23 Destinasi Wisata di Korea Selatan Paling Terkenal

Tempat wisata di Korea Selatan – Korea Selatan, 5 tahun belakangan ini sangat booming di negara kita bahkan di dunia. Ketenaran negara ini dikarenakan drama korea, K Pop, Boy Band dan Girl Band-nya. Selain itu, Korea Selatan juga terkenal sebagai negara maju yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat.

Korea Selatan juga memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Selain itu, juga terdapat banyak sekali bangunan bersejarah peninggalan masa lalu bangsa ini. Korea merupakan salah satu negara tertua di dunia yang memiliki sejarah kerajaan panjang. Dan kini, bangunan-bangunan itu menjadi tempat wisata di Korea Selatan yang menarik untuk kita kunjungi.

Ada banyak sekali tempat wisata di Korea Selatan yang bisa kita jadikan sebagai pilihan saat liburan ke negeri seteru Abadi Korea Utara ini. Tempatwisataseru.com berhasil merangkum setidaknya ada 23 destinasi wisata di Korea Selatan yang bisa anda kunjungi, sebenarnya masih ada banyak lagi, nah, kalau andap unya cerita dan pengalam liburan di Korsel, tidak ada salahnya untuk membagikan kepada kami agar bisa menjadi referensi wisata ke Korsel selanjutnya.

Tempat Wisata di Korea Selatan

Berikut ini 23 tempat wisata di Korea Selatan yang bisa anda kunjungi, selamat menikmati liburan seru bersama orang-oran tercinta:

1. Uleung Island Seaside Road

Tempat wisata di Korea Selatan yang pertama dari kami adalah Uleung Island yang sering disebut sebagai “Pulau Misterius”.Bagi masyarakat Korsel, pulau ini menjadi objek wisata favoritnya karena keindahan alam yang masih alami, terjaga, dipenuhi dengan formasi bebatuan besar, tebing-tebing pantai yang kokoh, dan beragam air terjun yang membentuk pemandangan indah yang ditonjolkan pulau ini.

Uleung Island Seaside Road

Uleung Island Seaside Road

Pulau ini terbuat dari serangkaian letusan gunung berapi. Puncak tertinggi di sini adalah Puncak Seonginbong, dari sini Anda bisa menikmati pemandangan desa-desa yang terletak di tepi pantai. Anda juga bisa menikmati pemandangan dengan berlayar di sekitar Kepulauan Gwaneumdo, Ulleungdo, Elephant Rock, Samseonan, dan Lion Rock.

2. Pulau Jeju

Bagi pecinta drama Korea, nama Pulau Jeju pasti tidak asing lagi bukan? Pulau Jeju memang sangat indah sekali, pulau ini sering dijadikan sebagai tempat syuting film. Ada banyak sekali tempat wisata di Pulau Jeju Korea Selatan yang menarik untuk kita kunjungi.

Pulau Jeju

Pulau Jeju

Kalau anda ke Korsel, jangan sampai tidak mengunjungi pula ini, pulau ini kalau di Indonesia ibarat Bali-nya lah. Untuk dapat menikmati objek wisata di Pulau Jeju, anda bisa menyewa mobil. Jalan terbaik untuk mengemudi mungkin Route 12, yang lingkar di sekitar pulau. Route 12 menyediakan akses ke jalan pesisir sepanjang jalan, sehingga wisatawan dapat menikmati perjalanan fantastis sepanjang pantai dengan pemandangan laut zamrud berwarna dan melonjak camar.

3. Bomun Pavilion, Gyeongju

Destinasi wisata di Korea Selatan yang selanjutnya adalah Gyeongju. Gyeongju  sendiri merupakan ibukota kuno dari Dinasti Shilla yang memiliki julukan “Museum Tanpa Dinding”. Bomun Pavilion sendiri merupakan gazebo kayu kecil yang berdiri di atas kolam bebek berair tenang. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan bagus musim semi Korea, dimana bunga-bunga sakura mulai bermekaran di atas kolam dan sesekali merontokkan kelopaknya ketika angin sepoi berhembus.

Bomun Pavilion, Gyeongju

Bomun Pavilion, Gyeongju

Disini, wisatawan juga akan dimanjakan oleh pemandangan yang sangat indah Korsel dari berbagai musim. Daun-daun hijau akan tumbuh subur saat musim panas, pemandangan fall scarlett dapat Anda nikmati saat musim gugur, dan saat musim salju tiba pohon-pohon di sini akan diselimuti oleh salju nan cantik.

4. Pulau Udo

Selain Pulau jeju, Pulau Udo juga merupakan destinasi wisata di Korsel yang cukup populer, untuk mencapai pulau ini bisa ditempuh selama 15 menit dari Pulau Jeju dengan menggunakan kapal feri. Terletak di timur Pulau Jeju, Udo merupakan pulau yang cocok untuk wisata semua kalangan. Tempat wisata di Korea Selatan ini terkenal dengan tanahnya yang subur, pemandangan ikan, dan warisan juga lokalnya (penyelam wanita, dinding dari batu, dan kuburan batu).

Pulau Udo

Pulau Udo

Di sini tersedia beragam jenis pariwisata yang bisa Anda nikmati seperti misalnya jalur sepeda, kapal selam, kapal pesiar, tempat pemancingan, dan lain-lain. Tempat tertinggi di sini adalah mercusuar yang dikelilingi oleh taman luas. Dari sini, Anda bisa menikmati pemadangan pulau yang luar biasa indah.

5. Yang Dong Traditional Village

Kalau anda ingin mengenal kehidupan masyarakat tradisional Korea Selatan, anda bisa berkunjung Yang Dong Traditional Village. Desa ini masuk adalah situs warisan dunia UNESCO. Desa tradisional ini mencerminkan budaya dan bangunan khas konfusianisme aristokrat dari Dinasti Joseon.

Yang Dong Traditional Village

Yang Dong Traditional Village

Di desa ini penduduk kelas atas hidup di tanah yang lebih tinggi, sementara yang lainnya hidup di tanah yang lebih rendah. Rumah-rumah di sini memiliki warna coklat muda yang teduh, dengan warna genteng abu-abu. Setidaknya terdapat sekitar 500 orang yang masih tinggal di sini, bahkan beberapa rumah ada yang berusia lebih dari 200 tahun.

6. Seomjin River Train Village

Satu lagi objek wisata di Korsel yang harus anda kunjungi adalah Seomjin River Train Village. Taman yang dipenuhi dengan aneka bunga ini terletak di Gokseong.

Seomjin River Train Village

Seomjin River Train Village

Dahulunya Seomjin River Train Village adalah sebuah sebuah stasiun kereta api namun karena ide yang sangat cemerlang, kemudian disulap menjadi taman dengan berbagai bunga cantik hidup dan tumbuh subur.

Selain itu, ada juga lokomotif uap yang beroperasi lima kali dalam satu hari. Lokomotif ini adalah atraksi utama dari wisata Train Village. Lokomotif ini berjalan menyusuri Sungai Seomjingang. Di dalam lokomotif, Anda akan menemukan pemandu yang berpakaian seperti pelayan dan inspektur pemeriksa karcis. Para pemandu ini akan menjelaskan pada Anda mengenai sejarah lokasi di sini. Bisa dikatakan, wisata ini adalah tour kereta terbaik di Korea.

7. Seongsan Sunrise Peak

Di Korsel, ada tempat yang sangat menarik untuk kita menikmati indahnya matahari terbit, namanya Seongsan Sunrise Peak. Seongsan Sunrise Peak adalah sebuah sebuah kawah yang terbentuk karena letusan Hydrovolcanic pada dasar laut yang dangkal.

Seongsan Sunrise Peak

Seongsan Sunrise Peak

Seongsan Sunrise Peak memiliki bentuk seperti mangkuk yang dikelilingi oleh tebing curam di sekitarnya. Tebing-tebing yang mengelilingi Seongsan menghadap ke laut, dan jika dilihat dari ketinggian, tempat ini menyerupai mangkuk raksasa berwarna hijau. Bagian atas kawah ini ditumbuhi rumput hijau nan subur, sebuah pemandangan yang kontras dengan laut di sekelilingnya. Seongsan juga telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

8. Stasiun Kyeong-Wha, Jinhae

Stasiun Kyeong-Wha merupakan tempat wisata di Korea Selatan saat musim semi berlangsung. Disini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan bunga bermekaran yang sangat indah. Jinhe adalah sebuah distrik di Changwon City, di tepi tenggara Korea. Jinhe juga sudah terkenal sejak lama sebagai penyelenggara festival bunga sakura terbesar setiap tahunnya.

Stasiun Kyeong-Wha, Jinhae

Stasiun Kyeong-Wha, Jinhae

Yang membuat stasiun ini menarik yaitu, di sepanjang sisi kanan dan kiri trek kereta ditumbuhi pohon-pohon sakura yang cantik. Saat kereta melaju dengan kencang, bunga-bunga sakura ini akan jatuh bertebaran, menciptakan hujan kelopak sakura yang indah.

9. Jeungdo Salt Farm

Korea Selatan juga merupakan negara penghasil garam, anda bisa berkunjung ke Jeungdo Salt Farm. Berkeliling di sini, Anda akan merasakan suasana yang berbeda dengan lokasi-lokasi wisata di Korea lainnya yang cenderung berbukit, karena sebagian medan di sini adalah berupa lumpur. Gelodok Bridge, adalah jembatan yang akan membawa Anda melintasi padang lumpur dengan pemandangan yang indah. Selain dataran lumpur, Anda bisa menikmati suasana magis peternakan garam yang unik.

Jeungdo Salt Farm

Jeungdo Salt Farm

10. Boseong Green Tea Field

Korea Selatan juga merupakan negara penghasil teh terbaik. Kebun teh ini sangat indah dan tertata dengan baik. Boseong Green Tea Field menjadi salah satu tujuan wisata alam di Korea Selatan yang dapat memikat setiap orang yang datang kesini.

Boseong Green Tea Field

Boseong Green Tea Field

11. Monumen Peringatan Perang Korea

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa Korea Selatan adalah seteru abadi Korea Utara, nah untuk melihat peninggalan bekas perang Korea, anda bisa melihatnya di sebuah monumen di kawasan Yongsan-Dong dengan luas sekitar 20 ribu m2.

Monumen Peringatan Perang Korea

Monumen Peringatan Perang Korea

Kendaran berat dan lapis baja dipajang disini, museum yang merupakan bekas markas militer tentara Korea ini selalu ramai oleh wisatawan yang hendak melihat-melihat peninggalan perang Korea tempo dulu. Disini terdapat banyak layar interaktif dalam museum dengan teknologi touchscreen yang dapat memberi pengetahuan bagi Anda.

Monumen ini bertujuan untuk mengingat masa-masa kelam dalam sejarah perang Korea, menceritakan banyak hal pada Anda tentang konflik yang terjadi di Korea pada sekitar 60 tahun yang lalu. Di sana Anda dapat menjumpai berbagai macam barang peninggalan perang serta peralatan militer yang jumlah hingga 13 ribu item.

Untuk menikmati perjalanan wisata ke monumen ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Monumen Peringatan Perang Korea adalah tempat paling menarik untuk mengetahui riwayat Perang Korea hingga militer Korea.

12. Teater Nanta di MyeongDong

Kalau anda ingin nonton teater, silahkan saja datang ke Teater Nanta di MyeongDong. Teater ini paling terkenal di Seoul. Lokasi pertunjukan teater Nanta ini berada di lantai 3 dan lantai 5 Gedung UNESCO di pusat keramaian Myeongdong. Anda akan menyaksikan sebuah drama komedi nonverbal dengan setting sebuah dapur dan menggunakan alat-alat masak sebagai alat musik perkusi.

Teater Nanta di MyeongDong

Teater Nanta di MyeongDong

Banyak penonton terpukau dengan suguhan teater tersebut karena aksi-aksi teatrikalnya yang dikombinasikan dengan keahlian memainkan alat-alat dapur sebagai instrumen musik. Untuk dapat menikmati tontonan ini, Anda harus membeli tiket pertunjukan teater Nanta sebesar 40 ribu hingga 60 ribu won, dapat dibeli di kios pembelian tiket di lokasi teater, atau membeli secara online.

13. Taman Nasional Bukhansan

Taman Nasional Bukhansan menjadi salah satu tempat wisata alam di Korea Selatan yang menarik untuk kita kunjungi, lokasinya berada di bagian sebelah utara sungai Han, Korea. Di Taman Nasional Bukhansan ini, Anda dapat menyaksikan puluhan ngarai, puncak granit, dan aliran sungai yang jernih. Inilah tempat hiking di Seoul, sebuah tempat untuk menyaksikan pemandangan alam yang indah dari puncak ketinggian.

Taman Nasional Bukhansan

Taman Nasional Bukhansan

Tempat wisata di Korea Selatan yang satu ini memiliki luas areal sekitar 78,9 km dan berada tepat di tengah kota Seoul. Terdapat lebih dari 1.300 spesies flora dan fauna di taman ini. Serta, Anda dapat menyaksikan salah satu peninggalan sejarah Korea di taman ini, yakni Benteng Bukhansan seong, sebuah benteng yang telah berdiri lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Kunjungi juga: 33 tempat wisata di Thailand paling populer

14. Seoul Arts Center (Pusat Kesenian Seoul)

Korea Selatan terkenal dengan kesenian mereka yang sudah berumur ribuan tahun, nah Seoul Arts Center menjadi salah satu alternatif untuk menikmati pertunjukan seni budaya dan pameran, baik itu tarian, opera, teater, hingga film dan musik. Di tempat inilah beberapa organisasi kesenian dan kebudayaan penting di Korea Selatan bermarkas. Bangunan ini terletak di kawasan Seocho-gu, Korea.

Seoul Arts Center (Pusat Kesenian Seoul)

SONY DSeoul Arts Center (Pusat Kesenian Seoul)SC

15. Istana Changdeok (Changdeokgung)

Korea Selatan dahulunya merupakan negara kerajaan, dan ini masih kita lihat dari peninggalan sejarah berupa bangunan kerajan. Istana Changdeok adalah salah satu dari 5 istana besar yang dibangun sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan. Makna dari Changdeokgung adalah Istana Kemakmuran. Di tempat wisata Korea Selatan yang satu ini, Anda dapat menikmati arsitektur Korea di masa lampau.

Istana Changdeok (Changdeokgung)

Istana Changdeok (Changdeokgung)

Istana ini cukup luas dan kontur tanahnya naik turun. Bagian istana ini yang paling terkenal adalah Taman Rahasia (Secret Garden) yang terdapat di bagian belakang istana. Lokasi Taman Rahasia tidak tersembunyi, disebut rahasia sebab taman belakang ini hanya boleh dimasuki kaisar dan istrinya atau keluarga kerajaan. Perlu diketahui, lokasi secret garden ini telah dipakai sebagai lokasi shooting sejumlah drama Korea.

Untuk dapat masuk ke Secret Garden, Anda harus membayar tiket tour berkeliling sebesar 3000 won dan memilih tour bahasa Inggris. Tentu saja, Anda harus membayar tiket masuk Istana Changdeok ini sebesar 3 ribu won.

16. Istana Gyeongbok (Gyeongbokgung)

Selain Istana Changdeok , juga ada Istana Gyeongbok yang merupakan simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea, didirikan pada tahun 1395. Inilah istana yang terbesar di Korea Selatan, merupakan istana utama Dinasti Joseon. Saat masuk dari gerbang utama Gwanghamun, Anda akan menyaksikan hamparan halaman batu yang luas.

Istana Gyeongbok (Gyeongbokgung)

Istana Gyeongbok (Gyeongbokgung)

Perlu diketahui, di dalam istana Gyeongbok inilah terdapat Museum Nasional Rakyat Korea (National Folk Museum of Korea). Di tempat wisata Korea Selatan yang satu ini, Anda dapat menyewa baju tradisional Korea, lalu berfoto untuk mengabadikan momen wisata di sana. Dan, tour berbahasa Inggris di tempat ini juga tidak dipungut biaya. Tentu saja, Anda harus membayar tiket masuk Istana Gyeongbok ini sebesar 3 ribu won.

17. Tempat Wisata Belanja Myeongdong

Anda ingin belanja-belanja sepuasnya di Korea Selatan? Nah, salah satu tempat belanja terkenal di Korea Selatan adalah kawasan Myeongdong. Kawasan Myeongdong menjadi surganya bagi pelancong yang mau berbelanja aneka keperluan. Berbagai mode pakaian terbaru di Korea Selatan dapat Anda temukan di tempat ini. Jika Anda ingin mengetahui tren pakaian di sana, kunjungilah Myeongdong.

Tempat Wisata Belanja Myeongdong

Tempat Wisata Belanja Myeongdong

Selain pakaian, di tempat ini juga banyak dijual berbagai produk kosmetik mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Tak kalah seru, Anda dapat menemukan berbagai santapan kuliner yang menarik di Myeongdong ini, mulai dari jajanan pinggir jalan hingga tempat makan. Inilah sebab mengapa Myeongdong begitu favorit di kalangan para pecinta wisata belanja.

18. Bukchon Village

Satu lagi destinasi wisata di Korea Selatan yang menawarkan sensasi kehidupan masa lalu masyarakat Korea Selatan yaitu di Bukchon Village. Disini, rumah masyarakatnya sangat tradisional.

Bukchon Village

Bukchon Village

Bukchon Village ini terletak di antara Istana Gyeokbok, Istana Changdeok, dan Jongmyo Shrine. Anda dapat menggunakan subway line 3 menuju Anguk Station, lalu turun dari pintu 2. Sesampainya di Anguk Station, berjalan ke arah utara sejauh 300 meter untuk dapat sampai di tempat ini. Tidak ada yang lebih menyenangkan selain menikmati sore sambil mengambil foto dan menyaksikan bangunan-bangunan tua serta menyusuri jalanan di desa tradisional di Korea Selatan ini.

19. Namsan Seoul Tower ( N Seoul Tower)

N Seoul Tower merupakan tempat wisata di Korea Selatan yang sangat populer. Wisatawan bisa menikmati keindahan Korea Selatan dari atas ketinggian. Menara dengan ketinggian mencapai 237 meter ini berlokasi di Gunung Namsan. 

Namsan Seoul Tower ( N Seoul Tower)

Namsan Seoul Tower ( N Seoul Tower)

Liburan ke Korsel tidak lengkap rasanya kalau tidak mampir ke N Seoul Tower. Di sekitar N Seoul Tower terdapat toko suvenir dan restoran. Di puncak menara ini terdapat sebuah tempat yang bernama Love Lock. Anda dapat mengabadikan dan menggembok rasa cinta Anda kepada pasangan dengan memasang gembok di sekitar pagar, lalu membuang kunci gemboknya sebagai tanda pengharapan cinta kasih akan terus bersama (tentu saja ini hanya mitos belaka). Beberapa drama Korea, seperti Boys Before Flowers, Princess Hours, dan lainnya sering menggunakan tempat ini sebagai lokasi syuting.

20. National Folk Museum of Korea (Museum Nasional Rakyat Korea)

National Folk Museum of Korea (Museum Nasional Rakyat Korea)

National Folk Museum of Korea (Museum Nasional Rakyat Korea)

Kalau anda ingin melihat peninggalan sejarah apakah itu koleksi benda-benda atau artefak, manuskrip dan lain sebagainya, anda bisa mengunjungi National Folk Museum of Korea. Ada 3 ruangan pameran dalam museum ini, yakni ruangan yang menggambarkan “Sejarah Orang Korea” dari masa prasejarah hingga Dinasti Joseon pada tahun 1910, ruangan “Gaya Hidup Orang Korea”, dan ruangan “Siklus Hidup Orang Korea dari Lahir sampai Mati”.

21. Olympic Park

Olympic Park menjadi tempat kumpul-kumpulnya masyarakat Korea, terutama anak-anak muda. Olympic Park merupakan sebuah kompleks olahraga Olympic yang berada di distrik Songpa. Di masa lampau, daerah ini adalah tempat peternakan ulat sutra di masa Dinasti Joseon. Di taman Olympic ini, terdapat sebuah bangunan yang disebut pintu gerbang perdamaian (peace gate)

Olympic Park

Olympic Park

Anda akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengeksplorasi taman ini karena arealnya yang luas. Tetapi, Anda dapat menaiki kereta Hodori (Hodori road train) yang terdapat di sebelah pintu gerbang perdamaian. Atau, Anda dapat menyewa sepeda di taman ini untuk berkeliling sebesar 25 ribu won.

Olympic Park terbagi dalam beberapa zona, di antaranya Taman Seni Budaya, Taman Rekreasi Olahraga, Taman Lingkungan Hidup, dan Taman Pengalaman Sejarah.

Kunjungi juga 25 tempat wisata di Turki paling populer

22. Incheon

Incheon menjadi destinasi wisata di Korea Selatan yang selanjutnya, kota ini menjadi tujuan liburan yang menarik karena disini merupakan pusat dari Seni, hiburan, fashion, sejarah dan alam.  Pengunjung dapat membaca dengan teliti toko desainer di distrik Bupyeong, menikmati acara di Arts Centre atau menemukan sejarah lokal di Liberty Park dan Independence Memorial Hall. 

Incheon Brigde, Jembatan Terpanjang dan Terbesar di Korea

Incheon Brigde, Jembatan Terpanjang dan Terbesar di Korea

23. Pulau Nami

Nami Island  adalah tempat wisata di Korea Selatan yang terakhir dari kami. Pulau ini terkenal karena keindahan alamnya yang sangat menawan, terutama jalur pohon yang indah. Pulau Nami dibentuk sebagai hasil dari pembangunan Dam Cheongpyeong. Pulau Ini berbentuk setengah bulan dengan luas (462,809㎡) , dan di atasnya ada makam Jenderal Nami, yang memimpin kemenangan besar melawan pemberontak di tahun ke-13 raja-7 dari Dinasti Joseon, Raja Sejo (pemerintahan 1455 ~ 1468 ).

Pulau Nami

Pulau Nami

Namiseom Island  63 km jauhnya dari Seoul ke arah Chuncheon, dan terkenal untuk pohon berjajar jalan yang indah. Pulau ini 30 menit dari Chuncheon dan satu jam dari pinggiran kota Seoul.

Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan ke Korea Selatan? Itu saja rekomendasi 23 Tempat wisata di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi dari kami, semoga bisa menjadi panduan untuk anda, jangan lewatkan juga 35 tempat wisata di Singapore yang wajib dikunjungi

18 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!