Liburan Seru ke Taman Nasional Way Kambas Lampung

Taman nasional way kambas atau TNWK adalah salah satu taman nasional yang berada di bagian ujung selatan Sumatra atau pun sekitar 110 km dari Bandar Lampung, yang juga jadi taman nasional tertua di Indonesia. Taman nasional way kambas ini adalah salah satu taman nasional yang pertama dan tertua yang menempati sekitar 1.300 km persegi dari hutan dataran rendah pantai dan disekitar sungai way kambas yang ada di pantai timur provinsi Lampung.

Artikel terkait: Liburan Seru ke Pantai Pasir Putih Lampung

Dan salah satu hal yang paling unik dari taman nasional way kambas ini adalah cukup dikenal sebagai konservasi gajah, sebab selain jadi tempat berlindungnya para gajah – gajah Sumatra, taman nasional way kambas tersebut juga cukup dikenal sebagai tempat latihan mereka.

Menariknya lagi, di taman nasional ini memiliki lebih dari 200 gajah Sumatra yang hidup di dalam taman nasional tersebut. Dan berikut ini akan Tempatwisataseru rangkumkan untuk Anda informasi lebih detailnya mengenai taman nasional way kambas Lampung.

Lokasi Taman Nasional Way Kambas

Untuk anda yang tertarik liburan kesini, lokasi tepat TNWK ada di Jl.Raya Labuhan Ratu Lama, Labuhan Ratu, Sukadana – Lampung Timur, Lampung – 34196.

Akses Menuju Lokasi Taman Nasional Way Kambas

Dari Bandar Lampung, anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam untuk bisa sampai ke TNWK. 

Bagi anda yang ingin liburan kesini, anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Apabila anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa ambil bus dari Rajabasa Terminal di Bandar Lampung ke arah Way Jepara. Turun di gajah batu di Rajabasa Lama Desa, Way Jepara, dan melanjutkan naik “Ojek” atau naik taksi sepeda motor ke Way Kanan atau Pusat Latihan Gajah (PLG), yang merupakan pintu masuk ke TNWK.

Sekedar informasi, bus langsung terakhir kembali ke Rajabasa Lama kembali pada pukul 15.00 WIB Waktu Indonesia Barat, dan akan lebih baik jika Anda tiba sebelum senja, karena “Ojek” tidak akan mendorong Anda ke sana setelah waktu ini. Seluruh perjalanan akan memakan waktu sekitar sekitar 2-3 jam. Atau, dari Bandar Lampung, Anda dapat naik bus ke Metro dan kemudian bus lain untuk Rajabasa Lama yang juga berlangsung sekitar 2-3 jam.

Untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Bandar Lampung mengambil jalan ke utara Kota Bumi dan ikuti tanda-tanda serial gajah yang mudah akan membawa Anda ke TNWK. Hal ini dimungkinkan untuk menyewa taksi dari Bandar Lampung ke Way Kambas tetapi jauh lebih mahal.

Dari Bandarlampung ke Kabupaten Lampung timur, jalan relatif dalam kondisi baik. Namun, karena Anda memasuki daerah Sukadana, perjalanan akan  bergelombang sedikit sejak beberapa bagian jalan dalam kondisi buruk. Dari pasar Way Jepara ke pintu masuk TNWK kondisi jalan buruk sepanjang 5 Km.

Hal Menarik di Objek Wisata Taman Nasional Way Kambas

Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa pembentukan awal taman nasional tersebut bertujuan untuk lindungi adanya gajah dan di waktu yang sama menciptakan saling menguntungkan bagi kedua gajah dengan manusia. Di sinilah nantinya Anda akan dapat melihat kawanan gajah – gajah yang sedang melakukan kegiatan seperti bermain sepak bola atau pun pertunjukan menghibur yang lainnya. Bahkan di taman nasional way kambas ini juga berdiri sebuah rumah sakit khusus untuk gajah yang terbesar se Asia Tenggara.

Atraksi di taman nasional way kambas

Atraksi di taman nasional way kambas

Hal yang paling menarik dari taman nasional way kambas ini adalah terdapat taman berdinding yang cukup luas, dan dipenuhi dengan pepohonan buah – buahan tropis, tempat tersebut tawarkan 4 cottage yang masing – masing dengan kamar luas yang bisa menampung sampai dengan 4 orang dengan tempat tidur, mandi air panas, toilet, dan kipas langit – langit.

Liburan seru di taman nasional way kambas

Liburan seru di taman nasional way kambas

Flora dan Fauna di Taman Nasional Way Kambas

Tak hanya konservasi gajah saja, di taman nasional way kambas ini juga terdapat konservasi badak Sumatra dan ada pula fasilitas Rhino Sanctaury. Namun sangat disayangkan sekali untuk dapat melihat badak Sumatra tersebut Anda wajib memiliki ijin khusus sebelumnya.

Badak di taman nasional way kambas

Badak di taman nasional way kambas

Para pengunjung biasa tidak akan bisa melihat penangkaran alami badak Sumatra ini. Selain hal tersebut, di taman nasional way kambas juga rumah bagi flora eksotis, seperti halnya api – api, nipah, pidada, gelam, salam, rawang, ketapang, pandan, dan masih ada banyak lagi lainnya.

Di bagian pesisir Taman Nasional Way Kambas yang berawa juga sering ditemukan berbagai jenis burung antara lain Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya.

Ijin untuk bisa masuk ke taman nasional way kambas ini bisa didapatkan di pintu gerbang. Selain datang secara langsung, Anda juga bisa mendpatkan dari HQ konservasi di Bandar Lampung. Fasilitas yang diberikan di tempat ini bisa Anda temukan di dekat taman nasional yang berada sekitar 500 meter dari pintu masuk tempat wisata yang bernama satwa Sumatra elephant eco lodge.

Penginapan di Taman Nasional Way Kambas

Menjelajah taman nasional ini membutuhkan waktu berhari-hari. Agar lebih puas liburan di TNWK ini, anda bisa menginap di sekitarnya. Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Satwa Sumatra Elephant Ecolodge
  2. Way Kanan Resort
  3. Pusat Pelatihan Gajah
  4. Way Kambas National Park Camping Ground
  5. YESTOYA Club House Hotel

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang taman nasional way kambas dari kami. Semoga saja bisa bermanfaat dan menjadi panduan untuk anda yang ingin liburan kesini. Simak juga: 65 Destinasi Wisata di Lampung yang Menarik Dikunjungi

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!