35 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Diunjungi

Tempat Wisata di Gorontalo menawarkan sensasi liburan yang tidak terlupakan. Beberapa objek wisata disini bahkan mengalahkan objek wisata yang ada di luar negeri.

Misalnya sebut saja pulau cinta yang keren dan mirip atau bahkan lebih kece daripada di Maldives, Maladewa. Mungkin karena Gorontalo jauh dari Ibu kota Jakarta atau pulau Jawa, makanya Gorontalo belum terlalu terkenal. Padahal masih ada banyak sekali tempat wisata di Gorontalo yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Sebelum kita kupas tuntas daftar tempat wisata di Gorontalo yang menarik untuk dikunjungi, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan provinsi yang baru lahir pada 5 Desember 2000. Adapun Ibukota Provinsi Gorontalo adalah Kota Gorontalo yang juga sering disebut juga Kota Hulontalo yang terkenal pula dengan julukan “Kota Serambi Madinah“.

Provinsi ini terletak di Semenanjung Gorontalo (Gorontalo Peninsula) di Pulau Sulawesi, tepatnya di bagian barat dari Provinsi Sulawesi Utara. Dari wikipedia diketahui bahwa Gorontalo memiliki luas 12.435,00 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.133.237 jiwa (2016), dengan tingkat kepadatan penduduk 88 jiwa/km².

Masih dari wikipedia, diketahui bahwa, Gorontalo ini dihuni oleh banyak etnis berbentuk Pohala’a (Keluarga) seperti Pohala’a Gorontalo (Etnis Hulontalo), Pohala’a Suwawa (Etnis Suwawa/Tuwawa), Pohala’a Limboto (Etnis Limutu), Pohala’a Bolango (Etnis Bulango/Bolango) dan Pohala’a Atinggola (Etnis Atinggola) yang seluruhnya dikategorikan kedalam suku Gorontalo atau Suku Hulontalo. Ditengarai, penyebaran Diaspora Orang Gorontalo telah mencapai 5 kali lipat dari total penduduknya sekarang yang tersebar di seluruh dunia.

Daftar Tempat Wisata di Gorontalo

Berikut daftar tempat wisata di Gorontalo yang sedang hits dan wajib dikunjungi saat sedang liburan:

1. Wisata Bukit Layang Gorontalo

Wisata Bukit Layang Gorontalo

Wisata Bukit Layang Gorontalo

Terletak di ketinggian 700 mdpl, bukit layang sangat pas untuk dijadikan sebagai spot tempat menikmati keindahan kota Gorontalo di malam hari. Jika Anda hobi camping, tempat ini benar – benar sangat pas untuk Anda.

Di tempat ini, Anda dapat mendirikan tenda untuk menikmati udara segar sembari melihatkeindahan kerlap – kerlip kota Gorontalo dari ketinggian bukit. Jika beruntung, di malam hari nya, Anda juga bisa melihat banyak fenomena bintang jatuh.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Jika ya, alamat tempat ini ada di Kelurahan Siendeng, Kecamatan Hulonthalangi, Gorontalo.

Karena tempat ini berada di atas bukit, Anda mungkin akan membutuhkan sedikit effort untuk bisa sampai ke lokasi nya. Namun begitu, sesampai nya di puncak bukit, semua jerih payah Anda akan pasti terbayar lunas.

Oh ia, karena tempat ini masih belum terurus dengan baik, jangan harap Anda bisa menemui fasilitas yang lengkap di tempat ini ya.

Kunjungi juga yuk: Danau Poso, Danau Pasir Putih Indah di Sulawesi Tengah

2. Masjid Walima Emas Gorontalo

Masjid Walima Emas Gorontalo

Masjid Walima Emas Gorontalo

Masjid Walima Emas adalah sebuah bangunan masjid yang memiliki sejarah peresmian cukup unik. Jika kebanyakan bangunan masjid lain nya diresmikan kapan saja (tidak diatur secara spesifik), tanggal dan waktu peresmian masjid ini sudah diatur sedemikian rupa sehingga full dengan angka 12, yaitu pada tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 pukul 12 lewat 12 waktu Indonesia bagian tengah.

Untuk menyemarakkan acara peresmian tersebut, panitia peresmian masjid ini pada waktu itu turut menggelar acara sholat dan zikir berjamaah yang dilanjutkan dengan acara pagelaran budaya Islam.

Nama masjid Walima Emas sendiridiambil dari kubahnya yang berbentuk walima dengan warna kuning keemasan.

Oh ia, selain memiliki sejarah peresmian yang unik, letak bangunan masjid ini juga tergolong sangat strategis lho. Alih – alih didirikan di pusat pemukiman masyarakat seperti kebanyakan masjid lain nya, masjid Walima Emas ini didirikan di pinggiran tebing Teluk Tomini, sehingga memiliki pemandangan yang luar biasa indah.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, lokasi nya ada di Desa Religius Bubohu, Bonggo, Kec. Batudaa Pantai, Kab. Gorontalo. Bila Anda berangkat dari pusat Kota Gorontalo, masjid ini bisa Anda akses dalam kurun waktu sekitar 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

3. Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo

Tempat wisata di Gorontalo yang selanjutnya adalah Pulau Diyonumo. Pulau Diyonumo merupakan pulau berukuran sedang yang belum terjamah banyak orang. Pulau ini dikelilingi oleh wilayah perbukitan yang luar biasa eksotis sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot wisata untuk bersantai.

Selain menyuguhkan pemandangan alam berupa area perbukitan yang sangat asri, tempat ini juga memiliki area pantai yang tidak kalah eksotis.Perpaduan antara pasir putih yang lembut dan air laut yang bening nantinya akan membuat Anda betah untuk tinggal berlama – lama di tempat ini.

Khusus untuk Anda yang hobi mengambil foto, tempat ini juga tergolong sangat instagramable. Dari mulai foto berlatarkan hamparan rumput di area perbukitan, sampai dengan foto berlatarkan hamparan pasir pantai yang lembut, semua nya bisa Anda dapatkan di tempat ini.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Jika ya, lokasi tempat ini ada di Desa Deme 2, Kec. Sumalata, Gorontalo Timur.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Gorontalo, Anda dapat berkendara menuju ke Desa Deme 2, Kec. Sumalata. Dari desa tersebut Anda tinggal menyewa perahu motor untuk menyeberang ke pulau ini. Normal nya perjalanan dari Desa Deme 2 ke pulau ini hanya memakan waktu perjalanan sekitar 2 – 3 jam saja.

Oh ia, jika Anda ingin berkunjung ke pulau ini, jangan lupa untuk membawa bekal yang cukup ya. Karena tempat nya masih belum terjamah masyarakat, di pulau ini Anda juga tidak akan bisa menikmati fasilitas wisata yang lengkap.

Maka dari itu, sebelum berangkat, pasti kan Anda sudah menyiapkan semua kebutuhan Anda, baik itu kebutuhan untuk menginap (tenda), kebutuhan pakaian, dan kebutuhan makanan.

4. Desa Wisata Religi Bongo

Desa Wisata Religi Bongo

Desa Wisata Religi Bongo

Masih ingat dengan Masjid Walima Emas di atas? Nah, jika Anda berkunjung ke masjid tersebut, jangan lupa untuk turut singgah ke Desa Wisata Religi Bongo.Desa ini terletak di Kec. Batudaa Pantai, Kab Gorontalo.

Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai suguhan wisata yang sangat kental dengan budaya masyarakat sekitar. Dari mulai objek wisata pesantren alam, sampai dengan kolam asmaul husna, semua nya bisa Anda kunjungi secara cuma – cuma di desa ini.

Karena budaya masyarakat sekitar yang sangat kental dengan agama Islam, sesampainya di tempat ini, Anda pasti akan merasa sangat tenang dan nyaman.Selain itu, kondisi udara di sekitar Desa Wisata Religi Bongo ini juga masih sangat asri, sehingga sangat memanjakan paru – paru para pengunjung nya.

Selain menyuguhkan pengalaman wisata yang sangat luar biasa, fasilitas wisata di desa ini juga tergolong cukup lengkap lho. Dari mulai kamar mandi, tempat parkir, sampai dengan warung makan semua nya bisa Anda temui dengan mudah di desa ini.

5. Pulo Cinta Gorontalo

Pulau Cinta Gorontalo

Pulau Cinta Gorontalo via @marischkaprue

Tempat wisata di Gorontalo yang selanjutnya adalah Pulau Cinta. Pulau ini merupakan objek wisata bahari yang menyuguhkan pemandangan alam berupa laut lepas yang bening, jernih dan asri.

Jika dilihat sekilas, tempat ini sangat mirip dengan wisata pantai yang ada di Maldives, yang mana para pengunjung nya bisa menginap di bangunan villa yang didirikan di atas air laut.

Secara keseluruhan pulau ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Bentuk pulau nya sendiri mirip dengan hati. Itu lah kenapa pulau ini dinamai dengan pulau cinta.

Di pulau ini, Anda dapat melakukan banyak hal. Beberapa aktivitas wisata yang menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini adalah hopping island, diving, snorkeling, hiking dan tracking di area Hutan Pesisir Boalemo, dll.

Lokasi pulau cinta terletak di Kec. Talimuta, Kab. Boalemo, Gorontalo. Untuk bisa sampai ke pulau ini, Anda dapat memanfaatkan perahu nelayan dengan biaya penyeberangan sekitar 25 ribu rupiah per orang. Dalam kondisi ombak normal, tempat ini dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Jika Anda ingin menginap di salah satu villa yang ada di tempat ini, Anda akan dikenai biaya sekitar 3,5 sampai dengan 15 juta rupiah per malam. Biaya tersebut sudah mencakup berbagai macam hal seperti jemputan dari bandara, biaya penyeberangan, biaya makan, dan beberapa biaya lain nya.

Jangan lewatkan juga: 42 Tempat Wisata di Makassar Sulawesi Selatan Paling Populer

6. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Seakan tidak mau kalah dengan Kota Bogor, Gorontalo juga memiliki banyak spot wisata air terjun yang eksotis. Salah satu objek wisata air terjun ternama di Gorontalo yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah air terjun Hiyaliyo Da’a.

Air terjun Hiyaliyo Da’a terletak di Desa Didingga, Kec. Biawu, Kab, Gorontalo Utara. Objek wisata yang satu ini tergolong masih belum banyak terjamah oleh wisatawan, sehingga kondisi air dan alam sekitarnya masih sangat terjaga.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda mungkin membutuhkan effort yang agak sedikit cukup besar. Jika Anda berangkat dari pusat kota Gorontalo, pertama – tama, Anda harus menempuh perjalanan selama 3 jam menuju ke Desa Didingga. Sesampai nya di desa ini, Anda masih harus melewati hutan lindung dengan berjalan kaki selama kurang lebih 20 – 30 menit.

Ya meski pun medan yang harus ditempuh tergolong tidak mudah, namun sesampai nya di air terjun Hiyaliyo Da’a, semua rasa lelah Anda nanti nya akan langsung terbayar lunas.

Oh ia, agar tidak tersesat, dari Desa Didingga Anda sebaiknya menggunakan jasa tour guide lokal.Beberapa dari mereka biasa nya tidak mematoki bayaran dan mau dibayar seiklasnya.

Untuk biaya tiket masuk nya sendiri, tempat ini bisa Anda kunjungi secara gratis kapan pun Anda mau.Sayang nya, karena masih belum dikelola dengan baik, fasilitas wisata di tempat ini tergolong masih sangat terbatas.

7. Air Terjun Permai Taludaa

Air Terjun Permai Taludaa

Air Terjun Permai Taludaa via @piipyt

Mirip seperti air terjun Hiyaliyo Da’a, air terjun Permai Taludaa juga tergolong masih sangat asri dan belum banyak terjamah oleh kalangan wisatawan.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 42 meter dengan bentangan air yang sangat luas, yaitu mencapai 15 meter. Karena tinggi dan bentangan nya yang sangat luar biasa, objek wisata air terjun di Gorontalo yang satu ini benar – benar sangat diminati oleh para wisatawan.

Terlebih kondisi alam sekitar nya pun juga masih sangat asri, sehingga selain dapat menikmati air terjun, para pengunjung tempat ini nanti nya juga akan bisa menikmati pemandangan tambahan berupa flora dan fauna yang ada di sekitar nya.

Lokasi Air Terjun Permai Taludaa terletak di Desa Taludaa,Kab. Bone Bolango, Gorontalo. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Gorontalo, tempat ini bisa Anda jangkau dalam kurun waktu 3 jam perjalanan.

Nanti nya, sesampai nya di Desa Tarudaa, Anda harus berjalan kali sejauh 2 km. Medan perjalanan yang harus Anda lewati tergolong agak sedikit sulit, yaitu berupa hutan, sungai, dan area perbukitan.Namun begitu, sesampai nya di Air Terjun Permai Taludaa, semua perjuangan Anda akan langsung terbayar lunas dengan keindahan air terjun dan alam di sekitar nya.

Oh ia, karena tempat ini masih belum dikelola dengan baik, tempat ini bisa kamu kunjungi dengan gratis. Sayang nya, untuk urusan fasilitas wisata, tempat ini masih sangat terbatas.

8. Pantai Kurenai

Pantai Kurenai

Pantai Kurenai

Objek wisata di Gorontalo yang selanjutnya adalah Pantai Kurenai. Objek wisata ini adalah salah satu dari 20 spot penyelaman terbaik yang ada di Gorontalo.Hampir sekitar 80 persen luas area pantai ini bisa dijadikan sebagai spot untuk olahraga diving.

Secara keseluruhan, kualitas spot diving di pantai ini dapat digolongkan sebagai spot diving kelas dunia. Pasal nya, selain memiliki variasi karang yang luar biasa lengkap, tempat ini juga memiliki tipikal perairan yang relatif hangat dengan arus ombak yang relatif cukup tenang.

Di waktu – waktu tertentu, tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para pecinta olah raga diving. Maka dari itu, jika Anda ingin melakukan olahraga diving yang lebih nyaman, Anda sebaiknya mengunjungi tempat ini di hari biasa.

Lokasi Pantai Kurenaiada di Desa Botubarani, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo. Dari kota Gorontalo, pantai ini berjarak sekitar 13 km. Jika Anda berangkat dari pusat kota Gorontalo, tempat ini bisa Anda kunjungi dalam kurun waktu kurang dari 30 menit.

Pantai Kurenai dibuka untuk umum selama 24 jam non stop 7 hari dalam seminggu.Untuk bisa menikmati tempat ini, Anda tidak perlu merogoh kocek sama sekali, alias gratis – tis.Sayang nya, sama seperti hal nya beberapa objek wisata yang sebelumnya, fasilitas wisata di tepat ini juga tergolong masih sangat minim.

Maka dari itu, jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, Anda disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup, dari mulai perbekalan untuk makanan atau pun perbekalan untuk menginap dan menyelam.

9. Pantai Dunu

Pantai Dunu

Pantai Dunu

Kembali ke wilayah Kabupaten Gorontalo Utara, ada satu objek wisata pantai di Gorontalo yang tidak kalah eksotis dari Pantai Kurenai. Objek wisata pantai tersebut adalah Pantai Dunu.

Berbeda dengan Pantai Kurenai yang cenderung lebih cocok untuk aktivitas olahraga diving, Pantai Dunu cenderung lebih pas untuk dijadikan sebagai spot bermain pasir dan berenang bersama dengan keluarga.

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang sangat luas dan ombak yang sangat tenang. Karena kondisi nya tersebut, di pantai ini, para wisatawan dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang menarik, seperti berenang dan bermain air di pantai, bermain pasir di pantai, bermain voly pantai, menikmati sunset di sore hari, dan lain sebagai nya.

Sayang nya, karena tempat ini belum terkelola dengan baik, fasilitas wisata di pantai ini benar – benar masih sangat minim.Maka dari itu, jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, Anda kami sarankan untuk membawa semua perbekalan yang lengkap.

Terletak di Desa Dunu, Kec. Anggrek, Kab, Gorontalo Utara, lokasi Pantai Dunu berjarak sekitar 1,5 sampai dengan 2 jam perjalanan dari pusat Kota Gorontalo. Secara keseluruhan medan jalan yang harus dilewati untuk bisa sampai ke pantai ini tergolong sudah cukup bagus dan dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat sampai ke lokasi pantai nya secara langsung.

10. Danau Limboto

Danau Limboto

Danau Limboto

Danau Limboto merupakan objek wisata favorit di Gorontalo yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik itu wisatawan lokal, mau pun pendatang.Danai ini memiliki luas sekitar 3000 hektar dengan ke dalaman sekitar 8 meter.

Di danau ini para wisatawan pada dasarnya tidak dapat melakukan banyak aktivitas. Namun begitu, karena pemandangan nya yang luar biasa indah, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Secara keseluruhan, Danau Limboto memang memiliki pesona pemandangan yang sangat luar biasa. Dengan karakter permukaan nya yang berlumpur, di bagian pinggir dan tengah nya, danau ini banyak ditumbuhi oleh berbagai macam tanaman flora air seperti enceng gondok, gelagah dan teratai.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, waktu terbaik nya adalah di pagi hari ketika matahari baru mulai terbit dan di sore hari, yaitu ketika matahari akan segera terbenam.

Selain dapat menikmati fenomena sunrise dan sunset sekaligus, di dua waktu tersebut, kondisi udara di sekitar tempat ini juga masih sangat segar, sehingga Anda pasti akan betah berlama – lama di tempat ini.

Oh ia, lokasi Danau Limboto ada di Kec. Limboto,Kab. Gorontalo ya. Jika Anda berangkat dari pusat kota, tempat ini hanya berjarak sekitar 2 km saja. Sedangkan jika Anda berangkat dari Bandara Jalaluddin, tempat ini dapat Anda akses dalam kurun waktu 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

11. Taman Wisata Laut Olele

Taman Wisata Laut Olele

Taman Wisata Laut Olele

Tempat wisata di Gorontalo yang selanjutnya adalah Taman Wisata Laut Olele. Taman Wisata Laut Olele merupakan salah satu destinasi wisata wajib yang harus Anda kunjungi ketika tengah singgah di Gorontalo. Di tempat ini, Anda dapat menikmati berbagai macam jenis biota laut yang luar biasa eksotis.

Jika Anda merupakan pecinta olah raga diving dan snorkeling, tempat ini benar – benar sangat pas untuk Anda.

Anda tidak terbiasa dengan aktivitas diving? Tenang, meski pun Anda belum terbiasa dengan aktivitas diving, di tempat ini Anda akan tetap bisa menikmati keindahan biota bawah laut di area diving yang dangkal.

Secara keseluruhan, ada beberapa lokasi diving andalan yang bisa Anda kunjungi di tempat ini, yaitu Goa Jin, Salvador Dali, dan Coral Pole. Khusus untuk spot diving Goa Jin, spot ini memiliki gerbang masuk vertikal yang berbentuk tegak mengarah ke bawah dengan kedalaman mencapai 22 meter. Menurut para pecinta olahraga diving, spot ini adalah salah satu spot diving terbaik yang ada di dunia.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Jika ya, lokasi tempat ini ada di Desa Olele, Kec. Kabila Bone, Gorontalo.Jika Anda berangkat dari pusat Kota Gorontalo, tempat ini dapat Anda tempuh dalam kurun waktu kurang lebih 30 menit.

12. Pulau Saronde

Pulau Saronde

Pulau Saronde

Pulau Saronde merupakan pulau mini dengan luas 1 km persegi yang berjarak sekitar 65 km dari pusat Kota Gorontalo. Tempat ini terletak di Kec. Kwandang, Kab. Gotontalo utara.

Hampir sama seperti Pulau Cinta, Pulau Saronde juga menyuguhkan pemandangan laut yang sangat mirip dengan pemandangan laut di kepulauan Maladewa (Maldives). Di pulau ini Anda dapat menikmati berbagai macam aktivitas wisata seperti berenang, diving, snorkeling, dan lain sebagai nya.

Untuk urusan fasilitas, fasilitas wisata di pulau ini tergolong sudah cukup lengkap. Dari mulai fasilitas tempat makan, sampai dengan penginapan, semua nya sudah bisa Anda temui dengan mudah di tempat ini.

Dalam kondisi lalu lintas yang lancar, Pulau Saronde bisa Anda tempuh dalam kurun waktu 3,5 jam perjalanan. Nanti nya dari pusat Kota Gorontalo Anda dapat berkendara selama kurang lebih 2,5 jam menuju ke arah Pelabuhan Kwandang. Dari pelabuhan tersebut Anda tinggal menyeberang menggunakan perahu ketinting dalam kurun waktu 45 menit.

Oh ia, jika Anda mau, di tempat ini Anda juga bisa mendirikan tenda pribadi lho. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar hanya untuk menyewa cottage yang ada di area pantai.

13. Pantai Mananggu

Pantai Mananggu via @steve_05

Pantai Mananggu via @steve_05

Tempat wisata di Gorontalo yang selanjutnya adalah Pantai Mananggu. Pantai Mananggu terletak di Kec. Boalemo, Kab. Gorontalo. Berbeda dengan beberapa destinasi wisata pantai di Gorontalo yang sebelum nya, tempat ini tidak memiliki pantai berpasir yang luas, melainkan lebih banyak dipenuhi oleh tumpukan terumbu karang yang sangat eksotis.

Secara keseluruhan, kondisi pantai ini masih tergolong cukup asri dan terjaga dengan baik, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan rasa penat selepas jam kerja.

Oh ia, tempat ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati sunset lho. Oleh karena nya, jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, usahakan untuk datang di sore hari menjelang matahari terbenam ya!

14. Air Terjun Tenilo

Air Terjun Tenilo

Air Terjun Tenilo via @erwinkurniawan08

Sama seperti Pantai Mananggu, Air Terjun Tenilo juga terletak di Kec. Boalemo, Kab. Gorontalo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan debit air yang cukup deras.

Secara keseluruhan, air terjun ini masih tergolong cukup asri dan terjaga dengan baik. Selain itu, masyarakat yang tinggal di sekitar tempat ini juga tergolong cukup ramah.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, selain mandi dan berkeliling ke spot air terjun, agar pengalaman wisata Anda bisa terasa lebih berkesan, Anda kami sarankan untuk turut bercengkerama dan berbincang – bincang dengan masyarakat sekitar.

15. Pantai Tenilo

Pantai Tenilo

Pantai Tenilo

Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak lokasi pantai ini. Ya, pantai ini berlokasi di Teluk Tenilo, tepat nya di Kec. Boalemo, Gorontalo.

Secara keseluruhan, pantai ini memiliki karakteristik yang mirip dengan karakteristik pantai yang ada di daerah Bali, yaitu memiliki air pantai yang dangkal dan luas.

Karena karakteristiknya yang seperti itu, pantai ini sangat pas untuk dijadikan sebagai spot wisata bersama dengan keluarga dan anak – anak. Nanti nya, di pantai ini, Anda bisa berenang dan bermain air hingga puas.

Selain itu, karena kondisi air dan lingkungan sekitar pantai yang masih terjaga dengan baik, tempat ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk latar belakang pengambilan foto.

16. Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo terletak di Kel. Bolihutou, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo. Pantai ini berjarak sekitar 130 km dari pusat Kota Gorontalo.

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai favorit di Gorontalo, yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Pasal nya, selain memiliki kondisi pantai yang asri, tempat wisata di Gorontalo yang satu ini juga memiliki fasilitas wisata yang sangat lengkap.

Dari mulai tempat makan, tempat penginapan, sampai dengan fasilitas bermain air (seperti sepeda air, perahu, kapal motor, dll), semua nya bisa Anda temui dengan cukup mudah di tempat ini.

Tidak hanya itu, tempat ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk aktivitas olahraga diving.Selain memiliki spot diving yang bagus, di tempat ini para wisatawan juga bisa menyewa peralatan diving dengan cukup mudah dan tarif sewa yang relatif murah.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai Bolihutuo, setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini wajib membayar biaya tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah per orang. Jika Anda ingin menyewa perahu, biaya sewa nya berada di angka 3 ribu rupiah per 10 menit. Sedangkan untuk aktivitas penyewaan cottage untuk menginap, tarif per malam nya berada di angka 150 ribu rupiah ke atas.

17. Desa Suku Bajo (Desa Torosiaje)

Desa Suku Bajo (Desa Torosiaje)

Desa Suku Bajo (Desa Torosiaje)

Tempat wisata di Gorontalo yang selanjutnya adalah Desa Torosiaje. Desa Torosiaje merupakan desa wisata yang dihuni oleh suku Bajo. Desa ini berlokasi di Kec. Popayato, Kab. Pohuwato, yang berjarak sekitar 7 jam perjalanan dari pusat Kota Gorontalo.

Meski pun jarak desa ini dengan Kota Gorontalo tergolong cukup jauh, namun tempat ini sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang berasal dari Kota Gorontalo. Pasal nya, selain menawarkan keindahan alam laut yang sangat luar biasa, tempat ini juga menawarkan pengalaman wisata budaya suku Bajo yang tidak kalah menarik.

18. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha

Benteng Otanaha

Kalau anda mencari tmepat wisata sejarah di Gorontalo maka enteng Otanaha bisa menjadi pilihannya. Benteng ini menjadi saksi perjalanan kerajaan Gorontalo dalam menahan serangan musuh.

Benteng ini didirikan dengan mengguakan komposisi batu kapur, pasir kemudian dicampur dengan telur burung maleo sebagai perekatnya.

Benteng ini memiliki pesona yang luar biasa, begitu melihat benteng ini anda akan langsung terbayang bagaimana menakjubkannya arsitektur jaman dahulu yang begitu indah dan megah.

Apalagi ditambah lagi posisi benteng Otanaha ini ada di atas bukit. Dari sini anda bisa menyaksikan pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian.

Untuk bisa sampa ke benteng ini anda harus melewati sekitar 348 anak tangga. Perjalanan yang jauh tersebut dapat terbayarkan dengan melihat kemegahan bangunan bersejarah ini. Selain bisa merasakan kemegahan bangunannya, pengunjung juga bisa melihat keindahan danau Limboto dan juga Kota Gorontalo dari atas bangunan ini.

Alamat: Jl. Usman Isa, Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Dembe I, Kota Bar., Kota Gorontalo

19. Wisata Bahari Hiu Paus

Wisata Bahari Hiu Paus

Wisata Bahari Hiu Paus

Anda ingin merasakan sensasi liburan di alam yang menantang? Coba anda rasakan sensasi liburan ke desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Gorontalo. Disini anda bisa liburan bareng hiu paus.

Wisata ini terbilang cukup ekstrim, dimana anda akan diakan untuk berinteraksi langsung dengan mamalia yang super besar ini.

Disini anda bisa melihat dari dekat hiu paus tutul yang terdapat di laut ini. Sebelum diberlakukan aturan pemerintah, wisata ini memperbolehkan pengunjung untuk menyelam dan menyentuh langsung hiu paus serta berfoto.

Untuk saat ini, mungkin saja aturan tersebut sudah berubah, karena dari beberapa traveler yang datang kita bisa melihat foto mereka berenang bersama hiu paus ini, bahkan foto-foto kece mereka berenang sambil menyentuh hiu paus ini.

Hiu paus disini terkenal jinak, jadi anda tidak perlu khawatir untuk berenang bersama ikan raksasa ini, juga ada nelayan yang siap menjadi guide.

Lokasi pantai ini dari kota Gorotalo tidak jauh, hanya memakan waktu perjalanan sekitar 30 – 40 menit saja dari Gorontalo ke desa Botubarani. Untuk melihat hiu paus yang hanya berjarak 20-30 meter dari tepi pantai, kamu harus menyewa perahu seharga Rp.15.000/per orang.

20. Monumen Nani Wartabone

Monumen Nani Wartabone

Monumen Nani Wartabone

Tempat wisata di Gorontalo selanjutnya adalah Monumen H. Nani Wartabone. Monumen ini menjadi salah satu bentuk penghormatan pemerintahan Gorontalo kepada para pahlawannya.

Monumen yang didirikan pada 1987 oleh pemerintahan dibuat utuk menghormati para pejuangnya dalam mengusir para penjajah di wilayah Gorontalo. Lokasi monumen ini ada di depan rumah dinas Gubernur Provinsi Gorontalo.

Monumen ini juga menjadi salah satu tempat slefi di Gorontalo yang layak anda singgahi. Selain menjadi ikon, monumen ini juga menjadi lambang patriotisme masyarakat Gorontalo dalam memperjuangkan kemerdekaan.

21. Pantai Pasir Putih Leato

Pantai Pasir Putih Leato

Pantai Pasir Putih Leato

Tempat wisata di Gorontalo selanjutnya adalah pantai putih Leato yang ada di Kelurahan Leato, Kecamatan Kota Selatan, Gorontalo.

Pantai nan eksotis dan berpasir putih sebagaimana namanya ini menawarkan liburan yang menyenangkan kepada wisatawan. Disini anda akan menyaksikan indahnya pantai plus air laut yang jernih, sehingga anda akan betah berlama-lama liburan di pantai pasir putih Leato ini.

Lokasi pantai yang masih belum terlalu terjamah ini membuat pantai ini masih terjaga keasriannya.

Pantai ini menjadi tempat bermain yang menyenangkan, karena pasir pantainya yang halus dan bersih ditambah lagi anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling disini.

Kegiatan snorkeling menjadi sangat asyik disini karena selain airnya yang jernih dan tenang juga terdapat banyak biota laut yang cantik-cantik.

Lokasi pantai ini ada di Kelurahan Leato, Kecamatan Kota Selatan, Gorontalo. Untuk bisa menuju ke pantai ini anda harus menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari pusat Kota Gorontalo. Perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 5 km tersebut bisa dilalui dengan kendaraan pribadi, atau menggunakan jasa sarana transportasi umum yang dapat ditemukan dengan mudah, dengan tarif yang luar biasa murah.

22. Menara Pakaya Limboto

Menara Pakaya Limboto

Menara Pakaya Limboto

Tempat wisata di Gorontalo selanjutnya adalah Menara Pakaya Limboto. Menara ini ada di tengah kota Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Menara yang mirip dengan menara Eifel di Paris ini dibangun pada 2001, dimana pembangunan menara sendiri diinisiasi oleh Bupati Kabupaten Gorontalo, Ahmad Pakaya sehingga dinamai persis dengan namanya.

Ketinggian menara ini sekitar 65 meter dan lebar 21 meter serta terdiri dari 5 lantai. Pengunjung yang ingin merasakan pemandangan di atas puncak menara, harus menaiki ratusan anak tangga karena belum tersedia fasilitas lift untuk mencapai puncak.

Puncak menara pakaya Limboto ini menjadi salah satu spot yang tepat untuk menyaksikan pemandangan dari ketinggian plus jugau ntuk berfoto.

23. Pemandian Air Panas Lombongo

Pemandian Air Panas Lombongo

Pemandian Air Panas Lombongo

Ternyata di Gorontalo juga ada pemandian air panas lo. Buat anda yang tertarik mandi di air panas tidak ada salahnya untuk datang ke pemandian air panas Lombongo.

Pemandian air panas ini terletak di Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Pemandian air panas ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai objek wisata keluarga saat akhir pekan.

Air panas disini berasal dari pegunungan vulkanis di daerah tersebut. Air yang mengandung belerang ini sangat cocok untuk merelaksasi tubuh setelah aktivitas dan menyegarkan kulit tubuh.

Disini anda bisa mandi-mandi sepuasnya di kolam berukuran 500 meter persegi dengan kedalaman satu hingga dua meter. Di sekitar kolam tersebut terdapat aliran sungai dan air gunung yang sejuk dan dikelilingi oleh pepohonan rindang sehingga menambah kesejukan berada di lokasi wisata ini.

24. Pantai Tangga 2000

Pantai Tangga 2000

Pantai Tangga 2000

Tempat wisata di Gorontalo selanjutnya adalah pantai Tangga 2000 yang ada di Kelurahan Pohe, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo.

Di pantai ini anda bisa liburan bersama keluarga tercinta plus menikmati jagung bakar yang dijual di pinggir pantai untuk wisatawan yang datang.

Untuk bisa sampai ke pantai ini wisatawan bias datang dari pusat kota dengan menyewa kendaraan bentor, kendaraan khas Gorontalo selama 20 menit, Anda akan diantarkan langsung ke tempat tujuan.

25. Air Terjun Ayuhulalo

Air Terjun Ayuhulalo

Air Terjun Ayuhulalo

Air terjun ayuhulalo menjadi tempat wisata alam di Gorontalo yang tidak boleh anda lewatkan.

Air terjun ini ada di Desa Ayuhulalo, Kabupaten Boalemo. Wisata ini menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Boalemo. Banyak warga lokal dan dari sekitaran Kabupaten Boalemo berkunjung ke air terjun ini.

Letak air terjun ini dekat dengan pusat kota Tilamuta. Berkendara selama 20 menit menggunakan motor bisa langsung sampai ke lokasi.

Air terjun yang memiliki aliran air yang tidak terlalu deras ini menawarkan sensasi liburan yang menyenangkan plus udara sejuk dan air gunung yang menyegarkan. Ditambah suasana alam sekitar yang dikelilingi pepohonan rindang semakin membuat Anda betah berlama-lama di lokasi ini.

26. Pantai Indah Boalemo

Pantai Indah Boalemo

Pantai Indah Boalemo

Pantai indah Boalemo menjadi tempat wisata di Gorontalo selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini terletak di Jl. Trans Sulawesi, Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo,

Pantai ini sangat indah dan menyajikan keindahan alam yang menawan. Disini anda akan menyaksikan birunya air laut yang jernih, pasir putih yang terhampar dan semilir angin yang sepoi-sepoi. Anda pasti akan betah berlama-lama liburan kesini.

Pantai ini juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari sepeda air, kapal motor, alat diving, penginapan dengan fasilitas memadai, dan restoran seafood. Sangat memanjakan Anda yang ingin berlibur bersama keluarga tercinta.

27. Pusat Karawo

Pusat Karawo

Pusat Karawo Gorontalo

Kalau anda mencari sesuatu yang khas di Gorontalo, maka ‘Karawo’ adalah salah satunya. Karawo sendiri merupakan Sulam khas Gorontalo yang menjadi kain identitas masyarakat Gorontalo.

Untuk membuat sulam khas Gorontalo ini, membutuhkan skill tingkat tinggi serta membutuhkan waktu yang cukup lama hingga selesai.

Sulam yang sudah ada sejak abad ke-17 dan sampai saat ini masih dibuat oleh kaum wanita disela kesibukannya.

Nah, anda bisa menjadikan Karawo ini sebagai oleh-oleh ketika pulang nanti.

Tidak jarang, banyak desainer asal Gorontalo yang mengkombinasikan busana modern dengan sulam khas Gorontalo ini. Bagi Anda yang penasaran dengan hasil karya dan cara pembuatannya bisa langsung datang ke Gorontalo.

Anda bisa menemukan pusa Karawo diberbagai dearah di Gorontalo seperti di Kecamatan Bongomeme, Telaga, Batudaa, Isimu dan kecamatan Tapa kabupaten Bone Bolango

28. Pantai Botutonuo

Pantai Botutonuo

Pantai Botutonuo

Tempat wisata di Gorontalo selanjutnya adalah Pantai Botutonuo. Pantai ini terletak di Desa Botutonuo, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Pantai ini memiliki potensi keindahan yang memukau, pasalnya pantai ini memiliki pasir putih serta air laut yang jernih biru.

Pantai ini menjadi tempat liburan masyarakat sekitar. Tidak heran kalau pantai ini selalu ramai setiap hari libur atau akhir pekannya.

Selain untuk mandi-mandi di pantai, pantai ini juga memiliki tempat pemandian, tempat makan, dan tempat peristirahatan.

29. Pacuan Karapan Sapi

Pacuan Karapan Sapi

Ilustrasi: Pacuan Karapan Sapi via Tirto

Kegiatana karapan sapi memang tidak selalu dilakukan, biasanya diadakan pada momen tertentu saja.

Selain untuk hiburan masarakat sekitar, ternyata juga menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai daerah untuk menyaksikan momen langka lomba sapi ini.

Anda bisa menyaksikan pacuan karapan sapi ini diberbagai daerah seperti di desa Tolotio, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. Selain itu, anda juga bisa datang ke Kecamatan Timbawa, Desa Reksonegoro, Kecamatan Pulubala dan Limboto Barat.

30. Wisata Teluk Tomini Gorontalo

Wisata Teluk Tomini Gorontalo

Wisata Teluk Tomini Gorontalo

Teluk Tomini menjadi tempat wisata di sekiar Gorontalo yang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya teluk tomini ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Disini anda akan menyaksikan keindahan hamparan pulau-pulau yang sangat dekat dengan kota Gorontalo.

Meskipun memang, teluk tomini ini tidak berada di wilayah administratif propinsi Gorontalo, namun karena letaknya sangat dekat sehingga kamimerekomendasikan agar anda juga mengunjunginya.

Anda bisa mencapai teluk ini dengan menyebrang dengan menggunakan ferry dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit dengan biaya Rp 89.000,- sampai dengan Rp 100.000.

Teluk ini bahkan mendapat gelar sebagai surga kecil nan indah. Apalagi kalau anda suka menyelam, maka teluk ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Gorontalo dan skeitarnya yang akan anda kunjungi.

Alam bawah laut teluk tomini ini bahkan disebut-sebut memiliki keajaiban yang memukau.

31. Wisata Kolam Renang Potanga Gorontalo

Wisata Kolam Renang Potanga Gorontalo

Wisata Kolam Renang Potanga Gorontalo

Kolam renang potanga menjadi objek wisata di Gorontalo yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya.

Kolam renang yang selalu ramai oleh wisatawan ini sangat terawat dan bersih, tidak heran mengapa banyak keluarga suka liburan kesini saat akhir pekan.

Kolam renang ini juga lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, sehingga sangat mudah dijangkau. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 4 km dari pusat kota Gorontalo. Letaknya di sebelah barat kota Gorontalo, tepatnya di Kelurahan Pilolodaa Kecamatan Kota Barat.

Air yang berasal dari pegunungan membuat kolam rengan di pemandian ini sangat segar, berbeda dengan kolam renang pada umumnya.

Selain airnya yang segar, fasilitas di pemandian potanga ini juga cukup lengkap, mulai dari cottage, kolam renang, serta kolam mata air panas. Tempat wisata di Gorontalo yang wajib dikunjungi ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga anda.

32. Wisata Pulau Bitila Gorontalo

Wisata Pulau Bitila Gorontalo

Wisata Pulau Bitila Gorontalo

Tempat wisata di Gorontalo berikutnya adalah pulau Bitila yang ada di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, atau lebih tepatnya ada di Desa Kramat, Kecamatan Mananggu.

Bagi wisatawan yang mau liburan kesini harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari pusa Kota Gorontalo, atau jaraknya sekitar 140 KM.

Pulau yang tak berpenghuni ini memang diperuntukan sebagai destinasi wisata bahari oleh pemerintah Kabupaten Boalemo. Tidak salah pemerintah Kabupaten Boalemo menjadi pulau ini sebagai tujuan liburan, karena keindahan pulau ini memang sangat luar biasa, sehingga tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang, bahkan wisatawan mancanegara juga membanjiri pulau ini.

33. Wisata Pentadio Resort Gorontalo

Wisata Pentadio Resort Gorontalo

Wisata Pentadio Resort Gorontalo

Anda ingin mencari tempat wisata di Gorontalo yang bertaraf internasional? Nah, Pentadio Resort adalah salah satunya,

Resort yang terletak di Kecamatan Telagabiru, Kabupaten Gorontalo ini memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari restauran, toko suvernir, kolam renang, pondokan, sauna, air mancar, lokasi pemancingan, dan bak air panas.

Sangat banyak sekali bukan fasilitas di resort ini, bukan? Wisatawan juga bisa menjumpai pemandian air panas yang memiliki semburan mata iar yang airnya panas tentunya.

Fasiltias yang lengkap akan membuat wisatawan betah liburan kesini, anda akan menemukan restaurant dan tempat parkir yang cukup luas.

Ada juga tempat menginap berupa Cottage atau pondok-pondok kecil yang di lengkapi dengan fasilitas hotel seperti TV, kulkas, AC, springbed dan kamar kecil dengan desain yang menonjolkan nuansa tradisional khas Gorontalo.

Anda mau membeli souvenir? Disini juga tersedia barang-barang cendera mata yang tersedia di toko-toko souvenir di kawasan objek wisata di pentadio resort.

34. Tempat Wisata Rumah Adat Gorontalo

Tempat Wisata Rumah Adat Gorontalo

Tempat Wisata Rumah Adat Gorontalo

Anda juga bisa mengunjungi rumah adat Gorontalo sebagai ide liburan akhir pekan anda. Liburan ke rumah adat ini bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin mengenal budaya Gorontalo lebih dekat.

Silahkan datang saja ke Jalan Raden Saleh No.35, Kelurahan Limba, Kecamatan Telaga, Limba U Dua, Kota Gorontalo.

Rumah ada Gorontalo sering juga disebut Bantayo Poboide yang secara harfiah Bantayo memiliki arti bangunan dan Poboide berarti tempat pertemuan.

Bantayo Poboide juga berfungsi sebagai tempat kegiatan seni budaya Gorontalo. Bangunan rumah adat ini memiliki banyak ruangan dengan fungsi masing-masing, ornamen pada dinding juga menyimbolkan setiap aktivitas penghuninya.

35. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo via travelesia

Tempat wisata di Gorontalo yang terakhir dari kami adalah taman nasional Bogani Nani Warabone Secara administatif terletak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara dan di Kecamatan Suwawa dan Bonepantai, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Disini anda bisa menyaksikan aneka ekologi langka. Anda akan dibuat takjub saat memasuki kawasan cagar alam ini. Anda akan menyaksikan berbagai jenis anggrek, serta aneka tanaman hias dan bunga bangkai (Amorphophallus companulatus).

***

Bagaimana, anda sudah tidak sabar lagi ingin mengunjungi daftar tempat wsisata di Gorontalo di atas? Tunggu apalagi, yuk, langsung buat planning kesini, buat daftar tempat-tempat yang akan kita singgahi, dan pastikan juga anda membooking hotel untuk liburan yang lebih menyenangkan lagi. Jangan lewatkan juga: 31 Tempat Wisata di Manado Sulawesi Utara dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!