Tempat Rekreasi di Banjar Paling Hits

Banjar merupakan sebuah wilayah yang berada di Provinsi Jawa Barat yang juga berbatasan dengan Kabupaten Cilacap. Kota Banjar ini juga sering dikenal sebagai Banjar Patroman yang berasal dari kata Banjar Pataruman.

Nama Banjar Patorman ini juga menjadi pembeda antara Kota Banjar dengan Kabupaten Banjarnegara di Provinsi Jawa Tengah.

Meskipun Banjar memiliki wilayah yang tidak terlalu luas namun jangan salah ternyata wilayah yang satu ini tetap memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa anda explore saat berkunjung ke wilayah yang satu ini.

Tempat wisata di Banjar memiliki keunikan dan pastinya sangat eksotis untuk mengisi liburan anda supaya semakin berkesan.

Daftar Tempat Wisata di Banjar yang Wajib Anda Kunjungi

Tidak berbeda jauh dengan wilayah lainnya di Jawa Barat, Banjar menawarkan pemandangan alam yang memesona dan pastinya sangat cocok untuk melengkapi perjalanan wisata anda.

Bagi anda yang belum pernah datang ke Banjar mungkin akan merasa bingung memilih obyek wisata mana yang terbaik dan bisa anda kunjungi saat berada di Banjar.

Tak perlu khawatir karena berikut ini akan dijelaskan daftar tempat wisata di Banjar yang bisa menjadi referensi saat anda berkunjung di Banjar.

1. Situ Mustika

Lokasi: Desa Karangpanimbal, Purwaharja, Banjar

Situ Mustika via Youtube

Situ Mustika via Youtube

Loading...

Tempat wisata di Banjar yang satu ini berlokasi di hutan lindung Kaki Gunung Babakan di Desa Karangpanimbal, Purwaharja, Banjar. Lokasi tempat wisata ini berada di hutan jati yang rimbun serta memiliki udara yang sejuk.

Situ Mustika memiliki nama yang unik karena danau yang satu ini digunakan sebagai lokasi untuk meruwat mustika atau pusaka peninggalan zaman dahulu terutama peninggalan Kerajaan Galuh dan Panjalu.

Pesona keindahan Situ Mustika memang tak terbantahkan lagi terlebih di situ ini juga terdapat pulau kecil di bagian tengah danau. Untuk mencapai pulau kecil tersebut terdapat jembatan gantung yang bisa mengantarkan pengunjung menuju pinggir daratan.

Dibalik keindahannya tersebut, Situ mustika memiliki sejarah yang cukup menarik. Dimana pada tahun 1950 danau ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan air RSUD Banjar. Kemudian di tahun 1965 Situ ini sempat berada di bawah kekuasaan PKI.

Namun di tahun 1966 situ ini diserahkan pada Dinas Kehutanan Cimias setelah PKI tumbang. Di tahun 1985 akhirnya Situ Mustika resmi dikelola oleh Kabupaten Ciamis dan sering dijadikan sebagai tempat kegiatan pramuka.

2. Rest Area Banjar

Lokasi : Jl. Raya Ciamis No.144, Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar

Rest Area Banjar via wanawisatakita.wordpresscom

Rest Area Banjar via wanawisatakita.wordpress.com

Rest Area Banjar merupakan sebuah tempat istirahat bagi pengendara jarak jauh yang ingin melepas penat. Namun berbeda dengan rest area di tempat lainnya, di rest area Banjar ini anda bisa menikmati suasana yang nyaman karena danya pepohonan yang tinggi dan besar.

Pohon-pohon tersebut tampak begitu rindang sehingga tak heran bila rest area ini menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan. Biasanya banyak anak-anak muda yang nongkrong di rest area ini setiap harinya.

Tak hanya bisa menikmati suasana yang sejuk, anda bisa menikmati sajian kuliner yang nikmat di rest area ini yang disediakan oleh warung-warung.

3. Gunung Mandalare

Lokasi: Desa Mandalare, Kecamatan Pataruman, Kabupaten Banjar

Gunung Mandalare

Gunung Mandalare via Dummy Clumsy Blackcat

Gunung Mandalare berlokasi di Gunung Sawal atau berada beberapa kilometer dari pusat Kota Banjar. Gunung ini memang menjadi destinasi wisata pilihan para wisatawan sejak tahun 90-an.

Terlebih di kawasan gunung ini terdapat kolam cadas gantung yang indah dan berlokasi diantara rimbunnya hutan jati.

4. Tembok Hijau Sumanding

Lokasi: Sumanding, kelurahan Mekarsari, kecamatan Banjar, Kota Banjar

Tembok Hijau Sumanding via IG

Tembok Hijau Sumanding via IG

Tembok yang satu ini dijuluki sebagai tembok hijau karena terdapat tumbuhan merambat di tembok tersebut. Tak heran bila tembok ini menjadi daya tarik wisatawan karena keindahan tembok hijau yang berhiaskan tanaman sehingga sangat cocok sebagai spot berfoto.

Bagi anda yang penasaran dan ingin mengunjungi obyek wisata ini maka silakan datang ke Kelurahan Mekarsari, Banjar. Bahkan keindahan tembok hijau di Banjar ini disebut-sebut tak kalah indah dari tembok yang terdapat di Jogja.

5. Taman Dobo

Lokasi : Pataruman, Kota Banjar

Taman Dobo

Taman Dobo via Speutarbanjarpatroman

Bagi anda yang ingin liburan ke Banjar dengan budget yang terbatas sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab anda bisa mengunjungi Taman Dobo.

Taman yang satu ini menyajikan suasana taman yang teduh dan sejuk. Selain itu terdapat pula pemandangan sungai Citanduy yang membelah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang indah, terdapat pula wahana bermain anak yang seru dan membuat anak-anak merasa betah.

Di Taman Dobo ini juga banyak ditemukan penjual berbagai jenis makanan sehingga anda bisa berwisata kuliner di taman ini. Bagi anda yang hobi memancing maka silakan membawa peralatan pancing untuk mencoba memancing di kolam yang sudah tersedia.

6. Situ Leutik

Lokasi: Desa Cibeureum, Kecamatan, Kota Banjar

Situ Leutik via IG

Situ Leutik via IG

Obyek wisata yang satu ini sebetulnya adalah waduk kecil yang berada di Desa Pasirnaga, Babakan pance-Cibereum, Banjar. Situ Leutik sangat cocok sebagai destinasi wisata alam terutama bagi anda yang ingin melepas penat.

Bahkan tersedia pula lokasi untuk memancing sehingga sangat cocok untuk anda yang hobi memancing. Tetapi menurut masyarakat setempat, danau ini dikenal cukup angker. Untuk itulah saat berada di danau ini sebaiknya anda harus bersikap baik dan menjaga perkataan.

Kedepannya situ atau danau ini akan dikembangkan menjadi objek wisata terpadu, dimana akan dibuat kios cendramata, sarana outbond, kantin-kantin, perahu dayung, dan juga sepeda air.

Untuk saat ini, di sekitaran situ ini terdapat tempat untuk jogging yang menjadi salah satu tempat favorit untuk kegiatan jogging atau pun hanya sekedar duduk bersantai sembari menikmati pemandangan  nan cantik alam sekitar.

7. Pulomajeti atau Rawaonom

Lokasi: Jalan Pulo Majeti, Purwaharja, Kota Banjar

Pulomajeti

Pulomajeti

Tak kalah dari Situ Leutik, situs Rawaonom juga memiliki aroma yang mistis. Pulomajeti sebetulnya merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di tengah rawa dusun Siluman, Purwaharja.

Lokasi ini dianggap sebagai situs keramat bagi yang mempercayainya. Dengan kepercayaan keramat tersebut menjadikan Pulomajeti sering dijadikan sebagai tempat untuk memuja oleh para pencari harta pesugihan.

Selama beberapa dekade banyak masyarakat sekitar yang mempercayai bahwa bangsa onom sebagai pelindung Bupati Ciamis.

Seiring berjalannya waktu, kepercayaan tersebut akhirnya luntur terutama ketika Banjar mulai memisahkan diri dari Ciamis. Untuk itulah saat ini sudah tidak ada lagi ritual onom yang dahulu biasanya sering dilakukan.

8. Terowongan Binangun

Lokasi : Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar

Terowongan Binangun

Terowongan Binangun

Terowongan Binangun ternyata juga masih lekat dengan nuansa mistis yang dipercayai oleh masyarakat setempat. Terowongan yang berada di Desa Sukamukti ini memiliki panjang 183 meter dahulu dipakai sebagai jalur kereta api untuk trayek Banjar-Cilujang.

Jalur ini memang sudah berusia tua dan menjadi peninggalan zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Terowongan ini disebut-sebut sebagai terowongan angker karena jalur ini sudah lama ditinggalkan sejak tahun 80-an.

Selain itu Terowongan Binangun ini juga disebut sebagai Sentiong karena pembuatan terowongan dilakukan diatas pemakaman Cina.

9. Banjar Waterpark

Lokasi : Jl. Didi Kartasasmita, Banjar, Kota Banjar

Tiket Masuk : Rp 12.000 (Weekdays), Rp 17.000 (Weekend)

Banjar Waterpark

Banjar Waterpark

Banjar juga memiliki water park yang tak kalah menarik dari daerah lain. Water park Banjar ini berlokasi di Jalan Stadion Patroman Nomor 9, Banjar.

Di dalam water park ini anda bisa menemukan berbagai permainan wahana air yang seru dan bisa digunakan untuk segala usia. Water park ini berdiri sejak 21 Februari 2010 dan diresmikan oleh Dr.dr.H. Herman Sutrisno.

Sejuknya air kolam dipadu dengan permainan wahana air yang seru tentu akan menjadi pengalaman yang berkesan. Terdapat pula wahana seluncur dengan tinggi 12 meter yang akan memacu adrenalin anda.

Oh ya sob, ada juga lho Superbowl yang juga merupakan seluncuran berliku-liku yang cukup ekstrim. Lazy River adalah kolam renang untuk mereka yang ingin bermalas-malasan berenang sambil naik pelampung, dan masih banyak lagi.

Jadi sangat sayang kalau ke Banjar tapi tidak nyoba main air disini. Jangan sampai terlewatkan ya sob.

10. Situs Kokoplak

Lokasi : Dusun Pananjung, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Banjar

Situs Kokoplak

Situs Kokoplak via Situsbudaya

Banjar memang memiliki banyak situs peninggalan termasuk salah satunya adalah Situs Kokoplak. Dimana situs yang satu ini adalah lokasi wisata religi yang bernuansa mistis namun justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Bagi anda yang penasaran dengan situs ini maka silakan datang ke Dusun Pananjung, Desa Mulyasari, Panataruman, Banjar.

Objek wisata mistis ini memiliki cerita yang tragis, dimana ada manusia yang dijadikan oleh tumbal oleh keluarganya di situs ini, tumbal tersebut konon sekarang menjadi monyet atau kera yang ada disini.

Mengenai benar atau tidaknya memang tidak bisa kita buktikan secara ilmiah. Namun begitulah adanya menurut cerita dari masyarakat sekitar.

Jangan hanya karena harta kita mengorbankan keluarga tercinta ya!

11. Taman Kota Lapang Bakti

Lokasi : Jl. Mayjen Didi Kartasasmita, Banjar

Taman Kota Lapang Bakti via Lanptarama46.wordpresscom

Taman Kota Lapang Bakti via Lanptarama46.wordpress.com

Banjar memiliki taman kota yang satu ini sangat cocok sebagai destinasi liburan terutama saat akhir pekan. Taman Kota yang ada di ruang publik ini merupakan milik Pemerintah Kota Banjar.

Dimana Taman Kota Lapang Bakti biasanya dijadikan sebagai lokasi rekreasi, olahraga, bermain dan nongkrong. Hal tersebut tentu tak bisa terlepas dari fasilitas yang ditawarkan oleh taman ini mulai dari wahana panjat tebing, jogging track, arena bermain anak dan lain sebagainya.

Di sekitaran Taman Kota Lapang Bakti juga terdapat banyak pedagang kaki lima yang menawarkan aneka jajanan lezat untuk para pengunjung. Tak perlu khawatir untuk berkunjung ke taman ruang terbuka ini karena tidak ada tiket masuk alias gratis. Namun biasanya pengunjung harus membayar biaya parkir.

12. Sungai Citanduy

Lokasi: Banjar

Sungai Citanduy via IG

Sungai Citanduy via IG

Banjar memiliki sungai-sungai indah yang bisa menjadi destinasi wisata salah satunya adalah Sungai Cintanduy. Sungai yang satu ini merupakan sungai yang membelah Kota Banjar dan terletak di Kecamatan Purwaharja.

Meskipun bukan menjadi destinasi wisata yang komersil namun akhir-akhir ini banyak anak muda yang sering nongkrong di pinggiran sungai karena pemandangannya yang indah.

Bahkan ada beberapa titik di pinggiran sungai yang sudah dibangun taman-taman cantik. Saat debit air sungai menyusut biasanya akan terlihat pemandangan yang indah yaitu sebuah tank peninggalan Belanda.

Tank yang tenggelam di dalam sungai tersebut juga tidak diketahui kapan dan bagaimana ceritanya hingga bisa tenggelam di Sungai Citanduy. Namun saat air sungai menuyusut akan ada banyak pengunjung yang menyaksikan pemandangan langka tersebut.

13. Taman Cinta

Lokasi: Pusat Kota Banjar

Taman Cinta via Harapanrakyat

Taman Cinta via Harapanrakyat

Bagi anda para muda-mudi yang ingin nongkrong di Banjar maka silakan saja datang ke Taman cinta. Sebab taman yang satu ini menyajikan pemandangan yang begitu indah serta terdapat pula berbagai fasilitas yang cukup lengkap.

Taman Cinta sebetulnya merupakan taman terbuka yang dijadikan sebagai destinasi wisata masyarakat Banjar. Namun karena kurangnya kesadaran pengunjung membuat taman ini kurang terawat dan akhirnya tampak banyak coeratan.

14. Lembah Pajamben

Lokasi : Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar

Lembah Pajamben via IG @aa_goesman

Lembah Pajamben via IG @aa_goesman

Tempat wisata di wilayah Banjar yang satu ini berada sekitar 4.5 km dari alun-alun Kota Banjar. Lembah Pajamben menyajikan pemandangan alam yang begitu indah serta menawarkan view dari atas bukit yang memukau.

Saat berada di atas bukit, anda bisa mengabadikan pemandangan tersebut dengan berfoto. Tentunya hamparan pemandangan hijau dipadu udara yang sejuk akan memberikan rasa segar pada pikiran setelah jenuh beraktivitas setiap harinya.

Perlu anda ketahui bahwa di Lembah Pajamben ini juga tersedia fasilitas yang cukup lengkap mulai dari rumah makan, toilet, flying fox hingga tempat parkir.

Biasanya setiap hari minggu diadakan senam aerobic, pemeran hewan eksotik, dan pertunjukkan live music. Untuk menikmati berbagai fasilitas didalam obyek wisata ini anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya alias gratis.

15. Puncak Pagerbatu

Lokasi : Dusun Pagerbatu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar

Puncak Pagerbatu via IG @idan_dizzie16

Puncak Pagerbatu via IG @idan_dizzie16

Pesona keindahan Kota Banjar kini bisa anda nikmati dengan cara yang berbeda yaitu dengan menyaksikanya dari puncak Pagerbatu.

Pagerbatu kini semakin terkenal seiring semakin banyaknya wisatawan yang mengunggah keindahan Puncak Pagerbatu. Berlokasi di Dusun Pagerbatu, Desa Batulawang, Pataruman, Banjar maka anda tak kesulitan untuk menenukan tempat wisata ini.

Saat di puncak Pagerbatu ini anda bisa menyaksikan eksotisnya Kota Banjar dari ketinggian yang terhampar begitu indah.

16. Curug Cibonte

Lokasi : Dusun Cijambu, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar

Curug Cibonte via IG @supriatna_

Curug Cibonte via IG @supriatna_

Banjar seolah tiada habisnya menawarkan obyek wisata yang sangat memesona salah satunya adalah Curug Cibonte. Obyek wisata air terjun ini menawarkan suasnaa yang asri dan dipadu suara gemercik air terjun yang menenangkan.

Diketahui tinggi air terjun ini adalah sekitar 30 meter yang pasti butiran air yang jatuh akan terasa dingin saat menyentuh kulit.

Jalan menuju ke Curug Cibonte memang cukup menantang namun saat tiba di obyek wisata ini rasa lelah akan berganti dengan kepuasan akan keindahan pemandangan yang disajikan.

17. Curug Panganten

Lokasi : Dusun Sukamulya, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar

Curug Panganten

Curug Panganten via Wisataalambanjar.blogspot.com

Tempat wisata di Banjar yang satu ini menawarkan air terjun yang eksotis dan terkesan  masih sangat alami. Curug Panganten ini lokasinya memang cukup tersembunyi sehingga belum banyak wisatawan yang mengetahuinya.

Meskipun begitu, keindahan air terjun ini dijamin akan memanjakan mata anda dan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Pemandangan sekitar yang hijau dan asri dipadu dengan bebatuan di sekitar air terjun yang begitu indah tentu akan menjadi pemandangan alam yang sangat berkesan.

18. Alun-alun Langensari

Lokasi : Gg. Melati, Muktisari, Langensari, Kota Banjar

Alun-alun Langensari via Ig @a_hanif22

Alun-alun Langensari via Ig @a_hanif22

Beberapa tahun terakhir, Langensari menjadi Kota Kedua di Banjar Patroman yang semakin ramai dan mengalami banyak kemajuan. Salah satu kemajuan yang bisa terlihat yaitu adanya lapangan yang berubah menjadi alun-alun.

Kini alun-alun Langensari menjadi salah satu destinasi wisata yang seru dan asyik. Tidak hanya bisa duduk sambil menikmati pemandangan, anda bisa menikmati sajian kuliner khas Banjar yang ditawarkan oleh pedagang kaki lima yang berjualan disekitar alun-alun.

19. Alun-Alun Kota Banjar

Lokasi: Pusat Kota Banjar

Alun-Alun Kota Banjar via Foursuare

Alun-Alun Kota Banjar via Foursuare

Alun-alun Kota Banjar bisa menjadi pilihan terbaik untuk nongkrong atau bersantai. Alun-alun yang satu ini juga merupakan halaman masjid Agung Banjar yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Biasanya saat pagi dan sore hari banyak masyarakat yang jogging di sekitaran alun-alun. Bahkan saat malam hari tiba, banyak pedagang kaki lima yang menjajakkan aneka kuliner lezat dengan harga terjangkau.

Bagi anda yang gemar berwisata kuliner maka silakan mampir ke Alun-alun Banjar. Tidak hanya itu, di alun-alun ini banyak tersedia berbagai permainan untuk anak-anak yang bisa disewa dengan harga terjangkau.

20. Bendungan Manganti

Lokasi: Dusun Manganti, Desa Sidarahayu, Purwadadi, Ciamis

Bendungan Manganti

Bendungan Manganti via Liputan6

Tempat wisata di Banjar yang satu ini adalah sebuah bendungan terbesar yang berada di Dusun Manganti, Desa Sidarahayu, Purwadadi, Ciamis.

Bendungan yang satu ini membendung sungai Citanduy yang tak lain adalah batas alam Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Bila anda menyeberang lewat jalan raya depan Bendungan Manganti maka anda bisa tiba di daerah Jawa Tengah tepatnya di Kecamatan Kedungreja, Cilacap.

Menurut masyarakat setempat, dahulu pada masa kerajaan Galuh, batas kerajaan Galuh melewati Sungai Citanduy hingga ke bagian barat Jawa Tengah sekarang ini. Tentunya Bendungan Manganti ini menawarkan pemandangan yang indah dan membuat banyak orang merasa takjub.

Tak heran bila bendungan ini selalu ramai wisatawan yang ingin menyaksikan secara langsung keindahan Bendungan Manganti.

21. Kolam Alami Mandalare

Lokasi : Desa Mandalare, Kecamatan Pataruman, Kabupaten Banjar

Kolam Alami Mandalare via IG @supratna_

Kolam Alami Mandalare via IG @supratna_

Selanjutnya, buat kamu yang doyan mencari tempat-tempat instagenic, maka kolam alami yang ada di Desa Mandalare yang memiliki keindahan yang wah sekali.

Kolam yang viral di Instagram ini memincut siapa saja yang melihat foto yang diunggah oleh akun instagram Explore Banjar Patroman.

Kolam ini sendiri sebenarnya tidak memiliki nama resmi, namun warga dan wisatawan yang mengunggah foto disini menyebut danau mungil ini dengan nama kolam alami mandalare.

Disini anda akan menyaksikan kolam cantik yang dikelilingi oleh tebing batu sebagai latar belakangnya. Buat kamu yang penasaran ingin foto-foto disini, langsung saja meluncur ke Desa Mandalare ya. 

22. Cagar Budaya Pulo Majeti

Lokasi : Jalan Pulo Majeti, Purwaharja, Kota Banjar

Cagar Budaya Pulo Majeti via Detik

Cagar Budaya Pulo Majeti via Detik

Kalau anda mau berwisata sejarah di Banjar, maka cagar budaya pulo majeti bisa anda jadikan pilihan. Tempat ini punya sejarah panjang mengenai keberadaan Kerajaan Ratu Gakuh yang menjadi cikal bakal daerah tersebut.

Lokasi situs cagar budaya ini terletak di Dusun Siluman, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja.

23. Air Terjun Tirai Hujan

Lokasi: Desa Mandiangin Timur, Kecamatan Karang Intan, Banjar

Air Terjun Tirai Hujan

Air Terjun Tirai Hujan via zainalhakimmsc.b;ogspot.com

Tempat wisata di Banjar selanjutnya adalah air terjun tirai hujan yang terdapat di Desa Madiangin Timur. Air terjun yang tidak tinggi ini hanya ada saat musim hujan ternyata, maka dari itu, ari terjun ini dinamai air terjun tirai hujan. Ketinggian air terjun ini 3-4 meter dengan air yang terjun bebas, dan di sini kamu juga bisa nge-camp ya.

24. Piadeu (Jembatan Cinta)

Lokasi : Kota Banjar

Piadeu (Jembatan Cinta)

Piadeu (Jembatan Cinta)

Siap sangka ternyata Jembatan cinta ini punyasejarah panjang lho. Dahulu kala, jembata ini merupakan tempat lokalisasi, sekitar tahun 1960-1990an.

Tempat ini dahulunya sangat populer, dan kini tempat ini beralih fungsi menjadi objek wisata yang sering dijadikan tempat untuk selfie anak-anak muda.

25. Taman PUSDAI Kota Banjar

Lokasi : Banjar, Kota Banjar

Taman PUSDAI Kota Banjar via Detik

Taman PUSDAI Kota Banjar via Detik

Tempat wisata di Banjar berikutnya adalah taman PUSDAI Banjar yang layak kamu kunjungi saat akhir pekan atau liburan bersama keluarga tercinta.

Memang, taman ini belum terlalu ramai, padahal lokasinya yang dekat dengan terminal bus di bantaran kali (sungai) Citanduy membuat udara di taman ini terasa sejuk.

26. Dinding Hits Sumanding

Lokasi : Sumanding, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Banjar

Dinding Hits Sumanding via Wisatakotabanjar

Dinding Hits Sumanding via Wisatakotabanjar

Selanjutnya, kamu juga bisa mengunjungi dinding hits sumanding yang belakangan sangat hits dan mengundang decak kagum saat melihatnya, apalagi jika fotografer yang mengambil gambarnya pandai, pasti tambah kece.

Dinding yang penuh dengan tanaman merambat hijau ini menjadi spot foto instagrammable di Banjar yang sedang hits dikalangan anak-anak muda, apalagi beredar foto dinding ini di Instagram membuat orang semakin penasaran.

27. Rumah Makan Cobek Beti

Lokasi: Jl. Brigjen M. Isa, Cipadung atau di Jl Raya Pangandaran, Tanjungsukur, Banjar

Rumah Makan Cobek Beti via teamtouring

Rumah Makan Cobek Beti via teamtouring

Setelah letaih dan lapar seharian jalan-jalan, maka hal selanjutnya yang wajib kita lakukan adalah mencari tempat makan. Rekomendasi tempat makan di Banjar yang pertama adalah rumah makan cobek Beti.

Resto di Banjar yang satu ini sangat populer dan digandrungi oleh banyak orang. Hal ini tentu saja karena aneka menu lezat yang ditawarkan.

Disini anda bisa menemukan menu sunda yang jarang disajikan di resto lainnya, seperti menu pepes lubang dan sidat. Ikan sebangsa belut tersebut memiliki cita rasa yang khas dan menjadi semakin lezat ketika diolah dengan cara tertentu.

Anda bisa mencoba menu pepes sidat dan lubang yang dibumbui dengan daun kemangi dan daun bawang untuk menghasilkan daging pepes yang lembut dengan aroma yang khas.

Selain menu spesial pepes tersebut di rumah makan cobek beti ini juga menyediakan goreng manuk yang sebelumnya dimasak dengan cara diungkep hingga daging menjadi lembut sebelum digoreng. Burung goreng yang renyah akan semakin nikmat jika disantap bersama sambal terasi dan lalap mentah ala Sunda.

28. Rumah Makan Prima Rasa

Lokasi: Jalan Husen Kartasasmita, Banjar 

Rumah Makan Prima Rasa

Rumah Makan Prima Rasa

Selain rumah makan cobek beti, anda juga bisa mencoba aneka kuliner lezat khas Banjar di rumah makan prima rasa yang juga menyajikan aneka panganan khas Sunda dan juga khas Banjar.

Untuk menu spesial disini yaitu Soto Banjar yang berisikan daging sapi dengan kuah bening ini disajikan bersama bihun, toge dan sambal yang unik. 

Sementara untuk menu andalah rumah makan prima rasa ini yaitu ikan cobek kahurun yang berbahan ikan mas atau ikan gurami. Ikan cobek kahurun ini disantap dengan bumbu kacang tanah, bawang merah dan putih, jahe, kencur, kecombrang dan tentu saja cabai rawit untuk menghasilkan rasa pedas yang istimewa.

29. Bakso Sari Rasa H. Ayo Sunaryo

Lokasi: Are Parkir Motor Pintu Utama Pasar Banjar Patroman

Bakso Sari Rasa H. Ayo Sunaryo via Youtube

Bakso Sari Rasa H. Ayo Sunaryo via Youtube

Rekomendasi tempat makan di Banjar yang terakhir dari kami yaitu bakso sari rasa H. Ayo Sunaryo yang sudah melegenda dan bertahan hingga kini.

Warung bakso di Banjar ini selalu ramai oleh pengunjung. Saat tulisan ini dibuat, terdapat 2 buah cabang bakso H. Ayo Sunaryo ini. Anda bisa mengunjungi di area parkir motor pintu utama Pasar Banjar Patroman. Terdapat dua lapak Baso Ayo yang jarang sekali sepi di tempat tersebut.

Nah, untuk yang versi rumah makan dari Baso Ayo ini dapat ditemui di Rumah Makan Sari Rasa yang berada perempatan Jalan Gudang kota Banjar. Menu bakso legendaris dapat dinikmati dengan mengunjungi dua Tempat Kuliner di Banjar tersebut.

*****

Melalui informasi di atas kini anda bisa memperoleh informasi seputar tempat wisata di Banjar yang bisa menjai referensi anda. Banyaknya obyek wisata di Banjar membuat anda tak perlu khawatir bila ingin liburan ke Banjar.

Pastinya berbagai obyek wisata tersebut akan membuat liburan anda terasa semakin lengkap dan pastinya semakin berkesan. Jadi tunggu apalagi segera rencanakan liburan anda ke Banjar bersama orang-orang tercinta. Jangan lewatkan juga: 33 Objek Wisata di Sumedang Jawa Barat

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!