Wisata Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai pok tunggal berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika dilihat dari namanya terdengar sedikit unik ya! Biasanya nama pantai itu diambil dari nama suatu daerah, kondisi alam di sekitarnya, dan lain sebagainya.

Namun justru banyak yang penasaran dan tertarik untuk berkunjung setelah mendengar namanya yang unik. Hal ini membuat destinasi wisata alam Kota Jogja ini tidak pernah sepi pengunjung.

Pengunjung yang datang bukan hanya berasal dari dari wilayah Jogja dan sekitarnya saja, namun juga banyak yang datang dari luar kota, bahkan luar pulau. Ketenaran pantai yang tersembunyi ini semakin populer ketika banyak bermunculan foto – foto yang mengeksplor keindahan pantai pok tunggal di berbagai akun media sosial seperti facebook dan instagram.

Keunikan pantai ini bukan hanya terletak pada namanya saja, namun lokasinya pun cukup unik, yang tersembunyi di antara perbukitan karang Karst yang membentang. Namun meski letaknya tersembunyi tetap tidak pernah bisa menyembunyikan keeksotisan pantai pok tunggal ini. masih saja para wisatawan rela datang dari jauh untuk bisa menikmati keindahannya secara nyata.

Apalagi saat musim libur dan weekend, pantai ini sangat dipadati wisatawan. Jadi buat kamu yang berkunjung saat musim libur panjang sebaiknya harus ekstra hati – hati, selalu perhatikan anggota keluarga yang ikut, selain itu perhatikan juga barang bawaan kamu, dan jangan menaruh barang berharga sembarangan. Jaga kenyamanan berliburmu, agar liburan kali ini semakin menyenangkan dan seru pastinya.

Keindahan Pantai Pok Tunggal

Keindahan Pantai Pok Tunggal

Lokasi Wisata Pantai Pok Tunggal

Ketika liburan kali ini kamu dan keluarga memutuskan mengunjungi pantai pok tunggal, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya kamu harus memahami betul dimana lokasi pantai ini. lokasinya yang cukup terpencil membuat sedikit sulit mencarinya. Namun saat kamu mengetahui lokasi tepatnya maka pencarian kita kali ini akan lebih mudah..

Pantai pok tunggal ini beralamat di desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak pantai ini diapit oleh dua pantai besar lainnya yaitu berada di antara pantai Indrayanti dan pantai Siung. Sehingga membuat pantai pok tunggal ini semakin menarik karena berada di antara pantai – pantai besar.

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Pantai Baron Gunung Kidul

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Pok Tunggal

Loading...

Setelah melihat letak pantai pok tunggal secara administrasi Negara dan letaknya secara geografis kamu bisa langsung meluncur menuju lokasi pantai yang juga cukup jauh dari pusat kota Jogja yakni berjarak sekitar 80 kilometer, dengan waktu tempuh hampir 2 jam pada saat kondisi jalanan normal, dengan berkendara motor atau mobil.

Namun saat kamu ingin naik angkutan umum juga tersedia lo. Kamu tinggal naik bus jurusan Jogja – Gunung kidul. Setelah sampai di terminal kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau transportasi lokal lainnya.

Untuk akses jalan yang akan kamu tempuh juga sangat layak dilalui, dengan jalan yang sudah diaspal dan cukup lebar membuat perjalananmu kali ini semakin nyaman.

Perjalanan akan dimulai dari pusat kota Jogja lalu silahkan melanjutkan perjalanan menuju Wonosari kemudian berbelok kearah selatan menuju jalan Desa Tepus lalu ikuti jalan utama hingga kamu menemukan gerbang retribusi.

Setelah membayar tiket retribusi silahkan lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan dan ambil arah menuju kiri dan alan terus sampai kamu menemukan lokasi pantai pok tunggal.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Meski pantai pok tunggal menawarkan pesona alam yang tidak biasa dan sangat keren namun untuk bisa menikmati keindahannya kamu tidak perlu takut merogoh kantong kamu terlalu dalam.

Sebab berwisata ke pantai ini terbilang cukup murah. Untuk harga parkir kendaraannya sendiri juga sangat bersahabat, anda yang membawa kendaraan roda dua cukup membayar Rp. 3000 saja, sedangkan buat kamu yang mengendarai mobil cukup membayar Rp 5000, selanjutnya buat yang mengendarai minibus atau rombongan wisata bisa membayar Rp 10.000 saja.

Nah sekarang bagaimana dengan tiket masuknya?  Jangan cemas karena kamu bisa menikmati keindahan alam pantai pok tunggal secara gratis. Pihak pengelola hanya mengenakan biaya retribusi yang sudah termasuk tiket parkir dan tiket masuk.

Hal ini pastilah sangat meringankan pengunjung yang datang.  Jadi tunggu apalagi ayo segera berkunjung ke pantai pok tunggal surga tersembunyi di Gunung Kidul.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai Drini Gunung Kidul

Fasilitas dan Akomodasi di Pantai Pok Tunggal

Pantai pok tunggal mesti termasuk destinasi alam yang relatif sangat murah namun untuk urusan fasilitas tambahan anda tidak perlu takut, karena fasilitas tambahan di pantai ini sangat memadai.

Selain itu pembangunan demi pembangunan terus dilakukan pihak pengelola pantai agar memberi kenyamanan lebih pada pengunjung dan bisa menarik lebih banyak lagi pengunjung yang mau datang ke tempat ini.

Berikut beberapa fasilitas pendukung di pantai pok tunggal, diantaranya:

  • Lahan parkir yang cukup luas dan aman yang disediakan khusus untuk kendaraan pengunjung, mulai dari motor, mobil, hingga minibus.
  • Tempat sampah diletakkan di beberapa sudut yang mudah dijangkau agar pengunjung menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan disekitar kita
  • Toilet umum dan kamar bilas bisa kamu gunakan untuk sekedar buang air kecil atau bersih – bersih dan membilas tubuh setelah puas bermain air dan pasir
  • Warung makan pinggir pantai terlihat berjejer menawarkan menu hidangan laut yang sangat lezat dan menggugah selera seperti kakap goreng, nila bakar, berbagai olahan seafood, serta masih banyak lagi. Selain itu banyak juga penjual es kelapa muda yang segar sebagai teman kamu menikmati keindahan pantai di tengah teriknya matahari siang ini.
  • Payung pantai yang dapat kamu sewa dengan harga Rp. 20.000 bisa dipakai sepuasnya atau sehari penuh untuk berteduh bersama keluarga sambil menikmati hembusan angin pantai pok tunggal
  • Fasilitas tenda yang menyerupai gazebo atau saung juga disewakan ditempat ini dengan harga Rp 60.000 yang nantinya bisa kamu gunakan untuk beristirahat bersama keluarga tercinta

Beberapa fasilitas penginapan buat kamu yang memiliki rencana bermalam di pantai ini. dengan jenis harga sewa kamar yang bervariasi sesuai dengan kemampuan kantong anda. Selain itu kamu akan memiliki kamar tidur dengan pemandangan yang langsung menuju laut, diantaranya :

  • Hotel
  • Resort
  • Guest house
  • Homestay
  • Serta villa

Objek Wisata di Pantai Pok Tunggal

Beberapa objek wisata yang bisa kamu nikmati di pantai pok tunggal ini semakin menambah keunikan pantai ini. selain itu juga menjadi daya tarik tersendiri. Berikut beberapa objek wisata yang bisa kamu nikmati di pantai pok tunggal Jogja, diantaranya:

1. Aliran Sungai Bawah Tanah

Tahukan kamu kamu bahwa sebuah pantai juga memiliki aliran sungai bawah tanah? jawabannya ada di pantai pok tunggal, hal ini yang membuat pantai ini berbeda dari pantai – pantai di sekitarnya.

Keunikan yang sangat jarang dimiliki oleh pantai lain ini ternyata dimiliki oleh pantai pok tunggal ini.  terdapat sebuah sungai bawah tanah yang tawar dan tidak tercampur dengan asinnya air laut. Hal inilah yang membuat sungai ini dijadikan sumber air oleh warga sekitar pantai.

2. Diving dan Snorkeling

Pantai pok tunggal merupakan pantai dengan sejuta pesona yang menawan, tidak heran jika pantai ini cukup populer dikalangan traveler.

Apalagi buat pecinta olah raga air diving dan snorkeling sangat rugi jika tidak mengunjungi pantai ini. karena pantai ini sangat cocok dijadikan tempat berselancar air dan menikmati keindahan air bawah lautnya.

Kondisi air yang cukup tenang tidak begitu berbahaya ketika kamu ingin berolahraga air. Dengan kata lain kondisi air disini sangat mendukung kamu untuk melakukan kegiatan diving dan snorkeling, namun belum ada tempat penyewaan peralatannya, jadi silahkan membawa perlengkapannya sendiri dari rumah.

3. Spot Foto Menarik

Spot Foto Menarik via IG @nuke_raywhite

Spot Foto Menarik via IG @nuke_raywhite

Saat ini banyak sekali anak muda yang mengincar destinasi alam yang menyuguhkan spot foto yang instagramable hal ini tidak terlepas dari munculnya berbagai media sosial tempat mengupload foto – foto yang menarik dan unik dan sebagai salah penanda jika kamu adalah sosialita yang tetap eksis.

Selain itu banyak juga yang melakukan hal itu memang karena hobi fotografi. Memang ada banyak sekali alasan untuk hal yang satu ini.

Nah jika kamu ingin menghasilkan foto yang instagramable kamu bisa segera mengunjungi pantai pok tunggol ini. karena berbagai spot foto menarikm ada ditempat ini.

Beberapa tempat yang bisa kamu adikan spot foto, di antaranya, dengan menaiki anak tangga menuju puncak bukit karst untuk berburu sunrise ataupun sunset terbaik.  Selain itu membidik pemandangan laut dari ketinggian juga akan menghasilkan foto yang cantik.

View Wisata Pantai Pok Tunggal dari Ketinggian

View Wisata Pantai Pok Tunggal dari Ketinggian

Selain itu mengambil gambar dari bawah dengan pemandangan laut yang biru juga tidak kalah cantiknya. Beberapa properti seperti payung besar warna – warni juga bisa kamu manfaatkan untuk menambah keindahan hasil jepretanmu.

4. Camping

Kegiatan menarik lain selain berburu foto yang instagramable adalah berkemah di sekitar pantai ini. hal ini memang sering dilakukan pengunjung pantai pok tunggal.

Mereka banyak yang ingin merasakan suasana malam di tempat ini. apalagi ketika akhir pekan atau weekend ada banyak sekali tenda – tenda pengunjung yang berdiri di sepanjang tepi pantai.

Kemudian ketika malam tiba akan banyak api unggun ditempat ini, api unggun mereka jadikan penghangat tubuh, sambil membakar ikan dan diiringi dengan menyanyikan serta petikan gitar yang merdu.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul

Pesona Pantai Pok Tunggal

Keindahan Pantai dari Atas Bukit via melancongjogjacom

Keindahan Pantai dari Atas Bukit via melancongjogja.com

Menuju pantai po tunggal yang dijuluki sebagai surga yang tersembunyi di Gunung Kidul. Setelah melakukan perjalanan  yang cukup jauh dan sedikit menantang dan pastinya membuat badan sedikit lelah. Namun semua itu terbayar oleh keindahan yang membentang di depan mata.

Hembusan angin yang sedikit kencang dengan hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai dengan deburan ombak yang berirama sangat cantik menjadi penawar lelah.

Terlihat icon tempat ini yang berupa sebatang pohon duras yang berdiri kokoh di tepi pantai dan banyak dimanfaatkan sebagai spot foto oleh beberapa remaja yang berkunjung.

 Sebenarnya pohon duras ini adalah jenis pohon yang sulit tumbuh sehingga keberadaannya di pantai pok tunggal ini selalu dijaga oleh warga sekitar. pengunjung yang datang dilarang keras merusak pohon tersebut, serta dilarang memanjat pohon.

Pesona pantai pok tunggal sungguh luar biasa. Namun tidak berhenti sampai disitu saja, keindahan lain yang tidak kalah menariknya berasa dari barisan tebing karang yang berdiri gagah seolah benteng yang melindungi tempat ini dari serangan musuh.

Tebing – tebing batu karst ini memiliki ketinggian yang lumayan yaitu sekitar 50 meter. membuatnya terlihat sangat cantik dan banyak dimanfaatkan pengunjung sebagai arena olah raga panjat tebing.

Namun buat anda yang tidak menyukai olahraga yang menantang adrenalin ini tidak perlu memaksakan diri untuk mengikuti kegiatannya anda cukup dengan memandang keindahannya saja sambil mengambil beberapa jepret foto yang cantik, dengan latar belakang tebing karst ini. dari kejauhan terlihat beberapa monyet berkeliaran di puncak tebing tersebut.

Pantai ini memiliki keunikan lain yakni berupa sungai bawah tanah yang berair tawar meski berada di sekitar air laut namun tidak bercampur sedikitpun dengan asinnya air laut.

Menyaksikan Keindahan Sunset Pantai

Menyaksikan Keindahan Sunset Pantai via Wikiwisata

Sungai ini juga menjadi sumber mata air buat penduduk disekitar pantai. Kemudian buat kamu pecinta sunset dan sunrise bisa menunggu saat – saat itu tiba dimana langit akan berubah merah atau jingga keemasan dengan matahari yang terbenam perlahan di ujung birunya laut membuat suasana sangat romantis dan kece abis.

Kamu juga bisa mengabadikan momen tersebut sebagai pelengkap galeri liburanmu. Atau untuk sekedar upload – upload di akun media sosial milikmu.

Wisata Kuliner di Pantai Pok Tunggal

Setelah puas berburu keindahan pantai pok tunggal kamu pasti merasa lapar dan ingin mengisi perut dengan hidangan ikan laut yang nikmat. Silahkan mengunjungi warung makan yang terdapat di pinggir pantai ini.

Beberapa menu lezat yang menggugah selera bisa kamu nikmati sepuasnya. Selain itu ikan yang dikelola langsung dibeli dari nelayan yang berlabuh di pantai ini jadi ikan yang digunakan masih segar.

Beberapa menu laut yang tersedia seperti ikan bakar, cumi bakar, udang bakar, kerang saus tiram, cumi saus pedas, kakap goreng dan masih banyak lagi. Untuk menemani santap siang kamu tersedia pula beberapa menu minuman dingin dan panas, serta air kelapa muda yang segar yang bisa langsung dinikmati langsung dari kelapanya.

Tips dan Saran

  • Buat kamu yang ingin berolahraga air atau sekedar ingin bermain air dan pasir sebaiknya membawa perlengkapan baju ganti, handuk, serta peralatan mandi.
  • Sebelum berangkat ke lokasi pantai sebaiknya kamu mengisi perut terlebih dahulu karena melakukan perjalanan dengan perut kosong sangat tidak dianjurkan.
  • Untuk berburu spot foto yang cantik pastikan kamu memasukkan kamera ke dalam tas. Atau bisa memanfaatkan kamera ponsel yang kini telah dirancang khusus dengan kekuatan resolusi tinggi sehingga bisa menghasilkan foto yang tidak kalah cantiknya.

****

Demikianlah artikel mengenai destinasi alam pantai pok tunggal yang terletak di kota Jogja. pantai putih dengan hamparan pasir putih yang cantik, serta laut biru yang membentang luas seolah tidak bertepi nan elok. Sangat cocok dijadikan tujuan wisata. Selamat berkunjung.

Kunjungi juga yuk: Wisata Hits Pantai Parangendog Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!