29 Objek Wisata di Madura Paling Terkenal yang Menarik Dikunjungi

Tempat wisata di MaduraMadura, apa yang terbayang dalam benak anda ketika tersebut kata tersebut? Setiap orang mungkin berbeda-beda, ada yang terbayang adalah sate Madura, soto Madura sampai ada juga yang terbayang adalah senjata khasnya, celurit.

Pulau Madura sendiri masuk dalam kawasan provinsi Jawa Timur, dan terdapat 4 Kabupaten yang ada di Pulau yang bentuknya mirip seperti sapi ini, yaitu  Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Meskipun ukuran Pulau Madura lebih kecil ketimbang Pulau Dewata Bali, ternyata ada banyak juga tempat wisata di Madura yang menarik untuk kita kunjungi.

Bagi masyarakat lokal, beberapa tempat wisata di Madura yang terkenal seperti pantai Slopeng, pantai siring kemuning, air terjun taroan dan objek wisata lainnya mungkin sudah sering anda kunjungi. Namun ternyata, masih ada banyak lagi tempat wisata di Madura yang menawarkan sensasi liburan bersama keluarga yang menyenangkan.

Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda untuk mengunjungi 24 tempat wisata di Madura yang menarik untuk dikunjungi. Namun, sebelumnya kita berkenalan sedikit tentang masyarakat dan budaya yang ada di Pulau yang memiliki penduduk sekitar 4 juta jiwa ini.

Beberapa tradisi ada kebiasaan masyarakat suku Madura adalah gaya bicaranya yang blak-blakan, masyarakat Madura juga dikenal hemat, disiplin, dan rajin bekerja keras (abhantal omba’ asapo’ angen). Harga diri, juga paling penting dalam kehidupan masyarakat Madura, mereka memiliki sebuah falsafah: katembheng pote mata, angok pote tolang.

Orang Madura pada dasarnya adalah orang yang suka merantau karena keadaan wilayahnya yang tidak baik untuk bertani. Orang Madura juga senang berdagang, terutama besi tua dan barang-barang bekas lainnya. Selain itu banyak yang bekerja menjadi nelayan dan buruh,serta beberapa ada yang berhasil menjadi Tekonokrat, Birokrat, Menteri atau Pangkat tinggi di dunia militer. (Wikipedia)

Tempat Wisata di Madura Jawa Timur

Berikut ini 29 tempat wisata di Madura yang berhasil Tempatwisataseru.com rangkum untuk anda, jika anda punya rekomendasi yang lainnya silahkan bagikan juga kepada kami agar bisa menjadi panduan untuk liburan di Madura selanjutnya:

1. Liburan ke Pantai Slopeng Madura

Tempat wisata di Madura yang pertama adalah Pantai Slopeng yang terletak di Sumenep. Pantai ini menjadi ikon wisata Madura yang sudah sangat populer untuk masyarakat lokalnya. Pasir Pantainya yang putih bersih serta halus menjadikan pantai ini primadona untuk dikunjungi saat musim liburan tiba.

Liburan ke Pantai Slopeng Madura

Liburan ke Pantai Slopeng Madura

Pantai Slopeng ini letaknya hanya 21 km dari pusat Kota Sumenep. Pantai ini memiliki ombak yang tenang, sehingga sangat seru dan mengasyikan untuk dijadikan teman bermain anak-anak serta berenang seharian.

Bibir pantai Slopeng terhampar sepanjang 6 km dengan air lautnya yang bening biru serta rindangnya pohon di pinggir pantainya.Untuk dapat menikmati liburan disini, kita hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 saja. 

Akses jalan menuju lokasi pantai Slopeng cukup baik, sehingga waktu tempuh yang dibutuhkan hanya 1 jam saja. Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjung Pantai Slopeng?

2. Pantai Siring Kemuning

Tempat wisata di Madura yang kedua juga masih berupa wisata pantai, namanya adalah pantai Siring Kemuning yang ada di Bangkalan.

Pantai Siring Kemuning juga menjadi salah satu wisata Madura yang terkenal dan sayang untuk dilewatkan, lokasi tepatnya ada di kecamatan Tanjung Bumi.

Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning

Pantai ini memiliki pemandangan yang eksotis dan menjadi salah satu tujuan liburan romantis di Madura. Apalagi pada saat matahari terbenam, pantai Siring Kemuning akan menampakkan rupanya yang elok dan memukau.

Untuk menuju pantai siring kemuning ini kita harus mengendarai kendaraan pribadi. Selain bermain seru-seruan di pantai kita juga bisa menikmati aneka sajian kuliner Madura yang paling lezat yakni bebek sinjay. Dengan tambahan sambal pancit yang nikmat membuat kuliner Madura yang satu ini semakin mantap. Selain sebagai tempat wisata kuliner di Madura, di sekitar pantai siring kemuning ini wisatawan juga bisa mendapatkan batik corak Madura dengan harga terjangkau.

3. Mengunjungi Air Terjun Toroan Nan Mengagumkan

Tempat wisata di Madura yang selanjutnya adalah air terjun Toroan yang ada di daerah Sampang. Objek wisata Madura ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk liburan di Madura.

Air terjun yang eksotis ini akan memberikan kesan yang luar biasa kepada wisata yang datang berkunjung, air yang jatuh langsung ke laut sehingga membuat air terjun ini berbeda daripada yang lainnya.

Mengunjungi Air Terjun Toroan Nan Mengagumkan

Mengunjungi Air Terjun Toroan Nan Mengagumkan

Air terjun toroan ini lokasinya ada di Desa Ketapang Daya, Kec. Ketapang, dengan jarak ± 43 km dari pusat kota ke arah utara dengan akses jalan menuju lokasi di jalur transportasi umum Sampang – Ketapang – Sokobanah.

Berbagai fasilitas sudah disediakan di objek wisata air terjun ini seperti sarana mandi/ WC, tempat penjual makanan/ minuman, dan tempat parkir, sudah memadai. Wisata ini ramai dikunjungi wisatawan pada hari besar agama, liburan sekolah dan akhir pekan, jadi anda tertarik untuk liburan kesini?

4. Wisata ke Pantai Sambilangan Madura

Satu lagi tempat wisata di Madura berupa pantai yang layak untuk dikunjungi yaitu Pantai Sambilangan yang terletak di Desa Sambingan, Bangkalan, Madura.

Wisata ke Pantai Sambilangan Madura

Wisata ke Pantai Sambilangan Madura

Memang, pantai ini termasuk sepi pengunjung, namun pemandangan alamnya masih asri dan alami.

Untuk menuju pantai ini, kita beranjak sekitar 7 km di sebelah selatan dari kota Bangkalan, di desa Sambilangan , kecamatan Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Pantai ini masih terpencil, namun pada saat anda tiba di pantai ini anda tetap akan dikenakan tiket masuk kendaraan. Untuk kendaraan mobil akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000*) sedangkan motor sebesar Rp 2.000*).

5. Vihara Avalokitesvara

Meskipun Madura terkenal kental dengan ajaran islamnya, namun ternyata juga terdapat sebuah Vihara besar yang bernama Vihara Avalokitesvara.

Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara berlokasi di Candi Pamekasan Madura, Jl. Teja Pamekasan, Kec. Pamekasan, Jawa Timur.

Vihara yang menjadi tempat sembahyang warga Buddha etnis Tionghoa ini menjadi bukti bahwa kerukunan umat beragama di Indonesia sangat terjaga dengan baik.

Di tempat inilah, umat Buddha yang didominasi masyarakat beretnis Tionghoa melakukan kegiatan peribadatan mereka. Nah, jika kamu ingin pergi ke sini, pergilah ke kota Pamekasan!

6. Gili Labak Madura

Gili Labak menjadi tempat wisata di Madura yang wajib anda kunjungi. Keindahan pantai Gili Labak menjadikan tempat ini tujuan liburan favorit di Madura, baik oleh wisatawan lokal dan dari luar Madura.

Gili Labak Madura

Gili Labak Madura

Pulau nan cantik ini konon memiliki keindahan yang menandingin tempat wisata di Lombok, yakni Pantai Gili Trawangan. Jernihnya air pantai yang dipadu dengan pasir putih jelas menjadi sebuah kombinasi yang akan memanjakan mata pengunjung.

Bagi wisatawan yang tertarik untuk liburan di Gili Labak ini harus menyebrang terlebih dahulu via Pelabuhan Kalianget yang memakan waktu sekitar selama 15 menit saja. Pantai Gili Labak memang tidak besar karena ukurannya hanya seluas lapangan sepak bola.

Meskipun tidak terlalu luas, namun pantai ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa,  Nah setelah anda menyeberang dari Kalianget ke Kecamatan Telango yang ongkosnya hanya sebesar Rp.2.000. Sesampainya di Telango anda kembali harus menyeberang sekali lagi dengan menggunakan kapal kecil dengan kapasitas penumpang sekitar 20-30 orang. Untuk penyebrangan ini memang agak mahal antara Rp.500.000 – Rp.800.000 tergantung dari kemampuanmu menawar.

Namun, kalau sudah sampai di Gili Labak, maka rasa capek dan uang kita keluarkan tidak akan berarti lagi, karena keindahana alam dan pantainya yang sangat memukau.

7. Wisata Pantai Lombang

Masih seputar pantai, ternyata di Madura masih banyak terdapat pantai indah yang layak kita jadikan sebagai tujuan liburan bersama keluarga atau orang tercinta.

Wisata Pantai Lombang

Wisata Pantai Lombang

Pantai Lombang menjadi objek wisata Madura yang wajib kita kunjungi. Pasir pantainya yang putih bersih serta pantainya yang lainda menjadikan pantai Lombang tujuan wisata Madura yang tidak boleh kita lewatkan.

Pantai ini bahkan menyamai keindahan pantai di Bali atau di lombok. Lokasi pantai ini ada di sebelah timur Kota Sumenep, tepatnya 25 KM dari pusat kota.

Pantai ini bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tidak sulit bagi kita untuk menemukan pantai ini, karena lokasinya cukup strategis dan keberadaan papan petunjuk arah. Untuk dapat menikmati liburan di pantai ni kita cukup membayar tiket masuk seharga Rp.5.000 saja.

Kedepannya, perlu dikembangkan tempat menginap di pantai ini, karena sejauh ini belum ada tempat menginap untuk wisatawan yang ingin bermalam, sehingga harus membawa tenda sendiri kalau ingin menikmati malam di pantai ini.

8. Wisata Kota Tua Kalianget

Kota Tua kalianget merupakan tempat wisata di Madura yang menawarkan nilai historis. Kota Tua ini menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi saat liburan di Madura.

Wisata Kota Tua Kalianget

Wisata Kota Tua Kalianget

Dahulunya, kota ini menjadi modern yang dibangun pada masa VOC Belanda. Berbagai peninggalan bersejarah yang bisa kita lihat seperti kolam renang peninggalan zaman Belanda, gedung pembangkit listrik pertama, PT Persero Garam, dan benteng VOC.

Kota Tua ini berada  di bagian timur Kota Sumenep. Tidak hanya bisa mengunjungi berbagai tempat bersejarah, kamu juga bisa berfoto di tempat-tempat tersebut yang memiliki arsitektur unik. Wisatawan yang datang liburan kesini tidak akan dikenakan biaya, atau gratis.

9. Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep menjadi tempat wisata di Madura yang menawarkan wisata religi. Majid agung ini menjadi salah satu icon wisata Madura.

Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep

Masjid unik ini berdiri gagah sejak  1779. Masjid ini juga menyimpan sejarah panjang bangsa kita dan tercatat sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia.

Masjid agung ini juga memiliki desain bangunan yang unik dan antimainstream, sehingga wisatawan yang liburan ke Madura biasanya akan menyempatkan diri untuk sekedar mengambil gambar dengan backgroudn masjid ini.

Masjid ini berada di depan alun-alun Kota Sumenep membuatnya mudah dijangkau oleh orang-orang yang ingin datang ke sana.

10. Museum Keraton Sumenep

Satu lagi tempat wisata di Madura yang menawarkan nilai historis yaitu Museum keraton Sumenep. Di Museum ini kita bisa melihat berbagai peninggalan sejarah abad ke-18, keramik dari Dinasti Ming, naskah kuno, dan lain sebagainya.

Museum Keraton Sumenep

Museum Keraton Sumenep

Selain itu, yang menjadi salah satu daya tarik museum ini adalah terdapat Al-Qur’an berukuran 4×3 meter. Kitab suci berukuran raksasa ini memiliki berat sekitar 500 kilogram.

Penulis dari Alquran raksasa tersebut adalah seorang perempuan bernama Yanti dari Desa Bluto. Lokasi Museum Keraton Sumenep berada di tengah kota, lengkapnya di Jalan Dr. Sutomo — di belakang Keraton Sumenep sendiri.

11. Pantai Rongkang

Ternyata Madura masih memiliki objek wisata pantai yang menarik untuk kita kunjungi. Pantai Rongkang juga tidak kalah menawan dengan pantai-pantai di atas.

Pantai Rongkang

Pantai Rongkang

Pantai Rongkang harus masuk dalam daftar tempat wisata di Madura yang akan anda kunjungi. Lokasi pantai ini ada di Desa Kwanyar Barat kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan, Madura.

Karena keindahan pantai ini tidak heran kalau wisatawan banyak yang berkunjung ke pantai ini, dari pantai ini anda bisa melihat jembatan Suramadu, pada malam hari akan semakin indah karena kilauan lampu yang tertata dengan rapi.

12. Pantai Nepa

Objek wisata Madura selanjutnya berupa pantai dan hutan yang ada di desa Nepa, sehingga pantai dan hutan ini dinamai pantai dan Hutan Nepa.

Pantai Nepa

Pantai Nepa

Lokasinya ada di  Desa Nepa, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura. Pantai disini sangat pas buat berenang karena ombaknya tidak terlalu besar.

Puas bermain air, kita bisa memasuki hutan nepa yang menjadi rumah bagi monyet yang bisa kita ajak bermain. Untuk bisa menikmati objek wisata nepa ini, wisatawan harus membayar tiket masuk Rp. 15.000.

13. Kepulauan Kangean Madura Nan Eksotis

Tempat wisata di Madura selanjut berada di bagian paling Timur Pulau Madura. Pulau Kangean menjadi salah satu tujuan wisata di Madura yang tidak boleh anda lewatkan.
Kepulauan Kangean Madura Nan Eksotis

Kepulauan Kangean Madura Nan Eksotis

Kepulauan ini terdiri dari 60 pulau, dengan luas wilayah 487 km². Pulau-pulau terbesar adalah Pulau Kangean, Pulau Paliat dan Pulau Sepanjang.
Gugusan pulau ini berada di Kab Sumenep terletak pada posisi geografi 6°40′ – 7°20′ Lintang Selatan dan 115°20′ -116°00′ Bujur Timur, dibatasi oleh laut Bali, laut Jawa dan ujung timur Selat Madura.

Wisata disini berupa wisata pantai dan wisata bahari yang kaya dengan biota bawah laut.

14. Hutan Bawah Laut kep Kangean

Anda suka kegiatan diving atau snorkeling? Nah, di kepulauan Kangean anda bisa menyalurkan hobi anda, karena di sekitar kepulauan kangean, alam bawah lautnya sangat indah dan mempesona.
Hutan Bawah Laut kep Kangean

Hutan Bawah Laut kep Kangean

Di alam bawah laut Kepulauan Kangean ini anda bisa melihat aneka ikan dengan warna-warni yang cantik serta terumbu karang yang indah.

Menikmati keindahana alam bawah laut disini akan membuat kita serasa di Surga, jadi rugi rasanya kalau ke Sumemenep tapi tidak menikmati keindahan alam bawah lautnya.

15. Mercusuar Sembilangan

Selanjutnya, objek wisata Madura yang bisa anda kunjungi adalah Mercusuar Sembilangan yang terletak di desa Sembilangan di Kecamatan Socah.

Mercusuar Sembilangan

Mercusuar Sembilangan

Sebenarnya Mercusuar ini berada di pantai Sembilangan yang sudah disebutkan di atas tadi. Mercusuar ini sendiri suda ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu, sekitar tahun  1879.

Mercusuar untuk pengintai ini dibangun pada masa  Z.M William III. Mercusuar ini terletak tidak jauh dari pusat Kota Bangkalan. Dari Mercusuar ini wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan  Pulau Madura dari ketinggian (16 lantai).

16. Jembatan Suramadu

Siapa sih yang tidak kenal dengan jembatan Suramadu? Jemabatan yang menghubungkan antara Surabaya-Madura ini menjadi salah satu urat nadi bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Madura.

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu

Jembatan ini memiliki panjang mencapai  5.438 meter dan merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembata ini saat malam hari sangat indah sekali karena lampu yang menghias di pinggir jalannya.

Tujuan utama dibangunya jembatan ini adalah untuk mempercepat pembangunan di pulau Madura. Pembangunan tersebut meliputi infrastruktur dan perekonomian di pulau Madura, karena bisa dibilang Madura tertinggal jika dibandingkan wilayah lain yang ada di Jawa Timur.

17. Wisata Budaya Karapan Sapi

Nah ini dia atraksi yang sangat terkenal di Madura, karapan sapi. Karapan sapi menjadi momen budaya andalan Madura yang sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang datang ke Madura.

Wisata Budaya Karapan Sapi

Wisata Budaya Karapan Sapi

Karapan sapi sendiri menjadi ajang perlombaan yang mengandalkan kecepatan sapi dalam berlari. Pada mulanya karapan sapi merupakan kegiatan para petani yang membajak sawah menggunakan sepasang sapi yang di rakit menggunakan bambu ditengahnya, bambu itulah yang ditempati pengendalinya (joki).

Namun, kelamaan hal tersebut disukai oleh warga sekitar Madura bahkan luar Madura. Hingga akhirnya acara ini selalu di gelar setiap tahun mulai dari tingkatan terkecil seperti tingkat kecamatan di Madura.

18. Gunung Jaddih

Gunung Jaddih merupakan salah satu tempat wisata di Madura yang cukup unik dan tergolong baru. Pasalnya, objek wisata Madura ini merupakan lahan tambang batu gamping atau batu kapur.

Gunung Jaddih

Gunung Jaddih

Objek wisata Gunung Jaddih menawarkan pesona alam yang indah dan ini sudah dikembangkan menjadi tempat liburan yang tidak boleh anda lewatkan.

Objek wisata ini sangat mudah dijangkau, dimana jaraknya hanya 10 km saja dari pusat Kota Bangkalan. Meskipun lahan bekaas tambang, namun wisatawan datang berbondong-bondong saat musim liburan tiba. Lokasi ini pada mulanya ditemukan di Empat desa tersebut ialah desa Jaddih Timur, desa Pasreh, desa Sanggra Agung serta desa Rabasan.

19. Air terjun Kokop

Satu lagi tempat wisata di Madura berupa air terjun yang layak kita jadikan tujuan liburan yaitu Air Terjun Kokop yang terletak di Desa Durjan, kecamatan Kokop, kabupaten Bangkalan.

Air terjun Kokop

Air terjun Kokop

Memang jaraknya cukup jauh dari pusat kota, sekitar 60 km. Selain jauh, untuk mencapai lokasi air terjun ini juga butuh perjuangan ekstra, pasalnya akses menuju air terjun ini melewati jalan berbatu.

Namun tentu saja ini bukan masalah berarti kalau anda seorang pecinta alam sejati, apalagi kalau pecinta offroad. Saat pertama kali sampai disini, dijamin anda kana terkagum-kagum menyaksikan keindahanya. Air terjun ini tidak kalah menawan dibanding dengan air terjun Toroan maupun air terjun Bungliyas yang ada di kabupaten Pamekasan.

Ekspedisi Air Terjun Desa Durjan, Kec. Kokop, Bangkalan – Madura

20. Gua Blaban

Tempat wisata di Madura selanjutnya adalah Gua Blaban yang berlokasi di dusun Rojing, desa Blabar, kecamatan Batumarmar Pamekasan.

Gua Blaban

Gua Blaban

Warga menyebutkan bahwa gua tersebut awalnya di temukan oleh Sati, salah seorang warga dusun Rojing. Awalnya Sati berencana membuat sumur di dekat rumahnya, namun secara tidak sengaja ketika sumur tergali sedalam kurang lebih 7 meter ia terkejut. Warga lain yang ikut membantu Satipun ikut terkejut dengan ditemukannya sebuah lubang di sumur galiannya yang jika di intip memancarkan kilau cahaya.

Pada mulanya warga sempat ketakutan saat menemukan lubang tersebut sebelum akhirnya mengetahui bahwa di dalam sana terdapat sebuah gua. Saat itu penggalian sempat di hentikan. Hingga akhirnya tempat ini di buka untuk wisatawan.

21. Api Tak Kunjung Padam

Satu lagi tempat wisata di Madura yang cukup unik dan menarik untuk kita kunjungi, yaitu sebuah fenomena alam berupa kobaran api yang tidak pernah padam.

Api ini tidak pernah padam dan biasanya akan kembali nyala dari dalam tanah yang digali. Tentu saja tidak ada hal magis disini karena sebenarny api tersebut murni dari alam.

Api Tak Kunjung Padam

Api Tak Kunjung Padam

Kamu yang ingin merasakan keunikan tempat wisata alam di Madura satu ini dapat pergi ke Kabupaten Pamekasan Madura, tepatnya di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan. Lokasinya juga cukup mudah dikenali karena berada hanya 4 km dari pusat kota.

22. Sentra Batik Madura

Nah, tidak lengkap rasanya kalau jalan-jalan ke Madura tanpa membawa buah tangan. Salah satu buah tangan yang bisa anda bawa adalah batik khas Madura.

Silahkan datang saja ke sentra batik Madura Tanjung Bumi merupakan batik khas pesisiran. Masyarakat Madura memproduksi dan memakai batik karena pakaian batik merupakan bagian dari adat dan budaya mereka sehari-hari.

Sentra Batik Madura

Sentra Batik Madura

Alamat

Kab. Bangkalan, Jawa Timur

Akses

Dari pusat kota Bangkalan lokasi jaraknya mencapai 50 km. Anda bisa melalui Jl. Raya Meneron dan Jl. Raya Sepuluh ke Macajah

Lokasinya ada di Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Madura yang berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Bangkalan. Sobat traveler dapat menjangkau pusat kerajinan batik di Madura ini dengan menaiki kendaraan bermotor selama 1 jam perjalanan. Bisa juga menaiki angkutan umum dengan jurusan Bangkalan-Tanjung Bumi.

23. Pantai Jumiang

Satu lagi tempat wisata di Madura berupa pantai yang menarik untuk kita kunjungi, yaitu pandai Pantai jumiang. Pantai ini adalah yang paling terkenal di kabupaten Pamekasan.

Pantai Jumiang

Pantai Jumiang

Alamat: Dusun Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur

Jaraknya hanya 12 Km Tenggara Kota Pamekasan. Akses jalan yang bagus, dapat ditempuh dengan sarana transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Pantai Jumiang berbeda dengan beberapa pantai di Pamekasan lainnya, karena terletak di dataran tinggi dan bertebing.

Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini, kita harus membayar tiket Rp 3000 per-orang.

24. Monumen Sampang

Monumen Sampang merupakan tempat wisata di Madura tepatnya di kabupaten Sampang. Monumen ini merupakan titik 0 (nol) dari Kabupaten Sampang. Monumen yang dibuat dari logam berwarna kuning pekat ini berdiri megah dan indah disini.

Monumen Sampang

Monumen Sampang

Alamat: Gn. Sekar, Kec. Sampang, Sampang, Jawa Timur

Monumen Sampang terbuat dari logam berwarna kuning pekat, berdiri megah nan indah, menyapa setiap orang yang lewat berlalu

Di sekitar Monumen Sampang terdapat beberapa lokasi yang perlu diketahui bagi orang yang mengunjungi kota Sampang, disebelah timur bagian utara terdapat Kantor Pos dan Kantor Telkom, bagian selatan terdapat Pegadaian Cabang Sampang. Sebelah barat terdapat warung kaldu “Setuju” dan swalayan Alfamart. Sebelah utara terdapat Masjid Jamik Kota Sampang yang indah nan megah.

Disore hari, di sisi barat Monumen Sampang ditempati area bermain untuk anak-anak dan tempat berjualan makanan kecil. Merupakan tempat pilihan bersantai bagi orang tua yang membawa anak-anaknya.

25. Tirta Sumekar Indah

Tirta Sumekar Indah menjadi tempat wisata di Madura berikutnya dari kami. Objek wisata Madura ini berada di Jalan Raya Lenteng Km. 4 Torbang Sumenep Madura.

Tirta Sumekar Indah

Tirta Sumekar Indah

Objek wisata Madura ini merupakan tujuan liburan favorit untuk keluarga khususnya masyarakat Sumenep. Untuk dapat masuk dan menikmati berbagai fasilitas yang ada kita hanya membayar tiket masuk Rp. 5.000 untuk hari normal (Rp. 6.000 untuk hari Minggu/Libur).

Berbagai fasilitas yang bisa anda nikmati seperti kolam pemandian dewasa, kolam pemandian anak-anak, kolam pemandian balita dll. Sarana lain guna lebih memberikan kenyamanan kepada pengunjung juga kami sediakan, seperti sarana parkir yang luas, panggung hiburan, gazebo, kedai, sarana permainan anak-anak dll. 

Disamping itu, taman wisata Tirta Sumekar Indah juga sering dijadkan tempat pelaksanaan berbagai pertunjukan dan kegiatan menarik lainnya seperti pementasan band, perlombaan untuk anak-anak seperti lomba mewarnai, menggambar dan sebagainya.

Disini juga terdapat lapangan futsal, dengan tarif Rp. 50.000/jam (Rp.60.000/jam untuk malam hari). Lokasinya ada di Jl. Raya Lenteng Km. 4 Torbang Sumenep-Madura. 

26. Pantai Camplong

Tempat wisata di Madura selanjutnya yang menarik kita kunjungi adalah pantai Camplong yang ada di Desa Dharma Camplong, Kecamatan Camplong, Sampang, Madura. Jaraknya kurang lebih 10 km dari pusat kota Sampang, aksesnya sangat mudah karena berada di pinggir jalan utama lintas kota pulau Madura Kabupaten Pamekasan Madura.

Pantai Camplong

Pantai Camplong

27. Pantai Batu Kerbuy

Tempat wisata di Madura berupa pantai selanjutnya adalah pantai batu Kerbuy yang ada di Desa Batu Kerbuy Kecamatan Pasean, berjarak lebih kurang 45 km arah utara dari Kota pamekasan, Jawa Timur. Pantai ini sendiri sangat mudah dijangkau, karena lokasinya berdekatan dengan jalan raya pantura jurusan Sumenep – Kamal.

Pantai Batu Kerbuy

Pantai Batu Kerbuy

Dengan air pantainya yang biru dan bersih menarik Anda untuk melakukan berbagai kegiatan seperti, berenang, menyelam, memancing, dan sekedar berkeliling dengan menggunakan perahu motor yang terdapat dibibir pantai. Suasana alam yag terdapat akan membuat Anda mempesona dan merasakan kenyamanan yang tidak akan terlupakan.

Pantai ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Madura yang akan anda kunjungi jika anda berencana akan menghabiskan waktu liburan di Madura bersama keluarga atau orang tercinta.

28. Pantai Ponjuk Timur Talango

Masih berupa pantai, tempat wisata di Madura berikutnya adalah pantai Ponjuk Timur Talango yang terletak di Pulau Talango dan berada di ujung timur pulau. Ponjuk timur Poteran Talango itu bertempat di desa Kombang Poteran Talango.

Pantai Ponjuk Timur Talango - tempat wisata di Madura

Pantai Ponjuk Timur Talango

Asal mula dikatakan ponjuk karena di utara dan selatan itu ada makamnya yaitu yang selatan adalah makamnya Ibu Koneng yang ibu koneng tersebut keturunan dari ratu Sumenep dikatakan ibu koneng karena sekecamatan talango bahkan sesumenep paling cantiknya perempuan dan yang utara makam Roto Jimat karena mulai dari dulu beliau banyak jimatnya.

Di pojuk timur poteran yang menjaga disana adalah gurita yang sangat besar bahkan saking besarnya kaki-kaki gurita tersebut satu kaki itu besarnya sama dengan pohon kelapa dan penjaga jimatnya adalah ular naga yang sampai sekarang ada di dalam gua.

29. Obyek Wisata Bukit Geger Bangkalan Madura

Tempat wisata di Madura selanjutnya adalah adalah Bukit Geger. Bukit geger merupakan objek wisata terbaru di Madura. Meskipun baru namun cepat terkenal, karena wisatawan yang datang biasanya akan meng upload foto-foto terbaik mereka ke akun media sosialnya, sehingga teman-teman atau follower mereka juga ingin mengunjungi bukit yang menjadi salah satu tempat untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Obyek Wisata Bukit Geger Bangkalan Madura - tempat wisata di Madura

Obyek Wisata Bukit Geger Bangkalan Madura

Lokasi bukit geger ini ada di desa Geger, kecamatan Geger, terletak kurang lebih 30 km arah tenggara kota Bangkalan. Dari Kota Bangkalan lurus terus ke arah utara yaitu ke arah kecamatan Arosbaya, lalu ke timur kearah kecamatan geger. Disitulah bukit itu berada. Bukit tersebut mudah dijangkau karena letaknya tepat di pinggir jalan raya.

Bagaimana, ternyata ada banyak sekali tempat wisata di Madura bukan? Yuk jadikan liburan semakin asyik. Itulah 29 tempat wisata di Madura yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi, semoga bisa menjadi panduan untuk anda dan keluarga. Kunjungi juga 15 Aktivitas Seru di Tanjung Benoa Bali.

loading...

3 Comments

  1. Pingback: pantai slopeng | nur433 May 13, 2016

Leave a Reply

error: Content is protected !!