Liburan Seru ke Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan – Kota Jakarta merupakan ibukota negara kita sekaligus kota terbesar yang ada di Indonesia. Kota Jakarta merupakan pusat dari segala kegiatan pemerintahan di Indonesia.

Jakarta memiliki sejarah yang panjang. Banyak tempat-tempat wisata yang bertaraf nasional maupun internasional menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sebut saja Taman Mini Indonesia Indah, MonasKebun Binatang Ragunandan lain sebagainya.

Hingga kini, kota Jakarta dikenal oleh masyarakat seluruh Indonesia dan masyarakat dunia sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.

Sebagai salah satu tempat wisata yang menyediakan sarana edukasi berbagai macam hewan dari berbagai belahan dunia, Kebun Binatang Ragunan bisa menjadi salah satu destinasi wisata anda apabila berkunjung ke kota Jakarta.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Alamat Kebun Binatang Ragunan

Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Harga Tiket‎: ‎Rp 4.000
Kontak‎: ‎(021) 78847114
Jam Buka‎: ‎09.00 – 18.00 WIB

Mengenal Tentang Kebun Binatang

Kebun binatang atau yang sering disebut sebagai bonbin atau taman margasatwa adalah sebuah tempat khusus yang diperuntukkan untuk memelihara hewan-hewan tertentu dari berbagai belahan dunia dan bertujuan untuk diperlihatkan kepada publik sebagai sarana pelestarian hewan sekaligus sarana edukasi tentang dunia hewan.

Seringkali kebun binatang juga menjadi tempat konservasi atau pelestarian hewan-hewan yang hampir punah. Beberapa satwa yang hampir punah contohnya panda. Beberapa hewan yang biasanya dipelihara di kebun binatang akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya.

Kebun binatang biasanya berupa lahan yang sangat luas yang kemudian dalamnya didesain menyerupai habitat asli hewan peliharaan.

Loading...

Ada jenis kebun binatang yang didesain sangat mirip dengan hutan tempat satwa tersebut tinggal dan pengunjung hanya diperbolehkan mengelilingi kebun binatang tersebut dengan naik mobil yang dipandu oleh pemandu wisata. Jenis kebun binatang yang memakai sistem demikian disebut dengan “taman safari”.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak taman safari, namun tentu saja harga tiket masuknya lebih mahal daripada kebun binatang dengan sistem biasa.

Hal ini dikarenakan satwa yang ada di dalam taman safari tidak dimasukkan ke dalam kandang sehingga bisa saja menyerang para pengunjung apabila pengunjung tidak diamankan di dalam mobil.

Kebun binatang  seringkali menggunakan sistem penempatan pada siklus gelap-terang yang terbalik untuk hewan-hewan nokturnal seperti burung hantu dan tikus. Jadi ketika siang hari, lampu putih atau merah diredupkan agar hewan menjadi aktif ketika jam aktif berkunjung.

Sebaliknya, lampu yang terang dinyalakan pada kandang hewan nokturnal ketika malam hari agar hewan juga beristirahat ketika jam kunjungan telah habis.

Kebun binatang juga menyediakan habitat imitasi dengan iklim yang cukup ekstrim untuk hewan iklim dingin yaitu penguin. Kebun binatang juga menyediakan kandang khusus dengan pagar yang agak rendah untuk spesies hewan yang dinilai tidak agresif seperti lemur, kadal, kura-kura, dan ikan.

Sedangkan untuk hewan-hewan yang bisa terbang dan memiliki gerak yang lincah nan agresif seperti burung dan ular, kebun binatang juga menyediakan tempat tersendiri yaitu sebuah kandang yang memiliki pagar tinggi dan terproteksi dari jangkauan pengunjung.

Ada banyak tipe dari kebun binatang selain taman safari dan kebun binatang reguler. Contoh lain dari bentuk kebun binatang adalah aquaria (khusus untuk hewan yang hidup di dalam air, contohnya adalah Sea World yang terletak di Taman Impian Jaya Ancol), taman hewan (jenis kebun binatang yang menyediakan lebih banyak atraksi dan aktivitas satwa yang menghibur daripada kebun binatang biasa), dan Petting Zoo (kebun binatang dengan koleksi satwa hidup yang jinak dan diutamakan berfungsi sebagai sarana edukasi balita).

Jika anda ingin mengetahui tentang kebun binatang yang tertua di dunia, anda bisa mengunjungi secara langsung Kebun Binatang London yang ada di Inggris.

Kebun binatang ini diresmikan dan dinyatakan beroperasi untuk publik pada tanggal 27 April 1828, yaitu sekitar 191 tahun yang lalu. Awalnya Stamford Raffles mendirikan kebun binatang ini hanya untuk anggota Perhimpunan Zoologi London (Zoological Society of London) pada tahun 1826.

Nama kebun binatang ini adalah Gardens and Menagerie of the Zoological Society of London, dan sistem pembayaran tiket untuk bisa masuk ke dalam kebun binatang mulai diberlakukan sembilan belas tahun setelah kebun binatang tersebut diresmikan, yaitu pada tahun 1847.

Kebun binatang yang ada di London tersebut merupakan kebun binatang tertua di dunia. Lalu apakah kebun binatang yang tertua di Indonesia?

Indonesia sebagai negara yang kaya akan berbagai jenis satwa dari beribu spesies pasti memiliki kebun binatang tertua yang menjadi sejarah pertama kali berdirinya kebun binatang di negeri ini.

Sejarah Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun Binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan yang terletak di Jakarta adalah kebun binatang yang didirikan pertama kali di Indonesia.

Kebun binatang Ragunan didirikan pertama kali pada tahun 1864 di Cikini sebagai Kebun Raya dan Botani di Batavia (Planten-en Dierentuin Batavia). Pihak yang berwenang untuk mengelola Kebun Binatang Ragunan adalah Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia.

Berdasarkan sejarah, Kebun Binatang Ragunan didirikan di atas tanah hasil hibah Raden Saleh di daerah Cikini, Menteng, Jakarta Pusat seluas kurang lebih 10 hektar. Ditambah dengan lahan seluas 30 hektar hasil pemberian Pemerintah DKI Jakarta, maka tambah luaslah lahan yang dipergunakan sebagai Kebun Binatang Ragunan.

Kemudian, pada tanggal 22 Juni 1966 diresmikanlah Kebun Binatang Ragunan oleh Gubernur DKI Jakarta waktu itu, Ali Sadikin.

Hingga pada tahun 2019 ini, koleksi kebun binatang Ragunan telah mencapai 2.100 ekor serta 52.000 pohon. Jumlah ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan kebun binatang Ragunan belakangan diketahui memiliki 295 jenis spesies satwa.

Diantaranya 67 jenis satwa berjenis satwa mamalia, 16 jenis satwa Pisces (ikan-ikanan), 101 jenis satwa Aves (burung), 34 jenis satwa reptil, dan sekitar 171 jenis tumbuhan. Oleh karena itu, kebun binatang Ragunan Jakarta bahkan disebut sebagai kebun binatang yang memiliki koleksi satwa terlengkap yang pernah ada.

Selain menjadi tempat hunian bagi para satwa yang terancam punah, kebun binatang Ragunan Jakarta juga merupakan tempat penelitian bagi para dosen, mahasiswa, serta menjadi tempat pengabdian bagi para sukarelawan yang mencintai para hewan.

Koleksi Hewan di Kebun Binatang Ragunan

Ketika anda memasuki kebun binatang Ragunan, ada banyak jenis spesies hewan yang bisa anda temui. Banyak sekali koleksi hewan atau satwa yang terdapat pada kebun binatang Ragunan. Berikut ini adalah beberapa satwa yang menghuni kebun binatang Ragunan :

1. Zebra

Zebra Ragunan via Pariwisata

Zebra Ragunan via Pariwisata.id

Siapa yang tidak mengenal salah satu jenis hewan yang unik ini? Zebra adalah sejenis kuda yang memiliki garis belang berwarna hitam putih semacam garis belang yang dimiliki oleh harimau.

Garis belang ini menyebar di seluruh tubuh zebra. Yang membuat unik, garis belang hitam putih ini tidak akan sama antara zebra satu dengan yang lainnya walaupun zebra tersebut terlahir kembar.

Daya tarik lain dari hewan ini adalah kebiasaan tidur yang berbeda dari hewan lainnya. Zebra bisa tertidur lelap dalam keadaan berdiri. Hal ini menyebabkan zebra menjadi berbeda dari hewan lainnya.

Hewan zebra sendiri bukanlah hewan yang berasal dari Indonesia. Hewan ini merupakan hewan yang berasal dari kawasan Afrika Timur. Di kebun binatang Ragunan, jenis zebra yang tersedia adalah jenis zebra burcheli yang biasanya hidup di habitat padang rumput dan savana yang ada di kawasan Afrika Timur.

2. Gajah Sumatera

Gajah di Kebun Binatang Ragunan via tripadvisor

Gajah di Kebun Binatang Ragunan via tripadvisor.com

Gajah merupakan hewan bertubuh besar, memiliki kuping yang lebar, serta belalai panjang dilengkapi dnegan dua pasang gading yang berwarna putih tulang mencuat ke atas dari bagian mulutnya.

Gajah merupakan hewan yang tergolong cerdik. Gajah sering digunakan sebagai hewan atraksi dan sering didatangkan ketika ada acara sirkus atau pertunjukan hewan. Karena menurut penelitian, gajah merupakan hewan yang sama cerdiknya dengan paus beluga.

Memang kehadiran gajah bisa melengkapi sebuah kebun binatang. Selengkap apapun koleksi satwa di sebuah kebun binatang, tidak akan lengkap rasanya jika tidak ada gajah di dalamnya. Hal ini bukan sesuatu yang sangat berarti, namun tak bisa dipungkiri bahwa gajah merupakan “maskot” dari sebuah kebun binatang. Dan anggapan seperti itu telah terjadi secara turun temurun.

Di kebun binatang Ragunan sendiri, spesies gajah yang ada di sana adalah gajah Sumatera. Gajah Sumatera merupakan jenis gajah yang berasal dari daerah Sumatra Indonesia.

Gajah ini banyak didapati hidup di daerah Lampung. Gajah Sumatera memanglah masih terikat spesies dengan gajah Asia pada umumnya, namun perbedaan pada ukuran telinga dan ukuran tubuh menjadikan gajah Sumatera agak berbeda dengan gajah Asia pada umumnya.

Ukuran telinga gajah Sumatera berukuran lebih kecil dari gajah biasanya. Begitupun juga dengan ukuran tubuh, gajah Sumatera berukuran lebih kecil dari spesies gajah Asia lainnya.

Menilik dari penjelasan di atas, sebenarnya masih ada sangat banyak koleksi satwa yang bisa anda nikmati kehadirannya langsung di kebun binatang Ragunan.

Akan tetapi, apabila dijelaskan dengan panjang lebar, hal ini tentunya akan membuang waktu. Oleh karena itu, kita akan beralih ke pembahasan tentang fasilitas apa saja yang ada di kebun binatang Ragunan.

3. Jenis Mamalia

  • Beruang Madu
  • Harimau Sumatera
  • Siamang
  • Gorilla
  • Babirusa
  • Tapir
  • Singa
  • Harimau Benggala atau Harimau Putih
  • Bekantan
  • Beruk
  • Kukang
  • Lutung Budeng
  • Monyet Kokah
  • Monyet Boti
  • Monyet Marmoset
  • Rusa Sulawesi
  • Nilgai
  • Macan Tutul Sri Langka
  • Jaguar
  • Sitatunga
  • Rusa Totol
  • Anoa
  • Binturong
  • Simpanse
  • Banteng Jawa
  • Gajah Sumatera
  • Yaki
  • Simpai
  • Surili
  • Orangutan Kalimantan

4. Dari Jenis Reptil

  • Kura-Kura Pipi Merah
  • Sanca Patola
  • Sanca Kembang
  • Biawak Salvator
  • Komodo
  • King Cobra
  • Kadal Lidah Biru
  • Biawak Hitam

5. Dari Jenis Aves

  • Pelikan / Burung Undan
  • Elang Ikan Kepala Kelabu
  • Elang Irian
  • Kasuari Glambir Tunggal
  • Nuri Cokelat
  • Nuri Merah Punggung Kuning
  • Puyuh Mahkota Sengayan
  • Bangau Tongtong
  • Beo
  • Betet Kalung
  • Elang Bondol
  • Merak Biru
  • Kasuari Glambir Ganda
  • Kakatua Raja
  • Kakatua Jambul Kuning
  • Julang
  • Jenjang Mahkota
  • Dara Mahkota Victoria
  • Burung Unta

6. Dari Jenis Pisces

  • Arapaima

Sementara untuk jenis Flora, Kebun Binatang Ragunan banyak mengoleksi:

  • Sawo
  • Saputangan
  • Puspa
  • Pinus
  • Pala
  • Nyatuh Pucung
  • Nam Nam
  • Menteng
  • Manggis
  • Kosambi
  • Kenanga
  • Kemiri
  • Kepel
  • Kemenyan
  • Kecapi
  • Kayu Manis
  • Gandaria
  • Bunga Bangkai Gadung
  • Anggrek
  • Beringin
  • Bisbul
  • Biugenvil
  • Buni
  • Ebony
  • Matua

Fasilitas di Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Banyak orang yang gemar mengunjungi kebun binatang Ragunan Jakarta karena selain tiket masuknya yang murah, kebun binatang Ragunan juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati bersama seluruh anggota keluarga.

Jika anda berkunjung ke kebun binatang Ragunan, ada baiknya jika kita mencoba fasilitas yang telah disediakan oleh pihak taman margasatwa seperti yang ada di bawah ini :

1. Wahana onta tunggang

Onta Tunggang Ragunan via Detik

Onta Tunggang Ragunan via Detik

Kebun binatang selain sebagai tempat mengedukasi para anak kecil, juga sebagai tempat untuk bermain serta mengembangkan imajinasi mereka.

Pihak kebun binatang Ragunan menyediakan sebuah fasilitas khusus agar pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan onta yang telah disediakan khusus untuk kendaraan para pengunjung.

Anda bisa mengajak anak atau adik anda yang masih kecil untuk menaiki onta tunggang hanya dengan merogoh kocek Rp. 7.500,- saja.

Jangan lewatkan juga: 23 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

2. Wahana kuda tunggang

Kuda Tunggang via nyonyaerlangga.wordpress.com

Kuda Tunggang via nyonyaerlangga.wordpress.com

Selain onta tunggang, pihak kebun binatang Ragunan juga menyediakan fasilitas kuda tunggang. Anda bisa mengajak anak anda untuk berkeliling kebun binatang dengan mengendarai kuda tunggang yang disewakan oleh pihak kebun binatang.

Anda bisa menaiki kuda tunggang di kebun binatang Ragunan hanya dengan membayar biaya sewa sebanyak Rp. 5.000,- saja. Selama perjalanan mengelilingi kebun binatang Ragunan, para pengunjung yang menyewa fasilitas ini juga akan didampingi oleh seorang pawang kuda.

3. Fasilitas kereta keliling

Kereta Keliling via Wegocom

Kereta Keliling via Wego.com

Sebagai pengelola kebun binatang tertua di Indonesia, pihak kebun binatang Ragunan menyediakan sebuah kendaraan khusus bagi anda yang tidak ingin merasakan kelelahan saat mengitari kawasan kebun binatang.

Hanya dengan membayar Rp. 7.500,- anda bisa menikmati layanan yang memang disediakan untuk para pengunjung ini.

4. Wahana Taman Satwa

Taman Satwa Ragunan via Medcom

Taman Satwa Ragunan via Medcom

Jika anak anda merupakan anak yang mudah takut ketika melihat berbagai bentuk satwa ganas, anda bisa mengajak anak anda untuk menghampiri wahana Taman Satwa.

Di dalam area taman ini, anak anda akan diajak untuk mengenal tentang berbagai satwa yang lebih jinak dan kecil ukurannya, serta tidak agresif.

Untuk bisa menikmati layanan Taman Satwa, anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp. 2.500,- per orang. Sangat murah dan tentunya anak anda akan sangat senang apabila anda mengajaknya pergi ke taman tersebut.

Karena selain menyediakan layanan untuk berkontak langsung dengan satwa yang jinak, anak anda bisa bebas bermain bersama teman sebayanya di area outbond yang telah disediakan. Berbagai macam permainan seperti jungkat-jungkit, ayunan, jaring laba-laba, serta perosotan bisa menjadi wahana untuk anak anda bersenang-senang.

5. Wahana perahu angsa

Perahu Angsa via Thetripcornercom

Perahu Angsa via Thetripcorner.com

Pihak kebun binatang Ragunan memang menyediakan sebuah danau buatan yang bisa dipakai sebagai tempat berrmain anda dan anak anda. Untuk bisa menjelajah danau buatan ini, anda perlu menyewa perahu angsa.

Perahu ini bisa memuat dua orang dewasa dan dua orang anak kecil. Tarif yang dikenakan untuk wahana ini memang agak sedikit mahal karena biaya perawatan perahu angsa tidaklah mudah.

Namun tarif untuk menaiki perahu angsa tidak setinggi yang dibayangkan. Hanya dengan mengeluarkan uang sebanyak Rp. 18.000,- anda sudah bisa menyewa sebuah perahu angsa untuk mengeksplor danau buatan tersebut.

6. Wahana kuda bendi atau delman

Kuda Bendi via Tribunnews

Kuda Bendi via Tribunnews.com

Sarana transportasi delman memang pernah menjadi primadona pada masanya. Akan tetapi seiring berlalunya waktu dan berkembangnya teknologi, maka pada jaman sekarang delman hanyalah berfungsi sebagai transportasi yang tidak terlalu efektif.

Namun pihak kebun binatang Ragunan tetap menyediakan kuda bendi ini bagi siapapun yang ingin bernostalgia menaiki kendaraan tradisional yang ditarik oleh tenaga kuda. Untuk bisa menaiki kuda bendi, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 15.000,-.

7. Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer via Wisatajakartablog

Tidak tanggung-tanggung, Pusat Primata Schmutzer ini merupakan pusat primata yang sudah bertaraf internasional.
Pusat Primata ini memiliki fungsi dalam konservasi primata Indonesia dan sekaligus sebagai jendela primata Indonesia.
Anda bisa menyaksikan berbagai koleksi primata disini mulai dari orangutan, Gorilla, Simpanse serta berbagai jenis primata langka dari dalam dan luar negeri lainnya. Kompleks seluas 13 hektar ini dirancang dengan konsep Open Zoo dimana satwa yang tinggal di dalamnya seolah-olah berada di habitat aslinya.

8. Wahana sepeda ganda

Sepeda ganda merupakan sebuah transportasi berupa sepeda yang bisa dinaiki oleh dua orang. Memang terdengar aneh, namun sekarang ini kendaraan sepeda ganda memang banyak diminati oleh para remaja. Entah karena bentuknya yang unik atau karena fungsinya yang bisa memuat dua orang sekaligus.

Namun yang pasti, pihak kebun binatang Ragunan telah menyediakan fasilitas sepeda ganda yang bisa anda manfaatkan untuk mengelilingi area kebun binatang Ragunan Jakarta. Hanya dengan mengeluarkan dana sebesar Rp. 15.000,- anda bisa menaiki wahana sepeda ganda sepuasnya.

Tips Liburan ke Kebun Binatang Ragunan

Agar liburanmu ke ragunana makin menyenangkan, kamu harus memperhatikan beberapa tips berikut yang bisa anda coba ikuti:

1. Usahakan untuk Datang Lebih Pagi 

Tips liburan ke ragunan yang pertama adalah usahakan agar datang lebih pagi. Selain untuk menghindari macet, datang lebih pagi juga udaranya lebih sejuk dan segar. Ragunan jika masih pagi juga lebih lengang sehingga kita bisa lebih puas berkeliling atau mencoba berbagai wahana yang ada disini.

2. Naik Transportasi Umum ke Kebun Binatang Ragunan

Ada baiknya juga untuk menuju ke ragunan dengan menggunakan kendaraan umum Meskipun memang kita sangat bisa membawa kendaraan pribadi, namun jika kita berkunjung pada hari libur, biasanya wisatawan akan membludak dan kita bisa mengalami kesulitan untuk parkir.

Untuk kendaraan umum menuju ke ragunan juga cukup nyaman kok. Kita bisa naik Transjakarta koridor 6 jurusan Ragunan-Dukuh Atas punya halte pemberhentian yang berada persis di depan Kebun Binatang Ragunan.

Kita hanya membayar tiket Rp3.500,00 Transjakarta plus tanpa mengeluarkan biaya tambahan untuk minyak atau parkir.

Selain naik Transjakarta, kamu juga bisa naik Commuter Line, lalu turun di Stasiun Pasar Minggu. Selanjutnya, kamu bisa pilih naik angkot KWK S15A sampai depan Ragunan, atau menggunakan ojek dan taksi.

3. Punya Kartu e-money JakCard

Pihak pengelola kebun binatang ragunan membagi sistem karcis menjadi 2, yaitu dengan manual dan menggunakan JakCard.

Untuk harga tiket masuk kebun binatang sendiri dibagi menjadi dua, yakni untuk dewasa seharga Rp4.000,00, dan anak-anak seharga Rp3.000,00.

Untuk mendapatkan kartu JakCard ini kamu cukup membayar Rp30.000,00. Harga ini termasuk saldo kartu Rp20.000,00 dan biaya kartu Rp10.000,00. Oh ya sob, 1 kartu ini bisa dipakai oleh beberapa orang.

4. Lihat Papan Peta dan Sewa Sepeda di Ragunan

Jangan lupa bagi anda yang hendak menjelajah kebun binatang ini untuk selalu memperhatikan peta lokasi agar tidak nyasar ya, karena memang kebun binatang ragunan ini sangat luas.

Agar bisa lebih banyak yang bisa dijangkau, anda sebaiknya menyewa sepeda. Dengan mengendarai sepeda kita bisa melihat satwa lebih banyak lagi, mulai dari beruang, harimau, gorila, orang utan; reptil seperti buaya, komodo, kura-kura; dan unggas seperti elang, merak, pelikan serta masih banyak berbagai jenis hewan lainnya.

Untuk menyewa sepeda ini, kamu hanya harus mengeluarkan kocek sebesar Rp10.000,00 per jam atau Rp15.000,00 per jam untuk sepeda tandem.

Oh ya soba, ada juga kereta wisata yang bisa kamu gunakan untuk keliling secara beramai-ramai. Dengan biaya sekitar Rp7.500,00 per orang. Kereta wisata ini akan mengantarkan kamu berkeliling Kebun Binatang Ragunan dan berhenti sejenak di kandang-kandang tertentu.

5. Membawa Bekal dan Tikar

Tips liburan ke ragunan berikutnya adalah dengan membawa bontot serta tikar. Mengingat banyaknya wisatawan yang datang, biasanya food court akan berdesakan, maka dari itu ada baiknya untuk membawa bekal sendiri.

Satu lagi, jangan lupa membawa tikar sendiri ya karena biasanya tempat duduk juga dipakai oleh wisatawan yang lain. Atau kamu juga bisa nyewa tikar sendiri disini, dengan biaya Rp.5000 saja.

6. Download aplikasi Ragunan Zoo

Tips liburan ke ragunan selanjutnya adalah dengan mendownload aplokasi ragunan zoo. Dengan mengunduh aplikasi ini maka kita akan mendapatkan informasi terbaru, mengenai promo, peta, wahana, koleksi hewan dan lain sebagainya

Silahkan unduh aplikasi Ragunan Zoo, dapatkan informasi jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, games interaktif, hingga trivia binatang.

****

Berwisata ke kebun binatang Ragunan memang banyak mendatangkan manfaat bagi anda maupun orang terkasih anda. Ilmu yang berguna, tambahan wawasan tentang dunia hewan, serta berbagai kegiatan yang seru bisa membuat liburan anda tambah asyik dan menyenangkan. Oleh karena itu segera kunjungi kebun binatang Ragunan Jakarta agar liburan anda menjadi berkesan.

Kunjungi juga: Wahana Wisata & Harga Tiket Masuk Ocean Park Terbaru 

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!