36 Objek Wisata di Cilacap Jawa Tengah yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Cilacap – Halo sobat traveler dimanapun anda berada. Kali ini kita akan mengupas topik seuptar objek wisata di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah yang menarik untuk kita kunjungi.

Orang-orang Kabupaten Cilacap terkenal dengan bahasa Jawa ngapaknya. Jika kita sedang berkomunikasi dengan orang Cilacap, maka akan sangat kentara sekali logat daerahnya. Orang Cilacap sendiri sudah tersebar diberbagai daerah di Indonesia.

Kabupaten ini sendiri memiliki Ibukota Kota Cilacap. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa Kabupaten lainnya di Jawa Tengah, seperti Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas di utara, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat) di sebelah Barat.

Untuk luas wilayahnya sendiri, kabupaten ini merupakan yang paling luas di Provinsi di jawa tengah. Lokasinya yang ada di pesisir pantai selatan pulau Jawa menjadikan Kabupaten wong ngapak ini memiliki banyak sekali pantai indah yang tidak boleh dilewatkan saat liburan tiba.

Ada banyak sekali tempat wisata di Cilacap yang memiliki keindahan tidak kalah daripada tempat wisata di Lombok, atau tempat wisata di bali sekalipun.

Siapa sangka ternyata, Kabupaten yang terkenal dengan pulau Nusakambangan-nya ini memiliki potensi objek wisata yang indah dan tak terlupakan.

Tempat Wisata di Cilacap Jawa Tengah

Tempat Wisata di Cilacap

Tempat Wisata di Cilacap

Berikut ini Tempatwisataseru rangkum tempat wisata di Cilacap yang bisa anda kunjungi saat musim liburan tiba. oh ya, urutan nomor objek wisata berikut ini tidak menunjukkan yang paling bagusnya, hanya penempatannya saja biar urutan, bukan berdasarkan keindahan objek wisatanya. Yuk cek di bawah ini:

1. Wisata Hutan Payau (Mangrove)

Tempat wisata di Cilacap yang pertama adalah objek wisata hutan payau (mangrove) yang ada di desa Karang Talun, kec. Tritih Kulon kab. Cilacap. Hutan payau ini memiliki daya tarik berupa keindahan alam yang memukau serta memanjakan pengunjung.

Loading...

Tahukah anda, ternyata objek wisata hutan payau ini sudah ada sejak 1978 dan saat ini dijadikan hutan kota dengan luas 10 hektar hutan mangrove.

Wisata Hutan Payau (Mangrove)

Wisata Hutan Payau (Mangrove)

Untuk bisa menikmati libura di Wisata Hutan Payau (Mangrove) ini, anda bisa menggunakan 2 alternatif. Pertama anda bisa menyewa kapal nelayan yang ada di pelabuhan seleko, harga sewa per kapalnya sekitar 300-600rban.

Apa harga penyewaan ini sudah baku? Tentu saja belum, tergantung keahlian anda menawar. Kalau anda pinta menawar, maka anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Menyewa kapal nelayan ini lebih enak daripada yang regular soalnya kita bisa bebas mau pulang yang berapa dan maumelakukan apapun disana sampai puas, karena kita tidak dibatasi berlama lama mau bermain, dan anda akan ditunggu oleh nelayan atau mamang tukang kapalnya.

Untuk menuju Wisata Hutan Payau (Mangrove) ini anda harus menmpuh perjalan sekitar 1 jam dari pelabuhan seleko untuk sampai ke objek wisata hutan payau ini.

Untuk alternatif yang kedua, anda bisa menggunakan kapal reguler, untuk biaya tentu saja lebih murah, yaitu hanya 10rb perorangnya.

Setelah kita sampai kampung laut, minta tunjukkan sama warga kalau kita ingin liburan ke hutan mangrove nanti anda akan ditunjukkan bagaimana cara sampai kesana. Namun anda harus naik kapal lagi dan bayar lagi 10rb , waktu yang di butuhkan untuk perjalanan juga lebih lama, karena anda harus naik kapal 2x , kapal yang pertama menuju kampong laut membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan dari kampong laut itu menuju ke hutan mangrove nya sekitar 20 menit.

Selain waktu tempuhnya lebih lama, menggunakan kapal reguler juga kurang nyaman karena sangat ramai dan juga sempit sesak.  Dan lagi, anda akan dibatasi waktu berkunjung ke objek  Wisata Hutan Payau (Mangrove) ini, dimana anda harus berangkat dari Cilacap kurang lebih jam 8 pagi dan pulang ke Cilacap kapal terakhir sekitar jam 1 siang.

Nah, jika jam 1 anda belum selesai maka anda akan ketinggalan kepal pulang. Dan tentu saja harus menginap.

2. Kampung Laut Cilacap

Tempat wisata di Cilacap yang kedua adalah kampung laut yang merupakan sebutan untuk seluruh pemukiman “desa” penduduk sekitar yang berada di Segara Anakan, yaitu kawasan perairan yang terletak di antara daratan Cilacap sebelah Barat dengan Pulau Nusakambangan Cilacap.

Kampung Laut Cilacap

Kampung Laut Cilacap

Alamat :  Kampung Laut, Ujungalang, Cilacap

3. Benteng Pendhem Cilacap

Tempat wisata di Cilacap berikutnya yang bisa anda kunjungi adalah objek wisata Pendhem yang merupakan bangunan bekas markas pertahanan tentara Belanda pada saat dahulu, yang dibangun di area seluas 6,5 hektar secara bertahap selama hampir 18 tahun, dimulai dari tahun 1861 – 1879.

Benteng Pendhem Cilacap

Benteng Pendhem Cilacap

Benteng ini sendiri merupakan salah satu benteng peninggalan Belanda yang ada di Jawa Tengah, dimana letaknya ada di kawasan pantai teluk Penyu. Di benteng ini ada bisa melihat barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, gudang  senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru.

Benteng ini dulu sempat tertutup oleh tanah pesisir pantai dan sangat tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan kembali dan mulai di lestarikan pemerintah Cilacap tahun 1986.

Alamat: Alamat: Jl. Benteng, Cilacap, Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 5.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

4. Benteng Karang Bolong

Tempat wisata di Cilacap berikutnya adalah benteng karang bolong yang berdiri sejak tahun 1873 sebagai bekas peninggalan Kolonial Belanda.

Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong

Benteng ini cocok untuk dijadikan sebagai objek wisata mistis di Cilacap. Jadi khusus untuk anda yang doyan dan suka dengan hal-hal yang berbau mistis, bisa menjadikan benteng ini sebagai pilihan.

Wisatawan yang datang berkunjung bisa masuk ke dalam benteng dan melihat sisa-sisa peninggalan yang masih tersedia di ruang medis, ruang penjara, ruang dapur, dan ruang rapat. Tiap lorong benteng yang ada di benteng karang bolong memberikan gambaran sistem pertahanan yang dibangun pada masa penjajah Belanda.

Lokasi benteng ini ada di pulau Nusakambangan, Cilacap.

5. Gunung Srandil Cilacap

Gunung Srandil merupakan sebuah bukit karang yang berada di pesisir Pantai laut Selatan tepatnya di desa Glempang Pasir Kec. Adipala, Cilacap. Menuju Gunung Srandil dapat melalui kota Kroya, maupun kota Adipala.

Gunung Srandil Cilacap

Gunung Srandil Cilacap

Alamat: Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

6. Gunung Selok

Tempat wisata di Cilacap selanjutnya adalah gunung selok yang memiliki keindahan luar biasa. Gunung ini memiliki keindahan panorama alam yang istimewa dan menakjubkan, ada spot Selfie Deck dengan view hamparan laut selatan dan pesawahan dibawahnya, dikelilingi pepohonan rindang diatas bukit semakin menyejukkan siapapun yang datang kesini.

Gunung Selok

Gunung Selok

Di lokasi yang sama juga ada banyak hammock terpasang di pepohonan untuk bersantai, bangku cinta. Sangat cocok untuk yang sedang memadu cinta bersama si cinta. Untuk yang jomblo jangan kesini dulu ya, nanti akan tersayat-sayat hatinya 😀

Alamat: Karangbenda, Adipala, Karangbenda, Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

7. Pantai Jetis

Tempat wisata di Cilacap berikutnya adalah sebuah pantai yang masih asri. Pantai Jetis merupakan pantai yang masih perawan karena masih belum banyak orang yang mengetahui pantai ini.

Pantai Jetis

Pantai Jetis

Letak jetis sendiri ada di bagian ujung timur wilayah Kota Cilacap, dengan gelombang laut selatan yang terkenal sangat besar serta pemandangan dan pegunungan kapur pada wilayah Kota kebumen, membentang dengan hampir 3 km pada pintu timur tempat pintu masuk ke TPI (tempat pelelangan ikan) Pantai Jetis.

Alamat: pantai Jetis ada di desa Jetis, Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap

8. Pantai Teluk Penyu

Selain pantai jetis, anda juga bisa mengunjungi pantai teluk penyu yang ada di Cilacap Selatan. Pantai ini dikunjungi wisatawan mulai dari pelabuhan perikanan Samudera sampai bibir pantai Areal 70. Ada tempat pengembangan penyu di sini walaupun tidak sebanyak dulu.

Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu

Selain dapat melihat penyu-penyu yang dibudidayakan disini, wisatawan juga bisa bermain di pantai. Fasilitaas di pantai teluk penyu ini juga cukup lengkap, diantaranya ada kamar mandi, toilet, tempat ibadah, gazebo, lapangan voli, water sport, mercusuar, dan lain-lain. Dari bibir pantai wisatawan bisa melihat langsung Pulau Nusakambangan.

Di pinggir pantai juga banyak penjual kerajinan kerang dan souvenir yang bisa dibeli. Tersedia beberapa warung yang menjual ikan asin kering dan ikan segar yang dapat langsung dimasak sesuai keinginan wisatawan.

Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 5.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

9. Pantai Permisan Cilacap

Satu lagi pantai yang masih perawan di Cilacap yang menarik untuk kita kunungi, yaitu pantai permisan yang juga masih sangat alami belum banyak terjamah oleh manusia.

Pantai Permisan Cilacap

Pantai Permisan Cilacap

Pantai ini sangat cocok untuk wisatawan yang doyan bermain selancar, dengan deburan ombay yang menantang ditambah lagi pemandangan yang menakjubkan. Wisatawan yang datang kesini pasti senang berlama-lama sembari menyaksikan panorama keindahan pulau-pulau kecil dan batu-batu karang didepan pantai mempunyai nilai tersendiri dibanding pantai wisata lainnya di Cilacap.

Alamat: Pantai Permisan, terletak di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap

10. Pantai Kalipat

Selanjutnya, pantai kalipat juga bisa anda jadikan tempat liburan di Cilacap. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di kawasan nusakambangan yang sangat mempesona. Pantai dengan hamparan pasir putih dengan ombak biru berpadu dengan hujaunya bebukitan membuat sobat merasa damai dan nyaman.
Pantai Kalipat

Pantai Kalipat

Anda yang datang liburan kesini bisa mandi-mandi sambil bermain pasir atau bisa juga memanjat pohon di pinggir pantai sambil menikmati ombak air laut nan biru.

Alamat: Pulau Nusa Kambangan, Tambakreja, Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

11. Pantai Kali Kencana

Masih di pulau Nusakambangan, anda juga bisa mengunjungi pantai kali kencana yang memiliki panorama yang sangat indah.

Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana

Namun karena akses menuju lokasi yang cukup melelahkan dan harus melewati hutan serta beberapa sungai, membuat wisatawan jarang mengunjungi pantai yang masuk dalam kawasan lapas Nusakambangan ini.

Untuk menuju lokasi, wisatawan harus menempuh perjalanan skeitar 3 jam jalan kaki. Selama 3 jam perjalanan tersebut, anda akan menemukan beberapa aliran sungai yang dasarnya itu bantu dan kerennya lagi batu itu kaya ada warna warna peraknya, sekilas mirip bahan batu akik, selain aliran sungai ada juga beberapa air terjun kecil yang tingginya sekitar 3 meter.

Untuk biaya akses menuju ke lokasi pantai ini sendiri cukup murah, kita hanya cukup membayar retribusi kapal sebesar 25 ribu untuk mengantar ke sebrang nusakambangn dan dari sebrang itulah kita memulai tracking di hutan nusakambangan selama kurang lebih 3 jam.

Sebenarnya pantai ini sudah masuk dalam kawasan lapas nusakambangan..

Alamat: Sidanegara, Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

12. Pantai Karang Pandan

Tempat wisata di Cilacap selanjutnya adalah pantai karang pandan yang lokasinya dekat dengan pantai karang bolong. Untuk anda yang ingin mengunjungi pantai ini dari pantai karang bolong, cukup berjalan sekitar 30 menit saja.

Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan

Pasir pantai di pantai karang pandan ini putih bersih. Ombak di pantai ini cukup besar. Sehingga wisatawan yang datang harus ekstra hati-hati.

Alamat: Pulau Nusa Kambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

13. Pantai Widara Payung

Masih berupa pantai, ada juga pantai Widra Payung yang bisa anda kunjungi saat liburan di Cilacap. Pantai ini cukup asri, dimana tumbuh banyak pepohonan kelapa di pinggirnya serta tanaman lainnya.

Pantai Widara Payung

Pantai Widara Payung

Wisatawan yang ingin liburan ke pandai ini bisa masuk melalui 3 jalan, dimana yang utama berada di desa Widarapayung Wetan. Fasilitas yang bisa kita temukan di pantai ini yaitu tur dengan menggunakan perahu ke Pulau Nusakambangan yang cukup dekat.

Selain dengan perahu, wisatawan juga bisa menyewa andong untuk menjelajahi pantai. Pada bagian timur, wisatawan akan menemukan kolam renang. Jika ingin bermain di sana maka perlu membeli tiket Rp 5.000 per orang, atau Rp 3.000 untuk anak-anak.

Alamat: Widarapayung Wetan, Sidayu, Binangun, Sidayu, Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Tiket Masuk: Rp. 3.000 – Rp. 5.000/orang

14. Waduk Kubang Kangkung

Saat sedang ada di Kawunganten, tidak ada salahnya juga untuk liburan ke waduk kubang Kangkung. Waduk ini sendiri ada di perkebunan karet Kawungaten. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan pepohonan dan waduk yang menyejukkan. Di sekitarnya terdapat warung-warung yang menjual minuman segar seperti kelapa muda.

Waduk Kubang Kangkung

Waduk Kubang Kangkung

Liburan disini terasa lebih menyenangkan karena dilengkapi dengan wahana kapal wisata, bebek kayuh, mandi bola, kereta wisata, terapi ikan, dan lain-lain. Jika ingin bermain di wahana tersebut perlu membayar lagi. Para wisatawan dapat bersantai menikmati pemandangan dengan duduk di gazebo yang tersedia.

Lokasi: Kubangkangkung, Kawunganten 53253
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 2.000/orang
Jam Operasional: 07.00 – 17.00

15. Curug Cimandaway

Tempat wisata di Cilacap berikutnya adalah curug cimandaway yang masuk dalam kebun karet milik Perhutai Banyumas Barat. Air terjunnya memiliki lima tingkatan, dengan ketinggian 100 meter membuatnya menjadi yang paling tinggi di Kabupaten Cilacap.

Curug Cimandaway

Curug Cimandaway

Air terjun ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Cilacap yang akan anda kunjungi jika anda seorang pecinta alam. Air terjun ini memiliki sumber dari aliran Sungai Singaraja dan akhirnya menuju Sungai Cikawalon. Untuk melayani pengunjung yang datang maka dilengkapilah beberapa fasilitas di sekitar air terjun, mulai dari area parkir, warung makan, kamar mandi, tempat istirahat, dan lain-alain.

Alamat: Serang, Datar, Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

16. Hutan Pinus Karanggedang

Hutan pinus Karanggedang menjadi objek wisata di Cilacap berikutnya yang layak untuk anda kunjungi.

Hutan Pinus Karanggedang

Hutan Pinus Karanggedang

Alamat:  jl Pisang Karanggedang; Sidareja, Cilacap

17. Desa Matenggeng

Desa Matenggeng

Desa Matenggeng

Desa Matenggeng merupakan salah satu desa paling barat di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat.

Alamat: desa di kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Tengah

18. Masjid Batu Taman Hati

Ada sebuah masjid unik di Cilacap yang bisa kita jadikan sebagai tempat liburan religi untuk anda dan keluarga.

Masjid Batu Taman Hati

Masjid Batu Taman Hati

Alamat: Wisata Masjid Batu Taman Hati di Tritih Kulon Cilacap Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jalan Nusantara Kelurahan Tritih Kulon

19. Alun-Alun Majenang

Alun-Alun Majenang menjadi tempat wisata di Cilacap sekaligus tempat-tempat untuk nongkrong keluarga dan anak muda.

Alun-Alun Majenang

Alun-Alun Majenang

Lokasi: Jl. Diponegoro, Jenang, Majenang 53257
Koordinat: KlikDisini

20. Pura Mandara Giri Gunung Selok

Tempat wisata di Cilacap berikutnya adalah pura Mandara Giri. Pura ini ada di dalam kawasan wisata Gunung Selok. Jadi tiket masuknya sama dengan wisata Gunung Selok. Pura ini merupakan tempat persembahyangan umat Hindu. Wisatawan bisa menikmati arsitektur bangunan pura yang unik.

Pura Mandara Giri Gunung Selok

Pura Mandara Giri Gunung Selok

Alamat: Jalan Srandil, Adipala, Karangbenda  53271
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 4.000/orang

21. Air Terjun Citepus

Air Terjun Citepus

Air Terjun Citepus

Lokasi: Jl. Karang Jati, RT01/RW01, Jeruklegi, Citepus, Jeruklegi 53252
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 06.00 – 17.00
Telepon: 0821-2575-4545

22. Banyu Pratama

Banyu Pratama

Banyu Pratama

Alamat: Jalan Sampang Sikampuh, Sidasari, Sampang 53273
Koordinat: KlikDisini
Telepon: 0821-3672-7555

23. Waterpark Tirta Mas

Anda ingin bermain air sepuasnya? Nah, silahkan coba kunjungi waterpark tirta mas yang ada di Jalan Ranjani. Waterpark ini merupakan salah satu tempat liburan favorit keluarga saat akhir pakan atau pada waktu-waktu libur panjang.

Waterpark Tirta Mas

Waterpark Tirta Mas

Di waterpark tirta mas, terdapat tiga kolam renang yaitu anak kecil, menengah, dan orang dewasa. Di samping belakang terdapat kolam renang khusus untuk remaja dan dewasa. Tersedia beberapa gazebo untuk bersantai.

Lokasi: Jl. Rinjani, Sidanegara, Cilacap Tengah 53224
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 19.ooo/orang

24. Alun-Alun Kroya

Kalau anda mencari tempat nongkrong di Cilacap, nah alun-alun kroya adalah salah satu yang paling ramai. Di alun-alun ini anak-anak muda serta keluarga biasanya menghabiskan waktu bersama sambil bersantai dan menikmati kuliner yang ada di sekitar alun-alun.

Alun-Alun Kroya

Alun-Alun Kroya

Di Alun-alun Kroya terdapat sebuah tugu dan pusat kuliner. Anak-anak juga disediakan kereta mainan. Para warga yang datang bisa berolahraga ataupun hanya bersantai sambil membeli makanan.

Alamat: Kroya 53282
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: Buka 24 jam

25. Museum Susilo Soedarman

Anda ingin menikmati objek wisata sejarah? Nah, anda bisa mengunjungi Museum Soesilo Soedarman bersama keluarga tercinta.

Museum Susilo Soedarman

Museum Susilo Soedarman

Museum ini menyimpan banyak peninggalan dari Jenderal TNI (Purn) Soesilo Soedarman. Pendopo Wisma Mbah Ageng menjadi tempat museum yaang dibangun oleh kakek buyut dari Soesilo Soedarman.

Tidak hanya di dalam gedungnya saja, wisatawan yang liburan kesini juga bisa melihat kendaraan panser Amphibi dan pesawat patroli maritim NOMAD N-22 TNI-AL di halaman museum. Di bagian dalam terdapat beberapa benda peninggalan seperti senjata, gamelan, wayang, foto-foto, dan lain-lain.

Lokasi: Gentasari, Kroya
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 2.000/orang
Jam Operasional: 07.00 – 18.00

26. Pantai Srandil

Ternyata Cilacap masih memiliki pantai yang layak untuk dijadikan tempat liburan. Pantai Srandil. Pantai ini lokasinya berdekatan dengan Gunung Srandil tepatnya di bagian selatan. Pantai Srandil banyak digunakan sebagai tempat memancing oleh warga sekitar. Akses menuju ke tempat ini cukup mudah baik menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi.

Pantai Srandil

Pantai Srandil

Alamat: Karangbenda, Adipala 53271
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 2.000/orang

27. Bumi Perkemahan Jambusari

Di bumi perkemahan Jambusari ini terdapat pendapa, gedung sekretariat, prasasti, dan gapura. Fasilitas lainnya yang dibangun berupa jalan setapak, air bersih, toilet, dan penerangan. Setelah pembangunan selesai tempat ini diharapkan dapat menjadi kawasan bumi perkemahan bertaraf nasional.

Bumi Perkemahan Jambusari

Bumi Perkemahan Jambusari

Lokasi: Jalan Cilacap Wangon, Jeruklegi, Jambusari 53252
Koordinat: KlikDisini

28. Pemandian Air Panas Cipari

Selain wateroom tirta mas, juga ada pemandian air panas Cipari yang layak untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga tercinta. Letak pemandian air panas ini cukup jauh, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Cilacap.

Pemandian Air Panas Cipari

Pemandian Air Panas Cipari

Alamat: Pemandian Air Panas Cipari yang terletak 60 Km dari Kota Cilacap tepatnya di Desa Cipari, Kec. Cipari, Kabupaten Cilacap
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 5.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 16.00

29. Pantai Ketapang Indah

Tempat wisata di Cilacap selanjutnya adalah pantai ketapang indah yang memiliki luas sekitar 10 hektar. Akses menuju ke tempat wisata ini sangat mudah dengan menggunakan roda dua atau roda empat ke arah Cilacap-Gombong.

Pantai Ketapang Indah

Pantai Ketapang Indah

Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan rimbun, banyak pohon kelapa di pinggir pantai. Ombak di pantai ini cukup besar, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat berselancar. Selain itu, juga berdiri kios-kios cinderamata juga tertata dengan baik di sekitar pantai.

Lokasi pantai ini ada di Desa Sidaurip, Kecamatan Binangun. Pantai ketapang ini memiliki tempat parkir bebas, tempat berteduh dibawah pohon kelapa dan kios – kios cindera mata sudah tertata rapi.

Alamat: Jl. Pagubugan – Pantai Ketapang, Sidaurip, Binangun 53281
Koordinat: KlikDisini

31. Pantai Sodong

Masih berupa pantai, ada pantai Sodong yang juga layak untuk anda jadikan tempat liburan bersama keluarga atau orang tercinta. Pantai ini cukup rimbun ditumbuhi oleh pohon cemara udang yang ditanam rapi.

Pantai Sodong

Pantai Sodong

Agar liburan disini tambah seru, ditambahkan fasilitas ayunan dan bangku, namun jika kita menggunakannya perlu membayar Rp.5.000 karena masyarakatlah yang menyediakannya. Fasilitas lainnya berupa tempat parkir, toilet umum, dan warung-warung makanan.

Lokasi: Karangbenda, Adipala 53271
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 4.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

32. Pantai Cemara Sewu

Tempat wisata di Cilacap berikutnya adalah pantai cemara sewu yang sesuai dengan namanya tumbuh banyak pohon cemara yang berada di pinggir pantai. Pohon Cemara Udang yang terdapat di sana menambah keindahan pantai.

Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu

Pemandangan disekitar pantai ini cukup indah, anda akan disuguhkan pemandangan  perbukitan di Tanjung Karangbolong. Para wisatawan bisa memanfaatkan warung makan yang ada di sekitar pantai. Tersedia fasilitas kolam renang di bagian timur pantai.

Lokasi: Jetis, Nusawungi 53283
Koordinat: KlikDisini
Telepon: 0813-2702-1888

33. Curug Mandala

Anda mau mandi-mandi di alam, silahkan datang saja ke Curug Mandala. Curug ini lokasinya ada di tengah perbukitan. Pengelolaan yang masih kurang membuat akses menuju ke tempat ini cukup sulit.

Curug Mandala

Curug Mandala

Sejarah terbentuknya air terjun ini cukup unik, yaitu akibat bom dari tentara Balanda yang mengenai sumber mata air. Meskipun kurang dikelola dengan baik, namun ada saja wisatawan asing yang tertarik untuk berkunjung ke Curug Mandala. Tak heran karena curug ini cukup unik dan memberikan suasana romantis perbukitan yang sejuk.

Alamat: Mendala, Jeruklegi 53274
Koordinat: KlikDisini

34. Pantai Pasir Putih

Tempat wisata di Cilacap selanjutnya adalah Pantai Pasir Putih. Pantai ini sendiri terletak di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Untuk anda yang ingin liburan ke pantai ini anda bisa mengambil rute dari pusat Kota Cilacap ke Pantai Teluk Penyu dengan menempuh jarak sejauh 3 km, kemudian menyeberang ke Pulau Nusakambangan sekitar 10 menit dengan menyewa perahu berkapasitas 15 orang. Biaya sewanya sekitar Rp 10.000/orang.

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir putih bersih dan halus, namun pantai ini tidak terlalu luas. Meskipun tidak terlalu luas, namun indahnya pemandangan yang disajikan begitu memanjakan mata. Sehingga akan membuat wisatawan yang liburan kesini pasti puas.

35. Pantai Singkil Karang Pakis

Masih berupa pantai, ada pantai singkil karang pakis yang terletak di Desa Karangpakis, Kecamatan Nusawungu yang letaknya sekitar 3 km dari Pantai Ketapang Indah.

Pantai Singkil Karang Pakis

Pantai Singkil Karang Pakis

Pesona dari Pantai Singkil Karang Pakis sangatlah eksotis karena para wisatawan dapat merasakan air pantainya yang jernih, hamparan pasir putih dan deburan ombak yang bersahabat. Bahkan ketika sore hari, dapat menikmati suasana matahari terbenam (sunset).

36. Pantai Ranca Babakan

Tempat wisata di Cilacap yang terakhir adalah pantai ranca babakan yang letaknya ada di ujung barat Pulau Nusakambangan.

Pantai Ranca Babakan

Pantai Ranca Babakan

Untuk sampai ke pantai ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 35 km dari dermaga Sodong. Rute lainnya  bisa kita tempuh dari Pelabuhan Seleko menumpang Perahu Compreng dan turun di pantai dekat Plawangan, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan tikus untuk menuju Pantai Ranca Babakan.

Para pengunjung dapat melakukan aktivitas berlibur seperti bersantai, bermain air atau hanya sekedar duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati hembusan semilir angin pantai tersebut.

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali ya tempat wisata di Cilacap yang menarik untuk kita kunjungi. Selama ini mungkin masih belum terlalu terekspos ya. Yuk bagikan artikel ini agar objek wisata di Cilacap semakin terkenal dan lebih banyak lagi wisatawan yang datang.

Simak juga:

loading...

One Response

Leave a Reply

error: Content is protected !!