Serunya Bersahabat Dengan Hewan Lucu di Taman Kelinci

Taman Kelinci – Siapa yang tidak ingin bersahabat dengan hewan? Banyak orang yang memiliki hewan peliharaan dan berinteraksi layaknya orangtua dan anak. Tapi bagaimana bagi mereka yang tidak bisa merawat hewan peliharaan karena suatu alasan tertentu?

Misalnya saja orang tersebut terlalu sibuk sehingga tidak sempat mengurusi hewan peliharaan. Atau karena suatu penyakit tertentu sehingga alergi dengan hewan. Pasti mereka juga ingin bercengkerama layaknya mereka yang memelihara.

Kunjungi juga yuk: Pantai Goa China, Pantai Terindah Di Malang

Nah… untuk itu, jangan khawatir karena sekarang ini banyak sekali wisata-wisata tentang hewan yang dapat kamu kunjungi dengan mudah. Mulai dari kebun binatang, penangkaran, hingga wisata yang memang dikhususkan untuk satu hewan saja. Salah satunya Taman Kelinci.

Wahana Liburan Taman Kelinci Malang

Wahana Liburan Taman Kelinci Malang via Dekatour

Sebagai kota wisata, Malang datang kembali dengan gebrakan wisatanya yang sempat viral di social media. Apalagi kalau bukan taman kelincinya yang ada di Kawasan Pujon. Sebenarnya nama asli kawasan wisata ini adalah Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field. Namun pengunjung lebih suka menyebutnya dengan nama singkat, yaitu Taman Kelinci. Sesuai namanya, di Taman ini kita dapat bertemu dan berinteraksi dengan para kelinci yang ada disana.

Spot Selfie Kece di Taman Kelinci

Spot Selfie Kece di Taman Kelinci

Taman Kelinci yang dekat dengan wisata Paralayang maupun Omah Kayu ini masih terus diperbaiki untuk meningkatkan kenyamanan pengunjungnya. Namun untuk saat ini, desain Taman sudah dinilai memuaskan keingintahuan pengunjung lho.

Lihat saja, kapan lagi kita dapat bermain dengan berbagai kelinci di taman luas penuh bunga-bunga yang indah jika tidak disini? Selain itu, Taman ini sangat dicari karena disana terdapat Rumah Hobbit dan beberapa miniatur dunia. terdapat pula rerumputan dan bunga warna-warni bak negeri dongeng.

Ada Banyak Spot Selfie di Taman Kelinci Kepanjen via Dekatour

Ada Banyak Spot Selfie di Taman Kelinci Kepanjen via Dekatour

Kenapa Harus Kelinci yang Dipilih?

Mungkin pertanyaan tersebut diajukan karena banyak hewan yang lebih lucu, misalnya anjing dan kucing. Tapi ternyata dewasa ini orang-orang juga mulai melirik kelinci sebagai hewan peliharaan dan bukan hanya sebagai hewan yang ditaruh dalam kandang belakang rumah.

Hal ini dapat dimaklumi karena pasalnya Kelinci merupakan hewan yang menggemaskan. Tahukah kamu jika kelinci termasuk hewan yang cenderung penurut? Kelinci akan sangat jinak dan lembut jika ia merasa dirawat dengan baik. Bahkan ia juga dapat menuruti perintah layaknya anjing lho.

Untuk kenyamanan kelinci, kandangnya memang harus berada dekat sumber air dengan temperatur sekitar 15-20 derajat Celcius. Kisaran kelembapannya juga harus ada di 60-90%. Kelinci juga harus dijauhkan dari pandangan hewan predator seperti ular dan anjing sehingga ia merasa nyaman. Oleh karena itu, di wisata ini kelinci dipilih dan dijadikan penghuni satu Taman.

Taman Kelinci

Taman Kelinci

Selain suhu kandang, kelinci akan nyaman jika mendapat sinar matahari yang cukup. Maka jangan heran nanti jika mendapati kandang-kandang kelinci di Taman ini menghadap ke timur. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan sinar matahari pagi pada kelinci. Selain karena disukai kelinci itu sendiri, sinar matahari nyatanya juga dibutuhkan untuk menjaga kandang tetap kering agar kuman terbunuh.

Sangat mudah bermain kelinci di Taman ini. Jika kamu ingin mendekati atau bahkan menyentuh mereka, kamu harus tahu cara menggendong kelinci yang baik. Untuk ukuran besar, kamu harus memegang punggungnya atau bisa juga kulit tengkuk leher belakang dengan salah satu tangan.

Sama persis dengan mengambil kucing untuk kamu angkat dalam gendongan. Jangan takut melakukannya karena kelinci tidak akan kesakitan dengan cara itu. Jika kelinci yang akan kamu gendong masih kecil, kamu bisa memegang kulit bahunya dengan lembut.

Usahakan kamu menjauh dari cakar kaki belakangnya. Dan harap diingat, jangan sampai kamu mengangkat kelinci melalui dua telinganya karena itu sangat menyakitkan bagi  mereka. Mudah, bukan?

Hobbit House Ala Lord Of The Ring

Hobbit House Ala Lord Of The Ring

Rute Menuju ke Lokasi Taman Kelinci Malang

Taman ini ada di Jalan Paralayang Batu, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang. Untuk menuju kesana, ikuti saja jalur menuju Paralayang. Sesampainya di jalur Pujon, ikuti petunjuk arah untuk ke Taman ini karena disana sudah terdapat banyak plang arah. Tapi jika kamu mulai dari Pasar Pujon, kamu bisa lurus hingga tikungan. Disana aka nada gang kecil menuju ke Paralayang, Batu. Selebihnya sama dengan arah setelah jalur Paralayang diatas.

Liburan Seru ke Taman Kelinci via dakatour

Liburan Seru ke Taman Kelinci via dakatour

Kunjungi juga: 28 Objek Wisata Batu Malang yang Wajib Dikunjungi

Harga Tiket Masuk Taman Kelinci Malang

Tiket masuk Taman ini sangatlah murah, yaitu sekitar Rp 15.000 per orang untuk orang dewasa dan Rp.10.000 untuk anak-anak. Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk kendaraan, yaitu biaya parkir motor sebesar Rp 2.000 dan parkir mobil sebesar Rp 5.000. Bagi rombongan wisata, tiket parkir bus hanya sekitar Rp 10.000 saja.

*Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu

Wajib mampir nih: 76 Tempat Makan Enak di Malang, Referensi Wisata Kuliner

Kegiatan Seru di Taman Kelinci

Tidak hanya kelinci, di dalam Taman ini kamu juga bisa menemukan Kampoeng Café, Pondok susu olahan, dan wisata petik Stroberi. Jadi selain bisa berfoto ria dengan hewan lucu disana, kamu juga bisa menikmati wisata sekaligus kuliner. Disana juga terdapat Rest area serta Play Ground untuk beristirahat dan bermain.

Main-main ke Taman Kelinci via dakatour

Main-main ke Taman Kelinci via dakatour

Wisata Petik Strawberry

Anda bisa mengajak anak untuk memetik buah strawberry secara langsung. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 10.000 untuk orang dewasa dan 5.000 untuk anak-anak.

Wisata Taman Sstrawberry

Wisata Taman Strawberry

Yuk jelajahi: 48 Tempat Wisata di Malang Jawa Timur Paling Populer

Rekomendasi Wisata Taman Kelinci di Indonesia Selain Pujon

Ternyata, di Indonesia ini tidak hanya ada satu saja Taman Kelinci. Banyak sekali Taman-Taman seperti ini di Indonesia yang nyatanya juga patut untuk diketahui. Wisata tersebut antara lain ada di :

  1. Novus Rabbit Village, Puncak

Taman kelinci di Puncak ini ada di tempat penginapan Novus Giri Resort & Spa, Jalan Sindanglaya Raya No. 180. Jadi selain menginap, kamu juga bisa bermain bersama kelinci. Para orangtua suka membawa anaknya bermain kelinci karena anak bisa belajar tentang berinteraksi dengan hewan melalui gendongan dan pemberian makan. Di Novus, ada sekitar 20 ekor kelinci dengan 5 jenis berbeda, yaitu kelinci Dutch, Holland Lop, Himalayan, Angora, dan kelinci lokal.

  1. Ciwidey, Bandung

Taman ini ada di daerah sebelum Kawah Putih. Harga masuknya hanya sekitar Rp 15.000 per orang. Di Ciwidey, kamu dapat bermain dan memberi makan kelinci selama 30 menit. Harap dicatat, memberi makan kelinci diharuskan membayar sebesar Rp 5.000 untuk per tiga batang wortel.

Hebatnya lagi, Taman ini juga menjual kelinci untuk dibawa pulang. Harganya berkisar antara 50 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah. Silahkan berkunjung ke Taman yang ada di Jalan Raya Bandung, Ciwidey ini.

Kunjungi juga yuk: Liburan Ke Kawah Putih Ciwidey yang Sangat Indah

  1. Cisarua, Bogor

Di Cisarua, Bogor juga terdapat lahan seluas 6 ribu meter persegi yang difungsikan sebagai peternakan kelinci. Disana ada 800 ekor kelinci dengan berbagai jenis yaitu Rex, Satin, Liong, Angora, hingga Holan Love. Selain bermain, kamu juga bisa menambah ilmu tentang merawat kelinci disana.

Hebatnya lagi, bagi kamu yang ingin mencicipi daging olahan kelinci, Taman ini juga menjualnya. Olahan tersebut dijadikan nugget, bakso, siomay, hingga kaki naga. Harga yang dibanderol sekitar 25 ribu rupiah per bungkusnya. Alamat lengkap Taman ini ada di Jalan Taman Safari, Km. 67, RT 01 RW 08, Cisarua.

Jangan lewatkan juga ya: Objek Wisata Keluarga Pantai Ngliyep Malang Jatim

Tips dan Saran Berlibur di Taman Kelinci

Meski kita sangat ingin bermain dengan kelinci, ada baiknya kita tidak terlalu lama bermain dengan mereka. Hal ini karena kelinci bisa stress dan mati jika terlalu banyak orang yang memainkannya.

Demikian ulasan mengenai Taman Kelinci. Bagaimana? ingin bermain dengan hewan berbuntal bulu lembut tersebut? Selamat bersenang-senang ya!

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!