Liburan Seru ke Objek Wisata Gili Trawangan Lombok Utara

Gili Trawangan Lombok – Siapa sih yang tidak kenal dengan Gili Trawangan. Objek wisata di Lombok yang sudah mendunia ni memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bahkan keindahannya melebihi keindahan pulau dewata Bali.

Dalam bahasa Indonesia, gili berarti pulau. Nah, menurut wikiepdia, Gili Trawangan sendiri merupakan yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Pulau ini sendiri memiliki panjang sekitar  3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa.

Jangan lewatkan juga: Liburan Seru ke Pantai Kuta Lombok Nan Cantik

Disini anda tidak akan menemukan kendaraan bermotor, karena memang sudah menjadi aturan masyarakat. Disini wisatawan bisa menyewa sepeda untuk berkeliling. Wah, pasti sangat asri sekali disini ya, tidak ada polusi, udara juga pasti masih sangat segar.

Dunia Malam Gili Trawangan

Dunia Malam Gili Trawangan

Lokasi Gili Trawangan

Untuk lokasi, Gili Trawangan ini ada di kecamatan Pemenang, kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat ternyata objek wisata gili trawangan ini merupakan salah satu destinasi favorit dunia yang mampuh suguhkan pengalaman wisata bahari yang luar biasa menyenangkan. Destinasi satu ini jauh sekali dari keramaian kota, sehingga mampu memberi lanskap pantai yang menawan, dan keindahan alam bawah lautnya yang sungguh sangat mempesona.

Dilihat secara administrative, objek wisata gili trawangan tersebut ada di wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat dan ada di arah barat laut Pulau Lombok. Gili trawangan ini sebetulnya merupakan pulau kecil sepanjang 2 km dan mempunyai lebar sekitar 1.5 km.

Anda bisa berkeliling pulau yang indah ini hanya dengan berjalan kaki kurang lebih selama 2 jam. Dan berikut ini akan kami rangkumkan beberapa spot menarik di objek wisata gili trawangan Lombok yang harus Anda tahu.

Spot Menarik di Objek Wisata Gili Trawangan Lombok

Kontur pantai yang berada di gili trawangan ini memang tak jauh berbeda dengan wisata pantai lainnya di Lombok, yakni mempunyai hamparan pasir putih yang lembut dan bersih, serta panorama pantainya yang begitu indah banget. Air laut di gili trawangan ini juga sangat jernih, bahkan kaya akan biota lautnya. Dari pesisir pantai, Anda bisa bersantai sambil menikmati megahnya gunung rinjani dan juga gunung agun dari kejauhan. Ini sungguh jadi pemandangan yang amazing.

Salah satu kegiatan paling difavoritkan di objek wisata gili trawangan di Lombok adalah snorkeling dan diving. Bahkan menariknya lagi, di gili trawangan Anda akan menjumpai layanan diving berlisensi internasional yang berkantor di kawasan wisata tersebut, dengan begitu akan sangat mudah sekali mencari pemandu serta peralatan menyelam yang Anda butuhkan.

Ada beberappa spot penyelaman yang cukup populer di Gili Trawangan, yakni jack point, halik reef, shark point, coral fan garden, bounty reef, simon reef, trawangan slope, dan juga turbo.

Dan satu hal lainnya yang paling jadi favorit bagi banyak kalangan penikmat perjalanan di objek wisata gili trawangan Lombok ini adalah pesona sunset atau matahari terbenam yang tampak begitu indah di sebuah lokasi yang bernama sunset view yang ada di bagian barat pulau.

Sunset di Gili Trawangan Lombok

Sunset di Gili Trawangan Lombok

Anda bisa datang ke sana dengan berjalan kaki, atau pun bersepeda bahkan bisa juga dengan naik delman. Nanti Anda akan menjumpai banyak wisatawan yang berkumpul di sana. Lokasi satu ini memang sangat disenangi sebagai lokasi paling nyaman untuk bersantai hingga bercengkerama sembari menanti sunset.

Berlibur ke gili trawangan Anda juga bisa menemukan konservasi kura – kura yang berada dekat sekali dengan pelabuhan gili trawangan tersebut. Di sinilah dipelihara anak kura – kura yang kemudian akan dilepaskan ke laut lepas untuk bisa berkembangbiak secara bebas.

Satu lagi akomodasi di gili trawangan yang bisa dibilang paling baik. Sejumlah café dan bar di gili trawangan lazimnya sediakan pertunjukkan live music. Pastinya ini adalah salah satu hiburan yang paling menarik pada saat berkunjung ke gili trawangan. Café dan juga bar di gili trawangan juga jadi tempat favorit untuk menikmati malam yang indah di Lombok.

Artikel terkait: 41 Pantai Bali Paling Memukau yang Wajib Dikunjungi

Alasan Kenapa Liburan ke Gili Tarawangan

Gili Trawangan memang sudah sangat mendunia, pulau ini masih sangat bersih dan alami, sehingga tidak heran wisatawan datang dari berbagai daerah bahkan dari berbagai negara untuk menikmati liburan yang tidak akan terlupakan.

Selain keindahan alam yang memukau, Gili Trawangan dijadikan sebagai tempat liburan karena merupakan pulau wisata paling terjangkau dari segi biaya pengeluaran per harinya (termasuk penginapan, makanan, layanan pijat, dan lain-lain), dibandingkan dengan pulau wisata lain yang ada di Asia Tenggara, bahkan Pulau Bali.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kita mesti liburan ke GIli Trawangan:

1. Panorama pantai nan menakjubkan

Yang pertama tentu saja karena view yang sangat cantik dari Gili Trawangan ini akan memikat siapa saja. Pulau ini memiliki pantai yang sangat cantik kemanapun mata memandang.

Wisata Gili Trawangan

Wisata Gili Trawangan

Selain panoraman pantai yang berbadu antara langit biru, air laut berwarna pirus berkilau, dan garis pantai berpasir putih tanpa batas, wisatawan juga bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam sekaligus dalam satu hari.

Wisatawan bisa yang ingin menyaksikan eksotisnya matahari terbit bisa pergi ke pantai yang menghadap ke Timur, nah kalau mau menyaksikan indahnya matahari tenggelam, bisa langsung menuju ke pantai yang menghadap ke Barat. Wah, menarik sekali bukan?

Kira-kira mana yang lebih ramai, apakah pantai yang menghadap ke Timur atau Barat ya? Nah, untuk pantai yang ramai oleh wsiatawan dan penduduk memang yang menghadap ke timur karena dekat dengan dermaga dan merupakan pusat aktivitas ekonomi di pulau tersebut. Berbeda dengan pantai di sisi barat yang lebih sepi.

Tapi jangan salah lo, karena meskipun pantai barat sepi tapi disini kita bisa melakukan kegiatan seru juga kok. Wisatawan bisa bersantai di tempat tidur gantung tepi pantai sembari membaca buku atau sekadar menikmati suara ombak dan sayup angin? Sewaktu-waktu ingin berenang, Anda tinggal melangkah karena laut adalah pekarangan Anda! Kala sore tiba, silakan duduk manis menanti matahari terbenam bersama orang tercinta.

2. Alam Bawah Lautnya? Sangat Wahhhh!!!

Selain Panoraman pantainya yang cantik, Gili Trawangan juga memiliki keindahan alam bawaah laut yang sangat wah sekalu. Kalau anda liburan ke Gili Trawangan jangan sampai tidak mencoba paket liburan scuba diving. Karena keindahan alam bawah laut disini begitu mempesona.

Air laut disini sangat jernih serta bebas polutan sehingga biota laut hidup sangat nyaman tanpa terganggu. Selain biota lautnya yang sangat terjaga kelestariannya, arus disini juga bisa dibilang cukup tenang sehingga akan menambah keseruan anda selama menyelam.

Wisatawan yang beruntung juga bisa menyaksikan kumpulan hewan laut yang cantik, seperti clown fish, atau biasa disebut ikan nemo. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat terumbu karang aneka warna yang dapat menjadi obat penghilang stres selama menjalani kehidupan sehari-hari di tempat tinggal Anda.

Dunia Bawah Laut Gili Trawangan

Dunia Bawah Laut Gili Trawangan

Wah, tunggu apalagi? Pasti anda sudah tidak sabar lagi mau langsung terbang ke Lombok bukan?

3. Terbebas dari kemacetan dan polusi kendaraan

Nah, ini dia yang jarang didapatkan jika tinggal di kota. Pokoknya kalau liburan kesini kita tidak akan mendapatkan kemacetan atau kebisingan kendaraan, karena memang seperti yang sudah admin sampaikan di atas bahwa disini tidak diizinkan menggunakan kendaraan bermotor, dimana alat transportasinya berupa sepeda saja.

Selain dengna sepeda, penduduk juga menggunakan Cidomo yang merupakan kereta kuda khas Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Cidomo

Cidomo

Disini anda bisa menyewa kendaraan tersebut dengan tarif mulai dari Rp40.000 hingga Rp75.000 per hari. Sedangkan cidomo dipatok sekitar Rp75.000 sampai Rp100.000 untuk satu kali perjalanan, tergantung jarak yang hendak ditempuh. Kereta ini bisa memuat hingga enam penumpang dan mudah ditemukan di area pusat pulau, tepatnya sekitar pasar seberang dermaga.

4. Penduduk yang ramah dan bersahabat

Oh ya, selain faktor alam, faktor manusianya tentu saja menjadi salah satu alasan kenapa kita mesti liburan ke Gili Trawangan.

Dimana orang-orang disini sangat ramah sekali kepada siapapun, lebih-lebih lagi kepada “tamu” yang datang. Ramahnya penduduk sekitar pasti akan membuat anda merasa lebih nyaman dan betah berlama-lama disini.

Nah, bagi wisatawan yang kebingungan mencari alamat atau tempat menginap, maka warga sekitar akan memberi petunjuk dengan senang hati.

5. Tempat Menginap yang Murah

Satu lagi hal seru yang akan membuat siapapun betah liburan di Gili Trawangan yaitu tarif tempat menginap disini sangat murah. Ada banyak pilihan hotel atau tempat menginap yang bisa anda jadikan pilihan.

Anda bisa memilih hotel, resor, maupun vila yang berlokasi di tepi pantai. Bahkan dari jendela kamar hotel, Anda sudah dapat menikmati indahnya sunset di kaki langit! Sebut saja, Hotel Ombak Sunset yang terletak di tepi barat pulau. Hotel berbintang empat ini menghadirkan pemandangan sore hari yang menakjubkan.

Penginapan di Gili Trawangan Lombok

Penginapan di Gili Trawangan Lombok

Selain it, wisatawan yang ingin mendapatkan suasana liburan yang lebih tenang, anda bisa mencoba menginap di La Cocoteraie Ecolodge yang menawarkan konsep glamping atau glamour camping, di mana Anda menginap di sebuah tenda mewah dengan nuansa khas tropis pinggir pantai ditemani pasir putih dan pohon kelapa yang rindang.

La Cocoteraie Ecolodge, yang terdiri dari 8 tenda pribadi, memiliki fasilitas mewah seperti WiFi gratis, restoran, dan peralatan snorkeling gratis. Peralatan selam ini bisa Anda gunakan secara gratis untuk menikmati pesona bawah laut di perairan sekitar tiga gili (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air).

Lokasinya yang jauh dari pusat keramaian dan ditambah suasana penginapan ala padepokan tepi pantai menjadikan tempat ini sangat pas bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam bersama sahabat, pasangan, atau keluarga tercinta.

Masih ada banyak tempat menginap lainnya yang bisa anda singgahi, sebut saja Intan Inns Hostel yang menawarkan hotel murah mulai dari Rp249.000. Hotel ini letaknya dekat dengan pantai.

Selain itu ada juga Bale Sasak Bungalows yang merupakan penginapan murah mulai dari Rp200.000, yang sudah memiliki fasilitas kolam renang dan WiFi gratis.

Demikianlah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan tentang objek wisata gili trawangan Lombok. Semoga saja bisa jadi inspirasi liburan Anda selanjutnya. Jangan lewatkan juga: Liburan Seru ke Objek Wisata Pantai Senggigi Lombok

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!