28 Tempat Wisata di Belanda Terbaru

Tempat Wisata di Belanda – Belnada atau Nederland merupakan salah satu Negara Eropa yang cukup unik. Sekitar 20an % Negara ini dan populasinya hidup di bawah permukaan laut, dan 50% wilayah tanahnya ketinggiannya tidak lebih dari 1 meter dari permukaan laut.

Wah, bisa kita bayangkan kalau air laut pasang ya. Hehehe, bisa kelelep deh Negara yang mungil satu ini. Tapi tidak, negara ini juga dikenal sebagai negara DAM, atau bendungan.

Belanda juga menjadi salah satu Negara Eropa yang dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia, salah satunya adalah Indonesia.

Ada banyak tempat wisata di Belanda yang menarik untuk kita kunjungi. Bangunan bersejarah disini juga masih terjaga dengan baik. Kanal-kanal di Belanda juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datan.

Daftar Tempat Wisata di Belanda

Kira-kira, apa saja ya tempat yang bisa kita jelajahi? Berikut ini Tempatwisataseru rangkum daftar tempat wisata di Belanda yang bisa anda kunjungi saat liburan ke Negeri Kincir Angin ini:

1. Desa Kinderdijk

Tempat wisata di Belanda yang pertama adalah Desa Kinderdijk. Desa Kinderdijk merupakan desa wisata yang terletak di Provinsi Belanda Selatan, tepatnya di daerah Alblasserwaard. Desa ini berjarak sekitar 15 km dari Kota Rotterdam.

Desa Kinderdijk - Tempat Wisata di Belanda

Desa Kinderdijk – Tempat Wisata di Belanda

Desa ini memiliki daya tarik utama berupa kincir angin tradisional berukuran raksasa. Konon, karena jumlah kincir angin yang ada di desa ini sangat banyak, desa ini sering dijuluki dengan nama Desa 1000 Kincir.

Menurut informasi yang beredar, Desa Kinderdijk dulunya terletak di dataran rendah yang posisinya ada di bawah permukaan air laut. Karena posisinya tersebut, desa ini rawan mengalami banjir.

Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, pemerintah akhirnya membuat rangkaian pompa air yang digerakkan dengan menggunakan energi listrik dari kincir angin.

Kincir angin yang terdapat di Desa Kinderdijk sudah ada sejak Tahun 1740-an. Hebatnya, sampai saat ini seluruh kincir angin tersebut masih berfungsi secara normal.

Karena merupakan desa terbuka, wisatawan dapat mengunjungi desa ini kapan pun mereka ingin melakukannya tanpa perlu membayar biaya akomodasi sama sekali.

Nantinya, selain dapat melihat kincir angin, di desa ini Anda juga bisa berkunjung ke sebuah museum yang didirikan secara khusus sebagai tempat untuk menampilkan proses dokumentasi kincir angin di desa ini.

Oh ia, jika Anda ingin melihat secara langsung bagaimana proses pompa air tenaga kincir ini bekerja, Anda disarankan untuk berkunjung ke desa ini di musim panas (sekitaran Bulan Juli).

2. Kanal Amsterdam

Berwisata ke Belanda masih belum terasa lengkap jika tidak singgah ke tempat wisata yang satu ini. Kanal Amsterdam merupakan kanal alir yang berlokasi di Kota Amsterdam. Kanal ini dibangun secara khusus sebagai sarana untuk mengalirkan air ke daerah – daerah pertanian yang ada di sekitar Kota Amsterdam.

Kanal Amsterdam

Sejak Tahun 2010,kanal yang memiliki panjang sekitar 100 km ini secara resmi telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Sama seperti halnya Desa Kinderdijk, tempat wisata di Belanda yang satu ini juga sangat populer di kalangan wisatawan.Kanal ini juga sering dijadikan sebagai lokasi shooting film – film Box Office lho.

Oh ia, karena kanal ini membentang sepanjang Kota Amsterdam, jika ingin berkeliling Kota Amsterdam, Anda tinggal mengitari pinggiran kanal ini saja.

Atau jika ingin yang lebih berkesan, Anda dapat menyewa kapal untuk mengitari kanal ini keliling kota Amstertam.

3. Taman Bunga Keukenhof

Anda merupakan seorang pecinta bunga? Jika ya, objek wisata yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tujuan wisata Anda selama berada di Belanda.

Taman Bunga Keukenhof merupakan salah satu taman bunga terindah di dunia. Taman ini memiliki koleksi bunga tulip yang sangat banyak. Kabarnya, bunga tulip yang ada di taman ini adalah bunga tulip terbaik di dunia.

Taman Bunga Keukenhof via Tribunnews

Selain tulip, di taman ini Anda juga bisa menemui beberapa koleksi bunga sub tropis yang lainnya, seperti: Anggrek, Mawar, lavender, Sakura, dll.

Luas total Taman Bunga Keukonhof diperkirakan mencapai 32 hektar. Luas area tersebut terbagi atas 4 wilayah, yaitu:

  • Wilayah Nature Garden yang ditanami dengan pepohonan tinggi, bunga tulip, bunga krisan, dll.
  • Wilayah English Landscape Garden yang memiliki ciri khas utama berupa jalan setapak yang dihiasi dengan tanaman bunga
  • Wilayah Japannese Garden yang didominasi oleh bunga sakura
  • Wilayah Historical Garden yang dipenuhi dengan koleksi bunga jaman dahulu

Selain memiliki koleksi bunga yang luar biasa indah, taman ini juga memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Dari mulai paviliun, restoran, sampai dengan penjual cendera mata, semuanya bisa ditemukan dengan cukup mudah di taman bunga ini.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, lokasi taman bunga ini ada di Stationsweg 166A, 2161 AM Lisse, Belanda.

4. Wahana Efteling

Wahana Efteling

Tempat wisata di Belanda selanjutnya adalah Efteling. Efteling  sendiri adalah wahana bermain dengan tema fantasi yang terletak di Kaatsheuvel Belanda.

Disini wisatawan akan disuguhkan berbagai atraksi menantang. Taman yang diresmikan sejak 1952 ini berevolusi dari taman alam dengan taman bermain dan hutan dongeng menjadi taman hiburan berukuran penuh. Densain dan arsitektur bangunan yang menawan serta dipadukan dengan taman hijau dan kebun-kebun bunga menjadikan Efteling sebagai salah satu tempat wisata di Belanda yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

5. Taman Vondelpark

Taman Vondelpark merupakan taman kuno yang terletak di bagian sebelah selatan Kota Amsterdam.Taman ini merupakan salah satu taman terbaik yang bisa dikunjungi untuk bersantai di musim panas. Di taman yang memiliki luas 47 hektar ini Anda dapat menemui berbagai macam pertunjukan seni yang sangat menarik.

Taman Vondelpark via Merdeka

Suasana di sekitar Taman Vondelpark tergolong masih cukup asri. Wisatawan yang berkunjung ke taman ini biasanya akan membawa tempat duduk dan bekal sendiri.

Untuk urusan fasilitas wisata, taman ini tergolong sudah memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Dari mulai toilet, restoran, sampai dengan playground untuk anak – anak, semuanya sudah tersedia dan bisa dinikmati di taman ini.

Oh ia, khusus untuk Anda para pecinta dunia seni, di taman ini Anda juga bisa menemukan beberapa karya seni buatan seniman ternama Pablo Picaso. Sangat luar biasa bukan?

6. Taman Safari Beekse Bergen

Taman Safari Beekse Bergen berlokasi di daerah Hilvarenbeek. Taman ini memiliki banyak koleksi hewan langka yang sudah hampir punah. Beberapa hewan yang ada di taman safari ini bahkan hanya bisa dilihat di taman ini saja.

Taman Safari Beekse Bergen

Bila dibandingkan dengan taman safari yang ada di negara – negara lainnya, luas taman safari Beekse Bergen memang tergolong agak sempit. Walaupun begitu, bukan berarti taman ini tidak menarik untuk dikunjungi ya!Pasalnya, walaupun luas wilayahnya tergolong cukup sempit, namun jumlah koleksi hewan yang dimilikinya tergolong cukup lengkap.

Untuk urusan fasilitas wisata, taman safari ini sudah tergolong memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap. Dari mulai tempat parkir, toilet, sampai dengan tempat makan, semuanya sudah tersedia di taman ini.

7. Rijksmuseum

Selain kaya akan objek wisata alam, Belanda juga sangat kaya akan objek wisata sejarah berbentuk museum dan bangunan kuno.

Rijksmuseum ini contohnya. Museum yang memiliki koleksi benda seni bernilai jutaan Euro ini didirikan dengan menggunakan gaya arsitektur bangunan khas Eropa Kuno.Padahal, piranti teknologi keamanan yang diaplikasikan pada gedung ini benar – benar luar biasa canggih.

Rijksmuseum via Wikipedia

Ya, jika dibanding – bandingkan, gaya arsitektur bangunan museum ini benar – benar tidak sebanding dengan teknologi keamanan yang digunakannya.

Menurut informasi yang beredar, teknologi keamanan yang diterapkan pada museum ini merupakan salah satu teknologi keamanan tercanggih di dunia yang ada pada saat ini.

Penggunaan teknologi ini dilakukan bukan tanpa alasan. Pasalnya, museum ini memiliki banyak koleksi seni buatan seniman ternama Eropa bernama Rembrand. Mayoritas koleksi seni tersebut diklaim memiliki nilai jual mencapai jutaan euro.

Nah, bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke museum ini? Jika ya, lokasi museum ini berada tepat di tengah Kota Amsterdam.

8. Natura Artis Magistra

Selain memiliki taman safari, Belanda juga memiliki kebun binatang dengan jumlah koleksi hewan yang tidak kalah banyak.

Kebun binatang tersebut bernama Natura Artis Magistra dan berjarak tidak terlalu jauh dari pusat Kota Amsterdam.

Natura Artis Magistra via Facebook

Di kebun binatang ini, Anda dapat melihat berbagai jenis spesies hewan khas daerah sub tropis yang sudah cukup langka.

Tidak hanya itu, taman hewan ini juga memiliki sebuah akuarium raksasa yang dipenuhi dengan berbagai macam spesies hewan laut yang sangat menarik.

Berbeda dengan taman safari Beekse Bergen yang berjarak agak cukup jauh dari pusat kota, kebun binatang ini berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Amsterdam. Oleh karenanya, sangat tidak mengherankan jika kebun binatang ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

9. De Gooyer Windmill

De Gooyer Windmill merupakan kincir angin tertinggi yang ada di Negara Belanda. Kincir angin ini sudah ada sejak Tahun 1600-an dan masih berdiri kokoh sampai saat ini.

Berbeda dengan kincir angin modern yang didirikan dengan material utama berupa logam, kincir angin De Gooyer Windmill didirikan dengan menggunakan material utama berupa kayu.Itulah kenapa kincir angin ini selalu berhasil menarik minat wisatawan yang sedang berlibur ke Belanda.

De Gooyer Windmill

Menurut informasi yang beredar, saat pertama kali didirikan di abad ke 16, kincir angin ini tidak bernama De Gooyer Windmill. Pada waktu itu, nama kincir angin ini adalah The Funen Molen. Belakangan, nama tersebut diganti oleh pemerintah setempat menjadi De Gooyer Windmill.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Jika ya, lokasi kincir angin ini ada di antara Funenkade dan Zeeburgerstraat.

Perlu diketahui, saat ini bangunan kincir angin ini sudah tidak lagi dibuka untuk umum. Jadi, jika Anda ingin mengunjunginya, Anda hanya bisa melihat bentuk fisiknya saja dari luar.

10. De Dam

Khusus untuk Anda yang hobi hang out, objek wisata yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Tempat ini mirip seperti alun – alun yang berlokasi di tengah kota. Di tempat ini Anda dapat menemui berbagai macam tempat hang out khas masyarakat Eropa, seperti: bar, cafe, diskotik, dll.

De Dam via Wikipedia

Selain kaya akan tempat nongkrong, tempat wisata yang dikenal dengan nama lain Leidse Square ini juga menawarkan pemandangan yang cukup unik, yaitu berupa kawanan burung merpati.

Jika mau, saat berkunjung ke tempat ini Anda dapat memberi makan kawanan merpati tersebut sambil bersantai di waktu sore.

Oh ia, khusus untuk Anda yang hobi melakukan wisata kuliner, di tempat ini Anda juga bisa menemui berbagai macam olahan kuliner khas Belanda dengan harga yang cukup terjangkau.

11. Leiden

Leiden merupakan kota terfavorit ke dua di Belanda yang juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.Kota ini merupakan kota tempat berdirinya universitas tertua di Negara Belanda.

Leiden

Secara keseluruhan, kota ini memiliki bentuk geografi yang sangat mirip dengan Kota Amsterdam. Dari mulai bentuk gedung, sampai dengan keberadaan kanal air berukuran besar, semuanya terlihat sangat mirip dengan Kota Amsterdam.

Sayangnya, untuk urusan fasilitas dan destinasi wisata, kota ini masih kalah dari Kota Amsterdam.Hanya saja, untuk urusan biaya dan harga – harga, kota ini cenderung lebih murah dan lebih ramah kantong.

12. Frisian Island

Mayoritas dari Anda pasti sudah tahu bahwa Belanda adalah negara yang terletak di pinggir laut dan sebagian wilayahnya didapatkan dengan cara membendung laut.

Nah, karena posisinya yang berada tepat di pinggir laut, negara agraris ini ternyata juga memiliki objek wisata pantai. Frisian Island ini contohnya. Pantai ini merupakan pantai terbesar dan terpopuler yang ada di Negara Belanda.

Frisian Island via Joglopark

Untuk bisa sampai ke pantai ini wisatawan hanya perlu berjalan kaki saat air sedang berada dalam kondisi surut.Nantinya, di pantai ini Anda dapat berjemur, bermain pasir, bermain voly pantai, dan melakukan berbagai macam aktivitas wisata pantai yang lainnya.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata pantai yang ada di pulau ini? Jika ya, Anda kami sarankan untuk mengunjungi Belanda di musim panas. Pasalnya, di tiga musim lainnya, objek wisata yang satu ini benar – benar sangat tidak “ramah” dengan wisatawan.

Selain itu, saat hendak mengakses pulau, Anda sebaiknya menggunakan jasa pemandu wisata yang sudah berlisensi.

13. Anne Frank House (Anne Frank Huis)

Pernah dengar kekejaman Nazi? Anne Frank House ini merupakan salah satu saksi bisu kekejaman tersebut.

Anne Frank House merupakan sebuah museum yang digunakan untuk menceritakan biografi Anne Frank, yaitu seorang remaja Yahudi yang tinggal di Negara Belanda.

Anne Frank House via Okezone

Rumah ini dulunya adalah tempat persembunyian Anne Frank dan keluarganya yang pada waktu itu tengah diburu oleh Nazi.

Belakangan, setelah diari milik Anne Frank ditemukan dan dijadikan buku, banyak orang yang penasaran dengan kisahnya.

Akhirnya, pemilih rumah ini pun akhirnya memutuskan untuk mengubah rumah ini menjadi sebuah museum yang berisi foto dan benda – benda pribadi milik Anne Frank dan keluarganya.

Bisa dibilang objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata paling populer yang ada di Negara Belanda. Jika dalam waktu dekat ini Anda akan berlibur ke Belanda, Anda kami sarankan untuk turut memasukkan objek wisata ini ke dalam daftar tujuan wisata Anda.

14. Begijnhof

Begijnhof

Begijnhod merupakan sebuah lapangan yang terletak di Pusat Kota Amsterdam. Di sekeliling lapangan ini, Anda dapat menemukan bangunan rumah penduduk yang didirikan dengan menggunakan gaya arsitektur khas Belanda Klasik.

Di tempat ini Anda dapat bersantai sembari bercengkerama dengan warga sekitar. Khusus untuk Anda yang hobi fotografi, tempat ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai lokasi untuk hunting foto.

15. Royal Palace of Amsterdam

Royal Palace of Amsterdam merupakan istana kerjaan yang sudah tidak digunakan lagi. Istana ini terletak di sebelah bagian barat Dam Square dan sudah berdiri sejak abad ke 17 masehi.

Royal Palace of Amsterdam

Saat pertama kali dibangun, istana ini difungsikan sebagai City Hall. Selain itu, di masa kepemimpinan Raja Louis Napoelon, istana ini juga sempat dijadikan sebagai istana utama Kerajaan Belanda.

Sama seperti halnya bangunan – bangunan gedung yang lainnya, istana ini juga didirikan dengan menggunakan gaya arsitektur khas Eropa Klasik.Selain itu, bangunan ini juga memiliki ciri utama berupa kubah dan baling – baling yang diletakkan di bagian atas gedung.

16. Oosterpark

Oosterpark terletak di bagian sebelah timur Kota Amsterdam. Taman yang dibangun pada Tahun 1891 ini merupakan salah satu taman kota tertua yang ada di Kota Amsterdam.Taman ini memiliki lapangan yang luas, sebuah kolam, dan sebuah pulau kecil di bagian tengahnya.

Oosterpark via whatupswithamsterdam

Taman Oosterpark memiliki daya tarik utama berupa sarang burung grey heron dan monumen perbudakan nasional.

Menurut informasi yang beredar, monumen perbudakan nasional yang didirkan pada Tahun 1863 tersebut merupakan simbol untuk mengenang momen dihapuskannya perbudakan di Negara Belanda.

Jika Anda ingin berkunjung ke taman ini, taman ini dibuka untuk umum setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung ke taman ini adalah di musim panas dan musim semi.

17. Museum Van Gogh

Tempat wisata di Belnada berikutnya adalah museum Van Gogh . Bagi pecinta seni, nama Van Gogh  tentu sudah tidak asing lagi bukan?

Vincent Van Gogh  merupakan seniman kenamaan Belanda pada abda 19 masehi. Pelukis ini mendapatkan banyak penghargaan dan apresiasi dari hasil lukisannya.

Museum Van Gogh

Karya-karya Van Gogh memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap seni lukis pada abad 20 masehi. Van Gogh sendiri memiliki kisah hidup yang tidak diketahui banyak orang. Seniman yang cukup misterius ini bahkan menderita kelainan jiwa pada tahun 1888 dengan ditemukannya dirinya saat memotong telinga kirinya sendiri dengan silet saat malam hari dan melumpuhkan dirinya untuk tidak bisa berbicara selama berminggu – minggu.

Meskipun berada di RSJ, Van Gogh tetap menelurkan karyanya berupa 75 lukisan dan lebih dari 100 gambar dan sketsa saat berada di rumah sakit jiwa di luar Saint Remy de Provence. Namun, sayangnya kisah hidup Van Gogh berakhir di umur 37 tahun dengan menembakan pistol ke dadanya sendiri.

Di museum Van Gogh anda bisa menemukan lebih dari 200 lukisan, 500 gambar, dan 750 dokumen tertulis mengenai kisah hidup dan karyanya. Karya yang menjadi pusat perhatian pada Museum Van Gogh adalah mengenai potret dirinya, Sunflowers, The Potato Eaters, dan The Bedroom.

Bagi pecinta seni yang berasal dari Indonesia, anda mesti mengunjungi museum yang fenomenal ini. Tidak tanggung-tanggung, pada 2015 saja, museum ini sudah kedatangan pengunjung tidak kurang dari 1,9 juta wisatawan, sehingga tidaklah heran museum Van Gogh digelar menjadi museum terbanyak pengunjung kedua di Netherlands.

18. Museum Stedelijk

Masih berupa museum, Museum Stedelijk  juga mesti anda masukkan dalam daftar tempat wisata di Belanda yang menarik untuk anda kunjungi, Museum ini sendiri terletak di kawasan  alun-alun Museumplein, dimana tempat ini bersebelahan dengan Van Gogh Museum, Rijksmuesum, dam gedung Concertgebouw.

Museum Stedelijk via Holland

Untuk menikmati hasil karya seni wisatawan harus merogoh kocek sebesar 17,50 euro saja kamu dapat menikmati berbagai karya seni dari berbagai aliran, beberapa diantaranya yakni aliran De Stijil, Cobra, Nouveaum dan Picasso.

Bagaimana cara sampai ke Museum Stedelijk ? Silahkan anda menggunakan halte trem dari Leidsplein, Albert Cuyp market dan De Pjip. Jika kamu berkunjung sendirian, jangan khawatir, karena tempat ini sebagai tempat terpadat di Belanda dengan berbagai kafe dan restoran yang juga bisa anda singgahi.

19. De waag (The Weigh House)

Tempat wisata di Belanda berikutnya adalah De Waag. De waag merupakan bangunan bersejarah yang terletak di Nieuwmarkt Square.

De waag via Amwtour

Bangunan ini sudah berdiri kokoh sejak abad 15 Masehi. Letaknya yang berada di pusat kota Amsterdam membuatnya selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Jika anda baru pertama melihatnya, pasti anda akan langsung terpana dengan keunikan arsitektur bangunan yang seperti istana dongeng, wisatawan juga dapat menikmati berbagai kuliner yang telah disediakan di sana.

Di sekitar bangunan bersejarah ini anda juga bisa mengunjungi  pasar harian Red Light District. Dalam pasar harian Red Light District, diadakan bahan pangan organic setiap hari Sabtu dan penjualan barang antik setiap hari Minggu.

20. Bloemenmarkt (Floating Flower Market)

Tempat wisata di Belanda selanjutya yang tidak boleh anda lewatkan adalah Bloenmenmarkt, Floating Flower Market Amsterdam.

Dari namanya tentu kita sudah menebak kira-kira tempat apa ini? Pasar bunga terapung ini mesti anda kunjungi, apalagi kalau anda liburan bersama pasangan. Liburan anda pasti akan terasa lebih romantis dan berarti.

Pasar unik ini bahkan telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1862. Jika anda mengunjungi Bloenmenmarkt ini, jangan lupa untuk membeli bunga tulip, yang merupakan bunga khas negeri kincir angin ini.

Bagi anda yang tertarik menanam bunga-bunga tersebut, Floating Flower Market juga tersedia berbagai jenis benih bunga yang siap ditanam dirumah kita.

21. Mengunjungi Sentra Keju, Edam

Kalau anda liburan ke Belanda, jangan lupa untuk mengunjungi sentra pembuatan keju, Edam. Keju Edam sudah sangat terkenal, bahkan sampai ke negara kita.

Sentra pembuatan Keju di Belnda sendiri tereletak sebuah kota kecil yang terletak di provinsi North Holland, Edam. Sebagai kota yang dikenal sebagai kota keju, Edam merupakan kota yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan saat berada di Belanda.

Edam via Holland

Selain sebagai penghasil keju, Edam juga menawarkan sensasi liburan yang menarik, diman anda akan disuguhkan dengan suasana tempo dulu, plus jalanan kecil dengan aspal dengan balok batu dan banyaknya pemandangan dengan berbagai toko – toko klasik membuat anda akan berkhayal seperti dalam dunia dongeng. Dengan suasana yang damai dan berwarna membuat anda tidak akan merasa kebosanan saat anda berada di kota ini.

Disini anda juga bisa menjumpai bangunan-bangunan bersejarah seperti  Grote Kerk, Town Hall, Edam Museum, Weigh House, dan yang menjadi daya tarik utama disana, yaitu Cheese Market. Jika kamu ingin berkunjung ke Edam, kamu dapat juga melewati Volendam, yang tidak jauh dari sana.

22. Tempat Hiburan Malam plus Kuliner, Leidseplein

Leidseplein via Tripadvisor

Tempat wisata di Belanda berikutnya adalah Leidseplein yang juga memiliki nama lain Leidse Square. Leidse sendiri merupakan tempat hiburan malam yang paling besar dan terkenal. Banyak dijumpai orang-orang Eropa yang tengah menghabiskan malam di lokasi ini. Terdapat bar, café, dan diskotik yang lumayan banyak.

Jadi buat anda yang ingin keluyuran malam hari, datang saja kesini, anda juga bisa mencicipi aneka sajian kuliner yang lezat disini, dan segala sesuatu yang anda butuhkan pasti akan tersedia di leidseplein ini.

23. Jordaan

Kalau ke Belanda, jangan lupa mampir di Jordaan. Jordaan sendiri merupakan distrik di sebelah Kota Amsterdam dan mempunyai banyak kanal juga. Prinsengracht (timur), Brouwersgracht (utara), kanal Leidsegracht (selatan), dan Rozengracht yang alirannya di tengah kota. Nama distrik ini dalam bahasa Perancis artinya adalah taman bunga.

Jordaan

Di pinggiran kanal-kanal di Jordaan ini kita bisa melihat banyak pepohonan dan juga bunga-bunga sehingga tidak heran kita kalah wisatawan biasanya tidak mau melewaatakan momen ke distrik Jordaan.

24. Kastil Muiden

Tempat wisata di Belanda berikutnya yang bisa anda kunjungi adalah kastil Muiden. Kastil ini terletak di  mulut sungai Vecht, sekitar 15 kilometer tenggara Amsterdam, Belanda.

Kastil Muiden

Kastil ini kini dijadikan sebagai museum nasional. Bagian dalam kastil, kamar dan dapurnya, dipulihkan agar terlihat seperti pada abad ke-17 dan beberapa kamar sekarang menjadi tempat penyimpanan koleksi senjata dan baju besi.

Artikel terkait: Daftar Tempat Wisata di Penang Malaysia Terbaru

25. Kastil De Haar

Tempat wisata di Belanda selanjutnya adalah Kastil De Haar. Kastil yang didesain bergaya neo-Gothik ini terletak di Utrecht, Belanda.

Kastil De Haar via Ideode

Kastil ini usianya sudah cukup tua, dimana pertama kali dibangun pada tahun 1391 ini dihiasi dengan ukiran kayu yang kaya ornamen. Interiornya juga dilengkapi dengan banyak karya koleksi Rothschild, termasuk porselen tua yang indah dari Jepang dan China, dan beberapa permadani Flemish tua dan lukisan dengan ilustrasi religius.

Buat anda yang liburan ke kastil De Haar ini juga akan disuguhi pemandangan taman taman yang indah yang berisi perpaduan antara taman, danau serta parit yang mengelilingi kastil.

26. Binnenhof

Binnenhof via Expedia

Tempat wisata di Belanda selanjutnya adalah Binnenhof yang merupakan alun-alun di pusat kota Den Haag. Di pusatnya terdapat Ridderzaal (Hall of Knights) dan alun-alunnya dikelilingi oleh perpaduan gedung-gedung tradisional khas belanda dan gedung-gedung modern yang digunakan sebagai gedung parlemen dan gedung-gedung pemerintah. Alun-alun ini juga merupakan pemerintahan Belanda.

27. Madurodam

Tempat wisata di Belanda yang tidak boleh anda lewatkan adalah Madurodam. Madurodam sendiri merupakan sebuat kota miniatur dalam skala 1:25 yang berlokasi di Scheveningen, Den Haag, Belanda.

Madurodam via Programmabob

Madurodamsangat mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi publik karena lokasinya hanya berjarak sekitar 45 menit dari Amsterdam dan 25 menit dari Rotterdam.

Disini anda bisa menumpai  miniatur landmark serta bangunan khas Belanda (yang terdapat di berbagai daerah di Belanda). Madurodam ini dibangun pada tahun 1952 dan saat ini telah menjadi salah satu salah satu tempat wisata di Belanda yang menjadi tempat favorit para wisatawan.

28. Taman Nasional Hoge Veluwe

Taman Nasional Hoge Veluwe via Klook

Tempat wisata di Belanda yang terakhir yang kami rekomendasikan adalah taman nasional Hoga Veluwe yang merupakan taman nasional Belanda yang terdiri dari padang pasir, padang rumput dan hutan. Taman seluas 5.500 hektar ini terletak di kota Arnhem, Belanda. Anda dapat menikmati keindahan taman nasional dengan bergam flora dan fauna yang terdapat di dalamnya ini dengan bersepeda (yang telah disediakan oleh pengelola).

******

Tips Liburan di Belanda

Buat anda yang akan liburan ke Belanda, agar liburan anda terasa lebih menyenangkan, anda sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Tips liburan yang pertama sebaiknya anda mencari penginapan yang terletak di pinggir kota jadi terjangkau oleh angkutan umum berupa trem atau bus;
  • Selanjutnya, anda sebaiknya menyimpan barang bawaan anda di loker yang disediakan oleh stasiun besar yang ada di Belanda. Nah, dengan begini anda akan lebih leluasa untuk menjelajah destinasi wisata Belanda tanpa harus repot membawa bagasi kemanapun. Dan akan lebih mudah dalam selfie.
  • Berbeda dengan di negara kita, di Belnda anda bisa memanfaatkan tiket harian, ada tiket tiket angkutan umum untuk 24 jam, 2 hari, bahkan ada yang seminggu.
  • Gunakan transportasi kereta api sebagai pilihan utama karena efisien
  • Oh ya, kalau bisa bawa bekal sendiri, karena makanan di Belanda cukup mahal
  • Jarak antar kota di Belanda tidak terlalu jauh, sebaiknya agar kita bisa menjelajah lebih puas lagi, buat jadwal perjalanan dengan cermat
  • Kalau mau lebih hemat lagi, silahkan anda cari diskon tiket kereta api. Sebagai contohnya adalah kruidvat, blokker, hema, dan lain sebagainya.

*****

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Belanda yang menarik untuk kita kunjungi. Semoga bermanfaat ya. Nanti kalau anda sudah menjelajahi negeri yang “lebih rendah” dari muka laut ini, jangan lupa untuk berbagi dengan yang lain ya.

Jangan lewatkan juga: 28 Tempat Wisata di London

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!