Objek Wisata Pasar Seni Gabusan Pusat Bantul

Pasar Seni Gabusan Pusat – Sebuah desa bernama Timbulharjo memiliki sebuah pasar yang berbeda dari pasar – pasar pada umumnya. Keunikan dari pasar ini terletak dari jejeran barang yang diperdagangkan. Jika pada umumnya sebuah pasar dilengkapi dengan berbagai jenis kebutuhan pokok dan kebutuhan rumah tangga lainnya, berbeda halnya dengan pasar yang terdapat di Kab Bantul ini.

Sebuah pasar yang dijadikan objek wisata untuk menikmati karya seni warga Bantul, ini bernama Pasar Seni Gabusan Pusat. Bukan hanya dijadikan sebagai pusat jual beli kerajinan atau karya seni saja namun juga dimanfaatkan sebagai objek wisata.

Jadi buat kamu yang ingin melihat – lihat karya seni warga Bantul tidak perlu menyusuri dusun – dusun tempat produksi karya seni tersebut.

Silahkan mengunjungi pasar seni gabusan pusat ini. yang telah berdiri selama 2 tahun terakhir ini sebagai pusat jual beli kerajinan dari seluruh Bantul.

Hal ini bertujuan mengenalkan kerajinan warga Bantul ini kepada dunia internasional. Sehingga pasar seni gabusan pusat ini telah dirancang khusus sebagai jembatan pengrajin lokal menuju pasar internasional.

Selain mengincar pasar internasional pastinya pasar ini juga mengincar pasar lokal atau pasar dalam negeri, yang mulai melupakan karya akan bangsanya sendiri.

Pasar seni ini berupaya menyadarkan warga lokal betapa pentingnya mencintai produk dalam negeri yang memiliki desain dan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Selain itu banyaknya minat wisatawan asing yang datang juga membuktikan bahwa karya negeri kita memiliki standar internasional.

Pasar Seni Gabusan Pusat

Pasar Seni Gabusan Pusat

Lokasi Pasar Seni Gabusan Pusat Bantul

Pasar seni gabusan pusat yang bukan hanya dijadikan pusat jual beli karya seni warga Bantul ini juga dijadikan objek wisata yang dikunjungi wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara ini berlokasi di Jalan Parangtritis KM 9,5 Dusun Balong, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55185.

Loading...

Lokasi pasar ini sangat mudah dilalui oleh kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, selain itu untuk kamu yang memilih naik kendaraan umum juga tersedia transportasi umum yang berupa bus.

Selain itu jarak antara pasar seni ini dengan pusat kota Jogja juga sangat dekat, hanya berjarak sekitar 15 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 20 – 30 menit pada kondisi jalan normal.

Untuk rute menuju lokasi pasar seni juga sangat mudah ditemukan karena berada satu arah dengan kawasan wisata pantai parangtritis. Jika kamu masih ragu dan takut nyasar bisa langsung menggunakan google maps sebagai panduan perjalanan kamu  yang cukup efektif.

Peta Lokasi Pasar Gabusan

 

Jam Operasional Pasar

Untuk berkunjung ke lokasi ini kamu tidak perlu terlalu pagi pergi dari rumah ya!, sebab lokasi wisata pasar seni ini baru akan dibuka atau mulai beroperasi pada pukul 09.00 WIB. Dan akan ditutup pada pukul 21.00 wib. Jadi pasar seni gabusan ini hanya beroperasi selama 6 jam per harinya.

Untuk masuk ke pasar seni gabusan pusat ini pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk karena memang pasar ini merupakan fasilitas umum yang bisa dinikmati siapa saja. namun jika kamu menginginkan karya seni yang di ciptakan para pengrajin silahkan membeli dengan harga yang sudah ditetapkan pedagang.

Tiket Masuk, Gratis!

Hanya saja buat pengunjung yang membawa kendaraan pribadi silahkan membayar tiket parkir. Untuk hara tiket parkirnya sendiri dibandrol dengan harga yang bersahabat yaitu untuk kendaraan roda dua atau motor silahkan membayar Rp. 2000 saja.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil silahkan membayar tiket parkir seharga RP 5000. Lalu bagaimana dengan tiket parkir bus, dibandrol dengan harga Rp. 20000. Sebab saking luasnya lahan parkir yang tersedia jenis kendaraan bus sejenis bus pariwisata bisa parkir ditempat ini.

Fasilitas di Pasar Seni Gabusan Pusat Bantul

Pasar gabusan yang telah berdiri selama 2 tahun terakhir ini bertaraf internasional, sehingga dalam segi fasilitas penunjangnya tidak perlu diragukan lagi. Pastinya dalam segi fasilitas ditunjang dengan sarana yang sangat lengkap.

Mulai dari bentuk pintu gerbangnya yang sangat unik dan cantik perpaduan antara konsep tradisional dan internasional membuat pasar ini semakin menarik.

Dengan luas lahan sekitar 4, hektar tidak heran jika pasar ini mampu menampung lebih dari 444 pengrajin dari seluruh Bantul.

Pasar yang berarsitek dalam dan luar negeri ini terbagi dalam 16 los dengan pengelompokan produk yang dijual. Selain itu terdapat pula beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti:

  • Tempat parkir : pasar seni gabusan pusat ini juga dilengkapi dengan area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan para pengunjung dan pedagang di pasar gabusan ini
  • Tempat sampah : diletakkan berjejer di beberapa sudut pasar ini sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan pasar
  • Toilet umum : buat kamu yang berkunjung ke pasar gabusan ini tidak perlu takut saat ingin buang air kecil sebab di beberapa tempat dibangun toilet umum
  • Mushola : buat pedagang dan pengunjung muslim disediakan mushola untuk menjalankan ibadah
  • Tempat jajan : petugas pengelola pasar bukan hanya merancang berbagai los untuk pedagang karya seni saja namun juga dibangun beberapa los yang digunakan untuk pedagang yang ingin menjual jajanan atau makanan.
  • Wifi gratis juga tersedia di pasar seni gabusan pusat.

Hasil Seni yang Tersedia

Kerajinan di Pasar Seni Gabusan Bantul. (FOTO. dok.bantulcraft)

Kerajinan di Pasar Seni Gabusan Bantul. (FOTO. dok.bantulcraft)

Pasar seni gabusan pusat merupakan sentral karya seni pengrajin di sekitar kab Bantul, Jogja. dengan pembangunan sentral seni ini memudahkan pengunjung yang ingin memiliki atau sekedar menikmati hasil karya lokal tanah harus berkeliling desa yang memproduksinya.

Selain itu dengan adanya pasar lokal yang bertaraf internasional ini bisa menjembatani hasil karya bangsa kita menembus pasar internasional.

Sebab dari awal pembangunannya memang dirancang sebagai pasar yang bertaraf internasional, dengan arsitektur bangunan dan konsepnya gabungan antara tradisional dan internasional, sehingga menciptakan sesuatu yang unik dan sangat menarik.

Jadi ketika kamu berkunjung jangan heran jika banyak penduduk berkulit putih yang wara – wiri di pasar yang dibangun diatas lahan seluas 4,5 hektar ini.

Pembangunan pasar yang luas dan megah ini mampu menampung 444 pengrajin yang menjadi surga kerajinan Bantul. Meski arsitek yang digunakan dari dalam dan luar negeri masih tetap menonjolkan arsitek lokal, yang terbagi menjadi 16 los yang dibedakan menurut jenisnya.

Pasar ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih dan pusat informasi. Selain itu pembangunan terus dilakukan secara bertahap yang akan bisa menampung 8015 unit kerajinan dari seluruh pelosok Bantul

Pasar seni gabusan pusat yang memiliki area yang sangat luas ini menyediakan berbagai kerajinan yang dibuat dari berbagai bahan dasar seperti bahan kulit, bahan logam, bahan kayu, bahan tanah liat serta bahan eceng gondok. Berbagai jenis kerajinan bisa kamu temukan di tempat ini dengan harga yang bervariasi.

Seketika kamu sampai di lokasi pasar gabusan nuansa internasional sudah mulai terasa dari mulai bentuk pintu gerbangnya yang sangat unik.

Aneka Kerajinan yang Bernilai Seni

Aneka Kerajinan yang Bernilai Seni

Ada Tempat Kulineran Enak, Lho!

Buat kamu yang suka berfoto silahkan berselfie ria di pintu gerbang yang memiliki desain menarik ini. setelah memasuki gerbang kamu akan menemukan resto tempat kamu memanjakan lidah dengan menu lokal dan menu dari daerah lainnya yang sangat lezat.

Resto ini berada di atas di dekat jembatan penyeberangan dan ramp, sehingga sambil menikmati kelezatan aneka kulinernya kamu bisa menikmati pemandangan di sekitar kawasan pasar gabusan ini.

Tidak jauh dari resto kamu bisa melihat sebuah ruko dengan arsitektur yang sangat cantik dan menarik untuk dikunjungi. Ruko yang artistic tersebut merupakan pusat informasi serta tempat pelayanan kebutuhan wisatawan.  Jadi buat kamu yang pertama kali berkunjung dan belum memahami betul seluk beluk pasar gabusan ini bisa menuju pusat informasi terlebih dahulu.

Kunjungi juga yuk: Wisata Alam Air Terjun Seribu Batu Bantul

Ada Banyak Hasil Kerajinan

Setelah berjalan melewati jembatan penyeberangan dan tiba di los yang pertama mata kamu akan sangat terkagum melihat berbagai kerajinan tas yang terbuat dari rotan. Apa lagi buat para ladies pasti betah berlama – lama di tempat ini. karena meski tas – tas di sini terbuat dari rotan , namun desainnya sangat modis.

Terlihat tas – tas yang dibuat dari anyaman rotan yang terlihat sangat rapi. Belum lagi untuk menambah kesan elegan dan cantik di tambahkan berbagai aksesoris dari kain dan pita – pita cantik.

Selain jejeran tas multifungsi kamu juga bisa melihat kerajinan lain seperti kotak yang terbuat dari anyaman bambu yang memiliki aneka ragam warna terlihat sangat unik dengan desain yang apik.

Pada bagian los kedelapan terdapat para penjual tempat lilin untuk hiasan meja ruang makan. Hiasan tempat lilin tersebut terbuat dari berbagai bahan dasar dengan beragam desain yang cantik.

Terlihat sebuah tempat lilin yang berbentuk mangkuk kecil dengan hiasan tali di sekelilingnya dan berwarna coklat. Selain itu hiasan lilin dengan beragam model lain juga terdapat di los ini seperti tempat lilin yang terbuat dari bambu dengan hiasan berupa  tali yang mengelilinginya yang dibelah beberapa sisinya yang digunakan sebagai bagian kaki.

Setelah puas memilih – milih hiasan lilin buat hiasan rumah kita mencoba melihat kios ke enam dimana terdapat banyak sekali hiasan rumah seperti variasi topeng menarik.

Aneka Topeng Menarik

Aneka Topeng Menarik

Salah satu yang terlihat unik dari topeng tersebut terdapat topeng yang terbuat dari bahan dasar kulit yang didesain sedemikian rupa yang dipadu padankan dengan berbagai hiasan sehingga membentuk seperti bunga kayu.

Kita beranak lagi ke kios tiga belas dimana di kios ini merupakan sentral berbagai macam jenis guci. bahan dasar pembuatannya juga sangat beragam, ada yang terbuat dari kayu maupun tanah liat.

Guci – guci di tempat ini terlihat sangat cantik dengan permukaan luarnya dihiasi dengan berbagai motif yang sangat unik. Selain gusi dengan berbagai motif yang cantik, buat kamu pecinta guci dengan motif elegan tersedia pula guci dengan permukaan polos dengan desain yang tidak kalah unik.

Setelah puas berkeliling los kita terhenti pada los yang menjual berbagai pernak – pernik kecil yang multifungsi. Dengan menawarkan desain yang artistik sehingga memiliki nilai tersendiri selain fungsi utamanya.

Buat kamu pecinta koleksi foto bisa mendapatkan berbagai model figura ditempat ini. memiliki desain yang menarik dengan bentuk yang standar. Ada yang dilengkapi dengan berbagai motif di bagian pinggirnya, seperti motif naga membuatnya terlihat sangat cantik.  Selain itu kamu juga bisa membeli kotak pensil berbagai bentuk untuk oleh – oleh buat keponakan tercinta di rumah.

Bentuk dari kota pensil itu beraneka ragam mulai dari bentuk orang yang sedang duduk yang dilengkapi dengan hiasan rambut putih di bagian kepalanya, sementara lubang tempat pensilnya sendiri berada di bagian depan.

Selain berbagai jenis kerajinan karya seni para pengrajin Bantul yang telah kami jelaskan masih banyak lagi pernak – pernik hasil kreasi lainnya dengan desain yang beragam dan tidak kalah apiknya.

Pasar seni gabusan pusat ini selain menyediakan kerajinan dari pengrajin Bantul ternyata juga menyediakan beragam kerajinan dari luar daerah. Seperti kerajinan tas yang terbuat dari kulit dengan beragam desain yang cantik dan elegan.

Buat kamu yang telah berkunjung tidak akan menyesal, apalagi buat kamu yang menyukai barang – barang lokal pasti betah berlama – lama ditempat ini. kamu bisa bebas memilih hiasan untuk rumah atau sekedar untuk oleh – oleh setelah mengunjungi Jogja.

Buat kamu yang belum berkunjung ayo silahkan mampir ke pasar seni gabusan pusat yang terdapat di kabupaten Bantul ini.

***

Demikianlah ulasan mengenai pasar seni gabusan pusat yang berlokasi di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di tempat ini terdapat beragam jenis kreasi para pengrajin daerah Bantul dan sekitarnya. Sekian ulasan dari kami semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berkunjung. Terima kasih.

Kunjungi juga: Jalan Malioboro Jogja

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!