33 Objek Wisata di Sumedang Jawa Barat

Tempat Wisata di Sumedang – Apa yang anda bayangkan jika terdengar nama Kabupaten Sumedang? Ya, memang, Sumedang sangat terkenal dengan tahunya yang enak. Tapi ternyata Sumedang tidak hanya punya tahu yang terkenal sampai ke seantero Indonesia, Sumedang juga punya tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Sebelum kita bahas mengenai tempat wisata di Sumedang, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat. Kalau kita lihat dari kedudukan, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Majalengka di Timur, Kabupaten Indramayu di Utara, Kabupaten Bandung di Barat Daya, Kabupaten Garut di Selatan,  serta Kabupaten Subang di Barat.

Sebagian besar wilayah Sumedang merupakan dataran tinggi pegunungan, hanya sebagian kecil saja wilayah Kabupaten ini yang berada di daerah dataran rendah. Wilayah Sumedang terbagi dari 26 kecamatan. Tempat wisata di Sumedang sendiri di dominasi oleh objek wisata alam. Ada banyak tempat wisata di Sumedang yang layak kita jadikan tujuan liburan seperti kampung Toga, Kampung Nangorak dan banyak air terjun indah di Sumedang yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat Wisata di Sumedang

Berikut ini Tempatwisataseru.com rangkum ada 33 tempat wisata di Sumedang yang menarik untuk kita kunjungi:

1. Kampung Toga

Tempat wisata di Sumedang yang pertama adalah Kampung Toga yang ada di Desa Sukajaya. Objek wisata keluarga ini lokasinya sangat dekat dari pusat kota Sumedang.

Kampung Toga

Kampung Toga

Jarak Kampung Toga berjarak hanya sekitar 2 Km dari pusat Kota. Tidak heran kalau Kampung menjadi salah satu objek wisata favorit di Sumedang.

Kampung Toga sendiri berada di ketinggian 650 DPL. Dengan suasana alam yang asri dan indah, Kampung Toga sangat layak untuk dijadikan tujuan liburan bersama anak-anak.

Berbagai fasilitas wisata di Kampung Toga sangat memanjakan wisatawan yang berlibur. Berbagai kegiatan seperti paralayang, gantole, bersepeda gunung, dan outbond. Disini juga terdapat kebun, sungai, serta sawah yang menjadi nilai plus Kampung Tanaman Obat Keluarga ‘Toga’.

Loading...

Selain berbagai fasilitas yang sudah disebutkan tadi, disini juga masih ada banyak wahana permainan yang membuat anda betah berlama-lama liburan disini, seperti  kolam renang, arung jeram(raffting), hiking, jogging, paint ball, dan memancing di danau buatan diatas bukit paling tinggi, atau sekedar mancing keluarga diatas perahu. Untuk menikmati seluruh wahana yang ada mungkin tidak cukup hanya satu hari saja. Tenang, anda bisa menginap disini, karena Kampung Toga sudah menyiapkan villa yang bisa di sewa oleh para pengunjung.

Bagi anda yang tertarik liburan kesini, silahkan datang saja ke:
Jl. Makam Cut Nyak Dien Gn Puyuh Desa Sukajaya- Sumedang Selatan, Jawa Barat – Telp/Fax (0265)206567

2. Curug Cigorobog

Tempat wisata di Sumedang yang selanjutnya adalah sebuah ari terjun yang memiliki keindahan alam yang masih terjaga dengan baik. Nama air terjun atau curug ini adalah Curug Cigorobog yang ada di dalam hutan di Kota Tahu.

Air terjun nan elok ini berada di dalam hutan dan uniknya memiliki 3 tingkatan yang menambah eksotis air terjun ini.

Curug Cigorobog

Curug Cigorobog

Air Terjun Cigorobog ini memiliki ketinggian sekitar  40 meter. Wah cukup tinggi bukan?

Kalau anda penasara dengan objek wisata alam di Sumedang yang satu ini, datang aja ke Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat. Untuk bisa masuknya kita hanya dikenakan biaya Rp 3.000 saja. Wah sangat murah bukan? Pantas saja kalau curug ini menjadi salah satu tempat wisata murah di Sumedang yang layak masuk dalam daftar tujuan wisata kita.

Untuk mencapai air tejrun ini kita hanya berjalan skeitar 500 meter saja dari jalan desa. Dan membayar parkir kendaraan Rp 3000 saja. Untuk anaka-anak di bawah 13 tahun gratis masuk.

3. Agrowisata Kampung Nangorak

Tempat wisata di Sumedang yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah Agrowisata Kampung Nagorak yang ada di ketinggian 800-1000 meter DPL.

Objek wisata Sumedang yang satu ini hanya berjarak sekitar 6 KM dari alun-alun kota Sumedang. Untuk mencapai lokasi agriwisata ini hanya membutuhkan waktu sekitar sejam saja.

Agrowisata Kampung Nangorak

Agrowisata Kampung Nangorak

Wah, kok lama ya? Hal ini dikarenakan untuk menuju lokasi kita harus melalui jalan yang menanjak juga sempit jadi kita harus pelan-pelan, ditambah lagi ada beberapa tikungan yang agak ekstrim.

Namun perjalanan yang cukup melelahkan akan terbayar sudah setelah kita sampai di lokasi agrowisata. Bahkan sebelum sampai ke lokasi, kita sudah disuguhkan pemandangan alam yang indah dan asri. Kita bisa melihat pepohonan dan bukit yang diselimuti kehijauan daun, serta sawah yang terbentang luas. Kita juga bisa melihat gunung Tampomas yang berdiri kokoh.

Untuk masuk ke lokasi agrowisata, kita hanya membayar Rp 1000 saja, wah sangat murah sekali bukan? Memang agrowisata Kampung Nangorak terkenal sebagai salah satu tempat wisata murah di Sumedang Jawa Barat.

Di agrowisata Kampung Nangorak ini wisatawan bisa melihat dan ikut dalam aktivitas perkebunan, pertanian, serta budidaya tanaman dari 250 jenis tanaman dan pohon. Wisatawan yang datang juga bisa berjalan-jalan di kebun strawberry sambil memetik dan mencicipi buahnya yang terlihat merah ketuaan.Selain itu, bagi anda yang hobi memancing, juga terdapat tempat memancing disini. Di lahan tertinggi dari kawasan agroteknobisnis ini yang berbatasan dengan hutan asli / premier juga dapat digunakan untuk camping.

Simak juga: 24 Tempat Wisata di Majalengka Jawa Barat

4. Curug Sabuk

Satu lagi tempat wisata di Sumedang yang indah dan asri, yaitu curug Sabuk. Curug atau air terjun sabuk ini terdapat di dalam hutan, makanya masih sangat alami dan masih terjaga dengan baik.

Curug Sabuk

Curug Sabuk

Bagi pencinta alam, curug Sabuk harus masuk dalam daftar tempat wisata di Sumedang anda. Memang, tidak semua orang sanggup untuk mencapai air terjun ini.

Hal ini dikarenakan, wisatawan harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam perjalanan menyusuri hutan dan sungai dari rumah warga.

Curug ini terletak disekitar Taman Buru Gunung Masigit dan kawasan Gunung Kareumbi, tepatnya di Dusun Nangorak, Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Nah, setelah anda sampai di daerah Nanggorak (pemukiman warga) perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki (trekking) sekitar 4 km melalui jalan setapak melewati hutan dengan kontur yang menanjak.  Waktu tempuh berjalan kaki ini sekitar 3 jam perjalanan hingga tiba di lokasi curug tersebut berada.

Setelah menempuh perjalanan yang membutuhkan perjuangan, rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan curug yang masih sangat perawan, setidaknya ada 4 buah Curug yang indah, 2 Curug berukuran kecil dan 2 lainnya berukuran cukup besar dan jatuhan airnya yang cukup tinggi. 2 curug besar yang jaraknya berdekatan seperti Curug kembar.

5. Wisata Alam Pangjugjugan

Tempat wisata di Sumedang berikutnya adalah sebuah desa wisata yang menawarkan tempat liburan alam untuk keluarga. Desa Wisata Alam Pangjugjugan bisa anda jadikan sebagai tujuan rekreasi bersama keluarga tercinta.
Desa wisata ini memang sengaja dijaga keasrian alamnya. Untuk bisa masuk ke desa wisata ini, kita hanya membayar tiket Rp 5000 saja plus Rp 1000 untuk sepeda motor, wah sangat murah sekali bukan?
Wisata Alam Pangjugjugan

Wisata Alam Pangjugjugan

Aneka wahana liburan tersaji untuk kita nikmati bersama keluarga. Adapun fasilitas yang ada di Desa Wisata Alam Pangjugjugan ini diantaranya seperti playground, arena bermain anak, lesehan, terapi ikan, batu refleksi, curug, lapangan futsal, yang bayar kolam renang, flying fox, becak mini, tunggang kuda dan paparahuan.

Sangat lengkap sekali bukan? Memang, Desa Wisata Alam Pangjugjugan ini merupakan salah satu tempat wisata di Sumedang yang layak kita jadikan sebagai destinasi liburan seru bersama keluarga.

Selain fasiltias dan wahana di atas, di desa wisata ini juga ada ekowisata, bisa keliling kebun, peternakan ungas, kelinci, kambing, sapi perah dan sapi potong. Ada juga sekolah alam, outbond, pelatihan,  bahkan pemancingan juga ada. Untuk ekowisata tidak bayar lagi.

Saat musim panen tiba, wisatawan bisa ikut memanen hasil pertanian dan bisa dijadikan seabgao buah tangan. Nah, kalau anda lapar juga tidak perlu khawatir karena desa wisata ini juga menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Sumedang yang menawarkan aneka hidangan lezat dengan konsep lesehan. Sambil beristirahat menikmati pemandangan, kemudian mengisi ‘bensin’ untuk menambah energi.

Disini juga terdapat tempat untuk terapi ikan, juga tempat bermain aneka permainan tradisional tempo doeloue seperti egrang. Bahkan permainan di sini banyak yang gratis, cukup bayar 5.000 bisa menikmati permainan.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke Desa Wisata Alam Pangjugjugan? Tunggu apa lagi?

6. Sumber Air Panas Sekarwangi

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah objek wisata Alam Cipanas Sumber Air Panas Sekarwangi. Objek wisata pemandian ari panas ini bisa kita jangkau dengan semua jenis alat transportasi, baik kendaraan pribadi atau pun umum dengan rute Sumedang – Conggeang – Buahdua.

Sumber Air Panas Sekarwangi

Sumber Air Panas Sekarwangi

Ada banyak khasiat mandi air panas, seperti untuk menghilangkan gatal-gatal, menghilangkan penyakit kulit serta dapat memperlancar peredaran darah.

Di sekitar pemandian air panas juga terdapat tempat penginapan yang bisa anda jadikan tempat bermalam selama liburan.
Lokasi : Desa Sekarwangi, Kecamatan Buah Dua
Koordinat : 6° 43′ 54″ S, 107° 59′ 43″ E
Arah : 19 km arah utara Kota Sumedang, di kaki Gunung Tampomas.

7. Perkebunan Teh Margawindu

Bagi anda yang ingin merasakan kesegaran udara pagi atau sore hari, anda bisa berkunjung ke kebun teh Margawindu yang berada di Desa Citengah.

Perkebunan Teh Margawindu

Perkebunan Teh Margawindu

Kebun teh ini menjadi salah satu tempat wisata di Sumedang yang banyak dikunjungi pada sore hari. Sekedar untuk jalan-jalan atau untuk menikmati pemandangan menghijau sepanjang mata memandang.

bagi anda yang ingin menikmati keindahan kebun teh ini, anda bisa menempuh perjalanan via jalan besar yang bisa ditempuh sekitar 30 sampai 45 menit. Arahnya, kalau dari pusat kota Sumedang ke arah selatan. Untuk mencapainya, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Sebelum kebun teh ini terdapat kawasan wisata Cibingbin dan Curug Cigorobog. Sekalian saja, selain berlibur ke perkebunan teh bisa sekaligus mencoba suasana wisata air Cibingbin dan curug Cigorobog.

8.  Wisata Kuliner Soto Bongko Khas Sumedang

Selanjutnya, anda bisa mencoba kuliner Sumedang berupa Soto Bangko yang sangat nikmat. Asal muasal kata Bongko karena bahan utamanya menggunakan lontong yang dimasak dengan ukuran besar. Diameter lontongnya bisa hingga 20 cm. Kuah Soto Bongko menggunakan kuah kari ditambah dengan tahu goreng, tauge dan sambal istimewa. Cicipi Soto Bongko di Alun-Alun Sumedang atau di Pasar Sumedang yang sudah terkenal kelezatannya.

Tempat Wisata Kuliner Soto Bongko Khas Sumedang

Wisata Kuliner Soto Bongko Khas Sumedang

9. Mendaki Gunung Tampomas Sumedang

Anda suka mendaki? Bagi anda yang memiliki hobi mendaki gunung, di Sumedang anda wajib menaklukan gunung Tampomas.

Mendaki Gunung Tampomas Sumedang

Mendaki Gunung Tampomas Sumedang

Gunung Tampomas sendiri berada pada ketinggian 1.684 di atas permukaan laut dengan luas 1.250 hektare.Gunung ini sendiri berada disebelah utara kabupaten Sumedang. Beberapa kecamatan yang menjadi bagian Gunung Tampomas adalah Tanjungkerta, Cimalaka, Paseh, Conggeang, dan Buahdua.

keanekaragaman flora dan fauna di Gunung Tampomas menjadi salah satu daya tarik tersendiri gunung ini. Jenis fauna yang paling banyak ditemui di sana adalah lutung, babi hutan, beberapa jenis burung, dan kancil. Sedangkan flora yang mendominasi Gunung Tampomas di antaranya, saninten, rasmala, dan jamuju.

Bisa anda jadikan buah tangan untuk si cinta :D.

10. Liburan ke Curug Ciputrawangi Sumedang

Curug ini berada di gunung Tampomas. Nilai plus tersendiri untuk anda yang mendaki gunung ini, karena bisa menemukan air terjun yang indah dan asyik untuk mandi-mandi.

Liburan ke Curug Ciputrawangi Sumedang

Liburan ke Curug Ciputrawangi Sumedang

Beberapa jalur pendakian seperti jalur Narimbang, Cibeureum, dan Buahdua menjadi jalur favorit untuk pendaki. Kalau anda ingin melewati curug ini, silahkan pilih jalur  Narimbang, di perjalanan anda bisa menikmati keindahan Curug Ciputrawangi, yang menjadi salah satu tempat wisata di Sumedang yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk sampai kesini, butuh perjuangan, trekking dengan kondisi medan yang menanjak berupa jalan setapak. Butuh fisik yang prima untuk menuju ke lokasi curug. Lokasi air terjun ini sendiri berada di dekat perbatasan antara Sumedang dengan Indramayu sehingga pada hari libur kebanyakan pengunjung yang datang ke sana berasal dari Kota Mangga tersebut.

11. Objek Wisata Situ Cilembang di Sumedang

Ada satu tempat wisata di Sumedang yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Bagi anda yang baru pertama kalinya kesini pasti anda akan berdecak kagum.
Objek Wisata Situ Cilembang di Sumedang

Objek Wisata Situ Cilembang di Sumedang

Objek wisata yang satu ini berupa danau yang memiliki warna kebiruan dan bening sebening kristal. Situ atau danau ini belakangan sangat populer karena pengguna sosmed menshare keindahan situ ini di akun pribadi mereka, dan jadilah viral sehingga banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi situ Cilembang.
Situ Cilembang sendiriberada di Desa Hariang, Kec. Buahdua, Kab. Sumedang. Air situ atau danau ini seperti warna buatan padahal memang alami seperti itu adanya.
Warna biru situ mungil ini merupakan pantulan warna langit yang diterjemahkan secara sempurna oleh air Situ Cilembang yang sama sekali belum terkontaminasi.
Tapi sangat disayangkan karena kita dilarang mandi-mandi disini, karena dikhawatirkan akan mencemari air biru situ Cilembang ini. Selain itu, kita juga dilarang berkunjung ke mata air ini pada hari Selasa dan Jumat.
Meskipun demikian, wisatawan terus berdatangan untuk melihat keindahan situ ini dari dekat, karena penasaran dengan keindahan dari gambar yang beredar di internet. Untuk dapat menikmati keindahan situ ini, wisatawan dikenakan biaya parkir kendaraan Rp 2000 saja.

Rute ke Situ Cilembang, Sumedang

Rute untuk wisatawan yang datang dari Bandung atau Jakarta, ambil rute melalui Tol Padaleunyi dan keuar dari pintu Tol Cileunyi. Kemudian arahkan kendaraan Anda ke Jatinangor, lalu Tanjungsari, terus hingga melewati Cadas Pangeran yang legendaris dan akhirnya tiba di Kota Sumedang.

Rute lainnya yang bisa diambil bila Anda berasal dari Bandung dan membawa sepeda motor, yaitu melalui Jl. Soekarno-Hatta, lalu ke Bundaran Cibiru, terus lanjut ke Cileunyi, Jatinangor, Tanjungsari, lalu Sumedang.

Dari Sumedang, perjalanan dilanjutkan menyusuri Jalan Raya Bandung-Cirebon, kemudian belok kiri  menyusuri Jalan Cimalaka. Rute-rute yang harus Anda tempuh selanjutnya setelah Jl. Cimalaka adalah Jl. Tanjungkerta, Cigarukgak, lalu Desa Hariang, Kec. Buahdua, Kab. Sumedang.

Jarak yang harus Anda taklukkan dari Bandung ke Situ Cilembang kurang lebih 80-90 kilometer dengan medan jalan yang bervariasi. Waktu yang harus Anda tempuh dari Bandung tanpa memperhitungkan kemacetan sekitar 3-4 jam.

12. Gunung Kunci – Tempat Wisata Sejarah di Sumedang

Gunung Kunci sendiri menyimpan nilai historis yang panjang. Disini didirikan benteng pertahanan Belanda. Sebenarnya Gunung kunci merupakan bukit kecil yang terletak sekitar 250 m di sebelah barat alun-alun Kota Sumedang.
Gunung Kunci - Tempat Wisata Sejarah di Sumedang

Gunung Kunci – Tempat Wisata Sejarah di Sumedang

Kita bisa menuju Gunung Kunci dengan kendaraan umum maupun pribadi. Secara administratif, situs ini masuk dalam wilayah Gunung Panjunan, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan Secara astronomis terletak pada koordinat 6º51’21” LS dan 107º55’00” BT.
Hampir sama seperti lobang Jepang di Bukit Tinggi Sumatera Barat, Gunung Kunci juga memiliki ruangan di dalam yang merupakan lorong-lorong dan ruang-ruang dengan berbagai fungsi.

Pada beberapa bagian terdapat lubang ventilasi berupa cerobong besi. Pada bagian puncaknya dibangun kelengkapan benteng berupa bangunan keliling yang mengitari puncak Gunung Kunci,  Pada bagian ini terdapat beberapa bagian berdenah setengah lingkaran yang menjorok ke luar.

13. River Tubing

Anda suka olahraga ekstrim arung jeram? Nah, kalau kegiatan yang satu ini lebih sederhana kita menggunakan ban dalam untuk menaklukkan ganasnya sungai di Sumedang.

Wisata River Tubing Sumedang

Wisata River Tubing Sumedang

Anda bisa mencobaa kegiatan  river tubing ala Green Canyon di Pangandaran. Kegiatan ekstrim pemacu adrenalin ini bisa anda lakukan di kawasan desa Cipancar, Sumedang Selatan.

Bagi anda yang ingin mencoba sensasi mengarungi sungai yang cukup deras dengan perahu karet tidak ada salahnya untuk mencobanya di Desa Cipancar. Anda harus booking lebih dulu pada operator penyedianya yaitu Kalahari Adventure.

Berikut ini kontak penyelenggara yang bisa anda hubungi:

089 533 547 3501 [ LINE / WA ]
5D69A027 [ BBM ]

14. Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun merupakan tempat wisata sejarah di Sumedang yang layak untuk kita kunjungi. Tempat wisata ini menjadi tempat penyimpanan arsip masa lalu Sumedang dan kerajaan yang ada dahulu.
Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun

Disini terdapat berabgai koleksi peninggalan leluhur Sumedang. Bagaimana awal mula kabupaten ini berdiri hingga nama-nama bupati yang menjabat di Sumedang sejak zaman VOC bisa pengunjung temukan di museum tersebut.

Dengan berkunjung ke museum ini maka kecintaan kita akan bangsa ini akan semakin besar. Museum ini terletak di dekat alun-alun kota Sumedang ini.

 Bagaimana? Kalau anda liburan dengan anak-anak jangan sampai melewatkan museum ini.

15. Curug Cinulang

Curug atau air terjun Cinulang merupakan tempat wisata di Sumedang yang juga menarik untuk kita kunjungi, Air terjun ini kembar denga ketinggian yang hampir sama persis.
Wisata ke Curug Cinulang Sumedang

Wisata ke Curug Cinulang Sumedang

Ketinggian ari terjun Cinulang kurang lebih 50 meter. Air terjun ini berada di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, sekaligus menjadi wilayah perbatasan alami antara Kab. Sumedang dengan Kab. Bandung.
Untuk menuju lokasi curug ini, dari jalan raya Bandung – Garut (Rancaekek) sampai Km ke 11 terdapat papan petunjuk arah (di sebelah kiri) yang menginformasikan lokasi Curug Cinulang, dan berjarak 2,5 Km ke arah timur dari papan petunjuk arah. Jika masih bingung, tanya GPS (Gunakan Penduduk Setempat).
Bagi anda yang tertarik mengunjungi air terjun ini, setelah tol Cileunyi dari arah Bandung,  kurang lebih 11 km ke arah Kabupaten Garut.

Walaupun letaknya berada diantara dua kabupaten, namun secara administratif Curug yang juga sering disebut curug Sindulang ini terletak di Desa Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang.

Pemandangan di sekitar air terjun ini sangat indah dan mempesona.  Untuk menuju Curug ini Anda juga bisa melewati jalan Cicalengka (Bandung) dengan jurusan Cicalengka Leuwiliang

16. Wisata Air Gajah Depa

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya merupakan wahana bermain anak dan keluarga, namanya adalah objek Wisata Air Gajah Depa.

Wisata Air Gajah Depa

Wisata Air Gajah Depa

Objek wisata keluarga ini ada di kawasan Cimalaka, Sumedang Jawa Barat. Wahana bermain ini menjadi tempat wisata air yang modern dengan suasana menarik disertai dengan dentuman atau gemuruh air.

Terdapat banyak fasilitas permaian yang memanjakan pengunjung disini, seperti family slide. Fasilitas bermain ini berbentuk papan luncur berukuran besar. Papan luncur ini bisa digunakan untuk bermain sekeluarga dengan meluncur bersama-sama dari atas. Dengan kapasitas sampai 10 orang, jadi anda bisa meluncur sekaligus dalam satu rombongan.

Selain itu, terfapat juga fasilitas  spiral slide atau papan luncur berbentuk spiral dengan panjang lintasan yang cukup memuaskan. Spill bucjet, water ball, water roller, water capsule, dan hand boat juga bisa anda mainkan sepuasnya disini.

Selain permainan air, juga terdapat trampolin, istana boneka, dan kereta mini yang juga tidak kalah serunya. Kawasan wisata air ini memiliki luas sekitar  1.400 meter persegi. Anda bisa bermain disini setiap hari, buka mulai jam 08.00 WIB. dengan harga tiket masuk tiket Rp25.000 setiap weekend, dan Rp20.000 pada weekday.

Lokasi tepatnya ada di Jl. Sumedang Tomo No. 90 Serang Cimalaka Sumedang. Kontak  0817436555

17. Mata Air Sirah Cipelang

Tempat wisata di Sumedang yang terakhir dari kami adalah mata air sirah Cipelang. Mungkin objek wisata alam ini belum terlalu populer, nah ini menjadi tugas kita untuk membuat daerah kita menjadi dikenal oleh wisatawan dari berbagai daerah bahkan negara.

Mata Air Sirah Cipelang

Mata Air Sirah Cipelang

Beberapa waktu lalu nama mata air ini cukup banyak dibicarakan di sosial media, akibatnya mata air Sirah Cipelang bak kejatuhan durian runtuh dan mendadak dikenal karena viral di Medsos.

Objek wisata ini masih sangat bersih, alami dan asri, sehingga layak masuk dalam  daftar tempat wisata di Sumedang yang akan kita kunjungi.

Lokasi mata air ini ada di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kab. Sumedang. Kesejukan air sangat alami ini menyimpan magnet tersendiri. Pepohonan yang tumbuh di sekelilingnya menambah keasrian tempat ini.

Rute Menuju Mata Air Cipelang, Sumedang

Bagi anda yang tertarik mencburkan diri di mata air ini, anda bisa menempuh puh rute, keluar dari tol Cileunyi ambil arah ke Jln. Jatinangor – Tanjungsari – Sumedang – Conggeang. Perjalanan keluar tol Cileunyi kurang lebih ditempuh 2 jam. Rute lainnya bisa keluar jalur tol Cikampek ke tol Cipali dan exit Tol Cikedung. Patokannya, lokasi mata air Cipelang ini sangat berdekatan dengan Kantor Desa Cipamekar Sumedang.

18. Pemandian Air Panas Cileungsing

Tempat wisata di Sumedang berikutnya adalah pemandian air panas Cileungsing yang ada di Desa Cilangkap.  Pemandian air panas ini sangat populer bagi masyarakat sekitar, tidak heran kalau pemandian ini selalu ramai oleh wisatawan, terutama saat liburan atau akhir pekan.

Pemandian Air Panas Cileungsing

Pemandian Air Panas Cileungsing

Pemandian air panas ini menjadi salah satu tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Pemandian ini juga dikelola dengan baik, sehingga wisatawan yang datang pasti akan betah berlama-lama disini.

Selain untuk mandi-mandi, pemandian air panas ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu setelah anda habis menikmati pemandian air panas maka anda bisa bersantai di taman yang telah disediakan untuk bermain dengan keluarga anda ataupun sekedar duduk santai menikmati udara segar. Lokasi wisata ini terletak di Desa Cilangkap, Kecamatan Buah Bua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia

19. Wisata ke Curug Cipongkor Sumedang

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah curug Cipongkor yang ada di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang selatan. Curug ini memiliki aliran yang tidak terlalu besar, namun cukup tinggi. Air terjun ini letaknya cukup tersembunyi karena berada di sebuah ceruk tebing batu cadas yang menjulang tinggi.

Wisata ke Curug Cipongkor Sumedang

Wisata ke Curug Cipongkor Sumedang

Untuk bisa sampai ke air terjun ini, wisatawan harus menyusuri jalanan kecil yang digunakan oleh penduduk untuk pergi ke sawah. Jalan setapak yang disambung dengan pematang sawah serta saluran air yang digunakan untuk mengairi sawah penduduk. Sehingga, curug ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai petualangan di alam bebas.

Meskipun butuh perjuangan ekstra untuk bisa sampai ke air terjun ini, namun tidak menyurutkan keinginan wisatawan pecinta alam untuk bisa menceburkan diri ke dalamnya. Dengan air yang sangat segar plus pemandangan alam yang masih asri tentunya membuat siapa saja semakin penasaran, apalagi kalau kita melihat foto-foto selfie mereka yang sudah datang ke curug ini.

Untuk anda yang ingin mengunjungi curug ini, silahkan melalui jalan Raya Bandung-Sumedang. Jika naik kendaraan, turun di dekat SPBU Ciherang, kemudian masuk ke perkampungan melalui jalan kecil menanjak yang dibeton di seberang SPBU Ciherang. Selanjutnya bisa menanyakan kepada penduduk setempat, arah yang harus dilalui menuju ke Curug Cipongkor. Atau bisa minta diantar, karena tidak ada penanda atau penunjuk arah ke Curug Cipongkor.

20. Tempat Wisata Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya cocok untuk anda yang suka dengan olahraga paralayang. Anda bisa mencoba sensasi terbang di atas ketinggian di kawasan Gunung Lingga atau lebih tepatnya di Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang.

Tempat Wisata Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga

Tempat Wisata Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga

Kawasan gunung lingga sendiri memiliki ketinggian sekitar 930 meter di atas permukaan laut, dan menyajikan hamparan pemandangan alam yang mempesona. Lokasi lepas landas (Take Off) olah raga paralayang di Batu Dua sangat layak dan ideal dipakai event dunia paralayang.

Dengan adanya beberapa titip panas bumi di sekitar gunung ini akan membuat sensasi melayang-layang anda akan semakin menantang. Bagi yang memiliki hobi olahraga dirgantara, arena Batu Dua harus masuk dalam daftar tempat wisata di Sumedang yang akan anda kunjungi.

21. Tempat Wisata Situs Prabu Tajimalela Gunung Lingga

Tempat wisata di Sumedang berikutnya adalah situs prabu Tajmalela yang ada di Gunung Lingga. memang kawasan gunung ini di jadikan sebagai tempat wisata paralayang, namun ternyata juga menyimpan makam keramat leluhur Sumedang larang yaitu Prabu Tajimalela, hingga kini makam Prabu Tajimalela menjadi objek wisata ziarah di Sumedang. Diareal makam terdapat beberapa bangunan sebagai tempat berdoa dan beristirahat para peziarah.

Tempat Wisata Situs Prabu Tajimalela Gunung Lingga

Tempat Wisata Situs Prabu Tajimalela Gunung Lingga

22. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Conggeang

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah pemandian air panas Conggeang yang ada di sebelah utara ibukota Kabupaten Sumedang. Jika kita berada di kota Sumedang, maka keberadaan wilayah Kecamatan Conggeang berada tepat di belakang Gunung Tampomas. Kecamatan Conggeang berada di kaki Gunung Tampomas, oleh karena itu, tidak haeran jika di wilayah Kecamatan Conggeang subur akan air bersih.

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Conggeang

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Conggeang

Objek wisata ini memiliki udara yang segar, air bersih, dan tidak sedikit mata air panas yang keluar dari Gunung Tampomas. Sehingga banyak tempat yang berpotensi di jadikan sebagai objek wisata pemandian air panas. Misal mata air panas bojong dan mata air panas ciledre. Kedua mata air itu berada di wilayah Desa Cibubuan, yaitu salah satu Desa di wilayah administrari Kecamatan Conggeang.

23. Tempat Wisata Mata Air Cikandung Sumedang

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah tempat untuk menceburkan diri. Yaitu berupa mata air atau danau yang tidak terlalu luas, namun memiliki air yang sangat jernih. Lokasi pemandian alam ini ada di dusun Sukasari, desa Nyalindung, kecamatan Cimalaka, kabupaten Sumedang. Danau tersebut dikenal memiliki nama Mata Air Cikandung. Suasana di sekitar Mata Air Cikandung memang masih sangat asri.

Tempat Wisata Mata Air Cikandung Sumedang

Tempat Wisata Mata Air Cikandung Sumedang

Wisatawan yang datang kesini bisa mandi sepuasnya di danau kecil ini. Karena siapapun yang datang pasti tidak tahan ingin segera menceburkan diri ke dalamnya.

24. Tempat Wisata Puncak Gunung Batu Sumedang

Tempat wisata di Sumedang yang layak dikunjungi berikutnya adalah gunung batu Sumedang. Untuk anda yang suka mendaki, puncak gunung batu harus menjadi destinasi anda selanjutnya. Dari puncak gunung ini anda bisa melihat pemandangan kota Sumedang.

Tempat Wisata Puncak Gunung Batu Sumedang

Tempat Wisata Puncak Gunung Batu Sumedang

Lokasi gunung ini ada di desa Rancabawang, kecamatan Tanjungsari. Kawasan ini pernah menjadi salah satu destinasi wisata komersil sehingga untuk masuk ke dalam kawasan Gunung Batu wisatawan harus membayar sejumlah tiket masuk.

Namun karena isu yang beredar bahwa puncak gunung batu ini memiliki fenomena mistis, sehingga membuat wisatawan yang datang semakin berkurang. Sementara untuk mereka yang memiliki mental baja dan ingin menyaksikan keindahan kota Sumedang dari ketinggian tidak terlalu memperdulikan isu tersebut.

25. Tempat Wisata Waduk Jatigede Sumedang

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah waduk Jatigede yang bermanfaat untuk sarana irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan air tawar serta sarana rekreasi ini banyak mendapat tentangan dari warga.

Tempat Wisata Waduk Jatigede Sumedang

Tempat Wisata Waduk Jatigede Sumedang

Hal ini disebabkan banyaknya kawasan pemukiman yang terdampak serta situs-situs sejarah yang berada di lokasi pembangunan. Meski pembangunannya sempat tertunda dalam waktu yang sangat lama akhirnya waduk ini pun bakal memasuki tahap akhir dalam beberapa tahun mendatang.

26. Tempat Wisata Taman Buru Masigit Kareumbi

Tempat wisata di Sumedang berikutnya adalah Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TBMK). Pada awalnya, lokasi ini memang merupakan area berburu. Namun pada akhirnya di konversi menjadi area hutan konservasi. Selain itu, area masigit kareumbi juga dikembangkan sebagai kawasan wisata alam yang cukup unik.

Tempat Wisata Taman Buru Masigit Kareumbi

Tempat Wisata Taman Buru Masigit Kareumbi

Berbagai wahana mulai melengkapi Taman ini, mulai dari tempat untuk menginap, hiking, pelatihan, camping ground, outbond, dan lain-lain.

Untuk anda yang tertarik liburan di taman buru ini, silahkan melalui jalan Bandung – Cicalengka – Sindang wangi – Tanjung wangi – Blok KW (kawasan wisata). Letak lokasi kurang lebih 14 KM dari Cicalengka.

27. Tempat Wisata Saung Cibingbin Sumedang

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah Saung Cibingbin yang merupakan sebuah rumah makan yang terletak di desa Citengah, Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Pemilik Saung Cibingbin ini adalah Bapak Hj.Dede Rusmana.

Tempat Wisata Saung Cibingbin Sumedang

Tempat Wisata Saung Cibingbin Sumedang

Disini wisatawan bisa menikmati aneka sajian kuliner lezat, selain kuliner wisatawan yang datang juga bisa menyaksikan keindahan hutan dan kejernihan sungai yang terhampar mengelilingi tepian lokasi rumah makan.

Lokasi saung Cibingbin ini hanya berjarak kurang lebih 25 menit dari alun-alun Sumedang dengan menggunakan motor atau mobil pribadi. Tempat wisata kuliner ini memberikan nuansa alam yang asri kepada pengunjung, apalagi Saung Cibingbin ini berada di dataran tinggi dengan nuansa alam yang hijau dan berada tepat di pinggiran sungai.

Selain itu, berbagai fasilitas untuk liburan juga ada disini, mulai dari wisata alam, wisata air seperti kolam renang,tempat memancing (kolam ikan), Pemondokan (villa), caffe,rumah makan, ini yang menarik pengunjungnya.

Untuk masuk, anda dikenakan untuk masuk ke dalamnya yaitu Rp.10.000/Orang. Untuk biaya Pemondokkan (Villa) biaya hanya Rp.10.000/Orang. Selain itu, terdapat aula, mushola, dan fasilitas saung yang cukup luas bagi pengunjung bergerombol. Makanan yang tersedia di warung tidak mahal. Sesuai standar. Menu yang pas untuk menikmati wisata Cibingbin ini adalah kelapa muda plus ikan bakar.

28. Curug Cibayawak Desa Jembarwangi Tomo Sumedang Jawa Barat

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah curug Cibayawak yang ada di Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo kabupaten Sumedang. Curug atau air terjun ini memiliki keindahan yang sangat menawan, tidak heran kalau wisatawan pecinta alam rela berlelah-lelah untuk bisa sampai ke curug ini.

Curug Cibayawak Desa Jembarwangi Tomo Sumedang

Curug Cibayawak Desa Jembarwangi Tomo Sumedang

Curug ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun di sekitarnya, yang menambah eksotisme air terjun yang tidak terlalu tinggi ini. Untuk bisa masuk, anda tidak dikenakan biaya sepeserpun, hanya saja Anda harus membayar biaya parkir kendaraan di desa.

Untuk menuju air terjun ini Anda perlu melakukan persiapan fisik. Walaupun tak begitu jauh, Anda juga diharuskan berjalan kaki untuk menuju lokasi air terjun ini. Siapkanlah pakaian ganti karena tak mungkin berada di tempat ini Anda tak berenang.

29. Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah puncak damar Baros Jatigede yang menawarkan pemandangan yang amat luar biasa. Dari tempat ini Anda bisa memandangi indahnya waduk Jatigede yang dikelilingi perbukitan dan pegunungan.

Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang

Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang

Kawasan wisata alam ini terkelola dengan baik, yaitu oleh Perum Perhutani KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) Sumedang. Disini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah bendungan Jatigede di sebelah timurnya.

Lokasinya ada di ketinggian Puncak Damar Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja. Tepatnya di kawasan hutan petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar.

Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan puncak damar baros ini anda dapat melewati jalan kawasan hutan dan jalan Desa Paku Alam – Situraja. Letaknya bisa diakses dengan kendaraan roda dua dan empat. Lahan parkir yang cukup luas membuat tempat ini menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk Anda kunjungi.

Berbagai wahana disediakan disini, anda bisa menikmati fasilitas lesehan di beberapa shelter sampai fasilitas lainnya seperti Gazebo, Camping Ground, Outbound dan tempat bermain anak-anak, mushola kecil dari kayu yang tampak alami. Fasilitas toiletnya juga nyaman dan bersih.

Untuk harga tiket masuk Wana Wisata Puncak Damar Jatigede ini yaitu sebesar Rp 4.000. Selain itu Anda juga akan dikenakan biaya tambahan yaitu Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

30. Jembatan Cincin Cikuda Jatinangor Sumedang

Jembatan Cincin Cikuda bisa anda jadikan tempat foto di Sumedang. Objek wisata yang instagramable dan sangat cocok bagi Anda yang gemar fotografi. Dari Jembatan Cincin Cikuda Jatinangor Sumedang Anda dapat mengambil berbagai enggel keindahan alam yang amat menakjubkan.

Jembatan Cincin Cikuda Jatinangor Sumedang

Jembatan Cincin Cikuda Jatinangor Sumedang

Fasilitas transportasi ini merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang masih ada hingga kini. Bangunan ini juga mengingatkan kita bagaimana kerja paksa yang dilakukan oleh penjajah Belanda kepada kita dahulunya.

Lokasi Jembatan cincin cikuda ini ada di Jalan Cikuda Nanggerang No.14, Desa Hegarmanah, kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Sumedang. Tempat bersejarah ini layak Anda jadikan untuk jeprat-jepret di Sumedang.

31. Eco Green Park Kampung Karuhun

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah Eco Green Park Kampung Karuhun. Untuk fasilitas disini menawarkan sarana outbond, kolam renang, saung, restoran dengan menu khas Sunda, toilet, musholla dan sederet fasilitas adventure menarik lainnya.

Eco Green Park Kampung Karuhun

Eco Green Park Kampung Karuhun

Harga tiket masuk ke objek wisata ini yaitu sebesar Rp 5.000,-. Lokasinya tidak jauh dari Kebun Teh Margawindu dan Curug Cigorobog yaitu masih di Desa Citengah kecamatan Sumedang Selatan yang hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Sumedang.

Wisatawan yang ingin merasakan liburan di alam juga bisa berkemah di salah satu lokasi yang telah dikhususkan sebagai camping ground oleh pengelola. Selain itu fasilitas seperti meeting room, ATV adventure, footsal lumpur, saung budaya dan sederet fasilitas lainnya yang akan membuat liburan Anda nyaman.

Untuk setiap fasilitas permainan Anda akan dikenakan biaya tambahan. Kolam renang misalnya, Anda diharuskan membayar Rp10.000,- untuk dapat berenang di tempat ini. Keindahan kampung ini akan memberikan suasana tak terlupakan bagi Anda.

Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan disini? Tunggu apalagi?

32. Sensasi Arung Jeram Pangcalikan

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya adalah Sungai Cipeles yang menawarkan sensasi olahraga yang memacu adrenalin anda. Disini anda bisa mencoba arung jeram di Sungai Cipeles yang memiliki kontur arus yang menantang.

Sensasi Arung Jeram Pangcalikan

Sensasi Arung Jeram Pangcalikan

Salah satu spot yang bisa anda kunjungi untuk mulai mengarungi sungai ini yaitu di Desa Citepok, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Sungah ini tak kalah indahnya dengan Cukang Taneuh yang menjadi Green Canyon-nya Ciamis.

Aliran sungai yang sempit dan bebatuan yang ada terlihat begitu indah ini memiliki arus cukup menantang. Di beberapa kawasan Pangcalikan, sungai tersebut diapit oleh dua tebing batu. Tebing batu tersebut menambah keeksotisan tempat ini.

33. Wisata ke Gunung Kerenceng Sumedang

Destinasi wisata di Sumedang selanjutnya adalah gunung kerenceng yang memiliki ketinggian 1.736 meter diatas permukaan air laut. Gunung ini menjadi salah satu tempat mendaki yang tidak boleh anda lewatkan di Sumedang.

Wisata ke Gunung Kerenceng Sumedang

Wisata ke Gunung Kerenceng Sumedang

Dari atas gunung ini anda bisa menyaksikan keindahan awan putih berpadu dengan hijaunya hutan dari ketinggian. Gunung ini sendiri masuk dalam tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sumedang Selatan, Kecamatan Cimanggung, dan Kecamatan Pamulihan.

Bagaimana? Ternyata ada banyak tempat wisata di Sumedang yang layak untuk kita kunjungi, bukan? Selama ini mungkin yang kita kenal adalah tahu Sumedang yang enak dan memiliki rasa yang khas.
Itulah tempat wisata di Sumedang yang kami rekomendaikan untuk anda kunjungi saat liburan disini. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar wisata daerah kita bisa lebih dikenal oleh orang banyak Kunjungi juga 24 Tempat Wisata di Subang Jawa barat
loading...

7 Comments

  1. Pingback: Wisata Sumedang | Tips Traveling October 29, 2019

Leave a Reply

error: Content is protected !!