Daftar Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jakarta Pusat – Jakarta Pusat adalah sebuah kota yang padat penduduk dan memiliki banyak gedung-gedung pencakar langit serta perumahan yang padat dan bertebaran. Kondisi tersebut berdampak pada suasana di Jakarta yang cenderung panas serta banyak polusi yang berasal dari kendaraan maupun pabrik-pabrik.

Meskipun begitu kondisi Jakarta Pusat tersebut tidak menyurutkan minat wisatawan untuk datang ke kota ini. Sebab di Jakarta Pusat terdapat beragam pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata di Jakarta Pusat tersebut juga didukung oleh infrastruktur yang sudah maju dan modern sehingga memudahkan akses wisatawan untuk menuju tempat wisata yang diinginkan.

Sebagai kawasan yang ramai membuat Jakarta Pusat memiliki pusat perbelanjaan atau mall yang jumlah kian menjamur dari waktu ke waktu. Bahkan mall-mall tersebut biasanya menjadi pilihan untuk liburan saat akhir pekan atau hari libur.

Namun perlu anda ketahui bahwa tempat wisata di Jakarta Pusat ternyata tidak hanya berupa mall saja. Sebab masih ada berbagai tempat wisata menarik lainnya mulai dari wisata sejarah, wisata religi, hingga wisata kuliner yang tak boleh anda lewatkan begitu saja saat berkunjung ke Jakarta Pusat.

Jangan lewatkan juga: 41 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Anda Coba

Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Wajib Dikunjungi

Bagi masyarakat Jakarta mungkin selama ini lebih sering menghabiskan waktu liburan untuk mengunjungi mall. Padahal sebetulnya masih banyak tempat wisata di Jakarta Pusat selain mall yang bisa anda kunjungi.

Tentunya berbagai obyek wisata tersebut menawarkan harga tiket yang sangat terjangkau sehingga cocok sebagai pilihan wisata berbagai kalangan.

Bagi anda yang berencana ingin berlibur di Jakarta Pusat sebaiknya tak perlu khawatir. Berikut ini akan dijelaskan daftar berbagai pilihan tempat wisata di Jakarta Pusat yang bisa anda kunjungi.

1. Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah

Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah via Sindonews
Loading...

Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah via Sindonews

Museum ini berada di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12 dan menjadi museum terbesar di Asia Tenggara. Sebetulnya Museum Nasional Indonesia sering disebut sebagai Museum Gajah karena terdapat patung gajah dari perunggu sebagai hadiah dari Raja Thailand bernama Chulongkorn pada tahun 1871.

Saat memasuki museum ini anda dapat melihat sekitar 140 koleksi benda bersejarah setiap hari. Museum ini biasanya tutup pada hari Senin dan hari libur Nasional.

Dari sekian banyak koleksi benda bersejarah tersebut, anda bisa melihat secara langsung benda-benda kuno seperti arca, artefak, benda-benda cagar budaya hingga benda-benda di zaman purbakala.

2. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia via Kemendikbud

Galeri Nasional Indonesia via Kemendikbud

Bagi anda yang  ingin berwisata edukasi sambil berburu spot foto yang instagramable maka silakan saja datang ke Galeri Nasional Indonesia. Dimana galeri ini berada di Jalan Merdeka Timur Nomor 14 Jakarta Pusat.

Galeri Nasional Indonesia adalah milik pemerintah dan memajang beragam karya seni rupa mulai dari lukisan, pahatan, seni instalasi dan patung. Sambil berkeliling di sekitar bangunan galeri, anda bisa menikmati karya seniman lokal hingga mancanegara.

Bahkan anda diperbolehkan mengambill foto di sekitaran galeri. Ada pula spot-spot favorit mulai dari mural tiga dimensi serta latar tiga dimensi yang ada di belakang Gedung A galeri ini.

3. Museum Sejarah Nasional

Museum Sejarah Nasional via Backpackerjakarta

Museum Sejarah Nasional via Backpackerjakarta

Bila anda sedang berkunjung ke Monas maka tak ada salah untuk mampir ke Museum Sejarah Nasional. Museum yang satu ini memiliki kisah sejarah yang disajikan dalam 48 diorama.

Anda akan dibawa ke kehidupan zaman pra sejarah kemudian diajak memasuki masa kejayaan Sriwijaya serta Majapahit. Tidak hanya itu, anda juga akan diajak mempelajari sejarah Indonesia menggunakan diorama mulai dari masa penjajahan hingga masa order baru.

Kunjungi juga yuk: 40 Objek Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi!

4. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti via Backpackerjakarta

Museum Taman Prasasti via Backpackerjakarta

Tempat wisata di wilayah Jakarta Pusat yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi. Museum yang berada di Jalan Tanah Abang Nomor 1 ini adalah sebuah kuburan peninggalan Belanda.

Meskipun tempat ini terkesan angker dan seram namun ternyata museum ini memiliki koleksi yang biasanya dijadikan untuk berfoto. Untuk koleksi yang ada di dalam museum ini antara lain nisan, miniatur makam, prasasti, hingga kereta jenazah yang menjadi karya seni kuno.

Bila anda merasa lelah setelah berkeliling di area museum ini maka anda bisa istirahat dan menginap di hotel yang lokasinya tak jauh dari museum.

5. Monumen Nasional (Monas)

Icon Ibukota Jakarta

Monas – Icon Ibukota Jakarta

Berkunjung ke Jakarta sepertinya terasa kurang lengkap bila tak mampir ke Monas. Monumen bersejarah yang satu ini mempunyai tinggi 132 meter serta dibangun pada tahun 1961 dengan Ir. Soekarno sebagai pelopornya.

Letak Monas juga berseberangan dengan Istana Negara sehingga lokasinya sangat mudah dijangkau. Biasanya masyarakat Jakarta maupun luar Jakarta sering menghabiskan akhir pekan atau hari libur di monasi.

Tak heran bila Monas kini menjadi destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Perlu anda ketahui bahwa Monas terbagi menjadi beberapa area diantaranya halaman depan, area di dalam monumen, serta puncak monumen. Ketika berada di halaman depan Monas maka anda bisa melihat relief-relief sejarah.

Untuk bagian dalam monumen terdapat ruangan yang bernama Ruang Kemerdekaan. Di dalam Ruang tersebut terpajang Lambang Garuda yang berlapis meas dan terdapat pula naskah teks proklamasi yang asli.

Untuk bagian area puncak Monas adalah area yang paling diminati pengunjung. Sebab saat berada di area puncak ini anda bisa menyaksikan Kota Jakarta dari ketinggan yang tampak menakjubkan.

6. Fun World Grand Indonesia

Fun World Grand Indonesia via Traveloka

Fun World Grand Indonesia via Traveloka

Tempat wisata yang satu ini adalah surga bagi anak-anak karena di tempat ini terdapat berbagai jenis permainan seru yang akan menemani anak-anak bermain.

Biasanya Fun World GI ini semakin ramai saat akhir pekan atau hari libur sekolah. Bagi anda yang ingin mengajak buah hati bermain di Fun World GI maka silakan datang ke East Mall lantai 3A.

Tempat wisata ini memiliki area bermain yang cukup luas dan dihiasi dekorasi yang menarik sehingga dijamin akan disukai anak-anak. Selain itu, di dalam Fun World GI ini terdapat setidaknay 10 jenis permainan seru yang bisa dimainkan oleh anak-anak mulai dari Magic Bike, Mini Scooter, Jum,ping Star dan lain sebagainya.

7. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal Jakarta via Berita2bahasa

Masjid Istiqlal Jakarta via Berita2bahasa

Masjid Istiqlal adalah salah satu destinasi wisata religi yang sangat populer di Jakarta. Masjid ini juga menjadi kebanggaan masyrakat Jakarta maupun Indonesia.

Sebab masjid yang dibangun pada 24 Agustus 1951 lalu menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Diketahui bahwa pembangunan masjid Istiqlal ini dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan menggunakan jasa arsitek Frederich Silaban.

Tidak hanya menjadi tempat ibadah saja, masjid ini juga menjadi perkantoran untuk organisasi Islam. Dengan kemegahannya tersebut menjadikan masjid ini bisa menampung setidaknya 200.000 jamaah. Bangunan Masjid Istiqlal terdiri dari 5 lantai serta 1 lantai dasar dengan desain bangunan masjid bergaya arsitektur modern.

8. Gereja Katedral

Gereja Katedral via Dolandolen

Gereja Katedral via Dolandolen

Gereja Katedral merupakan sebuah gereja yang lokasinya berada tak jauh dari Masjid Istiqlal. Nama asli gereja ini yaitu Katedral Santa Maria PELINDUNG YANG Diangkat ke Surga.

Pada mulanya gereja ini digunakan sebagai kantor Departemen Pertahanan Hindia Belanda pada tahun 1826. Kemudian Pemerintah Indonesia meresmikan katedral sebagai bangunan cagar budaya.

Untuk itulah gereja ini juga menjadi destinasi wisata religi karena terdapat Museum Katedral dengan hiasan arsitektur neo-gotik Eropa Klasik di bangunan gereja ini. Tentunya saat anda berkunjung ke Gereja Katedral maka anda bisa mempelajari sejarah penyebaran Agama Khatolik di Indonesia.

9. Gedung Kebangkitan Nasional

Gedung Kebangkitan Nasional via Istimewa

Gedung Kebangkitan Nasional via Istimewa

Tempat wisata di Jakarta Pusat yang satu ini memiliki kekayaan sejarah sekaligus menjadi saksi awal munculnya pergerakan modern para pemuda di Indonesia.

Gedung Kebangkitan Nasional berada di  Jl. Doktor Abdurrahman Saleh No. 26 Jakart Pusat. Dengan adanya cerita sejarah yang pernah terjadi di gedung ini maka menjadikan nama gedung ini yaitu Gedung Kebangkitan Nasional.

Dimana peresmian gedung ini dilakukan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1974. Gedung Kebangkitan Nasional tidak hanya memiliki kisah sejarah namun juga menyimpan berbagai koleksi foto, replika serta peralatan perang. Untuk memasuki gedung ini, biasanya pengunjung harus membayar tiket masuk dengan harga yang sangat murah.

Jangan lewatkan juga: 46 Objek Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Dikunjungi!

10. Tugu Proklamasi

Bila anda ingin berwisata ke Jakarta Pusat maka jangan sampai ketinggalan mampir ke Tugu Proklamasi. Tugu yang berlokasi di Jalan PegangsaanTimur Nomor 56 ini dibangun sebagai bentuk memperingati Proklamasi Indonesia. Saat berada di Tugu ini anda bisa melihat area taman serta tempat duduk yang bisa dipakai untuk bersantai.

Terlihat pula tugu proklamasi yang berdiri kokoh dan dilengkapi patung Ir Soekarno dan Moh. Hatta. Keunikan dari bangunan tugu proklamasi ini yaitu adanya tugu setinggi 17 meter dengan puncak tugu yang menyerupai petir sehingga menjadikan tugu ini juga sering disebut sebagai tugu petir.

Selain itu terdapat pula 17 buah relief yang tampak berjajar di belakang patung proklamator. Dimana 17 buah relief tersebut menandakan tanggal 17. Terdapat pula tiang dengan tinggi 8 meter di bagian tengah sebagai penanda bulan proklamasi.

Pada sekitar tugu terdapat undakan dalam aliran air yang jumlahnya 45 sebagai penanda tahun kemerdekaan yaitu 1945. Tak hanya berperan sebagai tugu peringatan saja, ternyata taman di tugu ini juga menjadi paru-paru Kota Jakarta.

11. Klenteng Sin Tek Bo

Klenteng Sin Tek Bo via Jalanwisata

Klenteng Sin Tek Bo via Jalanwisata

Klenteng Sin Tek Bo merupakan obyek wisata religi yang cukup populer di Jakarta Pusat. Klenteng ini adalah pusat ibadah masyrakat Tionghoa dan dibangun di lokasi gang sempit di Jalan Pasar Baru.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Klenteng ini biasanya akan sedikit kesulitan menemukan lokasi klenteng karena letaknya yang tersembunyi. Namun saat anda tiba di lokasi maka anda akan disambut oleh Pagoda Merah yang bertingkat 4. Tak hanya itu, Klenteng ini juga memiliki dua patung tokoh agama yang berasal dari non Tionghoa.

12. Taman Situ Lembang

Air Mancur di Taman Situ Lembang

Air Mancur di Taman Situ Lembang via Tribunnews

Bagi anda yang ingin melepas penat sambil bersantai maka silakan saja datang ke Taman Situ Lembang di Jakarta Pusat.

Lokasi taman ini juga tidak juh dari Stasiun Cikini namun untuk menuju ke Taman Situ Lembang ini anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena lokasi taman yang tidak bisa diakses kendaraan umum.

Saat berada di Taman Situ Lembang, anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru mulai dari memancing, menikmati pemandangan, bermain dan piknik.

Kabar gembiranya untuk memasuki kawasan Taman Situ Lembang ini pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Bagi anda yang merindukan suasana hijau di Ibu Kota maka taman ini adalah solusinya.

Simak selengkapnya: Objek Wisata Taman Situ Lembang Menteng

13. Taman Suropati

Burung Merpati di Taman Suropati via Ulinulin

Burung Merpati di Taman Suropati via Ulinulin

Tidak hanya Taman Situ Lembang saja yang bisa anda kunjungi untuk melepas penat namun anda bisa juga mengunjungi Taman Suropati.

Taman yang terletak di Jalan Diponegoro, Jalan Tengku Umar dan Jalan Imam Bonjol ini bisa dijangkau secara mudah menggunakan kendaraan pribadi.

Saat berada di Taman Suropati ini anda bisa menikmati beragam hiburann dari yang disajikan oleh komunitas musik. Untuk memasuki kawasan Taman Suropati ini pengunjung juga tidak perlu membayar tiket masuk sehingga sangat cocok untuk pilihan liburan murah.

14. Taman Menteng

Keindahan Taman Menteng dari Ketinggian via Angkukoper

Keindahan Taman Menteng dari Ketinggian via Angkukoper

Bagi anda yang mulai bosan dengan kepadatan dan keramaian Kota Jakarta maka silakan sempatkan waktu untuk bersantai di Taman Menteng. Sebab Taman Menteng ini menawarkan pemandangan alam yang sejuk dan indah yangf berasal dari 30 spesies tumbuhan.

Taman yang berada di Jalan HOS Cokroaminoto ini juga sering dijadkan sebagai lokasi olahraga. Untuk itulah bagi anda yang ingin melepas penat maka silakan datang ke Taman Menteng karena selain sejuk tempat wisata ini juga gratis.

Baca selengkapnya: Liburan Seru ke Taman Menteng Jakarta

15. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki via Putrisoekarno

Taman Ismail Marzuki via Putrisoekarno

Meskipun memiliki nama Taman Ismail Marzuki namun di taman ini anda tidak akan menemukan tanaman maupun pepohonan. Sebab di taman ini anda bisa melihat wahana sarana pendidikan serta pusat seni.

Selain itu di Taman Ismail Marzuki ini terdapat galeri seni, pertunjukkan seni, perpustakaan serta wahana planetarium. Untuk bisa memasuki tempat wisata ini biasanya pengunjung harus membayar tiket masuk sesuai jenis gedung yang akan dikunjungi.

16. Istana Merdeka

Istana Merdeka via Ilovedjakarta

Istana Merdeka via Ilovedjakarta

Istana Merdeka merupakan destinasi wisata yang berada di Komplek Istana Kepresidenan tepatnya di Jalan Merdeka Utara, No.17-18, RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Di dalam Istana Merdeka ini terdapat berbagai bangunan mulai dari Masjid Baiturrahman sampai wisma negara. Bila anda ingin berkunjung ke Istana Merdeka maka silakan datang di hari Sabtu dan Minggu.

17. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda via Okezone

Museum Sumpah Pemuda via Okezone

Tempat wisata di kawasan Jakarta Pusat ini berada di Jalan Kramat Nomor 106. Sesuai dengan namanya, museum ini mempunyai kaitan dengan peristiwa Sumpah Pemuda.

Saat berada di dalam museum ini anda dapat melihat koleksi benda serta foto yang berhubungan dengan Sumpah Pemuda yang terjadi pada 28 Oktober 1928 silam. Setidaknya dalam museum ini terdapat 3.000 barang yang dipajang sehingga menjadikan museum ini sebagai destinasi wisata sejarah yang wajib anda kunjungi.

18. Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Nasional via Backpackerjakarta

Perpustakaan Nasional via Backpackerjakarta

Tempat wisata di Jakarta Pusat tidak hnay berupa tempat untuk bersenang-senang saja namun juga untuk belajar dan menimba ilmu pengetahuan.

Salah satunya dengan mengunjungi Perpustakaan Nasional.Perpustakaan ini merupakan perpustakaan tertinggi di dunia dan diresmikan pada tahun 2017 lalu oleh Presiden Joko Widodo.

Diketahui gedung perpustakaan ini mempunyai 27 lantai dengan 3 basement serta 24 tingkat. Total tinggi gedung perpustakaan ini yaitu 126,63 meter.

Keunikan bangunan Perpustakaan Nasional ini juga ditunjang oleh berbagai koleksi buku yang tersedia sangat lengkap. Tak heran bila perpustakaan ini sering dikunjungi oleh pelajar. Dari data yang diperoleh dalam katalog online Perputakaan Nasional diketahui total seluruh koleksi buku yang tersedia yaitu 921.203 serta 1,5 juta artikel digital.

Untuk anda yang berminat menjadi anggota perpustakaan maka silakan kunjungi situs resmi atau bisa mendaftar langsung di lantai 2.

19. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Bila berkunjung ke Jakarta Pusat maka jangan sampai lewatkan kesempatan berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah.

Tempat wisata ini merupakan tempat rekreasi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Selain terdapat taman-taman yang indah, di TMII juga terdapat beragam wahan permainan yang seru dan wajib anda coba.

Saat berada di TMII anda bisa melihat miniatur provinsi di Indonesia yang berjumlah 33 provinsi dan disertai rumah-rumah adatnya.

Terdapat pula miniatur peta Indonesia yang bisa anda saksikan saat menaiki kereta gantung. Tentunya Taman Mini Indonesia Indah tidak saja sebagai destinasi wisata yang menghibur namun juga sebagai sarana untuk belajar.

20. Pasar Baru

Pasar Baru via Kuncrut

Pasar Baru via Kuncrut

Bagi anda yang berwisata di kawasan Jakarta Pusat maka jangan sampai lewatkan mampir ke Pasar Baru. Pasar yang satu ini merupakan pasar yang dibangun sejak zaman VOC dan menjadi pusat perbelanjaan tertua di Jakarta.

Pasar Baru di Jakarta Pusat ini menawarkan produk berupa tekstil mulai dari tas, sepatu, hingga busana dengan harga yang sangat terjangkau. Uniknya Pasar Baru ini juga disebut dengan istilah India Kecil dan bisa anda kelilingi sepuasnya.

Untuk bisa memperoleh harga yang murah maka anda harus pandai-pandai menawar. Selain menawarkan berbagai produk fashion, di pasar ini anda juga bisa berwisata kuliner sepuasnya. Sebab di pasar ini terdapat beberapa tempat kuliner legenda yaitu Rumah Makan Medan Baru dan Bakmi Gang Kelinci.

21. Pasar Tanah Abang

Tidak hanya Pasar Baru saja yang bisa menjadi destinasi wisata belanja namun juga Pasar Tanah Abang. Pasar yang satu ini merupakan pusat perbelanjaan yang klasik dan sudah dibangun sejak abad ke-18.

Diketahui bahwa Pasar Tanah Abang Ini diprakarsai oleh Yustinus Vinck yang tak lain adalah seorang konlomerat Belanda. Pasar ini terbagi menjadi beberapa blok dan menjadi pusat grosir terbesar di Asia Tenggara. Biasanya pasar ini akan sangat ramai saat akhir pekan sehingga anda harus bersiap-siap bila berdesakan dengan pembeli lainnya.

22. Thamrin City Mall

Thamrin City Mall via Tripadvisor

Thamrin City Mall via Tripadvisor

Selain di pasar tradisional, saat berada di Jakarta Pusat maka anda bisa mampir ke pasar modern yaitu Thamrin City Mall. Sebab pasar modern yang satu ini dikenal sebagai pusat perdagangan batik terbesar serta perdagangan busana muslim.

Setidaknya terdapat 1000 tenant serta 10 anchor tenant di Thamrin Cit Mall ini yang siap memanjakan para pengunjung. Anda juga bisa menemukan berbagai produk fashion dari para pengrajin dari berbagai wilayah di Indonesia.

23. Wisata Kuliner Pecenongan

Wisata Kuliner Pecenongan via Tribunnews

Wisata Kuliner Pecenongan via Tribunnews

Tidak hanya bisa ditemukan di kawasan Pasar Baru saja, pusat kuliner Jakarta Pusat juga bisa anda temukan di Pecenongan. Kawasan ini menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin berburu berbagai sajian kuliner.

Wisata kuliner Pecenongan telah hadir sejak tahun 70-an dan hingga saat ini masih tetap rama dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru.

Tak perlu khawatir untuk menemukan tempat kuliner yang enak karena di sepanjang jalan kawasan Pecenongan ini banyak pedagang makanan yang menawarkan berbagai jenis kuliner. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran semuanya menawarkan sajian makanan yang siap menggoyang lidah anda.

Beberapa contoh sajian kuliner yang bisa anda nikmati antara lain martabak Pecenongan 65A, ayam bakar Cianjur, bubur Kwang Tung, dan lain sebagainya.

24. Tanjung Duren

Tanjung Duren via Kulinermagazine

Tanjung Duren via Kulinermagazine

Bagi anda yang masih penasaran ingin puas berwisata kuliner di Jakarta Pusat maka silakan datang ke kawasan Tanjung Duren.

Meskipun sebetulnya kawasan Tanjung Duren ini berada di Jakarta Barat namun karena letaknya yang dekat dengan Jakarta Pusat maka tak ada salahnya untuk mampir dan berwisata kuliner.

Sebab di kawasan Tanjung Duren ini anda bisa memilih berbagai jajanan serta sajian kuliner yang enak dari harga murah sampai mahal.

Sajian kuliner di Tanjung Duren ini memang sangatlah lengkap mulai dari makanan Indonesia, Korea, Jepang hingga Barat.

Bagi anda yang ingin ngemil maka terdapat aneka sajian makanan berupa pisang goreng bu nanik hingga martabak bangka yang dijamin nikmat. Tak perlu khawatir karena anda bisa memilih sajian kuliner sesuai dengan kantong anda sehingga berwisata kuliner disini dijamin menyenangkan.

25. Area Mangga Besar

Area Mangga Besar via Youtube

Area Mangga Besar via Youtube

Satu lagi tempat berwisata kuliner yang bisa anda kunjungi saat di Jakarta Pusat yaitu di Area Mangga Besar. Di kawasan ini terdapat banyak sajian kuliner yang enak dan pastinya memanjakan lidah.

Namun kebanyakan jenis kuliner di kawasan ini adalah sajian oriental khas Tiongkok. Untuk itulah tak heran bila kebanyakan sajian kuliner di kawasan ini adalah kuliner non halal.

Tetapi adapula sajian kuliner halal yang bisa anda pilih selama anda cermat memilih. Biasanya semakin malam, kawasan ini semakin ramai dikunjungi masyarakat Jakarta maupun luar wilayah Jakarta.

Pastinya sajian makanan yang terdapat di Area Mangga Besar ini merupakan jenis makanan legenda mulai dari Bakso Akiaw, Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78, Bubur Ayam Mangga Besar dan lain sebagainya.

26. Gedung Joang 45’

Gedung Joang 45’ via Liburanjakarta

Gedung Joang 45’ via Liburanjakarta

Tempat wisata yang satu ini merupakan museum yang terletak di Jalan Menteng Raya 31, Jakarta Pusat. Diketahui bahwa gedung ini dibangun sekitar tahun 1920-an dan awal mulanya merupakan bangunan hotel.

Selanjutnya bangunan hotel tersebut diambil alih oleh para pemuda Indonesia dan dijadikan sebagai kantor. Saat ini di Gedung Joang 45’ terdapat beragam jenis koleksi jejak perjuangan kemerdekaan RI serta koleksi benda-benda bersejarah pejuang Indonesia.

Beberapa koleksi tersebut diantaranya mobil dinas resmi Presiden beserta wakilnya yang pertama, koleksi foto dokumentasi, lukisan yang menggambarkan perjuangan di tahun 1945-1950, patung-patung tokoh perjuangan serta mobil peristiwa pengeboman Cikini.

Museum ini terbuka untuk umum sehingga bisa menjadi destinasi wisata saat liburan tiba. Tidak hanya bisa melihat berbagai koleksi bersejarah saja, para pengunjung yang hadir bisa ikut terlibat dalam kegiatan yang dilakukan di museum ini.

Namun peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sehingga bisa mengikuti berbagai kegiatan mulai dari penyuluhan permuseuman, pameran, diskusi, dan lain sebagainya. Terdapat pula aktivitas temporer pekan museum Joang, Napak Tilas Prokalmasi serta pameran temporer.

Untuk fasilitas yang tersedia di museum ini diantaranya ruang pamera, bioskop, peerpustakaan, foto studio, souvenir shop, childrenroom, dan plaza untuk aktivitas outdoor.

Kunjungi juga yuk: 23 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

27. Taman Kodok Menteng

Taman Kodok Menteng via Indraprawinegara

Taman Kodok Menteng via Indraprawinegara

Lokasi:  Jl. Sidoarjo No.3, RT.3/RW.5, Menteng, Kota Jakarta Pusat

28. Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia Kaya via Jktgo

Galeri Indonesia Kaya via Jktgo

Lokasi: Grand Indonesia, West Mall Lt. 8, Jalan MH Thamrin No. 1, Kb. Melati, Kota Jakarta Pusat

****

Itulah tadi penjelasan mengenai referensi tempat wisata di Jakarta Pusat yang menarik untuk dikunjungi. Bagi anda yang ingin berliur saat akhir pekan dan hari libur maka tak perlu jauh-jauh ke luar kota.

Sebab Jakarta Pusat menawarkan berbagai obyek wisata terbaik dan terlengkap sehingga akan membuat liburan anda terasa semakin menyenangkan. Terlebih tempat wistaa tersebut ditawarkan dengan harga terjangkau yang pasti akan membuat liburan anda tak menguras kantong.

Jangan lewatkan juga: Waterpark dan Kolam Renang di Jakarta Terbaik

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!