersedia di taman, anda juga bisa bermain go-kart, bumper boat, dan juga ATV Race. Anda bisa menikmati pemandangan air mancur musikal yang akan mengeluarkan air sesuai dengan aturan yang telah di-setting oleh pengelola taman.

Untuk bisa masuk ke Taman Bunga Nusantara, anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 30.000,- per orangnya.

3. Taman Wisata Gunung Pancar

Tempat Wisata Alam Hutan Pinus Gunung Pancar Sentul

Tempat Wisata Alam Hutan Pinus Gunung Pancar Sentul

Taman Wisata Gunung Pancar berada di kawasan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Gunung ini lebih dikenal dengan sebutan Sentul. Hal ini disebabkan Taman Wisata Gunung Pancar terletak di dekat Sentul City.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan di taman ini, diantaranya berkemah (camping), diklat (pendidikan dan latihan), outbond, pelatihan kepemimpinan, serta berbagai kegiatan diluar ruangan yang lainnya. Anda juga memanfaatkan taman ini sebagai tempat wisata sekaligus sarana edukasi untuk anak-anak anda, keluarga, serta teman kerabat.

Selain itu, pengelola taman wisata Gunung Pancar menyediakan fasilitas lain yang berkaitan dengan kegiatan wisata di tempat ini, diantaranya lahan parkir, hammock, pemandian air panas, tempat makan, dan tempat berolahraga.

Untuk bisa menikmati segala fasilitas yang telah diseediakan oleh pengelola tempat wisata, anda harus membayar sebesar Rp. 5.000,- untuk hari Senin-Jum’at dan Rp. 7.500,-. Sedangkan untuk biaya parkir adalah sebesar Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,-.

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Objek Wisata Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor

4. Highland Park Resort

Apabila anda mencari tempat wisata yang berbeda dan menampilkan kesan modern dan tenang, anda bisa mengunjungi Highland Park Resort.Konsep wisata yang ditawarkan oleh Highland Park Resort adalah konsep wisata yang terbilang cukup mewah dengan menginap ala hotel berbintang yang ada di Bogor.

Hotel yang ada di resort ini merupakan hotel yang mewah dengan desain unik dan didominasi warna putih. Desainnya yang unik seperti perumahan yang ada di Eropa menjadikan resort ini memeiliki tarif yang cukup mahal.

Highland Park Resort berlokasi di Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Highland Park Resort. Selain menyediakan hotel yang berbentuk seperti hotel-hotel di negara Mongolia, pihak resort menyediakan fasilitas lain seperti perosotan, karaoke, kolam renang, lapangan futsal, foot reflexology, flying fox, dan lain sebagainya.

Apabila anda ingin menginap di hotel ini, anda perlu mengeluarkan kocek yang tergolong banyak, yaitu sekitar Rp. 1.500.000,- setiap malamnya. Akan tetapi pengalaman yang anda dapat akan sebanding dengan pengeluaran yang telah anda bayarkan.

5. Curug Cibaliung

Curug artinya adalah air terjun. Salah satu curug yang ada di kota Bogor ini bernama Curug Cibaliung. Curug ini bisa dicapai ketika anda telah melewati Leuwi Cipet dan Leuwi Lieuk selama kurang lebih 30 menit. Curug Cibaliung ini memiliki air yang sangat jernih dan dingin karena kawasannya yang belum banyak terjamah oleh tangan manusia.

Di sekitar Curug Cibaliung, ada batu-batuan yang menjulang tinggi menghiasi pinggiran curug dan terkesan “melindungi” isi curug tersebut. Batu-batuan dan tumbuhan alami menambah kesan asri dari tempat wisata ini.

Apabila anda ingin mengunjungi Curug Cibaliung, anda disarankan untuk datang disaat musim penghujan telah berlalu. Hal ini dikarenakan lokasi curug akan sangat berbahaya ketik musim penghujan tiba. Untuk mengunjungi curug ini, anda diharuskan mengeluarkan uang Rp 15.000,- per orang.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Keluarga Taman Buah Mekarsari Bogor

——

Jika anda ingin mengunjungi kebun raya, anda sebaiknya menyiapkan payung atau jas hujan sebagai pelindung anda dari sengatan sinar matahari atau air hujan yang tiba-tiba turun, mengingat kota Bogor merupakan kota yang sering dilanda hujan.

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!