Objek Wisata Alam Curug Jenggala Banyumas Nan Eksotis

Curug Jenggala – Berbicara mengenai tempat wisata alam, memang banyak sekali tempat yang bisa kita kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Seperti halnya saat kita berada di Banyumas. Sekarang ini ada salah satu tempat wisata yang sedang menjadi trending topik di instagram.

Banyak sekali dari mereka para instagramers yang sedang ramai mengunggah foto selfie mereka ketika berada di kawasan wisata yang ada di Baturaden.

Tentunya saat anda melihat foto-foto menarik tersebut, anda pun berkeinginan untuk berkunjung ke sana. Salah satu lokasi wisata yang sedang hits dan pantas anda kunjungi saat berada di Banyumas adalah Curug Jenggala.

Curug Jenggala Kalipagu

Curug Jenggala Kalipagu

Dengan beragam keindahan yang telah terjadi tentunya membuat mata anda terpana bahkan merasa nyaman sekali ketika berada di sana. Saat ini banyak sekali para traveler yang datang ke tempat wisata tersebut, apalagi tempat wisata ini sedang booming sekali di instagram sehingga mampu memikat siapapun yang melihat fotonya.

Kehadiran Selfie Deck yang Ada di Curug Jenggala

Namanya liburan, tak lengkap rasanya jika kita tidak mengabadikan moment yang ada dengan berselfie untuk dijadikan kenang-kenangan. Kini di lokasi wisata Curug Jenggala ini nyatanya sudah tersedia tempat untuk berfoto yang sangat unik dan menarik yakni adanya papan dengan bentuk hati yang mana telah dibuat oleh pihak pengelola kawasan wisata. Jika kita lihat dari fotonya, kawasan wisata tersebut memang menarik sekali untuk dikunjungi.

Selfie Deck di Curug Jenggala

Selfie Deck di Curug Jenggala

Daerah yang dekat dengan Dusun Kalipagu, Banyumas nyatanya terkenal dengan berbagai Curug yang amat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Curug Penganten, Curug Bayan, Curug Gede dan juga Curug Jenggala. Saat ini yang sedang menjadi trending topik dan paling banyak dikunjungi para traveler adalah Curug Jenggala.

Pada dasarnya Curug Jenggala ini telah lama menjadi tempat wisata alam yang ada di Baturaden. Hanya saja zaman dulu namanya masih Curug Tempuhan. Dahulu akses jalannya masih sulit sekali untuk ditempuh sehingga kurang dikenal oleh masyarakat. Namun saat ini akses jalan umum sudah di buka apalagi pengelolanya sudah menghadirkan inovasi supaya wisata alam tersebut lebih menarik.  Pantas saja jika saat ini Curug Jenggala ini tengah menjadi trend dan mendapatkan banyak pengunjung yang berasal dari berbagai daerah.

Tak disangka, saat minggu pertama wisata alam ini dibuka sudah diserbu banyak orang. Sebanyak 3.000 tiket saja ludes di serbu para pengunjungnya. Tentunya hal ini seakan menghidupkan kawasan wisata alam tersebut. Tempat wisata alam Curug Jenggala ini bukan hanya ramai dikunjungi saat akhir pekan namun juga saat hari kerja sekalipun. Pantas saja jika saat ini tempat wisata tersebut begitu populer dimasyatakat.

Lokasi Objek Wisata Alam Curug Jenggala

Curug Jenggala lokasinya berada di Dusun Kalipagu, Desa Ketengger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Wilayahnya memang didominasi dengan adanya perbukitan dimana letaknya berada di kaki Gunung Slamet. Pantas saja jika Curug Jenggala ini menjadi spot strategis yang mampu menghadirkan perpaduan keindahan alam amat memukau.

Jadi jangan sampai anda lewatkan hari libur anda dengan berkunjung ke tempat wisata alam Curug Jenggala ini. Pastinya anda akan menemukan keseruan tersendiri saat anda habiskan waktu liburan anda.

Rute Menuju Kawasan Wisata Curug Jenggala

Jika anda berasal dari Purwokerto maka anda membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk menempuh perjalanannya. Dari Purwokerto anda bisa langsung mengambil arah ke Baturaden. Lalu diteruskan perjalanannya hingga sampai pada gerbang Mandala. Dari situ anda bisa melanjutkan perjalanan anda hingga bertemu dengan suatu pertigaan Ketengger. Lalu ambil jalan ke arah Curug Bayan.

Jika anda sudah melewati jalan tersebut maka anda hanya perlu mengikuti jalan setapak yang sedikit menanjak menuju ke dusun Kalipagu hingga akhirnya ketemu juga pada pintu masuk Curug Jenggala. Jika anda bingung, jangan khawatir karena sudah ada papan petunjuk yang bisa anda jadikan patokan menuju kawasan wisata Curug Jenggala ini.

Saat anda sudah memarkir kendaraan, anda bisa lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan jarak yang lumayan cukup jauh kurang lebih setengah jam lamanya untuk bisa sampai di lokasi wisata Curug Jenggala ini. Anda bisa berjalan kaki sepanjang jalur pipa PLTA  sekaligus daerah persawahan. Saat anda sudah melewati kolam tando dari PLTA dan juga jembatan, maka anda harus belok ke kiri kurang lebih 200 meter hingga akhirnya bertemu dengan Curug Penganten.

Teruskan saja perjalanan anda hingga menemui lokasi wisata Curug Jenggala nan indah ini. Meskipun jalan yang harus kita lalui terasa melelahkan dengan jalan yang becek saat hujan karena jalannya belum diaspal namun semuanya akan terbayarkan dengan keindahan panorama alam yang ada di sana. Jika anda berencana untuk menghabiskan waktu libur anda disana, alangkah baiknya anda persiapkan stamina anda terlebih dahulu.

Peta Menuju Kawasan Wisata Curug Jenggala

Kalau anda masih membutuhkan navigasi yang mendetail, silahkan ikuti peta berikut ini:

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Tersedia di Curug Jenggala

Budget untuk menghabiskan waktu liburan memang harus diperhitungkan. Jangan sampai kita menghabiskan waktu libur kita dengan budget yang terlalu tinggi. Sebenarnya berwisata hemat bisa kita terapkan dengan baik.

Saat kita berkeinginan untuk mengunjungi suatu tempat wisata, tidak ada salahnya kita mencari informasi mengenai harga tiket masuknya. Jika anda berniat untuk mengunjungi tempat wisata alam Curug Jenggala ini, anda tidak perlu khawatir lagi akan budget yang harus anda keluarkan.

Tiket masuk kawasan wisata Curug Jenggala ini cukup murah meriah sekali. Anda hanya perlu membayar tiket masuknya sebesar Rp 5.000 rupiah saja. Hanya dengan budget tersebut, anda sudah bisa menikmati segala panorama keindahan yang dihadirkan oleh Curug Jenggala ini.

Sementara untuk masalah parkir kendaraan, anda hanya perlu menitipkan kendaraan anda dirumah warga. Biasanya mereka hanya akan mengenakan tarif sebesar Rp 2.000 rupiah saja. Harga yang sangat terjangkau sekali pastinya. Untuk masalah fasilitasnya masih memerlukan renovasi. Meskipun disana sudah tersedia fasilitas umum seperti tempat ganti dan juga toilet, namun  fasilitas yang lainnya kini sedang dalam proses renovasi.

Tips Penting Berwisata ke Curug Jenggala

Saat anda berkeinginan untuk berkunjung ke lokasi wisata Curug nan cantik, ada baiknya anda perhatikan berbagai tips berikut ini:

Datang saat cuaca cerah

Namanya liburan memang lebih asyik saat cuaca sedang cerah, apalagi jika tujuan wisata kita ke air terjun. Saat cuaca mendung apalagi hujan biasanya airnya akan berubah menjadi sedikit keruh sehingga membuat liburan kita kurang menyenangkan. Apalagi saat hujan akses jalannya juga sulit untuk kita lalui.

Menggunakan sepatu yang nyaman

Karena perjalanan kita nantinya ada yang harus ditempuh dengan berjalan kaki maka anda harus mempersiapkan sepatu yang sekiranya nyaman anda kenakan. Tapi jangan sampai anda gunakan sandal  jepit karena hanya akan menyusahkan anda nantinya.

Mempersiapkan makanan dan juga minuman

Di lokasi wisata alam Curug ini memang masih minim sekali tempat yang menjual makanan maupun minuman. Jadi sebaiknya anda membawa bekal sendiri dari rumah.

Wisata alam Curug Jenggala memang cocok sekali dijadikan tujuan untuk berwisata menghabiskan waktu liburan. Apalagi panorama keindahannya tak patut kita lewatkan begitu saja. Jangan lewatkan juga: 36 Objek Wisata di Cilacap Jawa Tengah yang Menarik Dikunjungi

Leave a Reply

error: Content is protected !!