87 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Jawa BaratHalo sobat travelers, anda mau liburan ke Jawa Barat, atau anda orang Jawa Barat tapi jarang jalan-jalan di Kota anda sendiri? Wah, rugi banget rasanya ya, karena Jawa Barat memiliki potensi destinasi wisata yang memukau.

Bahkan banyak orang dari berbagai daerah berkunjung ke Jawa Barat untuk menikmati indahnya alam dan serunya wahana yang ada di Provinsi yang memiliki segudang prestasi ini. Nah, sebelumnya admin sudah berbagi mengenai salah satu destinasi wisata yang ada di salah satu Kota di Jawa Barat yaitu Bogor.

Siapa yang tidak kenal dengan Bogor, kota hujan dan memiliki hawa dingin menjadikan Bogor sebagai salah satu penghasil teh di Indonesia. Silakan kunjungi 50 Tempat wisata di Bogor Jawa Barat yang menarik untuk kita kunjungi bersama keluarga tercinta.

Admin Tempatwisataseru berhasil menghimpun banyak tempat wisata di Jawa Barat yang harus anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Tempat Wisata di Jawa Barat

Anda sudah tidak sabar lagi ingin segera berlibur? Berikut ini kami sajikan tempat wisata di Jawa Barat yang wajib anda kunjungi bersama keluarga atau teman tercinta:

1. Tempat Wisata di Jawa Barat – Curug Cikaso

curug-cikaso

Tempat wisata di Jawa Barat yang pertama adalah wisata alam yang sangat mengagumkan. Dengan pemandangan alam yang sangat alami dan air terjun setinggi 80 m dan lebarnya 100 m meter ini sangat memanjakan kita. Curug Cikaso sendiri menjadi slaah satu destinasi favorit warga jawa barat dan sekitarnya untuk mandi dan menghabiskan waktu liburan mereka.

Anda dapat mengunjungi Curug ini di Sukabumi. Terdapat 3 arit terjun yang sangat indah yang saling berdampingan. Apabila matahari bersinar cerah, ada kemungkinan anda dapat melihat pelangi kecil di air terjun ini. Lokasi wisata air terjun Curug Cikaso berada dekat dengan Pantai Ujung Genteng. Curug ini sangat indah sekali dan patut anda kunjungi.

Jangan lewatkan juga 19 Tempat Wisata di Sukabumi Jawa Barat

2. Tempat Wisata di Jawa Barat – Pantai Pelabuhan Ratu

pantai-pelabuhan-ratu

Tempat wisata di Jawa Barat yang selanjutnya adalah Pantai pelabuhan ratu. Siapa yang tidak kenal dengan legenda Ratu Pantai Selatan atau Ratu kidul. Nama Ratu Kidul ini sangat tersohor di masyarakat Jawa. Mereka begitu meyakini bahwa penguasa pantai selatan ini adalah Ratu Pantai Selatan, padahal tidak ada satupun tempat kecuali Allah SWT adalah pemiliknya.

Di pantai ini, ombaknya cukup menantang untuk anda yang hobi surfing. Bagi anda yang ing menjajal ganasnya ombak pantai selatan silahkan coba saja, dijamin anda akan tertantang untuk menaklukan ombak yang berderu kencang. Untuk penginapan anda juga tidak perlu khawatir, karena ada hotel mewah eksklusif sampai penginapan yang murah meriah di sekitar tempat wisata ini. Satu lagi, sepanjang pantai anda dapat menemukan banyak restoran hidangan laut. Masyarakat setempat juga memiliki kepercayaan akan Ratu Kidul, sang penguasa laut selatan, dan ini hanya dongeng saja anda tidak perlu khawatir atau takut, karena semuanya adalah milik Allah SWT.

loading...

3. Tempat Wisata di Jawa Barat – Taman Wisata Mekarsari


taman-wisata-mekarsari

Anda suka dengan wisata alam yang indah? Nah, Taman Mekarsari merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang tidak boleh di lewatkan. Taman Wisata Mekarsari yang berlokasi di Bogor, adalah salah satu pusat pelestarian buah tropis terbesar di dunia dengan luas 264 hektar.

Selain sebagai tempat penelitian dan budi daya bibit unggul, tempat ini juga merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang cocok untuk segala usia. Selain memiliki koleksi tanaman yang sangat lengkap, Taman Wisata Mekarsari juga dapat menjadi sarana edukasi yang cocok bagi anak-anak, tempat piknik keluarga, wisata kebun buah, wisata kebun sayur, dan acara perusahaan.

4. Tempat Wisata di Jawa Barat – Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Bagi anda yang berwisata bersama orang tercinta maka taman bunga nusantara harus ada di dalam daftar anda. Terletak di Jl. Mariwati Km. 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat, keindahan bunga yang tertata dengan rapi dan di percantik menyerupai hewan, taman dan lainnya akan membuat mata anda menjadi segar kembali, ketakjuban akan muncul dari perpaduan warna bunga yang begitu indah dan cantik. Untuk mencapai tempat wisata ini anda harus mengendarai mobil kurang lebih 2 jam dari Jakarta. Selain ribuan jenis bunga, terdapat pula fasilitas hiburan yang sangat cocok untuk keluarga seperti wahana alam imajinasi, teater mini, danau angsa, taman labirin, air mancur musikal, karpet bunga, taman mawar, dan lain-lain. Taman Bunga Nusantara juga memiliki tempat piknik untuk anda berpiknik bersama keluarga, dan menara pandang yang berfungsi untuk melihat keindahan taman secara keseluruhan.

5. Tempat Wisata di Jawa Barat – Goa Buniayu

goa-buniayu

Anda ingin menguji adrenalin? Hmm,  Goa buniayu bisa anda coba. Dengan lokasi  di sukabumi jawa barat,  Goa Buniayu bisa kita jangkau dengan perjalanan mobil sekitar 5 jam Jakarta. Kegiatan wisata petualangan goa memang belum terlalu populer, namun bagi mereka yang menyukai petualangan, goa ini sangatlah cocok. Di goa ini anda akan melihat stalakmit dan stalaktik yang indah, namun sebelumnya anda harus menuruni goa vertikal dan melewati kegelapan abadi. Di dalam goa ini juga terdapat hewan yang tidak dapat anda temui di permukaan bumi. Untuk menyelesaikan tantangan ini, anda diharuskan mempunyai kondisi badan yang fit dan beristirahat yang cukup karena menelusuri goa adalah kegiatan yang sangat melelahkan dan seru.

6. Tempat Wisata di Jawa Barat – Pantai Pangandaran

pantai-pangandaran

Satu lagi pantai di Jawa Barat yang sangat terkenal dengan keindahanannya, pantai pangandaran. Pantai ini ada di sebelah tenggara Jawa Barat ini pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik di Provinsi Jawa Barat. Keistimewaan pantai ini adalah anda dapat menikmati matahari terbit dan matahari terbenam di satu pantai, pasir putih yang halus, air yang jernih dan bersih, serta kelengkapan sarana wisata. Pantai Pangandaran sangatlah terkenal sehingga pada masa liburan akan dipadati dengan wisatawan dari berbagai daerah, hingga menyebabkan semua penginapan di Pantai Pangandaran penuh, bahkan tidak sedikit yang mendirikan tenda di pantai karena tidak mendapatkan penginapan.

7. Tempat Wisata di Jawa Barat – Green Canyon

green-canyon

Green Canyon merupakan salah satu situs warisan dunia, dan Indonesia juga memiliki. Green Canyon yang asli ada di Amerika Serikat, namun ternyata di Jawa Barat juga ada Green Canyon yang tidak kalah cantiknya.

Memang, bumi kita ini sangat cantik sekali, semua ada di Indonesia, tinggal perlu diekspos saja lagi. Pantas saja kalau orang-orang Arab mengataskan bahwa Nusantara adalah sepenggal Syurga di Bumi. Green Canyon sendiri merupakan tempat wisata di Jawa Barat bagian selatan yang paling populer. Anda dapat menikmati keindahan Green Canyon dengan berbagai cara, bisa dengan menggunakan perahu tempel, perahu kayuh, atau dengan badan anda. Untuk mencapai Green Canyon memang memakan waktu cukup lama, sekitar 9 jam perjalanan dari DKI Jakarta, namun anda tidak akan menyesal setelah menikmati keindahan Green Canyon yang luar biasa.

8. Tempat Wisata di Jawa Barat – Arung Jeram Sungai Citarik

arung-jeram-sungai-citarik

Selanjutnya, bagi anda yang ingin mencoba adrenali dengan arung jeram, maka anda harus mencoba yang ada di Sungai Citarik. Sungai Citarik yang berlokasi di Sukabumi adalah salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang paling populer karena Sungai Citarik sangat cocok untuk kegiatan arung jeram. Arung jeram Citarik adalah arung jeram yang paling terkenal bagi penduduk DKI Jakarta sejak lama. Sungai Citarik tidaklah dalam, namun memiliki banyak batu sehingga anda akan mendapatkan tantangan tersendiri untuk melewati batu-batu tersebut dan menaklukan Sungai Citarik. Arus air Sungai CItarik relatif tidak terlalu deras sehingga sangat cocok bagi siapapun, termasuk yang belum pernah bermain arung jeram sebelumnya. Sungai Citarik cenderung dipadati pecinta kegiatan luar ruangan pada saat akhir pekan.

9. Tempat Wisata di Jawa Barat – Arung Jeram Sungai Cicatih

arung-jeram-sungai-cicatih

Satu lagi arung jeram yang tidak kalah menantangnya, yakni arung jeram di sungai Cicatih. Sungai Cicatih adalah alternatif permainan arung jeram di Sukabumi yang cukup populer.

Dengan arus airnya yang deras dan kedalaman sungai yang lumayan dalam, sungai ini memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang lebih tinggi dari Sungai Citarik namun tetap aman bagi siapapun, termasuk mereka yang tidak bisa berenang. Wisatawan sendiri biasanya lebih menyukai arung jeram Cicatih dari pada arung jeram Citarik karena lebih seru dan menantang.

10. Tempat Wisata di Jawa Barat – Pantai Ujung Genteng

pantai-ujung-genteng

Pantai Ujung Genteng juga menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Jawa Barat. Dengan keindahan pantai dan pasirnya yang sangat mempesona akan membuat anda betah berlama-lama di sini. Pantai ini ada di Sukabumi berjarak sekitar 200 kilometer dari DKI Jakarta.

Hal terunik dari Pantai Ujung Genteng adalah anda dapat menikmati matahari terbit, dan matahari terbenam sekaligus di satu lokasi. Pantai Ujung Genteng adalah lokasi yang cocok untuk berselancar karena karakteristik ombak pantai selatan yang besar dan kuat. Pantai ini juga disukai oleh penyu, banyak penyu yang datang ke pantai ini sehingga anda dapat melihat penyu di sini. Pada bulan Agustus, banyak penyu yang bertelur di pantai ini.

11. Tempat Wisata di Jawa Barat – Gunung Tangkuban Perahu

gunung-tangkuban-perahuAnda tentu pernah mendengar legenda mengenai tangkuban perahu buan? Gunung yang berbentuk perahu ini kini juga menjadi salah satu destinasi wisata andalan di jawa barat. Di Gunung Tangkuban Perahu pengunjung dapat melihat kawah yang jumlahnya ada 10 buah.

Namun diantara kawah Gunung Tangkuban Perahu tersebut ada 3 yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas. Untuk menginjungi kawah tersebut pengunjung dapat menyewa kuda untuk ditunggangi.

12. Tempat Wisata di Jawa Barat – Kawah Putih di Bandung

kawah-putih-di-bandung

Tempat Wisata Terindah yang ada di jawa Barat selanjutnya adalah kawah Putih yang ada di Gunung Patuha. Lokasi tepatnya ada di Lokasi Kawah Putih Bandung terletak di Jl. Raya Soreang Ciwidey Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Kawah Putih memiliki warna yang berubah-ubah apabila terkena sinar matahari. Hal itu menjadi keunikan tersendiri dari tempat wisata ini. Secara umum kawah putih merupakan sebuah kawah berwarna kehijauan dan diselimuti kabut asap tipis serta mengandung belerang yang sangat kuat.

Saking kuatnya kandungan belerang ini, sampai tidak ada burung yang kuat melintas di atasnya. Dengan keindahan alamnya Tempat Wisata Kawah Putih dijadikan tempat pengambilan gambar Foto Prewedding dan beberapa adegan film.

13. Tempat Wisata di Jawa Barat – Situ Patengan

situ-patengan

Satu lagi keindahan alam yang ada di jawa barat yang harus anda kunjungi bersama keluarga, Situ Patengan. Lokasi wisata situ ini tepatnya ada Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia. Situ Patengan juga sering dikenal dengan nama Situ Patenggang. Situ Patengan ini berupa danau dengan luas sekitar 45.000 ha dan berada di ketinggian 1600 mdpl.

Dengan ketinggian ini maka Situ Patengan memiliki udara yang sangat sejuk. Daya tarik dari Situ Patengan selain pemandangannya yang indah adalah pengunjung dapat naik ke perahu dan mengelilingi Situ. Pada saat mengelilingi Situ ini pengunjung juga diajak berkunjung ke Pulau asmara dan batu cinta.

14. Tempat Wisata di Jawa Barat – Kebun Raya Bogor

kebun-raya-bogor

Jika anda berada di Jawa Barat, khususnya di Bogor, maka jangan sampai anda lewatkan untuk mampir dan menikmati wisata di kebun raya Bogor, Kebun Raya bogor merupakan salah satu destinasi wisata favorit keluarga. Terdapat aneka ragam tumbuhan yang ada di Indonesia. Kebun Raya Bogor ini memiliki luas sekitar 87 ha dan memiliki koleksi pohon dan tumbuhan mencapat 15.000 jenis.

Kalau Taman Mekarsari khusus menyimpan koleksi tanaman buah, di Kebun Raya ini lebih banyak berupa pohon dan berbagai tanaman di Indonesia. Kebun Raya Bogor ini sering dikunjungi para pengunjung terutama pada saat weekend.

Selain karena sejarahnya, Kebun Raya Bogor juga memiliki daya tarik lain, yaitu adanya bunga bangkai atau Amorphophalus titanum. Pada saat berkembang dan mekar bunganya, bunga ini menebarkan bau yang mirip bangkai. Namun munculnya bunga ini tidak setiap hari, hanya waktu-waktu tertentu saja.

15. Tempat Wisata di Jawa Barat – Trans studio Bandung

trans-studio-bandung

Bagi orang Bandung, tentu tidak asing lagi dengan Trans Studio Bandung. Terdapat banyak sekali wahana bermain di sini, anda semua bisa bermain di sini sepuasnya. TSB berupakan wahana terpadu yang terletak di area Bandung Supermal. Trans Studio Bandung mejadi kawasan hiburan terluas dan terlengkap di Bandung yaitu dengan luas sekitar 4,2 ha.

Pengunjung dari Trans Studio Bandung ini dari wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Trans Studio Bandung telah didukung oleh berbagai fasilitas diantaranya : Trans Studio Theme Park: Pusat rekreasi indoor berkelas internasional,  Trans Studio Mall Bandung: Pusat perbelanjaan kelas dunia yang artistik dan nyaman, Mega Tower: Kantor pusat Bank Mega cabang Bandung, The Trans Luxury Hotel – Hotel bintang 6, Ibis Hotel Bandung – Hotel bintang 3 dll. Selain itu juga ada puluhan wahana permainan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

16. Taman Safari

taman-safari

Rekomendasi tempat wisata di Jawa Barat berikutnya adalah taman safari yang populer bagi warga jakarta yang ingin leburan ke Pucnak Bogor. Objek wisata ini terletak di Cisarua, 77 KM dari Jakarta, Taman Safari adalah tempat wisata dengan orientasi wawasan binatang di alam bebas. Berberda dengan kebun binatang pada umumnya, di Taman Safari anda dapat melihat binatang di alamnya dari dekat dengan menggunakan mobil, bahkan anda juga dapat berinteraksi langsung dengan binatang-binantang tersebut.

Koleksi hewan yang dimiliki Taman Safari berasal dari seluruh penjuru dunia, mulai dari gajah, rusa, jerapah, komodo, sampai dengan singa dan hewan lain dapat anda jumpai di sini. Selain rute melihat binatang, anda juga dapat menikmati fasilitas lain di Taman Safari, misalnya area permainan,area pertunjukan, area bayi hewan, serta area berenang bernama Safari Water Park.

17. Wisata Alam Maribaya di Bandung Utara

wisata-alam-maribaya-di-bandung-utara

Tempat wisata di Jawa Barat berikutnya merupakan sebuah destinasi wisata alam yang terletak di Bandung Utara, yaitu Maribaya. Objek wisata Maribaya menawarkan pengalaman liburan alam yang menyegarkan. Dengan ikon air terjun Maribaya (Curug Maribaya) yang berketinggian 25 meter, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang mempesona dalam balutan udara segar yang menyehatkan.

Kawasan wisata di Bandung yang satu ini telah terkenal sejak dulu akan keindahan air terjunnya, kolam pemandian air panas, panorama alam, serta sajian kuliner lokal yang nikmat.

18. De’Ranch di Bandung Utara

deranch-di-bandung-utara - tempat wisata di Jawa Barat

De’Ranch menjadi tempat wisata di Jawa Barat yang tepatnya ada di Bandung Utara yang juga menarik untuk ita singgahi., De’Ranch merupakan tempat wisata di Bandung utara yang bernuansa cowboy. Selain itu beberapa wahana lain seperti naik delman, fun boat, panahan, gold hunter, dan lain sebagainya juga tersedia di De’Ranch.

Menghabiskan liburandi De’Ranch Bandung akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan terutama bagi anak-anak. Berbagai fasilitas dan hiburan seru disediakan oleh pengelola untuk menghibur anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

19. Floating Market di Bandung Utara

floating-market-di-bandung-utaraMasih di bandung, anda bisa mencoba aneka kuliner lezat yanga ada di floating marketnya yang sangat terkenal itu. Lokasi Floating Market ada di bandung utara. Anda dapat menikmati keindahan alam dan mencicipi lezatnya kuliner bandung di pasar terapung. Kesemuanya dibalut dalam konsep pasar terapung yang unik dan menarik. Floating Market dilengkapi dengan fasilitas dan wahana modern yang menarik, secara spesifik menghadirkan 3 tema utama, yaitu area bermain, belajar, dan kuliner.

Inilah sebab mengapa tempat wisata di Bandung ini selalu ramai dengan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

20. Wisata Air Panas Ciater
wisata-air-panas-ciater

Nah ini dia tempat wisata di Subang yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi. Kalau anda liburan di Subang sangat sayang sekali kalau tidak mampir ke pemandian ini.
Sari Ater Hot Spring Resort atau lebih dikenal dengan obyek wisata air panas dan Air Ajaib Ciater, lokasinya ada di kawasan pegunungan Subang Jabar, di kaki gunung Tangkuban perahu, tepatnya beralamat di Desa Ciater, Kecamatan Ciater Kab.Subang.
Air di pamandian air panas Ciater ini langsung bersumber dari Gunung Tangkuban perahu, pemandian dibuat dalam bentuk kolam dan kamar rendam dengan desain yang unik dan istimewa, yang tersebar luas di beberapa lokasi obyek wisata sari ater atau biasa di sebut Ci Ater.
Pemandian ini memiliki area yang luas sekitar 30 ha. Sari Ater hot spring resort juga memberikan fasilitas wisata bagi para wisatawan yang berekreasi bersama keluarga selain untuk berendam anda juga bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang masih asli dengan kesejukan udara yang amat nikmat untuk dihirup.
 
Alamat Tempat Wisata Ci Ater Subang Jawa Barat :
Jln. Raya Ciater – Subang
Telepon : 0260-471700/471800/471900
Fax : 0260-470890/ 471666
Pengelola : PT. Sari Ater
 
Untuk mencapai pemandian air panas ini kita bisa menggunakan mobil dan sepeda motor, kalau dari pusat kota Subang, kita harus berkendara selama 40 menit ke arah selatan sedangkan dari Kota Bandung sekitar 56 menit dan dari Jakarta via tol Sadang dengan waktu tempuh sekitar menit (3 Jam) serta dari Tangkuban parahu kurang lebih 11 menit. Kondisi jalan menuju kawasan ini Cukup Baik, baik dari subang maupun Bandung. Namun yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah kondisi kendaraan, karena untuk menuju lokasi baik dari Subang maupun Bandung akan melalui tanjakan yang cukup berat.

Bagaimana? Jika anda sedang berada di Jawa Barat jangan sampai melewatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan. Mungkin hanya 19 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib Anda Kunjungi yang saya jabarkan kepada anda, sebenanrya ada banyak sekali lokasi tempat wisata di jawa barat yang sangat menarik untuk kita datangi, namun, karena keterbatasan dan lain-lain hanya itu saja dulu.

Simak juga Tempat Wisata di Jawa Barat lainnya:

Leave a Reply

error: Content is protected !!