35 Tempat Wisata di Subang Jawa barat Paling Populer

Tempat Wisata di Subang – Anda warga asli Subang atau sedang ingin mencari tempat liburan di Subang? Subang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak objek wisata keluarga dan wisata alam.

Nama ibukota Kabupaten ini juga Subang. Letak kabupaten ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Indramayu di timur, Kabupaten Sumedang di tenggara, Kabupaten Bandung Barat di selatan, serta Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di barat. Tempat wisata di Subang didominasi oleh objek wisata alam yang mempesona.

Sangat disayangkan untuk dilewatkan kalau kita liburan ke Subang. Ada banyak air terjun di Subang yang memiliki keindahan luar biasa. Selain Curug atau air terjun, tempat wisata di Subang yang paling terkenal adalah pemandian air panas Ciater.

Pemandian air panas Ciater menjadi tempat wisata di Subang yang wajib dikunjungi. Selain pemandian air panas Ciater, juga masih ada banyak destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk kita kunjungi.Salah satunya yang paling terkenal bahkan sudah mendunia adalah kawah Gunung Tangkuban Parahu.

Kalau kita berbicara mengenai bahasa yang digunakan oleh masyarakat Subang, secara umum menggunakan basa Sunda sebagai bahasa hariannya namun  untuk masyarakat yang tinggal di kecamatan-kecamatan sekitar wilayah pesisir Subang dan beberapa kecamatan di sepanjang sungai Cipunegara yang berbatasan dengan Kabupaten Indramayu penduduknya menggunakan bahasa Cirebon yang hampir serupa dengan bahasa Cirebon dialek Indramayu atau yang lebih dikenal dengan nama basa Dermayon. Memang Indonesia memiliki banyak bahasa dan Budaya, namun tetap Bhineka Tunggal Ika.

35 Tempat Wisata di Subang Jawa Barat

Berikut ini Tempatwisataseru.com rangkum ada 35 tempat wisata di Subang yang menarik untuk kita kunjungi dan sangat sayang sekali untuk dilewatkan:

1. Wisata Air Panas Ciater “Sari Ater Hot Spring Resort”

Nah ini dia tempat wisata di Subang yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi. Kalau anda liburan di Subang sangat sayang sekali kalau tidak mampir ke pemandian ini.
Sari Ater Hot Spring Resort atau lebih dikenal dengan obyek wisata air panas dan Air Ajaib Ciater, lokasinya ada di kawasan pegunungan Subang Jabar, di kaki gunung Tangkuban perahu, tepatnya beralamat di Desa Ciater, Kecamatan Ciater Kab.Subang.
Wisata Air Panas Ciater Sari Ater Hot Spring Resort

Wisata Air Panas Ciater “Sari Ater Hot Spring Resort”

Air di pamandian air panas Ciater ini langsung bersumber dari Gunung Tangkuban perahu, pemandian dibuat dalam bentuk kolam dan kamar rendam dengan desain yang unik dan istimewa, yang tersebar luas di beberapa lokasi obyek wisata sari ater atau biasa di sebut Ci Ater.
Pemandian ini memiliki area yang luas sekitar 30 ha. Sari Ater hot spring resort juga memberikan fasilitas wisata bagi para wisatawan yang berekreasi bersama keluarga selain untuk berendam anda juga bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang masih asli dengan kesejukan udara yang amat nikmat untuk dihirup.
 
Alamat Tempat Wisata Ci Ater Subang Jawa Barat :
Jln. Raya Ciater – Subang
Telepon : 0260-471700/471800/471900
Fax : 0260-470890/ 471666
Pengelola : PT. Sari Ater
 
Untuk mencapai pemandian air panas ini kita bisa menggunakan mobil dan sepeda motor, kalau dari pusat kota Subang, kita harus berkendara selama 40 menit ke arah selatan sedangkan dari Kota Bandung sekitar 56 menit dan dari Jakarta via tol Sadang dengan waktu tempuh sekitar menit (3 Jam) serta dari Tangkuban parahu kurang lebih 11 menit. Kondisi jalan menuju kawasan ini Cukup Baik, baik dari subang maupun Bandung. Namun yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah kondisi kendaraan, karena untuk menuju lokasi baik dari Subang maupun Bandung akan melalui tanjakan yang cukup berat.

2. Wisata Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Kawah gunug tangkuban perahu juga menjadi salah satu tempat wisata di Subang yang populer dan tidak boleh dilewatkan.  Objek wisata ini berada di ketinggian 2084 m DPL.

Pesona keindahan kawah dan pemandangan dari ketinggia membuat wisatawan datang berkunjung kemari berombongan atau pasangan.

Objek wisata tangkuban perahu

Objek wisata tangkuban perahu

Udara yang sejuk serta alami membuat kita betah berlama-lama disini. Untuk menuju Gunung tangkuban perahu bisa menggunakan kendaraan roda 2 dan 4.

Kalau kita berangkat dari kota Subang, kita harus berkendara sekitar 41 menit ke arah selatan sedangkan dari Kota Bandung sekitar 56 menit dan dari Jakarta via tol Sadang dengan waktu tempuh sekitar menit (3 Jam) serta dari Tangkuban parahu kurang lebih 12 menit. Kondisi jalan menuju kawasan ini Cukup Baik, baik dari subang maupun Bandung. Namun yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah kondisi kendaraan, karena untuk menuju lokasi baik dari Subang maupun Bandung akan melalui tanjakan yang cukup jeram dan berat.

Fasilitas Kawah Gunung Tangkuban Perahu

– Cafétaria dan pusat informasi (TIC),
– Toko Cinderamata,
–  Homestay,
– Area outbound,
– Area parkir,
– Area berkuda.
– Warung-warung souvenir,
– Camping ground,

3. Capolaga Adventure Camp

Satu lagi tempat wisata di Subang yang tidak boleh dilewatkan yaitu area Capolaga Adventure Campyang berlokasi di desa Cicadas Panaruban, kecamatan Sagalaherang Kab. Subang.
Objek wisata ini menawarkan keindahan ekosistem sungai Cimuja yang unik dan mempesona yaitu berupa air terjun Cimuja, air terjun Karembong dan air terjun Sawer yang dikelola secara kaidah alam.
Capolaga Adventure Camp

Capolaga Adventure Camp

Selain air terjunnya yang indah, di obyek wisata ini-pun dapat ditemui gua-gua, salah satunya yaitu Gua Badak. Dengan didukung oleh fasilitas wisata dan kegiatan out bound, menjadikan obyek wisata ini sebagai tempat yang amat cocok bagi para wisatawan baik asing maupun lokal yang mempunyai jiwa petualang dan yang ingin memacu adrenalin.
Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di  Capolaga Adventure Camp:
1. Out bound
2. Outing.
3. Famili atau company Gathering.
4. Adventure sport.
5. Tarcking dan bird watching.
6. Tea walk.
7. Lahan perkemahan.
8. Photography.
9. Kolam Memancing Ikan.
Bagi anda yang tertarik mengunjung tempat ini, anda harus sekitar 45 menit dari pusat kota Subang, 1,6 jam dari Bandung, sementara yang yang berasal Jakarta lewat tol Sadang sekitar 3 Jam. Adapun kondisi untuk jalan , jalannya sebagian masih berupa jalan be-batuan.

4. Curug Agung / Batu Kapur

Curug agung atau batu kapur menjadi tempat wisata di Subang selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasi air terjun ini ada di Desa Curug Agung Kecamatan Sagalaherang. Berdasarkan pengalaman para pengunjung yang datang untuk berendam di kolam air panas di pemandian Batu Kapur, dipercaya sebagai air terapi yang dapat menyembuhkan berbagai  macam penyakit kulit seperti gatal-gatal dan sebagainya.

Curug Agung Batu Kapur

Curug Agung/ Batu Kapur

Di sekitar Curug ini juga sudah dikembangkan berbagai fasilitas lain seperti pondokan (Tempat Menginap) , tempat rekreasi anak-anak, arena atau area perkemahan dan Tempat rumah makan.

Untuk neuju Curug Agung ini kita bisa melewati Kecamatan Sagalaherang atau Kecamatan Dawuan. Adapun waktu tempuh yaitu dari subang (via Kec. Dawuan) sekitar 32 menit, dari Bandung (via Sagalaherang) 91 menit sedangkan dari Jakarta (via tol Sadang) sekitar 2,6 jam.

5. Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa wisata Sari Bunihayu menjadi tempat wisata di Subang selanjutnya, desa wisata ini menawarkan keindahan alam yang menawan dengan panorama pegunungan.

Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa ini terletak di selatan Kota Subang Jawa Barat, dengan ketinggian antara 500-1700 Dari permukaan Laut, luasnya sekitar 3 ha dan berdiri pada tahun 2002.

Desa wisata ini memiliki konsep Wisata Alam dan Budaya (Seni dan Tradisi). Bagi anda yang tertarik liburan kesini bisa dijangkau dari berbagai penjuru kota karena lokasinya sangat strategis.

Dengan suasana pedesaan yang asri serta keindahan alam yang menawan akan membuat anda merasa nyaman dan tentram sehingga membuat kita lebih rileks dan melupakan stress kerja selama seminggu ini.

Fasilitas Wisata Sari Bunihayu  :

– 11 Villa dengan harga sekitar Rp.300.000 – Rp. 1.100.000
– Kolam Ikan ukuran (10 m x 20 m) 1 buah
– Kolam Renang ukuran (8 m x 16 m) 1 buah
– Rumah Makan
– Ruangan Rapat
– Mushola
– Play Ground
– Taman Buah (Buah Durian)
– Tempat Suvenir
– Outbond Land
– Tempat Rekreasi Anak
– Kamar Mandi kapasitas 10 kamar
– Tempat Parkir kapasitas 40 mobil

Bagaimana? Anda tertarik menghabiskan liburan ke desa wisata Sari Bunihayu? Lokasi tepatnya ada di Jln. Patinggi No. 1 Ds. Bunihayu Kec. Jalancagak Subang, hanya 3 menit waktu tempuh dari jalan raya regional Subang – Bandung. Dari Bandung hanya berjarak 48 Km atau 1.6 Jam dan dari Jakarta berjarak 162 Km atau 2.6 Jam, sedangkan dari kota Subang hanya berjarak 15 Km atau 15 menit dengan aksesibilitas yang dapat dilalui oleh berbagai macam jenis kendaraan.

6. Curug Cileat Subang

Curug Cileat menjadi tempat wisata di Subang yang tidak boleh anda lewatkan, lokasi air terjun ini ada di Kecamatan Cisalak Kab. Subang Jawa Barat, dengan ketinggian curug ±  (Kurang Lebih)100 m di atas permukaan Laut, ditambah udaranya yang sejuk dan kemunculan pelangi-pelangi kecil yang memantul dari air terjun saat matahari pagi memancar.

Curug Cileat Subang

Curug Cileat Subang

Di curug ini anda juga bisa melakukan camping.  Untuk menuju air terjun ini kita harus berjalan beberapa kilometer. Adapun jarak dari kota Subang kurang lebih 37 km, ke arah selatan, jarak dari kota Bandung sekitar 63 km, ke arah utara, jarak dari kota Jakarta ±181 km, arah selatan via Subang.

7. Peternakan Buaya di Blanakan Subang

Gambar di bawah adalah seekor buaya dan wisatawan yang datang ke peternakan buaya di Blanakan Subang Jawa Barat. Kok tidak takut ya?
Tenang, ada pawang yang siap menemani anda untuk menyentuh buaya ini. Pawang buaya di Peternakan Buaya ini cukup lihai dan pandai mengatur buaya-buaya ganas ini.
Peternakan Buaya di Blanakan Subang

Peternakan Buaya di Blanakan Subang

Kurang lebih ada 200 ekor buaya di penangkaran buaya ini. Disini kita bisa menyaksikan suguhan atraksi buaya-buaya muara dari atas balkon, saat menyantap makanan yang diberikan oleh pengelola Penangkaran Buaya Blanakan.
Penangkaran buaya ini memiliki luas sekitar 1,5 ha, dari luas total 8 ha wilayah hutan Tegaltangkil yang dikelola oleh PT Perhutani.
Kalau anda lapar bisa mampir dan mencoba sajian kuliner makanan laut khas Blanakan yaitu Ikan Cumi, Kepiting dan ikan bakar Etong,  yang tentunya disajikan di warung-warung yang tertata rapih di bawah kerungunan Pepohonan, selain itu wisatawan juga dapat menyusuri pesisir laut Blanakan sampai dengan Patimban dengan menggunakan jasa penyewaan kapal boat yang tersedia disana, atau bagi pengunjung yang ingin melakukan aktivitas lainnya seperti berkemah, jalan-jalan di hutan mangrove, dan menyaksikan beberapa satwa khas rawa pun bisa di lakukan oleh pengunjung wisata.
Selain itu, wisatawan juga bisa merasakan pengalaman trekking untuk melihat satwa liar seperti berang-berang, ular sawah, kucing hutan, dan burung kuntul. Atau bagi para pengunjung yang memiliki suka memancing dapat melakukan hobinya di Sungai Blanakan ini.Faslitas Wisata Penangkaran Buaya Blanakan– Terminal perahu.
– arena bermain anak.
– warung-warung makanan.
– areal parkir.
Wah ternyata ada banyak hal ya yang bisa dilakukan disini, untuk mencapai lokasi kita bisa mengendarai sepeda motor dan mobil dengan waktu tempuh dari kota Subang sekitar 61 menit, dari Bandung sekitar 2,6 jam dan dari Jakarta via Pantura sekitar kurang lebih 3 jam. Penangkaran Buaya Blanakan ini terletak di wilayah Kab. Subang bagian utara, tepatnya di jalur Pantura.

8. Pantai Kalapa Patimban

Pantai kelapa Patimbang merupakan tempat wisata di Subang yang menarik kita kunjungi, disini kita bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain sepak bola , Bola volly pantai, sky boat, berperahu, memancing dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat dilakukan di pantai ini.

Pantai Kalapa Patimban

Pantai Kalapa Patimban

Pantai Kalapa Patimban juga mempunyai kedalaman laut yang landai sehingga para pengunjung dapat aman bermain di laut. Kegiatan yang dapat dilakukan salah satunya adalah
Fasilitas
– Tempat peristirahatan,
– area parkir,
– warung- warung makanan

Bagi anda yang tertarik untuk liburan di Pantai Kelapa Patimban, anda harus menempuh perjalanan sekitar 41 menit dari kota subang  kearah utara sedangkan dari bandung sekitar 2,6 jam dan dari jakarta lewat tol Cikopo lalu masuk jalur Pantura dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 3 jam.

9. Pantai Pondok Bali Subang

Satu lagi pantai yang menjadi tempat wisata di Subang yang menarik kita kunjungi yaitu pantai pondok Bali. Pantai ini lokasinya ada di Desa Mayangan Kecamatan Legonkulon Kab. Subang – Jabar.

Pantai Pondok Bali Subang

Pantai Pondok Bali Subang

Berbagai aktivitas seru bisa kita lakukan di pantai ini seperti Bermain pasir, berenang, memancing serta dapat menikmati keindahan pesona alam yang mengagumkan pada saat matahari terbenam (Sunset).

Pantai ini meiliki hamparan pasir yang membentang di pesisir laut pantai utara menjadikan ciri khas wisata pantai ini.

Fasilitas

Terminal perahu,
arena voli pantai,
arena bermain anak,
area parkir,
warung-warung makanan,
dan kantor.

Kalau anda tertarik untuk liburan ke pantai ini datang saja dengan motor atau mobil, butuh waktu tempuh sekitar 41 menit kalau dari pusat kota Subang ke arah utara sedangkan dari Bandung sekitar 2,5 jam dan dari Jakarta via tol Cikopo lalu masuk jalur pantura dengan waktu tempuh sekitar 2,6 jam serta dari Pamanukan kurang lebih 16 menit.

10. Curug Cijalu

Satu lagi tempat wisata di Subang yang berupa air terjun yaitu Curug Cijalu. Curug ini adalah yang paling populer di Subang, jadi sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 70 meter ini terletak di camping ground di bawah hutan pinus. Selain Curug Cijalu, juga ada dua curug lainnya di sekitarnya yaitu curug Putri dan curug Cilemper.

Curug Cijalu

Curug Cijalu

Lokasi Curug Putri berjarak sekitar 100 meter saja dari curug Cijalu sementara untuk curug Cilemper berada sekitar 500 meter dari curug Cijalu.

Curug Cilemper lebih tinggi dari curug Cijalu yaitu sekitar 100 meter, debit airnya pun lebih besar. Namun karena letaknya yang tersembunyi dan jalan menuju curug ini cukup terjal sehingga tak banyak pengunjung yang sampai ke curug ini. Di kawasan Cijalu juga terdapat

Curug Cijalu berada di Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang. Dari Jalan Raya Wanayasa – Jalan Cagak Anda akan menemukan gerbang Kawasan Wisata Cijalu di daerah Serang Panjang. Kemudian Anda harus menyusuri jalan desa sepanjang 3 Km. Suasana pedesaan khas tanah pasundan dan hamparan kebun teh akan menyambut Anda sebelum memasuki wana wisata curug Cijalu.

11. Desa Wisata Wangunharja

Satu lagi tempat wisata di Subang yang layak untuk masuk daftar kunjung kita, yaitu desa wisata Wangunharja ini menjadi destinasi wisata keluarga yang menawarkan kultur budaya serta adat istiadat dan kebudayaan yang masih kental yang sampai sekarang adat istiadat-nya masih terus dilaksanakan.
Desa Wisata Wangunharja

Desa Wisata Wangunharja

Disini juga terdapat fasilitas penginapan bagi para pengunjung wisata yang ingin menikmati suasana desa ini. Setiap tahunnya di desa tersebut diadakan acara pesta rakyat yang biasa di sebut dengan Ruatan Bumi yang telah dikemas dalam suatu paket wisata.Fasilitas Desa Wisata Wangunharja– Desa Wisata

– homestay
– Area parkir
– warung makananUntuk menuju kawasan ini kita harus menempuh perjalanan sekitar 41 menit dari pusat kota Subang kalau dari Bandung sekitar 52 menit sementara dari Jakarta via pintu tol Sadang sekitar 3 jam.

12. Curug Cibareubeuy

Masih ada banyak tempat wisata di Subang berupa air terjun. Curug Cibareubeuy menjadi salah satunya, air terjun dengan ketinggian 40 meter ini memiliki kolam kecil di bawah yang bisa kita jadikan tempa mandi-mandi atau bermain air.

Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy

Untuk membuat wisatawan lebih nyaman, dibangun shelter atau saung – saung tempat beristirahat para wisatawan. Daya tarik lainnya yang terdapat di sekitar Curug Cibareubeuy adalah Situs Purbakala yang berjumlah 4 (empat) buah, areal Bumi Perkemahan dan Hutan Pinus. Selain daya tarik tersebut diatas, di sekitar lokasi wisata banyak terdapat pengrajin Gula Aren yang dapat dinikmati langsung di tempat.

Air terjun ini berada di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater. Dari Jalan Raya Ciater – Bandung arahkan kendaraan anda ke Desa Cibeusi (sekitar 3 km dari jalan raya). Kemudian dari Desa Cibeusi anda harus menyusuri jalan setapak sekitar 2 km.

13. Curug Bentang

Masih berupa air terjun, Curug Bentang menjadi tempat wisata di Subang lainnya yang menarik untuk kita kunjungi, apalagi kalau bersama rombongan.

Curug Bentang

Curug Bentang

Lokasi air terjun Bentang ini ada di Kampung adat Banceuy, Desa wisata Wangun Harja, Kecamataan Ciater. Curug ini terdapat di sebuah aliran Sungai besar yang membelah desa tersebut. Terdapat dua buah curug yang terlihat bertingkat jika dilihat dari atas sungai tersebut. Namun karena berada di aliran sungai besar, cukup berbahaya jika kita bermain air di bawah curug, kecuali jika anda pandai berenang.

Nah, di sekitar air tejrun ini juga ada makam keramat seperti makam Aki Leutik (Raden Ismail Saleh), makam Prabu Jaya Tumenggung, dan makam Eyang Haji Pungkur (Haji Singadiraksa). Di desa wisata ini setiap tahun diadakan upacara adat ruwatan bumi.

14. Kolam Renang Ciheuleut

Ciheuleut sebenarnya bukan hanya terdapat kolam renang, melainkan juga wahana permainan untuk anak-anak. Kolam Renang Ciheuleut berada di Jln. Terusan Emo Kurnia Atmadja  BTN Ciheuleut Kel. Pasirkareumbi Subang.
Dena luas area sekitar 2 hektar, kolam renang Ciheuleut memiliki konsep wisata terpadu. Arena bermain ini juga memiliki waterboom dan fasilitas untuk Outbond.
Kolam Renang Ciheuleut

Kolam Renang Ciheuleut via kota Subang

Terdapat banyak fasilitas disini, diantaranya adalah:
Ø Memiliki 3 Kolam renang dengan ukuran :
a.   15 x 25 m
b.   15 x 10 m
c.   10 x 8 m
Ø Kamar Bilas     : 2 Kamar
Ø Kamar Ganti    : 6 Kamar
Ø Kamar Mandi   : 3 Kamar
Ø Kolam Ikan     : 1 Kolam
Ø Outbond
Ø Tempat Parkir yang luas
Ø Mushola
Ø Warung
Ø Memiliki 14 Karyawan
Tarif masuk untuk dewasa Rp. 8.000 /orang dan anak-anak Rp. 7.000
Fasilitas Outbond untuk kategari umum, karyawan, mahasiswa, Pelajar harga Rp. 45.000 / orang.
Untuk menuju tempat wisata di Subang yang satu ini kita bisa menggunakan motor dan mobil. Kita harus menempuh ± 2 Km dari pusat kota Subang, dengan waktu ± 10 menit dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

15. Ciater Highland Resort

Di Subang juga terdapat arena pacuan kuda, lokasinya ada di kawasan Ciater Higland Resort yakni di tengah hamparan kebun teh yang luas.
Arena pacuan kuda disini cukup luas dan berfasilitas lengkap. Selain arena pacuan kuda, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam perkebunan teh atau kegiatan rekreasi lain yang menarik.
Ciater Highland Resort

Ciater Highland Resort

Objek wisata ini berlokasi di jalan raya Subang – Bandung, kecamatan Ciater, Subang. Untuk mencapai CHR hanya memakan waktu sekitar 5 menit dari lokasi wisata pemandian air panas Sari Ater dan Ciater Spa Resort.
Ada banyak fasilitas di CHR seperti: villa berbagai tipe, kolam renang, family karaoke, camping ground, restaurant, gym, billiard, futsal, grass hill dan berbagai fasilitas pelengkap lainnya.

16. Sunrise di Kebun Teh Ciater

Salah satu spot untuk menikmati keindahan sunrise di Subang adalah di Kebun Teh Ciater. Kita tidak perlu mendaki gunung untuk bisa menikmati keindahan sunrise.
Sunrise di Kebun Teh Ciater

Sunrise di Kebun Teh Ciater

Kebun teh ini ada di sekitar Vila PTPN 8 ini menjadi salah satu spot favorit bagi pecinta fotografi di Subang.
Kita cukup menepikan motor atau mobil di pinggir jalan raya Subang – Bandung tepatnya di kebun teh sekitar 1 km setelah perempatan Sari Ater.
Bagaimana? Anda tertarik untuk menyaksikan keindahan sunrise disini?

17. Wisata Adventure Arung Jeram Sungai Cipunagara

Anda penggemar olahraga ekstrim arung jeram? Kalau anda liburan di Subang jangan lupa untuk mencoba tantangan di arung jeram di sungai Cipunagara.

Wisata Adventure Arung Jeram Sungai Cipunagara

Wisata Adventure Arung Jeram Sungai Cipunagara

Pihak penyelenggara, Cipunagara Fun Raftingsiap akan memabwa anda untuk mengarungi sungai Cipunagara dengan perahu karet.

Sungai Cipunagara merupakan yang terpanjang di Subang Jawa Barat. Selama mencoba sensasi arung jeram di Sungai Cipunagara anda akan didampingi oleh skipper profesional. Jadi jika anda pemula sekalipun tidak perlu khawatir.

18. Taman Burung Sukamandi

Anda pecinta burung? Burung sungguhan ya :D. Di Subang Jawa Barat, dibagian utara Kabupaten ini tepatnya di kecamatan Sukamandi terdapat sebuah taman burung.

Taman Burung Sukamandi

Taman Burung Sukamandi

Penangkaran burung ini sangat rimbun dan asri, sangat cocok sebagai tempat untuk berjalan-jalan. Tidak seperti taman burung di tempat lain, burung-burung yang ada di Sukamandi tidak dikurung di dalam sangkar melainkan dilepas bebas.

Bagi anda yang tertarik untuk jalan-jalan kesini, waktu yang tepat adalah waktu sore hari saat burung-burung datang berkumpul, kita bisa mendengar kicauan berbagai jenis burung, kalau pecinta burung wajib datang kesini.

19. Pemandian Tirta Alam, Sagalaherang

Satu lagi tempat wisata di Subang berupa kolam renang yang menarik untuk kita kunjungi yaitu kolam wisata tirta alam yang berlokasi di kampung Cibinong Desa Sagalaherang Kaler Kecamatan Sagalaherang.

Untuk bisa main air disini, kita harus membayar tiket seharga Rp.16.500,- saja kita bisa menikmati pemandian ini sekeluarga.

Pemandian Tirta Alam, Sagalaherang

Pemandian Tirta Alam, Sagalaherang

Disini juga terdapat kolam terapi ikan. dan juga ada kolam khusus untuk bermain anak-anak. Kolam renang ini sangat cocok untuk liburan salah satunya lagi karena suasana alam yang asri dan nyaman bagi keluarga.

Di pemandian ini juga terdapat kantin, aula, mushola, sepeda air angsa dan air tumpah serta banyak pilihan hiburan air lainnya.

Pihak pengelola juga menyediakan perosotan air dan ember tumpah, sehingga membuat anak – anak puas bermain air. Selain terdapat kolam renang di sana juga terdapat kolam ikan dan kolam untuk sepeda air dan perahu dayung.

Setelah lama berendam sambil mandi-mandi anda juga bisa enikmati fasilitas saung di antara kolam-kolam yang ada. Bisa untuk tempat istirahat, makan atau rehat sejenak untuk melanjutkan mandi-mandi setelah pulih. Di sana juga terdapat kedai yang menyediakan aneka makanan untuk anda.

Di sudut lain tempat wisata ini ada pula tempat permainan seperti ayunan dan kora – kora mini. Setelah puas berenang anda bisa mencoba wahana bermain ini.

Kolam pemandian Tirta Alam terletak di pinggir jalan raya Sagalaherang – Jalan Cagak, Cibinong, Sagalaherang. Dari arah Jalan Cagak Lokasi wisata ini berjarak sekitar 4.2 km atau sekitar 7 menit berkendara.

20. Curug Sadim

Menikmati wisata curug sambil menjelajahi keindahan dari perkebunan teh tentu saja akan terasa sangat menyenangkan sekali dimana ini dapat anda rasakan ketika berkunjung ke Curug Sadim. Ketika anda sudah sampai di Curug Sadim maka anda akan dibuat kagum dengan pesona alam yang hadir di Curug Sadim yang terlihat sangatlah alami sekali.

Curug Sadim

Curug Sadim

Apalagi lokasi dari Curug Sadim yang berada di perkebunan teh tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi seluruh pengunjung yang datang disamping mereka dapat merasakan bagaimana kesegaran dari air Curug Sadim. Banyaknya bebatuan yang ada di Curug Sadim dapat anda gunakan untuk duduk bersantai sambil merasakan setiap percikan air terjun yang membasahi tubuh anda.

Lokasi : Dusun Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia

21. Curug Dawuan Subang

Ternyata tempat wisata di Subang berupa air terjun masih ada lagi, ke empat objek wisata alam berikut ini dari no 21 sampai no 24 adalah curug atau air terjun yang bisa anda kunjungi.

Curug Dawuan Subang

Curug Dawuan Subang via Kota Subang

Curug Dawuan menjadi tempat wisata di Subang selanjutnya yang tidak boleh sampai kelewatan. Air terjun ini masuk dalam kawasan kebun teh, sehingga airnya sangat sejuk dan segar untuk mandi-mandi.

Jadi sangat disayangkan kalau kita tidak mampir dan menikmati kesejukan air terjun ini. Lokasi curug dawuan berada di Kampung Dawuan, Desa Ciater, Kecamatan, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

22. Curug Karembong Subang 

Curug yang tidak kalah menariknya yang bisa kunjungi adalah air terjun Karembong, Yang kono mirip karembong atau selendang yang digeraikan.

Curug Karembong Subang

Curug Karembong Subang

Air terjun ini masih satu tempat dengan Capolaga Adventure Camp yang merupakan objek wisata alam yang ngehits di Subang. Dari kota Subang kamu cukup menempuh perjalanan selam 30 menit untuk mencapai lokasi dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua kesayanganmu.

Tiket masuk ke goa cukup Rp 9.000. Dengan Rp.9000 kamu bisa sekaligus menikmati wahana di Capolaga Adventure Camp dan menyambangi curug Sawer dan Curug Goa Badak yang juga tersembunyi di Capolaga Adventure dan jarak anatar satu curug dengan curug lain sangat dekat.

23. Curug Goa Badak

Masih dalam kawasan Capolaga Adventure Camp, juga ada sebuah air terjun yang tidak kalah menariknya, namanya Curug Goa Badak.

Curug ini memang tidak terlalu tinggi hanya skeitar 8 meter saja. Lokasi curug ini berdekatan dengan curug Karembong dan Curug Sawer.

Curug Goa Badak

Curug Goa Badak

Nah curug Goa Badak menjadi tempat mandi paling seru dan asyik tentunya, kita bisa berenang dan berendam sepuasnya di bawah air terjun yang terus berjatuhan.

Selain karean curug, juga ada goa badak yang tidak kalah menariknya untuk kita sambangi. Goa badak berukuran cukup besar,

Bagaimana? Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di Curug Goa Badak ini? Pasti seru rasanya kalau bisa mandi dan berendam sepuanya disini.

24. Curug Mandala yang Eksotis

Curug mandala memiliki pesona yang menawan, seperti lokasi ‘bidadari mandi’. Air terjun ini berlokasi di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang.

Untuk bisa menikmati kesegaran air terjun ini kita hanya membayar Rp 5000 saja.

Curug Mandala yang Eksotis

Curug Mandala yang Eksotis

Lokasi curug ini cukup mudah diakses, dari gerbang pemandian Caiter kita bisa langsung menuju kampung Panaruban. Kita akan menemukan papan petunjuk menuju lokasi curug.

Setelah kita menemukan apan petunjuk, perjalanan bisa kita tempuh dengan motor atau berjalan kaki.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, sudah ada warung yang menjajakan makanan dan dijamin harganya terjangkau di sekitar curug.

Tambahan Tempat Wisata di Subang lainnya

Berikut ini tambahan tempat wisata di Subang yang lainnya:

Wisata Memancing Terpadu Lembah Gunung Kujang

Bagi anda yang hobi memancing, menghabiskan waktu liburan di lembang gunung Kujang mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Wisata memancing terpadu ini sendiri berdiri di atas lahan seluas 3 ha tepat di  tepat di bawah kaki Gunung Kujang Subang Jawa Barat, dan tampil dengan konsep rekreasi terpadu bagi pengunjung wisata yang mendambakan suasana yang masih alami.

Wisata Memancing Terpadu Lembah Gunung Kujang

Wisata Memancing Terpadu Lembah Gunung Kujang

Untuk membuat pengunjung betah dan nyaman, dibuat beberapa fasilitas pendukung meliputi:

  • Kolam pancing keluarga yang luasnya 25x60m dan memiliki 40 lapak yang berbentuk saung lesehan dengan luas kurang lebihnya 2,7×2,7m.
  • Kolam pancing ”kilo gebrus” dengan luas 10x20m, memiliki 20 lapak dengan luas 2x2m. Sistem ini diberlakukan untuk grup, instansi suatu perusahaan.
  • Rumah Makan khas Sunda dengan konsep lesehan di lantai 1 sedangkan lantai 2 dengan setting restaurant yang menyediakan 70 tempat duduk.
  • Kolam pancing reservasi yang terdiri dari Kolam pancing reservasi A dengan luas 40x70m, 32 lapak dengan luas 4x4m dan kolam pancing reservasi B yang luasnya 20x50m dan terdiri dari 34 lapak dengan luas 2x2m. Setiap kolam pancing reservasi dilengkapi pula dengan toko peralatan pancing, Asesoris dan kafetaria Memancing.
  • Meeting room, berlokasi di lantai 1 dan bisa menampung 30 s/d 70 orang.
  • Cottages, dengan fasilitas kolam renang dan sarana pendukung lainnya.
  • Pendopo, bisa menampung 150-200 orang untuk aktivitas company gathering.
  • Tempat bermain anak-anak.
  • Areal parkir yang luas.

Untuk menuju wisata memancing terpadu ini sangat mudah untuk ditemukan, lokasinya ada di  pinggir jalan raya subang-bandung sehingga sangat mudah untuk kita kunjungi. waktu tempuhnya dari Subang sekitar 16 menit, dari Bandung 60 Menit dan dari jakarta via tol Sadang sekitar  180 Menit.

Mata air Cipondok

Saat ini siapa yang tidak suka eksis? Nah, untuk anda yang suka eksis kalau sedang liburan di Sumedang, maka Mata Air Cipondok mesti masuk dalam daftar tempat wisata di Sumedang yang akan anda kunjungi.

Mata air Cipondok

Mata air Cipondokc

Mata Air Cipondok memiliki air yang sangat jernih, seperti sedang ada darat saja. Mata air Cipindok sendiri terletak di kampung cipondok desa pasanggrahan kecamatan kasomalang kabupaten subang. dekat pabrik aqua cipondok. Sebenarnya ini bukan tempat wisata tetapi penampungan dari sebuah mata air. Namun lama kelamaan karena sering di kunjungi banyak orang di buatlah fasilitas pagi para pengunjung. obejk wisata ini memiliki air yang bersih sehingga banyak pengunjung  berfoto di bawah air dengan kamera yang mereka bawa dari rumah.

“Curug Koleangkak” Air Terjun Berair Biru di Subang

Tempat wisata di Subang Jawa Barat selanjutnya adalah curug Koleangkak yang sangat eksotis dan tidak pasti akan membuat anda terperangah begitu sampai kesana. Dengan warna air biru tosca membuat air terjun ini sangat fenomenal dan belakangan banyak anak-anak muda yang selfie di air terjun ini.

Berkah dari akun media sosial, baik itu instagram atau Fb, membuat curug ini cepat terkenal dan menyebar ke pelosok tanah air. Sehingga membuat siapa saja yang melihat foto selfie tersebut juga tertarik untuk mengunjungi curug ini.

Curug Koleangkak ini terletak di desa Nagrak, Kecamatan Ciater ini memiliki danau kecil yang memantulkan warna biru tosca dibawah curugan airnya.

Curug Koleangkak Air Terjun Berair Biru di Subang via Kota Subang

Curug Koleangkak “Air Terjun Berair Biru” di Subang via Kota Subang

Karena semakin hari wisatawan yang datang semakin banyak, maka warga sekitar kini terus mengupayakan untuk melengkapi fasilitas di sekitar air terjun ini agar lebih tertata lagi dan membuat siapa saja yang datang betah berlama-lama disini. Selain curug Koleangkak, di aliran sungai yang sama sebenarnya juga terdapat beberapa curug lainnya. Salah satunya curug Cisaladah. 

Menuju curug Koleangkak, arahkan kendaraan Anda dari parkiran SariAter menuju desa Nagrak, Kecamatan Ciater. Curug ini terletak tak jauh dari jalan desa Nagrak.

Berendam Air Hangat Sambil Menikmati Keindahan Curug Cina

Ternyata masih ada banyak tempat wisata di Subang yang bisa kita gali lagi, salah satunya adalah pemandian alam berupa air panas, yaitu di sekitar curug Cina. Curug cina mungkin belum terlalu terkenal, maka dari itu perlu kita sosialisaikan agar curug nan eksotis dan pemandian air panas ini bisa semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Berendam Air Hangat Sambil Menikmati Keindahan Curug Cina

Berendam Air Hangat Sambil Menikmati Keindahan Curug Cina

Curug cina sendiri berjarak sekitar 13 Km dari pusat kota Subang melalui jalan desa Parung – Curug Agung. Dari lapangan sepak bola Curug Agung, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekira 20 menit melalui jalan setapak. Hanya ada satu kali tanjakan menuju curug ini, selebihnya kontur jalannya relatif datar.

Dengan ketinggian sekitar 50 meter, membuat curug ini cukup menarik untuk kita eksplorasi lebih jauh lagi. Curug ini sendiri berada di aliran anak sungai Ciasem ini cukup besar. Debit airnya cukup deras dan di bawah curugannya berupa batuan sehingga tidak bisa dipakai bermain air di bawah curugannya. Namun yang unik, di sekitar curug tersebut terdapat sumber mata air hangat.

Meskipun tak sehangat air di Sari Ater namun jika ditata dengan membuat kolam rendam yang baik akan menjadikan nilai tambah bagi objek wisata ini. Bayangkan saja, berendam di kolam air hangat dengan latar belakang air terjun yang indah.

Saung Mulan, Desa Wisata Cibuluh

Kalau anda ke Subang atau lebih tepatnya mampir ke Desa Wiwsata Cibuluh, silahkan mampir ke Saung Mulan. Saung mulan merupakan salah satu tempat wisata malam hari di Subang yang layak untuk kita datangi.

Saung Mulan, Desa Wisata Cibuluh

Saung Mulan, Desa Wisata Cibuluh

Saung Mulan sekaligus menjadi tempat nongkrong di Subang yang menarik untuk kita kunjungi. Di saung ini setiap bulan purnama biasanya digelar acara sederhana, mulai dari pagelaran seni seperti karinding dan kacapian, medar (mengurai) sejarah kampung atau hanya sekedar ngobrol bersama  atau disebut ngawangkong sambil bakar singkong atau pisang. Semuanya dikemas dengan santai dan rileks, penuh keakraban.

Pada hari-hari biasa, kini saung mulan juga mulai banyak dikunjungi. Mereka biasanya hanya sekedar ngawangkong di saung sambil menikmati suguhan makanan tradisional. Dari saung ini terlihat pemandangan kampung dan sawah yang menghampar di bawahnya. Keindahan alam pedesaan ini sering dijadikan latar para pengunjung untuk berselfie ria.

Curug Cisaladah

Tempat wisata di Subang Jawa Barat selanjutnya adalah curug Cisaladah yang  sudha admin sebutkan sebelumnya yang masih berada satu aliran sungai dengan curug Kaliangkak. Untuk bisa berfoto di sana pengunjung harus meminta izin kepada pemilik villa atau penjaganya. Lokasi curug Cisaladah juga berdekatan dengan curug Kaliangkak, yaitu di desa Nagrak, Kecamatan Ciater

Curug Cisaladah

Curug Cisaladah

Curug Peureu

Tempat wisata di Subang berikutnya adalah curug Peureu yang berukuran kecil dan berada di tengah perkebunan teh blok Dawuan Ciater, tepatnya di kampung Dawuan, Desa Ciater, karenanya curug ini kerap juga hanya disebut sebagai curug Dawuan. Nama lain dari curug ini adalah curug Kembar, dulu ketika debit airnya masih tinggi berdekatan dengan curug Pereu ini juga terbentuk curug lainnya sehingga disebut curug Kembar.

Curug Peureu

Curug Peureu

Gunung Canggah Subang Jawa Barat

Tempat wisata di Subang selanjutnya yaitu gunung Canggah yang ada di Kecamatan Cisalak. Khusus untuk lokasi yang satu ini, hanya pecinta alam yang sudah terbiasa mendaki gunung yang bisa mencapainya. Yang belum terbiasa naik gunung tidak disarankan untuk mendaki gunung Canggah. 

Gunung Canggah Subang Jawa Barat

Gunung Canggah Subang Jawa Barat

Menikmati Tapal Batas Puncak Eurad

Tempat wisata di Subang selanjutnya adalah puncak Eurad. Disini anda bisa menikmati keindahan desa sekitar dari ketinggian. Di sana kini terdapat warung sederhana yang menyajikan penganan ringan dan minuman hangat seperti bandrek dan bajigur.

Semakin hari wisatawan yang datang semakin bertambah banyak, hal ini juga merupakan buah dari pembangunan akses jalan yang semakin baik, terutama yang menghubungkan desa Wangunharja, kecamatan Lembang, Bandung Barat dengan desa Cupunagara, kecamatan Cisalak, Subang.  

Menikmati Tapal Batas Puncak Eurad

Menikmati Tapal Batas Puncak Eurad

sambil menyeruput minuman yang hangat kita bisa menikmati keindahan dari atas menara pandang dimana para pengunjung bisa berselfie ria dengan latar keindahan pegunungan sekitar Cisalak dan lembah kampung Cibitung, kampung terakhir di Kabupaten Subang yang berbatasan langsung dengan Bandung Barat. Pemandangan bukit-bukit, hutan pinus, kebun teh dan kampung Cibitung dari kejauhan membuat pengunjung betah berlama-lama menikmatinya sambil menyeruput bandrek hangat.

Silahkan ikuti rute melalui jalan pasar Ahad – Cikareumbi – Puncak Eurad, karena jalur Cisalak – Cupunagara – Puncak Eurad masih dalam kondisi rusak parah. Perekonomian di wilayah paling ujung Subang tentunya akan semakin tumbuh jika saja akses jalan di sana semakin baik. Warga desa Cupunagara berharap Pemkab Subang bisa memperbaiki jalur yang menghubungkan Puncak Eurad – Bukananagara.

Pemandian Ciater Spa Subang Jawa Barat

Tempat wisata di Subang Jawa Barat berikutnya adalah ciater spa yang lokasinya ada di sebelah utara dari Sari Ater. Nama dua pemandian ini memang agak mirip, sehingga Ciater ini sering disebut sebagai “adik kandung” dari Sari Ater. Bedanya, selain memiliki kolam rendam untuk umum, Ciater Spa juga memiliki fasilitas unggulan lainnya yaitu fasilitas terapi terpadu kesehatan dan kecantikan  menggunakan air panas alami.

Kolam air panas Kiara di Ciater Spa - tempat wisata di Subang

Kolam air panas Kiara di Ciater Spa

Bagaimana anda tertarik bermain air panas ria disini? Disini, arung jeram merupakan wahana favorit wisatawan yang datang, wisatawan akan diajak menguji adrenalin mengarungi jeram di sungai berair hangat. Namun bagi anda yang penakut tak perlu khawatir karena sungai yang diarungi bukan lah sungai besar, sehingga aman dijajal semua kalangan.

Merasa tertantang? Tunggu apalagi yuk meluncur ke TKP.

Gracia spa

Masih berupa pemandian air panas, anda bisa mengunjungi garcia spa untuk menikmati sensasi mandi air panas di Subang Jawa Barat. Lokasi Garcia Spa ini ada di paling selatan dibandingkan dengan pemandian air panas sebelumnya. Untuk menuju ke lokasi wisata ini ada akan melewati jalan kampung sekira 1.5 km. Sebelumya plang bertuliskan Gracia di jalan Raya Subang – Bandung akan mengarahkan pengunjung ke lokasi.

Pemandian Gracia spa Subang Jawa Barat

Pemandian Gracia spa Subang Jawa Barat via Kota Subang

Pemandian ini terkenal lebih privat jadi anda tidak perlu merasa khawatir agak risih kalau ramai-ramai. Rimbunan pohon yang menghijau mengelilingi 3 buah kolam pemandian air panas berukuran besar. Terkesan sangat asri dan tersembunyi. Sementara itu di bagian lain terdapat kolam rendam kecil yang dbuat khusus untuk anak-anak.

Selain memiliki beberapa kolam rendam, Gracia spa juga dilengkapi dengan fasilitas restauran dan villa-vila yang siap memanjakan pengunjung.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan tempat wisata di Subang? Nah, kira-kira mana yang sudah pernah anda kunjungi. Kalau sudah sebagian, kini saatnya untuk mengunjungi semua tempat wisata di Subang bersama orang-orang tercinta.

Itulah 35 Tempat wisata di Subang yang kami rekomendaasikan, semoga bermanfaat. Kunjungi juga 24 Tempat Wisata di Majalengka Jawa Barat

Leave a Reply

error: Content is protected !!