Taman Potret Spot Liburan Kece untuk Foto

Jika kamu bertandang ke Bandung, pasti kamu pernah mendengar nama Taman Poto. Nah… kali ini hampir sama dengan yang ada di Bandung, Tangerang mempunyai sebuah taman yang mana namanya adalah Taman Potret. Seperti kembar, bukan?

Taman Potret merupakan salah satu lokasi kesukaan warga Tangerang. Taman seluas 5000 m2 ini awalnya dinamakan Taman Selfie. Entah mengapa begitu pembangunan Taman selesai, namanya berganti menjadi seperti yang sekarang ini dipakai. Taman ini diresmikan pada tahun 2015 oleh Bapak Walikota Tangerang periode itu.

Taman Potret cukup ramai dikunjungi kala malam oleh anak-anak, muda-mudi hingga lansia. Tempat ini cukup menarik dan indah untuk dikunjungi. Maka dari itu saat ke Tangerang, mampirlah barang sebentar ke Taman ini.

Taman Potret via Tangerangtribun

Taman Potret via Tangerangtribun

Lokasi dan Cara Menuju Taman Potret

Taman ini berada di Jl Sudirman, tepatnya di Kota Tangerang. Taman Potret adalah sejenis Taman hiburan berbalut rekreasi keluarga. Lokasinya ada tepat di sebelah barat Tang City Mall.

Ada beberapa cara menuju kesana. Namun jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya cari parkir yang aman, murah, dan bertanggung jawab lantaran disana memiliki area parkir yang tidak mudah ditemukan. Kamu juga bisa mengikuti rute yang telah ditunjukkan oleh Google Maps. Mudah, bukan?

Jika ingin memakai angkutan umum, tunggu saja di pusat kota Tangerang dan tetap tunggu hingga ada bus, angkot, dan lain sebagainya. Selanjutnya berhentilah di Terminal Bus Tangerang untuk selanjutnya menggunakan ojek untuk sampai di Taman. Jika sudah sampai, kamu bisa memastikannya dengan memandangi patung penari lenggang sebagai ucapan selamat datang.

Jangan lewatkan juga: Liburan ke Objek Wisata Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Daya Tarik Taman Potret

Taman Potret Jadi Tempat Liburan Keluarga via Kompas

Taman Potret Jadi Tempat Liburan Keluarga via Kompas

Begitu tiba di lokasi Taman dan melihat Patung Penari Lenggang, kamu bisa mengamati bagian belakangnya. Disana terdapat replika perahu layar yang jika diperhatikan dengan seksama sangat mirip dengan replika kapal nenek moyang kita yang sangat terkenal, yakni kapal pinisi.

Replika kapal ini dihiasi warna coklat yang mendominasi dengan desain layar yang seolah terlihat berkibar. Disana juga terdapat tulisan “TNG” yang juga dapat diartikan sebagai singkatan nama Kota Tangerang. Pastinya keunikan tersebut sangat sayang untuk dilewatkan tanpa berfoto.

Selain tulisan TNG, di Taman Potret juga terdapat tulisan “LOVE”. Banyak pasangan muda-mudi yang mengabadikan cinta mereka dengan berfoto disana. Di sudut Taman juga terdapat tulisan panjang dengan kalimat “Aku Senang Rumahku Bersih dan Indah”. Kalimat ini sangat efektif untuk menyadarkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan Taman kepada pengunjung atau masyarakat.

Artikel terkait: Telaga Biru di Tangerang yang Kece Buat Liburan

Setelah puas foto, kemudian lanjutkan perjalanan dengan menuju bagian belakang perahu. Disana terdapat 3 ekor Kuda Nil yang kemungkinan sedang asyik berendam. Jangan khawatir… kuda nil ini sangat jinak. Bahkan mereka biasa diajak selfi dan berfoto oleh para pengunjung yang datang. Jika berani, kamu juga bisa duduk di atas Kuda Nil dan mengabadikan momen keberanianmu ini.

Setelah melihat Kuda Nil dan kebiasaan berendamnya yang tidak bisa dipisahkan, kamu akan menemukan jembatan model klasik, yakni yang berpilar melengkung dengan pembatas di bagian sampingnya. Di sebelah kiri dan kanan pembatas tersebut terdapat tugu layaknya anak catur. Tingginya hanya sekitar 5 meter dan memiliki mahkota layaknya menara benteng.

Ikon benteng memang tidak bisa lepas dari julukan Kota Tangerang. Julukan ini sangat berkaitan dengan kesejahteraan para komunitas peranakan Tionghoa yang disebut China Benteng. Mereka merupakan keturunan dari Dinasti Tang sehingga muncullah nama Tangerang dari kata Tang dan Gerang. Tang-Gerang merupakan gabungan kata yang berarti orang-orang dari Dinasti Tang. Wah, unik sekali ya?

Lanjutlah ke bagian belakang Taman ini. Disana kamu akan menemukan selokan yang lumayan lebar dan cukup dalam. Selokan ini membentang melintasi jembatan Sungai Cisadane. Sungai ini merupakan salah satu ikon dan urat nadi Kota Tangerang.

Jika kamu sudah berjalan hingga ujung jembatan, terdapat sebuah bangunan di seberang sungai yang berdiri cukup kokoh. Bangunan tersebut berupa pendopo yang mempunyai arsitektur khas Betawi. Meskipun Tangerang berkaitan dengan orang China Benteng, namun disana terjadi penyebaran budaya dari daerah Betawi.

Tepatnya penyebaran tersebut dari sisi Sungai Citarum hingga sisi sungai Cisadane di sebelah barat. Nah… akhirnya Suku Betawi disana menjadi salah satu etnis yang juga turut memberi warna kehidupan Kota Tangerang.

Bagi kamu yang berlibur bersama keluarga dan terdapat anak-anak, jangan takut mereka akan kebosanan lantaran di Taman Potret terdapat bermacam-macam wahana permainan untuk anak-anak. disana ada sekitar 3 buah wahana prosotan dan jembatan berbentuk jamur. Di bagian sudutnya, terdapat patung raksasa yang dijamin akan membuat anak-anak menjerit kegirangan.

Pengunjung di Taman Potret via Bantenprov

Bagi penyuka fotografi, Taman Potret rasanya menjadi surga tersendiri. Disana terdapat bermacam-macam karya seni yang rasanya semua sangat pas untuk dijadikan objek bidikan kamera para fotografer.

Bahkan tidak jarang banyak calon pengantin yang menggelar foto Pre-Wedding di tempat ini dikarenakan keunikan dan keindahan setiap sudutnya. Selain itu, pengambilan foto disana pun gratis tanpa biaya.

Kamu hanya perlu izin kepada pengurus Taman. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan fotografi berjalan lancar tanpa gangguan pengunjung lain.

Bagi yang ingin piknik bersama keluarga, Taman di Tangerang ini juga merupakan tempat yang tepat. Disana kamu bisa menggelar tikar dan memakan bekal-bekal dari rumah sembari menikmati indahnya pemandangan. Seru, ya? Tapi jangan lupa… hindari membuang sampah hasil makanan secara sembarangan karena bisa mengganggu pengunjung lainnya.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Taman Gajah Tunggal Tangerang

Fasilitas yang ada di Taman Potret

Bagi pengunjung Taman, disana banyak sekali fasilitas yang tersedia. Mulai dari tempat bermain hingga spot foto seperti yang telah disebutkan diatas. Namun disana juga terdapat beberapa fasilitas penunjang lain yang memang diperuntukkan demi kenyamanan dan kepuasan pengunjung, yakni :

Tempat Sampah Khusus

Tempat sampah ini disediakan sebagai komitmen pengurus untuk tetap menjaga kebersihan area wisata. Jangan heran apabila di setiap sudutnya dipasangi bak-bak sampah. Bahkan bak sampah tersebut terbagi menjadi 3, yaitu sampah organik, non organik, dan sampah B3.

Sampah organik didapat dari sisa-sisa makanan dan juga dedaunan. Untuk sampah non organik biasanya berupa sampah wadah makanan, plastik bekas, kertas, dan kardus.

Nah… untuk sampah B3, banyak orang yang belum tahu, jika sampah yang dikategorikan bagian ini adalah sampah dari perban, baterai bekas, hingga diapers. Jadi harap hati-hati dalam memilah dan membuang sampah agar tidak tertukar.

Toilet

Fasilitas ini ada di bagian selatan dan di sisi belakang Taman. Toiletnya lumayan bersih dan nyaman digunakan.

Area Parkir

Baik untuk roda dua maupun roda empat, di area Taman sudah terdapat lahan parkirnya, yakni di bagian belakang.

Free Wifi

Ini merupakan fasilitas yang dinanti-nanti para pencari internet gratis. Yap… di area Taman Potret juga sudah dilengkapi dengan akses wifi gratis dan lumayan cepat untuk berselancar di internet bagi mereka yang membutuhkannya.

Selain fasilitas-fasilitas di atas, disana juga terdapat Mushola untuk beribadah dan rest area yang cukup nyaman.

Wisata Kuliner di Taman Potret

Wisata Kuliner di Taman Potret via Tribunnews

Wisata Kuliner di Taman Potret via Tribunnews

Di Taman juga terdapat area dimana para pengunjung bisa memanjakan perut. Pasalnya disana terdapat Pasar Jajanan yang menawarkan banyak menu dari 15 kios yang ada. Konsep kantinnya pun dibuat ala Eropa sehingga menambah daya tarik para pengunjung untuk makan disana.

Lokasinya yang juga ada di sisi Sungai Cisadane, sembari ditemani sejuknya udara dan asrinya Taman pasti membuat kita lupa bahwa saat ini berada di kawasan Tangerang.

****

Demikianlah ulasan mengenai wisata di Taman Potret Tangerang. Ada baiknya berlibur kesana lantaran murah dan dekat dari Kota. Kamu bisa menghabiskan waktu liburan dan menikmati keindahan area Taman disana. Selamat bersenang-senang! Jangan lewatkan juga: Liburan Seru ke Taman Kota BSD Tangerang

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!