Tempat Wisata di Sidoarjo Jawa Timur

Halo sobat travelers, bagaimana kabarnya? Di tulisan kali ini tim penulis Blog Tempat Wisata Seru akan membagikan informasi mengenai tempat wisata di Sidoarjo.

Mayoritas dari sobat travelers pasti sudah tidak asing lagi dengan Kabupaten Sidoarjo. Sekitar satu dekade yang lalu kota ini sempat menjadi buah bibir di berbagai media informasi karena tragedi Lumpur Lapindo – nya yang sangat luar biasa. Konon, karena parahnya kondisi lumpur lapindo, kota ini sempat digelari “Kota Lumpur” oleh beberapa media.

Nah, ternyata, di balik tragedi Lumpur Lapindo – nya, Kota Sidoarjo memiliki banyak objek wisata menarik lho. Bahkan beberapa bagian dari kawah lumpur yang dulu dianggap sebagai “bencana” saat ini telah berubah menjadi salah satu objek wisata yang sangat eksotis.

Daftar Tempat Wisata di Sidoarjo yang Eksotis!

Jika dalam waktu dekat ini Anda berencana untuk liburan ke Provinsi Jawa Timur, Anda kami sarankan untuk turut singgah ke kota ini. Di kota ini, Anda dapat mengunjungi berbagai macam destinasi wisata menarik, seperti:

1. Pulau Sarinah

Indonesia memang merupakan negara kepulauan. Di Indonesia ada banyak pulau eksotis yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dan salah satu pulau eksotis tersebut adalah Pulau Sarinah yang terbentuk di tengah kawah lumpur.

Pulau Sarinah via @bobcemong

Pulau Sarinah via @bobcemong

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, setelah menjadi bencana selama kurang lebih 12 tahun, beberapa bagian dari kawah lumpur lapindo telah berubah menjadi kawasan wisata yang sangat eksotis. Nah, Pulau Sarinah ini adalah salah satunya.

Pulau yang berlokasi di Desa Tlocor, Kec. Jabon, Sidoarjo ini merupakan hasil sedimentasi dari semburan lumpur Lapindo yang telah terjadi sejak Tahun 2006 yang lalu. Saat ini Pulau Sarinah yang memiliki luas sekitar 80 hektar ini telah ditanami dengan pohon bakau dan berbagai jenis tanaman lainnya. Karena keberadaan tanaman – tanaman tersebut, pulau ini menjadi sangat asri dan terasa nyaman untuk disinggahi.

Untuk bisa sampai ke Pulau Sarinah, Anda dapat mengikuti paket Wisata Bahari Tlocor yang berangkat dari Dermaga Tlocor. Paket wisata ini dihargai sekitar Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 200.000 per perahu dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 15 menit perjalanan (dalam kondisi normal).

Artikel terkait: 36 Tempat Wisata di Probolinggo Jawa Timur

2. Wisata Lumpur Lapindo

Selain Pulau Sarinah, ada satu lagi tempat wisata menarik di Sidoarjo yang berakar dari tragedi Lumpur Lapindo. Tempat wisata tersebut adalah Wisata Lumpur Lapindo.

Wisata Lumpur Lapindo merupakan objek wisata unik yang menawarkan daya tarik lain dari yang lain. Di tempat ini wisatawan dapat menemui puluhan patung unik yang mirip dengan orang tenggelam di kubangan lumpur.

Wisata Lumpur Lapindo via @deva_kp

Wisata Lumpur Lapindo via @deva_kp

Bila tertarik untuk mengunjunginya, objek wisata ini ada di Kec. Porong, Sidoarjo. Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung tidak dikenai biaya tiket masuk sama sekali. Satu – satunya biaya yang harus dibayar adalah biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000 untuk roda dua dan Rp. 5000 untuk roda empat.

Oh ia, waktu kunjungan ke tempat wisata ini juga tidak dibatasi lho! Oleh karenanya, Anda dapat berkunjung ke objek wisata ini kapan saja selama 24 jam non stop.

3. Museum Mpu Tantular

Khusus untuk Anda yang hobi berkunjung ke objek wisata sejarah, tempat wisata di Sidoarjo yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tujuan wisata Anda selama berlibur di Sidoarjo.

Di museum yang memiliki luas sekitar 3,3 hektar ini, Anda dapat melihat berbagai macam benda bersejarah dari golongan: peninggalan kerajaan, geologi, biologi, etnografi, dan numismatika.

Museum Mpu Tantular via kresnabayutour

Museum Mpu Tantular via kresnabayutour

Sempat dipindahkan beberapa kali, lokasi Museum Mpu Tantular yang merupakan salah satu museum tertua di Jawa Timur ini ada di Jl. Buduran, Kota Sidoarjo.  Dari alun – alun Kota Sidoarjo, museum ini hanya berjarak sekitar 3,5 km saja dan dapat ditempuh dalam kurun waktu 5 – 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke museum ini, di hari normal museum ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00. Untuk biaya tiket masuknya sendiri tergolong sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 5000 saja.

4. Candi Pari

Selain museum, Sidoarjo juga turut menawarkan objek wisata sejarah berbentuk candi. Salah satunya adalah Candi Pari.

Candi Pari

Candi Pari

Menurut catatan sejarah, Candi Pari merupakan bagian dari pola Candi Khamer yang ada di Birma dan Candi Champa yang ada di Thailand. Secara bentuk, candi yang didirikan pada pemerintahan Raja Hayam Wuruk ini cenderung sangat berbeda dengan bangunan candi peninggalan Majapahit yang lainnya.

Sampai saat ini, Candi Pari masih digunakan sebagai tempat ibadah oleh para penganut agama Hindu yang tinggal di Kota Sidoarjo. Jika beruntung, saat berkunjung ke candi ini Anda bisa melihat secara langsung proses ibadah umat Hindu di sini.

Di hari normal, objek wisata candi yang berlokasi di Desa Candi Pari, Kec. Porong, Sidoarjo ini dapat dikunjungi setiap hari dari mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 16.00. Untuk tiket masuknya sendiri tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 3000 saja.

5. Suncity Waterpark

Tempat wisata di Sidoarjo yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Di waterpark ini, ada banyak wahana permainan air yang bisa dinikmati baik oleh anak – anak maupun oleh orang dewasa. Dari mulai wahana air mancur, lazy river, dragon sliding, sampai dengan wahana mandi busa, semuanya bisa dinikmati di sini.

Suncity Waterpark via @m_dery_atharafi

Suncity Waterpark via @m_dery_atharafi

Oh ia, untuk Anda yang memiliki balita, waterpark ini juga telah dilengkapi dengan kolam bayi lho!

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, lokasi waterpark ini ada di Jl. Pahlawan No. 1 Sidoarjo. Waterpark ini buka setiap hari dari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00 dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 25.000 pada hari kerja, dan Rp. 30.000 di hari libur dan akhir pekan.

6. Taman Abhirama

Bukan cuma Kota Surabaya saja yang memiliki taman terbuka hijau. Kota Sidoarjo juga memilikinya, salah satunya adalah Taman Abhirama yang berlokasi di Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo.

Taman Abhirama merupakan taman terbuka hijau yang sangat tertata rapi. Taman ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti gazebo, tempat duduk, air mancur, dan arena khusus untuk tempat bermain anak.

Taman Abhirama via @olshop_by_ilham

Taman Abhirama via @olshop_by_ilham

Khusus untuk Anda yang hobi hunting foto, di taman ini Anda juga bisa berkunjung ke Rumah Kaya, yaitu bangunan rumah unik yang sedang hits di kalangan anak muda Sidoarjo.

Karena merupakan taman terbuka hijau milik pemerintah, Taman Abhirama dapat dikunjungi secara cuma – cuma alias gratis. Sayangnya waktu operasionalnya dibatasi dari mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00 saja.

7. Pasar Malam Gading Fajar

Tempat wisata di Sidoarjo yang selanjutnya adalah Pasar Malam Gading Fajar. Pasar Malam Gading Fajar merupakan pasar malam permanen yang berlokasi di Perumahan Taman Pinang – Gading Fajar.

Secara keseluruhan, pasar malam ini cenderung sangat mirip dengan Jl. Malioboro yang ada di Yogyakarta. Bedanya, jika Maliobor beroperasi selama 24 jam non stop, Pasar Malam Gading Fajar hanya beroperasi dari mulai pukul 16.00 sampai dengan pukul 23.30 saja.

Pasar Malam Gading Fajar via foursquare

Pasar Malam Gading Fajar via foursquare

Khusus untuk hari minggu, pasar ini biasanya juga turut beroperasi pada pagi hingga siang hari, yaitu pada pukul 04.30 sampai dengan pukul 11.00 siang.

Di pasar malam ini Anda dapat membeli berbagai macam barang, seperti pakaian, kebutuhan rumah tangga, oleh – oleh, hewan peliharaan dll. Walaupun tergolong sebagai pasar tradisional, barang – barang yang dipasarkan di pasar ini sama sekali tidak murahan. Bahkan, perusahaan retail ternama sekelas ACE Hardware saja turut memiliki gerai di pasar ini.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya?

8. Wisata Kampoeng Batik Jetis

Kota Sidoarjo memang bukan Kota Batik. Namun, kota ini telah menjadi salah satu pusat pengrajin batik sejak Tahun 1675.

Salah satu daerah yang menjadi pusat kerajinan batik tulis di Sidoarjo ada di Kampoeng Batik Jetis. Kampung ini ada di Jl. P. Diponegoro Lemahputro. Dari alun – alun Kota Sidoarjo, kampung ini dapat ditempuh dalam kurun waktu 10 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Wisata Kampoeng Batik Jetis

Wisata Kampoeng Batik Jetis

Di kampung ini Anda dapat membeli berbagai macam produk batik dengan harga yang bervariatif. Dari mulai batik kelas standar seharga Rp. 150.000 sampai dengan batik mewah seharga jutaan rupiah, semuanya bisa Anda dapatkan di kampoeng ini.

Tidak hanya itu, khusus untuk Anda yang ingin belajar membatik, di kampung ini Anda dapat mengikuti pelatihan membatik. Caranya Anda harus menghubungi pihak pengrajin terlebih dahulu.

Bagaimana? Tertarik untuk singgah ke kampung ini? Jika ya, kampung ini bisa Anda kunjungi dari mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 18.00.

9. Wisata Kampung Sepatu Krian

Selain kaya akan pengrajin batik tulis, Sidoarjo juga sangat kaya akan pengrajin sepatu lho. Oleh karenanya, saat liburan di Sidoarjo, jangan lupa untuk singgah ke pusat pengrajin sepatu di sini, yaitu di Kampung Sepatu Krian.

Wisata Kampung Sepatu Krian

Wisata Kampung Sepatu Krian

Secara keseluruhan, Kampung Sepatu Krian sangat mirip dengan Desa Cibaduyut yang ada di Bandung. Di kampung ini pengunjung dapat membeli berbagai jenis sepatu dengan harga yang sangat terjangkau.

Bahkan, jika mau, pengunjung juga bisa memesan sepatu khusus ke pihak pengrajin. Sangat keren bukan?

Jika tertarik untuk berkunjung ke kampung ini, lokasinya ada di Kelurahan Masangan, Kec. Krian, Sidoarjo. Aktivitas pengrajin di kampung ini biasanya dimulai pukul 06.30 dan berakhir pukul 18.00. Untuk itu, jika Anda ingin berkunjung, pastikan Anda berkunjung di antara waktu tersebut.

10. Legok Asri Sukolegok

Legok Asri Sukolegok merupakan tempat wisata keluarga yang sangat kaya akan fasilitas. Objek wisata yang memiliki luas total sekitar 3 hektar ini telah dilengkapi dengan kolam renang, wisata outbond, kolam pancing, gazebo untuk bersantai, tempat makan, area bermain khusus untuk anak – anak, dll.

Legok Asri Sukolegok

Legok Asri Sukolegok

Lokasi objek wisata Legok Asri Sukolegok ada di Jl. Raya Sukolegok, Kec. Sukodono, Sidoaro. Di hari normal, objek wisata ini buka setiap hari dari mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 22.00.

Untuk tiket masuknya sendiri dipatoki sebesar Rp. 10.000 per orang. Tiket masuk tersebut tidak termasuk biaya untuk menggunakan fasilitas yang ada di objek wisata ini lho ya!

Jika Anda ingin menggunakan fasilitas yang tersedia, entah itu kolam renang atau pun memancing di kolam pancing, Anda akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 5000.

11. Kebun Cokelat, Balongbendo

Walaupun bernama Kebun Cokelat, sejatinya objek wisata ini adalah sebuah kafe yang mengusung konsep kebun cokelat.

Di kafe ini, Anda bisa menemui berbagai macam olahan kuliner unik seperti mi cower, mi gobyor, dan berbagai macam olahan kuliner khas nusantara.

Kebun Cokelat, Balongbendo via indah_haya

Kebun Cokelat, Balongbendo via indah_haya

Khusus untuk Anda para pecinta es krim, kafe ini juga turut menyediakan berbagai macam varian menu es krim yang luar biasa menggoda.

Pada hari kerja (senin – jumat), Kafe Kebun Cokelat buka dari mulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 22.00. Di akhir pekan dan hari libur, jam bukanya akan dipercepat, yaitu dari mulai pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 22.00 malam.

12. Pantai Kepetingan

Walaupun tidak banyak, Sidoarjo juga memiliki objek wisata pantai lho! Salah satunya yang cukup menarik untuk disambangi adalah Pantai Kepetingan.

Pantai Kepetingan berlokasi di Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Pantai ini menawarkan pengalaman wisata yang sangat lengkap. Dari mulai wisata pantai, wisata hutan bakau, wisata religi, sampai dengan wisata budaya, semuanya dapat dinikmati di pantai ini.

Pantai Kepetingan via iwantantowi

Pantai Kepetingan via iwantantowi

Jika beruntung, di pantai ini Anda dapat melihat proses pelaksanaan upacara Nyadran, yaitu ritual tahunan yang dijalankan sebagai rasa syukur karena rejeki melimpah yang telah didapatkan.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke pantai ini? Jika ya, Anda dapat mengunjunginya kapan saja tanpa harus membayar biaya tiket masuk sama sekali.

Disini anda akan diajak untuk menyusuri pantai dengan menggunakan sampan seperti di sungai pedalaman di kalimantan. Anda akan disuguhkan pengalaman menarik menyusuri lebatnya daun dari hutan bakau, merdunya kicauan burung yang bersahutan bertengger seakan menjadi hiburan tersendiri.

Kunjungi juga yuk: 29 Objek Wisata di Madiun Jawa Timur Paling Terkenal!

13. Alun – Alun Sidoarjo

Alun – alun Sidoarjo berlokasi di pusat Kota Sidoarjo. Alun – alun ini telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, seperti tempat duduk, joging track, dll.

Di lokasi alun – alun Anda juga bisa memesan berbagai macam olahan kuliner khas Sidoarjo. Jika Anda ingin berkeliling namun malas berjalan kaki, Anda dapat memanfaatkan fasilitas kereta kuda yang banyak tersedia di sekitar alun – alun.

Alun – Alun Sidoarjo via rynary

Alun – Alun Sidoarjo via rynary

Untuk bisa berkunjung ke alun – alun Sidoarjo, Anda tidak dikenai biaya tiket masuk sama sekali. Satu – satunya biaya yang harus Anda bayar hanya lah biaya parkir kendaraan.

Oh ia, untuk waktu kunjungannya sendiri cenderung tidak dibatasi. Walaupun begitu waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah di pagi hari sebelum pukul 10.00 pagi dan di sore hari setelah pukul 16.00 sore hingga malam hari.

Cek juga yuk: 36 Tempat Wisata di Jombang Jawa Timur

14. Monumen Jayandaru Sidoarjo

Tidak jauh dari alun – alun Sidoarjo, ada satu tempat wisata lagi yang tidak kalah menarik untuk disambangi. Tempat wisata tersebut adalah monumen Sidoaro.

Monumen Jayandaru Sidoarjo via @adysuswanto

Monumen Jayandaru Sidoarjo via @adysuswanto

Monumen Sidoarjo kurang lebihnya mirip seperti monumen nasional yang ada di Jakarta. Monumen ini merupakan monumen kebanggaan Kota Sidoarjo yang ditempatkan tepat di jantung Kota Sidoaro.

Secara keseluruhan, tidak banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di monumen ini. Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke monumen ini biasanya hanya bertujuan untuk mengambil foto untuk kenang – kenangan saja.

15. Delta Fishing

Anda merupakan seorang pecinta olahraga memancing? Jika ya, tempat wisata di Sidoarji yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tujuan wisata Anda.

Delta Fishing

Delta Fishing

Di objek wisata ini Anda dapat menyalurkan hobi Anda di beberapa kolam pancing sekaligus. Setiap kolam pancing yang tersedia di sini diisi dengan jenis ikan yang berbeda – beda. Ada yang diisi dengan Ikan Patin, ada yang diisi dengan Ikan Gurami, ada yang diisi dengan ikan Bawal, dan ada pula yang diisi dengan ikan Tombro.

Selain menawarkan kolam pemancingan, tempat wisata ini juga turut menawarkan berbagai macam wahana permainan yang ditujukan untuk keluarga. Dari mulai sepeda air, flying fox, sampai dengan kolam renang, semuanya telah tersedia di sini.

Pada hari biasa, objek wisata Delta Fishing dibuka untuk umum dari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore. Di akhir pekan, waktu operasionalnya biasanya akan diperpanjang hingga pukul 21.00 malam.

Untuk biaya tiket masuknya sendiri, per orangnya dipatoki di angka Rp. 12.000. Jika ingin menggunakan fasilitas flying fox, menyeberangi pulau, dan fasilitas playground, pengunjung akan diminta biaya tiket terusan seharga Rp. 17.000 sampai dengan Rp. 20.000.

Cukup terjangkau bukan?

16. Wisata Kali Porong

Selain berfungsi sebagai penyangga aktivitas perairan masyarakat setempat, Kali Porong juga turut ditetapkan sebagai objek wisata di Sidoarjo.

Kali yang berlokasi di Kec. Jabon, Sidoarjo ini menawarkan pengalaman wisata yang agak unik. Jika disusuri hingga ujung, aliran kali ini akan bermuara di Pulau Sarinah, yaitu pulau yang terbentuk di tengah – tengah kawah lumpur lapindo.

Wisata Kali Porong via @fajarhw

Wisata Kali Porong via @fajarhw

Walaupun berstatus sebagai sungai, aktivitas wisata yang dapat dilakukan di kali ini tergolong cukup banyak. Dari mulai memancing, menyusuri aliran sungai, menikmati pemandangan sunrise di pagi hari, sampai dengan menikmati pemandangan sunset di sore hari, semuanya bisa dilakukan di kali ini.

Bahkan, di kali ini Anda juga bisa menikmati wisata buaya. Tenang saja, wisata ini tidak berbahaya kok. Pasalnya di areal wisata buaya ini ada banyak pawang buaya yang ditugaskan untuk mengontrol dan mengendalikan situasinya.

Karena merupakan tepat terbuka, objek wisata Kali Porong dapat dikunjungi kapan saja tanpa batasan waktu sama sekali. Selain itu, untuk berkunjung ke kali ini pengunjung juga tidak dikenai biaya tiket masuk sama sekali. Namun untuk anda yang ingin naik perahu harus merogoh kecok sebesar Rp. 10.000 – Rp. 20.000 saja.

17. Permata Waterpark Tanggulangin

Selain Suncity Waterpark, ada satu lagi wahana permainan air yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi saat sedang berlibur ke Sidoarjo. Wahana permainan air tersebut adalah permata Waterpark Tanggulangin.

Permata Waterpark Tanggulangin berlokasi di area Permata Regency, yaitu di Jl. Raya Kludan Tanggulangin, Sidoarjo.

Permata Waterpark Tanggulangin via Sidoarjokab

Permata Waterpark Tanggulangin via Sidoarjokab

Waterpark ini telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan yang sangat menarik. Dari mulai bak tumpah, family slide, racing slide, sampai dengan flying fox, semuanya telah tersedia di waterpark ini.

Bila tertarik untuk mengunjunginya, Permata Waterpark Tanggulangin buka setiap hari dari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00. Untuk tiket masuknya sendiri ditetapkan sebesar Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 25.000 rupiah (berganti – ganti sesuai dengan tingkat keramaian).

18. Pazkul Kahuripan Nirwana

Pazkul Kahuripan Nirwana merupakan pusat kulinernya Kota Sidoarjo. Di sini Anda bisa menemui berbagai macam olahan kuliner tradisional khas Jawa dan olahan kuliner modern dengan harga yang cukup terjangkau.

Pazkul Kahuripan Nirwana

Pazkul Kahuripan Nirwana

Selain menawarkan olahan kuliner yang lengkap. Pazkul Kahuripan Nirwana juga turut menawarkan tempat nongkrong yang luar biasa kece dan menarik. Konsep yang diusung oleh tempat ini adalah foodcourt luar ruangan berbasis Go Green.

Untuk menghibur para pengunjung, pengelola tempat ini juga telah menyediakan fasilitas live music. Di momen – momen tertentu, pengelola Pazkul Kahuripan Nirwana terkadang juga mengundang musisi ternama tanah air lho!

Lokasi Pazkul Kahuripan Nirwana ada di Jl. Kahuripan Nirwana, No. 7, Entalsewu, Sidoarjo. Di hari normal pusat wisata kuliner ini buka setiap hari dari mulai pukul 3 sore hingga dini hari.

19. Wisata Sentra Produksi Tas Tangulangin

Selain batik tulis dan sepatu, ada satu lagi produk outfit yang diproduksi secara massal di Sidoarjo. Produk tersebut adalah Tas Tangulangin.

Tas Tangulangin merupakan produk tas kulit berkualitas tinggi. Produk tas ini telah diekspor ke berbagai penjuru dunia dengan kualitas yang sejajar dengan tas – tas mancanegara.

Wisata Sentra Produksi Tas Tangulangin via desakludansidoarjo

Wisata Sentra Produksi Tas Tangulangin via desakludansidoarjo

Secara keseluruhan,ada sekitar 250 pengrajin tas kulit yang bersarang di Tangulangin. Mayoritas dari mereka tergabung dengan koperasi INTAKO, yaitu koperasi khusus untuk pengrajin tas yang berperan sebagai media pemasaran dan media quality control.

Lokasi objek wisata Sentral Produksi Tas Tangulangin ada di Kecamatan Tangulangin, Sidoarjo, tepatnya di Desa Kludan dan Desa Kedensari. Biasanya gerai pengrajin tas di kecamatan ini mulai beroperasi pada pukul 07.00 pagi hari dan baru tutup pada pukul 18.00 sore hari.

20. Wisata Alas Prambon

Khusus untuk Anda yang telah memiliki momongan, Kota Sidoarjo memiliki objek wisata Alas Prambon, yaitu objek wisata edukasi untuk anak – anak.

Di objek wisata ini, kemampuan intelegensi, mental, dan fisik anak akan dilatih. Selain itu, anak – anak nantinya juga akan diajak untuk mengenal berbagai macam hal yang terkait dengan aspek pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan.

Wisata Alas Prambon via wisataalasprambon

Wisata Alas Prambon via wisataalasprambon

Sebagai pelengkap, tim pengelola objek wisata Alas Prambon juga turut menyediakan berbagai macam fasilitas outbond. Dari mulai flying fox, jaring merayam, spider web, line bridge, dan ayunan berantai, semuanya telah tersedia di sini.

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, per anak hanya perlu membayar Rp. 55.000 saja. Untuk orang tua yang mendampingi hanya dikenai biaya Rp. 5.000 saja per orang.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, lokasinya ada di Kecamatan Prambon, Sidoarjo. Di hari normal, objek wisata ini dibuka untuk umum dari mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 22.00 malam.

21. Wisata Air Jungle Waterpark

Objek Wisata Air Jungle Waterpark berlokasi di Desa Ketegan, Kec. Tangulangin. Objek wisata ini menawarkan wahana kolam renang berbagai ukuran yang turut dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air dan fasilitas pendukung.

Wisata Air Jungle Waterpark via Youtube

Wisata Air Jungle Waterpark via Youtube

Di hari normal, objek wisata yang dapat ditempuh dalam kurun waktu 25 menit perjalanan dari pusat Kota Sidoarjo ini buka setiap hari dari mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 18.00.

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Pasalnya harga tiket masuk ke objek wisata ini tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 15.000 saja per orang.

22. Makam Putri Ayu Sekar Dadu Sidoarjo

Makam Putri Ayu Sekar Dadu Sidoarjo via Sportourims

Makam Putri Ayu Sekar Dadu Sidoarjo via Sportourims

Makam Putri Ayu Sekar Dadu Sidoarjo terletak di Dusun Kebutuhan, Desa Sawoan, Kec. Buduran, Sidoarjo. Makam ini merupakan makan yang sangat spesial di kalangan umat musim, terutama yang berasal dari Suku Jawa.

Pasalnya, putri Ayu Sekar Dadu merupakan putri dari Raja Blambangan sekaligus ibu kandung dari salah satu penyebar agam Islam di Tanah Jawa, yaitu Sunan Giri.

Di waktu – waktu tertentu (seperti selepas Nyadran), makam ini sering dibanjiri oleh peziarah.

Untuk bisa berkunjung ke sini, Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali. Selain itu, waktu kunjungannya juga tidak dibatasi sehingga Anda dapat mengunjungi tempat ini kapan pun Anda menginginkannya.

23. Taman Dwarakerta Porong

Tempat wisata keluarga di Sidoarjo berikutnya adalah taman Dwarakerta Porong. Taman ini cocok untuk anda jadikan tempat bermain bersama anak-anak.

Taman Dwarakerta Porong via Risdiken900

Taman Dwarakerta Porong via Risdiken900

Terdapat area bermain yang seru untuk anak anda disini. Selain itu, juga terdapat banyak spot untuk foto-foto yang letaknya di sebelah utara taman. Sementara untuk area berman anak-anak ada di area Selatan taman.

Anda tidak dikenakan biaya untuk masuk taman ini, alias gratis. Hanya diminta untuk membayar tiket parkir kendaraan yang anda bwa saja.

Lokasi taman Dwarakerta Porong ini ada di Jalan Nasional 1, Porong, Jatirejo, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo

24. Pura Jala Siddhi Amertha

Meskipun merupakan tempat sembahyang umat Hindu, pura Jala Sidhi Amertha ini juga layak kok anda kunjungi untuk tempat rekreasi di Sidoarjo.

Lokasi pura yang ada di Jalan Juanda Sidoarjo ini juga terlihat sangat besar dan indah. Mirip seperti dengan pura yang ada di Bali sana.

Pura Jala Siddhi Amertha via @sidoarjo_banget

Pura Jala Siddhi Amertha via @sidoarjo_banget

Jadi ita tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk bisa berlibur ke pura atau sekedar foto-foto saja. Lokasi pura ini hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo.

Di sepanjang Jalan Juanda, traveler akan menemukan warung-warung makanan dan stan-stan penjual tanaman hias dengan berbagai perlengkapannya. Wah, jalan-jalan sambil makan nih, pasti seru sekali.

Buat umat Hindu yang datang dan akan bersembahyang disini, anda sebaiknya mengenakan “selendang kuning” terlebih dulu. Hal ini merupakan aturan ritual sebelum memasuki Pura Jaga Siddhi Amerta.

Namun begitu pemakaian selendang kuning juga bermakna sebuah penghormatan kepada Sang Hyang Widhi. Atau ada pendapat lain yang mengatakan sebagai tata cara menghormat kepada seseorang yang lebih tinggi kedudukannya (raja).

25. CitraGarden Waterpark

Rekomendasi tempat wisata di Sidoarjo yang terakhir dari kami adalah CitraGarden yang memiliki banyak wahana seru untuk bermain.

Beberapa wahana seru disini mulai dari Under Water Adventure, Swimming Pool, Family Slide, Racer Slide, Multi Structure Slide, dan juga Tube Slide Dry Pool.

CitraGarden Waterpark

CitraGarden Waterpark

Selain wahana permaian air, anda juga bisa menikmati layanan mereka mulai dari Paket Outbond, Paket Even Wedding Party, Paket Family Gathering, Paket Birthday, dan lain sebagainya.

Untuk menunjang liburan, pihak pengelola juga melengkapi Citra Garden Waterpark dengan fasilitas mulai dari Area Parkir Kendaraan, Ruang Ganti Pakaian, Toilet, Gazebo, Musholla, Food Court, dan lain sebagainya.

Lokasi waterpark ini ada di Perumahan CitraGarden, Ruko Sentra Niaga Blok RK-32, Entalsewu, Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252.

Nah, untuk bisa menikmati berbagai wahana disini, anda hanya merogoh kocek sebesar Rp 25.000 pada hari biasa, dan Rp 30.000 pada saat weekend.

****

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan tempat wisata di Sidoarja? Jadi, kira-kira mana destinasi wisata yang akan anda kunjungi terlebih dahulu? Silahkan anda rencanakan liburan anda bersama keluarga tercinta. Jangan lewatkan juga: 50 Objek Wisata di Tulungagung Jawa Timur Terbaru

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!