Tempat Rekreasi di Pidie Terbaru

Tempat Wisata di Pidie – Nama Kabupaten Pidie memang sepertinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Aceh maupun luar Aceh. Pidie adalah sebuah kabupaten yang mempunyai jumlah penduduk kedua terbanyak di Provinsi Aceh.

Ibukota Pidie yaitu Sigli yang tak lain adalah sebuah daerah dengan tingkat perekonomian yang berkembang pesat dan cukup besar. Dibalik potensinya tersebut, Pidie juga menawarkan banyak tempat wisata terbaik yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke Pidie. Tentunya tempat wisata di Pidie dijamin tak kalah indah dengan tempat wisata lainnya di kawasan Aceh.

Bila berbicara tentang tempat wisata di Pidie maka anda tak boleh melewatkan begitu saja tempat-tempat wisata terbaik yang dijamin lengkap.

Kunjungi juga yuk: 18 Tempat Rekreasi di Pidie Jaya Paling Populer

Mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata religi tersedia di Pidie dan bisa anda kunjungi secara mudah. Masing-masing tempat wisata tersebut memiliki keunikan dan pastinya menyediakan fasilitas yang membuat anda betah dan nyaman.

Bila anda ingin berlibur ke Pidie namun belum tahu apa saja tempat wisatanya yang bisa anda kunjungi maka berikut ini akan diberikan informasi referensi tempat-tempat wisatanya.

1. Air Panas Beungga

Lokasi: Desa Blang Ubue, Kemukiman Beungga, Tangse, Pidie

Air Panas Beungga

Air Panas Beungga

Tempat wisata di Pidie yang pertama dan bisa anda kunjungi yaitu wisata air panas Beungga. Dimana dengan mengunjungi tempat wisata ini maka anda bisa menikmati perjalanan wisata yang seru dan tentunya membuat tubuh menjadi segar kembali.

Loading...

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menawarkan wisata kolam air panas alami. Lokasi Air Panas Beungga ini terletak di kaki gunung Bukit Barisan sehingga menawarkan udara yang sejuk dan asri.

Saat anda berkunjung ke tempat wisata ini maka anda bisa menikmati sensasi berendam air panas yang membuat tubuh anda menjadi segar kembali.

Saat mandi di air panas, akan terasa semakin menyenangkan karena pemandangan di sekitar kolam air panas yang dikelilingi oleh alam hijau yang memesona. Tampak bukit barisan yang hijau dan memanjakan mata.

Bila anda yang gemar berfoto maka jangan sampai lewatkan momen indah di Air Panas Beungga dengan mengabadikannya ke dalam foto.

2. Monumen Tsunami Kota Sigli

Lokasi: Desa Kuala Pidie, kecamatan Kota Sigli, kabupaten Pidie

Monumen Tsunami Kota Sigli

Monumen Tsunami Kota Sigli via steemit

Peristiwa tsunami yang melanda Aceh di tahun 2004 lalu seolah meninggalkan kenangan dan duka yang teramat dalam. Dahsyatnya peristiwa tsunami yang menelan ratusan ribu jiwa tersebut kini diabadikan dan dikenang menjadi sebuah monumen Tsunami Sigli.

Saat memasuki museum ini, anda bisa merenung kembali mengenang sejarah kelam peristiwa besar yang terjadi beberapa tahun lalu.

Bila anda ingin mengunjungi monumen tsunami maka silakan datang ke Pantai Pelang atau tepatnya berada di selatan alun-alun Sigli.

Tak bisa berwisata saja, di tempat wisata ini anda bisa belajar dan menambah informasi seputar tsunami. Monumen ini juga memiliki dua lantai dan menyimpan berbagai koleksi sebagai bentuk mengenang peristiwa tsunami. Terdapat tiang-tiang berarsitektur Arab yang menjadikan bangunan monumen ini semakin indah.

Kunjungi juga yuk: Daftar Tempat Wisata di Sabang Terbaru

3. Air Terjun Tangse

Lokasi: Jalan Beureuneun-Geumpang Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie

Air Terjun Tangse

Air Terjun Tangse

Tempat wisata berikutnya yaitu Air Terjun Tangse yang menyajikan panorama alam yang begitu memukau dan membuat takjub. Lokasi air terjun ini berada di kawasan hutan dan pegunungan sehingga membuat pemandangan di sekitar air terjun terasa semakin indah.

Spot air terjun Tangse memang sangat disukai wisatawan dan sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat. Suasana sejuk dan alam yang tenang dapat membuat anda semakin betah berlama-lama di air terjun ini.

Perjalanan wisata di Air Terjun Tangse akan terasa semakin seru bila anda mengajak orang-orang terdekat atau keluarga untuk berlibur bersama menikmati keindahan air terjun Tangse.

4. Pesona Puncak Kule

Lokasi: Kecataman Batee, Pidie

Pesona Puncak Kule

Pesona Puncak Kule

Bila anda ingin menyaksikan hamparan pemandangan alam yang membentang luas dan indah maka silakan datang ke Pesona Puncak Kule. Dimana tempat wisata yang satu ini menawarkan pemandangan yang memukau dan memanjakan mata.

Bila anda penasaran dengan Pesona Puncak Kule maka silakan datang ke Kecamatan Batee yang tak begitu jauh dari Kota Sigli. Dari ketinggian tampak air laut kebiruan berpadu dengan pemandangan alam sekitar yang membuat takjub. Saat cuaca sedang cerah anda bisa melihat langit biru berhiaskan awan putih yang membuat siapa saja terpesona.

5. Pantai Mantak Tari

Lokasi: Mantak Raya, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie

Pantai Mantak Tari

Pantai Mantak Tari

Berbicara tentang wisata di kawasan Aceh memang tak bisa terlepas dari wisata bahari. Dimana salah satu wisata bahari di kawasan Pidie yaitu Pantai Mantak Tari.

Nama pantai ini memang sangat unik dan cocok dijadikan sebagai destinasi wisata. Saat tiba di Pantai Mantak Tari anda bisa menyaksikan panorama alam yang sangat memukau dan berpadu dengan pasir pantai yang berwarna keabuan.

Ombak pantai yang bergulung di air laut yang beiur, tenang, menambah keindahan pantai yang satu ini. Suasana di Pantai Mantak Tari memang terasa semakin indah dengan adanya pepohonan hijau yang mengelilingi kawasan pantai.

Angin sepoi-sepoi membuat suasana bersantai semakin nyaman dan terasa rileks. Saat sore hari tiba, pemandangan semakin indah dengan adanya sunset dengan semburatnya yang membuat langit menjadi kemerahan.

6. Ujong Pi

Lokasi:  Kecamatan Muara Tiga, Pidie

Ujong Pi via IG @ihan

Ujong Pi via IG @ihan

Tempat wisata di Pidie yang berikutnya yaitu Ujong Pi. Tempat wisata Ujong Pi menwarkan pesona wisata berupa dermaganya yang memukau serta sajian mie ikan tongkol yang menggugah selera.

Bila anda ingin berwisata ke Ujong Pi dari Sigli maka anda bisa menempuh perjalanan selama 40 menit. Dermaga Ujong Pi tampak begitu panjang sehingga memudahkan wisatawan yang ingin menikmati pemandangan laut secara lebih dekat dan tidak hanya dari bibir pantai saja.

Di sekitar dermaga juga terdapat bebatuan yang bisa dijadikan sebagai lokasi berenang. Sebetulnya fungsi dermaga ini adalah sebagai tempat biat nelayan diikatkan namun karena letaknya di pinggir laut yang dangkal maka tidak difungsikan namun menjadi sebuah potensi wisata yang menjanjikan.

7. Menara Air Belanda di Blok Bengkel

Lokasi: Gampong Blok Bengkel, Kecamatan Kota Sigli, Pidie

Menara Air Belanda di Blok Bengkel

Menara Air Belanda di Blok Bengkel via Sinarpidie

Tempat wisata berikutnya yang tak kalah unik di Pidie yaitu Menara Air Belanda di Blok Bengkel. Dimana lokasi menara air ini berada di kawasan pusat perbelanjaan Pidie Swalayan, Siglie.

Menara air Belanda ini merupakan sebuah bangunan dengan ketinggian sekitar 20 meter. Konon dahulu pembangunan menara air ini dilakukan ketika masa pendudukan Pemerintah Hindia Belanda.

Di dinding depan bangunan menara juga terdapat prasasti dan bertuliskan tanggal 26-8-1945. Tak bisa diabadikan menjadi nama jalan yaitu Jalan Menara Air, menara ini juga menjadi destinasi wisata sejarah yang unik di kawasan Pidie meskipun sampai saat ini belum diketahui lebih jelas sejarah menara tersebut.

8. Makam Tengku Abdullah Di Tiro

Lokasi: Desa Pante Garot, Kec Indra Jaya, Pidie

Makam Tengku Abdullah Di Tiro via Tribunnews

Makam Tengku Abdullah Di Tiro via Tribunnews

Selain menyajikan wisata alam, Pidie juga memiliki wisata religi yang tak kalah menarik untuk anda kunjungi. Salah satunya adalah Makam Tengku Abdullah Di Tiro yang tak lain adalah ayah dari Tengku Tjhik Di Tiro.

Di makam inilah anda bisa berziarah sekaligus berwisata religi sambil mendengarkan kisah perjuangan Tengku Abdullah Di Tiro untuk masyarakat Aceh.

9. Lingkok Kuwieng

Lokasi: Hutan Hagu, Kecamatan Padang Tiji, Pidie

Lingkok Kuwieng

Lingkok Kuwieng

Tempat wisata yang satu ini pastinya menawarkan panorama alam yang sangat indah dan membuat takjub. Lingkok Kuwieng ini merupakan sebuah ngarai dengan aliran air berwarna hijau jernih serta terdapat tebing batuan.

Perpaduan inilah yang mampu menciptakan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Untuk bisa sampai di Lingkok Kuwieng memang dibutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk melewati hutan dan jalan tanah.

Namun perjalanan yang penuh tantangan tersebut seolah terbayarkan saat anda menyaksikan keindahan Lingkok Kuwieng yang sangat memesona.

10. Masjid Po Teumeureuhom (Mutiara Barat)

Lokasi: Kota Sigli, Kabupaten Pidie

Masjid Po Teumeureuhom (Mutiara Barat)

Masjid Po Teumeureuhom (Mutiara Barat)

Masjid Po Teumeureuhom merupakan salah satu masjid tua di kawasan Pidie. Lokasi masjid ini juga tidak begitu jauh dari Kota Sigli.

Selain merupakan masjid tua, masjid ini juga memiliki desain arsitektur yang indah. Biasanya pengunjung yang datang ke masjid ini bertujuan untuk beribadah atau berwisata religi.

11. Guha Tujuh (Laweung)

Lokasi: Jalan Banda Aceh KM 100, Laweung, Muara Tiga, Pidie

Guha Tujuh (Laweung)

Guha Tujuh (Laweung)

Untuk anda yang suka dengan keindahan alam maka jangan sampai lewatkan untuk mengunjungi Guha Tujuh atau Laweung. Gua yang satu ini berada di Jalan Banda Aceh KM 100, Laweung, Muara Tiga, Pidie.

Tentunya gua yang satu ini memiliki pesona yang menarik untuk di eksplorasi. Sebaba ternyata gua ini sangatlah panjang serta mempunyai stalagmit dan stalagtit yang sangat indah.

Meskipun dikenal sangat panjang, tetapi hingga kini belum ada yang mengetahui secara pasti luas gua ini. Untuk menuju ke Guha Tujuh dibutuhkan perjalanan yang ekstrem karena kondisi jalannya yang masih berlubang.

Bagi anda pencinta pemandangan alam maka gua yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata dan menjelajah keindahan alam.

Cek juga yuk: 18 Tempat Wisata di Lhokseumawe Aceh Terbaru

12. Arung Jeram Tangse

Lokasi: Tangse, Pidie

Arung Jeram Tangse

Arung Jeram Tangse

Bila anda berkunjung ke Pidie maka jangan sampai lewatkan untuk mengunjungi dan mencoba Arung Jeram Tangse. Sebab arung jeram ini menawarkan sensasi yang memacu adrenalin dan cocok untuk melepas penat.

Arung Jeram yang dilakukan di Sungai Geumpang ini akan terasa semakin menantang dengan adanya bebatuan besar serta aliran air sungai yang sangat deras.

Perpaduan antara keindahan alam di sekitaran sungai dan arus sungai yang sangat menatang tentu akan membuat adrenalin anda terpacu. Jika anda ingin menikmati arung jeram ini sebaiknya gunakan jasa guide profesional.

Sebab arus sungai ini memang cukup berbahaya sehingga dibutuhkan guide agar perjalanan arung jeram anda tetap aman dan nyaman.

13. Krueng Geunie

Lokasi: Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tangse, Pidie

Krueng Geunie

Krueng Geunie

Selanjutnya anda bisa mengunjungi wisata Krueng Geunie saat berada di Pidie untuk melengkapi liburan anda. Krueng Geuni ini menawawarkan pemandian alami yang berada di Tangse.

Kawasan ini memang mempunyai aliran sungai yang jernih dengan bebatuan yang berukuran cukup besar dan indah. Tak heran bila Krueng ini biasanya sangat cocok dijadikan sebagai tempat pemandian alami yang memukau.

Karena kondisi aliran airnya yang jernih dan bersih maka anda bisa merasakan sensasi mandi dengan air yang jernih dan segara. Berada di kawasan hutan yang hijau dan lebat tentu akan membuat anda betah berlama-lama bermain air di Krueng ini.

14. Waduk Rajui Padang Tiji

Lokasi: kaki lembah Sulawah, Padang Tiji, Pidie

Waduk Rajui Padang Tiji

Waduk Rajui Padang Tiji

Bila berlibur ke Pidie maka jangan sampai lewatkan untuk mengunjungi waduk Rajui Padang Tiji. Dimana waduk ini merupakan sebuah bendungan pengairan yang justru sering dijadikan sebagai destinasi wisata.

Lokasi Waduk Rajui Padang Tiji ini berada di kaki lembah Sulawah, Padang Tiji. Biasanya waduk ini digunakan untuk mengairi lahan persawahan milik masyarakat di beberapa kecamatan yaitu Padang Tiji, Laweung, Grong-Grong, Bate dan Delima.

Waduk yang dibangun sejak tahun 2013 lalu ini memang sering dikunjungi oleh masyarakat terutama saat sore hari. Biasanya pengunjung waduk ini ingin menikmati pemandangan dan udara segar. Untuk memasuki Waduk Rajui Padang Tiji ini anda tak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk alias gratis.

15. Pantai Pelangi

Lokasi: Desa Tanjong Harapan, Kecamatan Kota Sigli, Pidie

Pantai Pelangi via Pidiekabgoid

Pantai Pelangi via Pidiekab.go.id

Pidie memang memiliki beberapa pantai indah dan memukau termasuk salah satunya adalah Pantai Pelangi. Dimana pantai yang satu ini terletak di pinggir Kota Sigli atau persis berada di depan Pendopo Bupati Pidie.

Lokasinya yang dekat dengan pendopo membuat masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai pantai pendopo. Pantai Pelangi memiliki keindahan yang begitu memesona dengan air laut yang biru, deburan ombak yang menggulung serta langit yang begitu cerah.

Saat berada di pantai ini anda bisa menikmati angin sepoi-sepoi yang membuat pikiran terasa rileks. Pantai Pelangi sangat cocok untuk bersantai karena tersedia bangku-bangku di sekitar pantai yang bisa digunakan oleh pengunjung sambil menikmati hidangan.

16. Masjid Abu Beureueh

Lokasi: Beuruenuen, Kecamatan Mutiara, Pidie

Masjid Abu Beureueh via Twitter

Masjid Abu Beureueh via Twitter

Masjid yang satu ini dikenal dengan nama Masjid Baitul A’la Lil Mujahidin yang berada di Beureunuen, Mutiara, Pidie. Masjid ini dibangun atas prakarsa Tgk. Muhammad Daud Beureueh yang mulai dibangun tahun 1950.

Namun selama proses pembangunan masjid ini juga terjadi beberapa kali ketegangan dari pihak yayasan. Pihak tersebut mengklaim bahwa pengelolaan masjid dilakukan sepenuhnya oleh pihak yayasan.

Namun dengan daanya beberapa kali pertemuan maka ketegangan tersebut akhirnya mulai reda. Masjid Abu Beureueh ini telah selesai dibangun pada tahun 1980 dan menyimpan sejarah yang sangat berharga dengan adanya makam Tengku Muhammad Daud Beureuh. Makam tersebut terpagar sederhana di bagian belakang masjid.

Jangan lewatkan juga: 27 Tempat Wisata di Bireuen Aceh Terbaru

17. Lancang Garam

Lokasi: Desa Cebrek, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie

Lancang Garam via Analisadaily

Lancang Garam via Analisadaily

Berwisata ke Pidie tidak hanya untuk menyaksikan keindahan tempat-tempat wisata saja tetapi juga mengunjungi rumah produksi garam. Salah satunya yaitu Lancang garam yang berada di Desa Cebrek, Kecamatan Simpang Tiga atau sekitar 10 kilometer dari Sigli.

Dimana Lancang Garam ini merupakan sebuah perkampungan petani garam di kawasan Pidie. Tak heran bila di kawasan Lancang Garam ini banyak terdapat tambak ikan, lahan kosong serta gubuk atau disebut dengan lancang.

Namun di tempat itulah para masyarakat desa Cebrek mengolah garam. Rumah tempat produksi garam di kawasan ini memang segaja dibuat sama sehingga justru menjadi sebuah keunikan tersendiri. Sambil berwisata anda bisa belajar mengolah garam yang mungkin selama ini belum anda ketahui.

18. Bendungan Pinto Sa

Lokasi: Kecamatan Tiro/Treuseb, Kabupaten Pidie

Bendungan Pinto Sa via Tribunnews

Bendungan Pinto Sa via Tribunnews

Satu lagi tempat wisata di Pidie yang bisa anda kunjungi saat liburan yaitu Bendungan Pinto Sa. Dimana bendungan yang satu ini adalah sumber air irigasi masyarakat Tiro maupun sekitarnya.

Biasanya saat akhir pekan atau liburan tiba, bendungan ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tak heran bila bendungan ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di kawasan Pidie.

Sungai Hulu yang berada di lereng bukit Gampong Blang Rukui ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Terdapat batuan kerikir yang terhampar di bibir sungai dan diapit oleh pepohonan hijau.

Udara sejuk dan segara seolah membuat anda semakin betah menikmati panorama alam di bendungan ini. Tak perlu khawatir karena sungai ini cenderung landai dan dipenuhi batu gunung di badan sungai.

19. Gunung Peut Sagoe

Lokasi: wilayah Meureudu, Kabupaten Pidie

Gunung Peut Sagoe via Youtube

Gunung Peut Sagoe via Youtube

Kalau kamu punya hobi mendaki, tidak ada salahnya untuk menaklukkan Gunung Puet Sague. Gunung berapi yang satu ini berdiri kokoh dengan empat buah puncak yang ketinggiannya mencapai 2801 m.

20. Gunung Taleuk

Lokasi: Hutan, Tiro/Truseb, Kabupaten Pidie

Gunung Taleuk via Acehkini

Gunung Taleuk via Acehkini

Selain gunung peut sagoe, kamu juga bisa coba taklukan gunung taleuk. Gunung ini memiliki sebuah sabana indah yang akan membuat anda tidak bosan untuk berlama-lama disini.

21. Teuraceu Angên Beungga

Lokasi: Krueng Seukeuk, Tangse, Kabupaten Pidie

Teuraceu Angên Beungga via Pidiekabgoid

Teuraceu Angên Beungga via Pidiekab.go.id

Tempat wisata di Pidie yang terakhir adalah Air terjun (Teuraceu) Angên (Angin). Dalam bahasa Indonesia, air terjun ini berarti air terjun angin. Dinamai air terjun angin karena angin kuat yang dihasilkan oleh tekanan udara dan tingginya air yang jatuh.

*****

Demikianlah penjelasan mengenai referensi tempat wisata di Pidie yang bisa menjadi pilihan saat berlibur ke Pidie. Melalui informasi di atas, kini anda tak perlu bingung lagi jika ingin menjelajah sambil liburan ke Pidie. Sebab banyak tempat wisata menarik dan terbaik yang bisa anda kunjungi di Pidie untuk liburan yang semakin berkesan.

Kunjungi juga yuk: 22 Tempat Rekreasi di Simeulue Aceh Terbaru

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!