20 Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan dan Sekitarnya

Tempat Wisata di Palembang – Apa yang anda ketahui dari Palembang? Palembang sangat terkenal dengan makanan khasnya yaitu pempek Palembang. Pempek Palembang sudah menjelajah ke seluruh pelosok tanah air. Kita bisa menemukan penjual pempek palembang diberbagai daerah di Indonesia.

Selain pempeknya, Palembang juga terkenal dengan sungai musi dan jembatan amperanya. Antara sungai musi dan jembatan ampera tidak bisa dipisahkan. Keduanya menjadi ikon kota Pempek ini. Anda mau berlibur ke Palembang? Ada banyak tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi.

Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda berkeliling ke tempat wisata di Palembang dan sekitarnya. Sebelum kita jalan-jalan ke kota terbesar nomor 2 di Pulau Sumatera ini, ada baiknya kalau kita kenalan sedikit dengan Kota Palembang ini. Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Adapun luasnya sekitar 358,55 km² dan jumlah penduduknya ada 1,7 juta orang dengan kepadatan penduduk 4.800 per km². Diprediksikan pada tahun 2030 mendatang Kota ini akan dihuni 2,5 Juta orang.

Sedikit berbicara mengenai sejarah Kota Palembang, dahulunya kota ini menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”. Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 17 Juni 688 Masehi menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Di dunia Barat, kota Palembang juga dijuluki Venice of the East (“Venesia dari Timur”).

21 Tempat Wisata di Palembang

Setelah kita tahu sedikit banyak tentang kota palembang, kini saatnya kita jalan-jalan ke 20 Tempat Wisata di Palembang dan sekitarnya berikut ini:

1. Obyek Wisata Jembatan Ampera dan Sungai Musi di Palembang

Obyek Wisata Jembatan Ampera di PalembangJika anda berkunjung ke Palembang, maka jembatan ini harus masuk dalam daftar kunjungan anda. 

Tidak lengkap rasanya kalau ke Palembang tapi tidak menikmati keindahan jembatan dan sungai ini, apalagi kalau malam hari, akan semakin eksotis dan indah.

Jembatan ini paa 1962 untuk menghubungkan daerah seberang Ulu dan Ilir berlawanan. Berjarak sekitar 50 meter dari Jembatan Ampera terdapat sebuah pasar pusat souvenir dan makanan, sehingga Anda bisa dengan mudah membeli oleh-oleh dan berwisata kuliner.

Kunjungi juga 20 Tempat Wisata di Jember Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Jembatan ampera memiliki motor penggerak yang bisa terangkat jika ada kapal besar yang melintas di bawahnya. Tetapi sejak tahun 1970 fungsi ini dihentikan agar tidak mengganggu perjalanan. Waktu yang dibutuhkan untuk membuka jembatan sampai sempurna sekitar 30 menit.

2. Tempat Wisata Religi Masjid Cheng Hoo Palembang

Tempat Wisata Religi Masjid Cheng Hoo PalembangTempat wisata di Palembang yang kedua adalah Masjid Cheng Hoo. Masjid dengan gaya bangunan khas Tionghoa ini menjadi bukti sejarah bahwa bangsa China sangat erat sekali kaitannya dengan islam.

Karena masjid ini memiliki nuansa ornamen Tionghoa (China), Masjid Cheng Hoo dijadikan tempat ibadah dan juga menjadi objek wisata favorit di Palembang. Lokasi Masjid Cheng Hoo berada di kawasan Jakabaring.

loading...

Jika anda ke Palembang tidak ada salahnya kalau mampir dan sholat atau untuk istirahat menghilangkan penat.

3. Obyek Wisata Bukit Siguntang di Palembang
Obyek Wisata Bukit Siguntang di Palembang

Bukit Siguntang menjadi tempat wisata alam di Palembang yang tidak boleh anda lewatkan. Bukit ini berada di kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I . Tempat ini dulunya dipercaya sebagai tempat ritual beribadah dan bersemedi. Jika berwisata ketempat ini, Anda bisa berziarah kemakam-makam para bangsawan zaman dahulu yang dianggap sebagai orang penting pendiri kota Palembang.

Bukit dengan ketinggian ketinggian 29-30 meter dari permukaan laut ini, masih tetap dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Biasanya pengunjung yang datang ke tempat ini akan melakukan ritual ziarah ke makam-makam para bangsawan zaman dahulu.

4. Tempat Wisata Sejarah Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Tempat Wisata Sejarah Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Salah satu objek wisata sejarah yang tidak boleh anda lewatkan jika berkunjung ke Palembang adalah Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Museum ini merupakan peninggalan kerajaan Palembang Darussalam. Lokasinya ada diantara Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak.

5. Tempat Wisata Sejarah Benteng Kuto Besak di Palembang

Tempat Wisata Sejarah Benteng Kuto Besak di PalembangBenteng Kuto besak berada di dekat jembatan ampera. Benteng Kuto besak merupakan bukti kejayaan masa lampau kerajaan Palembang Darusalam. Di dalam benteng tersebut ada kantor kesehatan yakni Kodam Sriwijaya II serta rumah sakit. Tempat ini juga merupakan benteng satu-satunya yang dibangun dengan dinding batu. Zaman dahulu, benteng ini dimanfaatkan untuk pertahanan diri dari serangan musuh.

6. Wisata Religi Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang

Wisata Religi Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I PalembangMasjid merah ini menjadi masjid yang terbesar dan terluas di Sumatera Selatan yang dapat menampung sekitar 15.000 jamaah. Letaknya tepat di pusat Kota Palembang.

Pada malam hari, masjid ini akan terlihat sangat indah dan menawan. 

7. Objek Wisata Gedung Kantor Walikota Palembang

Objek Wisata Gedung Kantor Walikota PalembangDestinasi wisata di Palembang selanjutnya adalah gedung kantor Walikota Palembang. Gedung ini terletak dipusat kota, tadinya gedung ini digunakan untuk menara air yang mengalirkan air ke seluruh kota dan dikenal dengan kantor ledeng. Saat ini gedung Walikota Palembang digunakan untuk tempat wisata.

8. Tempat Wisata Keluarga Kembang Iwak Family Park di Palembang

Tempat Wisata Keluarga Kembang Iwak Family Park di PalembangKembang iwak Family Park merupakan sebuah danau yang terletak dipusat kota dan berdekatan dengan rumah atau tempat tinggal walikota Palembang. Ditempat ini memiliki banyak tempat rekreasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Di Kembang Iwak Family Park juga ada air mancur dengan sorotan lampu warna-warni saat malam hari.

9. Tempat Wisata Alam Hutan Punti Kayu di Palembang

Tempat Wisata Alam Hutan Wisata Punti Kayu di Palembang

Hutan Punti Kayu merupakan tempat wisata alam di Palembang yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya berada dipusat kota Palembang, jaraknya kurang lebihnya 7 km. Hutan Wisata Punti Kayu ini luasnya mencapai 50 hektar. Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1998 dan ditetapkan untuk hutan lindung.

10. Tempat Wisata Sejarah Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Tempat Wisata Sejarah Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Sebagaimana sudah disebutkan di atas bahwa Palemabg dahulunya adalah pusat kerajaan Hindu terbesar se-Asia Tenggara, anda bisa melihat puing-puingnya di Teman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Taman ini terletak di pinggir Sungai Musi. Di tempat ini juga tersimpan sebuah prasasti atau batu peninggalan dari kerajaan.

11. Tempat Wisata Kuliner Kampung Kapitan di Palembang

Tempat Wisata Kuliner Kampung Kapitan di Palembang

Gambar oleh: http://hobingunyah.com/

Anda mau mencoba nikmatnya sajian kuliner aneka seafood kualitas premium? Kampung Kapitan tempatnya, anda bisa menikmati kuliner baik lokal maupun impor, yang disajikan oleh Chef berpengalaman hotel bintang lima. Tempat makannya sangat nyaman sekali. Tersedia dua alternatif untuk dapat mencapai lokasi, dapat menempuh jalan darat atau melintas melewati Sungai Musi dengan berkendara menggunakan kapal sambil menikmati gemerlap lampu dari Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak.

Alamat : berlokasi tepat di sisi Sungai Musi dengan pemandangan indah Jembatan Ampera
Telepon : (0711) 313978
Range Harga :Rp. 15.000 – Rp. 78.000

12. Objek Wisata Monumen perjuangan rakyat Palembang

Objek Wisata Monumen perjuangan rakyat PalembangPalembang juga menjadi salah satu kota yang menyumbangkan pahlawan-pahlawan yang ikut dalam perjuangan kemerdekaan melawan penjajahan. Lokasi dari monumen ini adalah di tengah-tengah kota, tidak terlalu jauh dari Jembatan Ampera maupun Masjid Agung. Di dalam monumen ini ada banyak benda bersejarah dan peninggalan setelah masa penjajahan.

13. Obyek Wisata Pulau Kemaro di Palembang

Obyek Wisata Pulau Kemaro di Palembang

Pulau Kemaro merupakan tempat wisata favorit di Palembag yang wajib dikunjungi. Lokasinta ada di tengah Sungai Musi, sekitar 6 KM dari Jembatan Ampera. Saat ini Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah vihara yang banyak didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah.

Di sini juga dapat ditemukan sebuah makam yang merupakan makam dari seorang putri Palembang. Putri ini mempunyai cerita tersendiri, yaitu dia menikah dengan anak raja dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas, namun pada akhirnya pasangan tersebut menerjunkan diri ke sungai dan tenggelam.

14. Tempat Wisata Alam Air Terjun Lematang Indah di Palembang

Tempat Wisata Alam Air Terjun Lematang Indah di PalembangAnda mau mandi-mandi? Nah, ada air terjun yang menarik untuk kita kunjungi jika berada di Palembang. Lokasinya berada du di kota Pagar Alam, air Terjun Lematang Indah mempunyai ketinggian sekitar 40 meter, tidak terlalu tinggi, namun mempunyai lingkungan sekitar yang asri sehingga sangat menyejukan mata pengunjung. Perjalanan menuju Air Terjun Lematang Indah akan menyuguhkan Anda pemandangan yang indah, sehingga Anda tidak akan bosan di perjalanan. Bila Anda datang berkunjung pada musim hujan, berhati-hatilah karena tangga yang ada di Air Terjun Lematang Indah dapat menjadi sangat licin bila terkena hujan. Harga tiket masuk Air Terjun Lematang Indah adalah 4,000 Rupiah per orang.

Jangan lewatkan juga 31 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Menarik Dikunjungi

15. Obyek Wisata Gunung Dempo di Palembang

Obyek Wisata Gunung Dempo di PalembangDestinasi wisata selanjutnya adalah Gunung Dempo. Objek wisata gunung dampo berada di kabupaten Lahat. Untuk sampai kelokasi wisata menempuh waktu sekitar 6 jam dengan jarak 295 km. Bisa juga menggunakan bus umum dari Lahat menuju Pagar Alam (60 km), dan dilanjutkan dengan bus lain dengan jarak 9 km sampai ke perkebunan dan pabrik teh lereng gunung. Obyek wisata ini mirip dengan keindahan gunung Lokon, di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara

16. Tempat Wisata Alam Air Terjun Bidadari di Lahat

Tempat Wisata Alam Air Terjun Bidadari di LahatSatu lagi air terjun yang harus anda kunjungi jika berkunjung ke Sumsel, Air Terjun Bidadari terletak di Desa Karang Dalam Kecamatan Penang sekitar 8 km dari kota Lahat, Palembang. Di sekitar air terjun, ada tiga Air Terjun lainnya yang terkemuka yaitu: Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing dan Air Terjun Naga.

17. Obyek Wisata Alam Air Terjun Maung (Curup Maung)

Obyek Wisata Alam Air Terjun Maung (Curup Maung)Air Terjun Curup Maung memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Lokasinya berada di Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat. Kurang lebih sekitar satu jam dari Ibu Kota Kabupaten Lahat menuju Kecamatan Gumay Ulu

Setelah sampai kelokasi dilanjutkan dengan berjalan kaki selama ± 1 jam untuk sampai ke curug maung, Anda akan melewati hutan dan kebun kopi dengan medan yang menurun dengan tingkat kecuraman hampir 45 derajat. Maka disarankan agar berhati-hati.

18. Tempat Wisata Kuliner Terkenal Martabak HAR di Palembang

Tempat WIsata Kuliner Terkenal Martabak HAR di Palembang

Gambar Oleh: http://hobingunyah.com/

Selain pempek, ada juga martabak yang sangat enak dan sangat sayang sekali untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke Palembang. Namanya martabak HAR, martabak HAR sudah berdiri sejak tanggal 7 Juli 1947. Cara penyajian martabak ini adalah dengan diberikan kuah kari sebagai pelengkapnya. Martabak ini sangat melegendaris, tidak hanya di Kota Palembang melainkan di kota-kota lain. Cara membuatnya pun sangat sederhana, tidak butuh irisan daging, hanya perlu telur ayam atau bebek. Penasaran dengan sensasi martabak yang legendaris ini?

 

Alamat : Jl. Jenderal Sudirman, Depan Masjid Agung, Palembang
Telepon : (0711) 318100
Range Harga : Rp. 3.000 – Rp. 35.000

19. Tempat Wisata Kuliner Pempek Candy di Palembang

Tempat Wisata Kuliner Pempek Candy di Palembang

Gambar Oleh: http://hobingunyah.com/

Sebenarnya ada banyak sekali tempat makan pempek Palembang yang enak. Tapi berdasarkan ulasan dari berbagai sumber menyatakan bahwa pempek candy adalah salah satu yang terbaik. 

Pempek Candy adalah pempek asli dengan citarasa Palembang. Cabang pempek candy sudah ada hampir diseluruh wilayah Palembang. Dan untuk yang berada di luar kota Palembang jangan khawatir, karena pempek Candy juga melayani pesan antar via JNE. Don’t miss it, guys!

 

Alamat : Jl. Jend.. Sudirman 21 / Jl. Kapt. A. Rivai 260 / Jl. R Sukamto 53

Telepon : (0711) 373765 / 318246 / 375903
Range Harga : Rp. 75.000 – Rp. 500.000 / paket

20. Tempat Wisata Kuliner Pemek SAGA di Palembang

Tempat Wisata Kuliner Pemek SAGA di Palembang

Gambar oleh: http://hobingunyah.com/

Namanya agak aneh, seperti tokoh kartun saja. Pempek saga tidak di goreng atau dikukus seperti biasanya, tetapi dipanggang! Hmm.. penasaran? Yuk, dicoba!

Alamat : Jl. Merdeka (depan Kantor Walikota)
Telepon : (0711) 314417
Range Harga : Rp. 4.000/pcs

Bagaimana? Anda tertarik untuk menghabiskan liburan ke tempat-tempat di atas? Tunggu apa lagi, segera susun jadwal liburan di Palembang anda.

Itulah 20 Tempat Wisata di Palembang yang wajib anda kunjungi dari kami, jika anda punya cerita atau pengalaman sendiri selama liburan di Palembang jangan sungkan juga untuk membagikannya kepada kami. Mudah-mudahan bisa menjadi panduan wisata di Palembang untuk anda semua.

Jangan lewatkan juga 19 Tempat Wisata di Lembang Bandung yang Wajib Dikunjungi

18 Comments

  1. Pingback: Tempat Wisata Di Batam – Dewinurpermata's December 14, 2016

Leave a Reply

error: Content is protected !!