Mengenang Jejak Perjuangan Ki Hajar Dewantara Melalui Wisata Taman Siswa

Taman Siswa – Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan seorang tokoh yang bernama Ki Hajar Dewantara. Dimana sosok Ki Hajar Dewantara ini sangat erat dengan dunia pendidikan Indonesia.

Bahkan tanggal kelahiran Ki Hajar Dewantara yaitu 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagi anda yang pernah berkunjung ke Yogyakarta mungkin pernah mengunjungi Taman Siswa.

Sebetulnya Taman Siswa merupakan rumah pertama Ki Hajar Dewantara yang saat ini dijadikan sebagai Museum Taman Siswa. Rumah inilah yang menjadi saksi perjuangan Ki Hajar Dewantara untuk pendidikan di tanah air. Tak heran jika wisata Taman Siswa banyak diminati terutama oleh para pelajar.

Bagi anda yang penasaran dengan sosok Ki Hajar Dewantara maka bisa mempelajari sekilas mengenai perjuangan beliau untuk dunia pendidikan.

Perjuangan tersebut dimulai dengan memberikan kritik terhadap sistem pendidikan di zaman kolonialisme yang hanya mengizinkan anak-anak kaum ningrat, priyayi dan keturunan Belanda yang berhak bersekolah. Atas kritiknya tersebut, Ki Hajar Dewantara akhirnya diasingkan ke Belanda.

Sepulang dari pengasingan tersebut Ki Hajar Dewantara akhirnya mendirikan perguruan Nasional yang diberi nama Taman Siswa.

Sejak saat itu pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan hingga saat ini, Pada tahun 1938, Ki Hajar Dewantara meminta supaya kediaman pribadinya disulap menjadi museum untuk menyimpan berbagai benda bersejarah maupun catatan-catatan.

Dengan demikian museum tersebut kini menjadi Museum Taman Siswa yang menjadi salah satu destinasi wisata edukasi di Yogyakarta. Wisata Taman Siswa sangat cocok untuk para pelajar yang ingin menambah wawasan seputar sejarah pendidikan di Indonesia.

Pendopo Taman Wiswa via psikologiustjogja

Pendopo Taman Wiswa via psikologiustjogja

Lokasi Wisata Taman Siswa

Loading...

Bagi anda yang berencana ingin menyaksikan secara lebih dekat berbagai peninggalan bersejarah dunia pendidikan di Indonesia maka bisa datang ke Taman Siswa yang berada di Jalan Taman Siswa Nomor 31, Mergangsan, Yogyakarta.

Lokasi wisata museum yang satu ini dahulu memang merupakan kediaman Ki Hajar Dewantara yang telah diubah menjadi museum atas permintaan Ki Hajar Dewantara.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Alam Telaga Biru Jogja Nan Eksotis dan Menggoda

Rute Menuju Museum Taman Siswa

Untuk menuju ke Museum Taman Siswa anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Namun lebih mudah jika anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor sebab lebih mudah untuk menjangkau dan tidak perlu repot berganti kendaraan.

Menuju ke lokasi Taman Siswa, anda bisa memulai perjalanan dari pertigaan Taman Siswa Jalan Kusumanegara untuk menuju ke arah selatan kurang lebih sekitar 200 meter.

Lokasi Museum ini berada satu kompleks dengan Gedung Taman Siswa yang berada di sisi jalan sebelah timur atau kiri jalan dari pertigaan. Selain menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menuju taman tersebut menggunakan bis yang sudah melewati Jalan Taman Siswa.

Aktivitas Seru Berada di Dalam Taman Tersebut

Setelah tiba di kawasan wisata, anda akan disambut dengan bangunan museum di kompleks Taman yang terlihat masih berdiri kokoh dan menyimpan berbagai benda bersejarah. Tentunya anda tak boleh melewatkan kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas seru di taman tersebut.

Taman Siswa

Taman Siswa

Dimana aktivitas seru tersebut dijamin tak hanya bisa memberikan hiburan namun juga menambah wawasan dan pengetahuan anda. Beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan saat berada di Museum Taman Siswa diantaranya :

  1. Saat berada di museum Taman Siswa ini anda bisa menyaksikan secara langsung karya-karya serta rekaman pernjuangan Ki Hajar Dewantara. Bahkan terdapat pula kronoligi kisah hidup Ki Hajar Dewantara mulai dari usia muda hingga wafat yang diabadikan dalam museum ini. Melalui benda-benda serta foto-foto yang terdapat di dalam museum maka anda bisa mengetahui biografi Ki Hajar Dewantara secara lebih jelas.
  2. Di dalam museum Taman Siswa juga terdapat perpustakaan yang bisa anda gunakan untuk membaca dan mendalami hal-hal yang berkaitan dengan Ki Hajar Dewantara. Tentunya dengan membaca berbagai buku yang tersimpan rapi di dalam perpustakaan maka anda bisa mengetahui buku-buku bersejarah yang dahulu merupakan koleksi Ki Hajar Dewantara.
  3. Museum ini juga menyimpan berbagai koleksi yang menunjukkan kehidupan sehari-hari Ki Hajar Dewantara. Dimana koleksi tersebut antara lain berupa kamar pribadi Ki Hajar Dewantara, buku-buku berbahasa Belanda serta peralatan pribadinya. Diketahui jumlah koleksi di dalam museum ini mencapai sekitar 3.000 buah yang meliputi naskah, foto, perabot rumah tangga, buku, majalah dan surat-surat. Bahkan terdapat pula koleksi yang paling termuda berupa syair karya dari Koh Hwat seorang keturunan Tionghoa pada tahun 2003 lalu.

Beberapa Fasilitas di Kawasan Taman Siswa

Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik yang terdapat di Yogyakarta, tentunya menjadikan pihak pengelola taman berupaya memberikan fasilitas terbaik untuk wisatawan. Dimana fasilitas yang disediakan antara lain pendopo, tempat parkir, perpustakaan, toilet dan mushola.

Untuk anda yang ingin beristirahat lebih lama maka terdapat beberapa rumah makan di sekitar taman tersebut yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Jangan lewatkan juga: Jalan Malioboro Jogja, Tempat Wisata Paling Melegenda dan Mendunia

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Siswa

Kabar gembira untuk anda yang ingin berkunjung ke objek wisata ini bahwa untuk memasuki kawasan objek wisata edukasi ini para wisatawan tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis.

Tentu hal ini sangat menguntungkan terutama kalangan pelajar yang memang ingin berwisata sambil menambah wawasan seputar sejarah pendidikan di Indonesia. Namun perlu anda ketahui bahwa jam buka museum ini untuk hari Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu adalah pukul 08.00-13.00WIB, hari Jumat pukul 08.00-11.00 WIB dan tutup di hari Minggu.

Penginapan di Sekitar Objek Wisata

Bagi anda yang merupakan wisatawan yang berasal dari luar wilayah Yogyakarta mungkin ingin menikmati suasana di kawasan taman  secara lebih lama.

Tak perlu khawatir sebab di sekitar kawasan wisata ini terdapat banyak penginapan mulai dari homestay hingga hotel berbintang. Masing-masing penginapan tersebut menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman untuk wisatawan yang ingin menginap.

Pastinya harga yang ditawarkan juga disesuaikan dengan fasilitas yang disediakan. Tetapi untuk masalah harga sewa penginapan tersebut anda tak perlu khawatir.

Sebab harga sewanya berkisar mulai 100 ribu rupiah hingga 500ribu rupiah permalam sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Untuk anda yang ingin berwisata ke sana sambil menginap bisa menjadi pilihan yang tepat supaya anda bisa menikmati serunya berlibur di Jogja bersama dengan keluarga tanpa menguras kantong.

Itulah beberapa informasi mengenai taman terpelajar untuk mengenang sejarah perjuangan Ki Hajar Dewantara yang bisa menambah wawasan anda.

Bagi anda yang ingin mengajak buah hati untuk berlibur sambil belajar maka berwisata ke Taman Siswa merupakan pilihan yang tepat. Terlebih ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan dan ditunjang pula oleh fasilitas yang lengkap serta nyaman sehingga sangat cocok untuk mengisi libur akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Istana Air Taman Sari Jogja nan Cantik

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!