Destinasi Wisata di Langsa Aceh Terbaru

Tempat Wisata di Langsa – Kota Langsa merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Aceh. Sejak terbentuk di tahun 2001 lalu, Langsa sudah memiliki 5 kecamatan dengan keunikan masing-masing. Kini Kota Langsa telah bertransformasi dalam berbagai bidang mulai dari industri sampai pariwisata.

Dengan tata ruang kota yang sudah terkonsep dengan rapi tentu menjadikan kota yang satu ini semakin menarik untuk dikunjungi. Untuk itulah anda jangan sampai lewatkan mengunjungi tempat wisata di Langsa yang pasti akan memberikan nuansa dan pengalaman yang berbeda saat liburan ke Langsa.

Pesona keindahan Kota Langsa mungkin masih belum banyak diketahui oleh wisatawan dari berbagai penjuru. Namun yang pasti, pesona Kota Langsa bisa anda saksikan di masing-masing tempat wisatanya yang selalu membuat takjub.

Bagi yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Langsa tentu akan merasakan sensasi seolah sedang berada di surga kecil yang ada di Aceh. Bagi anda yang penasaran dengan keindahan Langsa maka sempatkan untuk mengunjungi tempat wisata di Langsa yang dijamin membuat takjub.

Daftar Tempat Wisata di Langsa

Berikut ini akan dijelaskan beberapa tempat wisata di wilayah Langsa yang cocok anda pilih untuk mengisi waktu liburan.

1. Pantai Pasir Putih Langsa

Pantai Pasir Putih Langsa via wisataindonesiaraya

Pantai Pasir Putih Langsa via wisataindonesiaraya

Tempat wisata berikutnya masih seputar wisata pantai di Langsa, namun kali ini anda akan diajak untuk mengunjungi Pantai Pasir Putih Langsa.

Pantai yang satu ini merupakan salah satu destinasi yang tak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Langsa. Birunya air laut dan pasir putih yang tampak bersih tentu membuat siapa saja seolah tak sabar ingin segera bermain air di pantai ini.

Uniknya lagi, di bibir pantai terdapat pepohonan bakau yang tumbuh di atas pasir sehingga memberikan kesan yang eksotis.

loading...

Pemandangan semakin memukau dengan adanya perahu-perahu nelayan yang bersandar maupun berlayar di pantai ini. Tentunya suasana di Pantai Pasir Putih Langsa dijamin akan membuat anda betah dan merasakan liburan yang berkesan.

2. Hutan Kota Langsa

Hutan Kota Langsa

Hutan Kota Langsa

Hutan Kota Langsa merupakan sebuah hutan lindung yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga oleh masyarakat setempat.

Meskipun mayoritas kawasan wisata ini adalah hutan, tetapi terdapat pula wahana permainan anak-anak maupun dewasa yang siap memanjakan wisatawan.

Selain dikunjungi untuk berwisata keluarga, Hutan Kota Langsa sering dijadikan sebagai lokasi outbound oleh perusahaan atau komunitas.

Tentu saja fasilitas outbond di hutan ini memang sudah tersedia dengan lengkap sehingga tak heran bila banyak yang memilih untuk outbond di kawasan Hutan Kota Langsa.

Tak kalah keren yang bisa anda temukan di Hutan Kota Langsa yaitu adanya rumah pohon yang memang sengaja dibangun oleh pemerintah setempat. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, dijamin anda bisa merasakan sensasi wisata alam yang seru dan tetap kekinian.

Untuk bisa masuk ke dalam hutan Kota ini, kamu cukup membayar tiket sebesar Rp. 3000 saja, dan untuk biaya parkir motor Rp. 2000, parkir mobil Rp. 5000.

Disini kamu bisa menyaksikan berbagai koleksi hewan dan tumbuhan. Diantaranya seperti rusa, kera, ular, musang, landak, burung bahkan buaya.

Hutan yang memiliki luas sekitar 9 hektar ini cocok untuk kamu jadikan tempat mengisi waktu liburan bersama orang tercinta. 

Untuk membuat pengunjung nyaman pihak pengelola sudah melengkapi hutan kota ini dengan berbagai fasilitas, mulai dari toilet umum, gazebo, tempat parkir, warung makan, sewa karpet 20 ribuan, wahana outbond dsb.

Berminat main ke hutan kota Langsa, langsung saja datang ke Paya Bujok Seuleumak, Langsa Baro kota Langsa Aceh.

3. Pulau Teulaga Tujoh

Pulau Teulaga Tujoh via jalan2

Pulau Teulaga Tujoh via jalan2

Sepertinya Langsa memang memiliki tempat wisata yang lengkap dan terbaik salah satunya adalah Pulau Teulaga Tujoh. Pulau ini memiliki pesona keindahan yang tak perlu diragukan lagi sehingga sangat cocok dikunjungi saat liburan.

Pulau Teulaga Tujoh memiliki panorama alam yang sangat cantik dengan hamparan pasir putih serta air laut yang begitu jernih. Selain itu, di sekeliling pulau ini juga terlihat pemandangan hutan yang bisa menambah keindahan saat berada di Pulau Teulaga Tujoh.

Pulau yang satu ini memang tergolong sepi dan tenang sehingga cocok untuk anda yang ingin melepas penat dan jauh dari keramaian.

4. Taman Mangrove Langsa

Taman Mangrove Langsa via IG @rulyadimunandar

Taman Mangrove Langsa via IG @rulyadimunandar

Taman Mangrove Langsa ini merupakan benteng pertahanan daratan untuk melindungi dari abrasi. Bila ingin berkunjung ke Taman Mangrove Langsa ini maka anda bisa menempuh perjalanan sejauh 10 kilometer dari Kuala Langsa.

Lokasi taman Mangrove ini juga berhadapan dengan laut sehingga akan memberikan pemandangan yang sangat memukau.

Tak hanya itu, taman mangrove ini juga terhubung dengan dermaga pelabuhan yang pasti akan menambah keindahan Taman Mangrove Langsa.

Di Taman Mangrove ini anda bisa menemukan jembatan panjang yang memotong serta berada di tengah hutan mangrove. Di jembatan ini anda bisa berjalan menikmati keindahan hutan mangrove dengan berbagai jenis spesies.

Suasana hutan mangrove yang sejuk sangat cocok untuk melepas penat sambil menikmati sajian kuliner yang di sajikan oleh warung makan di sekitaran Taman Mangrove.

Uniknya, di kawasan Taman Mangrove ini terdapat populasi kera yang lucu dan sudah akrab dengan manusia. Dengan demikian anda tak perlu khawatir akan diganggu oleh kawanan kera yang memang hidup secara bebas di kawasan hutan mangrove ini.

Perpaduan wisata alam dan bahari inilah yang menjadikan Taman Mangrove Langsa sebagai salah satu tempat wisata populer di Langsa.

5. Gedung Balee Juang

Gedung Balee Juang

Gedung Balee Juang

Tempat wisata di Langsa ternyata tidak hanya berupa wisata alam saja tetapi juga wisata sejarah. Salah satunya adalah Gedung Balee Juang yang berada di tengah Kota Langsa.

Gedung Balee Juang ini adalah sebuah bangunan peninggalan Belanda yang didirikan tahun 1920. Gedung ini memang merupakan sebuah tempat wisata yang bisa menambah pengetahuan mengenai sejarah.

Selain itu, saat mengunjungi gedung ini wisatawan bisa merasakan suasana yang nyaman dan tenang. Dibalik megahnya Gedung Balee Juang ini, terdapat kisah sejarah yang menarik.

Terlebih desain bangunan Gedung Balee Juang yang bergaya Eropa tentu akan memberikan keindahan tersendiri. Untuk menuju ke Gedung Balee Juang ini memang sangatlah mudah karena lokasinya berada di tengah kota.

6. Pantai Buatan Kuala Langsa

Pantai Buatan Kuala Langsa

Pantai Buatan Kuala Langsa

Wisata Pantai Buatan Kuala Langsa ini terletak bersebelahan dengan wisata mangrove. Karena lokasinya yang berdekatan inilah maka tak heran bila Pantai Buatan Kuala Langsa ini memiliki hutan bakau sebagai daya tarik andalannya.

Saat berada di pantai ini, anda bisa menemukan lesehan di sepanjang bibir pantai yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai. Selain menikmati pemandangan dan bersantai, pengunjung juga bisa berenang di pantai ini.

7. Vitra Tirta Raya Waterboom

Vitra Tirta Raya Waterboom

Vitra Tirta Raya Waterboom

Tempat wisata yang satu ini masih berkaitan dengan wisata air yaitu berupa kolam renang Vitra Tirta Raya Waterboom. Kolam renang ini berlokasi di Jalan TM Bahrum, Langsa Barat yang baru dibangun beberapa tahun lalu.

Uniknya, kolam renang ini disebut-sebut sebagai kolam renang dengan fasilitas yang terlengkap di Provinsi Aceh. Selain itu, hampir seluruh kawasan kolam renang ini telah berstandar internasional sehingga tak perlu ragu lagi untuk mengunjunginya.

8. Taman Bambu Runcing

Taman Bambu Runcing

Taman Bambu Runcing

Taman Bambu Runcing merupakan sebuah tempat wisata yang memiliki monumen atau tugu yang berbentuk bambu berwarna kuning yang mirip dengan bambu runcing. Monumen tersebut berada di tengah taman sehingga menambah keindahan Taman Bambu Runcing.

Taman yang satu ini didirikan tahun 1948 sebagai wujud penghargaan atas perjuangan para pahlawan Langsa dalam melawan penjajah untuk mempertahankan bumi Aceh.

Lokasi taman ini terletak di Kelurahan Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Aceh. Taman ini menjadi salah satu tempat nongkrong favorit di Langsa untuk anak-anak muda. 

Taman ini juga sudah memiliki banyak fasilitas pendukung, mulai dari tempat duduk, footpath, tempat sampah, toilet, mushola, dan lain sebagainya. Biasanya, taman ini dibuka 24 jam setiap harinya.

9. Mutiara Waterpark

Mutiara Waterpark

Mutiara Waterpark

Bila anda ingin mencari tempat wisata keluarga yang seru dan asyik maka Mutiara Waterpark adalah pilihannya. Sebab Mutiara Waterpark menawarkan wisata wahana air serta kolam renang yang dijamin membuat siapa saja puas bermain air.

Sesuai dengan namanya, waterpark ini memiliki berbagai jenis wahana air sehingga membuat wisatawan tak akan bosan saat bermain air.

Di kawasan Mutiara Waterpark juga banyak penjual makanan dan minuman untuk memudahkan wisatawan yang ingin mengisi perut setelah lelah berenang.

Jika anda tertarik untuk liburan ke Mutiara waterpark ini, silahkan datang saja ke Kelurahan Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh. Dijamin liburan anda akan sangat berkesan bersama keluarga tercinta.

Waterpark ini punya banyak perosotan air dengan sensasi yang berbeda-beda. Tentu akan sangat menyenangkan jika bisa kita cobain satu-persatu. 

Untuk bisa mencoba berbagai wahana di dalamnya, kita harus membayar tiket masuk Rp 20.000/orang untuk weekday, dan Rp 25.000/orang untuk weekend dan hari libur lainnya.

Silahkan datang saja kesini setiap hari, mulai dari pukul 08:30 hingga pukul 17:00 dengan tiket masuk sebesar Rp 20.000/orang untuk hari biasa, dan Rp 25.000/orang untuk akhir pekan (weekend) dan hari libur lainnya.

10. Pantai Kuala Parek

Pantai Kuala Parek via wisataindonesiaraya

Pantai Kuala Parek via wisataindonesiaraya

Tempat wisata Pantai Kuala Parek merupakan salah satu wisata bahari yang tak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Langsa.

Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Rantau Selamat atau bisa ditempuh sejauh 27 kilometer dari Kota Langsa. Tak berbeda jauh dari pantai-pantai indah di kawasan Langsa, Pantai Kuala Parek ini memiliki pasir pantai yang putih dan menawan sehingga akan membuat wisatawan semakin terpesona.

Uniknya lagi, di pantai ini terdapat banyak akar pepohonan yang menjorok ke pantai dan menjadi tempat hidup bagi ikan-ikan kecil.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai tempat untuk memancing ikan di Pantai Kuala Parek. Suasana sekitaran pantai yang sejuk dan asri tentu menambah kenyamanan saat berlibur ke Pantai Kuala Parek.

11. Langsa Town Square (Latos)

Langsa Town Square merupakan satu-satunya mall di Kota Langsa yang sering dijadikan sebagai tempat wisata oleh masyarakat Langsa. Langsa Town Square ini setidaknya memiliki 400 lebih toko serta 3 lantai.

Terdapat pula fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap mulai dari hiburan, spa, fitness, sauna, kafe sampai salon kecantikan di mall ini.

Tak lupa pula terdapat foodcourt yang menyediakan aneka kuliner yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Langsa Town Square berada di Blang Sinibong, Langsa yang bisa dikunjungi secara mudah.

Bahkan di mall ini juga terdapat dua lapangan futsal yang bisa disewa oleh pengunjung yang ingin bermain futsal dengan teman-temannya.

Kunjungi juga: 18 Tempat Wisata di Lhokseumawe Aceh Terbaru

12. Kolam Renang Kemuning

Kolam Renang Keumuning Selembat

Kolam Renang Keumuning Selembat

Kolam Renang Kemuning merupakan tempat wisata kolam renang yang berada di Desa Kemuning, Kecamatan Langsa Baroe. Sekilas kolam renang Kemuning memang tak berbeda jauh dari kolam renang pada umumnya.

Namun perlu anda ketahui bahwa kolam renang ini berada di antara bukit-bukit yang tinggi sehingga memberikan kesan yang lebih alami.

Suara kicauan burung membuat suasana semakin nyaman dan asri sehingga tak heran bila kolam renang ini banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan kawasan ini juga sering digunakan untuk lokasi perkemahan pramuka.

13. Pelabuhan Kuala Langsa

Pelabuhan Kuala Langsa

Pelabuhan Kuala Langsa

Pelabuhan Kuala Langsa merupakan salah satu tempat wisata yang juga menjadi sumber pendapatan asli Daerah di Kuala Langsa. Biasanya masyarakat setempat sering berkunjung ke pelabuhan ini untuk berwisata bersama keluarga.

Selain itu, fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini juga tergolong lengkap sehingga membuat pengunjung merasa betah dan nyaman. Selain menikmati pemandangan di pelabuhan, biasanya pengunjung bisa memancing ikan dan bisa juga bermain permainan air.

14. Air Terjun Terujak

Air Terjun Terujak

Air Terjun Terujak

Air terjun Terujak merupakan sebuah air terjun yang menawarkan pemandangan alam yang begitu memesona. Bahkan uniknya lagi sekitar 20 meter dari air terjun ini terdapat sumber mata air panas yang bisa dikunjungi wisatawan untuk berendam air panas.

Bahkan wisatawan yang datang ke sumber air panas tersebut diperbolehkan merebus telur sehingga sebaiknya wisatawan membawa perbekalan telur mentah untuk direbus di tempat wisata ini.

Telur rebus yang sudah matang nantinya bisa dinikmati sambil menyaksikan panorama alam sekitar yang dijamin memanjakan mata. Lokasi air terjun Terujak berada di sekitar perbukitan dengan suasana yang masih alami dan sejuk.

Bila anda ingin menginap maka tersedia penginapan sederhana di desa dekat dengan lokasi air terjun. Karena lokasinya yang berada di kawasan perbukitan maka tak heran bila akses jalan menuju air terjun terujak masih tergolong sulit.

Meskipun begitu perjuangan menuju air terjun ini seolah terbayarkan saat anda menyaksikan keindahan air terjun dan sumber mata air panas.

15. Kawasan Toko Belakang

Kawasan Toko Belakang

Kawasan Toko Belakang

Saat anda berkunjung ke Kota Langsa maka jangan sampai lewatkan untuk singgah sejenak ke kawasan pecinan khas Tiongkok. Tak dapat dipungkiri, kawasan pecinan memang selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Hal tersebut bisa anda temukan di Kawasan Toko Belakang di Kota Langsa. Dimana Kawasan Toko Belakang ini menawarkan sajian kuliner khas Tiongkok mulai dari kwetiau, capcay, pangsit dan lain sebagainya.

Terdapat pula bangunan asli dan utuh aitu berupa pabrik kecap asin yang tertua di Kota Langsa. Selain itu terdapat pula Vihara Budha dengan desain bangunan yang indah.

Bila anda penasaran dengan Kawasan Toko Belakang maka silakan datang ke Jalan Teuku Umar, Simpang 4, Peukan Langsa.

Jangan lewatkan juga: 27 Tempat Wisata di Bireuen Aceh Terbaru

Tempat Wisata di Sekitar Langsa

Berikut ini ada juga objek wisata yang dekat dengan Langsa yang sayang untuk dilewatkan: 

16. Ujong Pusong

Ujong Pusong

Ujong Pusong

Tempat wisata yang satu ini sebetulnya merupakan tempat wisata yang berada di tengah laut namun berupa daratan pantai yang membentuk jalan melintang ke pulau lain.

Ujong Pusong berada di Desa Teulaga Tujoh, kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, provinsi Aceh, dengan kondisi penduduknya yang sangat religius serta bermata pencaharian sebagai nelayan.

Ujong Pusong memang sangat berpotensi untuk dikembangkan sehingga tak heran bila pemerintah setempat terus mengembangkan Ujong Pusong dari waktu ke waktu.

17. Pantai Matang Ulim Idi Cut

Pantai Matang Ulim Idi Cut

Pantai Matang Ulim Idi Cut

Pantai yang satu ini sebetulnya tak jauh berbeda dari pantai-pantai lainnya di Langsa. Namun pantai ini memiliki pohon-pohon cemara yang tumbuh berjajar rapi di sepanjang pantai.

Meskipun saat matahari sedang terik-teriknya, namun suasana di pantai ini dijamin tetap sejuk apalagi angin berhembus sepoi-sepoi seolah memanjakan waktu bersantai anda.

Bila anda penasaran dengan keindahan Pantai Matang Ulim Idi Cut maka silakan datang ke Blang Geulumpang, kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Aceh atau berjarak sekitar 75 kilometer dari Kota Langsa.

****

Demikianlah penjelasan mengenai tempat wisata di Langsa yang bisa menjadi pilihan saat liburan di Langsa. Melalui informasi di atas kini anda tak perlu bingung bila ingin liburan ke Langsa.

Sebab ada banyak tempat wisata terbaik mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata kuliner yang akan memanjakan anda selama berlibur di Langsa.

Kunjungi juga: 22 Tempat Rekreasi di Simeulue Aceh Terbaru

Loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!