Telogo Land, Wisata Baru Taman Lawang

Taman Lawang – Siapa yang tidak kenal kawasan wisata Malang? Kawasan wisata yang terdapat di salah satu Kota di Jawa Timur itu merupakan tempat berkumpulnya tempat-tempat keren yang patut untuk dikunjungi.

Selain udaranya yang segar dan bebas polusi, wisata Malang mempunyai pemandangan yang indah. Salah satunya adalah sebuah wisata Taman Lawang.

Lawang merupakan salah satu daerah di Malang yang berarti “pintu” di dalam Bahasa Jawa. Bisa dikatakan, Kota Lawang menjadi salah satu pintu masuknya pariwisata ke daerah ini. Lawang yang berada di 19 km utara Malang Kota ini merupakan sebuah Kecamatan yang terletak di kaki gunung disana. Kawasan ini menyimpan banyak wisata yang potensial.

Taman Lawang via Kanalmalang

Taman Lawang via Kanalmalang

Liburan ke Taman Lawang Aka Telogo Land

Nah.. salah satu wisata yang wajib dikunjungi adalah Taman Lawang. Wisata yang terkenal dengan nama Telogo Land ini merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang sangat asri dan sejuk karena alamnya yang masih terjaga.

Jangan lewatkan juga: 76 Tempat Makan Enak di Malang, Referensi Wisata Kuliner

Lokasi Telogo Land

Telogo Land yang merupakan kawasan wisata baru di Malang ini berlokasi di Desa Telagasari. Tepatnya berada di kawasan Wonorejo, yakni salah satu daerah di Kecamatan Lawang. Sangat mudah untuk menuju kesana, pasalnya Taman ini berada satu jalur dengan Bukit Kuneer. Kamu bisa juga bertanya ke penduduk sekitar atau memakai GPS jika masih bingung dengan arah lokasi ini.

Alamat wisata tlogo land: Desa Wonorejo, Lawang, Malang, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Telogo Land

Tiket masuk kawasan wisata ini sangat murah. Kamu bisa menikmati berwisata di Telogo Land hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang. Bagaimana? Selain masih baru, asri, dan indah, kamu bisa menikmatinya dengan harga yang super murah, bukan?

Jangan lewatkan juga yuk: Objek Wisata Taman Selecta Batu Malang yang Menawan

Daya Tarik yang ada di Telogo Land

Aktivitas Seru di Tlogo Land

Aktivitas Seru di Tlogo Land via Kanalmalang

Meski masih baru dan dalam tahap pengembangan, namun nyatanya kawasan wisata ini sudah dapat dimasuki oleh pengunjung. Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik disana, salah satunya adalah area Outbond.

Di area tersebut, banyak permainan halang rintang yang dapat dimainkan lho. Pastinya bagi pecinta tantangan, area permainan ini sangat diidamkan. Kamu juga bisa menikmati Flying Fox bersama teman dan saudara. Selain memacu adrenalin, tentunya pengalaman berharga ini sayang untuk dilewatkan.

Selain itu, disana juga terdapat Kolam Renang. Airnya yang sangat jernih dipadu dengan pemandangan pegunungan tentu menjadikan bermain air disana sangat menyenangkan. Bagi yang bosan bermain air, disana juga disediakan trek Sepeda Gunung. Kamu bisa berwisata menikmati indahnya alam sembari mengasah skill bersepedamu. Keren, bukan?

Kegiatan Seru di Tlogo Land

Kegiatan Seru di Tlogo Land via Photomalang

Bagi yang membawa bekal dari rumah dan ingin piknik disana, tenang… di Telogo Land sudah disediakan Gubug yang ada di beberapa pojok area wisata. Gubug ini merupakan sebuah saung atau pondok yang bisa digunakan untuk beristirahat melepas penat bersama keluarga. Kamu bisa membuka bekalmu disana dan menikmati indahnya bersantap siang ala suasana pedesaan.

Tidak membawa bekal? Jangan panik… di area wisata Telogo Land juga sudah disiapkan warung yang menjual banyak sajian makanan dan minuman dengan harga terjangkau dan pastinya lezat.

Kamu juga bisa menikmati suasana perkemahan di Telogo Land dengan berwisata di Camping Ground disana. Wah, pasti seru, ya?

Kunjungi juga yuk: 28 Objek Wisata Batu Malang yang Wajib Dikunjungi

Wisata Lain di Sekitar Telogo Land

Selain di Telogo Land, di daerah Lawang juga terdapat area wisata yang patut dikunjungi, yakni :

#Gunung Arjuna

Gunung Arjuna memang akrab dengan Kota Lawang ini lantaran daerah tersebut berada di bagian kakinya. Tidak heran jika dari Kota ini kita dapat menikmati siluet Gunung Arjuna yang berdiri kokoh dan sangat terlihat jelas.

#Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh ini merupakan kawasan Agro Wisata yang sangat populer di Malang. Berada di perbatasan antara Surabaya dan Malang, Kebun Teh ini buka dari jam 7 pagi hingga 5 sore setiap harinya. Tiket masuknya sekitar Rp 8.000 untuk weekdays dan Rp 12.000 untuk weekend.

Banyak sekali aktivitas seru disana, antara lain melihat proses pengolahan daun teh dari panen sampai pengepakan hingga kegiatan tea walk yang diadakan disana. Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari lapangan tenis, sepak bola, jogging track, hingga kolam air hangat pun ada disana.

Ada juga kebun binatang mini dan toko yang menjual aneka tanaman hias. Permainannya beragam, mulai dari ATV, kereta kelinci, wall climbing, hingga mobil battery. Bagi yang ingin menikmati asyiknya menyeruput teh sembari dimanjakan pemandangan alam berupa pucuk-pucuk daun teh yang menghijau disana, bisa menyewa penginapan untuk bermalam.

#Pasar Lawang

Tidak ada salahnya menyempatkan diri mengunjungi pasar tradisional di daerah Lawang ini untuk sekedar berburu sayur disana. Pasalnya hasil panen disana sangat segar dan hijau yang memang masih baru didatangkan dari kebun.

Menurut beberapa wisatawan, geliat Kota Lawang yang sejati berada di pasar ini. Begitu fajar menyingsing, banyak pengunjung yang datang ke lokasi di daerah Jl Raya Thamrin ini.

#Bangunan Peninggalan Kolonial Belanda

Di bagian utara Pasar Lawang, ada sebuah kawasan yang berdiri Hotel Niagara disana. Hotel tersebut merupakan ikon Kota ini dan sudah ada disana dari tahun 1918.

Bangunan ini didesain Fritz Joseph Pinedo. Pria tersebut merupakan peranakan Brasil yang menetap di Indonesia selama pendudukan Belanda. Ada juga bangunan yang bernama Griya Bina. Bangunan ini berada di bagian barat Pasar dan didesain dengan arsitektur berjendela besar dan beratap tinggi.

Tempat ini masih berfungsi hingga saat ini dan sering digunakan untuk ajang pertemuan maupun event besar. Selain itu, ada juga Stasiun Lawang yang berada di selatan Pasar. Bangunan yang ada sejak tahun 1887 ini merupakan bangunan tertua di Kota ini, yakni dengan usia sekitar 130 tahunan.

#Masjid Jami’ Babussalam

Masjid Babussalam diberi predikat masjid Jami’ lantaran bangunannya yang megah nan besar dengan desain yang sangat indah. Meski tidak berada di pinggir jalan raya, namun masjid ini selalu dipenuhi jamaah.

#Wisata Air Polaman

Lokasi wisata yang ada di sebelah barat Pasar Lawang ini berada di Jl Indrikilo, tepatnya di Dusun Polaman, daerah Desa Kalirejo. Lokasinya ada di pinggir jalan dan mudah dijangkau. Yang unik dari area wisata ini adalah sumber airnya yang didapat dari mata air Gunung Arjuna.

Tidak mengherankan bukan jika pemandian umum ini menjadi lokasi populer di Lawang. Konon kabarnya, Pemandian Polaman ini dulunya merupakan pemandian serta tempat peristirahatan Para Raja Kediri dan Raja Majapahit yang sedang melakukan kunjungan ke Kerajaan Singasari.

Disana terdapat 3 kolam yang ke semuanya dianggap bertuah. Ada juga kolam yang berisi ikan ‘wader’ yang kabarnya ikan ini muncul dari tanah berdasar aliran airnya sehingga tempat ini sangat disakralkan. Kamu hanya perlu membayar biaya Rp 2.000 saja untuk masuk kesana. Murah, bukan?

Demikian ulasan mengenai destinasi wisata Taman Lawang dan daerah sekitarnya ini. Mungkin bagi yang selama ini hanya mengetahui Kota Batu saja, bisa mencoba untuk berkunjung ke Kota Lawang ini dan merasakan sensasi salah satu kota di kaki Gunung Arjuna tersebut.

Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang! Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!