wahana wisata harga tiket masuk Coban Rondo terbaru

Harga Tiket Masuk Coban Rondo – Malang memang sudah dikenal sebagai kota wisata sejak dulu. Pasalnya, berada di dataran tinggi menjadikan udara di kota Malang sangat sejuk dan sangat pas untuk lokasi wisata keluarga. Hal inilah yang menjadikan Malang sebagai kota dengan daya tarik wisata yang tiada duanya. Nah, salah satu wisata di Malang yang harus kamu kunjungi adalah Air Terjun Coban Rondo.

Coban Rondo merupakan wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun ditemani pemandangan alam yang menyegarkan mata. Selain itu, udara yang sejuk disana dijamin akan menambah kenyamanmu kala berkunjung ke Coban Rondo.

Bagaimana? Apakah masih ragu jika wisata ini cocok bagi kamu yang ingin rekreasi serta menghilangkan penat bersama keluarga? Penasaran dengan berbagai info wisatanya? Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini ya!

Coban Rondo

Coban Rondo

Lokasi dan Rute menuju Coban Rondo

Jika kamu tertarik berkunjung ke wisata alam ini, ada baiknya kamu untuk mengetahui dimana tepatnya lokasi wisata tersebut. Hal ini memungkinkan kamu agar tidak tersesat atau salah alamat.

Wisata air terjun Coban Rondo ini terletak di Jalan Coban Rondo, tepatnya ada di Desa Pandesari, masih termasuk Kecamatan Pujon, Kawasan Kota Batu Malang.

Wisata alam ini bisa ditempuh dari Kota Malang dengan jarak kurang lebih 20 Km dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan jika dari kota Batu, jarak yang harus ditempuh untuk sampai di lokasi ini adalah 12 km dan memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Lalu bagaimana jika kamu ingin mengunjungi Air Terjun Coban Rondo namun berasal dari luar kota dan tidak tahu arah? Pastinya kamu bingung kan bagaimana caranya agar sampai disana? Nah, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengikuti rute berikut ini dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan transportasi umum.

Jika kamu memilih mengendarai kendaraan pribadi dan bertolak dari arah Malang, kamu bisa langsung mengarahkan kendaraanmu menuju ke kota wisata Batu kemudian ikuti petunjuk arah saja yang menuju Pujon.

Biasanya, rute ini juga digunakan oleh bus Malang – Kediri sehingga kamu cukup memastikan saja ada bus atau tidak selama perjalananmu. Setelah di Pujon, ikuti arah hingga kamu menemui pertigaan patung sapi. Dari sana, kamu bisa langsung masuk ke gang sapi dan ikuti rute hingga sampai di gerbang wisata air terjun Coban Rondo.

Tapi jika kamu berecana menggunakan transportasi umum dan berangkat dari luar kota, kamu bisa turun di Malang dan langsung datang ke Terminal Ladungsari.

Kemudian, naiklah bus dengan jurusan Malang – Kediri dan turun di pertigaan patung sapi Pujon untuk melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek hingga tiba di pintu gerbang wisata Coban Rondo. Mudah, bukan?

Sejarah Air Terjun Coban Rondo

Ada sejarah tentang wisata alam ini yang beredar di masyarakat sekitar dan sangat menarik untuk disimak. Sejarah tersebut sejatinya menjelaskan tentang asal-usul nama Coban Rondo yang mana memiliki arti sebagai air terjun janda. Nah, pasti penasaran kan mengapa tempat ini dinamai seperti itu?

Kisah sejarahnya dimulai dari sepasang kekasih bernama Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Dewi Anjarwati merupakan seorang gadis yang berasal dari Gunung Kawi, sedangkan Raden Kusuma adalah seorang pemuda asal Gunung Anjasmoro.

Setelah keduanya resmi menikah, Dewi Anjarwati ingin berkunjung ke rumah suaminya yang ada di Gunung Anjasmoro. Ia pun mengajak suaminya, Raden Kusuma, untuk kesana namun keinginan ini ditentang oleh orang tua Dewi Anjarwati. Pasalnya, pernikahan keduanya belum genap 40 hari dan menurut adat disana, bepergian ketika usia pernikahan belum mencapai 40 hari hukumnya pamali.

Namun, Dewi Anjarwati dan suaminya memasang sikap tidak peduli akan hal itu dan tetap berangkat ke rumah orang tua Raden Baron Kusuma. Ketika ditengah perjalanan, mereka dihadang oleh seorang pemuda yang tidak dikenal bernama Joko Lelono. Pemuda ini lantas terpikat oleh kecantikan Dewi Anjarwati dan jatuh hati padanya. Ia pun berusaha untuk memiliki Dewi Anjarwati dan dengan segala cara ingin merebutnya dari sang suami.

Akhirnya, Joko Lelono dan Raden Baron Kusuma bertempur hebat. Sebelum bertempur, Raden Baron Kusuma meminta istri dan pembantunya untuk melarikan diri ke sebuah coban atau yang dalam bahasa Indonesia berarti air terjun.

Namun ternyata setelah pertempuran selesai, sang suami tak kunjung datang. Hari demi hari, bulan demi bulan, Dewi Anjarwati terus mencemaskan suaminya dan tetap setia menunggunya di air terjun tersebut dengan menyandang status janda. Karena lamanya Dewi Anjarwati berdiam disana, maka coban ini kemudian dinamakan Coban Rondo atau yang juga bisa dipanggil air terjun janda.

Nah, itu tadi sejarah singkat dari air terjun Coban Rondo yang ternyata memiliki kisah pilu tersembunyi dibaliknya. Tahukah kamu, dari kisah tersebut beredar mitos di masyarakat sekitar yang mempercayai jika sepasang kekasih yang datang ke air terjun tersebut, maka pada akhirnya mereka akan putus?

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Taman Selecta Batu Malang yang Menawan

Wahana dan Fasilitas Air Terjun Coban Rondo

Eits… tapi tidak perlu takut kesana. Pasalnya di balik mitos yang menakutkan itu, Coban Rondo menyimpan daya tarik menarik yang sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya menikmati air terjun saja, disana kamu juga bisa melakukan aktivitas seru seperti beberapa contoh dibawah ini :

1. Menikmati Indahnya Air Terjun dan Sungai Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari air terjun yang menjulang tinggi dengan sungai yang mengalir dibawahnya di kawasan wisata ini. Pengunjung bisa bermain air lantaran sungainya yang begitu jernih serta suhunya yang menyejukkan.

Kamu juga bisa hanya sekedar duduk menikmati suasana di beberapa gazebo sekitar air terjun disana. Berusahalah menyatu dengan alam sembari mendengarkan suara air terjun, dijamin kamu akan merasa sangat tenang. Tidak hanya itu saja, jangan lupa berfoto untuk mengabadikan momen berharga ini bersama keluarga.

2. Bermain di Taman Labirin Coban Rondo

Taman Labirin Coban Rondo

Taman Labirin Coban Rondo

Taman Labirin merupakan sebuah taman yang dibuat dari tanaman yang tinggi dan berbentuk sebuah labirin. Taman labirin sendiri adalah salah satu fasilitas baru yang langsung populer sebagai salah satu spot foto hits di Malang lho.

Selain bisa masuk dan mengeksplor taman Labirin untuk menemukan pusatnya, pengunjung juga bisa berfoto-foto disana. Mau spot lebih menarik? Kamu bisa memotret labirin dari atas dengan cara naik ke menara pandang di atas pintu gerbang tiket taman tersebut. Cukup membayar tiket sebesar 10 rupiah saja, maka kamu sudah bisa bermain di Taman Labirin disana.

3. Bermain Outbond di Coban Rondo

Outbond Coban Rondo

Outbond Coban Rondo

Selain bermain di taman Labirin, pengunjung juga bisa bermain outbond di tempat wisata ini. Ada beberapa fasilitas outbond yang menyenangkan yang bisa dicoba, mulai dari Fun Tubing, Paint Ball, Flying Fox, Sepeda Gunung hingga Camping Ground.

Fun Tubing Coban Rondo

Fun Tubing Coban Rondo via Sportourims.id

Untuk menikmati semua fasilitas tersebut, kamu akan dikenakan tarif yang berbeda antar fasilitas. Fun Tubing misalnya, kamu perlu membayar dengan harga 35 ribu rupiah untuk wahana yang berbau air dan identik dengan basah-basahan ini.

Fun Tubing sendiri dilakukan dengan berenang menyusuri sungai dengan menggunakan ban pelampung. Ketika menikmati wahana ini, peserta akan diberi perlengkapan seperti ban dan baju pelampung.

Ada juga permainan paint ball yang bisa pengunjung coba. Permainan ini berupa simulasi perang-perangan antar tim dengan anggota 6 orang per tim.

Pengunjung dijamin akan merasakan layaknya sedang berperang sungguhan saat melakukan aksi baku tembak dengan lawan.

Alat yang dipakai berupa senapan mainan yang diisi dengan peluru karet. Dalam permainan ini, peserta akan dilengkapi dengan baju pelindung dan beberapa alat pelindung lainnya. Cukup membayar sebesar 450 ribu rupiah untuk 150 peluru saja, kamu sudah bisa merasakan sensasi rasanya berperang.

Jika kamu takut untuk berperang, kamu bisa mencoba keseruan meluncur di udara dari ketinggian. Di permainan flying fox kamu akan dibawa meluncur dengan kecepatan tinggi dari satu pos tinggi ke pos yang lebih rendah.

Wahana permainan ini memasang tarif sebesar 30 ribu rupiah saja. Selain itu, pengunjung bisa mencoba keseruan berkeliling dengan menggunakan sepeda gunung yang bisa disewa dengan harga 5 ribu rupiah. Kamu juga bisa berkemah di bumi perkemahan Coban Rondo dalam wahana Camping ground. Menarik, bukan?

4. Wahana Satwa dan Kebun

Wahana Satwa dan Kebun

Wahana Satwa dan Kebun

Tidak hanya wahana permainan buatan saja yang bisa nikmati di Coban Rondo, namun ada wahana yang bisa mengajak pengunjung lebih dekat dan mengenal alam, yakni wahana satwa dan kebun.

Wahana ini menyediakan wisata flora dan fauna yang mana pengunjung bisa menikmati bagaimana khasiat dari tanaman toga serta bagaimana cara yang benar dalam membudidayakan tanaman keluarga ini. cukup dengan biaya 5 ribu rupiah saja, kamu bisa mempelajari semuanya.

Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi memberi makan rusa. Kegiatan ini juga dibanderol sebesar 5 ribu rupiah saja per orangnya. Di wahana ini juga tersedia outbond untuk anak-anak yang dijamin akan membuat anak kamu lebih betah disana.

Ada juga persewaan kuda poni yang bisa dinaiki oleh anak-anak. Tidak perlu khawatir, karena ada petugas yang akan membimbing jadi sudah pasti keamanannya terjamin. Tak hanya itu, pengunjung bisa menikmati wisata petik apel sekaligus ikut menikmati lezatnya apel malang yang fresh langsung dari kebunnya.

Bagaimana? Tempat ini sangat cocok untuk wisata anak dan keluarga, khususnya untuk megajarkan anak agar lebih peduli dan mencintai binatang, bukan?

5. Dancok Cafe (Daun cokelat Cafe) Coban Rondo

Dancok Cafe

Dancok Cafe

Di dalam kawasan wisata Coban Rondo, ada salah satu lokasi nongkrong yang memiliki konsep dekat dengan alam. Cafe tersebut dinamai Dancok Cafe Coban Rondo alias Daun Cokelat. Cukup membayar seharga Rp 2.500 saja, kamu bisa masuk ke kawasan ini.

Tiket masuk tersebut tidak termasuk dengan harga makanan dan minuman yang dijual secara terpisah disana. Selain berwisata kuliner, pengunjung yang kesana kebanyakan juga ingin ngadem saja dan sekedar berfoto-foto lantaran café ini sejuk dan memiliki desain yang terbilang menarik. Penasaran, ya?

Oh ya, tidak ketinggalan dari café dan beberapa tempat nongkrong hits disana, Coban Rondo ternyata juga menyediakan tempat untuk banyak warung-warung penjaja makanan murah nan enak yang tentunya digemari wisatawan. Banyak menu yang dijual, mulai dari makanan, minuman hangat, hingga jagung bakar.

Jangan lewatkan juga: 76 Tempat Makan Enak di Malang

Selain beberapa wahana dan aktivitas seru diatas, Coban Rondo juga menyediakan beberapa fasilitas untuk pengunjung, diantaranya seperti mushola untuk beribadah, toilet dan area parkir kendaraan. Selain itu, ada juga toko oleh-oleh yang tersedia di sekitar kawasan wisata ini.

Beberapa outlet pertokoan ini menjual berbagai  oleh-oleh khas Coban Rondo yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk relasi atau kerabat. Sekalian promosi, bukan? Maka dari itu, jangan ragu lagi dan segera saja mampir ke pertokoan yang berada di sekitar kawasan wisata air terjun Coban Rondo ini untuk mendapatkan berbagai souvenir, pernak-pernik serta jajanan khasnya.

Nah, jika pengunjung merasa lelah dan ingin beristirahat serta menginap, maka pengunjung bisa datang ke penginapan atau villa di sekitar Coban Rondo. Untuk penginapan terdekat dari lokasi wisata bisa di dapatkan di daerah Songgoriti yang berlokasi sekitar 5–8 km jauhnya.

Harga penginapan yang dipatok di daerah tersebut bisa dibilang cukup terjangkau, yaitu mulai dari 150.000 rupiah per malam. Selain itu, ada juga beberapa villa di sekitar wisata yang bisa kamu sewa dengan keluarga. Harga yang ditawarkan untuk menyewa villa tersebut sangatlah murah, yakni mulai dari 1 jutaan saja semalamnya. Bagaimana? Kamu lebih nyaman di hotel atau villa nih?

Artikel terkait: Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Harga Tiket Masuk Coban Rondo

Sebelum berkunjung ke wisata yang terkenal ini, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu dong berapa sih harga tiket masuk Coban Rondo yang sebenarnya. Nah, untuk itu, mari kita simak saja ulasan berikut ini!

Harga untuk bisa masuk kawasan wisata alam ini cukup terjangkau sekali. Pasalnya, kamu sebagai wisatawan lokal cukup membayar tarif sebesar 15 ribu rupiah di hari biasa dan 18 ribu rupiah untuk akhir pekan. Bagaimana?

Dengan harga yang murah, kamu bisa menikmati keindahan alam yang asri dan sejuk, bukan? Selain harga tiket tersebut, pengelola wisata Coban Rondo juga menerapkan harga tiket masuk dibagi menjadi 2, yakni harga tiket untuk wisatawan lokal seperti yang sudah disebutkan, serta harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara.

Untuk WNA, kamu akan dikenakan tarif sebesar 25 ribu rupiah untuk hari biasa dan 30 ribu rupiah untuk akhir pekan. Masih cukup terjangkau, bukan? Tentunya sebagai pengingat saja, harga tiket masuk tersebut hanya untuk masuk kawasan wisata Coban Rondo dan untuk menikmati air terjunnya saja ya.

Nah, pastinya sudah mantab dong dalam memilih wisata air terjun Coban Rondo ini sebagai tujuan wisatamu. Selain sebagai pilihan yang tepat, tempat wisata ini dijamin akan memberikanmu kebahagiaan lantaran menyajikan keindahan alam ciptaan Tuhan yang akan menyihir mata siapapun yang memandangnya. Kawasan wisata ini juga didukung dengan udara yang sangat sejuk lantaran lokasinya berada di daerah pegunungan.

Berikut ini daftar harga tiket masuk dan wahana yang tersedia:

Harga Tiket Masuk Coban Rondo

Harga Tiket Masuk Coban Rondo

Demikian info wisata dan harga tiket masuk Coban Rondo yang patut kamu simak untuk persiapan liburanmu. Ulasan ini juga dilengkapi dengan info pendukung seperti sejarah, lokasi wisata, wahana yang disediakan, rute menuju ke lokasi dan juga fasilitas yang ada disana. Semoga bisa membantu dalam merencanakan liburan ya!

Kunjungi juga yuk: Info Wisata & Harga Tiket Masuk Museum Angkut Terbaru

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!