Liburan Seru ke Pantai Pelang Trenggalek Jawa Timur

Pantai Pelang adalah salah satu pantai indah yang ada di Jawa Timur yang sayang untuk anda lewatkan. Pantai ini terletak di kabupaten Trenggalek dan memiliki keunikan dimana di lokasi pantainya terdapat sebuah air terjun.

Perpaduan dari air terjun yang biasanya terletak di gunung dan pantai sangatlah jarang terlihat. Namun jika anda ingin melihat fenomena alam yang langka ini anda bisa berkunjung ke pantai Pelang.

Akses lokasi menuju pantai ini cukup mudah karena jalanannya sudah beraspal. Anda harus melewati hutan-hutan untuk bisa mencapai tempat ini. Hal ini tidaklah mengherankan karena letaknya yang cukup tersembunyi sehingga anda harus menempuh jarak yang lumayan jauh dari pusat kota Trenggalek.

Selama perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan indah yang menawan sehingga walaupun jaraknya cukup jauh akan terasa sebentar saja. Berikut ini adalah keindahan pantai Pelang yang bisa anda temukan.

Artikel terkait: Liburan Seru Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur

Pantai Pelang Trenggalek, Pantai Sejuk Nan Indah

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda liburan ke pantai indah yang memiliki air terjun nan cantik ini untuk liburan. Simak ulasannya berikut ini:

Tebing di Tepi Pantai Pelang

Tebing di Tepi Pantai Pelang

Akses Lokasi Pantai Pelang Trenggalek

Pantai iin terletak 57 km dari kota Trenggalek, jika ditempuh dengan kendaraan bermotor waktu perjalanannya 2 hingga 2,5 jam. Anda tidak perlu khawatir karena jalanannya sudah beraspal meskipun anda harus melewati jalanan naik dan turun serta melewati hutan yang memiliki pemandangan alami yang indah. Pantai nan indah ini terletak di desa Wonocoyo, kecamatan Panggul. Nanti akan ada papan petunjuk menuju lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Pelang Trenggalek

Jika anda datang ke pantai Pelang pada saat hari libur, anda akan dimintai tiket masuk sebesar Rp. 8000. Namun jika anda datang di hari biasa, anda hanya akan dikenakan tiket sebesar Rp.7500 saja. Disini lokasi parkirannya sangatlah luas serta sejuk jadi anda tidak perlu khawatir kendaraan anda terkena panas karena di sekeliling tempat ini banyak ditumbuhi oleh tanaman khas vegetasi pantai.

Disekitar pantai juga disediakan gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk menikmati pemandangan pantai dari kejauhan.

Keindahan Alam Pantai Pelang Trenggalek 

Pantai Pelang memiliki bentangan pasir kecoklatan yang indah dengan pulau kecil ditengah pantainya. Namun anda tidak diperkenankan untuk berenang di pantai Pelang karena ombaknya yang sangat ganas.

Pantai Pelang Trenggalek

Keindahan Pantai Pelang Trenggalek

Di lokasi pantai ini anda akan menemukan air terjun yang disebut dengan Grobogan Sewu. Air terjun ini terletak 300 meter dari pesisir pantai yang bisa dicapai dengan mengikuti jalan setapak yang ada.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Pelang

Pantai ini memiliki ombak yang terbilang ganas sehingga anda harus cukup merasa puas berjalan-jalan saja di sekitaran pantai tanpa berenang. Namun jika anda tetap ingin basah-basahan, lebih baik anda untuk bermain air dan menikmati segarnya air terjun Grobogan Sewu. Disini anda dapat sepuasnya menikmati derasnya air terjun ini dan termasuk wilayah aman bagi para wisatawan.

Air Terjun Grobogan Sewu

Air Terjun Grobogan Sewu

Air terjun grobogan sewu yang menarik untuk dikunjungi ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Hal ini dikarenakan air mengalir jatuh dari tebing yang cukup panjang, tebingnya pun berupa mirip batuan Karst yang bewarna putih agak kekuningan. Tak hanya itu saja, disekitar air terjun juga terdapat pohon yang tumbuh dengan subur. Akara pohon yang melintang seakan-akan menghalangi laju aliran air terjun tersebut.

Air terjun ini sangat seru untuk dijadikan tempat mandi dan bermain, dibawahnya terdapat lubang-lubang kecil seperti sebuah goa yang menarik untuk dikunjungi.

Air terjun yang juga memiliki nama lain Air Terjun Pantai Pelang ini masih berada di dalam kawasan wisata Pantai Pelang Trenggalek.

Air terjun ini memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti kamar mandi bilas, mushala, tempat parkir, bumi perkemahan, taman bermain serta warung-warung makan.

Perlu diperhatikan, karena jalanan di sekitar lokasi ari terjun ini cukup licin, anda harus berhati-hati saat berjalan agar tidak terpeleset.

Kapankah waktu terbaik untuk datang kesini? Sebaiknya wisatawan datang kesini pada saat musim hujan karena pada musim penghujan debit airnya lebih banyak jika dibandingkan pada musim kemarau. Para pengunjung yang berwisata ke sini pun diharapkan tidak merusak alam yang ada di sana.

Wisatawan yang datang kesini bukan hanya dari dalam kota Trenggalek saja, tetapi dari luar kita juga. Nah, untuk anda yang datang dari luar kota, sebaiknya anda menginap dengan mendirikan tenda-tenda sebagai tempat beristirahat ataupun mencari tempat menginap di sekitar kota Panggul.

Itulah tadi keindahan pantai Pelang Trenggalek yang harus anda lihat secara langsung. Pada musim liburan panjang akhir tahun ini, pantai Pelang merupakan tempat sempurna sebagai tujuan berlibur. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya lewat medsos anda agar pantai Pelang ini semakin terkenal lagi. Simak juga: Objek Wisata Alam Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa Timur Nan Mempesona

Leave a Reply

error: Content is protected !!