Objek Wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat

Green Canyon Pangandaran – Berbicara mengenai tempat wisata yang ada di Jawa Barat, memang banyak sekali pilihannya. Salah satunya yakni Green Canyon Pangandaran. Dahulu namanya masih Cukang Taneuh atau dengan kata lain jembatan yang berada di atas sungai Green Canyon.

Sementara Green Canyon ini sendiri merupakan sebuah aliran sungai dari Cijulang dimana pada hulu sungainya tersedia beragam fasilitas wisata yang sangat menarik sekali. Tempat wisata yang satu ini terapit oleh dua dinding bukit yang berbatu bahkan juga di tutup dengan adanya pohon yang rimbun. Untuk aliran sungainya ini memiliki warna yang begitu eksotis sekali yakni hiau tosca.

Jangan lupa kunjungi juga: Pantai Pangandaran Nan Cantik

Lokasi Objek Wisata Alam Green Canyon Pangandaran

Kali ini Tempat wisata seru akan mengajak anda liburan ke objek wisata alam green canyon Pangandaran yang sudah mendunia ini. Dimana letaknya, bagaimana akses menuju lokasi, berapa budget yang dibutuhkan serta keseruan apa saja yang bisa kita coba.

Tempat wisata yang satu ini berada di desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang,Ciamis-Jawa Barat. Letaknya sekitar 130 km jika anda berasa dari kota ciamis sementara jika anda berasal dari kota Pangandaran, jaraknya hanya sekitar 31 km saja. Bahkan ada obyek wisata lain yang berada di dekat obyek wisata ini yakni wisata Batu Karas.

Supaya bisa mencapai tempat wisata Cukang Taneuh ini maka para wisatawan pun harus menyusuri sungai terlebih dahulu mulai dari dermaga Ciseureuh sebab tidak tersedia kendaraan darat yang mampu masuk kesana. Selanjutnya anda pun bisa lanjutkan perjalanan anda dengan bantuan perahu yang banyak tersedia.

Dari dermaga menuju lokasi Green Canyon Pangandaran ini anda membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 45 menit jika menggunakan transportasi perahu.

Akses menuju ke lokasi wisata Green Canyon Pangandaran

Jarak antara dermaga menuju ke tempat wisata Green Canyon Pangandaran ini sekitar 3 km. Di sepanjang perjalanan anda nantinya akan disuguhkan beragam pemandangan alam yang sangat menarik sekali. Mulai dari pepohonan yang begitu rindang, besar dan juga banyak pula pohon yang sudah condong ke sungai.

Transportasi di Green Canyon Pangandaran

Transportasi di Green Canyon Pangandaran

Bahkan jika para wisatawan masih beruntung tentunya mereka bisa melihat satwa alam yang tersedia seperti Biawak dan juga monyet. Ketika perjalanan anda sudah memasuki wilayah sungai yang semakin menyempit, itu tandanya perjalanan anda hampir sampai pada mulut Green Canyon.

Dari situlah nanti anda bisa memulai petualangan anda saat menyusuri keindahan alamnya. Bahkan bagi wisatawan yang gemar berenang tentu juga sudah tersedia ban,rompi pelampung maupun pemandu wisata supaya perjalanan anda lebih nyaman lagi.

Perjalanan anda nantinya akan berada dalam cekungan dinding yang begitu terjal pada bagian kanan dan kiri aliran sungai. Dindingnya pun biasanya mampu menyajikan keindahan tersendiri yakni menyerupai sebuah payung. Bahkan para wisatawan bisa memicu adrenalinnya ketika terjun dari batu patung tersebut.

Sedangkan pada bagian atasnya, para pengunjung juga bisa melewati adanya stalaktit yang masih dialiri dengan tetesan air yang berasal dari tanah. Bahkan ketika anda sudah berenang sekitar ratusan meter, maka anda akan melihat beberapa air terjun kecil yang berada di bagian kiri kanan yang terlihat sangat menawan sekali.

Jika anda meneruskan petualangan anda, maka anda bisa menjumpai ujung jalannya dimana terdapat sebuah gua yang telah dihuni banyak kelelawar. Bagi anda para wisatawan yang ingin mengunjungi obyek wisata yang satu ini, waktu paling tepat tentunya saat musim kemarau tiba. Saat itulah debit air sungainya normal dengan warna air hijau toska. Tentunya kunjungan anda kesana bakalan mendapatkan view yang mampu memanjakan mata anda.

Bagi anda para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata Green Canyon Pangandaran ini maka anda bisa gunakan kendaraan umum yang berasal dari Pangandaran menuju ke Cijulang dengan naik bus.

Nah, bagi anda yang ingin naik bus tentu juga tak perlu khawatir lagi karena akses jalan menuju ke tempat wisata sudah lebar meskipun masih ada sedikit jalan yang masih rusak. Apabila anda lebih memilih naik kereta api maka anda hanya perlu menuju stasiunnya kemudian menuju ke stasiun Sidareja.

Lalu bisa anda lanjutkan dengan menggunakan bis lokal yang menuju ke terminal Pangandaran. Perahu juga menjadi satu-satunya alat transportasi yang bisa anda gunakan dari dermaga hingga ke tempat wisata Green Canyon Pangandaran. Tentunya harga sewa perahu ini dikenakan tarifsekitar Rp 125.000 untuk sekitar enam penumpang. Pastinya anda bisa datang ke tempat wisata ini bersama rombongan anda supaya biaya sewa perahu bisa anda dapatkan dengan harga yang lebih hemat.

Kelebihan Tempat Wisata Green Canyon Pangandaran

Namanya tempat wisata sudah pasti memiliki keunggulan jika kita bandingkan dengan tempat wisata yang lainnya. Untuk tempat wisata Green Canyon Pangandaran ini sangat komplit sekali sebab sudah tersedia wisata Body Rafting Green Canyon  bahkan juga tersedia wisata perahu yang berada di sekitar tempat wisata tersebut.

Rafting di Green Canyon Pangandaran

Rafting di Green Canyon Pangandaran

Bagi anda yang suka sekali dunia photography tentunya anda bisa mengabadikan keindahan dari tempat wisata Green Canyon Pangandaran ini. Apalagi tempat wisatanya cocok sekali digunakan sebagai tempat untuk hunting foto. Bukan hanya itu saja, nyatanya tempat wisata ini juga menghadirkan wahana fliying fox untuk para wisatawan yang datang.

Untuk body rafting sendiri, wisatawan harus merogoh kocek berkisar antara 150.000 Rupiah sampai 250.000 Rupiah. Paket body rafting ini tidak hanya rafting saja tetapi Anda juga bisa menikmati berenang di kejernihan air Green Canyon, melompat dari tebing dengan ketinggian mencapai 9 meter, dan juga trekking.

Singgahi: Daftar Hotel Murah di Pangandaran Jawa Barat

Keindahan objek wisata Green Canyon

Keseruan anda saat berwisata ke Green Canyon ini akan dimulai dari mulut Green Canyon yang begitu jeram dengan alur yang begitu sempit bahkan susah sekali dilewati perahu. Debit air yang akan anda saksikan begitu jernih sekali berwarna hijau agak kebiruan.

Keistimewaan yang bisa anda dapatkan jika anda berwisata ke tempat ini tentu saja karena anda bisa menyusuri indahnya alam dengan menggunakan perahu yang telah tersedia di sana. Kejernihan air sungainya ini memiliki kedalaman sekitar 5 hingga 10 meter bahkan dilengkapi dengan rimbunnya dedaunan yang berada di sekitar sungai Green Canyon ini.

Pada akhir ujung dari sungai Green Canyon ini nyatanya anda akan sampai pada batu payung. Anda bisa melompat dari atas batu ini dan terjun ke sungai. Bisa dibilang wisata Green Canyon Pangandaran ini menjadi surga tersendiri bagi mereka para penyelam.  Anda hanya perlu membawa berbagai peralatan selam yang anda butuhkan, anda bisa menikmati pemandangan indah sekaligus berpetualang melalui cekungan yang ada di dalam air.

Waktu yang terbaik berkunjung ke tempat wisata Green Canyon Pangandaran

Berlibur bersama dengan keluarga memang menjadi momen yang sangat menyenangkan sekali.  Apalagi tersedia tempat wisata menarik di Jawa Barat yang cocok untuk dijadikan tempat tujuan wisata anda. Jika anda ingin berkunjung ke Green Canyon Pangandaran maka waktu yang terbaik tentunya datang di akhir pekan agak pagi saja.

Sebab semakin siang biasanya akan dipenuhi banyak pengunjung. Tempat wisata yang satu ini biasanya buka mulai dari jam 7.30 pagi hingga 16.00 sore. Tentunya waktu liburan anda cukup lama di sini.

Ada baiknya anda jangan berkunjung ke tempat ini saat musim hujan sebab kemungkinan besar airnya berwarna coklat sehingga  anda tidak akan menemukan view yang menarik. Bahkan biasanya saat musim hujan tempat wisata ini di tutup karena debit airnya semakin meningkat saja.

Tips Liburan Seru ke Green Canyon Pangandaran

Bagaimana? Setelah pemaparan di atas, anda pasti sudah tidak sabar lagi ingin segera meluncur ke TKP bukan? Sebelumnya, silahkan anda simak beberapa tips liburan ke Green Canyon Pangandaran berikut ini agar liburan anda semakin seru dan menyenangkan:

  1. Agar anda bisa berbasah-basah ria, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti, handuk, tisue, dan pakaian yang dibutuhkan lainnya.
  2. Kalau anda membawa barang elektronik sebaiknya membawa tas khusus anti air.
  3. Karena nanti anda akan melewati bebatuan yang agak licin, usahakan untuk membawa alas kaki anti slip, jangan sampai membawa high heels ya sist. Sandal gunung lebih nyaman tentunya.
  4. Disini sudah ada penyedia makanan, namun hanya di pintu masuk utama saja. Nah, agar tidak kelaparan nantinya, silahkan bawa makanan seperlunya. Pastikan anda tidak membuang sampah sembarangan ya.
  5. Abadikan momen-momen terbaik anda disini dengan pose terbaik tentunya, kemudian upload di media sosial anda, agar kekayaan wisata alam Indonesia semakin mendunia.

Demikianlah ulasan seputar objek wisata alam green canyon Pangandaran dari kami. Semoga bisa menjadi panduan untuk liburan anda di akhir pekan ini, atau waktu libur nasional lainnya.

Yuk share artikel ini agar semakin banyak lagi orang yang tahu betapa indanya bumi ibu pertiwi Indonesia kita ini. Simak juga: 27 Tempat Wisata di Pangandaran Jawa Barat yang Paling Terkenal

Leave a Reply

error: Content is protected !!