Objek Wisata Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi Jawa Timur

Taman Nasional Alas PurwoSelama ini Banyuwangi memang dikenal dengan potensi pantai yang berlimpah. Hal ini juga karena secara geografis, Banyuwangi berada dekat dengan Pulau Bali. Akan tetapi selain tentang potensi wisata pantai yang bisa ditemukan di Banyuwangi, salah satu hal menarik untuk dibahas dari Banyuwangi adalah Taman Nasional Alas Purwo.

Taman Nasional Alas Purwo memang sebuah hutan wisata yang tersedia banyak sekali potensi wisata didalamnya mulai dari pantai, air terjun, padang savana dan masih banyak yang lainnya. Bahkan ada beberapa pura yang bisa kita temukan didalamnya.

Terlepas dari semua itu, masih banyak orang yang sampai saat ini mengaitkan Taman Nasional Alas Purwo dengan suasana mistis didalamnya. Ya, hal ini karena sejak dulu Taman Nasional Alas Purwo memang dikenal sebagai hutan kutukan dimana banyak mantra – mantra didalamnya. 

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda liburan ke Taman Nasional Alas Purwo Jawa Timur, yuk simak ulasnanya berikut ini:

Lokasi Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo sendir masuk dalam Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dimana lebih tepatnya terletak di dalam 2 Kecamatan, Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Kalipuro. Taman ini juga merupakan perlintasan jalur antara Banyuwangi dan Situbondo. Dari arah Pelabuhan Ketapang, Alas Purwo hanya berjarak sekitar 5 km, sedangkan dari kota Banyuwangi sendiri Anda harus menempuh jarak sekitar 14 km ke arah utara.

Akses Menuju Taman Nasional Alas Purwo

Agar bisa sampai ke Taman Nasional ini anda bisa melalui beberapa rute, silahkan simak rutenya berikut ini:

  • Dari Banyuwangi, silahkan lanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Rogojampi – Srono – Muncar – Tegaldlimo. Sesampainya di kecamatan Tegaldlimo, Anda harus menyusuri jalan sekitar 10 km melalui jalan berbatu. Setelah itu, Anda akan menemukan Pos Perhutani Taman Nasional Alas Purwo yang merupakan gerbang masuk menuju Alas Purwo.
  • Untuk anda yang berasal dari Surabaya, anda bisa mengambil rute Surabaya – Jember yang memakan waktu tempuh sekitar 4 sampai 5 jam. Dari arah Jember, lakukan perjalanan menuju Kecamatan Genteng yang berjarak sekitar 65 km, kemudian lanjutkan perjalanan menuju Jajag – Srono – Muncar – Tegaldilmo. Selanjutnya Anda akan sampai di Alas Purwo.

Bagi anda yang hendak menuju taman nasional ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, karena memang belum ada kendaraan umum menuju taman nasional alas purwo. Anda bisa menggunakan motor atau mobil pribadi.

Bagi anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, sebaiknya anda menyewa.

Suasana Mistis Di Taman Nasional Alas Purwo

Berbicara mengenai suasana mistis di Taman Nasional Alas Purwo kemungkinan besar kita akan membahas tentang kejadian masa silam disini. Konon, sejak sebelum masa penjajahan tak ada manusia yang bisa pulang kalau sudah masuk ke kawasan Alas Purwo.

Sementara bagi orang yang dapat keluar dengan selamat dari Alas Purwo konon mereka akan mendapatkan musibah atau mendapat kecelakaan semasa hidupnya. Dengan hadirnya berbagai mitos gaib yang melegenda ini kemudian Taman Nasional Alas Purwo sampai saat ini digunakan untuk menimba ilmu gaib dan dijadikan tempat teraman dan ternyaman bagi petapa bersemedi.

Di Taman Nasional Alas Purwo terdapat lebih dari 40 goa dan hampir semuanya dihampiri orang untuk bertapa. Ada salah satu goa yang sangat terkenal disini yaitu Goa Istana. Menurut banyak orang kalau Goa Istana ini pernah dikunjungi presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno untuk bertapa dan mencari ketenangan.

Taman Nasional Alas Purwo sendiri punya suatu daya tarik. Dibalik kisah mistis dari Taman Nasional Alas Purwo memang terdapat daya tarik berupa keindahan alam yang indah. Di kawasan ini Anda bisa temukan padang savana yang sangat luas, pantai yang benar – benar indah bahkan terdapat juga beberapa air terjun yang dapat dikunjungi. Dijamin petualangan seru bisa dilakukan disini.

Jangan lewatkan juga: Liburan Seru Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur

Objek Wisata di Taman Nasional Alas Purwo yang Menarik Disambangi

Berikut ini beberapa destinasi wisata di TN Alas Purwo yang sayang untuk dilewatkan:

1. Savana Sadengan

Objek wisata di Taman Nasional Alas Purwo yang pertama adalah Savana Sadengan. Savana sadengan sendiri merupakan taman yang menghampar luas dengan koleksi hewan yang beraneka ragam. Hewan-hewan liar ini hidup di alam bebas di habitat aslinya.

Savana Sadengan

Savana Sadengan

Anda bisa melihat kumpulan hewan liar ini dari menara pandang 3 lantai untuk mengamati prilaku mereka.  Selain itu, juga terdapat penginapan di sekitar pos pengamatan tersebut yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin melakukan pengamatan lebih lanjut pada malam hari.

Disini, anda bisa melihat rusa, banteng hingga babi hutan. Serta berbagai macam jenis burung. Jika ingin mendapatkan suasasana dan pemandangan yang maksimal, sangat disarankan datang ke tempat ini pada pagi hari antara jam 6 sampai jam 9 atau sore antara jam setengah empat sampai jam lima. Pada jam-jam tersebut para binatang biasanya akan berkumpul dan bermain

2. Pantai Plengkung

Objek wisata di Taman Nasional Alas Purwo selanjutnya adalah pantai Plengkung yang merupakan salah satu tempat berselancar andalan di Banyuwangi. Pantai ini memiliki ombak yang cukup menantang. Karena tinggi juga berjajar tiga lapis.

Pantai Plengkung - Taman Nasional Alas Purwo

Pantai Plengkung – Taman Nasional Alas Purwo

Selain dikenal dengan nama pantai plengkung, pantai ini juga disebut pantai G-Land. Pantai ini adalah tempat terbaik di Banyuwangi untuk berselancar.

Tidak hanya dari dalam negeri, peselancar dari luar negeri juga rela datang jauh-jauh untuk merasakan sensasi ombak yang menantang di pantai ini. Bukan hanya isu, karena pantai ini beberapa kali dijadikan tempat untuk event selencar tingkat dunia. Selain bisa diakses dari Banyuwangi, pantai ini juga bisa diakses dari Bali menggunakan speedboat

3. Pantai Trianggulasi

Selain pantai plengkung, pantai Trianggulasi juga menjadi destinasi wisata di Taman Nasional Alas Purwo yang tidak boleh anda lewatkan. Pantai cantik berpasir putih ini membuat pantai ini sangat cocok untuk dijadikan liburan bersama pasangan tercinta.

Lokasinya yang cukup sulit untuk diakses membuat pantai nan cantik ini jarang dikunjungi wisatawan, namun justru karena sepi lebih membuat pantai ini menjadi privat untuk berduaan. Untuk anda yang suka menjelajah, pantai Trianggulasi adalah sebuah tempat yang bisa dimasukkan dalam daftar jelajah berikutnya.

4. Pantai Pancur

Pantai pancur bisa anda jadikan objek wisata di Taman Nasional Alas Purwo selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Pantai yang dinamai berdasarkan sebuah sungai yang airnya mengalir ke pantai yang membentuk sebuah pancuran.

Pantai pancur juga tidak kalah indah dari pantai plengkung atau pantai trianggulasi. Dengan suasana natural plus pasir putih dan air laut berwarna biru jernih. Di sekitar pantai terdapat sebuah area camping ground yang biasa digunakan untuk camping. Sekitar 2 km dari pantai terdapat goa yang cukup sakral yakni Goa Istana dan Sendang Srengenge

5. Pantai Ngagelan

Destinasi wisata di Taman Nasional Alas Purwo selanjutnya adalah pantai Sukamade. Pantai penyu ini menjadi salah satu tempat menarik untuk kita kunjungi, disini kita bisa melihat aktivitas penyu bertelur saat malam hari.

Setidaknya ada 4 jenis penyu yang sering bertelur disini, yaitu penyu lekang, penyu sisik, penyu belimbing dan penyu hijau. Disini, anda juga bisa melihat proses pelepasan anak penyu/tukik di Pantai Ngagelan ini. Waktu paling tepat untuk menyaksikan penyu bertelur di Pantai Ngagelan adalah antara bulan Mei – September

6. Pantai Cungur

Kalau tadi kita bisa melihat penyu, di pantai cungur ini anda bisa melihat berbagai jenis burung liar karena pantai ini merupakan habitat burung lokal juga burung migran yang kebetulan sedang berada di Pantai Cungur pada waktu-waktu tertentu. Setidaknya ada 39 jenis burung disini. Bagaimana, anda tertarik melihat burung?

7. Kawasan Hutan Mangrove Bedul

Objek wisata di Taman Nasional Alas Purwo selanjutnya adalah hutan mangrove Bedul yang merupakan hutan mangrove terluas di pulau Jawa.

Kawasan Hutan Mangrove Bedul

Kawasan Hutan Mangrove Bedul

Disini anda bisa berkeliling area hutan mangrove dengan menyewa perahu nelayan. Pengembangan area wisata di kawasan ini sendiri merupakan hasil kolaborasi pihak Taman Nasional Alas Purwo dengan warga di Sumber Asri

8. Bangunan Pura Luhur Giri Salaka

Objek wisata di Taman Nasional Alas Purwo selanjutnya adalah pura luhur giri salaka yang merupakan bangunan pura kuno yang masih aktif digunakan untuk melakukan upacara adat umat Hindu. Lokasinya berada di jalan masuk menuju pantai Trianggulasi. Pura ini sekaligus menjadi salah satu tempat wisata religi di kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Bangunan Pura Luhur Giri Salaka

Bangunan Pura Luhur Giri Salaka

Wisatawan bisa melihat upacara adat Hindu yang diadakan di pura ini adalah Pager Wesi. Yakni sebuah upacara sakral yang dilaksakan setiap 210 hari sekali. Tujuan dari upacara ini adalah penyelamatan ilmu pengetahuan penolak ancaman raksasa bagi umat manusia yang diturunkan oleh para dewa. Bangunan pura ini sendiri tidak jauh berbeda dengan pura-pura yang banyak dijumpai di Bali. Ada beberapa patung yang dibalut dengan kain kotak-kotak hitam putih/kain poleng khas Bali.

Bagaimana? Anda pasti sudah tidak sabar lagi ingin segera mengunjungi TNAP bukan? Tunggu apalagi yuk segera buat rencana kapan akan berkunjung, dan yang jomblo dengan siapa akan berangkat?

Demikianlah ulasan seputar Taman Nasional Alas Purwo dari kami. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya. Simak juga: 34 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!