Berwisata ke Berbagai Wahana di Taman Impian Jaya Ancol

Objek wisata permainan di Jakarta salah satunya adalah Taman Impian Jaya Ancol. Area wisata di daerah Jakarta Utara ini merupakan salah satu pilihan keluarga dalam menghabiskan liburan atau akhir pekan bersama. Selain karena mudah dijangkau, wahana ini menyuguhkan beragam permainan dan keunikan tersendiri.

Sejarah Berdirinya Taman Impian Jaya Ancol

Sejak zaman Batavia, Taman Impian Jaya Ancol dulunya adalah rawa penuh nyamuk yang menjadi sumber wabah malaria bagi masyarakatnya. Di masa Pemerintahan Presiden Sukarno tepatnya pada tahun 1960-an, kawasan ini dibangun menjadi pusat industri terbesar dan juga berdampingan dengan perumahan dan kawasan industri lainnya.

Gubernur Jakarta Ali Sadikin membuka pantai Bina Ria Ancol pada tahun 1966 yang kemudian dikenal dengan permainan teaternya. Pembangunan kemudian berlanjut hingga area rekreasi yang memiliki luas  hingga 552 hektar itu kini sudah dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City.

Obyek Wisata yang Ada di Dalam Taman Impian Jaya Ancol

Selain tersebar beberapa taman yang dapat digunakan untuk piknik atau sekedar menikmati indahnya semilir angin, Ancol mempunyai 5 buah pantai yaitu Pantai Festival, Ria, Elok, Indah, dan Carnival Beach Club. Tidak hanya terbatas pada taman dan pantai saja, di Ancol kita dapat menikmati banyak fasilitas dan wahana seperti :

1. Dunia Fantasi (Dufan)

Dibuka pada 29 Agustus 1986 tidak lantas membuat Dufan kehilangan pesonanya termakan usia. Malah, Dufan menjadi salah satu bagian dari Ancol Dreamland yang menjadi salah satu tujuan wajib jika berkunjung kesana. Tidak lengkap rasanya ke Ancol jika tidak mampir ke Dufan.

Dufan (Dunia Fantasi)

Dufan (Dunia Fantasi)

Meski lahannya hanya 9 hektar dari total ratusan hektar luas Ancol itu sendiri, Dufan memiliki beragam wahana dengan teknologi tinggi. salah satunya yaitu pusat edukasi Fisika yang disebut Fisika Dunia Fantasi (Fidufa) dan beragam kawasan bergaya Eropa, Amerika, Yunani, hingga Asia. Di dalam Dufan pun terdapat banyak wahana, antara lain :

  • Bianglala, merupakan kincir besar yang tinggi dan berputar layaknya kincir yang diterpa angin
  • Turangga, merupakan wahana yang dikenal dengan nama komidi putar. Banyak kuda-kudaan dan bangku di dalamnya sebagai tempat duduk. Uniknya, kuda tersebut akan naik turun sehingga terasa seolah kita berputar menaikinya.
  • Kora-Kora, merupakan wahana favorit pengunjung yang mempunyai bentuk menyerupai perahu raksasa dan berayun ke depan – belakang sehingga menyebabkan teriakan orang-orang yang menaikinya.
  • Hysteria, merupakan wahana yang memacu adrenalin dan membuat orang yang menaikinya merasakan sensasi seperti dilempar serta dihempaskan ke atas-bawah dengan kecepatan tinggi. Penderita penyakit jantung dan kronis lainnya tentu tidak disarankan naik wahana ini.
  • Tornado, merupakan wahana selain Hysteria yang juga membuat penikmatnya tidak henti berteriak hingga merasa pusing.
  • Halilintar, bisa disebut tiga serangkai dengan Tornado dan Hysteria. Halilintar juga merupakan wahana ekstrim yang jalur relnya berbentuk bulat, memiliki tanjakan dan turunan tinggi dan menukik.
  • Happy Feet, merupakan wahana teater simulator untuk film animasi Happy Feet.
  • Arung Jeram, adalah wahana melintasi sungai dan di kawasan yang memang dirancang sedemikian rupa seolah pengunjung benar-benar ada di sungai berarus deras
  • Perang Bintang, merupakan wahana yang mengajak pengunjungnya untuk menjelajahi lorong-lorong seperti luar angkasa. Ada pula kendaraan berbentuk bulat, mirip dengan piring terbang untuk pengunjung berkeliling. Perang bintang juga dilengkapi dengan aneka perlengkapan selayaknya perang di luar angkasa, termasuk senjata laser.
  • Rumah Miring, adalah bangunan selayaknya rumah namun bentuknya miring. Benda-benda yang ada di sepanjang jalan menjelajah pun juga miring.
  • Niagara, adalah wahan dimana pengunjung akan naik perahu dari ketinggian beberapa meter untuk kemudian dibawa meluncur ke kubangan air. Saat perahu jatuh, itulah saat yang paling seru yaitu dimana percikan airnya mengenai tubuh pengunjung.
  • Poci-Poci, merupakan wahana yang dibuat seolah pengunjung berada di meja makan raksasa. Uniknya, wahana tersebut hanya untuk dua orang dan dibuat dengan ukuran gelas the (poci) yang sangat besar.
  • Treasureland Temple of Fire, adalah wahana yang baru di Dufan. Wahana ini adalah tempat dimana kita dapat melihat aksi para stuntman dengan ceritanya sendiri. Saat ini, cerita wahana ini adalah petualangan arkeolog dalam mencari sebuah artefak yang terdapat di kuil kuno. Siapkan waktu yang benar pas karena pertunjukkan ini berlangsung lama layaknya drama.

2. Atlantis Water Adventure

Mempunyai luas sekitar 5 ha, disini pengunjung bisa berwisata air di 8 kolam utama Atlantis, yaitu Aquarius, Antila, Poseidon, Octopus, Plaza Atlas, Atlantean, dan Kiddy pool. Nama-nama kolamnya sangat menarik bukan?

Liburan ke Atlantis Water Adventure

Liburan ke Atlantis Water Adventure

Sesuai dengan namanya Atlantis yang konon merupakan sebuah benua yang hilang di telan lautan yang entah benar atau tidak.

Tetapi kalau keseruan di atlantis water adventure ini sudah tidak diragukan lagi. Wisatawan bisa berenang atau mencoba berbagai wahana permainan air yang seru banget.

Wisatawan bisa mencoba wahana seperti kolam ombak, kolam arus, kolam apung, sampai Crazy Highest Longest Slide alias wahana seluncuran super tinggi dan panjang. Ada juga kolam tanding, kolam anak-anak, dan kolam outbond.

Untuk anda yang ingin mencoba keseruan disini harus merogoh kocek sebesar:

  • Senin-Jumat: Rp 95.000
  • Sabtu-Minggu: Rp 200.000

Jam operasional:

  • Pukul 08.00-18.00 (Senin-Jumat)
  • Pukul 07.00-20.00 (Sabtu-Minggu)

3. Gelanggang Samudera

Gelanggan Samudra via anythingjakartaGelanggan Samudra via anythingjakarta

Gelanggan Samudra via anythingjakarta

Theme Park ini dibangun dengan nuansa konservasi alam dan bertujuan untuk mengajak pengunjung agar lebih dekat mengenal serta menyayangi satwa. Karena berkaitan dengan air, maka satwanya pun dikhususkan seperti anjing laut, lumba-lumba, dan paus putih.

Ada banyak sekali pertunjukan yang bisa anda saksikan disini. Berikut ini jadwal pertunjukan dari waktu ke waktu, usahakan sudah di lokasi sebelum jam 09.30:

  • Jam 09.45 – Wisatawan akan disuguhkan pentas aneka satwa beraksi, seperti menghitung, bermain bola.
  • Jam 10.30 – Kemudian anda akan disuguhkan pertunjukan pentas lumba-lumba
  • Jam 11.00 – Wisatawan akan disuguhkan cinema 4D Dora Adventure dengan menggunakan kaca mata
  • Jam 12.00 – Selanjutnya, anda akan disuguhkan cinema 4D Turtle Vision juga dengan menggunakan kaca mata
  • Jam 12.30 – 13.00 – Break
  • Jam 13.00 – Setelah break, anda akan disuguhkan cinema 4D The Little Prince juga menggunakan kaca mata
  • Jam 13.30 –Anda akan diajak menonton pentas siang berupa atraksi laut dan burung
  • Jam 14.30 – Wisatawan akan disuguhkan tontonan underwater theater berupa teaterikal tentang putri duyung, lumba-lumba dan penyelam di dalam akuarium besar dan nanti para aktor + limba-lumba bermain di dalam akuarium tersebut
  • Jam 15.15 – Terakhir, wisatawan akan menyaksikan pentas Scorpion Pirates Water Stuntmant  yang spektakuler. Wisatawan akan disuguhkan pertunjukan perkelahian, akrobat jetski secara live, buat ibu hamil dan anak dibawah 3 tahun kurang dianjurkan.

4. Sea World

Sea World merupakan underwater aquarium pertama dan satu-satunya di Indonesia lho. Luasnya mencapai 2 hektar dan membuat kita dapat melihat bagaimana kehidupan bawah laut.

Seaworld Ancol

Seaworld Ancol

Wsiatawan bisa menyaksikan dunia bawah laut yang indah sekaligus menakjubkan. Bagaimana tidak, anda akan masuk ke dalam aquarium besar dengan berbagai biota laut yang hidup di dalamnya.

Disini setidaknya terdapat 7,300 biota air tawar yang ditampilkan dalam 28 display yang berbentuk akuarium besar serta empat kolam terbuka. Pada waktu-waktu tertentu wisatawan bisa menykasikan langsung para penyelam memberi makan biota laut. Bagi yang ingin merasakan serunya interaksi dengan biota laut, ada Kolam Sentuh juga lho!

Untuk bisa masuk ke dalam sea world ini, wisatawan harus merogok kocek sebesar:

  • Senin-Jumat: Rp 85.000
  • Sabtu-Minggu: Rp 100.000

Silahkan datang kesini jam 09.00-18.00 (Senin-Minggu)

5. Pasar Seni

Pasar seni adalah tempat yang dibangun untuk para perajin, penggiat, dan kolektor seni sebagai wadah bagi mereka. Selain itu, pasar seni ini juga dibuat khusus untuk mereka yang ingin melihat hasil karya seni di puluhan puluhan galeri seni di Ancol ini.

Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol

Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol via Tribunnews

Wisatawan tidak hanya bisa melihatnya saja, anda juga bias membawa pulang hasil karya seni ini untuk dipajang di rumah.

Beberapa hasil karya seni yang bisa anda pulang diantaranya: lukisan, patung, tembikar, kain tenun, batik, dan masih banyak lagi hasil karya dari berbagai daerah di Tanah Air.

Wisatawan akan disuguhkan berbagai karya seni dari berbagai aliran. Lumayan kan, bisa menikmati hasil karya kreatif sekaligus berinteraksi lewat workshop, pameran, pemutaran film, hingga diskusi. Pementasan musik pun beragam, modern dan tradisional.

Kapan bisa berkunjung ke pasar seni ini? Silahkan datang saja dari 09.00-20.00 WIB.

6. Alive Museum

Jangan lupa juga untuk mampir ke Alive Museum yang ada di Ancol Beach City Mall lantai 3. Disini wisatawan bisa menikmati karya seni lukis dan seni rupa yang dimodifikasi dengan teknologi digital di Alive Museum.

Alive Museum via sylviaanggraini94

Alive Museum via sylviaanggraini94

Wahana yang merupakan persembahan dari perusahaan Korea ini dilengkapi dengan ilusi 3D, seperti Zona Fantasi, Dark Road, Zona Horor, Zona Ekstrim, Zona Sirkus, dan Zona Travel.

Selain itu, wisatawan bisa berselfie ria dengan patung lilin dari para selebriti Indonesia dan Korea yang kelihatan sangat nyata.

Harga Tiket Museum: Rp 100.000

Alive Museum & Alive Star: Rp 200.000

Jam operasional:

Pukul 10.00-21.00 (Selasa-Minggu)

7. Putri Duyung Cottages

Cottages ini menyediakan kamar sebanyak 133 ruang dan dibangun dengan gaya cottages pinggir pantai. Fasilitasnya tergolong sangat lengkap, seperti kolam renang, lapangan voli pantai, hingga olahraga lainnya.

Sambangi juga: 23 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

8. Pulau Bidadari

Pulau ini terasa spesial karena dibangun beragam fasilitas di dalamnya, seperti cottages, sarana olahraga, bar, restoran, hingga toko cindera mata.

9. Marina

Dermaga kapal pesiar ini mengusung gaya cosmopolitan sebagai desainnya. Marina merupakan pusatnya olahraga laut seperti, diving dan wind surfing. Fasilitas dermaga ini merupakan yang terlengkap di Indonesia.

10. Kereta Gantung

Gondola di Ancol ini membentang sejauh 2,4 km, mulai dari Pantai Festival hingga area parkir Atlantis Water Adventure. Tersedia sebanyak 37 unit gondola dengan 3 stasiun pemberhentian, gondola ini masing-masing dapat menampung penumpang maksimal 6 orang. Perjalanan gondola setinggi 21 mdpl ini memakan waktu 20 menit sekali jalan.

11. Lapangan Golf

Di Ancol juga terdapat lapangan golf yang memiliki sekitar 18 hole dan rancangan lapangan yang unik bernuansa pantai. Dapat ditempuh dari berbagai penjuru Kota Jakarta.

12. Kuliner

Kalau anda lapar jangan khawatir, karena di area ancol ini terdapat banyak restoran dan kafe yang menyajikan berbagai jenis makanan.

Jangan lewatkan juga yuk: 41 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Anda Coba

13. Ritel

Juga terdapat lebih dari 30 kios yang menjual makanan, minuman, juga souvenir.

14. Arena Bowling

Selain lapangan golf, di Ancol juga ada fasilitas untuk melakukan olahraga bowling bertaraf internasional. Lintasan bowlingnya sebanyak 60 buah. Bagi anda penyuka olahraga ini, jangan sampai melewatkan untuk mampir.

15. Hailai Executive Club

Di Ancol juga terdapat klub eksekutif tingkat internasional dengan restoran yang mempunyai 3000 buah kursi, termasuk sarana hiburan dan olahraga. Pengelola Hailai adalah PT Philindo Sporting Amusement and Tourism Corporation bekerja sama dengan PT Sarana Ria.

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Taman Menteng Jakarta

Tiket Masuk Taman Impian Jaya Ancol

Terdapat beberapa kriteria tiket masuk wisata ini, mulai dari regular dan group hingga ada yang berjenis Fast Track dan Annual Pass. Regular dikhususkan untuk perorangan sedangkan group merupakan tiket yang diperuntukkan rombongan wisata. Tiket group juga dibagi lagi menjadi khusus untuk pelajar dan mahasiswa serta tiket khusus group umum/perusahaan.

#Reguler

Pintu Gerbang Ancol

Senin – Jumat

Sabtu/Minggu/Libur

Individu

Rp 25.000,-

Rp 25.000,-

Mobil

Rp 25.000,-

Rp 25.000,-

Motor

Rp 15.000,-

Rp 15.000,-

Bus

Rp. 45.000

Rp. 45.000

Segaraga
Berlaku hanya pada Sabtu-Minggu (tidak berlaku hari libur nasional) 05.00-08.00 WIB.

Rp 15.000

Ancol Card

1.000.000

1.000.000

Dunia Fantasi
Senin – Jumat Sabtu/Minggu/Libur
Reguler (per Maret 2018) Rp. 200.000 Rp. 295.000
Fast Track
Tambahan akses Fast Track bagi Tiket Reguler dan Pengguna Annual Pass untuk bebas antri di 14 wahana favorit. Hanya bisa dibeli di tempat, Lokasi di depan wahana Turangga Rangga
Rp 200.000 Rp 200.000
Annual PassAnnual Pass Bundling Dufan + Atlantis Water Adventures

All days : Rp 600.000

Annual Pass Bundling Dufan + Seaworld Ancol (once entrance)

All days : Rp 600.000 

Rp 600.000 Rp 600.000
Premium 
Termasuk akses ke Premium Lounge dan Fast Track di 14 wahana favorit.
Rp 450.000 Rp 550.000
Bundling Dufan & Seaworld (periode s.d 31 Maret 2018)tiket hanya berlaku 1 hari yaitu di hari pembelian Rp 250.000 Rp 350.000

 

Ocean Dream Samudra
Senin – Jumat Sabtu/Minggu/Libur
Reguler (per Maret 2018)khusus tanggal 30 Maret 2018 – 1 April 2018 berlaku harga weekend baik tiket Reguler maupun Bundling Seaworld Rp 95.000 Rp 130.000
Bundling Ocean Dream Samudra dan SeaWorld Ancol Rp. 160.000 Rp. 200.000
Annual Pass Rp 160.000 Rp 160.000

 

Atlantis Water Adventure
Senin – Jumat Sabtu/Minggu/Libur
Reguler (per Maret 2018) Rp 95.000 Rp 130.000
Annual Pass Rp 260.000

 

Seaworld Ancol
Senin – Jumat Sabtu/Minggu/Libur
Reguler (per Maret 2018)khusus tanggal 17-18 Maret 2018 dan 30-31 Maret 2018 berlaku harga Premium :

Reguler : Rp 115.000

Bundling Seaworld + ODS : Rp 200.000

Bundling Seaworld + Dufan : Rp 350.000

Rp. 85,000 Rp. 105,000
Bundling Seaworld & Dufan (periode s.d 31 Maret 2018)tiket hanya berlaku 1 hari yaitu di hari pembelian Rp 250.000 Rp 350.000
Bundling Seaworld & ODS tiket hanya berlaku 1 hari yaitu di hari pembelian Rp 160.000 Rp 200.000

 

Ecopark
Senin – Jumat Sabtu/Minggu/Libur
Flying Fox Rp 20.000,- Rp 20.000,-
Green Mission Paint Ball Rp 130.000,- Rp 130.000,-
Shooting Target Paint Ball Rp 75.000,- Rp 75.000,-
Sewa Areal Tempur Rp 60.000,- Rp 60.000,-
Refill Peluru Paint Ball Rp 35.000,- Rp 35.000,-
Ecobike Rp 60.000,- Rp 60.000,-
Sekuter Mobil Rp 100.000,- Rp 100.000,-
Charge Sepeda Rp 30.000,- Rp 30.000,-
Sewa Matras Rp 30.000,- Rp 30.000,-
Learning Farm Individu Rp 50.000,- Rp 50.000,-
Ikan Per Ons Rp 4.500,- Rp 4.500,-
Refill Umpan Rp 10.000,- Rp 10.000,-
Sewa Saung Pemancingan Per 3 Jam Rp 150.000,- Rp 150.000,-
Kano Rp 75.000,- Rp 75.000,-
Pakan Ikan Rp 5.000,- Rp 5.000,-
Kamar Bilas Rp 15.000,- Rp 15.000,-
Ecotrike 15 Menit Rp 35.000,- Rp 35.000,-
Ecotrike 30 Menit Rp 70.000,- Rp 70.000,-
Mobility ATV 15 Menit Rp 35.000,- Rp 35.000,-
Mobility ATV 30 Menit Rp 70.000,- Rp 70.000,-
Water Pedal Boat Rp 35.000,- Rp 35.000,-
Golf Car 30 Menit Rp 90.000,- Rp 140.000
Golf Car 60 Menit Rp 130.000,- Rp 170.000,-
Golf Car 8 Jam Rp 1.250.000,- Rp 1.250.000,-

 

Faunaland
Senin – Jumat Sabtu/Minggu/Libur
Regular Rp 60.000 Rp 70.000

 

Putri Duyung Cottage
Senin – Jumat Sabtu/Minggu/Libur
Superior Rp. 999.000 Rp. 1.999.000
Deluxe Rp. 1.299.000 Rp. 2.199.000
Unique Rp. 1.299.000 Rp. 2.199.000
Family Suite Rp. 2.099.000 Rp. 3.499.000
Duyung Suite Rp. 2.299.000 Rp. 3.699.000
Marlin Suite Rp. 3.199.000 Rp. 6.799.000
Paus Suite Rp. 4.599.000 Rp. 7.699.000

#Group

PROMO PELAJAR /MAHASISWA
Dunia Fantasi
  1. Minimal 15 orang
  2. Harga Tiket : Weekdays : Rp. 135,000 (Termasuk Pintu Gerbang Ancol) / Weekend : Rp. 185,000 (Termasuk Pintu Gerbang Ancol)
  4. Promo khusus JABODETABEK
Atlantis Water Adventure
1. Minimal 10 Orang
2. Harga Tiket: Weekdays: Rp. 96.000  (Termasuk Pintu Gerbang Ancol) / Weekend: Rp. 124.000  (Termasuk Pintu Gerbang Ancol)
3. Berlaku TK s/d Mahasiswa S1
4. Berlaku Khusus JABODETABEK
Ocean Dream Samudra

1. Minimal 25 Orang

2. Harga Tiket: Weekdays: Rp. 82.000  (Termasuk Pintu Gerbang Ancol) / Weekend: Rp. 124.000  (Termasuk Pintu Gerbang Ancol)
3. Berlaku TK s/d Mahasiswa S1
4. Berlaku Khusus JABODETABEK
Seaworld Ancol

1. Minimal 25 Orang

2. Harga Tiket: Weekdays: Rp. 85.000  (Termasuk Pintu Gerbang Ancol) / Weekend: Rp. 98.000  (Termasuk Pintu Gerbang Ancol)
3. Berlaku TK s/d Mahasiswa S1
4. Berlaku Khusus JABODETABEK
PROMO UMUM / PERUSAHAAN
Atlantis Water Adventure

  1. Minimal 25 Orang

  2. Harga Tiket : Weekdays : Rp. 105.000 (Termasuk Pintu Gerbang Ancol) / Weekend : Rp. 135.000 (Termasuk Pintu Gerbang Ancol)
Ocean Dream Samudra
  1. Minimal 25 Orang
  2. Harga Tiket : Weekdays : Rp. 105.000 (Termasuk Pintu Gerbang Ancol) / Weekend : Rp. 125.000 (Termasuk Pintu Gerbang Ancol)
Seaworld Ancol

  1. Minimal 25 Orang

  2. Harga Tiket : Weekdays : Rp. 97.000 (Termasuk Pintu Gerbang Ancol) / Weekend : Rp. 115.000 (Termasuk Pintu Gerbang Ancol)
-Dunia Fantasi

1. Minimal 25 Orang

  2. Harga Tiket : Weekdays : Rp. 200.000 (Termasuk Pintu Gerbang Ancol) / Weekend : Rp. 265.000 (Termasuk Pintu Gerbang Ancol).
*Harga Tiket Bisa Berubah Sewaktu-waktu

Keunggulan Taman Impian Jaya Ancol

Banyak orang yang menyukai berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol karena kelebihan-kelebihan yang dimiliki objek wisata tersebut. Selain kelengkapan wahananya, beberapa keunggulan Ancol antara lain :

  1. Harga tiket terjangkau
  2. Lokasi strategis
  3. Fasilitas penginapan berupa hotel atau apartemen tergolong lengkap

Itulah kemudahan dan keseruan jika berlibur di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Selamat berlibur! Jangan lewatkan juga: Waterpark Kolam Renang di Jakarta Terbaik

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!