Liburan Seru ke Gembira Loka Zoo

Harga Tiket Masuk Gembira Loka – Berbicara tentang wisata Jogja, tidak hanya melulu soal pantai atau sejarahnya saja. Jogja merupakan salah satu kota yang memiliki tempat-tempat wisata yang memiliki kekhasan tersendiri dan belum banyak diketahui banyak orang. Terletak di pusat kota tepatnya di kawasan Kotagede, mungkin ada yang belum tahu jika Jogja memiliki kebun binatang yang bernama Gembira Loka.

Gembira Loka adalah kebun binatang terbesar yang berada di Jogja dan berdiri pada tahun 1933 ketika pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Kebun binatang ini mulai dilirik oleh para pecinta binatang sejak pembukaannya lho.

Berdiri diatas tanah seluas 20 hektar dimana setengah dari luas tersebut dijadikan kawasan hutan lindung, Gembira Loka menjelma menjadi Kebun binatang dengan beragam spesies penghuninya. Sebut saja hewan Asia, Eropa, Amerika, Eurasia bahkan sampai Afrika bisa kamu lihat disana.

Sayangnya, kawasan kebun binatang ini sempat rusak parah karena Gempa yang terjadi di Jogja pada tahun 2006 silam. Namun tidak lama setelah itu, kawasan ini direnovasi kembali dan percaya atau tidak, Gembira Loka tetap mencadi destinasi wisata incaran pengunjung lokal maupun mancanegara. Penasaran kira-kira info wisata apa saja yang ada disana? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Speedboad Adventure

Speedboad Adventure

Alamat dan Rute Menuju Kebun Binatang Gembira Loka

Bagi kamu yang berencana untuk mengunjungi Gembira Loka, tentunya kamu harus tahu dimana letak wisata ini. Kamu tidak perlu khawatir ataupun takut akan sulit menemukannya. Pasalnya, lokasi Kebun binatang Gembira Loka ini terletak tidak jauh pusat kota dan hanya perlu menempuh waktu sekitar 20 – 30 menit saja dari pusat kota untuk sampai disana.

Gembira Loka beralamatkan di Jalan Raya No. 2, Kawasan Warungboto, Daerah Umbulharjo, Yogyakarta. Kamu tidak perlu bingung dengan rute mana yang harus kamu tempuh agar sampai disana. Pasalnya, kamu bisa datang dari berbagai arah lantaran lokasinya yang dekat pusat kota. Tapi sebagai informasi saja, kamu bisa mencermati rute berikut ini jika ingin sampai kesana :

  • Arah Jogja – Solo

Nah, jika kamu datang dari Jalan Jogja – Solo, kamu hanya perlu mengambil arah ringroad selatan sampai kamu menemukan lampu merah blok O. Selanjutnya dari lampu merah blok O, kamu belok ke kanan atau barat hingga sampai di JEC (Jogja Expo Center).

Dari sana, kamu lurus terus sampai lampu merah. Setelahnya, kamu ambil jalur ke kanan terus dan berjalan sampai menemukan pertigaan masuk area parkir wisata. Mudah, bukan?

  • Arah Malioboro atau Tugu Jogja

Jika kamu dari arah barat seperti Malioboro atau Tugu Jogja, kamu bisa melalui Jalan Kusumanegara atau pabrik SGM. Dari sana, ke arah timur sekitar 200 meter, kamu akan menemukan jembatan. Dari jembatan tersebut, kamu tinggal belok ke kanan hingga kamu tiba di area parkir Kebun binatang Gembira Loka.

Kamu bisa mengunjungi Kebun binatang Gembira Loka dengan arahan seperti yang sudah di jelaskan. Kamu hanya perlu mengarahkan kendaraan sesuai rute tersebut dan dijamin kamu tidak akan tersesat.

Fasilitas di Gembira Loka

Kebun binatang yang terletak di lereng Gunung Merapi ini sangatlah memanjakan pengunjung. Pasalnya, pihak pengelola berusaha untuk menyediakan segala fasilitas memadai yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Mulai dari toilet, mushola area parkir yang cukup luas, hingga pawang yang berlisensi nasional dan guide yang cakap berbahasa asing serta bersertifikasi resmi dari pemerintah tersedia disana. Bagaimana pengunjung tidak merasa nyaman dan aman jika diberi kemudahan seperti ini, bukan?

Salah satu fasilitas yang juga tidak kalah penting disana adalah Central service. Fasilitas ini dirasa sangat berguna ketika pengunjung kehilangan arah ataupun sedang mencari kerabatnya yang tidak bisa ditemukan.

Tentunya mustahil bagi pengunjung untuk berkeliling kebun binatang yang luas ini untuk mencari kerabatnya yang hilang. Maka dari itu, keberadaan central service sangatlah penting dan juga dibutuhkan untuk kawasan wisata seperti kebun binatang.

Disini juga disediakan akses Wi-Fi untuk internet bagi mereka yang ingin berinternet gratis. Memang biasanya tempat wisata yang berdekatan dengan gunung ataupun hutan akan membuat akses sinyal buruk pada operator tertentu, tapi dengan fasilitas penunjang seperti Wi-Fi, tentunya para pengunjung bisa lebih enjoy kala berselancar di tempat ini.

Jadi, kalian yang suka membuat postingan seperti story di media sosial, tidak perlu khawatir susah sinyal. Selain bisa pamer dengan liburanmu, kamu juga bisa turut andil dalam mempromosikan wisata dalam negeri lho. Senang, bukan?

Bagi para ibu yang membawa balita, jangan khawatir akan kelelahan menggendong anak. Pasalnya, Gembira Loka sudah menyediakan stroller bayi yang bisa digunakan pengunjung secara gratis. Ada juga kursi roda yang bisa digunakan bagi mereka yang membutuhkan.

Apabila kamu merasa lelah untuk berkeliling kompleks kebun binatang ini, ada transportasi yang bisa kamu gunakan lho. Harga yang harus dibayar ketika menaiki transportasi tersebut sangat murah, yakni hanya sebesar Rp 8.000 untuk satu stop dan Rp 25.000 untuk multi stop.

Jika kamu lapar dan membutuhkan makanan, Gembira Loka juga dilengkapi dengan fasilitas resto atau foodcourt yang bisa kamu datangi kapan saja.

Disana, kamu akan dimanjakan dengan berbagai jenis makanan dan minuman yang akan membuat lidah kamu bergoyang. Selain itu, kamu juga akan menemukan kios yang berjejer di pintu keluar. Kios-kios tersebut menjual berbagai makanan hingga pernak-pernik yang bisa dijadikan buah tangan.

Nah, bagi kamu yang suka berfoto, disini tersedia jasa poto plus cetak secara langsung lho. Hanya dengan membayar 20 ribu saja, kamu sudah bisa mendapatkan poto yang sudah berupa cetakan ditambanh dengan bingkai yang cantik. Menarik, bukan?

Kunjungi juga: Objek Wisata Alam Telaga Biru Jogja Nan Eksotis

Aktivitas Seru di Gembira Loka

Setelah membahas berbagai macam fasilitas, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas aktivitas-aktivitas seru yang bisa dilakukan di dalamnya. Kira-kira wahana apa saja yang bisa dicoba disana?

Layaknya kebun binatang pada umumnya, sajian utama Gembira Loka tentunya adalah keanekaragaman satwa liar seperti mamalia, reptil, apes, amfibi, hingga pisces yang diletakkan dalam kandang jeruji besi atau pagar tembok dan kayu.

Gembira Loka juga memiliki koleksi menarik lainnya berupa binatang kering dan sudah diawetkan yang ditempatkan pada ruangan khusus menyerupai museum. Tidak hanya bisa ditonton saja, satwa-satwa di Kebun Binatang Gembira Loka juga bisa diajak berinteraksi dengan manusia. Nah, hewan apa saja yang bisa berinteraksi disana? Check this out!

1. Onta Tunggang

Onta Tunggang

Onta Tunggang

Onta tunggang dapat dijumpai di area utara Gembira Loka Zoo, bersebelahan dengan kandang kuda nil. Kandang binatang ini didesain dengan mengusung tema seperti Timur Tengah. Pengunjung dapat merasakan sensasi menarik dari naik onta tunggang yang melintas di padang pasir khas Timur Tengah sambil berfoto di depan replika piramid.

2. Petting Zoo

Petting Zoo

Petting Zoo

Petting zoo merupakan area yang memungkinkan wisatawan berinteraksi dengan satwa-satwa jinak seperti kambing Etawa, keledai, domba Batur, kuda poni, kelinci Jawa, kelinci German Giant, marmut, ayam Brahma, kura-kura Sulcata, hingga kura-kura Emys. Satwa-satwa ini masuk dalam jenis pet animal atau hewan peliharaan yang aman dari penyakit karena satwa disini dirawat secara higienis dan steril.

3. Zoo Express

Zoo Express

Zoo Express

Zoo express adalah wahana yang berupa kereta mini dan terdiri dari 2 gerbong dengan kapasitas masing-masing 12 orang anak-anak. Zoo Express melintasi rel kereta api yang dilengkapi dengan tikungan, tanjakan, serta terowongan dengan panjang lintasan kurang lebih 300 m.

Wahana ini berada tepat di tengah area taman bermain Gembira Loka dan menggunakan tematik Amerika di zaman Old West Town.

4. Ninebot

Ninebot

Ninebot

Ninebot merupakan wahana semacam Self Balancing Electric Scooter dengan dua roda yang posisinya di kanan-kiri. Pengunjung dapat berdiri seimbang pada saat posisi mesin hidup dan bisa dikendalikan. Wahana ini bisa digunakan pengunjung baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Ninebot ini hanya bisa digunakan untuk satu orang dan dikendalikan menggunakan dengan gerakan kaki.

5. Kolam Sentuh

Kolam Sentuh

Kolam Sentuh

Kolam sentuh adalah wahana yang memungkinkan anak-anak dan wisatawan dewasa untuk bermain dengan gembira karena bisa menyentuh dan mencari ikan di sebuah kolam tanpa dipungut biaya alias gratis. Wahana ini akan membuat pengunjung senang karena keseruannya.

6. Gajah Tunggang

Gajah Tunggang

Gajah Tunggang

Gajah tunggang sama halnya seperti Onta Tunggang. Wahana ini memberikan sensasi kepada pengunjung tentang bagaimana rasanya naik gajah dengan berjalan pelan mengelilingi arena. Jika kamu tertarik, kamu akan dikenakan biaya sebesar 25 ribu rupiah saat mencobanya.

Skuter Air

Skuter Air

Tidak hanya itu, Gembira Loka juga menyediakan wahana menarik lainnya, seperti Kolam Tangkap, Terapi Ikan, Perahu Kayuh, dan Skuter Air. Ada pula wahana atraksi dan interaksi, misalnya Gembira Loka Bird Show, Interaksi Reptile, Presentasi dan Edukasi Satwa. Ada pula wahana Feeding Time Satwa, misalnya saja memberi makan simpanse, ular, burung pecuk, dan arapaima.

Perahu Katamaran

Perahu Katamaran – 10.000 @ orang

Bumper Boat

Bumper Boat – Rp. 20.000 per perahu

Harga Tiket Masuk Gembira Loka

Sebelum kamu berkunjung kesana, ada baikya kamu mengetahui jam buka dan harga tiket masuk Gembira  Loka. Kebun Binatang ini buka mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB setiap harinya. Harga yang ditawarkan kebun binatang ini bisa dibilang terjangkau. Hanya dengan 35 ribu rupiah di akhir pekan dan 30 ribu rupiah di hari biasa per orangnya, kamu sudah bisa menikmati berbagai suguhan wahana di dalamnya.

Harga Tiket Masuk Gembira Loka Zoo Terbaru

Harga Tiket Masuk Gembira Loka Zoo Terbaru

Ada juga beberapa paket yang ditawarkan yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja tiket rombongan untuk berbagai macam golongan. Rombongan SLB atau Panti Asuhan akan diberikan potongan harga mencapai 50%, sedangkan untuk rombongan tingkat sekolah seperti KB/PAUD akan diberikan diskon sebesar 25%. Sementara SD sampai SMA/ Sederajat = 15%.

Beda lagi untuk rombongan mahasiswa atau umum, potongan harga yang ditawarkan hanya berkisar 10% saja. Potongan harga ini diberikan kala rombongan sudah memenuhi syarat minimum, yakni jumlah rombongan minimal 25 orang. Jadi jika rombonganmu tidak ada 25 orang, maka kamu tidak akan mendapat potongan harga.

Ada 3 Jenis pembelian

  • Tiket Masuk saja, hari biasa 30rb dan untuk hari sabtu, minggu, atau hari libur 35rb
  • Tiket Terusan Perahu Katamaran untuk rombongan (Harga Tiket + 5rb)
  • Tiket Paket Hemat Kataring (Perahu Katamaran dan Kereta Keliling) (Harga Tiket + 25rb)

Keuntungan dari Tiket No.2 dan No.3 harga lebih murah dan tidak perlu antri tiket lagi.

Contact Manajemen

: +62-274-373861
 : +62-812-2266-2290
   : [email protected]

Artikel terkait: Objek Wisata Istana Air Taman Sari Jogja

Tips Liburan ke Gembira Loka

Setelah mengetahui berbagai macam info wisata, tentunya tidak lengkap jika kamu tidak menyiapkan tips liburan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan lho agar kegiatanmu disana aman dan menyenangkan.

Selain untuk bekalmu dalam mengunjungi sebuah kebun binatang, mengikuti sajian tips liburan juga bermanfaat dalam menjaga keselamatan diri sendiri. Semua orang pasti tidak mau kan, jika momen yang seharusnya menyenangkan harus berubah menjadi menyeramkan. Maka dari itu, perhatikan hal-hal berikut ini untuk menghindari hal yang tidak dinginkan!

Membawa Minum

Meskipun sepele dan hanya air minum, hal sekecil ini tidak boleh lupa dari ingatan anda ketika berkunjung ke kebun binatang. Pasalnya minum adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi ketika sedang haus. Kamu harus membawa air minum untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu kamu kehausan ketika berkeliling di kebun binatang.

Memakai Baju dan Alas Kaki yang Nyaman

Pemilihan baju atau kostum sangat penting saat berlibur ke kebun binatang. Pakailah pakaian yang menurutmu nyaman dan tidak ribet ketika digunakan berjalan menyusuri kawasan kebun binatang.

Disarankan memakai baju yang menutupi semua area tubuh karena ditakutkan akan ada serangga yang menggigit lantaran kawasan tersebut terletak di dekat hutan.

Jangan memakai dress yang berumbai rumbai yang bisa memungkinkan ditarik oleh hewan ketika sedang berjalan-jalan. Lebih baik gunakan celana saat berkunjung ke kebun binatang agar lebih leluasa berjalan.

Selain itu gunakan alas kaki atau sepatu yang nyaman juga. Gunakan sepatu yang menutupi area kaki agar lebih aman. Jangan gunakan heels ataupun wedges ketika berkunjung di kebun binatang, tentunya hal ini akan menyulitkan kamu ketika mennyusuri area disana.

Jaga Jarak Aman dengan Kandang Binatang

Hal yang paling penting saat di kebun binatang adalah jaga aman dari kandang binatang. Hal ini di lakukan untuk menjaga keselamatan anda saat berkunjung ke kebun binatang. Di setiap kandang biasanya sudah disediakan batas aman dimana pengunjung bisa berinteraksi dengan binatang di dalam kandang.

Jangan pernah melewati batas tersebut karena kita tidak tahu kondisi binatang disana. Bisa-bisa kita diterkam karena binatang tersebut merasa terganggu karena kedatangan kita.

Mencoba Wahana Baby Zoo

Sekarang hampir diseluruh kebun binatang akan disediakan wahana baby zoo atau kebun binatang yang berisikan anak dari hewan. Disana, kamu bisa melihat tingkah lucu dari satwa mungil tersebut. Biasanya juga disediakan banyak atraksi seperti menunggangi kuda poni, anak harimau, anak macan dan sebagainya. Tidak perlu khawatir karena disana akan ditemani oleh sang keeper.

Jangan Memberi Makan Kepada Satwa Selain Feeding Time

Di setiap kandang pasti sudah diingatkan untuk tidak memberi makan satwa sembarangan. Hal itu perlu dilaksanakan dan diingat oleh para pengunjung agar kelestarian satwa di kebun binatang terjaga. Jika pengunjung memberi makan satwa dengan sembarangan, satwa tersebut bisa saja sakit bahkan bisa mati.

Sangat disayangkan bukan jika satwa yang dimaksud adalah satwa langka. Jadi pengunjung harus sadar akan hal tersebut dan lebih baik cari tahu waktu feeding time mereka.

Jangan Lupa Membawa Kamera

Dizaman yang sudah modern ini, dokumentasi atau mengabadikan moment penting adalah salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan ketika berlibur. Jadi pastikan kamu membawa kamera untuk mengambil foto ya.

*****

Demikian mengenai info wisata dan harga tiket masuk Gembira Loka yang dilengkapi dengan tips yang bisa dicoba ketika berkunjung kesana. Semoga info tersebut bisa membantumu dalam mencari referensi tempat wisata. Selamat berkunjung dan selamat berlibur!

Kunjungi juga yuk: wahana Seru & Info Harga Tiket Masuk Jogja Bay

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!