Wahana Liburan & Harga Tiket Masuk Pantai Ancol Terbaru

Harga Tiket Masuk Pantai Ancol – Liburan merupakan sebuah hal yang selalu dirindukan setiap orang, terlebih jika mereka adalah workaholic. Tuntutan kerja yang semakin hari semakin tinggi sedikit banyak akan membuat seseorang menjadi jemu dan stress yang memburuk.

Maka dari itu, kegiatan berlibur berguna untuk merilekskan pikiran meskipun sesaat. Kegiatan ini sangatlah diperlukan dan dianjurkan oleh penelitian lho.

Ada banyak tempat liburan menyenangkan yang bisa dikunjungi kala liburan, misalnya saja danau, pegunungan, dan pantai. Salah satu pantai yang menjadi tempat wisata primadona saat liburan datang adalah Pantai Ancol yang ada di Jakarta.

Bukan tanpa alasan, lokasi pantai ini yang dekat dari pusat kota menjadikannya salah satu destinasi wisata favorit para pekerja kantoran dan keluarga di Jakarta. Mereka tidak perlu pergi terlalu jauh hingga luar kota untuk meningkatkan kreativitas dan mengurangi stress. Nah, ingin tahu lebih dalam lagi mengenai wisata satu ini? Yuk, simak informasinya!

Pantai Ancol Ramai Pengunjung via Harianterbit

Pantai Ancol Ramai Pengunjung via Harianterbit

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Ancol

Pantai Ancol merupakan salah satu tempat favorit warga Jakarta dan sekitarnya saat musim liburan datang. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, tempat ini juga termasuk dekat dengan jantung kota.

Lokasinya terletak di Jalan Lodan Raya, Kawasan Pademangan, Daerah Jakarta Utara. Orang biasa menyebut lokasi pantai cantik ini berada di pesisir utaranya Jakarta.

Untuk berkunjung ke tempat wisata ini sangat mudah. Kamu tidak perlu khawatir tersesat karena banyak transportasi umum yang bisa digunakan.

Sebagai pilihan pertama, kamu bisa menggunakan Bus Trans Jakarta jurusan Ancol. Cukup duduk dan bayar, maka kamu sudah bisa langsung ke tujuan.

Alternatif lain adalah dengan menumpang KRL dan turun di stasiun Jakarta Kota. Dari sana, kamu bisa melanjutkan dengan naik ojol atau bis umum. Kamu juga bisa berkunjung kesana menggunakan kendaraan pribadi. Untuk menghindari kemacetan Jakarta yang pelik, kamu harus berangkat pagi-pagi.

Sejarah Singkat Pantai Ancol

Bermula dari ide pemerintah untuk menciptakan sebuah tempat wisata terpadu sebagai sarana liburan para warganya di tengah Ibu kota, akhirnya tempat wisata ini mulai dibangun. Pada tahun 1954, PT Pembangunan Jaya mengerjakan proyek ini dan akhirnya selesai pada tahun 1968.

Pembangunan tempat wisata ini bukan tanpa kendala. Dahulu, pernah ada wacana untuk mengalihfungsikan kawasan ini menjadi area industri. Namun, usulan tersebut ditolak oleh Presiden Soekarno dan kawasan ini tetap menjadi area objek wisata.

Dahulu pula, tempat ini termasuk kawasan terbelakang karena dipenuhi oleh rawa-rawa yang tidak menguntungkan. Tetapi berkat kegigihan pemerintah, Ancol sekarang sudah menjadi tempat yang cantik, menarik, dan diidolakan banyak orang.

Wajib anda sambangi juga: 41 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Anda Coba

Daya Tarik Pant8ai Ancol

Selain sejarahnya, apa sih yang menarik dari Pantai Ancol sehingga orang selalu berbondong datang kesana? Ternyata nih, Pantai Ancol termasuk salah satu pantai yang memiliki fasilitas paling lengkap di Indonesia.

Dermaga via Dunia-irly

Dermaga via Dunia-irly

Pantai ini juga dijadikan sebagai pintu masuk atau dermaga menuju ke Pulau Seribu. Meski ukurannya bisa dibilang tidak seluas pantai lainnya, namun soal pemandangan, pantai ini tidak kalah.

Jika kamu mengunjungi Pantai Ancol, jangan hanya terpaku pada satu sudut atau kegiatan saja. Disana banyak hal menarik yang bisa dilihat dan dilakukan. Kamu bisa melakukan kegiatan seperti yang direkomendasikan dibawah ini. Check this out!

1. Menikmati Keindahan Pantai

Menikmati Keindahan Pantai Ancol

Menikmati Keindahan Pantai Ancol

Hal pertama yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Pantai Ancol adalah menikmati keindahan pemandangannya. Ketika berkunjung kesana, kamu akan melihat indahnya pohon Kelapa yang berjejer di tepian.

Kamu juga akan melihat banyaknya kapal nelayan yang bersandar di dermaga dan pemandangan pulau-pulau lain di sekitarnya. Kamu juga tidak boleh melewatkan sunrise serta sunset dari tempat ini karena pasti kamu akan sangat terpesona. Tentunya ketiga hal tersebut merupakan kombinasi yang sayang untuk dilewatkan.

2. Bermain Berbagai Wahana di Pantai

Banana Boat pantai ancol via Twitter

Banana Boat pantai ancol via Twitter

Banyak permainan seru yang bisa kamu nikmati selama di pantai. Kamu bisa mencoba permainan banana boat atau donat boat yang siap mengombang-ambingkan badanmu di laut.

Ada pula Swan Pedal Boat yang mirip seperti sepeda bebek dan bisa kamu gunakan jika tidak menyukai permainan ekstrem. Berenang di laut juga akan sangat menyenangkan bagi yang hobby renang. Bagi yang tidak bisa, kamu bisa bermain-main dengan pasir pantai saja.

3. Melihat Berbagai Biota Laut di Seaworld

Jangan melupakan tempat bernama Seaworld ketika kamu berkunjung ke kawasan Pantai Ancol. Seaworld menawarkan wisata edukasi yang menyenangkan dan mendidik. Tempatnya juga ramah untuk anak. Kamu bisa mengenalkan kepada anak tentang berbagai macam biota laut, manfaat, serta bagaimana cara melestarikannya.

Selain mengedukasi, kamu juga bisa berfoto bersama keluarga dan menunjukkan dengan bangga jika kamu telah mengunjungi aquarium raksasa yang berisi ragam ikan dan teman-temannya ini.

4. Bermain Air di Atlantis Water Adventure

Kamu yang menyukai permainan air bisa menjajal permainan di Atlantis. Tempat ini menyuguhkan berbagai wahana rekreasi air dengan total 8 kolam. Mereka diberi nama Aquarius, Poseidon, Antila, Octopus, Plaza Atlas, Kiddy Pool dan Atlantea.

Kamu bebas memilih kolam mana yang akan kamu jajal terlebih dahulu. Untuk anak-anak, sebaiknya gunakan kiddy pool agar aman. Jangan lupa, selalu beri pengawasan orangtua.

5. Mengenal Ragam Binatang di Fauna Land

Tidak menyukai wahana air, mari bergeser ke kebun binatang yang mengusung konsep gabungan antara Papua dan Australia. Tempat ini cocok dikunjungi bersama anak-anak karena banyak hal yang bisa kamu ajarkan padanya. Mulai dari mengenalkan nama binatang, asalnya, manfaatnya, cara melestarikan sampai cara perawatannya.

6. Menikmati Berbagai Wahana Seru di Dufan

Ingin menikmati sensasi keliling dunia? Maka kamu harus mampir ke Dufan kala berkunjung ke Pantai Ancol. Pasalnya, di Dufan terdapat kawasan permainan yang dibagi menjadi beberapa tempat, seperti kawasan Indonesia, Eropa, Amerika, Jakarta, Yunani, Asia, Hikayat dan Balada Kera.

Di tempat ini, kamu akan dimanjakan dengan berbagai wahana yang telah menggunakan teknologi tinggi yang pastinya menyenangakan.

7. Belajar Tentang Keragaman Satwa di Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra merupakan satu dari tiga theme park yang berada di kawasan Pantai Ancol. Tempat ini menawarkan wisata edukasi dengan cara mengenal berbagai satwa yang hidup di laut. Kamu bisa melihat anjing laut, lumba-lumba, dan juga paus.

Terdapat pula bioskop yang di dukung dengan teknologi 4 dimensinya. Ketika kamu masuk tempat ini, kamu harus memakai kacamata 3D yang dibagikan petugas. Kacamata tersebut akan membuatmu lebih nyata dan masuk kedalam alur pertunjukkan.

8. Melihat Keindahan Pantai Dari Ketinggian

Naik kereta gantung atau gondola bisa menjadi kegiatan menyenangkan selanjutnya yang bisa kamu lakukan. Dari atas kereta gantung, kamu bisa mengagumi keindahan ciptaan Tuhan lewat hamparan pasir pantai, laut, serta pepohonan.

Gondola ini terbentang kurang lebih 2,4 km dan menjadi penghubung antara kawasan wisata satu dengan lainnya. Ketinggian kereta gantung sekitar 21 meter dari permukaan laut dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk satu kali perjalanan.

9. Mengambil Swafoto Terbaik

Ketika kamu mengunjungi tempat yang indah, jangan lupakan kegiatan mengambil foto. Begitupun ketika kamu pergi ke Pantai Ancol ini.

Ada banyak spot foto cantik yang bisa kamu abadikan disana, seperti spot jembatan yang membentang di atas laut, kapal nelayan yang bersandar, serta gemerlap lampu yang membuat suasana romantis saat malam. Maka tidak heran, jika kawasan ini sering sekali dijadikan sebagai tempat pengambilan foto prewed bagi pasangan yang akan menikah.

10. Mampir Ke Pasar Seni

Ketika kamu mampir berkunjung ke Pasar Seni, kamu akan menemukan beragam pernik kerajinan dan seni yang unik juga menarik. Di tempat ini pula, terdapat sebuah sekolah atau akademi seni yang mengajarkan berbagai hal yang berhubungan dengan seni. Misalnya seperti olah vokal, cara memainkan alat musik gitar, drum, biola dan masih banyak lainnya.

11. Mancing di Taman Pantai

Untuk kalian yang hobi memancing, harus datang ke Taman Pantai Ancol. Pasalnya, tempat seluas kurang lebih 150 meter dan panjang garis pantai 500 meter ini banyak ditemukan berbagai ikan.

Selain itu, pemandangannya juga cantik dan eksotis, bisa membius orang yang berkunjung. Tersedia pula area jogging track yang bisa digunakan samil menikmati indahnya laut Ancol.

12. Melihat Berbagai Macam Lukisan di Alive Museum dan Alive Star

Tempat ini menampilkan berbagai macam tipuan atau ilusi lukisan dengan teknologi digital yang siap membuatmu kagum. Disana, juga terdapat patung-patung lilin dari bintang Hallyu Korea. Ada pula poster yang ditandatangani oleh para musisi dan artis terkenal.

13. Menghirup Segarnya Udara di Allianz Ecopark

Wahana ini bernama Ecopark karena memang tempat yang satu ini berisi berbagai macam tumbuhan hijau yang membuat udara segar dan juga enak dipandang.

Dulunya, tempat ini merupakan area bermain golf, namun sekarang telah berubah menjadi taman. Disana, juga terdapat area jogging track yang bisa digunakan untuk berolahraga. Tidak sampai disitu, di Allianz Ecopark juga ada sebuah sungai yang bisa dikelilingi dengan perahu. Jika berkunjung, ajak pula anak-anak anda.

Pasalnya disana kamu bisa mengenalkan pengetahuan sederhana mengenai tumbuhan. Mulai dari nama, manfaat, cara perawatan, sampai cara pelestariannya.

14. Pergi untuk Wisata Kuliner

Di kawasan wisata pantai ini, terdapat berbagai macam restoran yang menyajikan beragam makanan laut yang lezat. Ada olahan ikan, cumi, kerang, bahkan kepiting yang bisa dipilih sesuai selera. Jadi, pastikan kamu tidak melupakan kegiatan wisata kuliner yang menyenangkan dan mengenyangkan ya.

15. Bermain Bowling

Mau melakukan olahraga bowling? Disana juga bisa lho. pasalnya, Pantai Ancol telah menyediakan fasilitas berupa lapangan bowling yang nyaman dan ber AC. Tentunya fasilitas ini siap memanjakanmu.

Fasilitas di Pantai Ancol

Bagaimana? Banyak kan aktivitas serunya? Jadi jangan heran jika Pantai Ancol dikatakan sebagai salah satu pantai dengan fasilitas terlengkap di Indonesia. Disana, selain terdapat berbagai wahana permainan, juga ada fasilitas pendukung yang memadai seperti tempat parkir dan mushola.

Tak ketinggalan, toilet dan juga tempat makan berupa restoran ataupun food court juga tersedia. Mau beli oleh-oleh? Tenang… disana juga tersedia tidak kurang dari 300 kios pedagang penjaja berbagai macam souvenir cantik.

Bagi kamu yang ingin menghabiskan malam, tersedia pula hotel, resort, dan homestay yang harganya bisa kamu sesuaikan dengan budgetmu. Dari penginapan tersebut, kamu bisa melihat sunset yang tidak kalah indah dari pantai di Bali. Kamu juga bisa melihat sunrise yang juga menakjubkan.

Jam Operasional Pantai Ancol

Pantai Ancol dibuka untuk pengunjung mulai dari hari Senin sampai Minggu, setiap hari selama 24 jam. Jadi, jangan khawatir kehilangan kesempatan berkunjung.

Durasi waktu buka yang lama ini bisa kamu sesuaikan dengan jadwal kegiatanmu agar pekerjaan dan liburan tidak tumpang tindih. Makanya, sebelum berlibur kamu harus benar-benar menyelesaikan tanggunganmu ya. Baru kemudian menyesuaikan dengan jadwal yang ada agar liburan aman terkendali.

Jangan lewatkan juga: 23 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Harga Tiket Masuk Pantai Ancol

Untuk masuk ke area Pantai Ancol, harganya bisa dibilang cukup terjangkau. Harga tiket masuk Pantai Ancol berkisar Rp 25.000 saja per orang. Namun, jika kamu ingin mencoba berbagai wahana yang disebutkan tadi, maka kamu harus menambah uang tiket sendiri.

Misalnya saja, tiket masuk ke wahana Ocean Dream Samudra dibandrol dengan harga Rp 95.000 pada hari biasa dan Rp 150.000 pada akhir pekan. Wahana Atlantis Water Adventure mengharuskan kita membayar tiket masuk sebesar Rp 95.000 pada hari biasa dan Rp 185.000 untuk akhir pekan.

Bagaimana? Harga tiket yang demikian masih termasuk terjangkau, bukan? Selain itu, harga tersebut juga akan sebading dengan apa yang akan kamu dapatkan disana.

Harga Tiket Masuk Pantai Ancol

Harga Tiket Masuk Pantai Ancol

Tips Liburan ke Pantai Ancol

Nah, jika ingin berkunjung ke Pantai Ancol dengan nyaman, ada baiknya kamu simak tips-tips berikut ini :

  • Bawa baju ganti karena kamu berlibur ke area pantai yang dekat dengan air. Jadi, membawa baju ganti setidaknya 1 sangatlah
  • Bawa barang seperlunya saja Jangan membawa perhiasan yang berlebihan agar terhindar dari kehilangan.
  • Jika berlibur bersama anak atau adik yang masih balita, harap diawasi secara benar agar tidak terpisah denganmu dan menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.
  • Pakai sepatu yang nyaman atau jika perlu, bawa sandal saja karena kamu akan berkeliling di area pantai berpasir.
  • Pakai sunblock agar kulitmu terhindar dari sengatan matahari langsung yang mengandung sinar UV.
  • Jika kamu membawa makanan dari rumah, pastikan membuang bungkusnya pada tempat sampah yang tersedia. Jangan sampai meninggalkan sampah sembarangan karena akan merusak keindahan juga ekosistem pantai jika terbawa ke laut.
  • Tips terakhir adalah bawa pulang oleh-oleh seperlunya saja agar kamu bisa melakukan penghematan. Harap diingat, membeli apa saja kala berlibur sebenarnya boleh. Yang terpenting, sesuaikan dengan jadwal dan budget yang kamu miliki. Jika perlu, sediakan tabungan khusus untuk liburan sendiri ataupun bersama keluarga.

***

Nah, sekian dulu ya bahasan mengenai info wisata dan harga tiket masuk Pantai Ancol. Kamu bisa menikmati indahya another side of Jakarta lewat Pantai Ancol ini. Meski berada di area Ibukota yang padat penduduk, tapi sekali lagi jangan pernah meragukan keindahan Pantai yang menjadi gerbang Pulau Seribu ini ya guys.

Pasalnya, sekali kamu masuk kesana, dijamin kamu akan langsung lupa jika kamu berada di Jakarta. Semoga bisa bermanfaat dan selamat bersenang-senang ya. Jangan lupa, selalu luangkan waktumu untuk berlibur meskipun hanya sederhana karena hal itu sangat penting untuk kesehatan pikiranmu. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya!

Kunjungi juga yuk: Waterpark & Kolam Renang di Jakarta Terbaik

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!