Daftar Tempat Wisata di Penang Malaysia Terbaru

Tempat Wisata di Penang – Halo sobat Tempatwisataseru dimanapun anda berada. Buat anda yang ada di Indonesia atau Malaysia yang ingin menjelajahi Negara Bagian Penang, namun belum punya referensi tempat liburan, tenang, kami akan mengulas tempat-tempat keren yang layak untuk kita singgahi.

Malaysia memang identik dengan Kuala Lumpur-nya yang fenomenal. Kalau anda belum baca artikel kami sebelumnya, silahkan anda baca pada tulisan: 44 Tempat wisata di Kuala Lumpur

Ternyata bukan hanya Kuala Lumpur, karena Malaysia juga punya Penang yang tidak kalah kece. Gearge Town Penang sendiri, sudah sejak Juli 2008 dinobatkan sebagai kota warisan budaya, karena memang Kota ini memiliki warisan dan cagar budaya yang beragam.

Pinang atau Penang sendiri merupakan Negara Bagian Malaysia, yang terdiri dari Pulau Pinang seluas 293 km², dan “Seberang Perai” yang terletak di pantai barat Semenanjung Malaysia seluas 760km². Asal namanya dari pohon Pinang.

Tempat Wisata di Penang Malaysia

Berikut ini Tempat Wisata Seru rangkum daftar tempat wisata di Penang yang wajib anda kunjungi kalau sedang liburan:

1. Penang Bridge

Penang Bridge merupakan jembatan terpanjang yang ada di Malaysia. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 13,5 km dan digunakan untuk menghubungkan wilayah Sebrang Prai yang ada di daratan Malaysia dan Bayan Lepas yang ada di Pulau Penang.

Penang Bridge

Penang Bridge sudah resmi dibuka untuk umum sejak tahun 1985. Saat ini jembatan ini merupakan salah satu tulang punggung yang berperan dalam proses perkembangan Malaysia, baik itu dari segi ekonomi, pariwisata, sosial, dan budaya.

Oh ia, nantinya di tempat ini Anda dapat melihat kemegahan arsitektur jembatan yang sangat luar biasa. Selain itu, jika mau Anda juga dapat mengambil beberapa take foto dengan latar belakang jembatan.

Karena tempat ini adalah fasilitas umum, Anda dapat mengunjungi tempat ini kapan pun Anda mau. Selain itu, tempat ini juga bisa Anda akses secara cuma – cuma alias gratis.

2. Bukit Penang (Penang Hill)

Bukit Penang merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang tengahberlibur ke Penang. Konon, karena tempat ini sudah dianggap sebagai ikon wisata Kota Penang, ada anggapan yang mengatakan bahwa liburan ke Penang rasanya masih belum lengkap jika belum mengunjungi Penang Hill.

Bukit Penang (Penang Hill) via Pinterest

Di tempat ini, Anda nantinya akan disuguhi oleh beragam aktivitas wisata, seperti museum, pemandangan alam yang masih segar, dan berbagai macam suguhan wisata menarik lainnya.

Jika Anda ingin mencapai puncak bukit ini, Anda dapat memanfaatkan moda transportasi kereta wisata bernama Penang Hill Railway. Di hari normal, tiket kereta ini dipatoki sebesar 15 RM untuk anak – anak dan 30 RM untuk orang dewasa.

Biasanya kereta Penang Hill Railway baru mulai beroperasi pada pukul 9 pagi dan berhenti beroperasi pada pukul 11 malam. Dengan menggunakan fasilitas kereta ini, untuk bisa sampai ke puncak Penang Hill, Anda nantinya akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar lima menit.

Jika Anda mau, untuk mendaki ke puncak Penang Hill, selain menggunakan moda transportasi kereta, Anda juga bisa memanfaatkan moda transportasi taksi. Hanya saja, perlu diingat, taksi di Penang Hill biasanya tidak dilengkapi dengan argo, sehingga Anda harus pintar – pintar dalam tawar menawar harga dengan supir taksi.

3. Plaza Gurney

Plaza Gurney merupakan tempat wisata di Penang yang sangat pas untuk Anda yang hobi berbelanja. Di tempat ini Anda dapat menemukan berbagai macam produk dengan rentang harga yang sangat lebar.

Plaza Gurney via Timeout

Dari mulai barang “kelas rakyat jelata” berharga murah, sampai dengan barang “kelas sultan” berharga mahal, semuanya bisa Anda dapatkan di plaza ini.

Tidak hanya itu, karena lokasi plaza ini dekat dengan tepi pantai, plaza ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk berburu oleh – oleh untuk kerabat selepas berlibur ke pantai.

4. Kek Lok Si Temple

Anda merupakan seorang pecinta wisata sejarah? Jika ya, tempat wisata di Penang yang satu ini benar – benar sangat pas untuk Anda. Di tempat ini Anda dapat menikmati suguhan wisata sejarah agama Buddha yang sangat unik dan sakral.

Kek Lok Si Temple via Penang

Kek Lok Si Temple merupakan kuil Buddha terbesar yang ada di Asia Tenggara. Kuil ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat khas dengan budaya Cina, sehingga terlihat sangat mirip dengan kuil Buddha yang ada di Thailand.

Tidak hanya sekedar luas, kuil ini juga memiliki usia yang sangat tua. Konon, menurut perhitungan sejarah, usia kuil ini diperkirakan sudah lebih dari satu abad. Padahal, jika dilihat dari tampilan bangunannya, kuil ini masih terlihat megah dan kokoh.

Jika Anda ingin berkunjung ke kuil ini, lokasi kuil ini berada di Air Itam, tepatnya di Puncak Bukit Kwok San. Nantinya, untuk bisa sampai ke lokasi kuil ini Anda harus melalui jalan menanjak dan menurun yang cukup curam.

Ya meskipun effort yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke kuil ini tergolong cukup besar, namun begitu sampai di area sekitar kuil, semua pengorbanan yang Anda keluarkan akan langsung terbayar lunas.

Karena tempat ini adalah tempat ibadah, pengunjung kuil ini sama sekali tidak dibebani biaya apa pun. Satu – satunya biaya yang harus Anda keluarkan ketika mengunjungi kuil ini adalah biaya untuk masuk ke dalam pagoda yang berada di dalam kompleks kuil.

Nantinya, untuk bisa masuk ke area pagoda tersebut, Anda diwajibkan untuk membayar biaya masuk sebesar 2 RM.

 Artikel terkait: Liburan Seru ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

5. Pinang Peranakan Mansion

Pinang Peranakan Mansion merupakan museum unik yang berisi berbagai macam peninggalan sejarah khas masyarakatMelayu. Di tempat ini Anda dapat menikmati suguhan wisata sejarah berupa artefak kuno, hasil pahatan kuno, furniture dan perhiasan kuno, serta berbagai macam gambar lukisan.

Pinang Peranakan Mansion via Expedia

Menurut penuturan pengelola tempat ini, Pinang Peranakan Mansion dulunya adalah rumah pribadi milik keluarga kaya berdarah Cina. Pemilik rumah ini kabarnya adalah seorang pecinta seni, sehingga rumahnya dipenuhi dengan berbagai macam barang antik dan unik yang bernilai seni tinggi.

Nah, seiring berjalannya waktu, karena jumlah barang seni di rumah ini semakin banyak, rumah ini akhirnya dijadikan sebagai museum dan dapat dikunjungi oleh siapa saja.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, nantinya Anda akan dibebani biaya tiket masuk sebesar 20 RM. Selain itu, jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda nantinya juga akan turut dibebani biaya tiket parkir tambahan.

6. Sri Mahamariamman Temple

Selain memiliki kuil Buddha tertua di Asia Tenggara, Kota Penang juga memiliki kuil Hindu yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Kuil Sri Mahamariamman.

Sri Mahamariamman Temple

Kuil ini merupakan kuil Hindu tertua yang ada di Kota Penang. Jika Anda adalah seorang pecinta wisata sejarah, kuil ini merupakan destinasi wisata wajib yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Kota Penang.

Di tempat ini, Anda dapat menikmati beragam sajian wisata sejarah yang berbau agama Hindu – India. Dari mulai ornamen khas Hindu sampai dengan patung dewa dan dewi Hindu, semuanya bisa Anda temui di tempat ini.

Nantinya, Anda dibebaskan untuk mengambil foto dengan latar belakang semua ornamen yang ada di kuil ini. Satu – satunya tempat yang tidak boleh diabadikan dalam foto adalah bagian sekitar altar utama kuil.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke kuil ini, lokasinya ada di kawasan George Town. Di hari biasa, tempat ini biasanya sudah mulai dibuka untuk umum sejak pukul setengah tujuh pagi. Di kisaran pukul 12 siang sampai pukul setengah lima sore, tempat ini akan ditutup untuk umum. Lalu dari pukul setengah lima sore tempat ini kembali dibuka untuk umum hingga pukul sembilan malam.

Oh ia, karena kuil ini adalah tempat ibadah, untuk bisa masuk ke kuil ini, Anda nantinya tidak akan dibebani biaya tiket masuk sama sekali alias dapat diakses dengan gratis tis.

7. Queensbay Mall

Queensbay Mall merupakan salah satu mall dan pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Kota Penang. Di tempat ini Anda dapat membeli berbagai macam produk. Dari mulai produk keperluan sehari – hari sampai dengan aneka busana, semuanya bisa Anda dapatkan dengan mudah di tempat ini.

Queensbay Mall via Says

Tidak hanya itu, tempat ini juga memiliki banyak tempat makan dengan sajian kuliner yang super lezat. Oleh karenanya, selain sebagai tempat belanja, mall ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat wisata kuliner di Penang.

Terlebih lokasi mall ini juga berada tepat di pinggir pantai, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat menyantap makanan lezat sembari menikmati panorama pantai yang masih asri.

Kunjungi juga yuk: Daftar Taman Bunga Matahari di Indonesia

8. Fort Cornwallis

Fort Cornwallis merupakan salah satu tempat wisata legendaris yang harus Anda kunjungi ketika sedang berlibur ke Pulau penang. Menurut informasi yang beredar, tempat ini sudah berdiri sejak 1786dan saat ini merupakan salah satu destinasi wisata tertua yang ada di Penang.

Fort Cornwallis via Tourplus

Di masa awal pendiriannya, Fort Conrwallis merupakan sebuah benteng pertahanan milik Pemerintah Inggris. Anehnya, meskipun pada awalnya tempat ini didirikan sebagai benteng pertahanan, dalam prakteknya, tempat ini cenderung lebih banyak digunakan sebagai pusat administrasi pemerintah.

Saat ini, tampilan benteng ini sudah diatur sedemikian rupa sehingga cenderung lebih terlihat sebagai taman wisata ketimbang sebagai benteng pertahanan yang kokoh.

Nantinya, jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan disuguhi berbagai macam benda – benda bersejarah peninggalan tentara Inggris seperti meriam, tiang bendera, lampu kuno, dll.

Konon, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, salah satu meriam yang ada di benteng ini kabarnya dapat memberikan kesuburan untuk kaum wanita.

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Jika ya, Anda hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sebesar 20 RM saja. Biaya tersebut nantinya sudah mencakup bonus berupa satu botol air mineral.

9. Cheong Fatt Tze Mansion

Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak seperti apa rupa tempat wisata di Penang yang satu ini. Ya, tempat ini sangat kental dengan budaya masyarakat Cina kunoyang terkesan sangat tradisional dan bernilai sakral.

Cheong Fatt Tze Mansion via coxandkings

Menurut informasi yang beredar, rumah ini sudah berdiri sejak Tahun 1880. Pemilik pertama rumah ini bernama Cheong Fatt Tze. Beliau adalah salah seorang imigran asal Tiongkok yang merantau ke Malaysia sebagai pedagang.

Secara keseluruhan, bangunan rumah berukuran jumbo yang satu ini memiliki jumlah kamar yang sangat banyak, yaitu mencapai 38 kamar.

Saat ini, kepemilikan rumah ini sudah berada di tangan seorang pengusaha asli Malaysia. Tidak hanya itu, rumah ini saat ini juga sudah dibuka untuk umum dan terkadang juga digunakan sebagai lokasi shooting film.

10. Tropical Spice Garden

Jika Bogor memiliki Kebun Raya Bogor, maka Penang memiliki Tropical Spice Garden.Ya, Tropical Spice Garden merupakan hutan tropis yang berlokasi tidak jauh dari area perkotaan, sehingga dapat dijangkau dengan mudah oleh para wisatawan.

Tropical Spice Garden

Di tempat ini, Anda nantinya dapat menikmati sajian wisata berupa hutan tropis yang masih asri dan terjaga dengan baik. Selain itu, di tempat ini Anda juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas wisata lainnya, seperti ayunan raksasa, rumah teh, area seluncur, dll.

Oh ia, meskipun tempat ini adalah hutan tropis, namun Anda tidak perlu takut tersesat. Pasalnya, ketika membeli tiket, Anda nantinya akan “diberi pinjaman” berupa alat penunjuk lokasi yang mirip seperti remote televisi.

Di hari normal, tempat ini biasanya dibuka setiap hari dari mulai pagi hingga sore hari. Untuk biaya tiket masuknya sendiri dipatoki sebesar 26 RM untuk wisatawan dewasa dan 20 RM untuk wisatawan yang masih berstatus pelajar.

11. Penang Toy Museum

Seperti nama yang dimilikinya, tempat ini adalah museum yang menyajikan beraneka ragam mainan yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Konon, menurut keterangan pengelola museum ini, saat ini museum ini memiliki lebih dari 100 ribu koleksi mainan.

Penang Toy Museum

Berkat jumlah koleksi mainannya yang luar biasa banyak, museum ini sempat masuk sebagai museum mainan pertama dengan jumlah koleksi terbanyak versi Malaysia Book of Records.

Jika Anda berminat untuk singgah ke museum ini, lokasinya ada di Jl. Tanjung Bungah. Nantinya, untuk bisa masuk ke area museum ini, Anda diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk sebesar 30 RM.

12. Owl Museum

Tempat wisata di Penang yang selanjutnya adalah Owl Museum. Meskipun tempat ini memiliki nama Owl Museum, jangan harap Anda bisa menemui burung hantu sungguhan di museum ini. Pasalnya, tempat ini hanya berisi berbagai macam karya seni yang bertema burung hantu, bukan burung hantu sungguhan.

Owl Museum - Tempat wisata di Penang

Owl Museum

Dari mulai lukisan bertema burung hantu, patung bertema burung hantu, sampai dengan souvenir bertema burung hantu, semuanya bisa Anda temui dengan mudah di museum seni yang satu ini.

Nantinya, selain dapat menikmati karya seni bertema burung hantu, di tempat ini Anda juga bisa membeli berbagai macam produk souvenir bertema burung hantu dengan harga yang relatif cukup terjangkau.

Oh ia, museum ini merupakan museum seni bertema burung hantu pertama di Asia Tenggara lho. Jadi, jika Anda adalah seorang pecinta seni, museum ini adalah destinasi wisata wajib yang tidak boleh Anda lewatkan ketika tengah berlibur ke Pulau Penang.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, nantinya Anda akan dibebani biaya tiket masuk seharga 10 RM.

13. Penang Esplanade

Penang Esplanade merupakan tempat wisata menarik di Penang yang berlokasi di pinggiran Kota George Town. Tempat ini kurang lebihnya sama seperti “alun – alun” yang ada di Indonesia.Di tempat ini, Anda dapat menikmati berbagai macam destinasi wisata menarik, seperti City Hall, Clock Tower, Ford Conrwallis, Town Hall, dll.

Penang Esplanade via Wikipedia

Jika Anda beruntung, di tempat ini Anda juga dapat menikmati berbagai macam atraksi pertunjukan yang ditampilkan oleh masyarakat setempat.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, dari pusat Kota George Town, Anda dapat memanfaatkan fasilitas bus umum yang mengarah ke daerah Jetty. Dalam kondisi normal, perjalanan dari George Town ke tempat ini biasanya hanya memakan waktu kurang lebih selama 30 menit saja.

14. Lebuh Pantai (Beach Street)

Lebuh Pantai (Beach Street) via Dreamstime

Lebuh Pantai merupakan sebutan untuk jalan raya utama yang berada di Kota Penang. Jalan ini kabarnya adalah salah satu jalan raya tertua yang ada di Kota Penang dan merupakan salah satu bagian penting dari kawasan pusat bisnis yang ada di George Town, Penang, Malaysia.

Nantinya, di tempat ini Anda dapat berjalan – jalan santai sambil menikmati panorama sejarah berupa bangunan gedung dengan arsitektur kolonial Inggris yang unik.

15. Penang Butterfly Farm

Tempat wisata di Penang berikutnya adalah Penang Butterfly Farm yang terletak di wilayah Batu Ferringhi. Dari namanya anda tentu sudah tahu, tempat apa ini kira-kira, bukan?

Penang Butterfly Farm

Ya, Penang Butterfly Farm ini menjadi peternakan kupu-kupu tropis pertama di dunia. Jika anda kesini anda akan menyaksikan salah satu kupu-kupu yang sangat populer yakni Raja Brooke. Kupu-kupu ini merupakan kupu-kupu terbesar di Asia Tenggara.

Ternyata bukan hanya menjumpai kupu-kupu raja brooke saja, kamu juga bisa menyaksikan keindahan ribuan kupu-kupu lain, plus  dengan ratusan reptil, dan serangga, mulai dari kaki seribu, iguana, kalajengking, dan lain sebagainya, ada banyak koleksi lainnya.

16. Pantai Batu Ferringhi Penang

Tempat wisata di Penang selanjutnya adalah pantai batu feringgi yang menjadi salah satu primadona tempat liburan di Penang oleh wisatawan dari berbagai negara. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang cantik, dengan suasana pantai yang nyaman dan bersih. Anda juga bisa mencoba sensasi atraksi permainan water sport.

Pantai Batu Ferringhi Penang via Malaysia

Wisatawan boleh masuk ke pantai ini tanpa dipungut biaya, alias gratis. Anda dikenai tiket kalau ingin mencoba aneka permaian air yang menantang.

Sampai artikel ini ditulis, untuk mencoba permainan water sport jenis terjun payung harga nya RM 120 ( Ringgit Malaysia ) untuk dua orang. RM 1= Rp 3600,00.

Buat anda yang suka hal-hal yang menguji adrenalin, maka anda mesti mencoba berbagai olahraga water sport Batu Feringgi sangat cocok untuk uji nyali.

Anda penasaran ingin liburan kesini? Silahkan anda berangkat kesini dengan menggunakan Bis kota dari Terminal Bis George Town atau biasa di sebut KOMTAR maka anda harus naik bis bernama Rapid Penang nomer 101 rute Teluk Bahang. Harga tiket bis Rapid Penang dari terminal KOMTAR menuju obyek wisata pantai Batu Feringghi sekitar RM 4.00 ( empat Ringgit Malaysia ) untuk satu orang.

Kalau anda merasa asing dan tidak tahu harus berhenti dimana, tinggal minta sama kondektur untuk berhenti di halte pantai Batu Feringghi atau jangan malu-malu untuk bertanya kepada penumpang di sebelah anda.

17. Pelabuhan Jetty

Meskipun bukan merupakan tempat yang dikelola khusus sebagai objek wisata, namun pelabuhan jetty ini bisa anda jadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu pagi atau sore anda.

Pelabuhan Jetty via Dreasmtime

Pelabuhan yang merupakan tempat para turis untuk singgah kemudian melanjutkan perjalanan ini menjadi tempat yang seru buat nongkrong, pelabuhan yang terletak di sepanjang kawasan Weld Quay ini juga masuk dalam kategori pelabuhan yang memiliki nilai historis.

Disini anda juga bisa menyaksikan kehidupan kampung nelayan tradisional, dengan bangunannya yang khas, jalan setapak, bahkan jika beruntung, bisa terlibat dalam beragam aktivitas nelayan lainnya! Jangan sampai terlewat ya.

18. Kuil Khoo Kongsi

Tempat wisata di Penang berikutnya adalah kuil Khoo kongsi yang terletak di Cannon steet. Kuil ini juga memiliki nama sebenarnya yaitu Leong San Tong Khoo Kongsi Clan House. Memang, kuil ini letaknya agak terpencil, agak tersembunyi.

Kuil Khoo Kongsi via Klikhotel

Kuil ini sendiri merupakan kuil paling megah di Penang, dan didirikan oleh para imigran dari Desa Sin Kang, Provinsi Hokkien, Tiongkok.

Menurut ceritanya, dulu para anggota Klan Khoo (Tiongkok) datang ke Malaka dan Penang di abad ke-17. Secara umum, mereka didefinisikan sebagai golongan pedagang kaya. Nah, kompleks kuil ini sebenarnya merupakan “replika” atau minatur dari desa Klan Khoo yang punya sistem pemerintahan, pendidikan, dan kesejahteraan sosialnya sendiri.

Kawasan ini sempat terbakar pada tahun 1894, kawasan ini terbakar. Konon salah satu penyebabnya adalah karena dianggap menyaingi istana kaisar Tiongkok pada masa itu. Pembangunan kuil ini sendiri baru dilakukan pada tahun 1906; terutama saat para anggota Klan Khoo memasuki masa kejayaannya.

Untuk bisa menyaksikan kemegahan kuil ini anda harus membayar 10 RM (sudah termasuk bonus berupa kartu pos).

Kalau mau berkunjung, silahkan datang pada malam hari, karena pada malam hari anda bisa menyaksikan arsitektur khas Tiongkok, aneka kerajinan tangan, serta hiasan lentera yang menggantung dijamin menciptakan satu sensasi liburan tersendiri yang menyenangkan.

19. Street of Harmony atau Jalan Kapitan Keling

Street oh harmony menjadi tempat wisata di Penang selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. Street of Harmony atau juga dikenal dengan nama Jalan Kapitan Keling ini menjadi “pusatnya toleransi”. Disini anda bisa menemukan keberagaman yang terpadu menjadi satu.

Anda bisa melihat banyak tempat-tempat ibadah yang melingkupi beragam “perbedaan”–menjadi satu secara harmonis.

Diantaranya yaitu Masjid Kapitan Keling, Gereja St. George (gereja Anglikan tertua di Asia Tenggara), Kuil Dewi Kuan Yin (Goddes of Mercy Temple), Sri Mahamariamman Temple (kuil Hindu tertua di Penang), hingga Kuil Teochew (Kuil Han Jiang).

Bangunan-bangunan ini kebanyakan dibangun pada abad ke-18; sehingga dapat dikatakan, Street of Harmony adalah wadah dari tempat ibadah tertua dan bersejarah di George Town. Adapun tidak jauh dari sana, Anda dapat mengunjungi Little India.

20. Lebuh Muntri

Tempat wisata di Penang berikutnya adalah lebuh muntri. Disini anda bisa menyaksikan Camera Museum; museum kamera pertama di Malaysia, bahkan di kawasan Asia Tenggara. Nanti akan diulas lebih detail.

Selain itu, wisatawan juga bisa singgah di Masjid Benggali sebagai salah satu peninggalan kelompok Muslim India. Masjid ini sendiri dibangun pada tahun 1803, masjid ini juga masuk dalam kategori masjid tertua di Penang; yang dibangun oleh pendatang dari Bengal.

Adapun satu destinasi terakhir anda di lebuh muntri yaitu Kuil Hainan di Lebuh Muntri, yang menjadi tempat penghormatan Dewi Mar Chor.

21. Kuil Tow Boo Kong

Kuil Tow Boo Kong – tempat wisata di Penang

Selanjutnya anda juga bisa mengunjungi kuil megah Kuil Tow Boo Kong yang merupakan salah satu landmark dari kota Butterworth. Suasana budaya China sangat kental di tempat ini. Bangunan ini terletak di Butterworth

22. Penang State Mosque

Penang State Mosque

Jangan lupa juga untuk mampir ke masjid megah kebanggan masyarakat Penang, yaitu Penang State Mosque. Masjid ini menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah bagi umat muslim. Lokasi masjid ini ada di Air Hitam Road. Dengan kubah emas dan memiliki atap yang unik.

23. Camera Museum

Camera Museum via 500px

Nah ini dia objek wisata unik di Penang yang saya sebutkan di atas yang masih termasuk dalam kawasan lebuh muntri. Museum kamera pertama di Asia Tenggara ini menyuguhkan segala hal yang berkaitan dengan kamera.

Museum ini memiliki koleksi lebih dari 300 koleksi kamera dari berbagai zaman, mulai dari kamera kuno hingga kamera masa kini. Camera Museum terbagi ke dalam empat kawasan yang mencakup area pameran kamera, souvenir atau cendera mata, kafe, dan area pameran fotografi.

24. Wisata Pantai Kerachut

Wisata Pantai Kerachut via hazwanfiz – tempat wisata di Penang

Tempat wisata di Penang selanjutnya adalah pantai kerachut. Pantai ini memiliki pasir putih dengan garis putih yang panjang. Pantai yang terletak di Teluk Bahang ini menjadi salah satu tempat untuk liburan yang harus masuk dalam daftar tempat rekreasi anda yang akan ke Penang Malaysia.

25. Gurney Drive Hawker Centre

Gurney Drive Hawker Centre menjadi tempat wisata kuliner di Penang yang tidak boleh anda lewatkan. Begitu selesai jalan-jalan seharian dan lelah, maka silahkan anda manjakan lidah anda disini.

Gurney Drive Hawker Centre via 123travelguide

Gurney Drive Hawker Centre via 123travelguide – tempat wisata di Penang

Gurney Drive Hawker centre merupakan salah satu food street yang terbesar di Penang. Memiliki beragam jajaran toko dan jenis kuliner, dijamin, Anda bisa makan malam dengan puas namun tetap ramah di kantong.

****

Demikianlah ulasan mengenai daftar tempat wisata di Penang yang menarik untuk dikunjungi saat sedang liburan. Semoga bermanfaat dan menambah referensi tempat liburan untuk anda semua. Jangan lewatkan juga: 35 Tempat Wisata di Singapore Paling Menarik Dikunjungi

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!