Objek Wisata Curug Cikaso Sukabumi Nan Cantik dan Menarik

Curug Cikaso mungkin masih terbilang masih asing di telinga para wisatawan. Hal ini tentu saja karena lokasinya yang sangat terpencil bahkan berada di sudut kota yang berada di Jawa Barat, meskipun masih jarang yang mengetahuinya, namun keindahan dari air terjunnya tak perlu kita ragukan lagi.

Bahkan saat ini tempat wisata tersebut sudah menjadi primadona bagi para pecinta wisata alam. Sebenarnya wisata ala mini memiliki nama asli Curug Luhur. Namun karena aliran airnya berasal dari sungai Cikaso akhirnya masyarakat sekitar pun memberikan nama Curug Cikaso.

Keindahan Panorama Wisata Alam Curug Cikaso

Keindahan Panorama Wisata Alam Curug Cikaso

Sejarah Singkat Curug Cikaso

Air terjun yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi ini memilki tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi yang masing-masing air terjun mempunyai namanya masing-masing. Air terjun yang sebelah kiri benama Curug Asepan, air terjun di bagian tengah bernama curug Meong dan air terjun yang sebelah kanan bernama Curug Aki.

Kedua titik air tejun yang terdapat di Curug Cikaso dapat terlihat dengan jelas namun yang satunya agak tersembunyi. Ketiga Curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 meter. Di bagian bawah air terjun ini juga terdapat kolam warna dengan air hijau kebiru-biruan. Aliran dari kolam ini berlanjut ke Muara Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi.

Lokasi wisata alam Curug Cikaso

Sebenarnya Curug ini bukanlah destinasi wisata baru yang berada di Sukabumi. Para air terjun dengan lokasi yang sangat terpencil ini sudah menjadi target para wisatawan. Curug Cikaso terletak di kampung Ciniti, desa Cibitung, Sukabumi,Jawa Barat. Jika anda mengawali perjalanan anda dari kota Jakarta, mungkin anda membutuhkan waktu sekitar enam jam lamanya untuk bisa sampai di lokasi Curug yang cantiknya wah banget ini.

Namun anda jangan khawatir lagi, karena perjalanan panjang yang anda lalui bakalan terbayarkan dengan keindahan yang ada di sana. Pesona air terjun Curug Cikaso akan membuat anda merasa takjub melihatnya, apalagi letaknya yang ada diantara tebing yang tinggi dengan hutan yang rindang. Pastinya bisa membuat liburan anda terasa menyenangkan sekali.

Rute Perjalanan Menuju Kawasan Wisata Curug Cikaso

Meskipun lokasi wisata air terjun Cikaso Sukabumi ini lumayan terpencil karena berada di sudut Sukabumi,namun untuk bisa menemukan wisata air terjun Cikaso ini tidaklah sulit. Anda bisa menempuh perjalanan menuju kawasan wisata dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Apabila anda mengawali perjalanan anda dari kota Jakarta maka anda akan temukan suatu pertigaan Surade ketika memasuki kawasan Sukabumi. Dari situlah, Curug Cikaso hanya berjarak sekitar 12 km saja. Ada banyak sekali petunjuk jalan yang akan mengarahkan anda menuju lokasi wisata sehingga anda tidak perlu takut lagi kesasar.

Bagi anda yang datang dengan kendaraan umum juga tidak perlu khawatir lagi sebab banyak ojek yang telah tersedia untuk mengantarkan anda menuju ke air terjun Curug Cikaso.

Saat anda telah sampai pada pintu masuk Curug Cikaso,tersedia dua pilihan alternatif yang bisa anda jadikan pilihan menuju kawasan wisata Curug Cikaso ini. Anda bisa menyewa perahu melintasi Sungai Cikaso maupun dengan berjalan kaki sekalipun. Kedua pilihan tersebut memang memiliki nuansa tersendiri yang tak pantas anda lewatkan begitu saja.

Rute dengan perahu

Rute dengan perahu

Jika anda tipe traveler dengan jiwa petualangan yang tinggi, maka anda bisa berjalan kaki menuju kawasan wisata ini. Sepanjang perjalanan anda akan melewati perbukitan,area penduduk bahkan sawah sekalipun. Pemandangan hijau yang tersaji di sepanjang perjalanan akan mampu menyegarkan mata anda. Sehingga perjalanan anda selama kurang lebih 15 menit tidak akan membuat anda merasakan lelah.

Selain dengan berjalan kaki, anda juga bisa menyewa sebuah perahu rakit yang telah disediakan oleh para pemandu wisata. Harga sewa perahu rakit ini sangat terjangkau sekali sekitar Rp 80.000 hingga Rp 120.000 saja per perahunya. Perahu tersebut bisa muat sekitar 10 penumpang.  Dengan merogoh kocek tersebut tentunya anda para wisatawan bisa merasakan sensasi terombang-ambing di atas rakit yang akan membuat anda lebih bahagia.

Pesona Keindahan Objek Wisata Alam Curug Cikaso

Curug Cikaso menyimpan pesona yang amat luar biasa. Keindahan air terjunnya menjadi incaran para wisatawan meskipun letaknya terhalang oleh lembah bahkan lumayan sulit untuk di capai namun mereka selalu ingin mendapatkan nuansa yang sejuk dan menyegarkan.

Keindahan Curug Cikaso Sukabumiq

Keindahan Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso memang menyimpan keunikan tersendiri berbeda dengan air terjun yang lain. Lebar tebing sekitar 100 meter dengan ketinggian sekitar 80 meter. Curug Cikaso terlihat lebih gagah saat dipandang, apalagi saat debit airnya sedang tinggi tentu saja akan menghasilkan aliran air yang cukup deras.

Ketiga saluran yang membentang di Curug Cikaso ini memang mampu menghadirkan pemandangan indah menyegarkan mata. Ada dua aliran yang bisa kita lihat dengan jelas sementara untuk yang satunya sedikit tersembunyi karena tertutup oleh tebing.

Ketiga aliran tersebut akhirnya akan tumpah dalam satu kolam yang ada di bawahnya. Warna airnya biru kehijauan karena mendapatkan pengaruh dari ganggang yang telah tumbuh didalamnya.

Dengan air yang begitu sejuk apalagi warnanya yang begitu indah mampu menjadikan kolam tersebut sebagai tempat favorit bagi para wisatawan yang ingin memanjakan dirinya. Tetai para traveler perlu berhati-hati sebab kedalaman kolam tersebut bisa mencapai 22 meter.  Di tempat wisata air terjun Cikaso ini nyatanya juga sudah menyediakan beragam fasilitas menarik untuk para pengunjungnya.

Saat anda merasa lapar karena liburan anda bisa menikmati segala hidangan yang ada di warung kecil. Bahkan bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh khas juga sudah tersedia di berbagai kios souvenir yang berada di sekitar lokasi wisata Curug Cikaso.

Abadikan Moment Indah Berfoto di Curug Cikaso

Berwisata jauh-jauh ke Sukabumi dan datang ke tempat wisata Curug Cikaso tentunya sayang untuk anda lewatkan. Yang pasti anda berkesempatan untuk mendokumentasikan keindahan yang tersaji dari Curug Cikaso ini. Kemegahan yang disajikan oleh ketiga aliran air ini telah bersatu dan jatuh pada satu kolam dengan latar belakang pepohonan menjadikan perpaduan yang amat sempurna untuk dijadikan obyek berfoto.

Saat berlibur ke suatu tempat sudah pasti anda membawa kamera yang akan anda jadikan sebagai alat untuk berfoto. Bahkan karena lokasinya berkaitan dengan air, alangkah baiknya anda membawa kamera waterproof supaya sesi berfoto tidak terganggu.

Panorama keindahan dari wisata alam air terjun Cikaso yang mempesona ini sering dijadikan ajang hunting foto oleh  para fotografer.  Dengan berdiri diatas bebatuan yang berlatar belakang dua aliran air ini menjadikan angle yang sangat bagus untuk berfoto. Anda juga bisa abadikan panorama Curug Cikaso secara keseluruhan.

Tips Penting Berwisata ke Curug Cikaso

Jika anda berkeinginan untuk berwisata alam ke Curug Cikaso, ada baiknya anda tidak perlu dandan yang terlalu. karena anda perlu melakoni perjalanan yang amat melelahkan, belum lagi trek yang akan anda lalui lumayan sulit. Tentunya mengenakan busana yang casual seperti kaos dan celana terasa lebih nyaman dan lebih memudahkan perjalanan anda nantinya.

Dan yang tak kalah menarik lagi bagi para traveler, anda bisa mengunjungi wisata Curug ini saat pagi hari ketika matahari baru bersinar. Saat pagi hari tiba, anda bisa menyaksikan segala aktivitas yang dilakukan oleh warga setempat saat berada di sawah.

Selain itu pemandangan alam yang ada di sekitar air terjun juga terlihat semakin indah berkat pancaran sinar mentari pagi yang mampu menembus pepohonan di sekitar air terjun Curug Cikaso ini. Jangan lewatkan juga: 46 Tempat Wisata di Sukabumi Jawa Barat

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!