Liburan Seru ke Objek Wisata Pantai Senggigi Lombok

Pantai Senggigi adalah salah satu pantai terindah yang ada di Lombok. Pantai ini menjadi salah satu spot favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Pantai ini begitu menawan dengan gradasi warna hitam hingga keputihan pasir pantainya, serta air laut yang masih terjaga kejernihannya mampu membuat siapa saja takjub dan ingin berada di tempat ini terus. Ombak di pantai Senggigi tidaklah terlalu besar sehingga aman bagi anda yang ingin berenang disini.

Pantai Senggigi tidak hanya digemari oleh wisatawan lokal saja, tetapi wisatawan mancanegara pun ikut terbius dengan keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini. Pantai Senggigi bisa dikunjungi sekaligus jika anda sedang berlibur di Bali, cukup menyebrang ke Lombok dan menuju ke pantai Senggigi ini.

Walaupun pantai ini tidak sebesar Kuta, namun banyak wisatawan yang mengatakan panorama yang disajikan mirip seperti yang ada di Kuta, Bali. Berikut Tempat Wisata Seru rangkum untuk anda mengenai pantai Senggigi.

keindahan Pantai Senggigi

Kekeindahan Pantai Senggigi

Lokasi Pantai Senggigi

Pantai ini secara administratif berada di Lombok Barat, tepatnya di kecamatan Batu Layar, provinsi Nusa Tenggara Barat. Apabila anda memulai perjalanan dari kota Mataram, untuk mencapai ke pantai Senggigi anda akan memakan waktu antara 30 hingga 50 menit. Untuk menuju ke pantainya anda bisa menaiki angkutan umum, taksi, bahkan sewa motor. Setelah tiba di kawasan Senggigi anda harus berjalan selama 3 menit untuk mencapai lokasi.

Rute Menuju Pantai Senggigi

Sepanjang perjalanan menuju ke pantai Senggigi anda tidak akan bosan karena disuguhkan pemandangan alam yang tidak kalah indah. Yang unik disini anda akan menemukan Cidomo di sepanjang jalan.

Cidomo adalah kendaraan tradisional Mataram yang beroperasi pada wilayah yang belum terjangkau oleh kendaraan bermotor. Anda juga akan melewati pasar tradisional bernama Ampenan atau Kebon Roek. Setelah sampai ke pasar ini anda sudah dekat ke pantai.

Perjalanan ke Pantai Senggigi Lombok dapat ditempuh dari Kota Mataram. Jika Anda telah sampai di Kota Mataram atau telah mendarat di bandara udara Selaparang Mataram, maka perjalan ke Pantai Senggigi akan memakan waktu kurang lebih 30 – 50 menit.

Perjalanan bisa kita tempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Anda bisa naik taksi, angkutan umum, atau menyewa motor untuk dapat tiba di Pantai Senggigi. 

Nah, bagi anda yang ingin liburan ke pantai ini dengan menggunaka angkutan umu, silahkan naik angkot jurusan Sweta -Ampenan dari kota Mataram. Anda hanya membayar ongkos sekitar 3 ribu saja. Nah, begitu sampai di Ampenan, dilanjutkan lagi naik angkot jurusan Ampenan – Senggigi berbiaya Rp 2 ribu per orang.

Nah, setelah sampai di Senggigi, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki hanya sekitar 3 menit saja. Sambil berjalan kaki, Anda akan menjumpai banyak warung dan toko makanan, penjual aneka souvenir, dan lain-lain.

Dalam rute perjalanan menuju Pantai Senggigi ini, Anda akan menyaksikan kendaraan tradisional Mataram yang dikenal sebagai Cidomo. Kendaraan tradisional ini beroperasi di tempat-tempat yang masih belum dapat dijangkau oleh mobil. Anda juga akan melewati juga pasar tradisional di Mataram, dikenal dengan nama Ampenan (Kebon Roek). Pasar ini adalah pasar yang terdekat dari kawasan Pantai Senggigi.

Setelah pasar, Anda akan melihat Makam Keramat serta melewati sebuah pura yang menjorok ke laut. Pura ini bernama Pura Batu Bolong. Anda dapat berfoto-foto di kedua tempat ini karena cukup menarik dengan latar pantainya. Barulah selepas itu Anda akan tiba di kawasan wisata Pantai Senggigi Lombok.

Selain dengan angkutan umum, anda juga bisa menggunakan bus Damri dari bandara. Anda hanya perlu membayar 30.000 Rupiah untuk sampai ke Pantai Senggigi. Perjalanan yang ditempuh sekitar 1 jam saja.

Pura batu bolong Sengigi Lombok

Pura batu bolong Sengigi Lombok

Keindahan Pantai Senggigi Lombok

Pantai yang sangat indah ini sudah sangat terkenal sampai ke Mancanegara. Pantai ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih, sehingga wisatawan bisa melihat langsung keindahan bawah laut pantai senggigi.

Lokasi pantai ini sangat terjaga kelestariannya sehingga kondisi alam bawah lautnya masih sangat terjaga. Tidak heran juga kenapa ada banyak sekali wisatawan yang datang secara khusus untuk snorkeling. Wisatawan yang datang sangat senang menikmati alam bawah laut pantai senggigi yang sangat indah, apalagi ditambah lagi air laut senggigi yang tidak berombak keras, dengan demikian Anda tidak perlu khawatir akan terbawa arus laut saat snorkeling.

Jika anda tidak ingin repot-repot membawa peralatan menyelam, anda bisa menyewa peralatan snorkeling di lokasi pantai, tak jauh dari gerbang pintu masuk Pantai Senggigi.

Pantai senggigi memiliki garis pantai yang sangat panjang. Disini anda bisa melihat gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih. Karena garis pantainya yang panjang membuat pantai senggigi menjadi salah satu tempat untuk jogging. Di kala sore hari, Anda dapat melepas penat dengan bersantai di tepian pantai sambil menikmati tenggelamnya matahari di Senggigi.

Kondisi Pantai Senggigi

Secara umum, kondisi pantai Senggigi sudah terkelola dengan baik, sehingga berbagai sarana dan pendukung liburan wisatawan juga sudah lengkap disini. Di dekat pantai ini terdapat banyak resort, hotel, restoran, toko suvenir, pusat hiburan, dan berbagai toko yang menyediakan kebutuhan para wisatawan. Lengkapnya akomodasi dan fasilitas di sekitar Pantai Senggigi membuat pantai ini banyak dikunjungi wisatawan. 

 

Kegiatan Seru di Pantai Senggigi

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai Senggigi:

Melihat Sunset yang Wah!

Kegiatan seru yang pertama adalah melihat matahari tenggelam yang berbeda dari biasanya. Anda akan melihat bagaimana langit berubah menjadi warna oranye keemasan dengan bulatan matahari yang terlihat indah dan menawan.

Sunset di Pantai Senggigi Lombok

Sunset di Pantai Senggigi Lombok

Kenapa berbeda? Karena disini anda bisa melihat sunset secara langsung dan diiringi dengan penampakan Gunung Agung di Bali yang terlihat hitam bagaikan sebuah piramida besar yang menjulang tinggi di ujung penglihatan kita. Jika dilihat dengan seksama, gunung Agung ini terlihat mengapung hamparan laut pulau lombok. Anda akan sangat terpesona melihat sunset secara langsung di pantai ini.

Bersnorkeling Ria 

Kegiatan seru selanjutnya adalah bersnorkeling. Wisatawan dapat melihat terumbu karang yang sangat sehat dan terjaga kealamiannya. Banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara memiliki kegiatan ini untuk sekadar melihat keindahan bawah laut pantai ini.

Bawah Laut di Pantai Senggigi

Ilustrasi: Bawah Laut di Pantai Senggigi

Untuk anda yang masih pemula, anda bisa meminta didampingi oleh pemandu. Atau paling tidak anda bersnorkeling dengan teman atau keluarga anda yang sudah terbiasa bersnorkeling.

Spot snorkeling yang bagus adalah di perarian depan senggigi resort, karena disana perairan yang relatif tenang tanpa ombak yang menggulung-gulung jadi anda tidak usah takut akan terbawa arus.

Memacu Adrenalin Dengan Berselancar

Kegiatan seru selanjutnya adalah berselancar ria di spot khusus. Spot seru untuk melakukan selancar adalah di bagian pantai selatan karena ombak disini bisa dibilang cukup besar dan pas untuk berselancar. Bagi anda yang tidak membawa papan selancar, sudah pasti jangan risau karena ada banyak jasa penyewaan papan selancar di pantai ini.

Memacu Adrenalin Dengan Berselancar

Memacu Adrenalin Dengan Berselancar

Wisatawan juga bisa bermain kano, memancing, berenang dan masih banyak lagi kegiatan air yang dapat anda coba disini. Diiringi dengan pemandangan yang indah pasti liburan anda akan menjadi lebih berkesan.

Membakar Kalori 

Kegiatan seru selanjutnya adalah membakar kalori. Anda bisa membakar kalori di jogging track untuk anda yang suka jogging. Tentunya aktiftas jogging anda tidak akan pernah membosankan, karena anda bisa melihat langsung pemandangan indah sambil berlari-lari kecil membakar kalori.

“Membakar Uang”

Kegiatan seru selanjutnya adalah ‘membakar uang. “Membakar uang”? Ya, anda bisa membeli pernak-pernik khas lombok yang dijual di kios-kios di kawasan pantai senggigi ini. Ada banyak sekali kios yang berbaris rapi disana, rata-rata mereka menjual pernak-pernik kaos, gelang-gelang cantik, souvenir dan yang lainnya.

Khusus untuk anda yang suka dengan pameran seni, anda bisa mengunjungi sanggar lukis “The Fine Art Gallery” disana terdapat banyak sekali lukisan-lukisan artistik yang dilukis oleh seniman setempat.

Menikmati Kuliner Lezat

Jalan-jalan kurang lengkap rasanya kalau tidak sambil makan-makan. Nah, anda bisa menikmati jagung bakar dan es kelapa muda yang dijajakkan di warung-warung pinggir pantai.

Selain itu, anda bisa juga mencoba aneka hidangan khas lombok, Ayam Taliwang yang dapat Anda temukan di restoran yang terdapat di sepanjang Pantai Senggigi. Selain Ayam taliwang, Anda juga bisa menikmati menu makanan Asia hingga Eropa dengan harga mulai 30.000 Rupiah sampai 300.000 Rupiah.

Akomodasi di Pantai Senggigi

Liburan sehari di pantai senggigi rasanya tidak cukup. Nah, anda bisa menginap diberbagai tempat penginapan, resort atau hotel disekitarnya. Berikut ini beberapa pilihan tempat menginap di pantai Senggigi yang bisa anda pilih:

Mulai Dari Hotel High-Class

Untuk anda yang memiliki kantong tebal, anda bisa menginap di hotel yang berkelas dan fasilitas lengkap.

The Studio

Anda bisa menginap di the studio. Lokasinya ada di Jl. Lembah No. 12, Senggigi, Lombok sekitar 1 kilometer dari pantai senggigi. Hotel ini merupakan hotel yang lokasinya cukup strategis dan memberikan fasilitas yang lengkap diantaranya ada wifi gratis, antar jemput bandara, kolam renang anak, salon, spa, rentcar dan masih banyak lagi.

Hotel Middle-Class Yang Terpopuler

Untuk yang berkantong menengah, anda bisa menginap di:

Pasific Beach Cottages

Alamat hotel ini ada di Jl. Raya Senggigi – KM 8 , Senggigi, Lombok sangat dekat dengan pantai hanya berjarak 0.25 meter dari pantai senggigi. Hotel ini merupakan hotel favorit bagi banyak wisatawan. Dari hotel ini anda secara langsung bisa melihat hamparan laut lepas pantai senggigi, anda juga bisa melihat sunset yang amat menakjubkan.

Sangat direkomendasikan untuk anda yang sedang honeymoon. Anda bisa menikmati berbagai fasilitas mulai dari bar, kolam renang, wifi gratis, restorant, pelayanan kamar 24 jam dan masih banyak lagi.

Low class hotel

Nah, untuk kelas murah, anda bisa menginap di:

The Wira Cafe And Guesthouse

penginapan ini ada di Jalan Raya Senggigi, KM 8 , 83355, Senggigi, Lombok atau sekitar setengah kilometer dari pantai. Disana anda akan mendapatkan fasilitas seperti antar jemput bandara, bar, service, wifi gratis dan masih banyak lagi. Anda dapat menyewa paket tur atau paket wisata langsung dari hotel ini.

Bagaimana? Anda sudah tidak sabar lagi ingin liburan di pantai ini? Tunggu apalagi, segera schedul jadwal liburan anda.

Demikianlah ulasan ringkas dari kami tentang pantai Senggigi. Semoga bermanfaat dan memberikan anda informasi yang anda butuhkan. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar pantai ini semakin terkenal. Kunjungi juga: Liburan Seru ke Pantai Kuta Lombok Nan Cantik

Leave a Reply

error: Content is protected !!