18 Tempat Rekreasi di Pidie Jaya Paling Populer

Tempat Wisata di Pidie Jaya – Aceh merupakan sebuah provinsi yang terdiri dari banyak kabupaten atau kota termasuk salah satunya adalah Kabupaten Pidie Jaya. Perlu anda ketahui bahwa Kabupaten Pidie Jaya adalah kabupaten hasil pemekaran dari induk Kabupaten Pidie.

Bila anda berkunjung ke Pidie Jaya maka anda bisa menemukan berbagai pesona keindahan alam yang terdapat di tempat-tempat wisatanya. Namun perlu anda ketahui bahwa tempat wisata di Pidie Jaya ternyata tidak hanya berupa wisata alam saja namun juga jenis wisata lainnya seperti wisata budaya, wisata religi hingga wisata kuliner.

Pidie Jaya beribukota di Meureudu dan terdiri dari delapan kecamatan. Lokasinya yang berdekatan dengan Kabupaten Pidie tentu akan sangat memudahkan anda yang ingin mampir ke Pidie Jaya bila sedang berada di Kabupaten Pidie.

Pidie Jaya juga menjadi salah satu wilayah yang cukup parah terkena bencana tsunami Aceh tahun 20004 lalu. Tetapi kini kawasan Pidie Jaya sudah mengalami banyak perubahan dan pembenahan sehingga menjadi wilayah yang cantik.

Dari sektor pariwisatanya, Pidie Jaya memang menawarkan banyak potensi wisata yang sangat sayang bila dilewatkan begitu saja. Berikut ini akan dijelaskan daftar tempat wisata di Pidie Jaya yang bisa anda kunjungi saat liburan.

1. Pantai Kuthang

Lokasi: Sagoe, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya

Pantai Kuthang

Pantai Kuthang

Tempat wisata di Pidie Jaya yang pertama untuk anda kunjungi yaitu Pantai Kuthang. Dimana pantai yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Pidie Jaya.

Uniknya, pantai yang satu ini sangat menjunjung tinggi nilai Islami sehingga di kawasan ini sangat mengutamakan keamanan dengan adanya razia untuk menggrebek pengunjung yang kedapatan melanggar nilai-nilai Islami.

Meskipun begitu anda tak perlu khawatir saat berkunjung ke pantai ini karena selama anda tak melanggar nilai-nilai Islami maka anda bisa dengan nyaman menikmati keindahan Pantai Khutang.

Pesona keindahan Pantai Khutang bisa anda saksikan dari deburan ombak yang tidak begitu besar serta pasir pantai yang terlihat begitu eksotis. Bagi anda yang ingin berenang atau bermain pasir tentu sangat aman.

Selain itu di sekeliling pantai juga terdapat warung-warung beratap daun rumbia yang bisa dijadikan tempat berwisata kuliner. Pemandangan kapal-kapalan berwarna biru bisa menjadi tanda bahwa anda sedang berada di Pantai Khutang.

Selain berenang dan bermain pasir, anda bisa memancing ikan di pantai ini dengan menyewa peralatan pancing. Bila anda berkunjung di hari-hari tertentu maka anda bisa menyaksikan Pekan Kebudayaan Pidie Jaya di pantai ini.

2. Pantai Manohara

Lokasi: Desa Meunasah Balek Meureredu, Pidie Jaya

Pantai Manohara via indahnyawisataalamaceh.blogspotcom

Pantai Manohara via indahnyawisataalamaceh.blogspot.com

Selain Pantai Khutang, Pidie Jaya masih memiliki pantai indah lainnya salah satunya Pantai Manohara. Sebelum menjadi tempat wisata populer seperti sekarang ini, Pantai Manohara sempat ditutup akibat adanya gempa serta menjadi tempat ternak unggas.

Namun kini Pantai Manohara semakin ramai karena keindahan pemandangannya yang tak perlu diragukan lagi. Bila anda ingin mengunjungi Pantai Manohara maka silakan datang ke Desa Meunasah Balek Meureredu, Pidie Jaya.

Perlu anda ketahui pula bahwa sebetulnya pantai ini dahulu bernama Pantai Meurah Setia namun akhirnya lebih terkenal dengan nama pantai Manohara. Di kawasan pantai ini juga terdapat penjual makanan di café-café yang berada di pinggir pantai.

Selain itu di pantai ini juga terdapat fasilitas lainnya yang cukup memadai sehingga membuat aktivitas liburan anda semakin nyaman. Dengan adanya pepohonan cemara ang berjajar rapi di bibir pantai tentu akan memberikan nuansa yang sejuk dan asri saat anda berlibur di pantai ini.

3. Pantai Pasi Aron

Lokasi: Jurong Binje, Jangka Buya, Pidie Jaya

Pantai Pasi Aron via IG @wikhdalmi

Pantai Pasi Aron via IG @wikhdalmi

Tempat wisata yang berikutnya yaitu Pantai Pasi Aron yang menawarkan sejuta keindahan yang dijamin membuat anda terpukau. Meskipun dulu sempat tersapu oleh tsunami namun pantai ini sepertinya tak kehilangan pesona keindahannya.

Dimana pantai ini mempunyai pasir pantai yang berwarna hitam terlebih saat sore hari langit di pantai ini semakin terlihat eksotis. Pantai yang berada di Kecamatan Jangka Buya, ini memang sudah sangat terkenal akan pesonanya.

Biasanya pengunjung memilih sore hari untuk bersantai di pantai ini sambil menikmati sunset. Tentunya Pantai Pasi Aron ini sangat cocok untuk kunjungan liburan keluarga atau bersama orang-orang tercinta.

4. Krueng Lhok Gop

Lokasi: Gampong Kumba, Bandar Dua , Pidie Jaya

Krueng Lhok Gop via IG @emreza_putra

Krueng Lhok Gop via IG @emreza_putra

Selain pantai, tempat wisata yang tak kalah menarik untuk anda kunjungi saat berada di Pidie Jaya yaitu Krueng Lhok Gop.

Tempat wisata ini merupakan sebuah sungai alami yang memiliki pemandangan hijau di sekitarnya serta terdpat bebatuan di sungai yang membuat semakin cantik.

Lokasi Krueng Lhok Gop ini berada di Gampong Kumba, Bandar Dua yang bisa ditempuh secara mudah. Air yang mengalir di sungai ini memang cukup jernih dan terasa dingin. Biasanya wisatawan yang datang ke sungai ini memilih untuk bermain air atau berenang.

Tentunya perpaduan air sungai dan panorama alam alami yang memukau akan membuat siapa saja betah berlama-lama di tempat wisata yang satu ini. Saat musim panen tiba, biasanya masyarakat setempat akan mengadakan Khanduri Blang atau upacara syukuran musim panen yang bisa saksikan.

5. Air Terjun Gunung Palang

Lokasi: Gunung Palang DesaAbah Lueng, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya

Air Terjun Gunung Palang via Ig @muridhalmury

Air Terjun Gunung Palang via Ig @muridhalmury

Tempat wisata di Pidie Jaya yang berikutnya yaitu Air Terjun Gunung Palang. Dimana tempat wisata yang satu ini berada di kawasan Gunung Palang DesaAbah Lueng, Kecamatan Bandar Baru.

Karena lokasinya yang berada di kawasan gunung maka tak heran bila ingin menuju ke air terjun ini dibutuhkan perjalanan yang cukup panjang selama kurang lebih 3 jam mendaki gunung.

Meskipun lelah selama perjalanan tetapi semua itu akan terbayarkan saat anda menyaksikan keindahan air terjun alam yang seolah tak ada duanya.Selain menikmati keindahan air terjun, anda juga bisa mendirikan tenda di kawasan air terjun gunung Palang lalu menikmati kopi atau teh di malam hari.

Bila anda ingin camping di air terjun ini sebaiknya bawalah peralatan dan perbekalan yang cukup karena fasilitas di kawasan air terjun ini masih belum tersedia.

6. Masjid Kuta Batee Meureudu

Lokasi: Gp. Beuracan, Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya

Masjid Kuta Batee Meureudu via Acehplanetnet

Masjid Kuta Batee Meureudu via Acehplanet.net

Selain wisata alam, Pidie Jaya juga memiliki wisata religi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Masjid Kuta Batee Meureudu. Masjid yang satu ini memang mempunyai nilai sejarah yang tinggi karena pembangunan masjid ini dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda di tahun 1620 M.

Hal tersebut menujukkan bahwa masjid ini memang sudah berusia ratusan tahun dan hingga saat ini masih tetap berdiri kokoh.

Namun pada tahun 1963 lalu, masjid ini mengalami pemugaran dan kemudian berubah nama menjadi Masjid Iskandar Muda Kuta Batee. Tidak hanya bisa menyaksikan kemegahan masjid ini, anda bisa beribadah dan belajar sejarah.

7. Benteng Kuta Batee

Lokasi: Blang Mideun, Gampong Manyang Lancok, Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Benteng Kuta Batee

Benteng Kuta Batee

Setelah beribadah dan berwisata religi ke Masjid Kuta Batee Meureudu, anda bisa mengunjungi juga Benteng Kuta Batee. Benteng ini juga dibangun oleh Sultan Iskandar Muda tahun 1620 M.

Meskipun kondisi benteng ini terlihat kurang terawat namun dahulu benteng ini digunakan sebagai pertahanan yang dibuat dari batu serta putih telur yang dicampur dengan tepung ketan.

Hal tersebut dilakukan karena dahulu belum ada semen sebagai perekat bahan bangunan. Berkunjung ke benteng ini dijamin tak akan rugi karena pemandangannya sangat indah dan cocok untuk spot berfoto.

Kunjungi juga: 18 Tempat Wisata di Lhokseumawe Aceh Terbaru

8. Kuburan Malem Dagang

Lokasi: kemukiman tunong, Kecamatan, Meunasah Kumbang, Ulim, Kabupaten Pidie Jaya

Kuburan Malem Dagang

Kuburan Malem Dagang

Banyak pahlawan Aceh yang dahulu berjuang untuk melawan penjajah di Indonesia terutama di kawasan Aceh. Untuk itulah sudah sepantasnya jasa-jasa para pahlawan tersebut dikenang salah satunya melalui Makam Malem Dagang.

Perlu anda ketahui bahwa Malem Dagang adalah panglima besar yang diangkan oleh Sultan Iskandar Muda dalam penyerangan ke Semanjung Malaka.

Untuk itulah jejak Malem Dagang diabadikan dalam bentuk makam yang berada di Kecamatan Ulim. Biasanya wisatawan yang datang ke makam ini bertujuan untuk berziarah sekaligus belajar sejarah.

9. Nasi Briyani dan Martabak Kari

Lokasi: Meureudu, Pidie Jaya

Nasi Briyani dan Martabak Kari via Tikettravelling

Nasi Briyani dan Martabak Kari via Tikettravelling

Pidie Jaya juga memilik sajian kuliner yang tak boleh anda lewatkan begitu saja saat berkunjung ke kabupaten ini. Dimana sajian kuliner tersebut adalah nasi briyani yang menjadi makanan khas Pidie Jaya.

Sebetulnya nasi briyani memang berasal dari India tetapi karena kebanyakan penduduk Meureudu berasal dari negara India. Sedangkan untuk martabak kari adalah makanan khas Pidie Jaya yang memiliki citarasa khas dan lezat.

Bila anda ingin menikmati sajian nasi briyani dan martabak kari maka silakan menikmatinya di restoran maupun rumah makan yang ada di kawasan Kota Meureudu.

10. Kerajinan Pandan

Lokasi: Desa Buangan, Kecamatan Meurah Dua, Kabupaten Pidie Jaya

Kerajinan Pandan via Tikettravelling

Kerajinan Pandan via Tikettravelling

Pidie Jaya juga memiliki kerajinan tangan yang sangat unik yaitu Seuke atau kerajinan pandan. Untuk jenis kerajinan yang dihasilkan dari pandan ini antara lain tikar, aneka tas, dan lain sebagainya.

Bila anda ingin membeli kerajinan pandan khas Pidie Jaya ini maka silakan datang ke kecamatan Ulim, Trienggadeng, Meureudu dan kecamatan lainnya.

Jangan lewatkan juga: Tempat Wisata di Aceh Utara & Sekitar Terbaru 

11. Krueng Cubo

Lokasi: Gampong Sarah Panyang, Kecamatan Bandarbaru, Pidie Jaya

Krueng Cubo via acehplanet

Krueng Cubo via acehplanet

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa tempat wisata yang satu ini kurang begitu menarik. Namun Krueng Cubo ini mempunyai potensi wisata berupa sungai yang dijamin menarik untuk dikunjungi.

Tetapi karena kondisi infrastruktur maupun aksesnya yang masih terbatas maka menjadikan pengunjung tempat wisata ini masih belum begitu banyak.

Biasanya Krueng Cubo sangat disukai oleh masyarakat yang gemar memancing dan biasanya kawasan sungai ini selalu ramai dikunjungi para pemancing. Dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang ke Krueng Cubo maka tak heran bila sungai yang satu ini sangat cocok menjadi destinasi wisata.

12. Bate Iliek

Lokasi: Gampong Meurah, Kecamatan Samalanga-Bireuen (45 Menit dari Pijay)

Bate Iliek via Tribunnews

Bate Iliek via Tribunnews

Batu Iliek merupakan tempat wisata berupa sungai dengan bebatuan besar serta air yang mengalir dan terasa sejuk. Biasanya saat musim penghujan tiba, air sungai ini mengalir deras menuju ke laut.

Selain menawarkan pemandangan yang memukau, sungai ini juga menjadi sumber pengairan untuk sawah-sawah masyarakat setempat. Nama Bate Iliek sebetulnya disamakan dengan nama desa tempat sungai ini berada.

Biasanya jumlah pengunjung Bate Iliek akan semakin meningkat saat musim liburan tiba atau saat akhir pekan. Selain bisa menikmati keindahan sungai sambil bermain air, wisatawan bisa membeli jajanan atau minuman yang disediakan oleh warung-warung di sekitar sungai Bate Iliek.

Pastinya jenis kuliner yang disajikan merupakan makanan khas Aceh yang dijamin enak dan menggoyang lidah.

13. Masjid Tengku Di Pucok Krueng

Lokasi: Pucok Krueng, Kec. Meureudu, Pidie Jaya

Masjid Tengku Di Pucok Krueng via Singgahkemasjid

Masjid Tengku Di Pucok Krueng via Singgahkemasjid

Tempat wisata berikutnya yaitu Masjid Tengku di Pucok Krueng atau biasanya disebut sebagai masjid kembar. Sebab masjid ini merupakan dua buah masjid yang letaknya bersebalahan.

Dua masjid tersebut memiliki keunikan masing-masing sehingga tampak sangat menarik. Salah satu dari dua masjid ini memiliki gaya bangunan tradisional nusantara yang terbuat dari kayu dan sudah berusia tua. Sedangkan satu bangunan masjid lainnya dibangun dari bahan beton sehingga terkesan modern.

Dua masjid ini memiliki nilai sejarah yang sangat berharga bagi masyarakat Pidie Jaya. Uniknya lagi di kompleks masjid ini ada sebuah guci besar yang isinya air. Meskipun ketika diisi air guci tersebut kotor namun sesudah anda mengambil air dari dalam guci tersebut maka airnya menjadi sangat jernih.

14. Taman Kota Pidie Jaya

Lokasi: Balakang Pemkot, Gampong Cot Trieng, Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Taman Kota Pidie Jaya via Steemet

Taman Kota Pidie Jaya via Steemet

Bila berkunjung ke Pidie Jaya sepertinya kurang lengkap bila anda tak mampir ke Taman Kota Pidie Jaya. Taman Kota ini berada di Meureudu dan biasanya sering dikunjungi oleh muda-mudi yang ingin sekedar bersantai atau berburu foto.

Keindahan taman kota Pidie Jaya memang cukup memukau dengan adanya kolam dan bunga-bunga di sekitarnya. Bangunan di sekitaran taman juga tak kalah menambah eksotis pemandangan di taman kota ini.

Namun dari segi perawatan taman sepertinya masih kurang diperhatikan dan termasuk akses jalannya. Meskipun begitu taman kota ini sangat cocok untuk anda yang ingin berwisata sambil bersantai tanpa harus mengeluarkan biaya.

15. Pantai Balemon

Lokasi:  Dusun Balemon, Sagoe, Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya

Pantai Balemon

Pantai Balemon

Bila anda berkunjung ke Gampong Sagoe Trienggadeng maka jangan sampai lewatkan untuk mampir ke Pantai Balemon. Biasanya Pantai Balemon ini menjadi destinasi wisata Islami yang ada di kawasan Gampong Sagoe.

Lokasinya yang berada di kawasan Selat Malaka tentu akan menambah daya tarik pantai ini untuk dikunjungi. Air lautan yang berwarna biru berpadu dengan pasir pantai yang halus tentu akan menambah keindahan panorama Pantai Balemon.

Saat sore hari tiba, anda bisa menyaksikan keeksotisan sunset yang semburat cahayanya menciptakan siluet pemandangan yang sangat indah.

16. Sabana Blang Raweu

Lokasi: Kabupaten Pidie Jaya

Sabana Blang Raweu via IG @boyhaqie

Sabana Blang Raweu via IG @boyhaqie

Tempat wisata berikutnya yaitu Sabana Blang Raweu yang merupakan sebuah wilayah yang didominasi oleh sabana dengan luas ribuan hektar. Kawasan sabana ini juga dikelilingi oleh hutan primer maupun sekunder yang saling berkesinambungan.

Selain sabana, kawasan ini juga terdapat beberapa jenis hewan yang hidup di wilayah ini diantaranya kijang, babi hutan dan rusa. Namun untuk bisa memasuki kawasan sabana ini tidaklah mudah karena adanya pengamanan kawasan hutan yang cukup ketat.

Bahkan kawasan ini juga merupakan wilayah yang disakralkan masyarakat setempat. Untuk memasuki kawasan ini biasanya akan dilakukan prosesi ritual tradisi terlebih dahulu.

17. Air Terjun Ulim Pidie Jaya

Lokasi: Gunung Sala, Kabupaten Pidie Jaya

Air Terjun Ulim Pidie Jaya via Steemit

Air Terjun Ulim Pidie Jaya via Steemit

Tempat yang satu ini berupa air terjun yang bisa dituju dengan melalui hutan dan mendaki gunung. Meskipun untuk menuju ke air terjun ini terasa berat namun sepanjang perjalanan anda akan dimanjakan oleh keindahan alam berupa deretan pepohonan hijau yang sangat subur.

Selain itu terdapat pula deretan tebing, padang sabana, dan hutan tropis yang memanjakan mata. Suara kicauan burung liar juga menambah suasana asri di perjalanan menuju air terjun Ulim.

Saat tiba di air terjun Ulim anda akan dimanjakan oleh pemandangan air terjun yang mengalir dengan deras diantara tebing bebatuan. Pemandangan sekitar yang tampak hijau membuat anda seolah semakin betah berlama-lama di air terjun ini.

18. Krueng Lampoh Lada

Lokasi: kemukiman Beuracan, Meureudu, Pidie Jaya

Krueng Lampoh Lada via IG @ahlulfikri_

Krueng Lampoh Lada via IG @ahlulfikri_

Tempat wisata di Pidie Jaya berikutnya adalah Krueng Lampoh Lada yang terletak di sebelah selatan kemukiman Beuracan, Meureudu, Pidie Jaya.

Wisata alam berupa sungai ini memiliki aliran air yang sangat jernih dengan suasana alam yang masih terjaga kealamiannya serta air, jadi buat kamu yang mencari tempat refreshing dengan suasana alam yang menenangkan, disinilah salah satu tempatnya.

Jika kamu mau basah-basahan disini, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti ya.

******

Demikianlah penjelasan mengenai daftar tempat wisata di Pidie Jaya yang bisa anda kunjungi saat liburan. Bila anda ingin menjelajah Pidie Jaya maka silakan memilih tempat-tempat wisata yang telah dijelaskan di atas. Dengan begitu maka perjalanan anda di Pidie Jaya akan semakin berkesan dan pastinya tak kalah menyenangkan.

Kunjungi juga yuk: 22 Tempat Wisata di Simeulue Aceh Terbaru

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!