Info Wisata & Harga Tiket Masuk Museum Angkut Terbaru 2019

Harga Tiket Masuk Museum Angkut – Siapa yang tidak mengenal kota Malang, Jawa Timur? Kota dengan segudang keindahan dan hal menarik ini sangat sayang untuk dilewatkan. Maka dari itu, banyak orang dari daerah lain datang ke Malang untuk menimba ilmu atau sekedar berwisata melepas penat.

Malang memang memiliki beberapa kampus bergengsi yang kualitasnya tidak kalah dengan kampus di ibu kota Jakarta. Itulah mungkin yang menjadikan banyak siswa memilih melanjutkan studi mereka di kota apel tersebut.

Sedangkan untuk urusan dunia wisata, dari mulai wisata kuliner, wisata belanja, wisata alam dan edukasi juga lengkap di Malang. Ada agrowisata petik buah, pantai, air terjun sampai museum.

Kunjungi juga yuk: 76 Tempat Makan Enak di Malang

Berbicara mengenai museum di Malang, disana terdapat sebuah museum unik yang sangat populer. Museum yang ada di daerah Batu tersebut bernama Museum Angkut yang mana menyimpan banyak keunikan. Disana terdapat kurang lebih 300 koleksi angkutan dari berbagai belahan dunia.

Jadi, jika berkesempatan datang ke Malang jangan lupa mampir ke museum tersebut untuk menambah wawasanmu. Mau tahu apa saja hal menarik yang ada di Museum Angkut? Yuk, simak ulasan mengenai info wisata dan harga tiket masuk museum angkut ini. Check this out!

Museum Angkut via Kabarduniacom

Museum Angkut via Kabardunia.com

Lokasi Museum Angkut

Museum Angkut merupakan objek wisata yang masih tergolong baru. Terletak di Jalan Terusan Sultan Agung No.2 Ngagglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Museum ini pertama kali di di buka pada tahun 2014, tepatnya pada tanggal 9 Maret.

Taman wisata ini termasuk dalam pengawasan atau pengelolaan Jawa Timur Park Group. Jawa Timur Park Group sendiri juga merupakan pengelola yang sebelumnya membangun Museum Satwa, Eco Green Park, Batu Secret Zoo serta Batu Night.

Loading...

Berdiri di tanah seluas 3,8 hektar dengan area indoor dan outdoornya, tentu bisa dibayangkan bagaimana luasnya museum yang satu ini. Letaknya yang juga berada pada ketinggian membuat Museum Angkut suasananya terasa sejuk khas udara pegunungan. Maka tidak heran meskipun tergolong masih baru tetapi tempat ini selalu ramai wisatawan.

Rute Menu Museum Angku

Rute menuju Museum Angkut cukup mudah karena lokasinya berada di pusat kota Batu. Jika kebetulan kamu berasal dari Surabaya, kamu bisa langsung naik bus jurusan Surabaya-Malang dan minta turun di stasiun Arjosari untuk ke objek satu ini.

Setelah sampai stasiun, lanjutkan perjalanan menggunakan angkutan kota dan turun di terminal Landungsari. Nah, jika sudah sampai terminal, berarti kamu tinggal naik bus atau angkot lagi saja menuju ke kota Batu dan minta turun di Museum Angkut. Dengan menggunakan transportasi umum kamu hanya akan menghabiskan dana kurang lebih Rp 50.000 saja. Cukup terjangkau, bukan?

Daya Tarik dan Aktivitas di Museum Angkut

Saat kamu masuk ke dalam Museum Angkut, perasaan takjublah yang pertama kali akan kamu rasakan. Seketika kamu akan merasa di bagian dunia lain setiap kali bergeser tempat. Itulah daya tarik utama Museum Angkut, guys.

Objek wisata satu ini memang setiap tempatnya dibuat dengan zona-zona yang berbeda. Misalnya saja zona Sunda Kelapa dan Gudang Batavia yang dibangun dengan nuansa Jakarta tempo dulu lengkap dengan berbagai jenis angkutan serta tiruan menara Syahbandar.

Ada pula Zona Istana Buckingham yang berisi berbagai macam merk mobil pabrikan Inggris seperti, Mini Cooper, Rolls Royce, Blackburn, Fillir, Francis Barnet, Austin,dan sebagainya. Ada juga Zona Pasar Apung yang di dalamnya ada deretan penjual oleh-oleh khas Malang serta Merchandise khas Museum Angkut.

Selain adanya pembagian zona yang membuat setiap spotnya terasa berbeda, hal lain yang membuat Museum Angkut banyak menarik wisatawan adalah tempatnya yang bersih dan ramah untuk segala usia, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Udara khas pegunungan Malang yang sejuk juga menjadikan tempat ini begitu nyaman dikunjungi. Jika mau menunggu, kamu juga akan melihat berbagai macam pertunjukan seperti Museum Angkut + Movie Star Studio Parde dan Three Element Show. Tak ketinggalan pertunjukkan Super Hero Costume serta Welcome to Gangster Town. Rasanya sudah tidak sabar menikmatinya, bukan?

Nah, agar kamu tidak merasa bingung nantinya mau melakukan kegiatan apa setelah menginjakkan kaki disana, maka mari kita bahas hal menarik apa saja yang bisa kita lakukan ketika berada di tempat sekeren Museum Angkut seperti berikut ini. Check this out!

1. Mengenal Air Forcenya Indonesia di Zona Hall Utama

Zona Hall Utama via Klikhotel.com

Zona Hall Utama via Klikhotel.com

Begitu kamu masuk ke Zona Utama, jika kamu adalah penggemar alat transportasi klasik khususnya mobil, tempat ini pasti sangat cocok untukmu. Pasalnya, hal pertama yang akan kamu lihat adalah pajangan-pajangan mobil antik nan klasik dari berbagai negara.

Masih di zona utama tapi di lantai dua, kamu akan melihat betapa gagahnya tiruan pesawat Kepresidenan atau istilah kecenya Air Force. Masuk ke dalam ruangan pesawat, kamu akan lebih berdecak lagi karena isinya yang wow. Di dalamnya terdapat ruang meeting, bar serta kamar tidur yang biasanya digunakan oleh Bapak Presiden ketika lawatan ke daerah atau negara lain.

2. Belajar Perkembangan Angkutan Dari Masa ke Masa di Zona Edukasi

Zona Edukasi

Zona Edukasi via Winnetnews.com

Namanya saja sudah Zona Edukasi, jadi sangat jelas ketika kamu masuk ke dalam ruangan tersebut berbagai wawasan barulah yang akan kamu dapat. Di ruangan ini kamu akan belajar bagaimana perkembangan angkutan dari masa ke masa. Mulai dari kereta api, sepeda, sampai kendaraan bermotor yang berasal dari Indonesia maupun dunia.

3. Melihat Jakarta Tempo Dulu di Zona Batavia

Zona Batavia

Zona Batavia

Pada zona Batavia dan Pecinan, kadang juga dikenal dengan Zona Batavia dan Gudang Sunda Kelapa, kamu akan melihat sejarah perkembangan Jakarta. Tempatnya berkonsep outdoor yang kental dengan nuansa tradisional sebelum masa kemerdekaan.

Ada pula replika menara Syahbandar yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Tak lupa berbagai macam model angkutan juga di panjang disana.

4. Main ke Broadway lewat Zona Gangster Town & Broadway Street

Zona Gangster Town & Broadway Street

Zona Gangster Town & Broadway Street

Mau bergaya di zebra cross yang identik dengan jalanan Broadway? Kamu tidak perlu jauh ke Amerika. Museum Angkut lewat Zona Broadway bisa membuatmu merasakan pemandangan identik ala California dan New York.

Mobil-mobil klasik, bangunan, lampu pinggir jalan semua properti tersebut menambah kental aura Broadway. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika, kan?

5. Jalan-jalan ke Eropa lewat Zona Eropa

Zona Uni Eropa Museum Angkut via Guestgousedimalangcom

Zona Uni Eropa Museum Angkut via Guestgousedimalang.com

Zona Eropa menawarkan pemandangan khas kota-kota di Eropa seperti Jerman,Italy, London dan Perancis saat malam hari. Ada cafe, pajangan motor Vespa, mobil Rolls Royce yang terkenal mewah sampai Volkswagen. Inilah yang membuat Zona Eropa banyak di favoritkan pengunjung untuk mengabadikan moment.

6. Melihat Kedigdayaan Kerajaan Inggris di Zona Buckingham Palace

Zona Buckingham Palace via Aktualitacom

Zona Buckingham Palace via Aktualita.com

Belum pernah ke Inggris tapi ingin merasakan suasana Inggris? Cukup datang ke Museum Angkut. Kamu bisa melihat megahnya Istana Buckingham dan mobil yang pernah di pakai Ratu Elizabeth.

Masuk ke Zona Buckingham ini, kamu akan disuguhi pemandangan menarik yang hanya bisa ditemui di Buckingham Palace Inggris. Walaupun hanya replika, namun Istana Buckingham di sini di buat semirip mungkin dengan aslinya. Jadi, kamu bisa merasakan bukti kedigdayaan kekuasaan kerajaan Inggris tanpa terkecuali disana.

7. Mampir ke Las Vegas

Zona Las Vegas via Tripadvisor.co.id

Zona Las Vegas via Tripadvisor.co.id

Jangan lupakan Zona Las Vegas ya. Pasalnya di zona ini, kamu bisa menikmati atmosfer kota dimana hiburan terbaik berada. Gerbang khas Las Vegas dan angkutan khasnya terpajang dengan rapi di sana. Jika kamu datang pada malam hari, pemandangannya akan lebih cantik dan romantis. Sangat cocok untuk berfoto berdua bersama pasangan.

8. Ngeksis di Hollywood

Zona Hollywood

Zona Hollywood

Bagi kalian penggemar film Hollywood, memasuki zona ini pasti sudah seperti surga. Pasalnya, berbagai model mobil yang pernah digunakan dalam film Hollywood dipajang disini. Kamu juga bisa belajar bagaimana perkembangan perfilman Hollywood dari mulai dahulu sampai sekarang.

Masih di zona Hollywood, kamu juga akan menemui beberapa miniatur dari superhero dunia. Jadi pas sekali ya tempat ini dijadikan sebagai tempat ngeksis kita.

9. Belajar Jadi Pilot di Zona Afiliasi

Zona Afiliasi via jtpid

Zona Afiliasi via jtp.id

Jika sewaktu kecil kamu pernah bermimpi menjadi seorang pilot namun akhirnya tidak kesampaian, datanglah ke Zona Afiliasi. Zona ini agaknya bisa menjadi pelipur karena disana kamu bisa belajar simulasi cara menerbangkan pesawat boeing 737 seri 200.

Selain belajar, kamu juga bisa berfoto di kabin pesawat. Kamu juga bisa berselfie di Family Car dengan latar Gunung Arjuna yang pasti sangat menyenangkan.

10. Berburu Oleh-oleh di Zona Pasar Apung

Zona Pasar Apung

Zona Pasar Apung

Setiap melancong ke tempat wisata atau daerah baru, jangan lupa membeli oleh-oleh khasnya. Nah, di Museum Angkut kamu bisa membeli Merchendaise dan oleh-oleh khas Malang di Zona Pasar Apung.

Di tempat ini banyak beragam pernak-pernik dan camilan khas dijual, umumnya pedagang berasal dari UKM di kota Batu. Mereka menjual barang seperti keripik buah, batik, gantungan kunci, tas dan lain sebagainya.

Selain berbelanja, anda juga bisa berkeliling dengan menggunakan kapal atau sampan, untuk menyewa sampan anda hanya mengeluarkan uang sekitar 10.000 saja.

11. Mengenal Hal Baru Dari Masa Lalu Dan Masa Depan

Sekarang di Museum Angkut terdapat zona baru yang diberi nama Zona Bioskop. Zona ini menampilkan film mengenai sejarah angkutan dari masa lalu, masa kini dan masa depan. Cocok sekali bagi kamu penyuka hiburan.

12. Melihat Koleksi Perangko di Zona Fascinating Stamp

Zona Fascinating Stamp menampilkan berbagai macam koleksi perangko dari berbagai generasi. Ada perangko dari masa lalu dan masa kini. Selain perangko lokal, disana juga ditampilkan bermacam perangko dari seluruh penjuru dunia.

13. Mengenal Mata Uang Dari Berbagai Negara di Zona Worldwide Money

Bukan hanya angkutan dan perangko saja, di Museum Angkut juga terdapat zona khusus yang berisi mata uang dari berbagai negara. Mata uang tersebut juga berasal dari masa lalu dan masa sekarang. Jadi, kamu ketika berada di Zona Worldwide Money akan mengetahui bagaimana bentuk uang yang digunakan saat sebelum kamu dilahirkan. Seru, bukan?

14. Museum D’Topeng Kingdom

Museum D’Topeng Kingdom via Macigocom

Museum D’Topeng Kingdom via Macigo.com

Museum ini Merupakan museum yang berisi warisan budaya Indonesia yang berasal dari seluruh Nusantara. Berbagai ragam kesenian tradisional khas bangsa kita di perkenalkan di museum ini. Hal ini juga sebagai bukti komitmen Museum Angkut dalam melestarikan budaya Nusantara.

15. Menikmati Berbagai Macam Pertunjukkan Menarik

Jika di Disneyland biasanya setiap jam tertentu akan digelar pertunjukkan yang menghibur, hal ini berlaku pula di Museum Angkut. Biasanya pada pukul 18.30 hingga 19.00 WIB, digelar pertunjukkan fashion show yang diberi nama Night Divas. Siang harinya sekitar pukul 12.30 sampai 13.00 WIB, ada pertunjukkan Movie Star Hero Cosplay. Seru sekali ya!

Selain itu, sebagai objek wisata hits yang masih tergolong baru, Museum Angkut juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Disana ada bermacam fasilitas pendukung, seperti ruang istirahat yang nyaman, smoking area yang bisa digunakan untuk para perokok agar tidak mengganggu sekitar, hingga tempat ibadah dan ruang ibu-anak.

Ada pula toilet umum, toilet khusus untuk penyandang cacat, hingga kursi roda. Ada juga mobil pengantaran gratis bagi kamu yang tidak mau repot. Tempat parkir yang disediakan juga cukup luas, jadi kamu tidak perlu khawatir kendaraanmu tidak kebagian tempat parkir.

Oh ya, masih ada banyak spot lain lho di museum angkut ini yang layak kamu sambangi!

Harga Tiket Masuk Museum Angkut

Informasi mengenai lokasi, jam operasional, serta harga tiket merupakan sebuah hal penting dan utama yang harus kamu ketahui sebelum melancong. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Museum Angkut berikut ini penjelasan singkatnya.

Museum Angkut memberlakukan jam operasional mulai dari pukul 12.00-20.00 WIB setiap hari mulai dari Senin-Minggu. Jadi, segera sesuaikanlah jadwal kerjamu agar tidak mengganggu liburanmu. Mengenai tarif tiket, disana terdapat beberapa pilihan, yakni :

Tiket Reguler

Tiket ini bisa dipakai di hari Senin-Kamis atau biasa di sebut weekdays. Harga tiket masuknya dibanderol sebesar Rp 70.000.

Tiket Reguler Weekend

Tiket yang bisa dipakai di hari Jum’at-Sabtu ini dihargai sekitar Rp 100.000 per orangnya.

Tiket Terusan

Tiket ini sebenarnya sama dengan tiket regular, namun terdapat tambahan tiket masuk ke D’Topeng show. Diberlakukan di weekdays, harga tiket ini adalah sekitar Rp 70.000.

Tiket Terusan Weekend

Sama dengan terusan, namun tiket ini diberlakukan di jam weekend dengan harga sekitar Rp 90.000 per orang.

Tips Liburan ke Museum Angkut

Tentunya agar perjalanan wisata nyaman, kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini, yakni :

Kenali Tempatnya

Kemanapun kamu ingin melakukan perjalanan ada baiknya mengenali terlebih dahulu tempat yang akan dikunjungi. Apalagi jika kamu berniat mengunjungi objek wisata baru, cari tahu informasi tentang tempat tersebut sebanyak mungkin.

Hal ini tujuannya adalah agar memudahkan dirimu sendiri ketika melakukan liburan. Banyak membaca dari situs-situs perjalanan wisata, review pengunjung atau blogger pasti akan sangat berguna. Jika masih bingung kamu juga bisa memakai bantuan tour guide, namun yang pasti akan menambah biaya.

Pesan Online

Jika kamu malas untuk mengantre tiket masuk yang biasanya di penuhi oleh pengunjung sejak pagi, maka pesan saja tiket di situs-situs perjalananan online. Pasalnya, seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, maka kini kita bisa melakukan reservasi ataupun pesan tiket secara online dari rumah. Mudah, bukan?

Minimalisir Tindak Kejahatan

Awasi selalu barang bawaan anda, memakai pakaian dan perhiasan yang berlebihan tidak dianjurkan karena dapat memancing tindak kejahatan. Pastikan juga kamu mengawasi anggota keluargamu terlebih jika kamu mengajak adik atau anak yang berada di bawah umur agar tidak terpisah ataupun tertinggal.

Selain itu, taati semua peraturan yang ada, jangan coba sekali-kali melanggarnya jika tidak ingin hal buruk menimpamu.

Syarat dan Ketentuan

Berikut ini ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku di museum angkut:

  1. Anak- anak dengan tinggi diatas 85 cm dikenakan tiket penuh [dibawah 85 cm FREE].
  2. Weekday terhitung [senin-kamis].
  3. Weekend terhitung [jumat-minggu, tanggal merah dan high season].
  4. Semua jenis kamera (DSLR, Polaroid, Handycam, dsb) kecuali Handphone dikenakan biaya tiket kamera (Rp. 30.000,-/kamera).
  5. Untuk rombongan pembelian 30 tiket Free 1 tiket berlaku untuk kelipatan.

*****

Sekian dulu bahasan mengenai info wisata dan harga tiket masuk museum angkut yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat membantu kelancaran jalan-jalanmu ya.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Taman Selecta Batu Malang yang Menawan

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!